kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 1:15-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku." 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yohanes | Yohanes, Injil | Wahyu | Kasih Karunia | Musa | Kristus, Allah | Urim dan Tumim | Sungai | Benar Kebenaran | Bapa | Allah | Gambaran, Teladan Kristus | Hukum, Hukum Musa | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 1:17 - KASIH KARUNIA DAN KEBENARAN. Nas : Yoh 1:17 Bagi mereka yang berada di bawah hukum PL terdapat sekedar kasih karunia yang tampak dalam iman beberapa orang (Kej 5:24; 7:1; 15:6)...

Nas : Yoh 1:17

Bagi mereka yang berada di bawah hukum PL terdapat sekedar kasih karunia yang tampak dalam iman beberapa orang (Kej 5:24; 7:1; 15:6) dan di dalam janji pengampunan dosa (Kel 34:6-7; Im 5:17-18). Kini melalui Kristus, kasih karunia dan kebenaran tersedia dalam arti kata seluas-luasnya (Rom 5:17-21). Kebenaran kini tidak lagi terselubung oleh lambang-lambang (seperti dalam korban-korban). "Kasih karunia demi kasih karunia" (ayat Yoh 1:16) berarti bahwa pemberian kasih karunia dan kuasa secara terus-menerus disalurkan kepada orang percaya yang menanggapi kasih karunia yang diberikan kepada mereka. Kasih karunia merupakan kuasa, kehadiran, dan berkat Allah yang dialami oleh mereka yang menerima Kristus

(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Keselamatan tidak disebabkan oleh usaha kita untuk menaati hukum Taurat, tetapi oleh Roh Kudus dan kasih karunia Kristus yang datang ke dalam kehidupan kita untuk memperbaharui roh kita serta menciptakan kita kembali menurut gambar Kristus.

Jerusalem: Yoh 1:16 - kasih-karunia demi kasih-karunia Artinya: atau kasih-karunia yang bersesuaian dengan kasih-karunia (yang ada dalam Anak Tunggal), atau: kasih-karunia (ialah kasih-karunia perjanjian b...

Artinya: atau kasih-karunia yang bersesuaian dengan kasih-karunia (yang ada dalam Anak Tunggal), atau: kasih-karunia (ialah kasih-karunia perjanjian baru) yang mengganti kasih-karunia (ialah kasih-karunia perjanjian lama). Jadi boleh diterjemahkan juga: kasih-karunia akan diganti kasih-karunia.

Jerusalem: Yoh 1:18 - Anak Tunggal Allah Var: satu-satuNya yang diperanakkan Allah. Yesus adalah Anak Tunggal Allah, Yoh 1:14,18; 3:16-18, yang dikasihi Bapa, Yoh 15:9; 17:23; antara Bapa dan...

Var: satu-satuNya yang diperanakkan Allah. Yesus adalah Anak Tunggal Allah, Yoh 1:14,18; 3:16-18, yang dikasihi Bapa, Yoh 15:9; 17:23; antara Bapa dan Anak ada hubungan timbal balik yang sempurna, Yoh 10:30-38+; Yoh 14:10-1; 17:21, dalam pengetahuan dan kasih, Yoh 5:20,30; 10:15; 14:31; bdk Mat 11:27 dsj.

Ende: Yoh 1:1-18 - -- Kata pembukaan bertjorak madah ini mengandung atjara pokok, inti-sari dan suasana seluruh karangan Indjil ini.

Kata pembukaan bertjorak madah ini mengandung atjara pokok, inti-sari dan suasana seluruh karangan Indjil ini.

Ende: Yoh 1:15 - -- Ajat ini landjutan dari Yoh 1:6-8.

Ajat ini landjutan dari Yoh 1:6-8.

Ende: Yoh 1:15 - Jang datang dibelakangku Dapat diartikan: jang muntjul kemudian dari Aku. Tetapi djuga: jang berlaku seolah-olah Ia muridku. Arti ini lebih njata lagi dalam Yoh 1:27. Itu bara...

