kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 2:21-22 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Yoh 2:21 - tubuhNya sendiri Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh...

Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh 19:34. Inipun sebuah lambang utama dalam karangan-karangan Yohanes. Bdk Wah 2:22. Bandingkan Paulus, 1Ko 12:12+.

Ende: Yoh 2:22 - -- Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta...

Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta oleh ilahi Roh Kudus.

Ref. Silang FULL: Yoh 2:21 - ialah tubuh-Nya · ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19

· ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19

Ref. Silang FULL: Yoh 2:22 - telah dikatakan-Nya // Kitab Suci · telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26 · Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; Luk 24:27

· telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26

· Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; [Lihat FULL. Luk 24:27]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...

2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254

Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.

Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.

Hagelberg: Yoh 2:18-22 - -- 3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22) Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengert...

3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22)

Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengerti) diuraikan oleh Yohanes sebagai pernyataan bahwa Dia akan dibunuh dan bangkit dari antara orang mati.

Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...

2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254

Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.

Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.

Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.

Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.

Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 2:12-22 - Para Pedagang di Bait Suci Diusir; Kematian dan Kebangkitan Kristus Diberitahukan Para Pedagang di Bait Suci Diusir; Kematian dan Kebangkitan Kristus Diberitahukan (...

SH: Yoh 2:12-25 - Pengganti yang baru (Selasa, 31 Desember 2013) Pengganti yang baru Judul: Pengganti yang baru Lazimnya, ketika orang hendak mengganti sesuatu, mereka...

SH: Yoh 2:13-25 - Bait Suci dan kesucian Allah. (Rabu, 30 Desember 1998) Bait Suci dan kesucian Allah. Bait Suci dan kesucian Allah. Bait Suci sebagai pusat ibadah berubah men...

SH: Yoh 2:13-25 - Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan (Sabtu, 29 Desember 2001) Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan. Dalam teks hari ini...

SH: Yoh 2:13-25 - Memurnikan agama (Sabtu, 31 Desember 2005) Memurnikan agama Judul: Memurnikan agama Bila esensi beragama sejati adalah relasi yang diperbarui...

SH: Yoh 2:13-25 - Bait Allah (Senin, 31 Desember 2007) Bait Allah Judul : Bait Allah Penyalahgunaan Bait Allah menjadi sorotan Yesus dalam tindakan-Nya saat...

SH: Yoh 2:13-25 - Tanda Cinta (Senin, 30 Desember 2019) Tanda Cinta Ada berapa banyak ekspresi cinta yang kita ketahui dalam relasi lawan jenis? Ada yang memberikan bung...

Utley: Yoh 2:13-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:13-22...

Topik Teologia: Yoh 2:21 - -- Yesus Kristus Bait 1Ra 6:1,38 ...

Topik Teologia: Yoh 2:22 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Su...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "CINTA UNTUK RUMAH-MU" (Yohanes 2:12-22) Pelbagai kisah b...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 2:12-22) Ketika kita membaca Injil Yohanes, kit...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pemberian makan lima ribu orang secara mujizatiah (...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA