Teks -- Roma 9:25-29 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Rm 5:1--11:36 - -- Pokok yang diuraikan dalam bagian kedua Roma dapat disebutkan sebagai: pembenaran sebagai jaminan keselamatan orang Kristen yang sudah dibenarkan, bdk...
Pokok yang diuraikan dalam bagian kedua Roma dapat disebutkan sebagai: pembenaran sebagai jaminan keselamatan orang Kristen yang sudah dibenarkan, bdk Rom 1-4, mendapat dalam kasih Allah dan karunia Roh Kudus suatu jaminan keselamatan. Pokok ini diuraikan dalam Rom 5:1-11 dan diuraikan kembali dalam bab 8, sedangkan dalam Rom 5:12-7:25 diperlawankan dengan kebalikannya (dosa, maut, hukum Taurat).
Jerusalem: Rm 9:1--11:36 - -- Bab 9-11 Dalam menguraikan pembenaran melalui iman pikiran Paulus diarahkan kepada pembenaran Abraham, 4. Demikianpun uraian mengenai keselamatan yang...
Bab 9-11 Dalam menguraikan pembenaran melalui iman pikiran Paulus diarahkan kepada pembenaran Abraham, 4. Demikianpun uraian mengenai keselamatan yang dalam Roh Kudus dikurniakan oleh kasih Allah memaksa Paulus untuk memperbincangkan, bab 9-11, masalah Israel yang tidak setia, meskipun sudah diberi janji keselamatan. Jadi bab-bab itu tidak berkata tentang masalah "takdir" masing-masing orang, yang "ditakdirkan" untuk kemuliaan atau bahkan untuk iman. Bab-bab ini menguraikan tentang peranan Israel dalam sejarah, sebab hanya soal itulah yang disodorkan oleh apa yang dikatakan Perjanjian Lama.
Jerusalem: Rm 9:26 - -- Sejarah Israel yang kendati ketidaksetiaannya kembali dipanggil itu sendiri menjadi contoh panggilan percuma yang mengundang bangsa-bangsa lain pada p...
Sejarah Israel yang kendati ketidaksetiaannya kembali dipanggil itu sendiri menjadi contoh panggilan percuma yang mengundang bangsa-bangsa lain pada pesta zaman Mesias.
Jerusalem: Rm 9:27-29 - -- Ayat-ayat yang dikutip ini menubuatkan baik ketidak-setiaan Israel maupun pertobatan suatu "sisa", bdk Yes 4:3, yang menjadi penerus janji-janji Allah...
Ayat-ayat yang dikutip ini menubuatkan baik ketidak-setiaan Israel maupun pertobatan suatu "sisa", bdk Yes 4:3, yang menjadi penerus janji-janji Allah. Dengan demikian bab 11 sudah disiapkan.
Jerusalem: Rm 9:28 - -- Sejumlah naskah menyajikan kutipan ini sesuai dengan LXX. Paulus mempersingkatnya.
Sejumlah naskah menyajikan kutipan ini sesuai dengan LXX. Paulus mempersingkatnya.
Ende: Rm 9:25-26 - -- Nabi Ose disuruh Allah (Hos 1:11) menambahkan puteranja jang baru lahir
"Bukan kaumku" untuk mendjadi lambang guna memperingatkan kaum Israel (keradja...
Nabi Ose disuruh Allah (Hos 1:11) menambahkan puteranja jang baru lahir "Bukan kaumku" untuk mendjadi lambang guna memperingatkan kaum Israel (keradjaan utara), jang tidak setia lagi, bahwa mereka terkutjil dari kaum pilihan. Dan untuk maksud sama ia disuruh menamakan puterinja jang baru lahir "Tak-tertjinta". Tetapi nubuat itu selandjutnja (Hos 2:13) menjatakan, bahwa mereka akan bertobat, lalu nama-nama itu segera diganti dengan "Kaumku" dan "Tertjinta". Paulus menafsirkan peristiwa itu sebagai pelambang jang menubuatkan, bahwa segala bangsa jang tidak termasuk kaum pilihan, akan bertobat dan mendjadi putera Allah.
Ende: Rm 9:27 - -- Nubuat Isaias ini (Yes 10:25) menurut tafsiran Paulus menjatakan, bahwa
hanja sedjumlah ketjil (suatu sisa) dari kaum tetap setia kepada Allah dan aka...
Nubuat Isaias ini (Yes 10:25) menurut tafsiran Paulus menjatakan, bahwa hanja sedjumlah ketjil (suatu sisa) dari kaum tetap setia kepada Allah dan akan masuk keradjaan Mesias.
Ende: Rm 9:28 - FirmanNja Menurut tafsiran sangat umum dimaksudkan putusan (antjaman-antjaman)
Allah jang terkandung dalam nubuat Isaias tadi. Ada pula jang berpendapat, bahwa
...
Menurut tafsiran sangat umum dimaksudkan putusan (antjaman-antjaman) Allah jang terkandung dalam nubuat Isaias tadi. Ada pula jang berpendapat, bahwa jang dimaksudkan ialah djandji-djandji Allah kepada Abraham.
Ende: Rm 9:29 - Benih ialah sedjumlah turunan jang akan menjambut Kristus sebagai Mesias
dan Indjilnja, dan mendjadi pokok kaum pilihan baru.
ialah sedjumlah turunan jang akan menjambut Kristus sebagai Mesias dan Indjilnja, dan mendjadi pokok kaum pilihan baru.
Ref. Silang FULL: Rm 9:26 - yang hidup · yang hidup: Hos 1:10; Mat 16:16; Mat 16:16; Rom 8:14; Rom 8:14
Ref. Silang FULL: Rm 9:27 - di laut // akan diselamatkan · di laut: Kej 22:17; Hos 1:10
· akan diselamatkan: 2Raj 19:4; Yer 44:14; 50:20; Yoel 2:32; Rom 11:5
· dan segera: Yes 10:22,23
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Rm 9:25-26; Rm 9:6-29; Rm 9:25-26; Rm 9:1--11:36; Rm 1:18--15:13; Rm 9:27; Rm 9:27; Rm 9:28; Rm 9:28; Rm 9:29; Rm 9:29
Hagelberg: Rm 9:25-26 - -- 9:25-26 seperti yang difirmankanNya juga dalam kita nabi Hosea:606
"Yang bukan umatKu607 akan Kunamai:608 'UmatKu'
dan yang bukan kekasih: 'kekasih.'...
9:25-26 seperti yang difirmankanNya juga dalam kita nabi Hosea:606
"Yang bukan umatKu607 akan Kunamai:608 'UmatKu'
dan yang bukan kekasih: 'kekasih.'
Dan di tempat, di mana pernah dikatakan609 kepada mereka
'Kamu ini bukan umatKu,'
di sana mereka akan dinamai
'anak-anak Allah yang hidup'."
Dalam konteks yang asli, dua nats dari Hosea menunjuk pada pemulihan kembali yang akan dialami oleh bangsa Israel, tetapi Paulus mempergunakan dua nats itu untuk menegaskan bahwa walaupun orang tertentu pernah ditolak (dalam konteks Roma 9 artinya orang-orang bukan Yahudi), tetapi mereka dapat diterima oleh Dia.610
Kutipan dari Hosea di atas telah mendukung bahwa ada yang dipanggil "juga dari antara bangsa-bangsa lain". Kutipan yang berikut, dari Yesaya, mendukung bahwa ada juga yang dipanggil "dari antara orang Yahudi".611
Hagelberg: Rm 9:6-29 - -- 2. Allah yang Berdaulat Telah Memberi Janji Hanya kepada Mereka yang Percaya 9:6-29
Kehidupan beberapa tokoh Israel dan beberapa kutipan dari Perjanj...
2. Allah yang Berdaulat Telah Memberi Janji Hanya kepada Mereka yang Percaya 9:6-29
Kehidupan beberapa tokoh Israel dan beberapa kutipan dari Perjanjian Lama menjadi bukti bahwa Allah memilih mereka yang percaya Israel atau bukan Israel untuk menerima janjiNya.
Rupanya bangsa Israel, yang telah dianugerahi dengan keistimewaan yang didaftarkan di atas, sudah ditinggalkan. Tidakkah itu berarti bahwa janji Allah telah gagal? Tanggapan Rasul Paulus terhadap pertanyaan itu tegas. Dia berkata...
Hagelberg: Rm 9:25-26 - -- 9:25-26 seperti yang difirmankanNya juga dalam kita nabi Hosea:606
"Yang bukan umatKu607 akan Kunamai:608 'UmatKu'
dan yang bukan kekasih: 'kekasih.'...
9:25-26 seperti yang difirmankanNya juga dalam kita nabi Hosea:606
"Yang bukan umatKu607 akan Kunamai:608 'UmatKu'
dan yang bukan kekasih: 'kekasih.'
Dan di tempat, di mana pernah dikatakan609 kepada mereka
'Kamu ini bukan umatKu,'
di sana mereka akan dinamai
'anak-anak Allah yang hidup'."
Dalam konteks yang asli, dua nats dari Hosea menunjuk pada pemulihan kembali yang akan dialami oleh bangsa Israel, tetapi Paulus mempergunakan dua nats itu untuk menegaskan bahwa walaupun orang tertentu pernah ditolak (dalam konteks Roma 9 artinya orang-orang bukan Yahudi), tetapi mereka dapat diterima oleh Dia.610
Kutipan dari Hosea di atas telah mendukung bahwa ada yang dipanggil "juga dari antara bangsa-bangsa lain". Kutipan yang berikut, dari Yesaya, mendukung bahwa ada juga yang dipanggil "dari antara orang Yahudi".611
Hagelberg: Rm 9:1--11:36 - -- C. Pembenaran karena Iman tidak Meniadakan Janji Allah kepada Israel 9:1-11:36
Bangsa yang dipilih oleh Allah tidak mau dibenarkan sebagai bangsa, te...
C. Pembenaran karena Iman tidak Meniadakan Janji Allah kepada Israel 9:1-11:36
Bangsa yang dipilih oleh Allah tidak mau dibenarkan sebagai bangsa, tetapi pada zaman Ini ada pribadi-pribadi yang dibenarkan, dan pada akhir zaman seluruh Israel akan dibenarkan, dan janji Allah kepada Abraham akan digenapi.
Menurut banyak penafsir, Rasul Paulus menyelesaikan pokok yang diuraikan sejak pasal 1 pada akhir pasal 8. Menurut mereka, pasal 9-11 menguraikan suatu pokok baru, yang tidak berkaitan dengan pasal 1-8. Mereka berkata bahwa Paulus melanjutkan surat ini bukan untuk memperkembangkan pokok itu, tetapi untuk menyatakan beban hatinya mengenai keadaan rohani bangsa Israel, bangsanya sendiri. Menurut pengertian mereka, pasal 9-11 hanya merupakan sisipan saja, dan Surat Roma tidak memiliki kesatuan.
Tetapi kalau kita percaya bahwa Surat Roma merupakan ilham dari Allah dengan bentuk yang sempurna, maka kita menolak pendapat tersebut, dan kita mengamati Surat Roma untuk mengerti susunannya.
Pada akhir pasal 8 Paulus berkata bahwa tidak ada sesuatupun yang "dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita." Tetapi bagaimana dengan bangsa Israel? Justru pada waktu kita menikmati kegenapan janji Allah, mereka yang diberi janji-janji itu berada dalam murka Allah. Seolah-olah Allah sendiri tidak setia pada janjiNya. Kalau Allah tidak setia, apa gunanya seluruh diskusi Paulus dalam Roma 1-8? Oleh karena masalah ini, maka Paulus harus menjelaskan tiga hal:556 1. Tuhan Allah yang memberi janji-janji tersebut juga telah menentukan bahwa janji Allah dikhususkan kepada orang yang beriman (9:6-29). 2. Bangsa Israel bertanggung jawab atas penolakannya, karena Israel mau membenarkan dirinya, dan tidak mau dibenarkan karena iman (9:30-10:21). 3. Walaupun zaman ini bangsa Israel ditolak sebagai bangsa, tetapi akan tiba suatu hari di mana seluruh bangsa Israel akan diselamatkan (11:1-36).
Pada waktu pasal 9-11 dipelajari, yang harus dimengerti adalah bahwa memilih bangsa dan memilih pribadi tidak sama. Dalam pasal 1-8 Paulus membicarakan bagaimana individu-individu dipilih dan dibenarkan. Individu yang dipilih tidak mungkin dipisahkan dari kasih Allah, dan tidak mungkin dia masuk neraka. Dalam pasal 9-11 Paulus membicarakan bagaimana bangsa Israel dipilih. Kalau sebuah bangsa dipilih, itu tidak berarti bahwa setiap individu dari bangsa itu akan juga dipilih dan dibenarkan. Kalau sebuah bangsa dipilih maka akan tiba suatu hari di mana seluruh angkatan itu, yaitu setiap warga yang hidup dari bangsa itu, akan dibenarkan oleh iman. Setiap mereka yang masih hidup pada hari itu akan percaya, karena pembenaran harus melalui iman. Tidak ada kontradiksi antara apa yang Paulus katakan mengenai individu yang dipilih, sehingga mereka percaya dan dibenarkan, dan apa yang dia katakan mengenai bangsa Israel yang dipilih.
Pada dasarnya, istilah "Israel" dalam Surat Roma menunjuk pada keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub. Memang teolog-teolog tertentu mau memberi definisi yang lain, yaitu bahwa di sana-sini dalam Surat Roma kata "Israel" menunjuk pada jemaat Kristen. Sebaiknya definisi itu diuji. Untuk menguji definisi tersebut, bacalah Roma pasal 9-11, dan gantilah istilah "Israel" dengan istilah "jemaat" di mana perlu. Bukankah nats ini dikacaukan? Cranfield557 berkata bahwa tafsiran itu, yaitu bahwa Allah telah menterlantarkan bangsa Israel, dan menggantikannya dengan jemaat Kristen, adalah "buruk dan tidak Alkitabiah". Dia melanjutkan dengan berkata, "Tiga pasal ini dengan tegas melarang kita mengatakan bahwa jemaat menggantikan bangsa Yahudi untuk selama-lamanya."
Sekali lagi, dalam bagian yang berikut Rasul Paulus akan menjelaskan bahwa keadaan rohani bangsa Israel, bangsa yang dipilih Allah, tidak bertentangan dengan apa yang telah diuraikan dalam pasal 1-8. Sebenarnya tiga pasal yang berikut menguatkan ajaran Rasul Paulus, karena dia menjelaskan bahwa Israel yang sekarang ini mengejar kebenaran melalui perbuatan, yaitu Israel yang pada umumnya menolak kebenaran melalui iman, akan dibenarkan juga, dan itupun melalui iman! Ajaran Rasul Paulus dikuatkan, karena ajaran tersebut didasari pada kemurahan Allah.558 Kita dipilih dan dibenarkan, bukan oleh karena sesuatu yang baik dalam hati kita. Demikian juga Israel dipilih, dan akan dibenarkan, bukan oleh karena sesuatu yang baik dalam mereka, tetapi oleh karena kemurahan Tuhan Allah.
Dengan demikian ajaran Rasul Paulus mengenai kemurahan Allah dikuatkan dalam tiga pasal ini di mana dia menjelaskan bahwa pada suatu hari akan datang seluruh bangsa Israel yang hidup, yang akan percaya dan akan dibenarkan.
Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13
Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...
II. Injil 1:18-15:13
Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.
Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66
Hagelberg: Rm 9:27 - -- 9:27 Yesaya juga berseru tentang Israel:
"Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan."
Sampai saat ini...
9:27 Yesaya juga berseru tentang Israel:
"Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan."
Sampai saat ini jumlah mereka yang dipanggil dari antara orang Yahudi masih sedikit sekali. Kenyataan ini sesuai dengan Yesaya 10:22 mengenai sisa umat Israel yang akan diselamatkan. Paulus tidak berkata bahwa keadaan seperti ini telah menjadi permanen. Dalam Roma 10-11 dia menjelaskan bahwa keadaan yang menyedihkan ini akan diubahkan secara dramatis.612
Hagelberg: Rm 9:27 - -- 9:27 Yesaya juga berseru tentang Israel:
"Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan."
Sampai saat ini...
9:27 Yesaya juga berseru tentang Israel:
"Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan."
Sampai saat ini jumlah mereka yang dipanggil dari antara orang Yahudi masih sedikit sekali. Kenyataan ini sesuai dengan Yesaya 10:22 mengenai sisa umat Israel yang akan diselamatkan. Paulus tidak berkata bahwa keadaan seperti ini telah menjadi permanen. Dalam Roma 10-11 dia menjelaskan bahwa keadaan yang menyedihkan ini akan diubahkan secara dramatis.612
Hagelberg: Rm 9:28 - -- 9:28 "Sebab suatu vonis613, diselesaikan dan diperpendek, secara benar (karena vonis tersebut telah diperpendek)614 akan dilaksanakan Tuhan di atas b...
9:28 "Sebab suatu vonis613, diselesaikan dan diperpendek, secara benar (karena vonis tersebut telah diperpendek)614 akan dilaksanakan Tuhan di atas bumi."
Ayat ini sulit diterjemahkan karena baik tata bahasa maupun naskah agak rumit. Paulus melanjutkan kutipan dari Yesaya 10:22-23 (yang juga sulit diterjemahkan), di mana hukuman atas Israel dinubuatkan. Pokoknya hukuman Allah atas Israel diperpendek, sehingga masih ada "sisa" umat Israel yang disebut dalam 9:27.
Hagelberg: Rm 9:28 - -- 9:28 "Sebab suatu vonis613, diselesaikan dan diperpendek, secara benar (karena vonis tersebut telah diperpendek)614 akan dilaksanakan Tuhan di atas b...
9:28 "Sebab suatu vonis613, diselesaikan dan diperpendek, secara benar (karena vonis tersebut telah diperpendek)614 akan dilaksanakan Tuhan di atas bumi."
Ayat ini sulit diterjemahkan karena baik tata bahasa maupun naskah agak rumit. Paulus melanjutkan kutipan dari Yesaya 10:22-23 (yang juga sulit diterjemahkan), di mana hukuman atas Israel dinubuatkan. Pokoknya hukuman Allah atas Israel diperpendek, sehingga masih ada "sisa" umat Israel yang disebut dalam 9:27.
Hagelberg: Rm 9:29 - -- 9:29 Dan sebelum itu Yesaya615 telah berkata:
"Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom...
9:29 Dan sebelum itu Yesaya615 telah berkata:
"Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora."
Kecuali umat Israel (dan kita!) memperoleh belas kasihan Tuhan, akhirnya ada hanya kemusnahan jasmani616 dan kemusnahan kekal.617 Dengan kutipan ini Paulus sudah menguatkan bahwa sebagian dari Israel harus dianggap "benda-benda kemurkaan, yang telah disiapkan untuk kebinasaan", tetapi karena belas kasihan Allah, ada "sisa" yang ikut dengan banyak orang bukan Yahudi menjadi "benda-benda belas kasihanNya".
Hagelberg: Rm 9:29 - -- 9:29 Dan sebelum itu Yesaya615 telah berkata:
"Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom...
9:29 Dan sebelum itu Yesaya615 telah berkata:
"Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora."
Kecuali umat Israel (dan kita!) memperoleh belas kasihan Tuhan, akhirnya ada hanya kemusnahan jasmani616 dan kemusnahan kekal.617 Dengan kutipan ini Paulus sudah menguatkan bahwa sebagian dari Israel harus dianggap "benda-benda kemurkaan, yang telah disiapkan untuk kebinasaan", tetapi karena belas kasihan Allah, ada "sisa" yang ikut dengan banyak orang bukan Yahudi menjadi "benda-benda belas kasihanNya".