Dapat diartikan: jang muntjul kemudian dari Aku. Tetapi djuga: jang berlaku seolah-olah Ia muridku. Arti ini lebih njata lagi dalam Yoh 1:27. Itu barangkali sebab Jesus mau dipermandikan oleh Joanes dan menghormatinja setjara istimewa. Maklumlah dewasa itu murid-murid berdjalan dibelakang gurunja, sebagai tanda penghormatan.

Ende: Yoh 1:16 - -- Ajat ini landjutan dari Yoh 1:14.

Ajat ini landjutan dari Yoh 1:14.

Ende: Yoh 1:16 - KepenuhanNja Maksud istilah ini lebih terang, kalau dibandingkan dengan pengertian jang terdapat dalam Kol 2:9-10; Efe 3:19 dan Efe 4:13.

Maksud istilah ini lebih terang, kalau dibandingkan dengan pengertian jang terdapat dalam Kol 2:9-10; Efe 3:19 dan Efe 4:13.

Ende: Yoh 1:18 - Putera-tunggal, Iapun Allah Dapat diterdjemahkan pula: "jang sendiri Allah".

Dapat diterdjemahkan pula: "jang sendiri Allah".

Ref. Silang FULL: Yoh 1:15 - memberi kesaksian // sebelum aku · memberi kesaksian: Yoh 1:7 · sebelum aku: Yoh 1:30; Mat 3:11

· memberi kesaksian: Yoh 1:7

· sebelum aku: Yoh 1:30; Mat 3:11

Ref. Silang FULL: Yoh 1:16 - dari kepenuhan-Nya // kasih karunia · dari kepenuhan-Nya: Ef 1:23; Kol 1:19; 2:9 · kasih karunia: Rom 3:24; Rom 3:24

· dari kepenuhan-Nya: Ef 1:23; Kol 1:19; 2:9

· kasih karunia: Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]

Ref. Silang FULL: Yoh 1:17 - oleh Musa // Yesus Kristus · oleh Musa: Ul 32:46; Yoh 7:19 · Yesus Kristus: Yoh 1:14

· oleh Musa: Ul 32:46; Yoh 7:19

· Yesus Kristus: Yoh 1:14

Ref. Silang FULL: Yoh 1:18 - melihat Allah // Anak Tunggal · melihat Allah: Kel 33:20; Yoh 6:46; Kol 1:15; 1Tim 6:16; 1Yoh 4:12 · Anak Tunggal: Yoh 3:16,18; 1Yoh 4:9

· melihat Allah: Kel 33:20; Yoh 6:46; Kol 1:15; 1Tim 6:16; 1Yoh 4:12

· Anak Tunggal: Yoh 3:16,18; 1Yoh 4:9

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 1:15 - -- 1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru,107 katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang...

1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru,107 katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."108

Bagian kecil ini, yaitu pasal 1:15-18, berfungsi untuk menutup Pendahuluan. Dalam empat ayat ini keunikan Kristus ditekankan.

Menurut budaya Yahudi pada zaman itu, siapa yang mendahului orang lain dianggap lebih penting. Misalnya, Abraham lebih penting daripada Isak. Tetapi Yohanes Pembaptis memberi kesaksian bahwa prinsip itu tidak berlaku dalam hal ini, karena Yesus Kristus telah ada sebelum dia. Bandingkan Yohanes pasal 8:58.

Hagelberg: Yoh 1:1-18 - -- I. KATA PENGANTAR (1:1-18) 1:1-5 Pendahuluan Kelima ayat ini begitu singkat dan padat, sehingga sungguh membangkitkan rasa keingintahuan kita, "Bag...

I. KATA PENGANTAR (1:1-18)

1:1-5 Pendahuluan

Kelima ayat ini begitu singkat dan padat, sehingga sungguh membangkitkan rasa keingintahuan kita, "Bagaimana mungkin terjadi bahwa 'Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah'?" Tema-tema yang sangat besar dimasukkan dalam "ruangan" yang begitu sempit, yaitu lima ayat, 61 kata Yunani, 61 kata yang singkat dan biasa. Tema-tema yang dikemukakan antara lain persekutuan antara Firman dan Allah Bapa, keilahian Firman, hidup dan terang yangdibawa kepada manudia oleh Firman itu, penjelmaan, dan perlawanan. Tema-tema yang diceritakan dengan kata yang biasa, sehingga semula kita merasa bahwa segala yang dia katakan mudah dimengerti. Namun, jika direnungkan kita mulai menyadari bahwa dia menulis kebenaran yang amat dalam dan sulit dipahami.

Kedelapan belas ayat yang pertama dalam Injil Yohanes mengemukakan tema-tema yang pokok dan istilah-istilah yang khas, yang dikembangkan lebih lanjut dalam pasal 1:19-21:25.33 Dengan demikian, para pembaca bagian ini, yang rindu untuk memperoleh kasih karunia dan terang melalui Dia yang menjelma menjadi manusia menjadi tertarik untuk membaca seluruh Injil Yohanes.

Dari segi bentuk bagian ini, Culpepper34 mengamati beberapa ayat yang begitu sejajar, sehingga bentuk "baji" muncul, di mana pasal 1:12b menjadi matanya. Menurut dia, pasal 1:1-2 sejajar dengan 1:18, 1:3 sejajar dengan 1:17, 1:4-5 sejajar dengan 1:16, 1:6-8 sejajar dengan 1:15, 1:9-10 sejajar dengan 1:14, 1:11 sejajar dengan 1:13, 1:12a sejajar dengan 1:12c.

Pengamatannya digambarkan di bawah ini:

1:1-2

1:18

Ternyata bentuk "baji"35 ini tidak jarang dalam Firman Allah, dan tidak asing bagi para pembaca pertama. Struktur ini menekankan ayat yang menjadi matanya atau engselnya. Dalam kasus ini pasal 12:b menjadi engselnya. Struktur ini menekankan kepentingan "diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah". Penekanan ini sesuai dengan tujuan Injil Yohanes, yaitu penginjilan.

Hagelberg: Yoh 1:15 - -- 1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru,107 katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang...

1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru,107 katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."108

Bagian kecil ini, yaitu pasal 1:15-18, berfungsi untuk menutup Pendahuluan. Dalam empat ayat ini keunikan Kristus ditekankan.

Menurut budaya Yahudi pada zaman itu, siapa yang mendahului orang lain dianggap lebih penting. Misalnya, Abraham lebih penting daripada Isak. Tetapi Yohanes Pembaptis memberi kesaksian bahwa prinsip itu tidak berlaku dalam hal ini, karena Yesus Kristus telah ada sebelum dia. Bandingkan Yohanes pasal 8:58.

Hagelberg: Yoh 1:16 - -- 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kami semua telah menerima kasih karunia ganti109 kasih karunia; Ayat ini mengembangkan apa yang dikemukakan dalam ayat ...

1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kami semua telah menerima kasih karunia ganti109 kasih karunia;

Ayat ini mengembangkan apa yang dikemukakan dalam ayat 14, yaitu bahwa "kemuliaan-Nya... penuh kasih karunia dan kebenaran." Dari kepenuhan-Nya tersebut kita semua telah menerima.

Bagi kita ada kasih karunia ganti kasih karunia,110 atau dengan kata lain, setelah kita menikmati satu berkat kasih karunia, kita memperoleh berkat kasih karunia yang baru, dan seterusnya. Hukum Taurat adalah statis, sedangkan kehidupan dalam kasih karunia Tuhan Yesus adalah kehidupan yang dinamik, di mana setiap hari dapat mengandung pertualangan baru.111

Hagelberg: Yoh 1:16 - -- 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kami semua telah menerima kasih karunia ganti109 kasih karunia; Ayat ini mengembangkan apa yang dikemukakan dalam ayat ...

1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kami semua telah menerima kasih karunia ganti109 kasih karunia;

Ayat ini mengembangkan apa yang dikemukakan dalam ayat 14, yaitu bahwa "kemuliaan-Nya... penuh kasih karunia dan kebenaran." Dari kepenuhan-Nya tersebut kita semua telah menerima.

Bagi kita ada kasih karunia ganti kasih karunia,110 atau dengan kata lain, setelah kita menikmati satu berkat kasih karunia, kita memperoleh berkat kasih karunia yang baru, dan seterusnya. Hukum Taurat adalah statis, sedangkan kehidupan dalam kasih karunia Tuhan Yesus adalah kehidupan yang dinamik, di mana setiap hari dapat mengandung pertualangan baru.111

Hagelberg: Yoh 1:17 - -- 1:17 sebab hukum Taurat diberikan melalui112 Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran jadi113 melalui Yesus Kristus. Ayat ini merupakan penjelasan dar...

1:17 sebab hukum Taurat diberikan melalui112 Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran jadi113 melalui Yesus Kristus.

Ayat ini merupakan penjelasan dari ayat yang sebelumya. Bagaimanakah Tuhan Allah melangkah sehingga kita menerima kasih karunia yang begitu berkelimpahan? Jawabannya adalah bahwa walaupun dulu ada hukum Taurat, tetapi sekarang berkat Yesus Kristus kita memperoleh kasih karunia dan kebenaran.

Kontras ini, antara apa yang disediakan bagi umat Allah melalui Musa, dan apa yang ada di dalam Yesus Kristus, sudah diungkapkan secara tersirat dalam pasal 1:13, tetapi kontras yang sama, antara "orde lama" dan "orde baru" akan dikembangkan dalam nas yang berikut:

Hagelberg: Yoh 1:17 - -- 1:17 sebab hukum Taurat diberikan melalui112 Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran jadi113 melalui Yesus Kristus. Ayat ini merupakan penjelasan dar...

1:17 sebab hukum Taurat diberikan melalui112 Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran jadi113 melalui Yesus Kristus.

Ayat ini merupakan penjelasan dari ayat yang sebelumya. Bagaimanakah Tuhan Allah melangkah sehingga kita menerima kasih karunia yang begitu berkelimpahan? Jawabannya adalah bahwa walaupun dulu ada hukum Taurat, tetapi sekarang berkat Yesus Kristus kita memperoleh kasih karunia dan kebenaran.

Kontras ini, antara apa yang disediakan bagi umat Allah melalui Musa, dan apa yang ada di dalam Yesus Kristus, sudah diungkapkan secara tersirat dalam pasal 1:13, tetapi kontras yang sama, antara "orde lama" dan "orde baru" akan dikembangkan dalam nas yang berikut:

Hagelberg: Yoh 1:18 - -- 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah,115 yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.116 Pernyataan ba...

1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah,115 yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.116

Pernyataan bahwa tidak seorangpun yang pernah melihat Allah sesuai dengan ajaran Firman Tuhan, misalnya Keluaran 33:20-23, yang berkata, "Lagi firman-Nya: 'Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.... Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu; apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat. Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan.'" Demikian juga Yohanes 5:37 dan 6:46.

Tetapi dalam Keluaran 24:9-11 dikatakan, "...Musa dengan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel... melihat Allah Israel; kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam dan yang terangnya seperti langit yang cerah. Tetapi kepada pemuka-pemuka orang Israel itu tidaklah diulurkan-Nya tangan-Nya; mereka memandang Allah, lalu makan dan minum." Demikian juga Yesaya pernah melihat Allah (dalam pasal 6).

Morris117 menjelaskan bahwa tidak ada kontradiksi dalam hal melihat Allah dalam ajaran Alkitab, karena sebelum Anak Allah menjelma menjadi manusia, setiap kali orang dikatakan melihat Allah, mereka seperti Musa (dalam Keluaran 33:20-23), visi mereka tidak lengkap, dan tidak menyatakan kepenuhan Allah. Tetapi sekarang, seluruh kepenuhan Allah telah dinyatakan dlm Yesus Kristus, seperti apa yang dikatakan dalam Yohanes 6:46; 1 Yohanes 4:12; dan 20. Paham ini sesuai dengan Surat Ibrani 1:1-2 yang berkata, "Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya..." dan Kolose 1:15, yang berkata, " Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan...."

Dalam pasal 1:1 dikatakan bahwa "Firman itu bersama-sama dengan Allah". Persekutan yang akrab antara Allah Bapa dan Firman itu dikemukakan lagi dalam kalimat yang terakhir dalam Pendahuluan ini, di mana dikatakan bahwa yang Tunggal... ada di pangkuan Bapa.118 Antara lain, persekutuan yang akrab itu berarti bahwa penyataan Allah yang ada dalam Yesus Kristus, yang diyatakan dalam sisa Injil Yohanes, dapat dipercayai.

Sesuai dengan susunan garis besar, seluruh Injil Yohanes pasal 1:19-21:25 merupakan uraian dari penyataan yang disebutkan dalam ayat ini, yaitu bahwa Anak Tunggal... menyatakan Allah Bapa. Sepanjang Injil Yohanes satu tema, yaitu penyataan Allah dalam Yesus Kristus, menyatukan segala tema yang dibahas, dan hal ini sesuai dengan tujuan Rasul Yohanes, yang mau supaya orang-orang Yahudi yang belum mengenal Dia "percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah", sehingga oleh iman mereka "memperoleh hidup dalam nama-Nya".

Hagelberg: Yoh 1:18 - -- 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah,115 yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.116 Pernyataan ba...

1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah,115 yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.116

Pernyataan bahwa tidak seorangpun yang pernah melihat Allah sesuai dengan ajaran Firman Tuhan, misalnya Keluaran 33:20-23, yang berkata, "Lagi firman-Nya: 'Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.... Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu; apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat. Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan.'" Demikian juga Yohanes 5:37 dan 6:46.

Tetapi dalam Keluaran 24:9-11 dikatakan, "...Musa dengan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel... melihat Allah Israel; kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam dan yang terangnya seperti langit yang cerah. Tetapi kepada pemuka-pemuka orang Israel itu tidaklah diulurkan-Nya tangan-Nya; mereka memandang Allah, lalu makan dan minum." Demikian juga Yesaya pernah melihat Allah (dalam pasal 6).

Morris117 menjelaskan bahwa tidak ada kontradiksi dalam hal melihat Allah dalam ajaran Alkitab, karena sebelum Anak Allah menjelma menjadi manusia, setiap kali orang dikatakan melihat Allah, mereka seperti Musa (dalam Keluaran 33:20-23), visi mereka tidak lengkap, dan tidak menyatakan kepenuhan Allah. Tetapi sekarang, seluruh kepenuhan Allah telah dinyatakan dlm Yesus Kristus, seperti apa yang dikatakan dalam Yohanes 6:46; 1 Yohanes 4:12; dan 20. Paham ini sesuai dengan Surat Ibrani 1:1-2 yang berkata, "Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya..." dan Kolose 1:15, yang berkata, " Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan...."

Dalam pasal 1:1 dikatakan bahwa "Firman itu bersama-sama dengan Allah". Persekutan yang akrab antara Allah Bapa dan Firman itu dikemukakan lagi dalam kalimat yang terakhir dalam Pendahuluan ini, di mana dikatakan bahwa yang Tunggal... ada di pangkuan Bapa.118 Antara lain, persekutuan yang akrab itu berarti bahwa penyataan Allah yang ada dalam Yesus Kristus, yang diyatakan dalam sisa Injil Yohanes, dapat dipercayai.

Sesuai dengan susunan garis besar, seluruh Injil Yohanes pasal 1:19-21:25 merupakan uraian dari penyataan yang disebutkan dalam ayat ini, yaitu bahwa Anak Tunggal... menyatakan Allah Bapa. Sepanjang Injil Yohanes satu tema, yaitu penyataan Allah dalam Yesus Kristus, menyatukan segala tema yang dibahas, dan hal ini sesuai dengan tujuan Rasul Yohanes, yang mau supaya orang-orang Yahudi yang belum mengenal Dia "percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah", sehingga oleh iman mereka "memperoleh hidup dalam nama-Nya".

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 1:15-18 - Kesaksian Yohanes tentang Kristus Kesaksian Yohanes tentang Kristus (1:15-18) Dal...

SH: Yoh 1:14-18 - Rahasia iman. (Sabtu, 26 Desember 1998) Rahasia iman. Rahasia iman. "Firman" sebagai gelar penjelmaan-Nya dalam diri manusia; sempurna tanpa d...

SH: Yoh 1:14-18 - Berita Natal (Selasa, 25 Desember 2001) Berita Natal Berita Natal. Rasul Yohanes telah menegaskan bahwa Yesus adalah Allah. Dalam ayat ...

SH: Yoh 1:14-18 - Makna Natal (Rabu, 25 Desember 2013) Makna Natal Judul: Makna Natal Bagi sebagian orang, makna Hari Natal adalah hari libur menjelang akhir...

SH: Yoh 1:14-18 - Allah Dinyatakan dalam Yesus (Senin, 25 Desember 2017) Allah Dinyatakan dalam Yesus Rasul Yohanes memperkenalkan Yesus kepada para pembaca dengan cara yang menarik. Mul...

SH: Yoh 1:10-13 - Pemilik yang Tidak Dikenali (Sabtu, 23 Desember 2017) Pemilik yang Tidak Dikenali Dalam bagian ini, Rasul Yohanes dengan tegas menyatakan bahwa Yesus adalah Pemilik du...

SH: Yoh 1:10-18 - Kristus memberi hidup (Senin, 26 Desember 2005) Kristus memberi hidup Judul: Kristus memberi hidup Siapa yang berhak menyelamatkan manusia berdosa...

SH: Yoh 1:1-18 - Miliki Pengenalan yang Berkualitas (Rabu, 25 Desember 2019) Miliki Pengenalan yang Berkualitas Saksi mata adalah mereka yang menyaksikan sendiri sebuah peristiwa. Jika saksi...

Utley: Yoh 1:14-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 1:14-18...

Topik Teologia: Yoh 1:15 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Memiliki Sifat-sifat Allah ...

Topik Teologia: Yoh 1:16 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

Topik Teologia: Yoh 1:17 - -- Yesus Kristus Yunus Yoh 1:17 ...

Topik Teologia: Yoh 1:18 - -- Allah yang Berpribadi Allah Tidak Terpahami Ayu 9:10-11 ...

TFTWMS: Yoh 1:14-18 - Firman Itu Telah Menjadi Manusia "FIRMAN ITU TELAH MENJADI MANUSIA" (Yohanes 1:14-18) Oxym...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 1:14-18) Kita masuk ke dalam Injil Yohanes kare...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Michael P. Green, Illustrations for Biblical Preaching (Grand Rapids, Mich.: Baker Book House,...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KATA PENGANTAR INJIL YOHANES Donald Guthrie, dalam bukunya New Testament Introduction mempersembahkan hampir seratu...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) YOHANES: PERJALANAN IMAN "KAMI SENDIRI TELAH MENDENGAR" Stephen Covey, dalam bukunya yang berjudul ...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA