Teks -- Ulangan 26:3-9 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Ul 26:8
Full Life: Ul 26:8 - TUHAN MEMBAWA KAMI KE LUAR.
Nas : Ul 26:8
Diharapkan agar bangsa Israel senantiasa ingat bahwa keberadaan dan
penebusan mereka itu terjadi karena apa yang dilakukan Allah bagi...
Nas : Ul 26:8
Diharapkan agar bangsa Israel senantiasa ingat bahwa keberadaan dan penebusan mereka itu terjadi karena apa yang dilakukan Allah bagi mereka.
- 1) Mereka harus mengakui hal ini di hadapan umum (ayat Ul 26:3-9) dan menanggapinya dengan memberikan persembahan, ucapan syukur, sukacita, kebajikan terhadap sesama, dan ketaatan kepada perintah-perintah Allah (ayat Ul 26:12-15).
- 2) Selaku orang percaya kepada Kristus, kita juga memperoleh hidup dan
keselamatan oleh kemurahan Allah melalui Kristus. Kita telah ditebus dan
dibeli oleh kematian-Nya dan menjadi milik-Nya (bd. Ef 1:14;
1Pet 1:18-19; 2:9-10). Selanjutnya kita harus hidup dengan rasa
syukur sebagai persembahan yang hidup kepada Tuhan, tidak serupa dengan
dunia ini namun senantiasa diubah oleh Roh Kudus sehingga dapat
melaksanakan kehendak-Nya (Rom 12:1-2;
lihat cat. --> Ef 2:9).
[atau ref. Ef 2:9]
Jerusalem: Ul 12:1--26:15 - -- Bagian Ulangan ini memuat "Kitab Hukum Ulangan", Ia merupakan sebuah kumpulan tak keruan pelbagai hukum yang asal usulnya berbeda-beda. Sejumlah hukum...
Bagian Ulangan ini memuat "Kitab Hukum Ulangan", Ia merupakan sebuah kumpulan tak keruan pelbagai hukum yang asal usulnya berbeda-beda. Sejumlah hukum ini agaknya berasal dari kerajaan utara (Israel) dan sesudah direbutnya Samaria dalam th 721 seb Mas diresmikan dalam kerajaan selatan (Yehuda). Kitab Hukum Ulangan ini memperhatikan perkembangan yang sudah ditempuh bangsa Israel di bidang hidup kemasyarakatan dan keagamaan. Ia dimaksudkan sebagai pengganti Kitab Perjanjian. Pada pokoknya bagian Ulangan ini sama dengan kitab hukum Taurat yang ditemukan dalam bait Allah di masa pemerintahan raja Yosia, 2Ra 22:8 dst.
Jerusalem: Ul 26:1-11 - -- Sama seperti anak sulung manusia dan ternak menjadi milik Tuhan, Kel 13:11+, demikianpun hulu hasil bumi (yang pertama) dikuduskan bagi Tuhan, Kel 22:...
Sama seperti anak sulung manusia dan ternak menjadi milik Tuhan, Kel 13:11+, demikianpun hulu hasil bumi (yang pertama) dikuduskan bagi Tuhan, Kel 22:29; 23:19; 34:26; Ima 2:12,14; 23:10-17; Ula 18:4. Menurut Bil 18:12 hasil bumi pertama itu diberikan kepada para imam, bdk Yeh 44:30. Persembahan hulu hasil dalam penanggalan dahulu, bdk Kel 23:16 dan Kel 19, bergandengan dengan pesta musim menuai dan pemetikan buah-buahan (pesta-pesta itu berasal dari bangsa Kanaan). Tetapi dalam Ulangan persembahan hulu hasil itu dihubungkan dengan peristiwa dalam sejarah penyelamatan, yaitu masuknya umat Israel ke dalam Tanah Suci, Ula 26:1,3,9-10. Kembali terungkap pikiran pokok seluruh kitab Ulangan, yaitu Pemberian Tanah yang dijanjikan kepada umat Israel, bdk Ula 1:5+.
Jerusalem: Ul 26:5 - Kemudian engkau harus menyatakan .... Pengakuan iman yang tercantum dalam Ula 26:5-9 ini meringkaskan sejarah penyelamatan yang berpusatkan pembebasan Israel dari negeri Mesir. Unsur-unsur...
Pengakuan iman yang tercantum dalam Ula 26:5-9 ini meringkaskan sejarah penyelamatan yang berpusatkan pembebasan Israel dari negeri Mesir. Unsur-unsur pengakuan ini dijumpai juga dalam "pengakuan-pengakuan iman" yang terdapat dalam Ula 6:20-23 dan (dengan beberapa tambahan) dalam Yos 24:1-13; Neh 9:7-25. Titik berat pengakuan-pengakuan iman itu terletak pada pemberian tanah yang berlimpah susu dan madunya, Ula 26:9. Ini sesuai dengan penyataan iman yang bersangkutan dengan persembahan hasil bumi pertama. Pengakuan iman itu sama sekali tidak sampai menyebut peristiwa-peristiwa yang terjadi di gunung Sinai. Tetapi ini tidak membuktikan bahwa pengakuan iman itu berasal dari sebuah-tradisi yang tidak tahu akan peristiwa-peristiwa itu. Nas ini tentu tidak terlalu tua usianya dan pengumuman hukum Taurat tidak menjadi pusat perhatiannya.
Pengakuan bahwa Jahwe telah memenuhi djandji-djandjinja.
Ende: Ul 26:5 - -- Disini terpelihara rumusan mengenai pengakuan imam jang kiranja sudah sangat
tua. Disinilah tertjantum tradisi bahwa para leluhur berasal dari bangsa ...
Disini terpelihara rumusan mengenai pengakuan imam jang kiranja sudah sangat tua. Disinilah tertjantum tradisi bahwa para leluhur berasal dari bangsa Aram. Nampaknja Jakublah jang terutama dimaksudkan disini. Selandjutnja tradisi mengenai Pengungsian serta pengembaraan digurun pasir.
Maksud daripada penjerahan buah-buahan jang pertama ialah sebagai pengakuan bahwa negeri beserta dengan hasil penenannja pun merupakan anugerah Jahwe serta milikNja. Hal itu merupakan perajaan kegembiraan dan rasa terima kasih.
Ref. Silang FULL: Ul 26:5 - seorang Aram // seorang pengembara // sedikit orang // suatu bangsa · seorang Aram: Kej 25:20; Kej 25:20
· seorang pengembara: Kej 20:13; Kej 20:13
· sedikit orang: Kej 34:30; Kej 34:30; Kej 43:14...
Ref. Silang FULL: Ul 26:6 - dan menindas // yang berat · dan menindas: Bil 20:15; Bil 20:15
· yang berat: Kel 1:13; Kel 1:13
Ref. Silang FULL: Ul 26:7 - mendengar suara // dan melihat // kesengsaraan // dan penindasan · mendengar suara: Kej 21:17; Kej 21:17
· dan melihat: Kel 3:9; 2Raj 13:4; 14:26
· kesengsaraan: Kej 16:11; Kej 16:11
· da...
· mendengar suara: Kej 21:17; [Lihat FULL. Kej 21:17]
· dan melihat: Kel 3:9; 2Raj 13:4; 14:26
· kesengsaraan: Kej 16:11; [Lihat FULL. Kej 16:11]
· dan penindasan: Mazm 42:10; 44:25; 72:14