Teks -- 1 Samuel 10:10-12 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: 1Sam 8:1--12:25 - -- Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan...
Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan persatuan bangsa terancam oleh karena tekanan dari pihak orang Filistin semakin menghebat. Dengan mengulang tawaran yang pernah disampaikan kepada Gideon, Hak 8:22 dst, dan percobaan yang diadakan Abimelekh, Hak 9:1 dst, sebagian dari bangsa Israel menurut seorang raja "seperti ada pada bangsa-bangsa lain", padahal sebagian lainnya menentang usul itu karena berpendapat bahwa Tuhan sendiri, satu-satunya Penguasa di Israel, akan membangkitkan pemimpin-pemimpin manakala diperlukan, seperti dahulu diperbuatNya pada zaman para hakim. Tetapi kurang tepat kiranya berkata tentang "Kisah yang berhaluan anti-monarki" (dari kalangan mereka yang melawan lembaga kerajaan), (bab 1Sa 8; 10:17-24; 12)dan tentang "Kisah yang berhaluan monarki" (dari kalangan pendukung lembaga kerajaan), 1Sa 9:1-10:16:11. Memang ada dua macam tradisi yang berasal dari dua tempat kudus. Tetapi kedua tradisi itu sehaluan mengenai peranan kenegaraan dan keagamaan Samuel. Adapun jasa Samuel yang terbesar adalah: Ia memenangkan suatu lembaga kerajaan yang mempertahankan hak-hak Allah atas bangsa Israel. Cita-cita itu tercapai dalam pemerintahan Daud, setelah usaha Saul mengalami kegagalan. Kepercayaan Daud yang luhur berhasil mempersatukan segikeagamaan dan segi keduniaan yang ada pada lembaga kerajaan di Israel. Sebagai negara Daud tidak melalaikan kewajibannya sebagai orang yang diurapi Tuhan. Selanjutnya cita-cita itu tidak lagi tercapai oleh para pengganti Daud dalam jabatan raja. Maka Daudlah yang tetap lambang raja di masa mendatang, ialah "Orang yang diurapi oleh Tuhan", Mesias. Melalui Dialah Allah mengerjakan keselamatan umatNya.
Jerusalem: 1Sam 9:1--10:16 - -- Ceritera ini tidak berhubungan dengan yang sebenarnya. Kisah ini berasal dari Rama dan memberi kesan bahwa Saul diurapi menjadi raja di masa mudanya t...
Ceritera ini tidak berhubungan dengan yang sebenarnya. Kisah ini berasal dari Rama dan memberi kesan bahwa Saul diurapi menjadi raja di masa mudanya tetapi pengurapannya dirahasiakan sama seperti halnya dengan Daud, 1Sa 9:16. tetapi seorang raja selalu diurapi justru pada waktu ia mengambil alih kekuasaan. Sudah pasti bahwa Saul diurapi, 1Sa 24:7,11; 26:9; 26:9,11,16,23; 2Sa 1:14-15, dan mungkin sekali ia diurapi oleh Samuel. Tetapi hal-ihwal pengurapannya kita tidak mengetahuinya. Seluruh kisah ini berpusatkan Saul. Samuel tampil di dalamnya bukan sebagai hakim melainkan selaku nabi yang secara kebetulan bertemu dengan Saul. Lembaga kerajaan memang dikehendaki Tuhan. Sebab raja pertama dipilih Tuhan sendiri.
Jerusalem: 1Sam 10:10 - Ketika mereka Ceritera asli kiranya juga menceritakan bahwa tanda-tanda lain terjadi juga.
Ceritera asli kiranya juga menceritakan bahwa tanda-tanda lain terjadi juga.
Jerusalem: 1Sam 10:11 - golongan nabi Orang merasa heran bahwa seseorang yang terkemuka seperti Saul bercampur dengan "nabi-nabi" dari golongan rendahan itu.
Orang merasa heran bahwa seseorang yang terkemuka seperti Saul bercampur dengan "nabi-nabi" dari golongan rendahan itu.
Ende: 1Sam 10:9-12 - -- Kisah ini sedjadjar dengan 1Sa 19:19-24 dan mau memberi keterangan
mengenai suatu peribahasa jang berlangsung.
Kisah ini sedjadjar dengan 1Sa 19:19-24 dan mau memberi keterangan mengenai suatu peribahasa jang berlangsung.
Ende: 1Sam 10:10 - roh Allah adalah daja ilahi jang adjaib, jang mempengaruhi, memimpin dan
menguatkan orang. Sjaul disini digambarkan seperti hakim2 dari Kitab Hakim.
adalah daja ilahi jang adjaib, jang mempengaruhi, memimpin dan menguatkan orang. Sjaul disini digambarkan seperti hakim2 dari Kitab Hakim.
Ende: 1Sam 10:12 - siapa gerangan merupakan suatu penghinaan. Asal-usul nabi2 itu disangsikan.
Mereka tidak sangat dihormati di Israil.
merupakan suatu penghinaan. Asal-usul nabi2 itu disangsikan. Mereka tidak sangat dihormati di Israil.
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:10 - Roh // turut kepenuhan · Roh: Bil 11:25; Bil 11:25; 1Sam 11:6
· turut kepenuhan: 1Sam 10:5-6; 1Sam 10:5; 1Sam 10:6
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:11 - Apakah gerangan // golongan nabi · Apakah gerangan: Mat 13:54; Yoh 7:15
· golongan nabi: 1Sam 10:12; 1Sam 19:24; 2Raj 9:11; Yer 29:26; Hos 9:7
· Apakah gerangan: Mat 13:54; Yoh 7:15
· golongan nabi: 1Sam 10:12; 1Sam 19:24; 2Raj 9:11; Yer 29:26; Hos 9:7
· golongan nabi: 1Sam 10:11; [Lihat FULL. 1Sam 10:11]