kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 2:8 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kepada jemaat di Smirna
2:8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Smirna a city Located on the west coast of Asia Minor, it is now called Izmir.


Topik/Tema Kamus: Smirna | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Gereja, Jemaat | Asia | Wahyu | Uskup | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Why 2:1--3:22 - -- Bab 2-3 Ketujuh surat yang tercantum di sini tersusun secara sama. Dijelaskan dahulu bagaimana keadaan jemaat (Aku tahu), lalu menyusul janji atau anc...

Bab 2-3 Ketujuh surat yang tercantum di sini tersusun secara sama. Dijelaskan dahulu bagaimana keadaan jemaat (Aku tahu), lalu menyusul janji atau ancaman, yang melayangkan pandangan ke akhir zaman. Ajaran yang termaktub dalam surat-surat ini sangat padat, khususnya ajaran mengenai Yesus Kristus. Surat-surat itu juga memberi informasi tentang hidup Kristen di kawasan Asia-Kecil sekitar th 90.

Ende: Why 2:8 - Smyrna Suatu bandar pula, djauhnja kira-kira 50 km sebelah utara dari Efesus.

Suatu bandar pula, djauhnja kira-kira 50 km sebelah utara dari Efesus.

Ref. Silang FULL: Why 2:8 - di Smirna // Yang Akhir // hidup kembali · di Smirna: Wahy 1:11 · Yang Akhir: Wahy 1:17; Wahy 1:17 · hidup kembali: Wahy 1:18

· di Smirna: Wahy 1:11

· Yang Akhir: Wahy 1:17; [Lihat FULL. Wahy 1:17]

· hidup kembali: Wahy 1:18

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 2:8 - -- 2:8 Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna... Kota Smirna, seperti Efesus, kuat dalam perdagangan, dengan sarana transportasi yang memungkin...

2:8 Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna...

Kota Smirna, seperti Efesus, kuat dalam perdagangan, dengan sarana transportasi yang memungkinkan. Pelabuhan Smirna sangat baik untuk kapal barang, dan pada waktu perang pelabuhan ini juga sangat baik untuk dimanfaatkan karena mulutnya cukup sempit, sehingga dapat "ditutup" dengan senjata untuk melawan kapal perang musuh.

Smirna terkenal sangat makmur dan indah. Jalan-jalan di Kota Smirna yang lurus dan lebar, yang dihiasi dengan pohon, menjadi kebanggaan penghuninya. Teater mereka adalah teater yang paling besar di seluruh Propinsi Asia.158 Mereka menganggap kota mereka paling indah di Propinsi Asia, dan mereka menganggap bahwa penyembahan terhadap Kaisar paling kuat di kota mereka. Menurut mereka, Homer, pengarang Yunani paling terkenal, dilahirkan di sana. Di Jalan Keemasan ada Kuil Sibele, Kuil Apolos, Kuil Asklepios, Kuil Afrodit, dan juga Kuil Zeus.

Pada tahun 195 SM Kota Smirna mengalahkan lima kota yang lain dalam meraih izin untuk menjadi kota yang pertama yang mendirikan kuil bagi Dea Roma, (Dewi Roma). Pada tahun 26 M Smirna berhasil memperjuangkan hak untuk mendirikan sebuah kuil untuk Kaisar Tiberius. Orang percaya di Smirna akan melihat kemewahan agama Yunani dan agama Roma di mana-mana di kota mereka.

Bukan adanya kuil untuk dewa-dewi tersebut yang membahayakan iman jemaat di sana, tetapi kewajiban penyembahan terhadap Kaisar yang menjadi ancaman bagi iman mereka. Mereka sangat bersemangat untuk menyembah kaisar di Smirna. Kekaisaran Romawi sangat luas sekali, dan terdiri dari bermacam suku dan bahasa. Di antara sekian banyak suku dan kelompok, pasti ada kelompok-kelompok tertentu yang lebih mengutamakan kepentingan suku sendiri, dan siap bertindak supaya mereka bebas dari kekuasaan Roma. Masalah ini bagi pemerintah Roma merupakan masalah yang serius, karena penduduk Kekaisaran Romawi terdiri dari suku-suku yang bermacam-macam, dengan bahasa daerah yang berbeda-beda, dan masing-masing suku menyembah dewa-dewanya sendiri.

Tetapi kita jangan menganggap bahwa semua propinsi tidak senang dikuasai Roma. Sebenarnya cukup banyak raja yang menyerahkan kerajaannya kepada Roma, karena menjadi propinsi Roma membawa cukup banyak keuntungan. Dalam Pax Romana, yaitu Zaman Kedamaian Roma, hampir tidak ada perang lagi, sehingga ekonomi bisa berkembang dengan baik. Perompak dan perampok banyak yang berhasil ditangkap. Jalan-jalan yang dibuat Roma sangat terkenal hingga ada jalan Romawi yang masih dipakai sampai masa kini. Sifat kepemimpinan yang sewenang-wenang diganti dengan sistem hukum Roma yang sangat adil dan konsekuen. Meskipun ada keuntungan seperti ini, tetapi Roma merasa harus berjaga-jaga karena selalu ada sikap kesukuan yang sewaktu-waktu dapat menjadi kesempatan untuk gerakan separatisme.

Jalan keluar untuk mengatasi masalah ini seolah-olah muncul dengan sendirinya, karena sejak awal ada orang yang menyembah Dea Roma (Dewi Roma) secara spontan, karena mereka senang ada di bawah kekuasaan Roma. Konsep Dea Roma agak kabur, tetapi melalui identitas Kaisar, Dea Roma sudah menjadi jelas, dan bisa dimengerti oleh setiap orang. Akhirnya, pada zaman Domitianus, penyembahan yang dimulai dengan spontan tersebut menjadi wajib, dan setiap orang yang sekali setahun tidak mau membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan" dianggap sebagai pengacau.

Sekali setahun setiap warga Kekaisaran Romawi harus membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan." Setelah dia menyembah Kaisar dengan cara itu, akan diberi suatu sertifikat. Barclay159 mengutip suatu permohonan untuk mendapatkan sertifikat tersebut sebagai berikut:

Kepada mereka yang ditugaskan untuk mengawasi pengorbanan, dari Inares Akeus, dari Desa Theoxenis, bersama anaknya Aias dan Hera, yang tinggal di Desa Theadelfia. Kami selalu memberi korban kepada dewa-dewa, dan sekarang, di hadapan engkau, menurut peraturan-peraturan, kami telah memberi korban-korban, dan telah mengecap apa yang kudus, dan kami mohon supaya engkau memberi kami sertifikat yang menyatakan bahwa kami telah melakukan-nya. Harap semua baik bagi engkau.

Barclay juga mengutip perkataan dari sertifikat yang dimaksud, demikian:

"Kami, wakil dari Kaisar, Serenos dan Hermas, telah menyaksikan kamu memberi korban. (Tertanggal....)."

Pemerintah Roma tidak mewajibkan menyembah Kaisar untuk menguji kerohanian warganya, tetapi untuk menguji kesetiaan warganya kepada Roma. Arti dari penyembahan Kaisar bersifat politis, dan bukan rohani. Malah, setelah membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan," setiap orang bebas menyembah dewa yang mana pun, sesuai dengan kebiasaan. Tetapi jemaat di Smirna tidak mau memakai nama "Tuhan" untuk orang lain, selain untuk Tuhan Yesus Kristus. Dengan sikap itu, mereka mengundang tindakan yang sangat keras dari Kekaisaran Romawi.

Dalam kisah pembunuhan Polikarpus, yaitu seorang uskup dari Smirna dan bekas murid Rasul Yohanes sendiri, semua yang dikatakan di atas terwujud. Polikarpus menjadi orang percaya kedua belas yang mati syahid di Smirna atau Filadelfia.160 Kira-kira enam puluh tahun setelah Kitab Wahyu ditulis, pada suatu hari raya di Smirna, orang banyak pergi untuk mengambil Polikarpus, dan menuntut dia menyembah Kaisar. Dia diberi suatu pilihan: membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan," atau dia dibakar hidup-hidup. Dia memberi suatu jawaban yang masih bergema sampai saat ini dalam hati orang yang mengasihi Yesus. Dia menjawab, "Sudah delapan puluh enam tahun aku melayani Kristus, dan Dia tidak pernah bersalah terhadap aku. Bagaimana mungkin aku memfitnah Rajaku yang telah menyelamatkan aku?" Saat lidah-lidah api mulai menjilat tubuhnya, dia berdoa, "Aku bersyukur bahwa Engkau dengan kasih karunia menganggap aku layak menerima seperti yang terjadi pada pagi hari ini dan jam ini, sehingga aku boleh dihisapkan ke dalam golongan orang yang mati syahid, dalam cawan Kristus-Mu."161

Dua surat berikut ditulis pada tahun 112 M. Surat yang pertama ditulis kepada Kaisar Trajan oleh Pliny, Gubernur Propinsi Bithynia, yang terletak di sebelah utara Propinsi Asia.162

Sudah menjadi pedomanku, Tuhan,163 bahwa aku menyerahkan segala sesuatu yang masih membingungkanku kepadamu, karena dari mana aku dapat menerima pengarahan yang lebih mantap untuk keraguanku, ataupun pendidikan untuk kekurangan dalam pengertianku?

Aku tidak pernah ikut hadir dalam interogasi orang Kristen, maka aku sendiri tidak tahu sampai sejauh mana interogasi seperti itu harus diteruskan, atau hukuman yang semacam apa yang layak. Aku juga ragu-ragu apakah usia perlu dipertimbangkan, atau apakah yang sangat muda harus ditangani sama seperti yang sudah dewasa. Juga, apakah pertobatan dan penyangkalan kekristenan memuaskan, atau si terdakwa masih merupakan pelanggar oleh karena dia pernah menjadi orang Kristen, walaupun sudah menyangkali kekristenannya, dan apakah orang layak dihukum hanya karena nama "Kristen", walaupun tidak ada tindak pidana yang dilakukan, ataukah hanya tindak pidana yang terkait dengan nama "Kristen" layak dihukum.

Sampai sekarang, aku mengurus mereka dengan cara yang berikut: aku bertanya kepada mereka yang didakwa Kristen apakah mereka orang Kristen. Mereka yang menjawab "ya", aku tanyai dua kali lagi, sambil mengancam mereka dengan hukuman maut. Jika mereka tekun dalam pengakuan mereka, maka mereka saya hukum mati. Ini aku lakukan, karena walaupun ajaran mereka masih kabur, tetapi mereka yang keras kepala harus dihukum. Warga negara Roma yang menderita di bawah khayal yang sama, aku kirim ke Roma.

