kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 5:6-7 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 5:6 - SEPERTI TELAH DISEMBELIH. Nas : Wahy 5:6 Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan dir...

Nas : Wahy 5:6

Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan diri-Nya di salib bagi dosa umat manusia. Ini menunjukkan bahwa kelayakan, kuasa, wewenang, dan kemenangan Kristus itu datang dari kematian-Nya sebagai korban (ayat Wahy 5:9-14). "Anak Domba" merupakan simbol yang paling menonjol dalam kitab Wahyu untuk Kristus (mis. ayat Wahy 5:6-7; 12:11; Wahy 15:3; 17:14; 21:22; 22:1,3). Hukuman Kristus akan berlaku bagi mereka yang menolak korban-Nya sebagai Anak Domba Allah (Wahy 6:16-17). "Ketujuh tanduk" itu melambangkan kuasa dan kekuatan seorang penguasa (1Raj 22:11; Dan 7:24); tentang "ketujuh roh",

lihat cat. --> Wahy 4:5.

[atau ref. Wahy 4:5]

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 5:6 - Anak Domba Dengan mengganti berbagai gelar Mesias, Wah 5:5, gelar Anak Domba tampil di sini sebagai gelar Kristus dan selanjutnya oleh Wahyu masih akan dipakai t...

Dengan mengganti berbagai gelar Mesias, Wah 5:5, gelar Anak Domba tampil di sini sebagai gelar Kristus dan selanjutnya oleh Wahyu masih akan dipakai tiga puluh kali lebih. Anak Domba itu telah disembelih guna keselamatan umat terpilih, bdk Yoh 1:29+; Yes 53:7. Ia masih membawa bekas-bekas penderitaanNya, tetapi berdiri sebagai pemenang, Kis 7:55, yang mengalahkan maut, Wah 1;18, dan oleh karena itu menjadi penyerta Allah sebagai Penguasa seluruh umat manusia, Wah 5:13; dll; bdk bab 21-22; Rom 1:4+, dll

Jerusalem: Why 5:6 - tanduk tujuh... Tanduk itu melambangkan kekuasaan, dan mata itu mengibaratkan pengetahuan. Dua-duanya sepenuh-penuhnya (angka tujuh) dimiliki Kristus.

Tanduk itu melambangkan kekuasaan, dan mata itu mengibaratkan pengetahuan. Dua-duanya sepenuh-penuhnya (angka tujuh) dimiliki Kristus.

Ende: Why 5:6 - Anak domba bagaikan disembelih Njatalah dia lambang Kristus. Tetapi penglihatan ini seperti umumnja segala penglihatan dan gambaran dibuku "apokalipsis" ini, agak aneh dan sukar unt...

Njatalah dia lambang Kristus. Tetapi penglihatan ini seperti umumnja segala penglihatan dan gambaran dibuku "apokalipsis" ini, agak aneh dan sukar untuk dibajangkan. Djangan tjoba membajangkan djuga. Bagaimana dalam keadaan disembelih dapat berdiri; dimana letaknja ketudjuh tanduk dan sepuluh mata itu? Ungkapan-ungkapan berupa gambar itu hendak melambangkan atau mengingatkan satu segi atau sifat sadja. "Berdiri" disini berarti, bahwa Anak domba (Kristus) telah bangkit dan hidup: ketudjuh tanduk, bahwa Ia mempunjai segala kekuasaan dan kekuatan sepenuhnja; sepuluh mata, bahwa Ia mahatahu.

Ref. Silang FULL: Why 5:6 - keempat makhluk // tengah-tengah tua-tua // Anak Domba // bermata tujuh // ketujuh Roh · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · tengah-tengah tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · Anak Domba: Wahy 5:8,9,12,13; Yoh 1:29; Yoh 1...

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· tengah-tengah tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· Anak Domba: Wahy 5:8,9,12,13; Yoh 1:29; [Lihat FULL. Yoh 1:29]

· bermata tujuh: Za 4:10

· ketujuh Roh: Wahy 1:4; [Lihat FULL. Wahy 1:4]

Ref. Silang FULL: Why 5:7 - atas takhta · atas takhta: Wahy 5:1; Wahy 5:1

· atas takhta: Wahy 5:1; [Lihat FULL. Wahy 5:1]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 5:6 - -- 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembel...

5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Pribadi-pribadi dan pokok-pokok dari lingkungan yang sudah diceritakan dalam pasal 4 diulang secara ringkas dalam nas ini. Ada takhta, makhluk, dan tua-tua. Tetapi di tengah-tengah semua ini, yang Yohanes lihat bukan seekor singa, tetapi seekor Anak Domba.278 Dalam ayat ini kemenangan-Nya dijelaskan: Dia telah disembelih. Dengan demikian para pembaca mengerti bahwa pada waktu Yesus Kristus disalibkan, Dia menang. Anak Domba ini tidak mati lagi, Dia berdiri di tengah-tengah segala kemuliaan ruangan takhta Allah.

Dalam bahasa sumber, ungkapan seperti telah disembelih mirip sekali dengan apa yang dikatakan dalam pasal 13:3 tentang Anti-Kristus, yang diterjemahkan "seperti kena luka fatal".279 Kesejajaran ini merupakan kelanjutan dari kesejajaran yang disebut di atas karena istilah "menang" dipakai dalam pasal 5:5 dan 13:7.

Dalam Perjanjian Lama, misalnya Ulangan 33:17 dan 1 Samuel 2:10, tanduk melambangkan kekuatan. Kuasa Anak Domba itu sempurna. Mata, misalnya dalam Kejadian 3:5, melambangkan pengetahuan. Dalam Zakharia 4:10 juga ada tujuh mata yang menjelajah seluruh bumi. Anak Domba itu penuh kuasa dan pengetahuan. Roh Allah yang ada di hadapan takhta-Nya juga disebutkan dalam pasal 1:4 . Dalam pasal 4:5 tujuh obor yang menyala-nyala melambangkan Roh Allah.

Begitu banyak lambang yang dipakai untuk menunjuk Yesus Kristus dalam beberapa ayat ini, sehingga kepentingan-Nya dalam Kitab Wahyu, bahkan dalam seluruh Firman Allah, sungguh nyata.

Hagelberg: Why 5:1-7 - -- 3. Gulungan Kitab dan Anak Domba (5:1-7) Pasal 4 menceritakan lingkungan dan pelaku, namun baru dalam pasal 5 ada satu unsur lagi yang dikemukakan, ya...

3. Gulungan Kitab dan Anak Domba (5:1-7)

Pasal 4 menceritakan lingkungan dan pelaku, namun baru dalam pasal 5 ada satu unsur lagi yang dikemukakan, yaitu mengenai sebuah gulungan kitab yang ada di dalam tangan kanan Allah. Hal ini menjadi pusat perhatian pasal 5.

Hagelberg: Why 5:6 - -- 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembel...

5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Pribadi-pribadi dan pokok-pokok dari lingkungan yang sudah diceritakan dalam pasal 4 diulang secara ringkas dalam nas ini. Ada takhta, makhluk, dan tua-tua. Tetapi di tengah-tengah semua ini, yang Yohanes lihat bukan seekor singa, tetapi seekor Anak Domba.278 Dalam ayat ini kemenangan-Nya dijelaskan: Dia telah disembelih. Dengan demikian para pembaca mengerti bahwa pada waktu Yesus Kristus disalibkan, Dia menang. Anak Domba ini tidak mati lagi, Dia berdiri di tengah-tengah segala kemuliaan ruangan takhta Allah.

Dalam bahasa sumber, ungkapan seperti telah disembelih mirip sekali dengan apa yang dikatakan dalam pasal 13:3 tentang Anti-Kristus, yang diterjemahkan "seperti kena luka fatal".279 Kesejajaran ini merupakan kelanjutan dari kesejajaran yang disebut di atas karena istilah "menang" dipakai dalam pasal 5:5 dan 13:7.

Dalam Perjanjian Lama, misalnya Ulangan 33:17 dan 1 Samuel 2:10, tanduk melambangkan kekuatan. Kuasa Anak Domba itu sempurna. Mata, misalnya dalam Kejadian 3:5, melambangkan pengetahuan. Dalam Zakharia 4:10 juga ada tujuh mata yang menjelajah seluruh bumi. Anak Domba itu penuh kuasa dan pengetahuan. Roh Allah yang ada di hadapan takhta-Nya juga disebutkan dalam pasal 1:4 . Dalam pasal 4:5 tujuh obor yang menyala-nyala melambangkan Roh Allah.

Begitu banyak lambang yang dipakai untuk menunjuk Yesus Kristus dalam beberapa ayat ini, sehingga kepentingan-Nya dalam Kitab Wahyu, bahkan dalam seluruh Firman Allah, sungguh nyata.

Hagelberg: Why 4:1--5:14 - -- A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14) Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuh...

A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14)

Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah kepada semua orang yang menaati Firman-Nya. Dalam bagian ini Dia mulai menyediakan pahala-pahala itu. Oleh karena bumi masih penuh dengan orang jahat, maka bumi perlu "dibersihkan". Musuh Tuhan dan orang-orang yang menindas jemaat Kristus belum dikalahkan.

Sama seperti ketujuh surat diawali dengan satu visi mengenai Tuhan Yesus, demikian juga ada visi Tuhan Yesus di surga yang mengawali bagian ini. Apa yang dialami oleh Yohanes, yang diceritakan dalam pasal 4-5, merupakan "engsel" dalam struktur Kitab Wahyu. Dari satu segi, bagian ini terkait erat dengan pasal 1-3 mengenai pahala-pahala yang dijanjikan, karena dalam pasal 4-5 ada juga takhta, pakaian putih, dan mahkota. Dari segi yang lain, bagian ini terkait dengan apa yang diceritakan dalam pasal 6-22, dengan ketujuh segel dari gulungan kitab, yang dibuka satu per satu.

Dalam pasal 4 Dia yang bertakhta, yang dikelilingi dengan takhta dan empat makhluk, dipuji sebagai Pencipta. Dalam pasal 5 Domba Allah yang mendekati Dia yang bertakhta dipuji sebagai Penebus. Peristiwa pengambilan gulungan kitab yang ada di tangan Dia yang bertakhta menjembatani dua pasal ini. Makna dari gulungan kitab tersebut sangat penting, dan akan dibahas dalam bagian berikut ini.

Menurut pengalaman jemaat-jemaat yang diceritakan dalam pasal 2-3, kuasa kejahatan di bumi ini dengan bebas mengancam dan menyusahkan jemaat-jemaat Kristus. Tetapi menurut perspektif ruangan takhta yang digambarkan dalam pasal 4-5, yang berkuasa mutlak adalah Tuhan Allah, dan bukan kejahatan yang ada di bumi.249

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 5:7 - -- 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Anak Domba mendekati Allah di atas ta...

5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Anak Domba mendekati Allah di atas takhta-Nya untuk menerima gulungan kitab itu. Saat itu adalah saat yang amat penting.280 Gulungan itu diterima dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Allah Bapa sudah menawarkan ini kepada Tuhan Yesus. Mazmur 2:8 berbunyi "Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepada-Mu menjadi milik pusaka-Mu, dan ujung bumi menjadi kepunyaan-Mu." Dalam Matius 24:36 Tuhan Yesus berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." Akhirnya, di dalam nas ini, Wahyu pasal 5:7, Tuhan Yesus minta kepada-Nya!281

Hagelberg: Why 5:7 - -- 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Anak Domba mendekati Allah di atas ta...

5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Anak Domba mendekati Allah di atas takhta-Nya untuk menerima gulungan kitab itu. Saat itu adalah saat yang amat penting.280 Gulungan itu diterima dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Allah Bapa sudah menawarkan ini kepada Tuhan Yesus. Mazmur 2:8 berbunyi "Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepada-Mu menjadi milik pusaka-Mu, dan ujung bumi menjadi kepunyaan-Mu." Dalam Matius 24:36 Tuhan Yesus berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." Akhirnya, di dalam nas ini, Wahyu pasal 5:7, Tuhan Yesus minta kepada-Nya!281

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 5:6-14 - Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu (5:6-14) ...

SH: Why 5:1-14 - Yesus layak disembah (Kamis, 31 Oktober 2002) Yesus layak disembah Yesus layak disembah. Banyak orang ragu untuk percaya kepada Yesus. Bahkan di antara ...

SH: Why 5:1-14 - Liturgi surgawi (ayat 2) (Rabu, 10 Agustus 2005) Liturgi surgawi (ayat 2) Liturgi surgawi (ayat 2) Siapa laya...

SH: Why 5:1-14 - Anak domba yang disembelih (Selasa, 18 Desember 2012) Anak domba yang disembelih Judul: Anak domba yang disembelih Salah satu gambaran yang menjelaskan makn...

SH: Why 5:1-14 - Masih Ada Harapan (Minggu, 18 September 2022) Masih Ada Harapan Allah menyingkapkan kepada Yohanes sesuatu yang sangat penting dan rahasia, yaitu rencana dan k...

Utley: Why 5:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:6-10...

Topik Teologia: Why 5:6 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh ...

TFTWMS: Why 5:5-7 - Dan Aku Melihat… Seekor Anak Domba "DAN AKU MELIHAT… SEEKOR ANAK DOMBA"(Wahyu 5:5-7) Singa Yang Agung (ay. ...

TFTWMS: Why 5:1-6 - Gulungan Kitab Yang Dimeteraikan Dan Anak Domba Yang Seperti Telah Disembelih Gulungan Kitab Yang Dimeteraikan Dan Anak Domba Yang Seperti Telah Disembelih (Wahyu 5:1-6)...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Anak Domba Itu Layak" WAHYU 5:1-14 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 5:1-14) Buku nyanyian kita dipenuhi dengan lagu-la...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Merrill C. Tenney, quoted by Warren W. Wiersbe in The Bible Exposition Commentary, vol....

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA