kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 16:17-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana." 16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu. 16:19 Lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Maka teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya. 16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung. 16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Babel members of the nation of Babylon


Topik/Tema Kamus: Tulah | Lihat, Penglihatan | Wahyu | Gempa Bumi | Babel | Timbang, Timbangan | Malaikat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 16:19 - BABEL YANG BESAR ITU. Nas : Wahy 16:19 Lihat cat. --> Wahy 17:1 berikut. [atau ref. Wahy 17:1]

Nas : Wahy 16:19

Lihat cat. --> Wahy 17:1 berikut.

[atau ref. Wahy 17:1]

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 15:1--16:21 - -- Penglihatan tentang tujuh cawan (malapetaka) ini mengulang penglihatan tentang tujuh sangkakala, Wah 8:2 dst. Antara Wah 15:1 dan Wah 15:5 disisipkan ...

Penglihatan tentang tujuh cawan (malapetaka) ini mengulang penglihatan tentang tujuh sangkakala, Wah 8:2 dst. Antara Wah 15:1 dan Wah 15:5 disisipkan sebuah nyanyian yang diangkat oleh orang-orang pilihan untuk memuji Dia yang menyelamatkan mereka.

Jerusalem: Why 15:5--16:21 - -- Bagian ini menggambarkan malapetaka-malapetaka, Wah 15:1, yang mendatangi Babel (=Roma). Seperti halnya dalam bab 8-9, demikianpun di sini orang terin...

Bagian ini menggambarkan malapetaka-malapetaka, Wah 15:1, yang mendatangi Babel (=Roma). Seperti halnya dalam bab 8-9, demikianpun di sini orang teringat akan tulah-tulah yang menimpa negeri Mesir dahulu. Malaikat-malaikat yang bertugas menimpakan malapetaka-malapetaka itu keluar dari "kemah kesaksian" ialah Bait Allah yang sejati di sorga, Wah 11:19. Dalam rangka suatu penampakan Allah diselenggarakan ibadat keadilan.

Jerusalem: Why 16:17 - dari takhta itu Var: dari Allah. Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Var: dari Allah. Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Jerusalem: Why 16:20 - -- Pulau dan gunung itu melambangkan kuasa-kuasa duniawi yang dilenyapkan oleh (taufan) murka Allah.

Pulau dan gunung itu melambangkan kuasa-kuasa duniawi yang dilenyapkan oleh (taufan) murka Allah.

Jerusalem: Why 16:21 - seratus pon Harafiah: seperti talenta, ialah l.k. 40 kg

Harafiah: seperti talenta, ialah l.k. 40 kg

Jerusalem: Why 16:21 - menghujat Allah Bencana-bencana itu belum membinasakan umat manusia, tetapi menyebabkan hujat-hujat lain lagi, Wah 16:9,11; bdk Wah 11:14+.

Bencana-bencana itu belum membinasakan umat manusia, tetapi menyebabkan hujat-hujat lain lagi, Wah 16:9,11; bdk Wah 11:14+.

Ende: Why 16:19 - Kota besar ialah "Babylon" sebagai lambang Roma.

ialah "Babylon" sebagai lambang Roma.

Ende: Why 16:21 - Seberat talenta Beratnja satu talenta kira-kira 40 kg.

Beratnja satu talenta kira-kira 40 kg.

Ref. Silang FULL: Why 16:17 - ke angkasa // Bait Suci // yang nyaring // Sudah terlaksana · ke angkasa: Ef 2:2 · Bait Suci: Wahy 14:15 · yang nyaring: Wahy 11:15 · Sudah terlaksana: Wahy 21:6

· ke angkasa: Ef 2:2

· Bait Suci: Wahy 14:15

· yang nyaring: Wahy 11:15

· Sudah terlaksana: Wahy 21:6

Ref. Silang FULL: Why 16:18 - bunyi guruh // gempa bumi // atas bumi · bunyi guruh: Wahy 4:5; Wahy 4:5 · gempa bumi: Wahy 6:12; Wahy 6:12 · atas bumi: Dan 12:1; Mat 24:21

· bunyi guruh: Wahy 4:5; [Lihat FULL. Wahy 4:5]

· gempa bumi: Wahy 6:12; [Lihat FULL. Wahy 6:12]

· atas bumi: Dan 12:1; Mat 24:21

Ref. Silang FULL: Why 16:19 - kota besar // Maka teringatlah // yang besar // kegeraman murka-Nya · kota besar: Wahy 17:18; Wahy 17:18 · Maka teringatlah: Wahy 18:5 · yang besar: Wahy 14:8; Wahy 14:8 · kegeraman murka-Ny...

· kota besar: Wahy 17:18; [Lihat FULL. Wahy 17:18]

· Maka teringatlah: Wahy 18:5

· yang besar: Wahy 14:8; [Lihat FULL. Wahy 14:8]

· kegeraman murka-Nya: Wahy 14:10

Ref. Silang FULL: Why 16:20 - tidak ditemukan · tidak ditemukan: Wahy 6:14; Wahy 6:14

· tidak ditemukan: Wahy 6:14; [Lihat FULL. Wahy 6:14]

Ref. Silang FULL: Why 16:21 - hujan es // menghujat Allah // hujan es · hujan es: Yeh 13:13; 38:22; Wahy 8:7; 11:19 · menghujat Allah: Wahy 16:9,11 · hujan es: Kel 9:23-25

· hujan es: Yeh 13:13; 38:22; Wahy 8:7; 11:19

· menghujat Allah: Wahy 16:9,11

· hujan es: Kel 9:23-25

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 16:17 - -- 16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke udara.537 Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: ...

16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke udara.537 Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana."538

Untuk menjalankan hukuman yang terakhir, maka malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke udara. Rupanya cawan itu mengakibatkan suatu badai yang luar biasa.

Jatuhnya hukuman yang terakhir dari ketujuh cawan disertai dengan suara Allah sendiri, dari dalam Bait Suci, bahkan dari takhta itu: "Sudah terlaksana." Rantai hukuman akhir zaman sudah dijalankan. Memang malapetaka yang terakhir, yakni badai yang dahsyat itu, belum dikisahkan pada saat Dia berfirman, tetapi sudah dijalankan, dan tinggal menunggu perwujudannya, yang pasti menyusul. Mungkinkah doa umat Allah dalam Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" sudah digenapi secara sempurna dalam nas ini?

Hagelberg: Why 16:17 - -- 16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke udara.537 Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: ...

16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke udara.537 Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana."538

Untuk menjalankan hukuman yang terakhir, maka malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke udara. Rupanya cawan itu mengakibatkan suatu badai yang luar biasa.

Jatuhnya hukuman yang terakhir dari ketujuh cawan disertai dengan suara Allah sendiri, dari dalam Bait Suci, bahkan dari takhta itu: "Sudah terlaksana." Rantai hukuman akhir zaman sudah dijalankan. Memang malapetaka yang terakhir, yakni badai yang dahsyat itu, belum dikisahkan pada saat Dia berfirman, tetapi sudah dijalankan, dan tinggal menunggu perwujudannya, yang pasti menyusul. Mungkinkah doa umat Allah dalam Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" sudah digenapi secara sempurna dalam nas ini?

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 16:18 - -- 16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas...

16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.

Ayat ini mengisahkan dahsyatnya badai serta gempa bumi yang diakibatkan539 oleh cawan yang ketujuh.

Bauckham540 menjelaskan bagaimana ayat ini menjadi puncak dari perkembangan hukuman Allah. Lihatlah perkembangan yang ditunjukkan dalam keempat ayat yang berikut ini:

Hagelberg: Why 16:18-21 - -- 16:18-21 kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat... dan hujan es besar Peningkatan kedahsyatan hukuman ini sangat ny...

16:18-21 kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat... dan hujan es besar

Peningkatan kedahsyatan hukuman ini sangat nyata. Juga, kedahsyatan gempa bumi ditekankan dua kali dalam ayat ini. Ingatlah bahwa di antara para pembaca mula-mula ada banyak yang pernah mengalami gempa bumi yang cukup menakutkan dan merusak. Perkataan seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi mirip sekali dengan Keluaran 9:18; 10:6, 14; 11:6; dan Daniel 12:1.541

Hagelberg: Why 16:18 - -- 16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas...

16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.

Ayat ini mengisahkan dahsyatnya badai serta gempa bumi yang diakibatkan539 oleh cawan yang ketujuh.

Bauckham540 menjelaskan bagaimana ayat ini menjadi puncak dari perkembangan hukuman Allah. Lihatlah perkembangan yang ditunjukkan dalam keempat ayat yang berikut ini:

Hagelberg: Why 16:18-21 - -- 16:18-21 kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat... dan hujan es besar Peningkatan kedahsyatan hukuman ini sangat ny...

16:18-21 kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat... dan hujan es besar

Peningkatan kedahsyatan hukuman ini sangat nyata. Juga, kedahsyatan gempa bumi ditekankan dua kali dalam ayat ini. Ingatlah bahwa di antara para pembaca mula-mula ada banyak yang pernah mengalami gempa bumi yang cukup menakutkan dan merusak. Perkataan seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi mirip sekali dengan Keluaran 9:18; 10:6, 14; 11:6; dan Daniel 12:1.541

Hagelberg: Why 16:19 - -- 16:19 Lalu terbelahlah542 kota besar itu menjadi tiga bagian, dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa543. Dan544 teringatlah Allah akan Babel yang besar...

16:19 Lalu terbelahlah542 kota besar itu menjadi tiga bagian, dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa543. Dan544 teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya.

Dalam pasal 18:10, 16, 18, 19, dan 21 sebutan kota besar itu menunjuk kepada Babel. Rupanya, ayat ini mulai menceritakan apa yang akan dikembangkan lebih lanjut dalam pasal 17-18.545

Kalau kota-kota bangsa-bangsa, harus runtuh. Kota Babel tidak hanya runtuh saja, dia harus mengalami cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka Allah. Susunan kata ini memberi suatu kesan bahwa hukuman yang harus jatuh atas Babel pasti amat berat. Morris546 berkata, "Dalam seluruh kitab ini tidak ada perkataan yang lebih keras dari cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya." Oleh karena Babel sudah "memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya" (pasal 14:8), maka pada akhirnya Tuhan Allah memberi kepadanya cawan yang harus dia minum. Bandingkanlah juga dengan pasal 18:6.

Hagelberg: Why 16:19 - -- 16:19 Lalu terbelahlah542 kota besar itu menjadi tiga bagian, dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa543. Dan544 teringatlah Allah akan Babel yang besar...

16:19 Lalu terbelahlah542 kota besar itu menjadi tiga bagian, dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa543. Dan544 teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya.

Dalam pasal 18:10, 16, 18, 19, dan 21 sebutan kota besar itu menunjuk kepada Babel. Rupanya, ayat ini mulai menceritakan apa yang akan dikembangkan lebih lanjut dalam pasal 17-18.545

Kalau kota-kota bangsa-bangsa, harus runtuh. Kota Babel tidak hanya runtuh saja, dia harus mengalami cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka Allah. Susunan kata ini memberi suatu kesan bahwa hukuman yang harus jatuh atas Babel pasti amat berat. Morris546 berkata, "Dalam seluruh kitab ini tidak ada perkataan yang lebih keras dari cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya." Oleh karena Babel sudah "memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya" (pasal 14:8), maka pada akhirnya Tuhan Allah memberi kepadanya cawan yang harus dia minum. Bandingkanlah juga dengan pasal 18:6.

Hagelberg: Why 16:20 - -- 16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung. Mungkin sebagai akibat dari gempa bumi yang begitu hebat dalam pasal 16:1...

16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.

Mungkin sebagai akibat dari gempa bumi yang begitu hebat dalam pasal 16:18, pulau dan gunung-gunung hilang dari muka bumi. Malapetaka ini adalah sebagian dari wujud kegeraman murka Allah, yang jauh lebih dahsyat daripada apa yang terjadi dalam pasal 6:14.

Hagelberg: Why 16:20 - -- 16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung. Mungkin sebagai akibat dari gempa bumi yang begitu hebat dalam pasal 16:1...

16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.

Mungkin sebagai akibat dari gempa bumi yang begitu hebat dalam pasal 16:18, pulau dan gunung-gunung hilang dari muka bumi. Malapetaka ini adalah sebagian dari wujud kegeraman murka Allah, yang jauh lebih dahsyat daripada apa yang terjadi dalam pasal 6:14.

Hagelberg: Why 16:21 - -- 16:21 Dan hujan es besar, seberat satu talenta,547 jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, seba...

16:21 Dan hujan es besar, seberat satu talenta,547 jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

Ternyata dalam Keluaran pasal 9, Yosua 10:11; Mazmur 78:47-48; Yehezkiel 38:18-22; Yesaya 28:2, 17; dan 30:30 hujan es dipakai oleh Tuhan Allah sebagai hukuman. Tetapi sama seperti dalam peristiwa kesepuluh tulah dalam Kitab Keluaran, malapetaka tersebut tidak membawa pertobatan.

Kisah malapetaka ketujuh cawan diceritakan secara bertubi-tubi dalam pasal ini, sedangkan dalam pasal 17:1-19:10 hukuman atas Babel diceritakan secara rinci.

Hagelberg: Why 16:21 - -- 16:21 Dan hujan es besar, seberat satu talenta,547 jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, seba...

16:21 Dan hujan es besar, seberat satu talenta,547 jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

Ternyata dalam Keluaran pasal 9, Yosua 10:11; Mazmur 78:47-48; Yehezkiel 38:18-22; Yesaya 28:2, 17; dan 30:30 hujan es dipakai oleh Tuhan Allah sebagai hukuman. Tetapi sama seperti dalam peristiwa kesepuluh tulah dalam Kitab Keluaran, malapetaka tersebut tidak membawa pertobatan.

Kisah malapetaka ketujuh cawan diceritakan secara bertubi-tubi dalam pasal ini, sedangkan dalam pasal 17:1-19:10 hukuman atas Babel diceritakan secara rinci.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 16:17-21 - Penumpahan Cawan Murka Penumpahan Cawan Murka (16:17-21) ...

SH: Why 15:5--16:21 - Terlambat sudah (Jumat, 5 Desember 2014) Terlambat sudah Judul: Terlambat sudah Di satu sisi, cawan dan murka menandakan hukuman Allah. Di sisi...

SH: Why 16:1-21 - Kedahsyatan hukuman Allah (Selasa, 12 November 2002) Kedahsyatan hukuman Allah Kedahsyatan hukuman Allah. Ada kecenderungan dalam diri kita untuk tid...

SH: Why 16:1-21 - Keadilan Allah ditegakkan (Rabu, 13 Desember 2006) Keadilan Allah ditegakkan Judul: Keadilan Allah ditegakkan Gambaran tentang tujuh cawan murka Allah ini ad...

SH: Why 16:1-21 - Balas Kasih, Bukan Balas Dendam (Senin, 10 Oktober 2022) Balas Kasih, Bukan Balas Dendam Tidak ada seorang pun yang suka dimarahi. Ketika seseorang melampiaskan kemarahan...

Utley: Why 16:17-21 - --NASKAH NASB (UPDATED):Wahy 16:17-21...

TFTWMS: Why 16:12-17 - Menyalahkan Allah Atas Pelbagai Masalah MENYALAHKAN ALLAH ATAS PELBAGAI MASALAH (Wahyu 16:12-17) "Dan...

TFTWMS: Why 16:17-21 - Menyalahkan Allah Atas Hukuman MENYALAHKAN ALLAH ATAS HUKUMAN (Wahyu 16:17-21) Setelah pengumuman...

TFTWMS: Why 16:17-21 - Hukuman Yang Tak Terhindarkan HUKUMAN YANG TAK TERHINDARKAN (Wahyu 16:17-21) Ketika peserta yang...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Menyalahkan Allah Atas Masalah Kita WAHYU 16:9-21 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 16:9-21) Jika kita tidak mengambil pelajaran lain...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 W. B. West Jr., Revelation Through First-Century Glasses, ed. Bob Prichard (Nashville: ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Pertempuran Yang Tak Pernah & Tak Akan Pernah Ada ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 16:13, 14, 1 6-21) Jika...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Mereka yang menggunakan pendekatan sejarah-berlanjut umumnya menafsirkan ketiga pertempuran in...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KETIKA ALLAH MENGINGAT WAHYU 15:1, 6 , ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 15:1, 6 , 7; 16:1-9, 19) ...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Revelation of John, vol. 2, rev. ed., The Daily Study Bible...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.15 detik
dipersembahkan oleh YLSA