Dalam pelaksanaannya, biasanya semakin banyak orang didakwa, dan kasus-kasus khusus yang berikut sudah muncul:

Surat kaleng ditempel di tembok, yang isinya menuduh sejumlah besar nama orang. Mereka yang menyangkal dakwaan bahwa mereka Kristen, aku bebaskan, karena mereka memanggil dewa-dewa kita menurut pola yang telah kuberikan kepada mereka, dan karena mereka mempersembahkan persembahan anggur dan dupa di hadapan patungmu yang kubawa ke situ untuk disembah, serta patung dewa-dewa kita. Juga aku memaksa mereka mengutuk Kristus. Katanya orang Kristen yang sejati tidak dapat dipaksa untuk melakukan hal-hal ini.

Terdakwa yang lain mengaku bahwa dulu mereka Kristen, tetapi mereka sudah lama menyangkal hal itu. Dulu mereka ikut Kristen, tetapi mereka bukan lagi Kristen, ada yang sejak tiga tahun yang lalu, ada yang yang lebih lama lagi, sampai dua puluh lima tahun yang lalu.164 Mereka yang seperti ini sudah menyembah patungmu dan patung-patung dewa-dewa, dan mengutuk Kristus. Mereka menjelaskan bahwa seluruh kekeliruan atau kesalahan mereka adalah bahwa pada hari tertentu sebelum terbit matahari mereka biasa berkumpul dan menyanyikan lagu kepada Kristus sebagai Allah mereka dan berjanji dengan sumpah tidak melakukan tindak pidana apa pun, dan tidak mencuri, memukul, berzinah, tidak mengingkari janji, dan tidak menolak membayar hutang mereka. Kemudian mereka pergi ke urusan mereka masing-masing, dan berkumpul pada waktu yang lain untuk makan bersama, tetapi makanan mereka adalah makanan biasa, yang tidak menyakiti siapa pun juga.165 Itu pun tidak mereka teruskan, sesuai dengan titahku karena aku melarang perkumpulan yang bersifat politis, sesuai dengan perintahmu. Aku menganggap wajib aku memperoleh pengakuan melalui siksaan dari dua budak putri, yang mereka sebut "diaken". Yang kuperoleh hanya takhayul yang hina dan berkelebihan.

Dengan demikian aku tidak mendengar kasus-kasus lebih lanjut supaya aku dapat meminta hikmat dari engkau. Menurutku, hal ini memerlukan hikmat yang baik, lebih-lebih mengingat besarnya jumlah terdakwa yang ada. Ternyata banyak, dari usia dan lapisan masyarakat yang mana pun, laki-laki dan perempuan, terancam dihukum baik sekarang maupun pada masa depan. Wabah takhayul sudah menular bukan saja ke kota, tetapi juga ke desa-desa dan kampung-kampung. Tetapi aku yakin bahwa penularannya dapat dihentikan dan disembuhkan. Jelaslah, bahwa kuil-kuil yang dulu sunyi sepi, sekarang secara perlahan-lahan semakin banyak pengunjungnya, hari raya yang hampir terlupa ternyata dirayakan lagi, dan daging yang sudah dipersembahkan ke dewa-dewa, yang dulu sulit dijual karena tidak ada pembeli yang berminat, ternyata laris lagi. Dari gambaran ini, Kaisar dengan mudah dapat melihat bahwa pembenahan dapat terjadi di masyarakat, jika kita memberi ruang gerak untuk perubahan.

Surat yang kedua ini merupakan tanggapan dari Kaisar Trajan kepada Gubernur Pliny:

Sekundus yang kukasihi! Kamu sudah memilih jalan yang benar terhadap kasus orang-orang yang dituduh di hadapanmu sebagai orang Kristen. Tidak ada pedoman universal untuk kasus-kasus tersebut. Janganlah mencari orang Kristen. Tetapi jika orang Kristen itu dituduh, dan jika mereka diserahkan kepadamu, maka mereka harus dihukum, jika mereka tidak mau menyangkali kekristenan, dan tidak mau menyatakan penyangkalan mereka dengan kegiatan yang tepat, misalnya penyembahan dewa-dewa kita. Jika ada yang dicuriga karena kelakuan yang dahulu, dia harus diampuni kalau dia bertobat.

Tuduhan tanpa nama tidak boleh diterima dalam pengadilan yang mana pun, karena itu dapat menjadi pola yang berbahaya, dan itu tidak sesuai dengan zaman kita.

Penganiayaan menjadi tema yang penting dalam Kitab Wahyu, misalnya dalam 2:2-3, 10, 13; 3:8-10; 6:9, 11; 7:14; pasal 12-13; dan 17:6.

Berkaitan dengan penyembahan Kaisar, maka pilihan umat Allah sangat terbatas. Boring166 mencatat pilihan mereka sebagai berikut:

1. Kalah. Seperti apa yang diceritakan oleh Pliny dalam suratnya kepada Trajan di atas, ada yang rela "bertobat", atau murtad, mundur dari kekristenan, untuk dibebaskan dari ancaman hukuman maut.

