Teks -- Ibrani 9:27 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Ibr 9:15-28
Jerusalem: Ibr 9:15-28 - -- Bagian yang sejalan dengan Ibr 8:6-13 ini menyatakan bahwa kematian Kristus perlu guna pengantaraanNya. Kata Yunani "diatheke" dalam Kitab Suci yang b...
Bagian yang sejalan dengan Ibr 8:6-13 ini menyatakan bahwa kematian Kristus perlu guna pengantaraanNya. Kata Yunani "diatheke" dalam Kitab Suci yang berbahasa Yunani (LXX) menterjemahkan kata Ibrani "berith", artinya: perjanjian, pada hal dalam bahasa yang lazim "diatheke" berarti: "wasiat", bdk Gal 3:17. Seluruh bagian surat ini berdasarkan kedua arti kata Yunani yang sama itu. Perjanjian, Ibr 9:15,18-20, baru diteguhkan oleh "pembuat wasiat", Ibr 9:16-17. Selebihnya pengesahan sebuah perjanjian menuntut bahwa darah korban dicurahkan, Kel 24:6-8. Maka haruslah Kristus mati untuk mengikat perjanjian yang baru. Bdk Ibr 7:22; 8:6-10; 12:24; Mat 26:28+.
ialah pada achir zaman.
Ende: Ibr 9:27 - Menganugerahkan keselamatan Dimaksudkan keselamatan sempurna didalam surga,
jang njata kemuliaannja dan dapat dinikmati dengan sepenuh-penuhnja. Dengan
perkataan lain: Penjelesai...
Dimaksudkan keselamatan sempurna didalam surga, jang njata kemuliaannja dan dapat dinikmati dengan sepenuh-penuhnja. Dengan perkataan lain: Penjelesaian penjelamatan kita dalam hidup abadi.
Ref. Silang FULL -> Ibr 9:27
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Ibr 9:27 - -- 9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi...
Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusi...
9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi...
Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusia akan "dihakimi." Yohanes 5:24 berkata bahwa orang percaya "tidak turut dihukum," tetapi Roma 14:9-12 berkata bahwa "kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah." Orang percaya memang akan dihakimi, bukan untuk menentukan apakah kita masuk sorga, hal itu sudah ditentukan, dan kita "tidak turut dihukum" untuk menentukan itu. Kita akan dihakimi untuk menentukan nilai dari perbuatan dan pelayanan kita (I Kor. 3:12-15) sehingga mungkin kita "malu" atau kita "beroleh keberanian" (I Yoh. 2:28). Hal ini sangat berkaitan erat dengan beban dan tema utama dari Surat Ibrani, karena penulis surat ini terbeban supaya kita "beroleh keberanian" dan ikut dalam kemenangan Raja kita, dan tidak mundur sehingga nanti kita malu di hadapan Dia.
Kedatangan Kristus kedua kali banyak diceritakan di dalam bagian pertama, di mana diuraikan bahwa Dia akan datang sebagai Raja dari Allah untuk memerintah atas bumi ini. Tetapi hal kedatangan itu hampir tidak disebut di dalam bagian ini, di mana peranan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita diuraikan. Baru dalam nats ini, penulis surat ini berkesempatan. Karena dia sudah mengatakan, di dalam 9:26, bahwa Yesus sudah "menyatakan diriNya." Maka dia berkesempatan untuk berkata dalam 9:28 bahwa "Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi." Dia mengemukakan hal ini karena dia terbeban untuk mengingatkan kita bahwa "keselamatan" disediakan bagi mereka "yang menantikan Dia." "Keselamatan" ini adalah warisan kekal yang akan diberikan kepada setiap orang percaya yang menantikan kedatanganNya. Ada juga orang percaya yang tidak lagi menantikan kedatanganNya, tetapi justru menanti-nantikan keluarnya nomor undian! Bukan berarti mereka harus dicampakkan ke dalam neraka, tetapi swthria/soteria, kemenangan ini tidak disediakan bagi mereka.
d. Hasil dari imamat baru yang lebih baik (10:1-18)
Diskusi yang dimulai dengan pasal 7:1 akan diakhiri dengan bagian ini. Dia mau mengatakan bahwa imamat yang baru, dengan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar, membawa hasil yang lebih baik dari pada apa yang dihasilkan di bawah imamat Lewi. Secara negatif, pasal 10:1 menjelaskan bahwa Imamat Lewi, yang diatur di dalam "hukum Taurat, tidak mungkin menyempurnakan." Dengan memakai kata "menyempurnakan" maksudnya bukan "membuat supaya tidak berdosa lagi," tetapi maksudnya, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam nats ini, adalah membebaskan mereka dari beban kesalahan yang dulunya membuat mustahil mereka mendekati Allah yang hidup.
Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)
Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...
Hagelberg: Ibr 9:27 - -- 9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi...
Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusi...
9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi...
Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusia akan "dihakimi." Yohanes 5:24 berkata bahwa orang percaya "tidak turut dihukum," tetapi Roma 14:9-12 berkata bahwa "kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah." Orang percaya memang akan dihakimi, bukan untuk menentukan apakah kita masuk sorga, hal itu sudah ditentukan, dan kita "tidak turut dihukum" untuk menentukan itu. Kita akan dihakimi untuk menentukan nilai dari perbuatan dan pelayanan kita (I Kor. 3:12-15) sehingga mungkin kita "malu" atau kita "beroleh keberanian" (I Yoh. 2:28). Hal ini sangat berkaitan erat dengan beban dan tema utama dari Surat Ibrani, karena penulis surat ini terbeban supaya kita "beroleh keberanian" dan ikut dalam kemenangan Raja kita, dan tidak mundur sehingga nanti kita malu di hadapan Dia.
Kedatangan Kristus kedua kali banyak diceritakan di dalam bagian pertama, di mana diuraikan bahwa Dia akan datang sebagai Raja dari Allah untuk memerintah atas bumi ini. Tetapi hal kedatangan itu hampir tidak disebut di dalam bagian ini, di mana peranan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita diuraikan. Baru dalam nats ini, penulis surat ini berkesempatan. Karena dia sudah mengatakan, di dalam 9:26, bahwa Yesus sudah "menyatakan diriNya." Maka dia berkesempatan untuk berkata dalam 9:28 bahwa "Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi." Dia mengemukakan hal ini karena dia terbeban untuk mengingatkan kita bahwa "keselamatan" disediakan bagi mereka "yang menantikan Dia." "Keselamatan" ini adalah warisan kekal yang akan diberikan kepada setiap orang percaya yang menantikan kedatanganNya. Ada juga orang percaya yang tidak lagi menantikan kedatanganNya, tetapi justru menanti-nantikan keluarnya nomor undian! Bukan berarti mereka harus dicampakkan ke dalam neraka, tetapi swthria/soteria, kemenangan ini tidak disediakan bagi mereka.
d. Hasil dari imamat baru yang lebih baik (10:1-18)
Diskusi yang dimulai dengan pasal 7:1 akan diakhiri dengan bagian ini. Dia mau mengatakan bahwa imamat yang baru, dengan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar, membawa hasil yang lebih baik dari pada apa yang dihasilkan di bawah imamat Lewi. Secara negatif, pasal 10:1 menjelaskan bahwa Imamat Lewi, yang diatur di dalam "hukum Taurat, tidak mungkin menyempurnakan." Dengan memakai kata "menyempurnakan" maksudnya bukan "membuat supaya tidak berdosa lagi," tetapi maksudnya, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam nats ini, adalah membebaskan mereka dari beban kesalahan yang dulunya membuat mustahil mereka mendekati Allah yang hidup.
Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)
Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.
Ayat...
C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)
Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.
Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.
Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...
III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.
Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.