kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 12:7-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Naga dikalahkan
12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.
Nyanyian kemenangan
12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. 12:12 Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Mikhael a chief angel; an archangel,father of Sethur, of Asher, who helped spy out Canaan,son of Abihail; a founding father of one of the clans of Gad,son of Jeshishai of the tribe of Gad,son of Baaseiah, of Gershom of Levi; ancestor of Asaph,son of Izrahiah of Issachar,son of Beriah of Benjamin,one of Saul's commanders from Manasseh who defected to David,a man of Issachar in Saul and David's time. The father of Omri, who was the officer over the tribe of Issachar.,son of king Jehoshaphat,father of Zebadiah who lead the Shephatiah Clan back from exile,an angel


Topik/Tema Kamus: Iblis | Ular | Naga | Wahyu | Lihat, Penglihatan | Iblis (Penggoda) | Malaikat | Mikhael | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Iblis | Perang, Peperangan Orang-Orang Kudus | Kasih, Mengasihi Kristus | Teguh, Keteguhan | Fitnah | Roh-Roh Jahat/Jin | Darah | Roh | Anak Domba | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 12:7-9 - PEPERANGAN DI SORGA. Nas : Wahy 12:7-9 Masa kesengsaraan itu tidak hanya akan meliputi permusuhan rohani yang besar di bumi, tetapi juga peperangan di sorga. Iblis dan ...

Nas : Wahy 12:7-9

Masa kesengsaraan itu tidak hanya akan meliputi permusuhan rohani yang besar di bumi, tetapi juga peperangan di sorga. Iblis dan malaikat-malaikatnya akan berusaha mati-matian untuk mengalahkan Allah dan malaikat-malaikat-Nya di sorga.

  1. 1) Iblis dikalahkan, dicampakkan ke bumi (bd. Luk 10:18) dan tidak diizinkan lagi untuk memasuki sorga.
  2. 2) Sorga akan bersorak-sorai (ayat Wahy 12:10-12), karena Iblis bukan lagi merupakan suatu kekuatan rohani di udara

    (lihat cat. --> Ef 6:12).

    [atau ref. Ef 6:12]

    Pada saat yang sama, hal itu akan mengakibatkan "celaka" atas mereka yang ada di bumi (ayat Wahy 12:12-13). Kejatuhan Iblis ini mungkin akan menjadi awal dari masa kesengsaraan besar.

Full Life: Why 12:10 - PENDAKWA SAUDARA-SAUDARA KITA. Nas : Wahy 12:10 Iblis mendakwa orang percaya di hadapan Allah dengan mengatakan bahwa mereka melayani Allah hanya untuk keuntungan pribadi (bd. Ay...

Nas : Wahy 12:10

Iblis mendakwa orang percaya di hadapan Allah dengan mengatakan bahwa mereka melayani Allah hanya untuk keuntungan pribadi (bd. Ayub 1:6-11; Za 3:1).

Full Life: Why 12:11 - MEREKA MENGALAHKAN DIA. Nas : Wahy 12:11 Orang percaya yang setia di bumi mengalahkan Iblis dengan jalan dibebaskan dari kuasanya oleh darah Anak Domba, dengan membulatkan...

Nas : Wahy 12:11

Orang percaya yang setia di bumi mengalahkan Iblis dengan jalan dibebaskan dari kuasanya oleh darah Anak Domba, dengan membulatkan tekad untuk membela Kristus dan dengan menunjukkan kerelaan untuk melayani Kristus tanpa pamrih.

Full Life: Why 12:12 - IBLIS ... DALAM GERAMNYA YANG DAHSYAT. Nas : Wahy 12:12 Iblis, setelah menyadari bahwa ia akan dibinasakan dan dalam waktu yang sangat singkat akan dikalahkan, hanya memiliki kuasa di bu...

Nas : Wahy 12:12

Iblis, setelah menyadari bahwa ia akan dibinasakan dan dalam waktu yang sangat singkat akan dikalahkan, hanya memiliki kuasa di bumi. Waktu yang singkat menunjuk kepada masa kesengsaraan. Geramnya yang dahsyat mengakibatkan penderitaan bagi orang kudus di mana-mana (ayat Wahy 12:11).

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 12:1--14:20 - -- Bab 12-14 Bagian ini melanjutkan penggambaran persiapan akhir dunia. Dengan cara dan gambar-gambar lain bagian ini melukiskan perjuangan yang kini ber...

Bab 12-14 Bagian ini melanjutkan penggambaran persiapan akhir dunia. Dengan cara dan gambar-gambar lain bagian ini melukiskan perjuangan yang kini berlangsung antara Naga dan Anak Domba. Bab 12 mencampurkan unsur-unsur dari dua penglihatan yang berbeda, yaitu: perjuangan Naga melawan Perempuan serta keturunannya, Wah 12:1-6 dan Wah 12:13-17; perjuangan Mikhael melawan Naga, Wah 12:7-12.

Jerusalem: Why 12:1-17 - -- Gambar ini sesuai dengan Kej 3:15-16: Dengan sakit beranak, Wah 12:2. Perempuan itu melahirkan Mesias, Wah 12:5. Iblis mencobai, Wah 12:9; bdk Wah 20:...

Gambar ini sesuai dengan Kej 3:15-16: Dengan sakit beranak, Wah 12:2. Perempuan itu melahirkan Mesias, Wah 12:5. Iblis mencobai, Wah 12:9; bdk Wah 20:2, dan mengejar Perempuan itu serta keturunannya, Wah 12:6,13,17. Perempuan itu melambangkan umat yang kudus di zaman Mesias, Yes 54:1-17; 60:1-22; 66:7; Mi 4:10, jadi Gereja yang sedang berjuang. Mungkin Yohanes juga berpikir kepada Maria, ialah Hawa yang baru. Puteri Sion yang melahirkan Mesias, bdk Yoh 19:25+.

Jerusalem: Why 12:7 - Mikhael Menurut tradisi Yahudi Mikhael adalah Pejuang Allah (Dan 10:12-21; 12:1). Nama itu berarti: Siapa seperti Allah?

Menurut tradisi Yahudi Mikhael adalah Pejuang Allah (Dan 10:12-21; 12:1). Nama itu berarti: Siapa seperti Allah?

Ende: Why 12:7 - Didalam surga Bukan disurga jang dibajangkan sebagai tempat dimana kemuliaan Allah nampak dan tempat para orang sutji, melainkan suatu petala angkasa jang lebih ren...

Bukan disurga jang dibajangkan sebagai tempat dimana kemuliaan Allah nampak dan tempat para orang sutji, melainkan suatu petala angkasa jang lebih rendah, jang dibajangkan sebagai tempat tinggal roh-roh jang djahat.

Ende: Why 12:10-12 - -- Surga penuh kegembiraan atas kekalahan setan itu, biarpun kemenangan belum genap.

Surga penuh kegembiraan atas kekalahan setan itu, biarpun kemenangan belum genap.

Ref. Silang FULL: Why 12:7 - Mikhael // melawan naga // oleh malaikat-malaikatnya · Mikhael: Yud 1:9; Yud 1:9 · melawan naga: Wahy 12:3 · oleh malaikat-malaikatnya: Mat 25:41

· Mikhael: Yud 1:9; [Lihat FULL. Yud 1:9]

· melawan naga: Wahy 12:3

· oleh malaikat-malaikatnya: Mat 25:41

Ref. Silang FULL: Why 12:9 - ular tua // disebut Iblis // atau Satan // yang menyesatkan // ke bumi · ular tua: Wahy 12:15; Kej 3:1-7 · disebut Iblis: Mat 25:41; Wahy 20:2 · atau Satan: Mat 4:10; Mat 4:10 · yang menyesatka...

· ular tua: Wahy 12:15; Kej 3:1-7

· disebut Iblis: Mat 25:41; Wahy 20:2

· atau Satan: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

· yang menyesatkan: Wahy 20:3,8,10

· ke bumi: Luk 10:18; Yoh 12:31

Ref. Silang FULL: Why 12:10 - di sorga // telah tiba keselamatan // bawah pendakwa saudara-saudara · di sorga: Wahy 11:15 · telah tiba keselamatan: Wahy 7:10 · bawah pendakwa saudara-saudara: Ayub 1:9-11; Za 3:1; 1Pet 5:8

· di sorga: Wahy 11:15

· telah tiba keselamatan: Wahy 7:10

· bawah pendakwa saudara-saudara: Ayub 1:9-11; Za 3:1; 1Pet 5:8

Ref. Silang FULL: Why 12:11 - mereka mengalahkan // Anak Domba // perkataan kesaksian // dalam maut · mereka mengalahkan: Yoh 16:33; Yoh 16:33; Wahy 15:2 · Anak Domba: Wahy 7:14; Wahy 7:14 · perkataan kesaksian: Wahy 6:9 ·...

· mereka mengalahkan: Yoh 16:33; [Lihat FULL. Yoh 16:33]; Wahy 15:2

· Anak Domba: Wahy 7:14; [Lihat FULL. Wahy 7:14]

· perkataan kesaksian: Wahy 6:9

· dalam maut: Luk 14:26; Wahy 2:10

Ref. Silang FULL: Why 12:12 - bersukacitalah, hai sorga // celakalah // dan laut · bersukacitalah, hai sorga: Mazm 96:11; Yes 44:23; 49:13; Wahy 18:20 · celakalah: Wahy 8:13; Wahy 8:13 · dan laut: Wahy 10:6

· bersukacitalah, hai sorga: Mazm 96:11; Yes 44:23; 49:13; Wahy 18:20

· celakalah: Wahy 8:13; [Lihat FULL. Wahy 8:13]

· dan laut: Wahy 10:6

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 12:7 - -- 12:7 Maka timbullah peperangan di surga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang443 melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatny...

12:7 Maka timbullah peperangan di surga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang443 melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya

Dalam bagian ini, yaitu pasal 12:7-12, Yohanes menceritakan peperangan yang ada dari sudut pandangan surga. Satu masalah tafsiran yang harus dipikirkan adalah, apakah pasal 12:7-12 meringkaskan seluruh sejarah semesta alam, seperti pasal 12:1-6, ataukah bagian ini menceritakan suatu peperangan khusus di akhir zaman? Rupanya sukacita dan pujian yang diucapkan dalam pasal 12:10 menandai bahwa peperangan dan kemenangan yang diceritakan dalam bagian ini adalah terjadi pada akhir zaman.

Malaikat yang bernama Mikhael muncul dalam Daniel pasal 12:1 sebagai pelindung dari umat Israel.

Dari satu segi, Iblis sudah tidak boleh tinggal di surga lagi, setelah dia berdosa dan memberontak.444 Tetapi dari segi yang lain, sampai saat ini dia masih boleh masuk surga (bukan dengan status "penghuni") untuk mendakwa, misalnya dalam Ayub 1:6-12; 2:1-6; dan Zakharia 3:1-2.

Hagelberg: Why 12:7 - -- 12:7 Maka timbullah peperangan di surga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang443 melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatny...

12:7 Maka timbullah peperangan di surga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang443 melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya

Dalam bagian ini, yaitu pasal 12:7-12, Yohanes menceritakan peperangan yang ada dari sudut pandangan surga. Satu masalah tafsiran yang harus dipikirkan adalah, apakah pasal 12:7-12 meringkaskan seluruh sejarah semesta alam, seperti pasal 12:1-6, ataukah bagian ini menceritakan suatu peperangan khusus di akhir zaman? Rupanya sukacita dan pujian yang diucapkan dalam pasal 12:10 menandai bahwa peperangan dan kemenangan yang diceritakan dalam bagian ini adalah terjadi pada akhir zaman.

Malaikat yang bernama Mikhael muncul dalam Daniel pasal 12:1 sebagai pelindung dari umat Israel.

Dari satu segi, Iblis sudah tidak boleh tinggal di surga lagi, setelah dia berdosa dan memberontak.444 Tetapi dari segi yang lain, sampai saat ini dia masih boleh masuk surga (bukan dengan status "penghuni") untuk mendakwa, misalnya dalam Ayub 1:6-12; 2:1-6; dan Zakharia 3:1-2.

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 12:8 - -- 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di surga. Dalam peperangan yang dikisahkan dalam bagian ini, Iblis dan mala...

12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di surga.

Dalam peperangan yang dikisahkan dalam bagian ini, Iblis dan malaikat-malaikatnya kalah, sehingga mereka tidak mendapat tempat lagi di surga. Mereka sama sekali tidak boleh lagi ke surga. Setelah Wahyu pasal 12:7-10 digenapi, tindakan Iblis yang dikisahkan dalam Ayub 1:6-12 dan 2:1-6 tidak lagi terjadi.

Hagelberg: Why 12:8 - -- 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di surga. Dalam peperangan yang dikisahkan dalam bagian ini, Iblis dan mala...

12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di surga.

Dalam peperangan yang dikisahkan dalam bagian ini, Iblis dan malaikat-malaikatnya kalah, sehingga mereka tidak mendapat tempat lagi di surga. Mereka sama sekali tidak boleh lagi ke surga. Setelah Wahyu pasal 12:7-10 digenapi, tindakan Iblis yang dikisahkan dalam Ayub 1:6-12 dan 2:1-6 tidak lagi terjadi.

Hagelberg: Why 12:9 - -- 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, ber...

12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Dalam visi ini naga besar tidak hanya mendapat julukan si ular tua, tetapi juga mendapat sebutan Iblis dan Satan. Kata Iblis445 adalah terjemahan dari bahasa Yunani yang berarti "pemfitnah" atau "pendakwa", dan istilah Satan446 berasal dari satu kata dalam bahasa Ibrani yang berarti "Pendakwa".447 Pemakaian sebutan si ular tua mengingatkan para pembaca bahwa dia yang dilemparkan ke bumi adalah sama dengan dia yang menipu Hawa, dan dikutuk oleh Tuhan Allah di Taman Eden.

Hagelberg: Why 12:9 - -- 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, ber...

12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Dalam visi ini naga besar tidak hanya mendapat julukan si ular tua, tetapi juga mendapat sebutan Iblis dan Satan. Kata Iblis445 adalah terjemahan dari bahasa Yunani yang berarti "pemfitnah" atau "pendakwa", dan istilah Satan446 berasal dari satu kata dalam bahasa Ibrani yang berarti "Pendakwa".447 Pemakaian sebutan si ular tua mengingatkan para pembaca bahwa dia yang dilemparkan ke bumi adalah sama dengan dia yang menipu Hawa, dan dikutuk oleh Tuhan Allah di Taman Eden.

Hagelberg: Why 12:10 - -- 12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di surga berkata: "Sekarang telah tiba kemenangan448 dan kuasa dan kerajaan449 Allah kita, dan kekuasaan Di...

12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di surga berkata: "Sekarang telah tiba kemenangan448 dan kuasa dan kerajaan449 Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Identitas dia (atau mereka) yang bersuara tidak jelas. Mungkin suara yang nyaring itu dari kedua puluh empat tua-tua (seperti dalam pasal 5:9-10 dan pasal 7:12), atau mungkin yang bersuara adalah mereka yang "keluar dari Kesusahan Besar itu", yang bersuara dalam pasal 7:12. Malaikat tidak menyebut manusia sebagai "saudara", jadi rupanya yang bersuara dalam ayat ini bukan malaikat.450

Sebenarnya apa yang dikatakan, lebih penting daripada identitas dari orang yang bersuara. Suara itu merayakan kedatangan kerajaan Allah kita. Kata-kata yang lain yang dipakai, yaitu kemenangan, kuasa, dan kekuasaan yang kesemuanya terpusat pada tema kerajaan. Pada saat Iblis dan malaikat-malaikatnya dilemparkan dari surga, Kerajaan Allah menjadi semakin dekat dan semakin nyata.

Hagelberg: Why 12:10 - -- 12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di surga berkata: "Sekarang telah tiba kemenangan448 dan kuasa dan kerajaan449 Allah kita, dan kekuasaan Di...

12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di surga berkata: "Sekarang telah tiba kemenangan448 dan kuasa dan kerajaan449 Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Identitas dia (atau mereka) yang bersuara tidak jelas. Mungkin suara yang nyaring itu dari kedua puluh empat tua-tua (seperti dalam pasal 5:9-10 dan pasal 7:12), atau mungkin yang bersuara adalah mereka yang "keluar dari Kesusahan Besar itu", yang bersuara dalam pasal 7:12. Malaikat tidak menyebut manusia sebagai "saudara", jadi rupanya yang bersuara dalam ayat ini bukan malaikat.450

Sebenarnya apa yang dikatakan, lebih penting daripada identitas dari orang yang bersuara. Suara itu merayakan kedatangan kerajaan Allah kita. Kata-kata yang lain yang dipakai, yaitu kemenangan, kuasa, dan kekuasaan yang kesemuanya terpusat pada tema kerajaan. Pada saat Iblis dan malaikat-malaikatnya dilemparkan dari surga, Kerajaan Allah menjadi semakin dekat dan semakin nyata.

Hagelberg: Why 12:11 - -- 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dala...

12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

Tiga unsur dikemukakan sebagai kunci kekalahan Iblis: 1) darah Anak Domba, mungkin dengan arti mereka yang percaya pada darah Anak Domba, 2) perkataan kesaksian mereka, yaitu bahwa mereka berani bersaksi, pasti bersaksi mengenai keselamatan melalui pengorbanan Tuhan Yesus, dan 3) kesediaan mereka untuk bersaksi walaupun menghadapi ancaman maut.

Kuasa kesaksian yang disertai kerelaan untuk mati sudah nyata dalam pasal 11:3-10. Dalam ayat ini kuasa yang sama dinyatakan. Dalam pasal 11 kesaksian mereka dipakai Tuhan Allah untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan melalui hukuman-hukuman rantai ketujuh segel dan ketujuh sangkakala, yaitu untuk menobatkan banyak orang. Dalam ayat ini kesaksian mereka mengalahkan Iblis! Tema ini, bahwa Iblis dikalahkan kalau orang percaya tetap setia, dan tidak murtad, tidak menyembah wakil Iblis, dikemukakan lagi dalam pasal 15:2-3.

Kata mengalahkan yang dipakai di sini sama dengan kata "menang" yang dipakai tujuh kali dalam pasal 2-3; dan perkataan sampai ke dalam maut mirip sekali dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan kepada jemaat di Smirna, "Hendaklah engkau setia sampai mati...." Rupanya apa yang dikatakan dalam bentuk pesan kepada ketujuh jemaat diulangi di sini dalam bentuk visi.

Hubungan antara pasal 12:7-8 yang berisi kisah Mikhael menyerang dan mengalahkan Iblis dan malaikat-malaikatnya, dan pasal 12:11, yang mengisahkan tentang orang percaya yang berani bersaksi sampai dibunuh, dan merekalah yang mengalahkan Iblis, perlu direnungkan. Pasal 12:7-9 merupakan kisah yang berisi laporan kejadian di surga, sedangkan pasal 12:10-12 merupakan suara yang merayakan kemenangan. Iblis dikalahkan di dua front, dua perbatasan wilayah perang. Dia dikalahkan oleh malaikat di surga, dan dia dikalahkan oleh orang percaya yang berani bersaksi. Baik malaikat suci maupun orang percaya yang berani bersaksi memiliki peranan yang penting.

Satu hal lagi yang harus direnungkan dan dipahami: mereka yang mengalahkan dia yang mendakwa itu, tidak melihat bahwa malaikat berperanan dalam kesusahan mereka. Yang mereka lihat dengan mata jasmani adalah hanya bahwa mereka dibunuh karena kesetiaan dan kesaksian mereka. Kesadaran pada kemenangan yang tertulis dalam ayat ini tidak terlihat, tetapi harus diimani.

Hagelberg: Why 12:11 - -- 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dala...

12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

Tiga unsur dikemukakan sebagai kunci kekalahan Iblis: 1) darah Anak Domba, mungkin dengan arti mereka yang percaya pada darah Anak Domba, 2) perkataan kesaksian mereka, yaitu bahwa mereka berani bersaksi, pasti bersaksi mengenai keselamatan melalui pengorbanan Tuhan Yesus, dan 3) kesediaan mereka untuk bersaksi walaupun menghadapi ancaman maut.

Kuasa kesaksian yang disertai kerelaan untuk mati sudah nyata dalam pasal 11:3-10. Dalam ayat ini kuasa yang sama dinyatakan. Dalam pasal 11 kesaksian mereka dipakai Tuhan Allah untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan melalui hukuman-hukuman rantai ketujuh segel dan ketujuh sangkakala, yaitu untuk menobatkan banyak orang. Dalam ayat ini kesaksian mereka mengalahkan Iblis! Tema ini, bahwa Iblis dikalahkan kalau orang percaya tetap setia, dan tidak murtad, tidak menyembah wakil Iblis, dikemukakan lagi dalam pasal 15:2-3.

Kata mengalahkan yang dipakai di sini sama dengan kata "menang" yang dipakai tujuh kali dalam pasal 2-3; dan perkataan sampai ke dalam maut mirip sekali dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan kepada jemaat di Smirna, "Hendaklah engkau setia sampai mati...." Rupanya apa yang dikatakan dalam bentuk pesan kepada ketujuh jemaat diulangi di sini dalam bentuk visi.

Hubungan antara pasal 12:7-8 yang berisi kisah Mikhael menyerang dan mengalahkan Iblis dan malaikat-malaikatnya, dan pasal 12:11, yang mengisahkan tentang orang percaya yang berani bersaksi sampai dibunuh, dan merekalah yang mengalahkan Iblis, perlu direnungkan. Pasal 12:7-9 merupakan kisah yang berisi laporan kejadian di surga, sedangkan pasal 12:10-12 merupakan suara yang merayakan kemenangan. Iblis dikalahkan di dua front, dua perbatasan wilayah perang. Dia dikalahkan oleh malaikat di surga, dan dia dikalahkan oleh orang percaya yang berani bersaksi. Baik malaikat suci maupun orang percaya yang berani bersaksi memiliki peranan yang penting.

Satu hal lagi yang harus direnungkan dan dipahami: mereka yang mengalahkan dia yang mendakwa itu, tidak melihat bahwa malaikat berperanan dalam kesusahan mereka. Yang mereka lihat dengan mata jasmani adalah hanya bahwa mereka dibunuh karena kesetiaan dan kesaksian mereka. Kesadaran pada kemenangan yang tertulis dalam ayat ini tidak terlihat, tetapi harus diimani.

Hagelberg: Why 12:12 - -- 12:12 Karena itu bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun ke...

12:12 Karena itu bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Peperangan di surga itu (12:7-11) mengakibatkan Iblis dan malaikatnya dilemparkan ke bumi. Maka surga bersukacita, tetapi bumi harus berdukacita: celakalah kamu, hai bumi dan laut, sebab Iblis ada di bumi. Oleh karena waktunya sangat terbatas bagi dia, maka dia akan bertindak dengan keras dan garang. Rupanya waktu yang dikatakan sudah singkat dalam ayat ini adalah sama dengan "empat puluh dua bulan" yang disebutkan dalam pasal 13:5. Pasal 13 dan pasal 17 menceritakan bagaimana Iblis mewujudkan geramnya dalam jangka waktu yang singkat itu.

Dalam pasal 12:13-16 Yohanes kembali mengisahkan peperangan di bumi. Iblis melawan Israel yang percaya kepada Tuhan Yesus, Israel ditolong sehingga luput, dan Iblis menyerang orang percaya lain.

Semua tanda ini diceritakan supaya para pembaca dapat yakin dan percaya bahwa Allah berkuasa atas segala sejarah, khususnya atas tabiat Iblis. Kebenaran ini menghibur anggota jemaat yang ditimpa amukan Iblis. Kegiatan Iblis dibatasi oleh Yang Mahakuasa.

Hagelberg: Why 12:12 - -- 12:12 Karena itu bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun ke...

12:12 Karena itu bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Peperangan di surga itu (12:7-11) mengakibatkan Iblis dan malaikatnya dilemparkan ke bumi. Maka surga bersukacita, tetapi bumi harus berdukacita: celakalah kamu, hai bumi dan laut, sebab Iblis ada di bumi. Oleh karena waktunya sangat terbatas bagi dia, maka dia akan bertindak dengan keras dan garang. Rupanya waktu yang dikatakan sudah singkat dalam ayat ini adalah sama dengan "empat puluh dua bulan" yang disebutkan dalam pasal 13:5. Pasal 13 dan pasal 17 menceritakan bagaimana Iblis mewujudkan geramnya dalam jangka waktu yang singkat itu.

Dalam pasal 12:13-16 Yohanes kembali mengisahkan peperangan di bumi. Iblis melawan Israel yang percaya kepada Tuhan Yesus, Israel ditolong sehingga luput, dan Iblis menyerang orang percaya lain.

Semua tanda ini diceritakan supaya para pembaca dapat yakin dan percaya bahwa Allah berkuasa atas segala sejarah, khususnya atas tabiat Iblis. Kebenaran ini menghibur anggota jemaat yang ditimpa amukan Iblis. Kegiatan Iblis dibatasi oleh Yang Mahakuasa.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 12:1-11 - Peperangan di Langit Dalam pasal ini kita dapati penggambaran tentang peperangan antara jemaat...

Matthew Henry: Why 12:12-17 - Peperangan di Bumi Peperangan di Bumi (12:12-17) ...

SH: Why 12:7-9 - Iblis, Musuh Allah (Jumat, 30 September 2022) Iblis, Musuh Allah Lirik lagu "Awas Iblis musuh kita, awas Iblis musuh kita. Ia jalan sini-sana, ia pasang perang...

SH: Why 12:1-17 - Pergumulan dengan Sang Naga (Kamis, 7 November 2002) Pergumulan dengan Sang Naga Pergumulan dengan Sang Naga. Penglihatan berikutnya, yang mengawali b...

SH: Why 12:1--13:1 - Perang bintang (Selasa, 22 November 2005) Perang bintang Judul: Perang bintang Perang Bintang yang memaparkan realitas seperti yang dimaksud...

SH: Why 12:1-12 - Rival Allah: Sang Naga (Rabu, 26 November 2014) Rival Allah: Sang Naga Judul: Rival Allah: Sang Naga Wahyu bukanlah catatan sejarah masa lampau atau g...

SH: Why 12:10-12 - Waspada di Balik Sukacita (Sabtu, 1 Oktober 2022) Waspada di Balik Sukacita Setan Merah (julukan untuk Manchester United, klub sepak bola profesional Inggris) meng...

Utley: Why 12:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 12:7-10a...

Utley: Why 12:10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 12:10b-12...

Topik Teologia: Why 12:7 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Para Malaikat Jahat Setan ...

Topik Teologia: Why 12:8 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Para Malaikat Jahat Setan ...

Topik Teologia: Why 12:9 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Tinggal di Dalam Surga 2Ta 18:1...

Topik Teologia: Why 12:10 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Memiliki Sifat-sifat Allah ...

Topik Teologia: Why 12:11 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh ...

Topik Teologia: Why 12:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

TFTWMS: Why 12:7-17 - Musuh Yang Sangat Marah MUSUH YANG SANGAT MARAH (Wahyu 12:7-17) Dalam pelajaran kita beriku...

TFTWMS: Why 12:10-12 - Alasan Bagi Kekalahan Iblis ALASAN BAGI KEKALAHAN IBLIS (Wahyu 12:10-12) Ayat ...

TFTWMS: Why 12:12 - Hasil Kekalahan Iblis HASIL KEKALAHAN IBLIS (Wahyu 12:12b) Akhir ayat ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Kenalilah Musuh Anda WAHYU 12:1-7, 9, 10 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 12:1-7, 9, 10) Kita akan meningga...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat garis besarnya. Awalnya, musuh-musuh itu tampil ke panggung satu per satu, dan kemudian ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Perang Sedang Berlangsung! WAHYU 12:6, 13-17 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 12:6, 13-17) Sebagai bagian dari persiap...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat pelajaran "Kenalilah Musuh Anda ." 2 Anda mungkin in...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Membunuh Naga Baru-Baru Ini? WAHYU 12:7-12 Ke...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 12:7-12) Allah yang sama yang memampukan Yesus un...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ilustrasi ini disadur dari Paul Lee Tan, Encyclopedia of 7700 Illustrations (Rockville,...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.39 detik
dipersembahkan oleh YLSA