2. Berdusta. Mungkin ada juga yang pura-pura "bertobat" dari kekristenan. Mereka merasa bahwa lebih baik mereka berbohong, pura-pura menyembah patung kaisar, dan "pura-pura" mengutuk Kristus. Mungkin mereka berkata kepada diri mereka, dan kepada sanak-saudara, "Kalau kelakuan itu dosa, dosa dapat diampuni."

3. Berperang. Pilihan ini pasti mengakibatkan maut, sama seperti mereka yang melawan Roma di Yudea yang dikalahkan dan dihukum mati.

4. Mengubah Hukum. Pilihan ini, pada zaman Yohanes di dalam Kekaisaran Romawi, tidak realistis. Kekaisaran tidak mengenal sistem demokrasi.

5. Menyesuaikan diri. Pilihan ini menarik bagi banyak orang. Mungkin mereka berpikir bahwa ajaran dan tuntutan kekristenan berasal dari tempat dan zaman yang sudah jauh berbeda dengan zaman modern, dan harus disesuaikan dengan keadaan masa kini. Begitulah pola ajaran Bileam (2:14) dan Izebel (2:20).

6. Bersikap siap mengambil risiko kesetiaan, yaitu maut. Jikalau apa yang dikatakan dalam Kitab Wahyu sesungguhnya benar, maka inilah satu-satunya pilihan yang layak.

Mari kita melihat bagaimana sikap dan kesetiaan jemaat Smirna, saat kemewahan berhala dikontraskan dengan sulitnya berbakti dengan setia kepada Kristus.

Hagelberg: Why 2:8 - -- 1. Alamat surat ini: jemaat di Smirna (2:8)

1. Alamat surat ini: jemaat di Smirna (2:8)

Hagelberg: Why 2:8 - -- 2:8 Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna... Kota Smirna, seperti Efesus, kuat dalam perdagangan, dengan sarana transportasi yang memungkin...

2:8 Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna...

Kota Smirna, seperti Efesus, kuat dalam perdagangan, dengan sarana transportasi yang memungkinkan. Pelabuhan Smirna sangat baik untuk kapal barang, dan pada waktu perang pelabuhan ini juga sangat baik untuk dimanfaatkan karena mulutnya cukup sempit, sehingga dapat "ditutup" dengan senjata untuk melawan kapal perang musuh.

Smirna terkenal sangat makmur dan indah. Jalan-jalan di Kota Smirna yang lurus dan lebar, yang dihiasi dengan pohon, menjadi kebanggaan penghuninya. Teater mereka adalah teater yang paling besar di seluruh Propinsi Asia.158 Mereka menganggap kota mereka paling indah di Propinsi Asia, dan mereka menganggap bahwa penyembahan terhadap Kaisar paling kuat di kota mereka. Menurut mereka, Homer, pengarang Yunani paling terkenal, dilahirkan di sana. Di Jalan Keemasan ada Kuil Sibele, Kuil Apolos, Kuil Asklepios, Kuil Afrodit, dan juga Kuil Zeus.

Pada tahun 195 SM Kota Smirna mengalahkan lima kota yang lain dalam meraih izin untuk menjadi kota yang pertama yang mendirikan kuil bagi Dea Roma, (Dewi Roma). Pada tahun 26 M Smirna berhasil memperjuangkan hak untuk mendirikan sebuah kuil untuk Kaisar Tiberius. Orang percaya di Smirna akan melihat kemewahan agama Yunani dan agama Roma di mana-mana di kota mereka.

Bukan adanya kuil untuk dewa-dewi tersebut yang membahayakan iman jemaat di sana, tetapi kewajiban penyembahan terhadap Kaisar yang menjadi ancaman bagi iman mereka. Mereka sangat bersemangat untuk menyembah kaisar di Smirna. Kekaisaran Romawi sangat luas sekali, dan terdiri dari bermacam suku dan bahasa. Di antara sekian banyak suku dan kelompok, pasti ada kelompok-kelompok tertentu yang lebih mengutamakan kepentingan suku sendiri, dan siap bertindak supaya mereka bebas dari kekuasaan Roma. Masalah ini bagi pemerintah Roma merupakan masalah yang serius, karena penduduk Kekaisaran Romawi terdiri dari suku-suku yang bermacam-macam, dengan bahasa daerah yang berbeda-beda, dan masing-masing suku menyembah dewa-dewanya sendiri.

Tetapi kita jangan menganggap bahwa semua propinsi tidak senang dikuasai Roma. Sebenarnya cukup banyak raja yang menyerahkan kerajaannya kepada Roma, karena menjadi propinsi Roma membawa cukup banyak keuntungan. Dalam Pax Romana, yaitu Zaman Kedamaian Roma, hampir tidak ada perang lagi, sehingga ekonomi bisa berkembang dengan baik. Perompak dan perampok banyak yang berhasil ditangkap. Jalan-jalan yang dibuat Roma sangat terkenal hingga ada jalan Romawi yang masih dipakai sampai masa kini. Sifat kepemimpinan yang sewenang-wenang diganti dengan sistem hukum Roma yang sangat adil dan konsekuen. Meskipun ada keuntungan seperti ini, tetapi Roma merasa harus berjaga-jaga karena selalu ada sikap kesukuan yang sewaktu-waktu dapat menjadi kesempatan untuk gerakan separatisme.

Jalan keluar untuk mengatasi masalah ini seolah-olah muncul dengan sendirinya, karena sejak awal ada orang yang menyembah Dea Roma (Dewi Roma) secara spontan, karena mereka senang ada di bawah kekuasaan Roma. Konsep Dea Roma agak kabur, tetapi melalui identitas Kaisar, Dea Roma sudah menjadi jelas, dan bisa dimengerti oleh setiap orang. Akhirnya, pada zaman Domitianus, penyembahan yang dimulai dengan spontan tersebut menjadi wajib, dan setiap orang yang sekali setahun tidak mau membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan" dianggap sebagai pengacau.

Sekali setahun setiap warga Kekaisaran Romawi harus membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan." Setelah dia menyembah Kaisar dengan cara itu, akan diberi suatu sertifikat. Barclay159 mengutip suatu permohonan untuk mendapatkan sertifikat tersebut sebagai berikut:

Kepada mereka yang ditugaskan untuk mengawasi pengorbanan, dari Inares Akeus, dari Desa Theoxenis, bersama anaknya Aias dan Hera, yang tinggal di Desa Theadelfia. Kami selalu memberi korban kepada dewa-dewa, dan sekarang, di hadapan engkau, menurut peraturan-peraturan, kami telah memberi korban-korban, dan telah mengecap apa yang kudus, dan kami mohon supaya engkau memberi kami sertifikat yang menyatakan bahwa kami telah melakukan-nya. Harap semua baik bagi engkau.

Barclay juga mengutip perkataan dari sertifikat yang dimaksud, demikian:

"Kami, wakil dari Kaisar, Serenos dan Hermas, telah menyaksikan kamu memberi korban. (Tertanggal....)."

Pemerintah Roma tidak mewajibkan menyembah Kaisar untuk menguji kerohanian warganya, tetapi untuk menguji kesetiaan warganya kepada Roma. Arti dari penyembahan Kaisar bersifat politis, dan bukan rohani. Malah, setelah membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan," setiap orang bebas menyembah dewa yang mana pun, sesuai dengan kebiasaan. Tetapi jemaat di Smirna tidak mau memakai nama "Tuhan" untuk orang lain, selain untuk Tuhan Yesus Kristus. Dengan sikap itu, mereka mengundang tindakan yang sangat keras dari Kekaisaran Romawi.

Dalam kisah pembunuhan Polikarpus, yaitu seorang uskup dari Smirna dan bekas murid Rasul Yohanes sendiri, semua yang dikatakan di atas terwujud. Polikarpus menjadi orang percaya kedua belas yang mati syahid di Smirna atau Filadelfia.160 Kira-kira enam puluh tahun setelah Kitab Wahyu ditulis, pada suatu hari raya di Smirna, orang banyak pergi untuk mengambil Polikarpus, dan menuntut dia menyembah Kaisar. Dia diberi suatu pilihan: membakar dupa dan berkata "Kaisar adalah Tuhan," atau dia dibakar hidup-hidup. Dia memberi suatu jawaban yang masih bergema sampai saat ini dalam hati orang yang mengasihi Yesus. Dia menjawab, "Sudah delapan puluh enam tahun aku melayani Kristus, dan Dia tidak pernah bersalah terhadap aku. Bagaimana mungkin aku memfitnah Rajaku yang telah menyelamatkan aku?" Saat lidah-lidah api mulai menjilat tubuhnya, dia berdoa, "Aku bersyukur bahwa Engkau dengan kasih karunia menganggap aku layak menerima seperti yang terjadi pada pagi hari ini dan jam ini, sehingga aku boleh dihisapkan ke dalam golongan orang yang mati syahid, dalam cawan Kristus-Mu."161

Dua surat berikut ditulis pada tahun 112 M. Surat yang pertama ditulis kepada Kaisar Trajan oleh Pliny, Gubernur Propinsi Bithynia, yang terletak di sebelah utara Propinsi Asia.162

Sudah menjadi pedomanku, Tuhan,163 bahwa aku menyerahkan segala sesuatu yang masih membingungkanku kepadamu, karena dari mana aku dapat menerima pengarahan yang lebih mantap untuk keraguanku, ataupun pendidikan untuk kekurangan dalam pengertianku?

Aku tidak pernah ikut hadir dalam interogasi orang Kristen, maka aku sendiri tidak tahu sampai sejauh mana interogasi seperti itu harus diteruskan, atau hukuman yang semacam apa yang layak. Aku juga ragu-ragu apakah usia perlu dipertimbangkan, atau apakah yang sangat muda harus ditangani sama seperti yang sudah dewasa. Juga, apakah pertobatan dan penyangkalan kekristenan memuaskan, atau si terdakwa masih merupakan pelanggar oleh karena dia pernah menjadi orang Kristen, walaupun sudah menyangkali kekristenannya, dan apakah orang layak dihukum hanya karena nama "Kristen", walaupun tidak ada tindak pidana yang dilakukan, ataukah hanya tindak pidana yang terkait dengan nama "Kristen" layak dihukum.

Sampai sekarang, aku mengurus mereka dengan cara yang berikut: aku bertanya kepada mereka yang didakwa Kristen apakah mereka orang Kristen. Mereka yang menjawab "ya", aku tanyai dua kali lagi, sambil mengancam mereka dengan hukuman maut. Jika mereka tekun dalam pengakuan mereka, maka mereka saya hukum mati. Ini aku lakukan, karena walaupun ajaran mereka masih kabur, tetapi mereka yang keras kepala harus dihukum. Warga negara Roma yang menderita di bawah khayal yang sama, aku kirim ke Roma.

Dalam pelaksanaannya, biasanya semakin banyak orang didakwa, dan kasus-kasus khusus yang berikut sudah muncul:

Surat kaleng ditempel di tembok, yang isinya menuduh sejumlah besar nama orang. Mereka yang menyangkal dakwaan bahwa mereka Kristen, aku bebaskan, karena mereka memanggil dewa-dewa kita menurut pola yang telah kuberikan kepada mereka, dan karena mereka mempersembahkan persembahan anggur dan dupa di hadapan patungmu yang kubawa ke situ untuk disembah, serta patung dewa-dewa kita. Juga aku memaksa mereka mengutuk Kristus. Katanya orang Kristen yang sejati tidak dapat dipaksa untuk melakukan hal-hal ini.

Terdakwa yang lain mengaku bahwa dulu mereka Kristen, tetapi mereka sudah lama menyangkal hal itu. Dulu mereka ikut Kristen, tetapi mereka bukan lagi Kristen, ada yang sejak tiga tahun yang lalu, ada yang yang lebih lama lagi, sampai dua puluh lima tahun yang lalu.164 Mereka yang seperti ini sudah menyembah patungmu dan patung-patung dewa-dewa, dan mengutuk Kristus. Mereka menjelaskan bahwa seluruh kekeliruan atau kesalahan mereka adalah bahwa pada hari tertentu sebelum terbit matahari mereka biasa berkumpul dan menyanyikan lagu kepada Kristus sebagai Allah mereka dan berjanji dengan sumpah tidak melakukan tindak pidana apa pun, dan tidak mencuri, memukul, berzinah, tidak mengingkari janji, dan tidak menolak membayar hutang mereka. Kemudian mereka pergi ke urusan mereka masing-masing, dan berkumpul pada waktu yang lain untuk makan bersama, tetapi makanan mereka adalah makanan biasa, yang tidak menyakiti siapa pun juga.165 Itu pun tidak mereka teruskan, sesuai dengan titahku karena aku melarang perkumpulan yang bersifat politis, sesuai dengan perintahmu. Aku menganggap wajib aku memperoleh pengakuan melalui siksaan dari dua budak putri, yang mereka sebut "diaken". Yang kuperoleh hanya takhayul yang hina dan berkelebihan.

Dengan demikian aku tidak mendengar kasus-kasus lebih lanjut supaya aku dapat meminta hikmat dari engkau. Menurutku, hal ini memerlukan hikmat yang baik, lebih-lebih mengingat besarnya jumlah terdakwa yang ada. Ternyata banyak, dari usia dan lapisan masyarakat yang mana pun, laki-laki dan perempuan, terancam dihukum baik sekarang maupun pada masa depan. Wabah takhayul sudah menular bukan saja ke kota, tetapi juga ke desa-desa dan kampung-kampung. Tetapi aku yakin bahwa penularannya dapat dihentikan dan disembuhkan. Jelaslah, bahwa kuil-kuil yang dulu sunyi sepi, sekarang secara perlahan-lahan semakin banyak pengunjungnya, hari raya yang hampir terlupa ternyata dirayakan lagi, dan daging yang sudah dipersembahkan ke dewa-dewa, yang dulu sulit dijual karena tidak ada pembeli yang berminat, ternyata laris lagi. Dari gambaran ini, Kaisar dengan mudah dapat melihat bahwa pembenahan dapat terjadi di masyarakat, jika kita memberi ruang gerak untuk perubahan.

Surat yang kedua ini merupakan tanggapan dari Kaisar Trajan kepada Gubernur Pliny:

Sekundus yang kukasihi! Kamu sudah memilih jalan yang benar terhadap kasus orang-orang yang dituduh di hadapanmu sebagai orang Kristen. Tidak ada pedoman universal untuk kasus-kasus tersebut. Janganlah mencari orang Kristen. Tetapi jika orang Kristen itu dituduh, dan jika mereka diserahkan kepadamu, maka mereka harus dihukum, jika mereka tidak mau menyangkali kekristenan, dan tidak mau menyatakan penyangkalan mereka dengan kegiatan yang tepat, misalnya penyembahan dewa-dewa kita. Jika ada yang dicuriga karena kelakuan yang dahulu, dia harus diampuni kalau dia bertobat.

Tuduhan tanpa nama tidak boleh diterima dalam pengadilan yang mana pun, karena itu dapat menjadi pola yang berbahaya, dan itu tidak sesuai dengan zaman kita.

Penganiayaan menjadi tema yang penting dalam Kitab Wahyu, misalnya dalam 2:2-3, 10, 13; 3:8-10; 6:9, 11; 7:14; pasal 12-13; dan 17:6.

Berkaitan dengan penyembahan Kaisar, maka pilihan umat Allah sangat terbatas. Boring166 mencatat pilihan mereka sebagai berikut:

1. Kalah. Seperti apa yang diceritakan oleh Pliny dalam suratnya kepada Trajan di atas, ada yang rela "bertobat", atau murtad, mundur dari kekristenan, untuk dibebaskan dari ancaman hukuman maut.

2. Berdusta. Mungkin ada juga yang pura-pura "bertobat" dari kekristenan. Mereka merasa bahwa lebih baik mereka berbohong, pura-pura menyembah patung kaisar, dan "pura-pura" mengutuk Kristus. Mungkin mereka berkata kepada diri mereka, dan kepada sanak-saudara, "Kalau kelakuan itu dosa, dosa dapat diampuni."

3. Berperang. Pilihan ini pasti mengakibatkan maut, sama seperti mereka yang melawan Roma di Yudea yang dikalahkan dan dihukum mati.

4. Mengubah Hukum. Pilihan ini, pada zaman Yohanes di dalam Kekaisaran Romawi, tidak realistis. Kekaisaran tidak mengenal sistem demokrasi.

5. Menyesuaikan diri. Pilihan ini menarik bagi banyak orang. Mungkin mereka berpikir bahwa ajaran dan tuntutan kekristenan berasal dari tempat dan zaman yang sudah jauh berbeda dengan zaman modern, dan harus disesuaikan dengan keadaan masa kini. Begitulah pola ajaran Bileam (2:14) dan Izebel (2:20).

6. Bersikap siap mengambil risiko kesetiaan, yaitu maut. Jikalau apa yang dikatakan dalam Kitab Wahyu sesungguhnya benar, maka inilah satu-satunya pilihan yang layak.

Mari kita melihat bagaimana sikap dan kesetiaan jemaat Smirna, saat kemewahan berhala dikontraskan dengan sulitnya berbakti dengan setia kepada Kristus.

Hagelberg: Why 2:8 - -- 2:8 Inilah Firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali Nama Yang Awal dan Yang Akhir dikutip dari Wahyu 1:17. Secara umum,...

2:8 Inilah Firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali

Nama Yang Awal dan Yang Akhir dikutip dari Wahyu 1:17. Secara umum, sebutan ini berarti bahwa Dia ada sebelum bumi ini diciptakan, dan sesudah bumi ini dihancurkan, Dia masih ada. Tuhan adalah kekal. Secara khusus bagi mereka yang tinggal di Smirna, sebutan ini memiliki suatu arti yang sangat tepat. Walaupun rasanya ancaman maut yang mereka hadapi akan tetap berlangsung, tetapi sebenarnya Dialah yang tetap ada, dan bukan penganiayaan.

Bagi orang yang dianiaya, penting sekali diingat bahwa Tuhan Yesus sudah mengalami maut. Dia adalah yang telah mati dan hidup kembali. Maut itu penganiayaan yang terakhir, dan Dia sudah mengalaminya, malah mengalahkannya.

Hagelberg: Why 2:8 - -- 2. Sifat Kristus (2:8)

2. Sifat Kristus (2:8)

Hagelberg: Why 2:8 - -- 2:8 Inilah Firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali Nama Yang Awal dan Yang Akhir dikutip dari Wahyu 1:17. Secara umum,...

2:8 Inilah Firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali

Nama Yang Awal dan Yang Akhir dikutip dari Wahyu 1:17. Secara umum, sebutan ini berarti bahwa Dia ada sebelum bumi ini diciptakan, dan sesudah bumi ini dihancurkan, Dia masih ada. Tuhan adalah kekal. Secara khusus bagi mereka yang tinggal di Smirna, sebutan ini memiliki suatu arti yang sangat tepat. Walaupun rasanya ancaman maut yang mereka hadapi akan tetap berlangsung, tetapi sebenarnya Dialah yang tetap ada, dan bukan penganiayaan.

Bagi orang yang dianiaya, penting sekali diingat bahwa Tuhan Yesus sudah mengalami maut. Dia adalah yang telah mati dan hidup kembali. Maut itu penganiayaan yang terakhir, dan Dia sudah mengalaminya, malah mengalahkannya.

Hagelberg: Why 2:8-11 - -- B. Surat kepada Jemaat di Smirna (2:8-11)

B. Surat kepada Jemaat di Smirna (2:8-11)

Hagelberg: Why 2:1--3:22 - -- II. Bagian Kedua: \"...apa yang terjadi sekarang...\" (2:1-3:22) Fungsi pasal dua dan pasal tiga: Bagian ini menjelaskan dan menerapkan rincian-rincia...

II. Bagian Kedua: \"...apa yang terjadi sekarang...\" (2:1-3:22)

Fungsi pasal dua dan pasal tiga:

Bagian ini menjelaskan dan menerapkan rincian-rincian yang sulit dimengerti dari penglihatan tentang Tuhan Yesus dalam pasal satu. Juga perintah-perintah yang harus kita turuti untuk mengalami kebahagiaan yang disebutkan dalam pasal 1:3, terdapat dalam bagian ini. Kalau kita mau menerima berkat yang diucapkan di dalam pasal 1:3, maka kita perlu membaca bagian ini dan menaati perintah-perintah yang ada di dalamnya.

Isi bagian ini:

Bagian ini terdiri dari tujuh surat kepada tujuh jemaat. Setiap jemaat adalah sebuah gereja setempat yang harfiah. Oleh karena jemaat-jemaat sepanjang zaman ini mempunyai ciri-ciri yang diuraikan dalam pasal dua dan tiga, maka dapat dikatakan bahwa ketujuh jemaat itu juga mewakili setiap jemaat. Jadi, walaupun sesuatu ditulis untuk jemaat di Efesus, tetapi hal itu juga berlaku bagi kita "yang bertelinga". Wahyu 2:7 berbunyi, "Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat...." Jadi, semua ini dikatakan kepada jemaat-jemaat Kristus, dan bukan kepada satu jemaat saja. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa surat-surat ini milik kita juga.

Ketujuh Kota di Asia Kecil

Bentuk bagian ini:

Ketujuh surat disusun menurut suatu pola yang mempunyai tujuh bagian, yaitu:

1. Alamat Surat

2. Sifat Kristus

3. Pujian untuk Jemaat

4. Kritikan

5. Tuntutan

6. Ancaman

7. Janji

Ada perkecualian: jemaat di Laodikia tidak dipuji, dan jemaat di Smirna tidak dikritik.

Morris137 mengamati bahwa jemaat pertama dan jemaat ketujuh berada dalam keadaan yang amat parah, jemaat kedua dan keenam berada dalam keadaan yang sangat baik, dan keadaan jemaat yang ketiga, keempat, dan kelima sedang-sedang saja.

Beberapa penafsir berkata bahwa setiap jemaat melambangkan suatu masa dalam sejarah gereja. Misalnya jemaat di Efesus, yang ajarannya mantap, melambangkan gereja yang mula-mula, pada masa rasul-rasul. Menurut pola penafsiran itu, mungkin jemaat di Sardis (yang "dikatakan hidup, padahal engkau mati") melambangkan gereja pada zaman Reformasi. Penulis menolak tafsiran tersebut, berdasarkan atas lima alasan berikut. Pertama, sebenarnya tafsiran tersebut tidak berdasarkan pengamatan yang teliti. Alasannya karena sejarah gereja tidak begitu sesuai dengan jalannya dua pasal ini. Kedua, kita perlu mengerti bahwa ada jemaat seperti setiap ketujuh jemaat ini pada setiap generasi sejak kitab ini ditulis. Ketiga, tafsiran tersebut cenderung menarik perhatian kita dari penerapan nas ini dalam pribadi kita masing-masing dan dalam jemaat kita masing-masing. Keempat, tampaknya urutan kota yang ada dalam nas ini disamakan bukan dengan sejarah gereja tetapi dengan letaknya kota-kota ini di jalan raya di wilayah itu. Kelima, tidak ada satu petunjuk pun dalam nas ini yang dapat dipakai sebagai alasan atau bukti untuk menafsirkan secara alegoris (lambang).

Oleh karena setiap "surat" ini dimulai dengan kata "Inilah Firman dari Dia...",138 kata yang juga dipakai sebagai kata pengantar pada nubuatan dalam Perjanjian Lama (LXX),139 maka beberapa penafsir140 menegaskan bahwa apa yang kita sebut "surat" sebaiknya disebut "nubuatan". Menurut mereka, khas nubuatan ketujuh surat perlu ditegaskan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 2:8-11 - Surat kepada Jemaat di Smirna Surat kepada Jemaat di Smirna (2:8-11) ...

SH: Why 2:8-11 - Miskin tetapi kaya (Kamis, 24 Oktober 2002) Miskin tetapi kaya Miskin tetapi kaya. Tuhan, Raja Gereja senantias memedulikan umat-Nya. Jemaat yang ting...

SH: Why 2:8-11 - Alfa dan Omega (Selasa, 16 Desember 2003) Alfa dan Omega Alfa dan Omega. Kemungkinan jemaat Smirna didirikan oleh Paulus selama perjalanann...

SH: Why 2:8-11 - Setia sampai mati (Kamis, 15 Desember 2011) Setia sampai mati Judul: Setia sampai mati Dibandingkan dengan kota-kota lainnya, Smirna dikenal sebag...

SH: Why 2:8-11 - Berita Buruk untukmu (Minggu, 11 September 2022) Berita Buruk untukmu Sementara jemaat di Efesus menerima pujian dan teguran, jemaat di Smirna tidak mendapatkan k...

Utley: Why 2:8-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 2:8-11...

Topik Teologia: Why 2:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Yang Awal dan Yang Akhir ...

TFTWMS: Why 2:8 - Gereja GEREJA (Wahyu 2:8a) Surat itu dimulai dengan, "Dan tuliskanlah kepada ma...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Gereja Miskin Yang Kaya WAHYU 2:8-11 Ketika ki...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 2:8-11) Sekali lagi, Yesus ingin kita membuat pene...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 ini tidak dimaksudkan sebagai pernyataan menghakimi, tetapi sebagai hasil laporan (...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Surat Cinta Terakhir Dari Tuhan WAHYU 2-3 Perjan...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 2-3) Masalah menghadang jalan umat Kristen di Asia K...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pernyataan ini mengasumsikan bahwa kitab Wahyu ditulis selama bagian akhir pemerintahan Domiti...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA