kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 8:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem
8:1 Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (#8-#1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. 8:2 Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat. 8:3 Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.
Filipus di Samaria
8:4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. 8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. 8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. 8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. 8:9 Seorang yang bernama Simon telah sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak seolah-olah ia seorang yang sangat penting. 8:10 Semua orang, besar kecil, mengikuti dia dan berkata: "Orang ini adalah kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar." 8:11 Dan mereka mengikutinya, karena sudah lama ia mentakjubkan mereka oleh perbuatan sihirnya. 8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan. 8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi. 8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. 8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. 8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. 8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. 8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka, 8:19 serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus." 8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang. 8:21 Tidak ada bagian atau hakmu dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus di hadapan Allah. 8:22 Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini; 8:23 sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan." 8:24 Jawab Simon: "Hendaklah kamu berdoa untuk aku kepada Tuhan, supaya kepadaku jangan kiranya terjadi segala apa yang telah kamu katakan itu." 8:25 Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan, kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak kampung di Samaria.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · seorang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Stefanus the man who became the first Christian martyr
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Filipus | Simon | Petrus | Yohanes (Rasul) | Herodes | Bait Allah /Bait Suci | Orang Fasik | Samaria Pada Zaman Kristus | Roh Kudus | Yohanes | Paulus | Jemaat | Iman | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Mujizat Melalui Kuasa Jahat | Perbuatan Ajaib | Stefanus | Baptis, Baptisan | Mukjizat Melalui Perantaraan | Hina, Penghinaan Terhadap Roh Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 8:1 - MULAILAH PENGANIAYAAN YANG HEBAT. Nas : Kis 8:1 Saulus tampaknya merupakan pemimpin (ayat Kis 8:1-3; 9:1) penganiayaan besar pertama yang sangat hebat terhadap gereja. Laki-laki dan...

Nas : Kis 8:1

Saulus tampaknya merupakan pemimpin (ayat Kis 8:1-3; 9:1) penganiayaan besar pertama yang sangat hebat terhadap gereja. Laki-laki dan perempuan dimasukkan ke dalam penjara (ayat Kis 8:3) dan disesah (Kis 22:19); banyak juga dihukum mati (Kis 22:20; 26:10-11). Namun Allah menggunakan penganiayaan ini untuk memulai pekerjaan pekabaran Injil yang besar dari gereja (ayat Kis 8:4).

Full Life: Kis 8:5-24 - FILIPUS PERGI KE ... SAMARIA. Nas : Kis 8:5-24 Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan ...

Nas : Kis 8:5-24

Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria.

  1. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan dan Allah meneguhkan Firman-Nya dengan tanda-tanda yang ajaib (ayat Kis 8:5-7).
  2. 2) Banyak orang Samaria menerima Firman Allah (ayat Kis 8:14), percaya kepada Yesus (ayat Kis 8:12), disembuhkan dan dilepaskan dari kuasa-kuasa kejahatan (ayat Kis 8:7), lalu dibaptis dalam air (ayat Kis 8:12-13). Dengan demikian, mereka mengalami keselamatan, karya pembaharuan Roh Kudus dan kuasa kerajaan Allah

    (lihat cat. --> Kis 8:12).

    [atau ref. Kis 8:12]

  3. 3) Akan tetapi, Roh Kudus "belum turun di atas seorang pun di antara mereka" setelah mereka bertobat dan dibaptis (ayat Kis 8:16).
  4. 4) Beberapa hari setelah pertobatan orang Samaria, Petrus dan Yohanes tiba di Samaria dan berdoa supaya mereka beroleh Roh Kudus (ayat Kis 8:14-15). Jelas adalah selang waktu di antara saat mereka bertobat dan saat mereka menerima baptisan dalam Roh Kudus (ayat Kis 8:16-17; bd. Kis 2:4). Dengan kata lain, penerimaan Roh oleh orang Samaria mengikuti pola pengalaman para murid pada hari Pentakosta

    (lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  5. 5) Penerimaan Roh Kudus seharusnya disertai suatu penyataan lahiriah, yaitu berbicara dengan bahasa roh dan bernubuat

    (lihat cat. --> Kis 8:18).

    [atau ref. Kis 8:18]

Full Life: Kis 8:6 - MELIHAT TANDA-TANDA YANG DIADAKANNYA. Nas : Kis 8:6 Janji Kristus untuk menggunakan tanda-tanda ajaib untuk meneguhkan penyampaian Firman Allah tidak terbatas pada para rasul (Mr 16:15-...

Nas : Kis 8:6

Janji Kristus untuk menggunakan tanda-tanda ajaib untuk meneguhkan penyampaian Firman Allah tidak terbatas pada para rasul (Mr 16:15-18;

lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

Yesus berjanji bahwa mereka yang bertobat sebagai hasil pelayanan para rasul ("siapa yang percaya") akan melakukan tanda-tanda dalam nama Yesus, seperti mengusir setan-setan (Mr 16:17) dan menyembuhkan orang sakit (Mr 16:18). Hal inilah yang dilakukan oleh Filipus.

Full Life: Kis 8:12 - MEREKA PERCAYA ... NAMA YESUS KRISTUS. Nas : Kis 8:12 Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mer...

Nas : Kis 8:12

Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mereka.

  1. 1) Mereka "percaya" dan "dibaptiskan". Dua fakta membuktikan dengan jelas bahwa iman orang Samaria adalah iman sejati yang menyelamatkan.
    1. (a) Baik Filipus (ayat Kis 8:12) maupun para rasul (ayat Kis 8:14) menilai iman mereka sah.
    2. (b) Di depan umum orang Samaria itu menyerahkan diri kepada Kristus dengan dibaptis dalam air. Alkitab menyatakan bahwa "siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan" (Mr 16:16). Demikianlah, mereka lahir baru dan didiami oleh Roh Kudus (Rom 8:9).
  2. 2) Roh Kudus yang mereka terima beberapa hari kemudian (ayat Kis 8:17) bukan untuk keselamatan. Sebaliknya, penerimaan Roh itu seperti yang dialami oleh para rasul pada hari Pentakosta, yaitu untuk memperlengkapi mereka dengan kuasa untuk pelayanan dan bersaksi (Kis 1:8; 2:4). Lukas memakai istilah "menerima Roh Kudus" terutama dalam arti memberi kuasa (Kis 1:8; 2:38; 8:17; 10:47; 19:2), dan bukan dalam arti kelahiran baru atau pembaharuan

    (lihat art. PEMBAHARUAN;

    lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  3. 3) Ada orang yang mengajar bahwa iman orang Samaria bukanlah iman yang menyelamatkan dan membaharui. Akan tetapi, tidak masuk akal untuk percaya bahwa Filipus, yang penuh dengan Roh Kudus dan hikmat (Kis 6:3-5), akan membaptiskan, menyembuhkan, serta mengusir setan-setan dari orang-orang yang imannya tidak sungguh-sungguh.

Full Life: Kis 8:16 - BELUM TURUN DI ATAS SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA. Nas : Kis 8:16 Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Penta...

Nas : Kis 8:16

Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Pentakosta (Kis 2:4). Dia belum datang atas mereka sebagaimana dijanjikan Bapa (Kis 1:4) dan seperti dinubuatkan Kristus "kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus" (Kis 1:5). Rupanya mereka belum menunjukkan tanda-tanda rohani yang diharapkan, khususnya ucapan ilahi yang diilhami

(lihat cat. --> Kis 8:5-24;

lihat cat. --> Kis 8:18).

[atau ref. Kis 8:5-24; 8:18]

Full Life: Kis 8:17 - MEREKA MENERIMA ROH KUDUS. Nas : Kis 8:17 Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada...

Nas : Kis 8:17

Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).

"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal Kis 10:1-48).

Full Life: Kis 8:18 - KETIKA SIMON MELIHAT. Nas : Kis 8:18 Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Si...

Nas : Kis 8:18

Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Simon. Masuk akal untuk menyimpulkan bahwa penyataan yang dilihat adalah sama seperti yang terjadi setelah Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, yaitu, berkata-kata dengan bahasa roh (lih. Kis 2:4; 10:45-46; 19:6;

lihat cat. --> Kis 11:15;

lihat cat. --> Kis 19:6; dan

[atau ref. Kis 11:15; Kis 19:6]

lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).

Penyataan ini memberikan para rasul dan orang di Samaria tanda-tanda yang mengesahkan bahwa Roh Kudus telah turun atas orang percaya baru ini.

Full Life: Kis 8:21 - HATIMU TIDAK LURUS. Nas : Kis 8:21 Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus...

Nas : Kis 8:21

Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus.

  1. 1) Simon yang mencari kuasa dan karunia dari Roh Kudus ini dan juga kuasa untuk memberikannya (ayat Kis 8:19) ditolak Allah karena hatinya tidak lurus di hadapan Allah; Simon masih jahat dan "terjerat dalam kejahatan" (ayat Kis 8:22-23). Karunia Roh Kudus yang sejati hanya akan dicurahkan atas mereka yang "takut akan Dia dan yang mengamalkan yang benar" (Kis 10:35; bd. Kis 10:44-48; juga lih. Kis 5:32).
  2. 2) Sebelum dan sesudah hari Pentakosta, para pengikut Kristus mengabdikan diri kepada Tuhan yang sudah bangkit (Kis 1:2-14; 2:32) dan bertekun dalam doa (Kis 1:14; 6:4). Mereka menjalankan kehidupan yang terpisah dari dosa dan dunia (Kis 2:38-40) serta menaati ajaran para rasul (Kis 2:42; 6:4). Pencurahan yang diulangi atau yang baru oleh Roh Kudus diberikan hanya kepada orang percaya yang telah berbalik dari dosa dan cara hidup yang jahat kepada kehidupan yang taat kepada Kristus (bd. Kis 2:42; 3:1,19,22-26; 4:8,19-35; 5:29-32; 6:4; Kis 8:14-21; Kis 9:1-19; 10:34-47; 19:1-6; 24:16). Hidup dalam Roh dan dipimpin oleh Roh selalu menjadi syarat untuk dipenuhi dengan Roh

    (lih. Gal 5:16-25; Ef 5:18).

  3. 3) Sesuatu pengalaman adikodrati yang dikira baptisan dalam Roh yang terjadi pada seseorang yang masih melanjutkan cara hidup tabiat berdosa bukanlah dari Kristus (bd. 1Yoh 4:1-6). Hal itu merupakan baptisan yang "palsu" dan dapat disertai tanda-tanda dan kuasa-kuasa kegelapan (Mat 7:21-23; 2Tes 2:7-10;

    lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).

BIS: Kis 8:5 - kota kota: beberapa naskah kuno: kota yang terpenting di.

kota: beberapa naskah kuno: kota yang terpenting di.

Jerusalem: Kis 8:1-4 - -- Ayat-ayat ini terdiri atas beberapa catatan pendek: penguburan Stefanus Kis 8:2, kata penutup untuk hal yang baru diceritakan; Paulus sebagai pengejar...

Ayat-ayat ini terdiri atas beberapa catatan pendek: penguburan Stefanus Kis 8:2, kata penutup untuk hal yang baru diceritakan; Paulus sebagai pengejar umat Kis 8:1,3, sehingga dengan cerita tentang pembunuhan atas diri Stefanus, bdk Kis 7:58, dihubungkan cerita pertobatan Saulus, Kis 9:1-30, yang merupakan akibat pembunuhan Stefanus; akhirnya sebuah catatan mengenai jemaat yang tersebar-sebar Kis 8:1-4, hal mana merupakan pembukaan bagi kegiatan misionaris Filipus; Kis 8:5-40, dan Petrus, Kis 9:32-11:18; Kis 8:4 terulang dalam Kis 11:19. Maka dalam Kis 8:1-4 disarankan pokok-pokok yang selanjutnya akan diperbincangkan sampai bab 12.

Jerusalem: Kis 8:1 - mereka semua Ini tak perlu dimengerti secara harafiah. Pengejaran itu langsung mengenai mereka yang berbahasa Yunani, bdk Kis 6:1,5; justru kelompok yang tersebar ...

Ini tak perlu dimengerti secara harafiah. Pengejaran itu langsung mengenai mereka yang berbahasa Yunani, bdk Kis 6:1,5; justru kelompok yang tersebar oleh pengejaran itu memberikan kepada Gereja misionaris yang pertama, Kis 8:4; 11:19-20

Jerusalem: Kis 8:1 - Samaria Ini tahap kedua dalam merambatnya agama Kristen, bdk Kis 1:8. Tahap ketiga dimulai dengan didirikannya jemaat di Antiokhia, Kis 11:20.

Ini tahap kedua dalam merambatnya agama Kristen, bdk Kis 1:8. Tahap ketiga dimulai dengan didirikannya jemaat di Antiokhia, Kis 11:20.

Jerusalem: Kis 8:5 - ke suatu kota di Samaria Var: ke kota Samaria atau: ke kota Kaisarea. Sudah pasti juga bahwa yang dimaksudkan bukanlah kota Samaria yang ke Yunanian (Sebaste). Halnya tentang ...

Var: ke kota Samaria atau: ke kota Kaisarea. Sudah pasti juga bahwa yang dimaksudkan bukanlah kota Samaria yang ke Yunanian (Sebaste). Halnya tentang pewartaan injil kepada orang-orang Samaria menurut arti kata Yahudi: orang sebangsa dan seagama, tetapi terpisah dari umat Israel dengan menjadi bidaah, bdk Yoh 4:9+; Mat 10:5-6+

Jerusalem: Kis 8:5 - Mesias Juga orang-orang Samaria mengharapkan kedatangan Mesias, bdk Yoh 4:25.

Juga orang-orang Samaria mengharapkan kedatangan Mesias, bdk Yoh 4:25.

Jerusalem: Kis 8:10 - Kuasa Besar Atau kurang tepat kiranya: Kuasa Allah yang disebutkan Megalle (artinya dalam bahasa Aram: Yang menyatakan). Maka orang menerima bahwa semacam pancara...

Atau kurang tepat kiranya: Kuasa Allah yang disebutkan Megalle (artinya dalam bahasa Aram: Yang menyatakan). Maka orang menerima bahwa semacam pancaran dari Allah tertinggi tinggal dalam diri Simon, sehingga ia mempunyai kuasa ajaib.

Jerusalem: Kis 8:20 - karunia Allah Roh Kudus merupakan karunia Allah yang unggul, bdk Kis 2:38; 10:45; 11:17; Luk 11:9,13.

Roh Kudus merupakan karunia Allah yang unggul, bdk Kis 2:38; 10:45; 11:17; Luk 11:9,13.

Jerusalem: Kis 8:23 - kejahatan Dari peristiwa Simon ini datanglah istilah "simoni", artinya memperdagangkan hal-hal suci.

Dari peristiwa Simon ini datanglah istilah "simoni", artinya memperdagangkan hal-hal suci.

Jerusalem: Kis 8:24 - -- Teks barat masih menambahkan: dan ia tidak berhenti menangis dengan mencucurkan air mata.

Teks barat masih menambahkan: dan ia tidak berhenti menangis dengan mencucurkan air mata.

Ende: Kis 8:1 - Semua orang ketjuali Rasul-rasul Penganiajaan rupanja chususnja ditudjukan kepada para penjebar Indjil dan pembantu rasul-rasul jang berasal dari luar Palestina. Karena mereka dipenga...

Penganiajaan rupanja chususnja ditudjukan kepada para penjebar Indjil dan pembantu rasul-rasul jang berasal dari luar Palestina. Karena mereka dipengaruhi kebudajaan Junani, seperti tampak dalam pidato Stefanus, dan tjara berpikir dan sikapnja terhadap"adat istiadat" tidak sepitjik orang Jahudi di Jerusalem, maka hal itu dengan sendirinja menimbulkan kebentjian dan pertentangan.

Ende: Kis 8:10 - Jang Agung Dewa jang tertinggi. Maklumlah agama orang Samaria jang berpokok pada agama Jahudi sangat bertjampuran dengan unsur-unsur kafir.

Dewa jang tertinggi. Maklumlah agama orang Samaria jang berpokok pada agama Jahudi sangat bertjampuran dengan unsur-unsur kafir.

Ende: Kis 8:17 - Merekapun menerima Roh Kudus Sebenarnja Roh Kudus sudah diterima ketika dipermandikan, tetapi oleh peletakkan tangan dan doa Rasul-rasul orang jang sudah dipermandikan menerima ke...

Sebenarnja Roh Kudus sudah diterima ketika dipermandikan, tetapi oleh peletakkan tangan dan doa Rasul-rasul orang jang sudah dipermandikan menerima kekuatan Roh Kudus jang istimewa, biasanja dewasa itu kurnia-kurnia jang njata.

Ref. Silang FULL: Kis 8:1 - Saulus // rasul-rasul, tersebar // dan Samaria · Saulus: Kis 7:58 · rasul-rasul, tersebar: Kis 8:4; Kis 11:19 · dan Samaria: Kis 9:31

· Saulus: Kis 7:58

· rasul-rasul, tersebar: Kis 8:4; Kis 11:19

· dan Samaria: Kis 9:31

Ref. Silang FULL: Kis 8:3 - Tetapi Saulus // jemaat itu · Tetapi Saulus: Kis 7:58 · jemaat itu: Kis 9:1,13,21; 22:4,19; 26:10,11; 1Kor 15:9; Gal 1:13,23; Fili 3:6; 1Tim 1:13

Ref. Silang FULL: Kis 8:4 - yang tersebar // memberitakan Injil · yang tersebar: Kis 8:1 · memberitakan Injil: Kis 15:35

· yang tersebar: Kis 8:1

· memberitakan Injil: Kis 15:35

Ref. Silang FULL: Kis 8:5 - Dan Filipus · Dan Filipus: Kis 6:5; 21:8

· Dan Filipus: Kis 6:5; 21:8

Ref. Silang FULL: Kis 8:7 - banyak orang // yang disembuhkan · banyak orang: Mr 16:17; Mr 16:17 · yang disembuhkan: Mat 4:24; Mat 4:24

· banyak orang: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

· yang disembuhkan: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Kis 8:9 - melakukan sihir // sangat penting · melakukan sihir: Kis 13:6 · sangat penting: Kis 5:36

· melakukan sihir: Kis 13:6

· sangat penting: Kis 5:36

Ref. Silang FULL: Kis 8:10 - Kuasa Besar · Kuasa Besar: Kis 14:11; 28:6

· Kuasa Besar: Kis 14:11; 28:6

Ref. Silang FULL: Kis 8:12 - Kerajaan Allah // mereka dibaptis · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2 · mereka dibaptis: Kis 2:38; Kis 2:38

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

· mereka dibaptis: Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 8:13 - dan mujizat-mujizat · dan mujizat-mujizat: Kis 8:6; Kis 19:11

· dan mujizat-mujizat: Kis 8:6; Kis 19:11

Ref. Silang FULL: Kis 8:14 - tanah Samaria // firman Allah // dan Yohanes · tanah Samaria: Kis 8:1 · firman Allah: Ibr 4:12; Ibr 4:12 · dan Yohanes: Luk 22:8; Luk 22:8

· tanah Samaria: Kis 8:1

· firman Allah: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

· dan Yohanes: Luk 22:8; [Lihat FULL. Luk 22:8]

Ref. Silang FULL: Kis 8:15 - Roh Kudus · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 8:16 - antara mereka // Tuhan Yesus · antara mereka: Kis 10:44; Kis 10:44; Kis 19:2 · Tuhan Yesus: Mat 28:19; Kis 2:38; Kis 2:38

· antara mereka: Kis 10:44; [Lihat FULL. Kis 10:44]; Kis 19:2

· Tuhan Yesus: Mat 28:19; Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 8:17 - atas mereka // Roh Kudus · atas mereka: Kis 6:6; Kis 6:6 · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· atas mereka: Kis 6:6; [Lihat FULL. Kis 6:6]

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 8:20 - dengan uang · dengan uang: 2Raj 5:16; Dan 5:17; Mat 10:8; Kis 2:38

· dengan uang: 2Raj 5:16; Dan 5:17; Mat 10:8; Kis 2:38

Ref. Silang FULL: Kis 8:21 - atau hakmu // tidak lurus · atau hakmu: Neh 2:20 · tidak lurus: Mazm 78:37

· atau hakmu: Neh 2:20

· tidak lurus: Mazm 78:37

Ref. Silang FULL: Kis 8:22 - Jadi bertobatlah · Jadi bertobatlah: Kis 2:38

· Jadi bertobatlah: Kis 2:38

Ref. Silang FULL: Kis 8:24 - untuk aku · untuk aku: Kel 8:8; Bil 21:7; 1Raj 13:6; Yer 42:2

· untuk aku: Kel 8:8; Bil 21:7; 1Raj 13:6; Yer 42:2

Ref. Silang FULL: Kis 8:25 - firman Tuhan // banyak kampung · firman Tuhan: Kis 13:48; Kis 13:48 · banyak kampung: Kis 8:40

· firman Tuhan: Kis 13:48; [Lihat FULL. Kis 13:48]

· banyak kampung: Kis 8:40

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 8:1-3 - Penganiayaan terhadap Jemaat Dalam pasal ini kita mendapati cerita tentang berbagai macam penganiayaan t...

Matthew Henry: Kis 8:4-13 - Penyebaran Injil; Keberhasilan Filipus Penyebaran Injil; Keberhasilan Filipus ( Kis 8:4-13) ...

Matthew Henry: Kis 8:14-25 - Kisah Simon Si Tukang Sihir Kisah Simon Si Tukang Sihir ( Kis 8:14-25) ...

SH: Kis 8:1-3 - Bagai benih (Rabu, 6 Juli 2011) Bagai benih Judul: Bagai benih Ada kontras dalam sikap orang yang ada di dalam perikop ini. Kelompok p...

SH: Kis 8:1-3 - Penderitaan Pangkal Penyelamatan (Senin, 4 Juni 2018) Penderitaan Pangkal Penyelamatan Ketika gereja dibom, dibakar, ditutup, dan izin untuk beribadah dipersulit, apak...

SH: Kis 7:54--8:3 - Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah (Selasa, 8 Juni 1999) Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah....

SH: Kis 7:54--8:3 - Memang seharusnya terjadi (Jumat, 27 Juni 2003) Memang seharusnya terjadi Memang seharusnya terjadi. Bagian firman Tuhan yang baru saja kita baca ini ...

SH: Kis 7:54--8:3 - Martir perdana (Selasa, 30 Juni 2009) Martir perdana Judul: Martir perdana Seakan belum cukup umat Tuhan menyalibkan Yesus, kini mereka mena...

SH: Kis 7:54--8:1 - Religius, tetapi terpisah dari Kristus (Selasa, 5 Juli 2011) Religius, tetapi terpisah dari Kristus Judul: Religius, tetapi terpisah dari Kristus Bagai orang kebak...

SH: Kis 7:54--8:1 - Kematian Membuahkan Penyelamatan (Minggu, 3 Juni 2018) Kematian Membuahkan Penyelamatan Di tengah kebencian, permusuhan, geram, amarah, amukan massa yang membabi buta, ...

SH: Kis 8:4-25 - Makin dibabat, makin merambat (Rabu, 9 Juni 1999) Makin dibabat, makin merambat Makin dibabat, makin merambat. Sejarah mengisahkan bahwa kekristenan ber...

SH: Kis 8:4-25 - Masih ada manusia lama (Sabtu, 28 Juni 2003) Masih ada manusia lama Masih ada manusia lama. Kitab Kisah Para Rasul dapat pula kita sebut Kisah Kary...

SH: Kis 8:4-25 - Penginjilan secara utuh (Jumat, 24 Juli 2009) Penginjilan secara utuh Judul: Penginjilan secara utuh Dari laporan Lukas, kita dapat menyimpulkan bah...

SH: Kis 8:4-25 - Merobohkan tembok pemisah (Kamis, 7 Juli 2011) Merobohkan tembok pemisah Judul: Merobohkan tembok pemisah Terpencarnya umat Tuhan ke Yudea dan Samari...

SH: Kis 8:4-25 - Bersaksi (Selasa, 5 Juni 2018) Bersaksi Salah satu tugas orang percaya adalah memelihara iman dan bersaksi tentang Injil Kristus. Sayangnya, seb...

Utley: Kis 8:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:1a ...

Utley: Kis 8:4-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:4-8...

Utley: Kis 8:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED):Kis 8: 9-13...

Utley: Kis 8:14-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:14-24...

Utley: Kis 8:25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:2525 Set...

Topik Teologia: Kis 8:1 - -- Gereja Gereja Yerusalem Kis 8:1 ...

Topik Teologia: Kis 8:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab untuk Mencari Kebajikan dan Kualitas Pribadi Kesal...

Topik Teologia: Kis 8:3 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Menghancurkan ...

Topik Teologia: Kis 8:4 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus ...

Topik Teologia: Kis 8:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Pengusiran Iblis Pengenyahan Iblis Para Pengikut Yesus Meng...

Topik Teologia: Kis 8:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Tujuan Mujizat...

Topik Teologia: Kis 8:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Gereja...

Topik Teologia: Kis 8:9 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Contoh-contoh Baptisan Orang Samaria Dibaptis ...

Topik Teologia: Kis 8:12 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbic...

Topik Teologia: Kis 8:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 8:14 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan ...

Topik Teologia: Kis 8:16 - -- Yesus Kristus Tuhan Yesus Kis 7:59 ...

Topik Teologia: Kis 8:17 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan ...

Topik Teologia: Kis 8:18 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 8:20 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 8:21 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan adalah Lebih dari Sekada...

Topik Teologia: Kis 8:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanus...

Topik Teologia: Kis 8:25 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Se...

TFTWMS: Kis 8:1-4 - Nyala Api Menjalar NYALA API MENJALAR (Kis 8:1-4) Pasal ...

TFTWMS: Kis 8:5-25 - Nyala Api Menjalar Ke Utara NYALA API MENJALAR KE UTARA (Kis 8:5-25) Tema pada ayat ...

TFTWMS: Kis 8:5 - Pribadi Kristus PRIBADI KRISTUS (Kis 8:5) Sewaktu Filipus "memberitakan Kristus" ke...

TFTWMS: Kis 8:5-11 - Pendosa Yang Terasing PENDOSA YANG TERASING (Kis 8:5-11) Cerita kita dimulai ketika seoran...

TFTWMS: Kis 8:5-13 - Dirubah DIRUBAH (Kis 8:5, 12, 13) Simon mungin telah menjadi pesula...

TFTWMS: Kis 8:12 - Kerajaan Kristus KERAJAAN KRISTUS (Kis 8:12) Ayat ...

TFTWMS: Kis 8:12 - Nama Kristus NAMA KRISTUS (Kis 8:12) Filipus juga memberitakan masalah "nama Yesus K...

TFTWMS: Kis 8:12 - Pelbagai Syarat Keselamatan Dari Kristus PELBAGAI SYARAT KESELAMATAN DARI KRISTUS (Kis 8:12) Akhirnya, sewaktu Filipu...

TFTWMS: Kis 8:14-23 - Anak Yang Bersalah ANAK YANG BERSALAH (Kis 8:14-19, 23) Sewaktu para rasul di...

TFTWMS: Kis 8:22-24 - Dipulihkan DIPULIHKAN (Kis 8:22, 24) Oleh Alkitab proses untuk menjadi orang K...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui ...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merup...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kita tidak diberitahu mujizat-mujizat dan tanda-tanda apakah yang Stefanus telah adakan. Kita ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NYALA API YANG MENJALAR (Kis 8:1-40) Kisah pasal ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 8:1-40) Di zaman kini, beberapa jemaat menderita men...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Beberapa orang mengatakan bahwa khotbah Stefanus merupakan "Kesempatan Terakhir Bangsa Ya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ARTI MEMBERITAKAN KRISTUS (Kis 8:5, 12) Dalam ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PERUBAHAN HIDUP SEORANG PENYIHIR (Kis 8:5-24) Apakah yang terpikir ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 8:5, 12) Kita telah melihat apa itu arti memberitaka...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 8:5-24) Apakah yang telah terjadi ke atas Simon? Say...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dalam bahasa Inggris kadangkala dieja "Sigmund." Syngman Rhee adalah seorang pemimpi...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ia dalam bahaya berada "dalam empedu yang pahit" (yang dipakai adalah kata ke...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tuj...

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kas...

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh ju...

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya:...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA