kecilkan semua  

Teks -- Roma 13:8 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kasih adalah kegenapan hukum Taurat
13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Kasih, Mengasihi Manusia | Hukum, Hukum Allah | Perintah | Roma, Surat | Dekalog | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 13:8 - JANGANLAH KAMU BERHUTANG APA-APA. Nas : Rom 13:8 Orang percaya hendaknya jangan berhutang. Ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh meminjam bila dalam keperluan yang serius (bd. Ke...

Nas : Rom 13:8

Orang percaya hendaknya jangan berhutang. Ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh meminjam bila dalam keperluan yang serius (bd. Kel 22:25; Mazm 37:26; Mat 5:42; Luk 6:35). Tetapi yang dilarang adalah berhutang untuk hal-hal yang tidak perlu dan menunjukkan sikap ketidakacuhan dalam membayar kembali hutang itu (bd. Mazm 37:21). Satu-satunya hutang yang tidak dapat dibayar habis adalah kasih terhadap sesama manusia.

Jerusalem: Rm 13:8 - hukum Taurat Harafiah: hukum. Kurang jelas apa yang dimaksudkan: hukum pada umumnya atau hukum Taurat (Musa).

Harafiah: hukum. Kurang jelas apa yang dimaksudkan: hukum pada umumnya atau hukum Taurat (Musa).

Ende: Rm 13:8 - Memenuhi hukum Menurut aslinja dengan "hukum" disini dimaksudkan segala matjam hukum, bukannja hukum taurat sadja. Itu pula dikesankan dalam ungkapan "dan segala per...

Menurut aslinja dengan "hukum" disini dimaksudkan segala matjam hukum, bukannja hukum taurat sadja. Itu pula dikesankan dalam ungkapan "dan segala perintah manapun lagi" dalam ajat berikut.

Ref. Silang FULL: Rm 13:8 - hukum Taurat · hukum Taurat: Rom 13:10; Mat 5:43; Mat 5:43; Yoh 13:34; Kol 3:14

· hukum Taurat: Rom 13:10; Mat 5:43; [Lihat FULL. Mat 5:43]; Yoh 13:34; Kol 3:14

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 13:8 - -- 13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia s...

13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Ada dua kemungkinan untuk terjemahan nats ini. 1) "Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga..." atau 2) "Janganlah kamu membiarkan kewajiban yang tidak diselesaikan terhadap siapapun juga...." Menurut Cranfield,783 nats ini mengulangi apa yang dikatakan dalam pasal 13:7, yaitu bahwa kita harus membereskan segala kewajiban kita, dan tidak membiarkan hutang yang sudah harus dilunasi. Menurut dia, nats ini tidak melarang pinjam-meminjam, tetapi setiap hutang harus dilunasi tepat sesuai dengan perjanjian. Menurut Dunn,784 kalimat ini disusun dengan sengaja supaya dua arti tersebut muncul.

...tetapi hendaklah kamu saling mengasihi.

Masalah pinjam-meminjam kurang jelas dalam nats ini, tetapi satu hal sungguh jelas, yaitu bahwa kita yang dosanya ditebus oleh Yesus Kristus berhutang besar kepada Dia, dan dengan mengasihi maka kita mulai melunasi hutang tersebut yang sebenarnya bersifat kekal.785 Kasih merupakan kewajiban atau hutang yang tidak dapat dilunasi, karena selalu ada kesempatan-kesempatan baru untuk mengasihi orang lain.

Dalam pasal 8:12 Paulus berkata, "kita adalah orang berhutang, bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging," tetapi dalam pasal itu dia tidak menjelaskan kepada siapakah hutang kita. Hal ini dilengkapi dalam pasal 13:8 di mana kita mengerti bahwa kita berhutang kepada Tuhan, dan kepada sesama kita.

Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.786

Jika pada suatu saat kita mengasihi orang, maka pada saat itu kita memenuhi perintah hukum Taurat yang berkaitan dengan situasi itu.

