kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 3:10 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Orang Kudus Yang Menderita | Pelihara, Pemeliharaan | Coba, Percobaan | Gereja, Jemaat | Wahyu | Asia | Uskup | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 3:10 - HARI PENCOBAAN. Nas : Wahy 3:10 Janji Kristus untuk melindungi orang yang setia di Filadelfia dari hari pencobaan ini mirip dengan janji Paulus kepada orang Tesalo...

Nas : Wahy 3:10

Janji Kristus untuk melindungi orang yang setia di Filadelfia dari hari pencobaan ini mirip dengan janji Paulus kepada orang Tesalonika yang menyatakan bahwa mereka akan diluputkan dari "murka yang akan datang" (1Tes 1:10); dan ini terus berlaku bagi semua orang yang setia kepada Allah sepanjang masa (ayat Wahy 3:13,22). Hari ini meliputi masa pencobaan, murka dan kesesakan yang telah ditetapkan secara ilahi dan yang akan datang atas "seluruh dunia" pada tahun-tahun akhir dari zaman ini, menjelang berdirinya kerajaan Kristus di atas bumi (Wahy 5:10; Wahy 6:1-19:21; Wahy 20:4). Mengenai masa ini, Alkitab menyatakan kebenaran-kebenaran berikut:

  1. 1) Hari pencobaan ini meliputi murka Allah atas orang-orang fasik (pasal Wahy 6:1-19:21; Yes 13:6-13; 17:4-11; Dan 9:27;12:1; Za 14:1-4; Mat 24:9-31;

    lihat cat. --> 1Tes 5:2;

    [atau ref. 1Tes 5:2]

    lihat art. KESENGSARAAN BESAR)

  2. 2) Akan tetapi, dalam hari pencobaan ini juga termasuk kemarahan Iblis atas orang-orang saleh, yaitu atas mereka yang menerima Kristus selama masa yang dahsyat itu. Mereka nanti akan menderita kelaparan, dahaga, tidak dilindungi dari unsur-unsur alam (Wahy 7:16), serta penderitaan dan tangisan yang besar (Wahy 7:9-17; Dan 12:10; Mat 24:15-21). Secara tidak langsung mereka akan mengalami bencana perang, bala kelaparan, dan kematian. Mereka akan dianiaya, disiksa dan banyak orang akan mati syahid (Wahy 6:11; 13:7; 14:13). Mereka akan dibinasakan oleh Iblis dan kekuatan-kekuatan roh jahat (Wahy 9:3-5; 12:12), kejahatan dan kekejaman dari orang jahat dan penganiayaan oleh antikristus (Wahy 6:9; 12:17; 13:15-17). Mereka akan kehilangan tempat tinggal dan harus melarikan diri dalam ketakutan (Mat 24:15-21). Secara khusus ini akan menjadi suatu masa malapetaka bagi mereka yang memiliki keluarga dan anak-anak (Mat 24:19), yang sedemikian mengerikan sehingga orang kudus yang meninggal dalam kesengsaraan ini akan dianggap berbahagia, sebab mereka telah beristirahat dari jerih lelah mereka dan bebas dari penganiayaan (Wahy 14:13).
  3. 3) Bagi mereka yang menjadi pemenang sebelum hari itu tiba

    (lihat cat. --> Wahy 2:7;

    lihat cat. --> Luk 21:36),

    [atau ref. Wahy 2:7; Luk 21:36]

    Allah akan memelihara mereka dari hari pencobaan itu, kemungkinan besar melalui keangkatan gereja, yaitu pengangkatan orang setia untuk berjumpa dengan Kristus di udara sebelum Allah mencurahkan murka-Nya

    (lihat cat. --> Yoh 14:3;

    [atau ref. Yoh 14:3]

    lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

    Pembebasan ini merupakan pahala bagi mereka yang bertekun mematuhi Firman Allah dalam iman yang benar.
  4. 4) Orang percaya yang hidup pada masa sekarang yang berharap untuk terhindar dari semua hal yang akan menimpa dunia ini akan melakukannya hanya dengan kesetiaan kepada Kristus dan Firman-Nya serta tetap waspada di dalam doa

    (lihat cat. --> Luk 21:36),

    [atau ref. Luk 21:36]

    sehingga mereka tidak akan tertipu

    (lihat cat. --> Mat 24:5).

    [atau ref. Mat 24:5]

Jerusalem: Why 2:1--3:22 - -- Bab 2-3 Ketujuh surat yang tercantum di sini tersusun secara sama. Dijelaskan dahulu bagaimana keadaan jemaat (Aku tahu), lalu menyusul janji atau anc...

Bab 2-3 Ketujuh surat yang tercantum di sini tersusun secara sama. Dijelaskan dahulu bagaimana keadaan jemaat (Aku tahu), lalu menyusul janji atau ancaman, yang melayangkan pandangan ke akhir zaman. Ajaran yang termaktub dalam surat-surat ini sangat padat, khususnya ajaran mengenai Yesus Kristus. Surat-surat itu juga memberi informasi tentang hidup Kristen di kawasan Asia-Kecil sekitar th 90.

Jerusalem: Why 3:10 - seluruh dunia Dalam Wahyu "dunia" (bumi) berarti: dunia orang-orang yang tidak percaya dan bermusuhan, sama seperti arti "dunia" dalam Yoh 1:10; 17:9; dll. Hamba-ha...

Dalam Wahyu "dunia" (bumi) berarti: dunia orang-orang yang tidak percaya dan bermusuhan, sama seperti arti "dunia" dalam Yoh 1:10; 17:9; dll. Hamba-hamba Allah tidak termasuk penduduk dunia itu. Mereka diluputkan, Wah 7:1 dst, dari malapetaka yang digambarkan dalam bab 8-9; 16 (bdk Wah 18:4).

Ref. Silang FULL: Why 3:10 - melindungi engkau // seluruh dunia // untuk mencobai // di bumi · melindungi engkau: 2Pet 2:9 · seluruh dunia: Mat 24:14; Mat 24:14 · untuk mencobai: Wahy 2:10 · di bumi: Wahy 6:10; 8:13...

· melindungi engkau: 2Pet 2:9

· seluruh dunia: Mat 24:14; [Lihat FULL. Mat 24:14]

· untuk mencobai: Wahy 2:10

· di bumi: Wahy 6:10; 8:13; 11:10; 13:8,14; 17:8

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 3:10 - -- 3:10 Karena engkau menuruti Firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari jam217 pencobaan yang akan datang atas sel...

3:10 Karena engkau menuruti Firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari jam217 pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Tuhan Yesus akan melindungi mereka dari jam pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Ini suatu janji yang cukup sulit diartikan. Yang berikut merupakan beberapa pengamatan yang pokok:

1. Jam harus ditafsirkan sebagai gaya bahasa untuk jangka waktu/masa.

2. Jam pencobaan barangkali berarti masa kesengsaraan, yaitu "minggu" yang ke70 dari Daniel pasal 9 dan "murka yang akan datang" dari 1 Tesalonika 1:10.

3. Anak kalimat mereka yang diam di bumi dipakai dua belas kali218 dalam Kitab Wahyu mengacu kepada orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus, bahkan melawan Dia.219

4. Bumi dapat berarti wilayah Kerajaan Roma,220 atau bumi ini.

5. Melindungi dari221... dapat berarti "melindungi dalam" atau "mengambil dari".

Berdasarkan pengamatan ini ada empat kemungkinan:

1. Jemaat itu akan dilindungi dari penganiayaan yang akan terjadi di kota mereka pada zaman itu. Masalahnya, penggenapan dari semua janji yang lain dalam pasal 2 dan 3 harus menunggu kedatangan dan kemenangan Tuhan Yesus. Apakah hanya janji ini yang digenapi zaman itu?

2. Jemaat Kristen tidak akan diangkat, melainkan akan mengalami Masa Kesengsaraan itu, tetapi akan dilindungi di bumi pada masa itu. Tafsiran ini disebut "Post-Tribulasi".222 Soalnya, menurut Wahyu 6:9-11 dan 7:9-14, orang yang percaya pada Masa Kesengsaraan itu tidak akan dilindungi melainkan akan dibunuh. Jadi, sifat atau jangkauan perlindungan ini agak kabur.223

3. Hanya jemaat Kristen yang setia dan baik seperti jemaat Filadelfia akan diangkat ke surga sebelum Masa Kesengsaraan. Tafsiran ini disebut "Partial Rapture". Menurut tafsiran ini, janji ini akan digenapi sebelum Masa Kesengsaraan, khusus bagi orang percaya yang setia pada zaman itu. Tetapi tidak ada nas yang lain yang mendukung "Partial Rapture".

4. Mungkin janji ini, seperti janji mengenai kematian yang kedua, akan digenapi dalam riwayat setiap orang percaya yang hidup pada akhir zaman ini, sesuai dengan 1 Tesalonika 1:10 dan 5:9. Sebelum Masa Aniaya Besar, setiap orang percaya yang ada di bumi akan diangkat ke surga, dan dengan demikian mereka dilindungi dari jam pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia. Tafsiran ini disebut "Pre-Tribulasi". Dalam nas ini Tuhan Yesus berjanji bahwa semua jemaat Kristus akan diangkat ke surga sebelum Masa Aniaya Besar.

Nas ini memang sulit ditafsirkan. Ada kemungkinan juga bahwa penggenapannya ganda, sehingga misalnya nomor 1 dan nomor 4 benar.224 Walaupun demikian, ada juga dalam nas ini suatu tekanan yang nyata dalam bahasa aslinya,225 yaitu bahwa Kristuslah yang akan melindungi mereka. Biarlah janji ini menghibur setiap kita dalam kesusahan yang kita alami. Dialah yang melindungi.

Hagelberg: Why 3:9-12 - -- 7. Janji (3:9-12) Jemaat yang setia ini ditawari enam janji.

7. Janji (3:9-12)

Jemaat yang setia ini ditawari enam janji.

Hagelberg: Why 3:10 - -- 3:10 Karena engkau menuruti Firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari jam217 pencobaan yang akan datang atas sel...

3:10 Karena engkau menuruti Firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari jam217 pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Tuhan Yesus akan melindungi mereka dari jam pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Ini suatu janji yang cukup sulit diartikan. Yang berikut merupakan beberapa pengamatan yang pokok:

1. Jam harus ditafsirkan sebagai gaya bahasa untuk jangka waktu/masa.

2. Jam pencobaan barangkali berarti masa kesengsaraan, yaitu "minggu" yang ke70 dari Daniel pasal 9 dan "murka yang akan datang" dari 1 Tesalonika 1:10.

3. Anak kalimat mereka yang diam di bumi dipakai dua belas kali218 dalam Kitab Wahyu mengacu kepada orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus, bahkan melawan Dia.219

4. Bumi dapat berarti wilayah Kerajaan Roma,220 atau bumi ini.

5. Melindungi dari221... dapat berarti "melindungi dalam" atau "mengambil dari".

Berdasarkan pengamatan ini ada empat kemungkinan:

1. Jemaat itu akan dilindungi dari penganiayaan yang akan terjadi di kota mereka pada zaman itu. Masalahnya, penggenapan dari semua janji yang lain dalam pasal 2 dan 3 harus menunggu kedatangan dan kemenangan Tuhan Yesus. Apakah hanya janji ini yang digenapi zaman itu?

2. Jemaat Kristen tidak akan diangkat, melainkan akan mengalami Masa Kesengsaraan itu, tetapi akan dilindungi di bumi pada masa itu. Tafsiran ini disebut "Post-Tribulasi".222 Soalnya, menurut Wahyu 6:9-11 dan 7:9-14, orang yang percaya pada Masa Kesengsaraan itu tidak akan dilindungi melainkan akan dibunuh. Jadi, sifat atau jangkauan perlindungan ini agak kabur.223

3. Hanya jemaat Kristen yang setia dan baik seperti jemaat Filadelfia akan diangkat ke surga sebelum Masa Kesengsaraan. Tafsiran ini disebut "Partial Rapture". Menurut tafsiran ini, janji ini akan digenapi sebelum Masa Kesengsaraan, khusus bagi orang percaya yang setia pada zaman itu. Tetapi tidak ada nas yang lain yang mendukung "Partial Rapture".

4. Mungkin janji ini, seperti janji mengenai kematian yang kedua, akan digenapi dalam riwayat setiap orang percaya yang hidup pada akhir zaman ini, sesuai dengan 1 Tesalonika 1:10 dan 5:9. Sebelum Masa Aniaya Besar, setiap orang percaya yang ada di bumi akan diangkat ke surga, dan dengan demikian mereka dilindungi dari jam pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia. Tafsiran ini disebut "Pre-Tribulasi". Dalam nas ini Tuhan Yesus berjanji bahwa semua jemaat Kristus akan diangkat ke surga sebelum Masa Aniaya Besar.

Nas ini memang sulit ditafsirkan. Ada kemungkinan juga bahwa penggenapannya ganda, sehingga misalnya nomor 1 dan nomor 4 benar.224 Walaupun demikian, ada juga dalam nas ini suatu tekanan yang nyata dalam bahasa aslinya,225 yaitu bahwa Kristuslah yang akan melindungi mereka. Biarlah janji ini menghibur setiap kita dalam kesusahan yang kita alami. Dialah yang melindungi.

Hagelberg: Why 3:7-13 - -- F. Surat kepada Jemaat di Filadelfia (3:7-13) 1. Alamat surat ini: Jemaat di Filadelfia (3:7a) 3:7a Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelf...

F. Surat kepada Jemaat di Filadelfia (3:7-13)

1. Alamat surat ini: Jemaat di Filadelfia (3:7a)

3:7a Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia

Kota Filadelfia dibangun antara tahun 189 SM hingga tahun 138 SM.208 Kota ini dinamakan Filadelfia ("kasih persaudaraan") karena kasih Attalus II bagi kakaknya, Eumenes II, dua raja Pergamus.209 Kota Filadelfia dibangun di perbatasan wilayah tiga bangsa: Misia, Lidia, dan Frigia. Bangsa Misia sudah memeluk kebudayaan Yunani, tetapi bangsa Frigia dan Lidia saat itu belum mau menerima bahasa dan budaya Yunani. Mereka dianggap liar dan tidak beradab. Filadelfia dibangun dengan suatu harapan menjadi saluran atau pintu gerbang untuk membawa kebudayaan Yunani kepada bangsa Frigia dan Lidia, atau untuk "meyunanikan" mereka. Maka dapat dikatakan, sejak didirikan Kota Filadelfia memang memiliki peranan "misionaris".

Kota Filadelfia terletak di Lembah Kogamis, dan ini sungguh baik sebagai jalur perdagangan. Barang dari Lidia dan dari pelabuhan Smirna yang dibawa ke Frigia dan seluruh wilayah timur dari Frigia akan lewat Filadelfia. Tetapi dari segi yang lain, letak Kota Filadelfia tidak menguntungkan sebab gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi di daerah itu. Pada tahun 17 M ada gempa bumi yang dianggap paling dahsyat sampai saat itu. Dua belas kota di daerah itu, termasuk Filadelfia dan Sardis, hancur. Ada penghuni Filadelfia yang begitu takut sehingga mereka tinggal dalam pondok di luar kota, dan tidak mau membangun kembali rumah mereka di kota.210 Pengalaman, perasaan dan ketakutan itu dapat dibandingkan dengan janji Tuhan Yesus bagi mereka yang setia, bahwa "ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ."211

Juga, di Filadelfia, kalau tokoh kota yang mengabdi dengan setia akan pensiun, sebuah sokoguru yang bertuliskan nama orang itu didirikan di kuil untuk menghormatinya. Mereka yang datang untuk menyembah di kuil itu melihat sokoguru itu dan mengingat dia yang telah mengabdi dengan setia.

Hagelberg: Why 2:1--3:22 - -- II. Bagian Kedua: \"...apa yang terjadi sekarang...\" (2:1-3:22) Fungsi pasal dua dan pasal tiga: Bagian ini menjelaskan dan menerapkan rincian-rincia...

II. Bagian Kedua: \"...apa yang terjadi sekarang...\" (2:1-3:22)

Fungsi pasal dua dan pasal tiga:

Bagian ini menjelaskan dan menerapkan rincian-rincian yang sulit dimengerti dari penglihatan tentang Tuhan Yesus dalam pasal satu. Juga perintah-perintah yang harus kita turuti untuk mengalami kebahagiaan yang disebutkan dalam pasal 1:3, terdapat dalam bagian ini. Kalau kita mau menerima berkat yang diucapkan di dalam pasal 1:3, maka kita perlu membaca bagian ini dan menaati perintah-perintah yang ada di dalamnya.

Isi bagian ini:

Bagian ini terdiri dari tujuh surat kepada tujuh jemaat. Setiap jemaat adalah sebuah gereja setempat yang harfiah. Oleh karena jemaat-jemaat sepanjang zaman ini mempunyai ciri-ciri yang diuraikan dalam pasal dua dan tiga, maka dapat dikatakan bahwa ketujuh jemaat itu juga mewakili setiap jemaat. Jadi, walaupun sesuatu ditulis untuk jemaat di Efesus, tetapi hal itu juga berlaku bagi kita "yang bertelinga". Wahyu 2:7 berbunyi, "Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat...." Jadi, semua ini dikatakan kepada jemaat-jemaat Kristus, dan bukan kepada satu jemaat saja. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa surat-surat ini milik kita juga.

Ketujuh Kota di Asia Kecil

Bentuk bagian ini:

Ketujuh surat disusun menurut suatu pola yang mempunyai tujuh bagian, yaitu:

1. Alamat Surat

2. Sifat Kristus

3. Pujian untuk Jemaat

4. Kritikan

5. Tuntutan

6. Ancaman

7. Janji

Ada perkecualian: jemaat di Laodikia tidak dipuji, dan jemaat di Smirna tidak dikritik.

Morris137 mengamati bahwa jemaat pertama dan jemaat ketujuh berada dalam keadaan yang amat parah, jemaat kedua dan keenam berada dalam keadaan yang sangat baik, dan keadaan jemaat yang ketiga, keempat, dan kelima sedang-sedang saja.

Beberapa penafsir berkata bahwa setiap jemaat melambangkan suatu masa dalam sejarah gereja. Misalnya jemaat di Efesus, yang ajarannya mantap, melambangkan gereja yang mula-mula, pada masa rasul-rasul. Menurut pola penafsiran itu, mungkin jemaat di Sardis (yang "dikatakan hidup, padahal engkau mati") melambangkan gereja pada zaman Reformasi. Penulis menolak tafsiran tersebut, berdasarkan atas lima alasan berikut. Pertama, sebenarnya tafsiran tersebut tidak berdasarkan pengamatan yang teliti. Alasannya karena sejarah gereja tidak begitu sesuai dengan jalannya dua pasal ini. Kedua, kita perlu mengerti bahwa ada jemaat seperti setiap ketujuh jemaat ini pada setiap generasi sejak kitab ini ditulis. Ketiga, tafsiran tersebut cenderung menarik perhatian kita dari penerapan nas ini dalam pribadi kita masing-masing dan dalam jemaat kita masing-masing. Keempat, tampaknya urutan kota yang ada dalam nas ini disamakan bukan dengan sejarah gereja tetapi dengan letaknya kota-kota ini di jalan raya di wilayah itu. Kelima, tidak ada satu petunjuk pun dalam nas ini yang dapat dipakai sebagai alasan atau bukti untuk menafsirkan secara alegoris (lambang).

Oleh karena setiap "surat" ini dimulai dengan kata "Inilah Firman dari Dia...",138 kata yang juga dipakai sebagai kata pengantar pada nubuatan dalam Perjanjian Lama (LXX),139 maka beberapa penafsir140 menegaskan bahwa apa yang kita sebut "surat" sebaiknya disebut "nubuatan". Menurut mereka, khas nubuatan ketujuh surat perlu ditegaskan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 3:7-13 - Surat kepada Jemaat di Filadelfia Surat kepada Jemaat di Filadelfia (3:7-13) ...

SH: Why 3:7-13 - Pintu pemberitaan Injil (Senin, 28 Oktober 2002) Pintu pemberitaan Injil Pintu pemberitaan Injil. Di tengah badai aniaya yang gencar melanda, sidang jemaat...

SH: Why 3:7-13 - Yesus sebagai Yang Benar dan Kudus (Sabtu, 20 Desember 2003) Yesus sebagai Yang Benar dan Kudus Yesus sebagai Yang Benar dan Kudus. Berbeda dengan kota-kota lainny...

SH: Why 3:7-13 - Jemaat yang setia (Selasa, 20 Desember 2011) Jemaat yang setia Judul: Jemaat yang setia Filadelfia adalah kota termuda di antara ketujuh kota yang ...

SH: Why 3:7-13 - Memilih Diperkenan Siapa? (Kamis, 15 September 2022) Memilih Diperkenan Siapa? Jemaat Tuhan di kota Filadelfia adalah jemaat yang penuh dengan kelemahan dan bahkan te...

Utley: Why 3:7-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 3:7-13...

Topik Teologia: Why 3:10 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pem...

TFTWMS: Why 3:8-10 - Terhibur Karena Pujian-nya TERHIBUR KARENA PUJIAN-NYA (Wahyu 3:8-10a) Setiap orang suka diharga...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Gereja Yang Berbuat Sebisanya Dengan Seadanya WAHYU 3:7-13 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Pertanyaan Untuk Ulasan & Diskusi (Wahyu 3:7-13) 1. Yang ma...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat peta di dalam pelajaran ini. 2 Di Amerika, kami memiliki kota ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Surat Cinta Terakhir Dari Tuhan WAHYU 2-3 Perjan...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 2-3) Masalah menghadang jalan umat Kristen di Asia K...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pernyataan ini mengasumsikan bahwa kitab Wahyu ditulis selama bagian akhir pemerintahan Domiti...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA