kecilkan semua  

Teks -- Roma 14:13-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Jangan memberi batu sandungan
14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung! 14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis. 14:15 Sebab jika engkau menyakiti hati saudaramu oleh karena sesuatu yang engkau makan, maka engkau tidak hidup lagi menurut tuntutan kasih. Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kristus telah mati untuk dia. 14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah. 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 14:18 Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia. 14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun. 14:20 Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung! 14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu. 14:22 Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki itu, bagi dirimu sendiri di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. 14:23 Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 14:13 - JANGANLAH KITA SALING MENGHAKIMI. Nas : Rom 14:13 Walaupun kita dilarang untuk saling menghakimi dalam hal-hal kecil, orang percaya harus mempertimbangkan bagaimana saling menguatka...

Nas : Rom 14:13

Walaupun kita dilarang untuk saling menghakimi dalam hal-hal kecil, orang percaya harus mempertimbangkan bagaimana saling menguatkan supaya mencapai kesamaan dengan Kristus dan kekudusan jika berkenaan dengan iman, doktrin, dan patokan moral (Ibr 10:24). Ini meliputi hal menilai secara sungguh-sungguh (1Tes 5:21; 1Yoh 4:1), saling membetulkan dan menegur di dalam kasih dan kerendahan hati (Luk 17:3), dan, jikalau diperlukan, memberlakukan disiplin gerejani (bd. 1Kor 5:12-13; 2Tes 3:6,14; 1Tim 5:20-21; 2Tim 2:24-26; 4:2).

Full Life: Rm 14:21 - JANGAN ... MINUM ANGGUR. Nas : Rom 14:21 Alkitab memberikan orang Kristen PB dua hukum utama mengenai anggur (Yun. _oinos_) yang meliputi anggur hasil fermentasi dan sari a...

Nas : Rom 14:21

Alkitab memberikan orang Kristen PB dua hukum utama mengenai anggur (Yun. _oinos_) yang meliputi anggur hasil fermentasi dan sari anggur yang tidak difermentasi

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)):

  1. (1) hukum pemantangan anggur apabila sudah difermentasi dan memabukkan

    (lihat cat. --> Ams 23:31;

    lihat cat. --> 1Tes 5:6;

    lihat cat. --> Tit 2:2);

    [atau ref. Ams 23:31; 1Tes 5:6; Tit 2:2]

  2. (2) hukum kasih Kristen, menyebabkan seorang berpantang sesuatu yang dapat membuat orang lain tersandung (bd. 1Kor 8:13; 10:27-32). Paulus mengatakan bahwa lebih baik tidak meminum anggur yang tidak difermentasi daripada minum sesuatu yang akan menyebabkan orang Kristen lain berbuat dosa dalam kalangan kafir (yaitu, dalam lingkungan bukan Yahudi) di mana minuman yang memabukkan dan kemabukan sudah lazim. Minum anggur yang tidak memabukkan aman untuk beberapa orang, tetapi tindakan itu mungkin bisa mempengaruhi orang percaya yang lebih lemah imannya untuk minum anggur yang berfermentasi dan dengan demikian membuka diri kepada bahaya dan kemabukan. Timotius menaati hukum kasih Kristen ini dengan setia

    (lihat cat. --> 1Tim 5:23).

    [atau ref. 1Tim 5:23]

BIS: Rm 14:19 - tujuan kita haruslah selalu untuk tujuan kita haruslah selalu untuk: beberapa naskah kuno: kita selalu mengejar.

tujuan kita haruslah selalu untuk: beberapa naskah kuno: kita selalu mengejar.

Jerusalem: Rm 14:15 - Sebab Var: tetapi

Var: tetapi

Jerusalem: Rm 14:15 - menyakiti hati saudaramu Entahlah saudara itu ikut makan, meskipun dianggapnya salah, sehingga saudara berdosa, entah saudara itu menjadi sakit hati karena melihat orang makan...

Entahlah saudara itu ikut makan, meskipun dianggapnya salah, sehingga saudara berdosa, entah saudara itu menjadi sakit hati karena melihat orang makan sesuatu yang tidak disetujuinya.

Jerusalem: Rm 14:16 - apa yang baik Apa yang dimaksudkan kiranya kebebasan Kristen yang oleh orang-orang "kuat" disalahtafsirkan dan disalahgunakan, bdk Rom 3:8.

Apa yang dimaksudkan kiranya kebebasan Kristen yang oleh orang-orang "kuat" disalahtafsirkan dan disalahgunakan, bdk Rom 3:8.

Jerusalem: Rm 14:20 - pekerjaan Allah Yang dimaksudkan ialah: atau "orang lemah", Rom 14:16, atau jemaat Kristen. Bdk 1Ko 3:9

Yang dimaksudkan ialah: atau "orang lemah", Rom 14:16, atau jemaat Kristen. Bdk 1Ko 3:9

Jerusalem: Rm 14:20 - orang lain tersandung Maksud teks Yunani kurang jelas. Dapat dimengerti begitu rupa sehingga orang yang makan sendiri tersandung, tetapi juga bahwa orang lain tersandung, R...

Maksud teks Yunani kurang jelas. Dapat dimengerti begitu rupa sehingga orang yang makan sendiri tersandung, tetapi juga bahwa orang lain tersandung, Rom 14:14. Mengingat konteksnya (Rom 14:21 yang berkata tentang kewajiban orang "kuat") tafsir pertama kiranya lebih tepat.

Jerusalem: Rm 14:22 - Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki Var: Adakah engkau memiliki keyakinan? Berpeganglah padanya!

Var: Adakah engkau memiliki keyakinan? Berpeganglah padanya!

Jerusalem: Rm 14:22 - di hadapan Allah Keyakinan (iman) itu memang sesuai dengan kebenaran; dan karenanya baik dan syah menurut pandangan Allah. Tetapi kasih adalah suatu prinsip lebih ting...

Keyakinan (iman) itu memang sesuai dengan kebenaran; dan karenanya baik dan syah menurut pandangan Allah. Tetapi kasih adalah suatu prinsip lebih tinggi.

Jerusalem: Rm 14:23 - iman Di sini "iman" berarti: suara hati yang tepat, bdk Rom 14:1+. Ada yang menterjemahkan: oleh karena ia tidak berlaku karena keyakinan, atau: karena kel...

Di sini "iman" berarti: suara hati yang tepat, bdk Rom 14:1+. Ada yang menterjemahkan: oleh karena ia tidak berlaku karena keyakinan, atau: karena kelakuannya tidak dijiwai keyakinan yang berdasarkan iman.

Ende: Rm 14:15 - Sakit hati jaitu terserandung dan rebah, lalu gelisah hati. Atau djuga sedih dan djengkel hati sebab menganggap saudaranja berdosa.

jaitu terserandung dan rebah, lalu gelisah hati. Atau djuga sedih dan djengkel hati sebab menganggap saudaranja berdosa.

Ende: Rm 14:16 - Suatu jang baik jang dimakan "bagi Allah" (Rom 14:6) dengan kejakinan bahwa tak ada makanan jang sebenarnja nadjis.

jang dimakan "bagi Allah" (Rom 14:6) dengan kejakinan bahwa tak ada makanan jang sebenarnja nadjis.

Ende: Rm 14:17 - Bukan perkara makanan dan minuman Makan atau minum ini dan itu, atau berpantang dari djenis-djenis makanan dan minuman sama sekali tidak mengenai hakekat kehidupan ataskodrati didalam ...

Makan atau minum ini dan itu, atau berpantang dari djenis-djenis makanan dan minuman sama sekali tidak mengenai hakekat kehidupan ataskodrati didalam keradjaan Allah. Djanganlah sampai perselisihan tentang hal-hal jang begitu remeh sadja merusakkan perdamaian dan kegembiraan hidup didalam umat.

Ende: Rm 14:20 - Pekerdjaan Allah Jang dimaksudkan agaknja, ialah pekerdjaan penjelenggaraan Allah untuk menjelamatkan semua manusia dan membangun kesempurnaan hidup keagamaan.

Jang dimaksudkan agaknja, ialah pekerdjaan penjelenggaraan Allah untuk menjelamatkan semua manusia dan membangun kesempurnaan hidup keagamaan.

Ende: Rm 14:22 - Kejakinanmu jaitu bahwa segala djenis makanan dan minuman boleh dimakan.

jaitu bahwa segala djenis makanan dan minuman boleh dimakan.

Ende: Rm 14:22 - Dihadapan Allah dengan hati-nurani djudjur dan murni, jang merasa bertanggung djawab dihadapan Allah.

dengan hati-nurani djudjur dan murni, jang merasa bertanggung djawab dihadapan Allah.

Ende: Rm 14:22 - Tidak menghukumkan diri jaitu terhadap hatinurani dirinja.

jaitu terhadap hatinurani dirinja.

Ende: Rm 14:23 - Berdasarkan kejakinannja Dapat djuga diterdjemahkan: "berdasarkan kepertjajaan". Kejakinan itu dengan sendirinja harus berpokok pada kepertjajaan".

Dapat djuga diterdjemahkan: "berdasarkan kepertjajaan". Kejakinan itu dengan sendirinja harus berpokok pada kepertjajaan".

Ref. Silang FULL: Rm 14:13 - saling menghakimi // atau tersandung · saling menghakimi: Rom 14:1; Mat 7:1; Mat 7:1 · atau tersandung: 2Kor 6:3; 2Kor 6:3

· saling menghakimi: Rom 14:1; Mat 7:1; [Lihat FULL. Mat 7:1]

· atau tersandung: 2Kor 6:3; [Lihat FULL. 2Kor 6:3]

Ref. Silang FULL: Rm 14:14 - dirinya sendiri // itu najis · dirinya sendiri: Rom 14:20; Kis 10:15; Kis 10:15 · itu najis: 1Kor 8:7

· dirinya sendiri: Rom 14:20; Kis 10:15; [Lihat FULL. Kis 10:15]

· itu najis: 1Kor 8:7

Ref. Silang FULL: Rm 14:15 - tuntutan kasih // telah mati · tuntutan kasih: Ef 5:2 · telah mati: Rom 14:20; 1Kor 8:11

· tuntutan kasih: Ef 5:2

· telah mati: Rom 14:20; 1Kor 8:11

Ref. Silang FULL: Rm 14:16 - biarkan difitnah · biarkan difitnah: 1Kor 10:30

· biarkan difitnah: 1Kor 10:30

Ref. Silang FULL: Rm 14:17 - dan minuman // damai sejahtera // Roh Kudus · dan minuman: 1Kor 8:8 · damai sejahtera: Yes 32:17 · Roh Kudus: Rom 15:13; Gal 5:22

· dan minuman: 1Kor 8:8

· damai sejahtera: Yes 32:17

· Roh Kudus: Rom 15:13; Gal 5:22

Ref. Silang FULL: Rm 14:18 - oleh manusia · oleh manusia: Luk 2:52; Kis 24:16; 2Kor 8:21

· oleh manusia: Luk 2:52; Kis 24:16; 2Kor 8:21

Ref. Silang FULL: Rm 14:19 - damai sejahtera // saling membangun · damai sejahtera: Mazm 34:15; Rom 12:18; 1Kor 7:15; 2Tim 2:22; Ibr 12:14 · saling membangun: Rom 15:2; 1Kor 14:3-5,12,17,26; 2Kor 12:19...

Ref. Silang FULL: Rm 14:20 - karena makanan // adalah suci // lain tersandung · karena makanan: Rom 14:15 · adalah suci: Rom 14:14; Kis 10:15; Kis 10:15 · lain tersandung: Rom 14:13; 1Kor 8:9-12

· karena makanan: Rom 14:15

· adalah suci: Rom 14:14; Kis 10:15; [Lihat FULL. Kis 10:15]

· lain tersandung: Rom 14:13; 1Kor 8:9-12

Ref. Silang FULL: Rm 14:21 - untuk saudaramu · untuk saudaramu: Mat 5:29; Mat 5:29

· untuk saudaramu: Mat 5:29; [Lihat FULL. Mat 5:29]

Ref. Silang FULL: Rm 14:22 - tidak menghukum · tidak menghukum: 1Yoh 3:21

· tidak menghukum: 1Yoh 3:21

Ref. Silang FULL: Rm 14:23 - yang bimbang · yang bimbang: Rom 14:5

· yang bimbang: Rom 14:5

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 14:13 - -- 14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Dari pada itu, inilah yang harus kamu hakimi, yaitu supaya kamu tidak menjadi batu sentuhan ...

14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Dari pada itu, inilah yang harus kamu hakimi, yaitu supaya kamu tidak menjadi batu sentuhan atau batu sandungan bagi saudara seiman.838

Kalimat ini menjadi peralihan dari larangan di mana kita tidak saling menghakimi lagi, kepada tema baru, yaitu bahwa orang yang kuat imannya diminta untuk membatasi kemerdekaan mereka demi kepentingan orang yang lemah imannya.

Secara negatif, Paulus meringkaskan apa yang dikatakan dalam pasal 14:1-12, yaitu janganlah kita saling menghakimi. Mengingat apa yang dikemukakan di atas, yaitu bahwa kita semua akan dihakimi, maka sama sekali tidak layak kita menghakimi orang lain.

Dari pada itu, inilah yang harus kamu hakimi, yaitu supaya kamu tidak menjadi batu sentuhan atau batu sandungan839 bagi saudara seiman.

Sikap yang layak bukan kita menghakimi orang lain, tetapi kita menghakimi diri kita sendiri, supaya kita menyatakan kasih yang tidak pura-pura.

Istilah hakimi di sini juga dapat diterjemahkan "pastikan", tetapi kami menterjemahkannya secara literal supaya nampak permainan kata antara janganlah kita saling menghakimi dan inilah yang harus kamu hakimi.

Hagelberg: Rm 14:13-23 - -- b. Tanggung Jawab bagi \"yang Kuat\" 14:13-23 Dalam bagian ini Paulus menegur mereka yang kuat imannya supaya mereka tidak mengutamakan hak mereka u...

b. Tanggung Jawab bagi \"yang Kuat\" 14:13-23

Dalam bagian ini Paulus menegur mereka yang kuat imannya supaya mereka tidak mengutamakan hak mereka untuk makan daging dan sebagainya. Mereka yang mempunyai iman yang kuat disuruh mengalah demi kepentingan mereka yang lemah.

Hagelberg: Rm 14:13 - -- 14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Dari pada itu, inilah yang harus kamu hakimi, yaitu supaya kamu tidak menjadi batu sentuhan ...

14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Dari pada itu, inilah yang harus kamu hakimi, yaitu supaya kamu tidak menjadi batu sentuhan atau batu sandungan bagi saudara seiman.838

Kalimat ini menjadi peralihan dari larangan di mana kita tidak saling menghakimi lagi, kepada tema baru, yaitu bahwa orang yang kuat imannya diminta untuk membatasi kemerdekaan mereka demi kepentingan orang yang lemah imannya.

Secara negatif, Paulus meringkaskan apa yang dikatakan dalam pasal 14:1-12, yaitu janganlah kita saling menghakimi. Mengingat apa yang dikemukakan di atas, yaitu bahwa kita semua akan dihakimi, maka sama sekali tidak layak kita menghakimi orang lain.

Dari pada itu, inilah yang harus kamu hakimi, yaitu supaya kamu tidak menjadi batu sentuhan atau batu sandungan839 bagi saudara seiman.

Sikap yang layak bukan kita menghakimi orang lain, tetapi kita menghakimi diri kita sendiri, supaya kita menyatakan kasih yang tidak pura-pura.

Istilah hakimi di sini juga dapat diterjemahkan "pastikan", tetapi kami menterjemahkannya secara literal supaya nampak permainan kata antara janganlah kita saling menghakimi dan inilah yang harus kamu hakimi.

Hagelberg: Rm 14:1--15:13 - -- 2. Penerapan Khusus: yang Lemah dan yang Kuat 14:1-15:13 Setiap orang, apa dia lemah ataupun kuat dalam iman, harus memikul bagiannya supaya seluruh...

2. Penerapan Khusus: yang Lemah dan yang Kuat 14:1-15:13

Setiap orang, apa dia lemah ataupun kuat dalam iman, harus memikul bagiannya supaya seluruh jemaat, baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi, dapat memuji Tuhan bersama-sama.

Masalah tafsiran yang paling besar dalam bagian ini adalah identitas mereka yang "lemah imannya" dan mereka yang "kuat". Dalam bagian ini mereka yang "kuat" lebih ditegur daripada mereka yang "lemah", dan ada kesan bahwa mayoritas dari jemaat disebut "kuat", sedangkan minoritas dari jemaat disebut "lemah". Dunn810 mengamati bahwa Paulus menganggap dirinya sebagai orang yang kuat imannya dalam pasal 14:14, 20, dan 15:1.

Cranfield membahas masalah identitas mereka.811 Menurut dia enam kemungkinan layak dipertimbangkan, tetapi setelah bahasan yang cukup panjang dia mengatakan bahwa mereka yang "lemah imannya" adalah orang Yahudi yang percaya kepada Tuhan Yesus tetapi masih menuruti peraturan-peraturan hukum Taurat dan adat-istiadat Yahudi, bukan sebagai cara untuk dibenarkan di hadapan Allah, tetapi hanya karena mereka betah dengan peraturan lama tersebut.

Dunn812 mendukung dan mengembangkan pengertian Cranfield mengenai identitas mereka. Ternyata pada tahun 49 orang-orang Yahudi dikeluarkan dari Roma karena titah Kaisar Claudius. Pada tahun 54 Claudius meninggal, dan titahnya tidak berlaku lagi, sehingga orang-orang Yahudi, baik yang tidak percaya kepada Yesus maupun yang percaya kepadaNya, mulai kembali ke kota Roma untuk hidup di sana. Jadi selama beberapa tahun tidak ada orang Yahudi di dalam jemaat-jemaat di Roma, tetapi pada waktu Surat Roma dikirim sudah ada minoritas jemaat yang berlatar belakang Yahudi. Sebagian dari mereka tidak berani melepaskan diri mereka dari peraturan-peraturan hukum Taurat tertentu karena iman mereka kurang kuat. Kita harus mengingat bahwa identitas mereka sebagai orang Yahudi sangat penting bagi pribadi mereka, dan identitas tersebut berkaitan dengan kebiasaan mereka mengenai pantang makan jenis makanan tertentu dan hari raya mereka, sehingga pembahasan Paulus menyentuh masalah yang amat peka dan penting bagi orang Yahudi di Roma yang percaya kepada Tuhan Yesus.

Sebaiknya kita mengingat bahwa pengertian mengenai identitas mereka yang lemah imannya tidak sepenting pengertian mengenai prinsip-prinsip yang diuraikan Paulus dalam pasal 14-15. Dengan kata lain, mudah-mudahan kita dapat menentukan identitas mereka, tetapi kita harus mengerti dan menerapkan pola pikiran Paulus dalam bagian ini.

Dari pasal 1:16 sampai pasal 13:14 apa yang dikatakan tidak berkaitan dengan keadaan orang percaya di Roma secara khusus, tetapi nampaknya bagian ini, pasal 14:1-15:13, berhubungan erat dengan suatu masalah atau kecerderungan di Roma. Rupanya bagi Rasul Paulus masalah tersebut sungguh perlu dibereskan, maka dia mempergunakan begitu banyak kata untuk mengatasinya. Sikap menghina dan menghakimi yang dibahas sungguh bertentangan dengan kasih karunia Allah yang diuraikan dalam Surat Roma. Selama orang yang telah dibenarkan oleh karena kasih karunia Allah mengambil sikap menghina dan menghakimi, maka pengertian mereka mengenai kasih karunia masih dangkal. Sikap tersebut sangat berbahaya, maka Paulus memperingatkan kita dengan satu nats yang sangat panjang.

Hagelberg: Rm 12:1--15:13 - -- D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13 Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-lang...

D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13

Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-langkah kehendak Allah diuraikan secara khusus.

Dalam pasal 11:32 kita membaca bahwa tujuan Allah adalah "supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua". Maka "kemurahan" tersebut menjadi batu loncatan bagi Paulus supaya dia dapat menguraikan bagaimana orang percaya dapat melaksanakan kehendak Allah. Dalam pasal 6-8 prinsip-prinsip kehidupan yang sesuai dengan Aiwn/Aion Baru dan kehadiran Roh Allah diuraikan. Dalam bagian ini prinsip-prinsip tersebut diterapkan secara khusus dalam hidup kita. Jadi, bagian ini menguraikan secara nyata arti dari karya Roh Allah yang baru dikemukakan dalam pasal 8.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 14:14 - -- 14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis840 dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa ses...

14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis840 dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.

Dengan tiga unsur yang menegaskan (tahu, yakin, dan dalam Tuhan Yesus) pernyataan ini sangat tegas.

...tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri.

Pernyataan ini mencerminkan firman Tuhan Yesus sendiri yang berkata, "Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya..." (Markus 7:15a).841 Perlu dicatat di sini bahwa yang dibahas dalam ayat ini adalah benda (makanan dan minuman), dan bukan kegiatan, karena memang ada kegiatan yang menajiskan kita (lihatlah misalnya Markus 7:15b.) Pada dasarnya Rasul Paulus setuju dengan mereka yang imannya kuat. Tetapi....

Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.

Bagi orang yang imannya lemah, apa yang sebenarnya tidak najis menjadi najis, bagi orang itu. Perintah hati nurani tidak boleh dilanggar.

Pengamatan Dunn842 tepat dan layak dicatat. Dia mengamati bahwa dalam nats ini Paulus tidak berusaha untuk meniadakan peraturan makan yang dianut oleh mereka yang imannya lemah, dan dia tidak mengambil sikap "masa bodoh" terhadap masalah tersebut. Yang dia utamakan bukan peraturan yang layak atau tidak layak, tetapi sikap yang peka terhadap hati nurani saudara-saudara seiman.

Hagelberg: Rm 14:14 - -- 14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis840 dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa ses...

14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis840 dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.

Dengan tiga unsur yang menegaskan (tahu, yakin, dan dalam Tuhan Yesus) pernyataan ini sangat tegas.

...tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri.

Pernyataan ini mencerminkan firman Tuhan Yesus sendiri yang berkata, "Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya..." (Markus 7:15a).841 Perlu dicatat di sini bahwa yang dibahas dalam ayat ini adalah benda (makanan dan minuman), dan bukan kegiatan, karena memang ada kegiatan yang menajiskan kita (lihatlah misalnya Markus 7:15b.) Pada dasarnya Rasul Paulus setuju dengan mereka yang imannya kuat. Tetapi....

Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.

Bagi orang yang imannya lemah, apa yang sebenarnya tidak najis menjadi najis, bagi orang itu. Perintah hati nurani tidak boleh dilanggar.

Pengamatan Dunn842 tepat dan layak dicatat. Dia mengamati bahwa dalam nats ini Paulus tidak berusaha untuk meniadakan peraturan makan yang dianut oleh mereka yang imannya lemah, dan dia tidak mengambil sikap "masa bodoh" terhadap masalah tersebut. Yang dia utamakan bukan peraturan yang layak atau tidak layak, tetapi sikap yang peka terhadap hati nurani saudara-saudara seiman.

Hagelberg: Rm 14:15 - -- 14:15 Jadi jika karena makanan hati saudaramu didukakan, maka engkau tidak hidup lagi menurut kasih. Janganlah dengan makananmu engkau menyusahkan84...

14:15 Jadi jika karena makanan hati saudaramu didukakan, maka engkau tidak hidup lagi menurut kasih. Janganlah dengan makananmu engkau menyusahkan843 dia, karena Kristus telah mati untuk dia.

Hati nurani sangat penting, maka janganlah orang yang kuat imannya membinasakan hati nurani mereka yang lemah. Kita mengerti bahwa jemaat yang paling sehat adalah jemaat di mana pendapat yang berbeda-beda seperti yang dibahas dalam bagian ini diterima dan tidak dipermasalahkan oleh siapapun, tetapi dalam pasal 14:15-16 keadaan yang tidak sempurna dikemukakan.844 Seandainya keadaan jemaat kita demikian sehingga ada orang yang disusahkan, atau hatinya didukakan, maka kita membatasi hak kita demi kepentingan saudara kita. Kasih yang tidak pura-pura lebih penting daripada kemerdekaan kita dalam Kristus.

Janganlah dengan makananmu engkau menyusahkan dia, karena Kristus telah mati untuk dia.

Dalam kalimat ini Rasul Paulus membandingkan pentingnya pantang makan kita dengan pengorbanan Kristus. Apakah Kristus rela mati di kayu salib bagi saudara kita, tetapi kita tidak rela menyesuaikan pantang makan kita bagi saudara itu?

Hagelberg: Rm 14:15 - -- 14:15 Jadi jika karena makanan hati saudaramu didukakan, maka engkau tidak hidup lagi menurut kasih. Janganlah dengan makananmu engkau menyusahkan84...

14:15 Jadi jika karena makanan hati saudaramu didukakan, maka engkau tidak hidup lagi menurut kasih. Janganlah dengan makananmu engkau menyusahkan843 dia, karena Kristus telah mati untuk dia.

Hati nurani sangat penting, maka janganlah orang yang kuat imannya membinasakan hati nurani mereka yang lemah. Kita mengerti bahwa jemaat yang paling sehat adalah jemaat di mana pendapat yang berbeda-beda seperti yang dibahas dalam bagian ini diterima dan tidak dipermasalahkan oleh siapapun, tetapi dalam pasal 14:15-16 keadaan yang tidak sempurna dikemukakan.844 Seandainya keadaan jemaat kita demikian sehingga ada orang yang disusahkan, atau hatinya didukakan, maka kita membatasi hak kita demi kepentingan saudara kita. Kasih yang tidak pura-pura lebih penting daripada kemerdekaan kita dalam Kristus.

Janganlah dengan makananmu engkau menyusahkan dia, karena Kristus telah mati untuk dia.

Dalam kalimat ini Rasul Paulus membandingkan pentingnya pantang makan kita dengan pengorbanan Kristus. Apakah Kristus rela mati di kayu salib bagi saudara kita, tetapi kita tidak rela menyesuaikan pantang makan kita bagi saudara itu?

Hagelberg: Rm 14:16 - -- 14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah. Kalimat yang singkat ini memiliki tiga masalah tafsiran yang agak sulit dimen...

14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah.

Kalimat yang singkat ini memiliki tiga masalah tafsiran yang agak sulit dimengerti. Apa yang dimaksudkan dengan kata Apa yang baik? Siapa dimaksudkan dengan kata kamu? Siapa yang memfitnah? Dalam konteks bahasan ini rupanya jawaban yang paling tepat adalah, Apa yang baik, yaitu kemerdekaan dalam Kristus untuk makan segala jenis makanan, yang dimiliki oleh mereka yang kuat imannya, dapat difitnah oleh mereka yang lemah imannya.845

Dengan kata lain, Paulus menghimbau supaya mereka yang kuat membatasi kemerdekaan atau hak mereka supaya kemerdekaan yang penuh dan indah dalam Injil Kristus Yesus tidak menjadi fitnahan di mulut mereka yang masih lemah dalam iman.

Hagelberg: Rm 14:16 - -- 14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah. Kalimat yang singkat ini memiliki tiga masalah tafsiran yang agak sulit dimen...

14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah.

Kalimat yang singkat ini memiliki tiga masalah tafsiran yang agak sulit dimengerti. Apa yang dimaksudkan dengan kata Apa yang baik? Siapa dimaksudkan dengan kata kamu? Siapa yang memfitnah? Dalam konteks bahasan ini rupanya jawaban yang paling tepat adalah, Apa yang baik, yaitu kemerdekaan dalam Kristus untuk makan segala jenis makanan, yang dimiliki oleh mereka yang kuat imannya, dapat difitnah oleh mereka yang lemah imannya.845

Dengan kata lain, Paulus menghimbau supaya mereka yang kuat membatasi kemerdekaan atau hak mereka supaya kemerdekaan yang penuh dan indah dalam Injil Kristus Yesus tidak menjadi fitnahan di mulut mereka yang masih lemah dalam iman.

Hagelberg: Rm 14:17 - -- 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukan makanan dan minuman adanya, tetapi kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus. Apa yang kita makan d...

14:17 Sebab Kerajaan Allah bukan makanan dan minuman adanya, tetapi kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus.

Apa yang kita makan dan minum bersifat ringan bila dibandingkan dengan pokok Kerajaan Allah, yaitu kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus.

...tetapi kebenaran...

Sejak pasal 1:17 istilah ini, kebenaran, merupakan pokok pembahasan Surat Roma. Kalau kebenaran Allah yang dilimpahkan kepada kita sungguh dimengerti, maka tidak ada yang mengutamakan haknya sendiri untuk makan segala jenis makanan lebih daripada hati nurani saudara seiman.

...dan damai sejahtera...

Kebenaran Allah yang dihayati menghasilkan kesadaran terhadap damai sejahtera yang sudah diperoleh antara kita dan Allah dan yang dapat dikembangkan antara kita, yaitu saudara-saudara seiman.

...dan sukacita dalam Roh Kudus.

Hanya dalam Roh Kudus saja ada sukacita ini, karena yang dimaksudkan di sini bukan perasaan yang bersifat sementara, tetapi suatu perasaan yang tetap berkembang karena kuasa Roh Kudus.

Hagelberg: Rm 14:17 - -- 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukan makanan dan minuman adanya, tetapi kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus. Apa yang kita makan d...

14:17 Sebab Kerajaan Allah bukan makanan dan minuman adanya, tetapi kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus.

Apa yang kita makan dan minum bersifat ringan bila dibandingkan dengan pokok Kerajaan Allah, yaitu kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus.

...tetapi kebenaran...

Sejak pasal 1:17 istilah ini, kebenaran, merupakan pokok pembahasan Surat Roma. Kalau kebenaran Allah yang dilimpahkan kepada kita sungguh dimengerti, maka tidak ada yang mengutamakan haknya sendiri untuk makan segala jenis makanan lebih daripada hati nurani saudara seiman.

...dan damai sejahtera...

Kebenaran Allah yang dihayati menghasilkan kesadaran terhadap damai sejahtera yang sudah diperoleh antara kita dan Allah dan yang dapat dikembangkan antara kita, yaitu saudara-saudara seiman.

...dan sukacita dalam Roh Kudus.

Hanya dalam Roh Kudus saja ada sukacita ini, karena yang dimaksudkan di sini bukan perasaan yang bersifat sementara, tetapi suatu perasaan yang tetap berkembang karena kuasa Roh Kudus.

Hagelberg: Rm 14:18 - -- 14:18 Jadi dia yang melayani846 Kristus dalam hal-hal847 ini, berkenan848 pada Allah dan diterima849 oleh manusia. Ayat ini memberi kesan bahwa yang ...

14:18 Jadi dia yang melayani846 Kristus dalam hal-hal847 ini, berkenan848 pada Allah dan diterima849 oleh manusia.

Ayat ini memberi kesan bahwa yang penting bagi Allah kita bukan peraturan kita tetapi pengalaman kita dalam "kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus".

Kalau tema penghakiman orang percaya yang dikemukakan dalam pasal 14:10-12 menggelisahkan hati kita, maka cara bagaimana kita dapat berkenan pada Allah pasti menarik bagi kita.

...dan diterima oleh manusia.

Keadaan orang yang digambarkan dalam ayat ini jauh berbeda dari keadaan orang yang disebut dalam pasal 14:16, yang "difitnah".850

Hagelberg: Rm 14:18 - -- 14:18 Jadi dia yang melayani846 Kristus dalam hal-hal847 ini, berkenan848 pada Allah dan diterima849 oleh manusia. Ayat ini memberi kesan bahwa yang ...

14:18 Jadi dia yang melayani846 Kristus dalam hal-hal847 ini, berkenan848 pada Allah dan diterima849 oleh manusia.

Ayat ini memberi kesan bahwa yang penting bagi Allah kita bukan peraturan kita tetapi pengalaman kita dalam "kebenaran dan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus".

Kalau tema penghakiman orang percaya yang dikemukakan dalam pasal 14:10-12 menggelisahkan hati kita, maka cara bagaimana kita dapat berkenan pada Allah pasti menarik bagi kita.

...dan diterima oleh manusia.

Keadaan orang yang digambarkan dalam ayat ini jauh berbeda dari keadaan orang yang disebut dalam pasal 14:16, yang "difitnah".850

Hagelberg: Rm 14:19 - -- 14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.851 Kasih yang bukan pura-pura ti...

14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.851

Kasih yang bukan pura-pura tidak mengutamakan hak kita, tetapi kasih itu mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera. Tetapi kalau kita hanya mengutamakan damai sejahtera saja, mungkin kita kehilangan keseimbangan, maka Paulus menambahkan dan yang berguna untuk saling membangun. Pelayanan seluruh tubuh Kristus diperlukan untuk membangun jemaat secara seimbang, termasuk misalnya teguran dan disiplin yang kadang tidak enak tetapi perlu.

Hagelberg: Rm 14:19 - -- 14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.851 Kasih yang bukan pura-pura ti...

14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.851

Kasih yang bukan pura-pura tidak mengutamakan hak kita, tetapi kasih itu mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera. Tetapi kalau kita hanya mengutamakan damai sejahtera saja, mungkin kita kehilangan keseimbangan, maka Paulus menambahkan dan yang berguna untuk saling membangun. Pelayanan seluruh tubuh Kristus diperlukan untuk membangun jemaat secara seimbang, termasuk misalnya teguran dan disiplin yang kadang tidak enak tetapi perlu.

Hagelberg: Rm 14:20 - -- 14:20 Janganlah engkau menghancurkan852 pekerjaan Allah oleh karena makanan!853 Walaupun segala sesuatu adalah suci, tetapi apa yang suci menjadi bu...

14:20 Janganlah engkau menghancurkan852 pekerjaan Allah oleh karena makanan!853 Walaupun segala sesuatu adalah suci, tetapi apa yang suci menjadi buruk bagi orang yang memakannya dan menjadi batu sentuhan.854

Ayat ini merupakan penegasan dari pasal 14:15b-16. Paulus memperingatkan orang yang kuat imannya, bahwa lain daripada "membangun", ada orang yang menghancurkan pekerjaan Allah oleh karena makanan, suatu sikap yang jauh dari kasih yang tidak pura-pura.

...segala sesuatu adalah suci...

Menurut Cranfield,855 ada kemungkinan bahwa di sini Paulus memakai semboyan mereka yang kuat imannya, suatu semboyan yang harus dibatasi. Sama seperti apa yang dikatakan dalam pasal 14:14, kata ini menunjuk pada barang seperti makanan dan minuman, dan bukan kegiatan manusia.

...dan menjadi batu sentuhan...

Orang yang kuat imannya yang "harus" mempergunakan hak mereka untuk makan apa yang dulunya najis, tidak mengasihi saudara yang lemah imannya, yang mungkin hancur melihat orang percaya makan apa yang dia anggap najis.

Hagelberg: Rm 14:20 - -- 14:20 Janganlah engkau menghancurkan852 pekerjaan Allah oleh karena makanan!853 Walaupun segala sesuatu adalah suci, tetapi apa yang suci menjadi bu...

14:20 Janganlah engkau menghancurkan852 pekerjaan Allah oleh karena makanan!853 Walaupun segala sesuatu adalah suci, tetapi apa yang suci menjadi buruk bagi orang yang memakannya dan menjadi batu sentuhan.854

Ayat ini merupakan penegasan dari pasal 14:15b-16. Paulus memperingatkan orang yang kuat imannya, bahwa lain daripada "membangun", ada orang yang menghancurkan pekerjaan Allah oleh karena makanan, suatu sikap yang jauh dari kasih yang tidak pura-pura.

...segala sesuatu adalah suci...

Menurut Cranfield,855 ada kemungkinan bahwa di sini Paulus memakai semboyan mereka yang kuat imannya, suatu semboyan yang harus dibatasi. Sama seperti apa yang dikatakan dalam pasal 14:14, kata ini menunjuk pada barang seperti makanan dan minuman, dan bukan kegiatan manusia.

...dan menjadi batu sentuhan...

Orang yang kuat imannya yang "harus" mempergunakan hak mereka untuk makan apa yang dulunya najis, tidak mengasihi saudara yang lemah imannya, yang mungkin hancur melihat orang percaya makan apa yang dia anggap najis.

Hagelberg: Rm 14:21 - -- 14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu sehingga saudaramu tersandung856 atau tersinggung857 atau dilemahkan.858 Kit...

14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu sehingga saudaramu tersandung856 atau tersinggung857 atau dilemahkan.858

Kita sudah tahu bahwa orang yang kuat imannya berani makan daging, tetapi kita tidak tahu siapa itu yang berani minum anggur. Menurut Cranfield,859 masalah minum anggur hanya merupakan pengandaian saja. Tetapi Hodges860 mencatat bahwa masalah anggur sudah dikemukakan dalam I Timotius 5:23, jadi mungkin masalah anggur bukan hanya merupakan pengandaian, dan Dunn861 mencatat bahwa ada kemungkinan anggur yang dibeli di pasar sudah dipersembahkan kepada dewa-dewa mereka.

Mungkin masalah anggur merupakan kasus nyata, dan mungkin hanya pengandaian, tetapi yang jelas adalah bahwa ayat ini mencakup segala macam kegiatan yang menyusahkan keadaan rohani dari saudara seiman kita. Jadi, walaupun zaman ini masalah daging yang tidak disiapkan sesuai dengan peraturan hukum Taurat tidak muncul dalam pelayanan kita, tetapi prinsip ini sangat jelas. Kita harus selalu mengutamakan saudara seiman, dan bukan hak diri kita sendiri.

Hagelberg: Rm 14:21 - -- 14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu sehingga saudaramu tersandung856 atau tersinggung857 atau dilemahkan.858 Kit...

14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu sehingga saudaramu tersandung856 atau tersinggung857 atau dilemahkan.858

Kita sudah tahu bahwa orang yang kuat imannya berani makan daging, tetapi kita tidak tahu siapa itu yang berani minum anggur. Menurut Cranfield,859 masalah minum anggur hanya merupakan pengandaian saja. Tetapi Hodges860 mencatat bahwa masalah anggur sudah dikemukakan dalam I Timotius 5:23, jadi mungkin masalah anggur bukan hanya merupakan pengandaian, dan Dunn861 mencatat bahwa ada kemungkinan anggur yang dibeli di pasar sudah dipersembahkan kepada dewa-dewa mereka.

Mungkin masalah anggur merupakan kasus nyata, dan mungkin hanya pengandaian, tetapi yang jelas adalah bahwa ayat ini mencakup segala macam kegiatan yang menyusahkan keadaan rohani dari saudara seiman kita. Jadi, walaupun zaman ini masalah daging yang tidak disiapkan sesuai dengan peraturan hukum Taurat tidak muncul dalam pelayanan kita, tetapi prinsip ini sangat jelas. Kita harus selalu mengutamakan saudara seiman, dan bukan hak diri kita sendiri.

Hagelberg: Rm 14:22 - -- 14:22 Punyakah engkah keyakinan?862 Milikilah keyakinanmu sendiri, di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam ...

14:22 Punyakah engkah keyakinan?862 Milikilah keyakinanmu sendiri, di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

Dalam ayat ini Paulus menghadapi mereka yang mempunyai iman dan keyakinan yang kuat, dan dia menegaskan apa yang sudah dikatakan dalam pasal 14:5, "Biarlah setiap orang, dalam hatinya sendiri, penuh dengan keyakinan." Keyakinan dan pembebasan yang mereka miliki merupakan anugerah dari Allah, suatu anugerah yang dapat dinimati dalam hati mereka, tetapi tidak usah dipergunakan jika pemakaiannya menyusahkan kekasih-kekasih Allah.863

Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

Pasal 14:22b harus digabung dengan ayat yang berikut. Bersama-sama nats ini memperingatkan kita supaya kita (dengan iman yang kuat atau yang lemah) tidak melanggar suara hati kita masing-masing. Baik orang yang mempunyai iman yang kuat maupun orang yang imannya lemah dapat mengalami kebahagiaan yang disebut dalam nats ini, asalkan kita tidak menghukum diri kita sendiri karena melangar suara hati kita. Orang yang makan secara yang tidak sesuai dengan hati nuraninya tidak berbahagia.

Hagelberg: Rm 14:22 - -- 14:22 Punyakah engkah keyakinan?862 Milikilah keyakinanmu sendiri, di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam ...

14:22 Punyakah engkah keyakinan?862 Milikilah keyakinanmu sendiri, di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

Dalam ayat ini Paulus menghadapi mereka yang mempunyai iman dan keyakinan yang kuat, dan dia menegaskan apa yang sudah dikatakan dalam pasal 14:5, "Biarlah setiap orang, dalam hatinya sendiri, penuh dengan keyakinan." Keyakinan dan pembebasan yang mereka miliki merupakan anugerah dari Allah, suatu anugerah yang dapat dinimati dalam hati mereka, tetapi tidak usah dipergunakan jika pemakaiannya menyusahkan kekasih-kekasih Allah.863

Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

Pasal 14:22b harus digabung dengan ayat yang berikut. Bersama-sama nats ini memperingatkan kita supaya kita (dengan iman yang kuat atau yang lemah) tidak melanggar suara hati kita masing-masing. Baik orang yang mempunyai iman yang kuat maupun orang yang imannya lemah dapat mengalami kebahagiaan yang disebut dalam nats ini, asalkan kita tidak menghukum diri kita sendiri karena melangar suara hati kita. Orang yang makan secara yang tidak sesuai dengan hati nuraninya tidak berbahagia.

Hagelberg: Rm 14:23 - -- 14:23 Tetapi barangsiapa bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak ber...

14:23 Tetapi barangsiapa bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Dalam pasal 14:22b Paulus menyebut kebahagiaan mereka yang tidak melanggar suara hati mereka. Di sini dia menjelaskan bahwa orang yang melanggar suara hati tidak berbahagia, tetapi harus memikul perasaan telah dihukum. Meskipun dia tidak ada keyakinan untuk makan (misalnya daging babi), tetapi dia makan, sehingga suara hatinya menghukum dia.

Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Kalimat ini tidak dicatat untuk menambah banyaknya daftar dosa! Ayat ini harus ditafsirkan dalam konteks bahasan Paulus mengenai makanan yang dahulu dilarang oleh hukum Taurat dan adat istiadat orang Yahudi, yang zaman ini dapat dimakan karena hukum Taurat telah digenapi dalam Kristus. Dengan kalimat ini pentingnya hati nurani yang kuat ditegaskan.

Hagelberg: Rm 14:23 - -- 14:23 Tetapi barangsiapa bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak ber...

14:23 Tetapi barangsiapa bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Dalam pasal 14:22b Paulus menyebut kebahagiaan mereka yang tidak melanggar suara hati mereka. Di sini dia menjelaskan bahwa orang yang melanggar suara hati tidak berbahagia, tetapi harus memikul perasaan telah dihukum. Meskipun dia tidak ada keyakinan untuk makan (misalnya daging babi), tetapi dia makan, sehingga suara hatinya menghukum dia.

Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Kalimat ini tidak dicatat untuk menambah banyaknya daftar dosa! Ayat ini harus ditafsirkan dalam konteks bahasan Paulus mengenai makanan yang dahulu dilarang oleh hukum Taurat dan adat istiadat orang Yahudi, yang zaman ini dapat dimakan karena hukum Taurat telah digenapi dalam Kristus. Dengan kalimat ini pentingnya hati nurani yang kuat ditegaskan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 14:1-23 - Seruan Supaya Tetap Murni; Kekuasaan Kristus Pada pasal sebelumnya, Rasul Paulus memberi arahan kepada kita bagaimana ki...

SH: Rm 14:13-23 - Jangan membuat jatuh orang lain. (Jumat, 31 Juli 1998) Jangan membuat jatuh orang lain. Jangan membuat jatuh orang lain. Sikap benar sendiri, merasa lebih ro...

SH: Rm 14:13-23 - Jangan menghakimi! (Senin, 26 April 2010) Jangan menghakimi! Judul: Jangan menghakimi! Mana lebih sering kita hasilkan melalui perilaku kita: me...

SH: Rm 14:13-23 - Bisakah Allah berubah setia? (Selasa, 9 April 2013) Bisakah Allah berubah setia? Judul: Jangan menjadi batu sandungan Menjadi batu sandungan jelas merupak...

SH: Rm 14:13-23 - Jangan Menjadi Batu Sandungan (Jumat, 18 November 2016) Jangan Menjadi Batu Sandungan Seorang tamu dari mancanegara yang diundang ke rumah di suatu desa bertanya, "Menga...

SH: Rm 14:13-23 - Singkirkan Batu Sandungan (Senin, 18 Juli 2022) Singkirkan Batu Sandungan Menurut KBBI, arti batu sandungan adalah sesuatu yang menjadi rintangan. Banyak orang K...

SH: Rm 14:1-12 - Jangan jadi Tuhan! (Minggu, 25 April 2010) Jangan jadi Tuhan! Judul: Jangan jadi Tuhan! Ssst! Tahukah Anda siapa-siapa saja di gereja atau persek...

SH: Rm 14:14-23 - Jangan jadi batu sandungan (Rabu, 30 Agustus 2006) Jangan jadi batu sandungan Judul: Jangan jadi batu sandungan Firman Tuhan melarang kita menghakimi...

Utley: Rm 14:13-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 14:13-23...

Topik Teologia: Rm 14:13 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Pencobaan kepada Orang Lain untuk Berdosa Kej 3:1-6...

Topik Teologia: Rm 14:14 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Menjalani Hidup dalam Kristus ...

Topik Teologia: Rm 14:15 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gere...

Topik Teologia: Rm 14:16 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Menghubungkan Teologi dengan Kehidupan Orang Kristen ...

Topik Teologia: Rm 14:17 - -- Roh Kudus Kudus Maz 51:13 ...

Topik Teologia: Rm 14:19 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Gereja Langkah-langk...

Topik Teologia: Rm 14:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Memilik...

Topik Teologia: Rm 14:21 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Penipuan Mencobai Orang Lain untuk Berdosa ...

Topik Teologia: Rm 14:22 - -- Pengudusan Pengudusan: Sasaran dan Hambatan Hambatan Pengudusan Dosa Menghalangi Pengudusan ...

Topik Teologia: Rm 14:23 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Memilik...

TFTWMS: Rm 14:13-18 - Saling Menerima Dalam Kasih SALING MENERIMA DALAM KASIH (Roma 14:13-18) 13 Karena itu janganla...

TFTWMS: Rm 14:19-23 - Saling Menerima Dalam Damai Sejahtera SALING MENERIMA DALAM DAMAI SEJAHTERA (Roma 14:19-23) 19 Sebab itu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Alasan Untuk Tidak Menghakimi (Roma 14:5-13) Dalam ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Mencari Keseimbangan (Roma 14:13-23) Teks ini tidak mencela sesuat...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Tentang Agama Kristen (Roma 14:13-18) Dalam ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 14 MENERIMA SATU SAMA LAIN Damai dan harm...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Berbeda Pendapat Tanpa Menghancurkan (Roma 14) Masalah Pe...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) "Terimalah Satu Sama Lain" (Roma 14:1; 15:7) Saudara ya...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Menerima Saudara Yang Lemah (Roma 14:1, 15) ...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Karena Roma 14 tidak menyebutkan orang-oran...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Memfitnah Apa Yang Baik? (Roma 14:16) Sesuatu yang "baik" dapat d...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Perusak Atau Pembangun? (Roma 14:20) Ketika saya membaca nasihat "Jang...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.37 detik
dipersembahkan oleh YLSA