Hagelberg: Rm 13:8-10 - -- e. Sikap Kasih 13:8-10 Sebenarnya pasal 13:6-8 merupakan peralihan782 dari tema "takluk kepada pemerintah" ke tema "kasih". Ketaatan pada pemerintah...

e. Sikap Kasih 13:8-10

Sebenarnya pasal 13:6-8 merupakan peralihan782 dari tema "takluk kepada pemerintah" ke tema "kasih". Ketaatan pada pemerintah dan pembayaran pajak merupakan kewajiban yang dapat diselesaikan, sedangkan kasih merupakan kewajiban yang tak habis-habisnya.

Hagelberg: Rm 13:8 - -- 13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia s...

13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Ada dua kemungkinan untuk terjemahan nats ini. 1) "Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga..." atau 2) "Janganlah kamu membiarkan kewajiban yang tidak diselesaikan terhadap siapapun juga...." Menurut Cranfield,783 nats ini mengulangi apa yang dikatakan dalam pasal 13:7, yaitu bahwa kita harus membereskan segala kewajiban kita, dan tidak membiarkan hutang yang sudah harus dilunasi. Menurut dia, nats ini tidak melarang pinjam-meminjam, tetapi setiap hutang harus dilunasi tepat sesuai dengan perjanjian. Menurut Dunn,784 kalimat ini disusun dengan sengaja supaya dua arti tersebut muncul.

...tetapi hendaklah kamu saling mengasihi.

Masalah pinjam-meminjam kurang jelas dalam nats ini, tetapi satu hal sungguh jelas, yaitu bahwa kita yang dosanya ditebus oleh Yesus Kristus berhutang besar kepada Dia, dan dengan mengasihi maka kita mulai melunasi hutang tersebut yang sebenarnya bersifat kekal.785 Kasih merupakan kewajiban atau hutang yang tidak dapat dilunasi, karena selalu ada kesempatan-kesempatan baru untuk mengasihi orang lain.

Dalam pasal 8:12 Paulus berkata, "kita adalah orang berhutang, bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging," tetapi dalam pasal itu dia tidak menjelaskan kepada siapakah hutang kita. Hal ini dilengkapi dalam pasal 13:8 di mana kita mengerti bahwa kita berhutang kepada Tuhan, dan kepada sesama kita.

Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.786

Jika pada suatu saat kita mengasihi orang, maka pada saat itu kita memenuhi perintah hukum Taurat yang berkaitan dengan situasi itu.

Hagelberg: Rm 12:1--13:14 - -- 1. Penyesuaian pada Aiwn/Aion Baru 12:1-13:14 Sebagai warga Aiwn/Aion Baru, dengan iman kita mengerti tempat diri kita dalam Tubuh Kristus dan di ba...

1. Penyesuaian pada Aiwn/Aion Baru 12:1-13:14

Sebagai warga Aiwn/Aion Baru, dengan iman kita mengerti tempat diri kita dalam Tubuh Kristus dan di bawah pemerintah kita, di mana kita selalu mengutamakan orang lain lebih dari diri kita sendiri.

Dalam pasal 6:4 Paulus berkata, "Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia... supaya, sama seperti Kristus dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita hidup dalam pembaharuan hidup." Hal yang sama dikatakan dalam pasal 6:11-12, di mana dia berkata, "...kamu mati terhadap dosa, tetapi hidup terhadap Allah dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana sehingga kamu mentaatinya dalam keinginan-keinginannya." Dengan kata lain, Paulus mau supaya kita menerapkan suatu perubahan yang sangat mendasar yang telah terjadi pada kita. Dulu kita berada dalam Aiwn/Aion Lama, dikuasai oleh Maut, tetapi sekarang kita sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Baru, maka, janganlah kita tetap hidup sebagai hamba Maut.

Suatu pengamatan yang sangat mudah dimengerti, tetapi juga yang jarang diperhatikan, adalah bahwa bagian ini terdiri dari perintah-perintah yang dimaksudkan untuk ditaati. Walaupun demikian, orang yang dibenarkan oleh iman tidak menjadi orang yang taat secara otomatis. Ada teologia yang berkata bahwa setiap orang percaya, setiap orang yang dibenarkan karena iman pada Kristus, pasti hidup secara rohani. Kami tidak setuju. Memang ada suatu kepastian, yaitu bahwa mereka akan masuk Kerajaan Sorga, karena mereka sudah dibenarkan. Tetapi tidak ada kepastian bahwa setiap kita akan menyesuaikan hidup kita pada Aiwn/Aion Baru, seperti apa yang diperintahkan dalam bagian ini. Baik orang percaya yang taat, maupun orang percaya yang tidak taat, akan masuk Kerajaan Sorga sebagai orang yang tidak layak, tidak layak tetapi dibenarkan karena kemurahan Allah. Maka kita perlu mengingat bahwa ketaatan yang diharapkan dari kita tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi harus dijalankan dengan pertolongan dari Roh Allah, meskipun disertai pergumulan.

Hagelberg: Rm 12:1--15:13 - -- D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13 Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-lang...

D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13

Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-langkah kehendak Allah diuraikan secara khusus.

Dalam pasal 11:32 kita membaca bahwa tujuan Allah adalah "supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua". Maka "kemurahan" tersebut menjadi batu loncatan bagi Paulus supaya dia dapat menguraikan bagaimana orang percaya dapat melaksanakan kehendak Allah. Dalam pasal 6-8 prinsip-prinsip kehidupan yang sesuai dengan Aiwn/Aion Baru dan kehadiran Roh Allah diuraikan. Dalam bagian ini prinsip-prinsip tersebut diterapkan secara khusus dalam hidup kita. Jadi, bagian ini menguraikan secara nyata arti dari karya Roh Allah yang baru dikemukakan dalam pasal 8.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 13:7-10 - Keadilan dan Kasih Keadilan dan Kasih (Roma 13:7-10) ...

SH: Rm 13:8-14 - Kasih dan hukum Taurat. (Rabu, 29 Juli 1998) Kasih dan hukum Taurat. Kasih dan hukum Taurat. Keduanya berkait erat. Kasih adalah sifat Allah, dan h...

SH: Rm 13:8-14 - Kasih dan kekudusan (Senin, 28 Agustus 2006) Kasih dan kekudusan Judul: Kasih dan kekudusan Dalam tindakan disiplin, selalu ada maksud baik. H...

SH: Rm 13:8-14 - Etika kasih dan hukum (Jumat, 23 April 2010) Etika kasih dan hukum Judul: Etika kasih dan hukum Menurut Anda mana yang benar: kasih dan hukum adala...

SH: Rm 13:8-14 - Jangan bebal! Jangan keraskan hati! (Sabtu, 6 April 2013) Jangan bebal! Jangan keraskan hati! Judul: Hidup baru, realitas baru Hutang adalah kewajiban yang haru...

SH: Rm 13:8-14 - Kasih adalah Kegenapan Hukum Taurat (Rabu, 16 November 2016) Kasih adalah Kegenapan Hukum Taurat Dalam bacaan hari ini, Paulus jelas menegaskan bahwa kasih adalah kegenapan h...

SH: Rm 13:8-14 - Panggilan Hidup dalam Kasih (Sabtu, 16 Juli 2022) Panggilan Hidup dalam Kasih Sebuah perubahan kehidupan dimulai dari perubahan cara pandang. Ketika kita hidup bar...

Utley: Rm 13:8-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 13:8-10...

Topik Teologia: Rm 13:8 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama ...

TFTWMS: Rm 13:8-10 - Sikap Terhadap Sesama Manusia SIKAP TERHADAP SESAMA MANUSIA (Roma 13:8-10) 8 Janganlah kamu berhu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Peringatan Tentang Keuangan (Roma 13:8) "Janganlah kamu berhutang apa-a...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 13 KEHIDUPAN ORANG KRISTEN (BAGIAN 2) Dal...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Bagaimana Hidup Dalam Dunia Yang Memusuhi (Roma 13) Coy R...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 2 Beberapa penulis mendebat bahwa Paulus tidak menulis ...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA