kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 6:35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
6:35 Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Roti | Gambaran, Teladan Kristus | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Iman | Manna | Yesus | Lazarus | Yohanes, Injil | Hari | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 6:35 - AKULAH ROTI HIDUP. Nas : Yoh 6:35 Pernyataan "Aku adalah roti hidup" adalah yang pertama dari tujuh pernyataan "Aku adalah" yang dicatat dalam Injil Yohanes. Setiap p...

Nas : Yoh 6:35

Pernyataan "Aku adalah roti hidup" adalah yang pertama dari tujuh pernyataan "Aku adalah" yang dicatat dalam Injil Yohanes. Setiap pernyataan itu menampilkan suatu aspek penting dari pelayanan pribadi Kristus. Pernyataan ini memberitahukan kita bahwa Kristus adalah makanan yang memelihara kehidupan rohani (lih. ayat Yoh 6:53). Pernyataan lain adalah: "terang dunia" (Yoh 8:12), "pintu" (Yoh 10:9), "gembala baik" (Yoh 10:11,14), "kebangkitan dan hidup" (Yoh 11:25), "jalan, kebenaran, hidup" (Yoh 14:6) dan "pokok anggur yang benar" (Yoh 15:1,5).

Jerusalem: Yoh 6:35 - Akulah Ungkapan Yunani "ego eimi" mengingatkan nama ilahi yang diwahyukan kepada Musa, Kel 3:14, bdk Yoh 8:24+. Tetapi di sini seperti dalam beberapa ayat la...

Ungkapan Yunani "ego eimi" mengingatkan nama ilahi yang diwahyukan kepada Musa, Kel 3:14, bdk Yoh 8:24+. Tetapi di sini seperti dalam beberapa ayat lain ungkapan itu memulai juga penjelasan salah satu perbuatan atau perkataan, Yesus menyebut diriNya di sini roti sejati yang dilambangkan oleh manna dan roti yang kemarin diperbanyakNya. Lih Yoh 6:41,48,51; Yoh 8:12; Yoh 10:7-11; Yoh 11:25; Yoh 15:1

Jerusalem: Yoh 6:35 - ia tidak akan haus lagi Sama seperti Hikmat dahulu, Ams 9:1 dst, demikianpun Yesus mengundang manusia ke perjamuanNya. Dalam pandangan Yohanes Yesuslah Hikmat Allah, yang dal...

Sama seperti Hikmat dahulu, Ams 9:1 dst, demikianpun Yesus mengundang manusia ke perjamuanNya. Dalam pandangan Yohanes Yesuslah Hikmat Allah, yang dalam wahyu alkitabiah sudah menjurus ke kepribadian, bdk Yoh 1:1+. Kenyataan itu berdasarkan ajaran Kristus sendiri, sebagaimana sudah terasa dalam injil-injil sinoptik, Mat 11:19; Luk 11:31 dsj. Tetapi dalam injil keempat pandangan terhadap Yesus jauh lebih menonjol: oleh karena mempunyai asal-usul yang rahasia, Yoh 7:27-29; Yoh 8:14,19; bdk Ayu 28:20-28, hanya Yesus sajalah yang mengenal rahasia-rahasia Allah dan mewahyukannya kepada manusia, Yoh 3:11-12,31-32; bdk Mat 11:25-27 dsj; Wis 9:13-18; Bar 3:29-37, sehingga Dialah roti hidup yang mengenyangkan manusia yang lapar, Yoh 6:35; bdk Ams 9:1-6; Sir 24:19-22; Mat 4:4 dst. (bdk Ula 8:3).

Ref. Silang FULL: Yoh 6:35 - Akulah // roti hidup // barangsiapa percaya // akan haus · Akulah: Kel 3:14; Yoh 8:12; 10:7,11; 11:25; 14:6; 15:1 · roti hidup: Yoh 6:48,51 · barangsiapa percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15 &mid...

· Akulah: Kel 3:14; Yoh 8:12; 10:7,11; 11:25; 14:6; 15:1

· roti hidup: Yoh 6:48,51

· barangsiapa percaya: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

· akan haus: Yoh 4:14

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 6:22-59 - -- 6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

Hagelberg: Yoh 6:22-59 - -- 6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

Hagelberg: Yoh 6:35 - -- 6:35 Kata Yesus kepada mereka, "Akulah602 roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia ti...

6:35 Kata Yesus kepada mereka, "Akulah602 roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Dalam ayat 34 mereka salah paham. Dalam ayat ini Tuhan Yesus menjelaskan maksud-Nya dengan kata-kata yang mulia dan jelas: Dia tidak berbicara mengenai roti. Dia berbicara mengenai diri-Nya sendiri, yang Dia kiaskan sebagai roti yang memberi hidup kepada barangsiapa yang datang kepada-Nya, atau dengan kata lain, barangsiapa yang percaya kepada-Nya.

Sama seperti roti biasa dapat memberikan kehidupan biasa, demikian juga roti hidup memberikan kehidupan kekal.

Dalam Injil Yohanes ada tujuh pernyataan "Aku Adalah" seperti pernyataan ini,603 yaitu:

Aku Adalah roti hudup: 6:35 dan 48 (serta ayat 41 dan 51)

Aku Adalah terang dunia: 8:12

Aku Adalah pintu: 10:7 dan 9

Aku Adalah gembala yang baik: 10:11 dan 14

Aku Adalah kebangkitan dan hidup: 11:25

Aku Adalah jalan dan kebenaran dan hidup: 14:6

Aku Adalah pokok anggur: 15:1 dan 5

Kiasan haus juga dipakai dalam pasal 4 di sumur Yakub, dan dalam pasal 7:37 di Yerusalem. Kehausan rohani memang merupakan istilah yang tepat untuk menyatakan kerinduan dan keperluan yang dirasakan setiap orang yang sadar pada kemiskinan rohaninya. Dalam Mazmur 42:2-3 kita membaca mengenai kehausan itu: "Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup." Tuhan Yesus berjanji bahwa kehausan itu pasti dipuaskan jika orang percaya kepada Dia. Dalam pasal 7:37-38 kehausan disejajarkan dengan percaya, sama seperti dalam ayat ini.

Nubuatan-nubuatan yang akan digenapi pada saat kedatangan Mesias, yaitu pesta perjamuan besar (lihat misalnya Injil Matius 8:11-12 dan 26:29, juga Kitab Wahyu 7:14-16 dan 19:6-9), sudah ditawarkan untuk dinikmati pada saat orang percaya kepada Tuhan Yesus: dia tidak lapar lagi dan tidak haus lagi. Dengan demikian, Injil Yohanes menceritakan kehadiran masa depan.604

Carson605 mengamati bahwa dalam ayat ini ada unsur yang merupakan kiasan (roti hidup, lapar, dan haus) dan ada unsur yang harfiah (datang dan percaya). Integrasi antara unsur yang harfiah dan unsur kiasan yang ada dalam ayat ini menolong kita untuk lebih memahami arti yang dimaksudkan dalam ayat 49-58, suatu bagian yang sudah tidak memakai unsur harfiah lagi.

Hagelberg: Yoh 6:35-48 - -- c. Yesus sebagai Roti Hidup (6:35-48) Dalam bagian ini suasana perlawanan meningkat, karena Tuhan Yesus melawan ketidakpercayaan mereka. Suasana persu...

c. Yesus sebagai Roti Hidup (6:35-48)

Dalam bagian ini suasana perlawanan meningkat, karena Tuhan Yesus melawan ketidakpercayaan mereka. Suasana persungutan tampak, bahkan sampai murid-murid-Nya sendiri bersungut-sungut, dan orang banyak pergi meninggalkan Dia. (Lihat ayat 41, 52, 60-61, 64, dan 66.) Suasana optimisme sudah lenyap. Mungkin para pembaca bertanya, "Apakah ketidakpercayaan akan menang?"599

Menurut Peder Borgen,600 pola khotbah dalam bagian ini sama persis dengan pola khotbah rabi-rabi Israel zaman itu. Pasal 6:59 menjelaskan bahwa khotbah ini disampaikan di rumah ibadat di Kapernaum. Pasal 6:4 menjelaskan bahwa hari raya Paskah sudah dekat. Menurut Aileen Guilding,601 pembacaan Firman Allah yang dibacakan di rumah ibadat orang Yahudi pada waktu itu disusun dalam suatu siklus tiga tahunan. Tahun pertama Keluaran 1-8 dibacakan. Tahun kedua Keluaran 11-16 dibacakan. Tahun ketiga Bilangan 6-14 dibacakan. Selain itu, Yesaya 51:6 dst. dan Yesaya 54-55 juga turut dibacakan untuk melengkapi pembacaan tersebut. Catatan historis ini menarik, karena nas yang dibacakan di kebaktian-kebaktian menjelang Paskah (misalnya Kejadian 2-3, Keluaran 16, dan Bilangan 11) penuh dengan ayat-ayat yang mendukung khotbah ini, terutama Yesaya 55.

Hagelberg: Yoh 6:35 - -- 6:35 Kata Yesus kepada mereka, "Akulah602 roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia ti...

6:35 Kata Yesus kepada mereka, "Akulah602 roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Dalam ayat 34 mereka salah paham. Dalam ayat ini Tuhan Yesus menjelaskan maksud-Nya dengan kata-kata yang mulia dan jelas: Dia tidak berbicara mengenai roti. Dia berbicara mengenai diri-Nya sendiri, yang Dia kiaskan sebagai roti yang memberi hidup kepada barangsiapa yang datang kepada-Nya, atau dengan kata lain, barangsiapa yang percaya kepada-Nya.

Sama seperti roti biasa dapat memberikan kehidupan biasa, demikian juga roti hidup memberikan kehidupan kekal.

Dalam Injil Yohanes ada tujuh pernyataan "Aku Adalah" seperti pernyataan ini,603 yaitu:

Aku Adalah roti hudup: 6:35 dan 48 (serta ayat 41 dan 51)

Aku Adalah terang dunia: 8:12

Aku Adalah pintu: 10:7 dan 9

Aku Adalah gembala yang baik: 10:11 dan 14

Aku Adalah kebangkitan dan hidup: 11:25

Aku Adalah jalan dan kebenaran dan hidup: 14:6

Aku Adalah pokok anggur: 15:1 dan 5

Kiasan haus juga dipakai dalam pasal 4 di sumur Yakub, dan dalam pasal 7:37 di Yerusalem. Kehausan rohani memang merupakan istilah yang tepat untuk menyatakan kerinduan dan keperluan yang dirasakan setiap orang yang sadar pada kemiskinan rohaninya. Dalam Mazmur 42:2-3 kita membaca mengenai kehausan itu: "Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup." Tuhan Yesus berjanji bahwa kehausan itu pasti dipuaskan jika orang percaya kepada Dia. Dalam pasal 7:37-38 kehausan disejajarkan dengan percaya, sama seperti dalam ayat ini.

Nubuatan-nubuatan yang akan digenapi pada saat kedatangan Mesias, yaitu pesta perjamuan besar (lihat misalnya Injil Matius 8:11-12 dan 26:29, juga Kitab Wahyu 7:14-16 dan 19:6-9), sudah ditawarkan untuk dinikmati pada saat orang percaya kepada Tuhan Yesus: dia tidak lapar lagi dan tidak haus lagi. Dengan demikian, Injil Yohanes menceritakan kehadiran masa depan.604

Carson605 mengamati bahwa dalam ayat ini ada unsur yang merupakan kiasan (roti hidup, lapar, dan haus) dan ada unsur yang harfiah (datang dan percaya). Integrasi antara unsur yang harfiah dan unsur kiasan yang ada dalam ayat ini menolong kita untuk lebih memahami arti yang dimaksudkan dalam ayat 49-58, suatu bagian yang sudah tidak memakai unsur harfiah lagi.

Hagelberg: Yoh 6:22-58 - -- 5. Khotbah Roti Hidup (6:22-58) Sesuai dengan kebiasaan Yohanes untuk membedakan agama lama dengan pribadi Tuhan Yesus, dalam khotbah yang keempat ini...

5. Khotbah Roti Hidup (6:22-58)

Sesuai dengan kebiasaan Yohanes untuk membedakan agama lama dengan pribadi Tuhan Yesus, dalam khotbah yang keempat ini ada kontras antara manna di padang gurun dan Tuhan Yesus yang adalah "Roti Hidup".

Ada tiga pendekatan pada penafsiran bagian ini.587 Ketiga tafsiran tersebut berpusat pada masalah kepentingan Perjamuan Kudus di dalam tafsiran nas ini. Ada penafsir yang berkata bahwa nas ini, terutama pasal 6:53-58, membicarakan Perjamuan Kudus. (Selain nas ini, Injil Yohanes tidak menyebutkan Perjamuan Kudus.) Pasal 6:55 merupakan dukungan yang paling kuat bagi pandangan ini. Namun tafsiran ini sangat sulit diterima. Jika nas ini membahas Perjamuan Kudus, maka pasal 6:53, yang berkata "...sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu", berarti bahwa keikutsertaan dalam Perjamuan Kudus merupakan syarat mutlak untuk keselamatan, sedangkan Injil Yohanes, dan seluruh Perjanjian Baru, mengajar bahwa syarat satu-satunya adalah iman dalam Yesus Kristus, dan bukan perbuatan mana pun. Selain alasan tersebut, menurut pasal 6:59 nas ini diucapkan oleh Tuhan Yesus "di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat". Di rumah ibadah itu mereka tidak mengerti sedikit pun mengenai Perjamuan Kudus, sehingga khotbah ini mustahil dimengerti jika pandangan ini diterima.

Tafsiran kedua adalah bahwa dalam khotbah ini, istilah "roti", "daging", "darah", dan "minuman" hanya melambangkan diri Yesus Kristus. Menurut tafsiran ini, dalam khotbah ini Tuhan Yesus menekankan bahwa manusia harus menerima Dia untuk memperoleh hidup yang kekal.

Tafsiran yang ketiga setuju dengan yang kedua, tetapi juga menerima kenyataan bahwa nas ini, jika dibaca orang Kristen, mengingatkan mereka tentang Perjamuan Kudus.

Namun jika nas ini dibaca orang Yahudi, mereka teringat pada manna dan Musa. Bukankah para pembaca pertama orang Yahudi, dan tujuan utama dari Injil Yohanes penginjilan terhadap orang-orang Yahudi? Nas ini merupakan khotbah Tuhan Yesus di rumah ibadah orang Yahudi. Di situ Dia meneruskan tema "Paskah Baru". Dia dapat memuaskan kelaparan lima ribu orang karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu memberi manna kepada umat Israel. Dia dapat berjalan di atas air karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu menuntun umat Israel menyeberangi Laut Teberau, dan Dia, sebagai roti hidup, dapat menyelamatkan mereka, karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu memberi manna itu kepada Israel.

Pada dasarnya, Perjamuan Kudus merupakan suatu kiasan mengenai pengorbanan Tuhan Yesus dan keselamatan yang Dia sediakan. Demikian juga ungkapan dan bahasan "Roti Hidup" merupakan kiasan mengenai pengorbanan Tuhan Yesus dan keselamatan yang Dia sediakan. Dua-duanya merujuk kepada Tuhan Yesus serta karya-Nya.

Sebenarnya tema mengenai "Roti Hidup" dapat juga dikatakan sebagai tema seluruh isi pasal 6. Dalam peristiwa-peristiwa pembebasan umat Allah dari Mesir, Tuhan Allah membuktikan bahwa Dia sanggup menyelamatkan umat-Nya. Dalam peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam Injil Yohanes pasal 6, Tuhan Yesus membuktikan bahwa Dia adalah penggenapan dari peristiwa Paskah dan keselamatan umat Israel dari tangan Firaun yang diceritakan dalam Kitab Keluaran.

Hagelberg: Yoh 5:1--7:52 - -- C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52) Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi ti...

C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52)

Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi timbul. Apa yang tersirat dalam bagian yang sebelumnya, sudah menjadi nyata dalam bagian ini. Sesuai dengan pasal 1;10, mereka melawan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 6:28-59 - Kristus Adalah Roti Sejati yang Turun dari Sorga; Kristus Menyambut Semua Orang yang Datang kepada-N Kristus Adalah Roti Sejati yang Turun dari Sorga; Kristus Menyambut Semua Orang yang Datang kepada-Nya; Perlunya Menyantap Kristus, Sang Roti Hidu...

SH: Yoh 6:28-40 - Roti Hidup (Sabtu, 14 Januari 2006) Roti Hidup Judul: Roti Hidup Manusia duniawi tidak mungkin mengerti hal-hal rohani. Hanya seseoran...

SH: Yoh 6:30-59 - Roti hidup memberi hidup kekal (Selasa, 14 Januari 2014) Roti hidup memberi hidup kekal Judul: Roti hidup memberi hidup kekal Satu peribahasa Indonesia berbuny...

SH: Yoh 6:25-40 - Kepuasan yang sesungguhnya (Senin, 11 Januari 1999) Kepuasan yang sesungguhnya Kepuasan yang sesungguhnya. Kebaktian Kebangunan Rohani lebih disukai darip...

SH: Yoh 6:25-40 - Yesuslah jawaban (Minggu, 3 Februari 2008) Yesuslah jawaban Judul : Yesuslah jawaban Yesus menegur orang banyak yang mencari Dia karena ingin mendapa...

SH: Yoh 6:25-59 - Roti Sebenarnya (Jumat, 10 Januari 2020) Roti Sebenarnya Pertanyaan basa-basi dari orang banyak yang mencari Yesus membuka kesempatan untuk pengajaran yan...

SH: Yoh 6:22-40 - Iman, sebab dan akibatnya (Kamis, 10 Januari 2002) Iman, sebab dan akibatnya Iman, sebab dan akibatnya. Orang banyak mencari Yesus bukan karena mereka ingin...

Utley: Yoh 6:35-40 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 6:35-40...

Topik Teologia: Yoh 6:35 - -- Yesus Kristus Manna Kel 16:11-15 ...

TFTWMS: Yoh 6:35-52 - Pemuridan Yang Sulit Pemuridan Yang Sulit (Yohanes 6:35-52) Perkataan "Akulah roti ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "MAKANLAH ROTI INI" (Yohanes 6:16-69) Pada suatu hari Min...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 6:16-69) Kita perlu memperhatikan satu jawaban ...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Diceritakan dalam Leon Morris, Expository Reflections on the Gospel of John (Grand Rapi...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA