kecilkan semua  

Teks -- Roma 4:11-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka, 4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak iman Abraham, bapa leluhur kita, pada masa ia belum disunat. 4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman. 4:14 Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu. 4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran. 4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, -- 4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" -- di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada. 4:18 Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem


Topik/Tema Kamus: Abraham | Iman | Roma, Surat | Sunat | Janji Allah | Benar, Kebenaran Rohani | Benar, Membenarkan, Dibenarkan | Anak Angkat | Meterai | Meterai, Dimeteraikan Dengan Roh Kudus | Pahala Orang-Orang Kudus | Kasih Karunia | Hukum, Hukum Allah | Cipta, Ciptaan | Harap Pengharapan | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Paulus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 4:12 - IMAN ABRAHAM, BAPA LELUHUR KITA. Nas : Rom 4:12 Iman Abraham adalah iman sejati yang bertahan, percaya, meyakini, menaati, menjadi kuat, dan memuliakan Allah (ayat Rom 4:16-21). Im...

Nas : Rom 4:12

Iman Abraham adalah iman sejati yang bertahan, percaya, meyakini, menaati, menjadi kuat, dan memuliakan Allah (ayat Rom 4:16-21). Iman semacam inilah yang menjadikan kita anak-anak Allah.

Full Life: Rm 4:16 - JANJI ITU BERLAKU ... DARI IMAN. Nas : Rom 4:16 Orang percaya diselamatkan oleh iman saja karena kasih karunia. Tetapi, dua kebenaran alkitabiah mengenai sifat iman yang menyelamat...

Nas : Rom 4:16

Orang percaya diselamatkan oleh iman saja karena kasih karunia. Tetapi, dua kebenaran alkitabiah mengenai sifat iman yang menyelamatkan harus diperhatikan.

  1. 1) Sekalipun seseorang diselamatkan hanya oleh iman, iman yang menyelamatkan itu tidak berdiri sendiri. Yakobus mengatakan, "Iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati" (Yak 2:14-26); Paulus mengatakan, "Iman yang bekerja oleh kasih" (Gal 5:6). Iman yang menyelamatkan itu begitu vital sehingga mustahil untuk tidak mengasihi dan menaati sang Juruselamat serta melayani orang lain. Iman yang hanya mempercayai Allah untuk mengampuni dosa tanpa pertobatan yang sungguh-sungguh dan penyerahan yang aktif kepada Kristus sebagai Tuhan bukan iman yang menyelamatkan dari PB

    (lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

  2. 2) Tidaklah sesuai dengan Alkitab bila menekankan "iman" dan mengabaikan gambaran keselamatan yang lebih luas. Keselamatan oleh iman bukan hanya meliputi diselamatkan dari hukuman dosa tetapi juga diselamatkan untuk bersekutu dengan Allah, hidup kudus dan melakukan pekerjaan baik (Ef 2:10).

Full Life: Rm 4:16 - SUPAYA MERUPAKAN KASIH KARUNIA. Nas : Rom 4:16 Jikalau keselamatan, pembenaran, dan kebenaran yang disediakan Allah didatangkan melalui ketaatan sempurna kepada hukum Taurat, maka...

Nas : Rom 4:16

Jikalau keselamatan, pembenaran, dan kebenaran yang disediakan Allah didatangkan melalui ketaatan sempurna kepada hukum Taurat, maka tidak akan ada orang yang selamat karena tiada orang yang pernah menaatinya dengan sempurna. Tetapi karena datangnya melalui iman oleh kasih karunia, maka semua orang yang berbalik kepada Allah dapat diselamatkan. Allah dalam kemurahan-Nya mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan kasih karunia ilahi (yaitu, Roh dan kuasa-Nya) untuk memperbaharui kehidupan kita dan menjadikan kita anak-anak-Nya

(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Jerusalem: Rm 4:11 - meterai Kata yang sama (sfragis) tidak lama kemudian dipakai untuk menyebut baptisan Kristen, sakramen kepercayaan, 2Ko 1:22; Efe 1:13; 4:30; bdk Luk 6:27+; W...

Kata yang sama (sfragis) tidak lama kemudian dipakai untuk menyebut baptisan Kristen, sakramen kepercayaan, 2Ko 1:22; Efe 1:13; 4:30; bdk Luk 6:27+; Wah 7:2-8; 9:4

Jerusalem: Rm 4:11 - kebenaran berdasarkan iman Artinya ialah: kebenaran yang tidak lain kecuali iman (yang diamalkan), bdk Rom 1:17+; Rom 3:27+. Warisan diberi bukanlah oleh karena orang menepati s...

Artinya ialah: kebenaran yang tidak lain kecuali iman (yang diamalkan), bdk Rom 1:17+; Rom 3:27+. Warisan diberi bukanlah oleh karena orang menepati syarat-syarat suatu perjanjian (sebuah hukum), tetapi warisan diberikan supaya terlaksanalah janji-janji, Kej 12:2-3, yang diberikan kepada seseorang yang percaya. Karenanya pelaksanaan janji-janji itu juga hanya dapat dipahami dan diterima oleh orang yang percaya kepada diri Yesus, Juruselamat, serta karyaNya: Yoh 8:56; Kis 2:39; 13; 23; Rom 9:4-8; 15:8; Gal 3:14-19; Efe 1:13-14; 2:12; 3:6; Ibr 11:9-10,13, dll.

Jerusalem: Rm 4:15 - tetapi Var: sebab.

Var: sebab.

Jerusalem: Rm 4:17 - menjadikan dengan firmanNya Seperti pada hari penciptaan. Sifat-sifat Allah yang disebutkan merupakan ciri khas kekuasaanNya. Dengan jalan itu disiapkan Rom 4:24, di mana kebangk...

Seperti pada hari penciptaan. Sifat-sifat Allah yang disebutkan merupakan ciri khas kekuasaanNya. Dengan jalan itu disiapkan Rom 4:24, di mana kebangkitan Kristus disinggung.

Ende: Rm 4:10-11 - -- Paulus membantah anggapan orang Jahudi, jang mengandjurkan pendapat mereka, bahwa sunat dituntut sebagai sjarat mutlak untuk diselamatkan.

Paulus membantah anggapan orang Jahudi, jang mengandjurkan pendapat mereka, bahwa sunat dituntut sebagai sjarat mutlak untuk diselamatkan.

Ende: Rm 4:13 - Mewarisi dunia Itulah ringkasan segala djandji jang diberikan kepada Abraham dalam I Mos. Kej 12:2; 13:15; 18:18; 22:17-18. Dalam Kej 18:18 dan Kej 22:17-18 dinjatak...

Itulah ringkasan segala djandji jang diberikan kepada Abraham dalam I Mos. Kej 12:2; 13:15; 18:18; 22:17-18.

Dalam Kej 18:18 dan Kej 22:17-18 dinjatakan, bahwa sekalian bangsa akan diberkati dalam Abraham. Didalam Kej 12:7 didjandjikan Allah kepada Abraham tanah Kanaan bagi kaum turunannja. Tanah Kanaan kemudian mendjadi lambang keradjaan Mesias, jang menurut nubuat-nubuat akan meliputi seluruh dunia.

Ende: Rm 4:14 - Sudah dibatalkan Seandainja pengamalan hukum mendjadi sjarat djandji, maka sjarat asli, kepertjajaan itu, sudah diganti dengan sjarat pengamalan, dan anugerah mendjadi...

Seandainja pengamalan hukum mendjadi sjarat djandji, maka sjarat asli, kepertjajaan itu, sudah diganti dengan sjarat pengamalan, dan anugerah mendjadi upah, hal mana langsung bertentangan dengan hakekat djandji. Djandji pula diuntukkan bagi sekalian bangsa, tetapi kalau kemudian diberi bersjarat pengamalan hukum taurat, maka djandji hanja berlaku bagi kaum Israel.

Ende: Rm 4:15 - Membangkitkan murka Hal itu lebih landjut diterangkan dalam Gal 3:10-19. Bdl. pula Rom 5:20 surat ini.

Hal itu lebih landjut diterangkan dalam Gal 3:10-19. Bdl. pula Rom 5:20 surat ini.

Ende: Rm 4:16 - Mendjadi turunan berdasarkan kepertjajaan Abraham Siapa mengikuti djedjak kepertjajaan Abraham, mempunjai bagian dalam djandji.

Siapa mengikuti djedjak kepertjajaan Abraham, mempunjai bagian dalam djandji.

Ende: Rm 4:17 - Bangsa-bangsa banjak Dalam pandangan kaum Israel Abraham hanja bapa-bangsa bagi mereka jang setjara djasmani berasal dari padanja, djadi djandji hanja diuntukkan bagi mere...

Dalam pandangan kaum Israel Abraham hanja bapa-bangsa bagi mereka jang setjara djasmani berasal dari padanja, djadi djandji hanja diuntukkan bagi mereka. Tetapi "dihadapan Allah", jaitu dalam pandangan Allah, menurut nubuat-nubuat dan rentjana penjelamatanNja, ia mendjadi bapa- bangsa bagi sekalian orang jang mewarisi djandji karena kepertjajaannja akan Kristus.

Ende: Rm 4:17 - Memanggil jang tak ada Allah jang Mahakuasa memanggil nama machluk sadja jang hendak diadakannja, maka ketika itu tertjipta djuga. Demikian Allah berkuasa membuat kaum penje...

Allah jang Mahakuasa memanggil nama machluk sadja jang hendak diadakannja, maka ketika itu tertjipta djuga. Demikian Allah berkuasa membuat kaum penjembahan dewa-dewa, jang bukan kaum pilihan, mendjadi kaum pilihan dan turunan Abraham menurut maksud djandji dari semula.

Ende: Rm 4:18-19 - Bertentangan dengan segala harapan dengan djalan kodrat tak dapat diharapkan seorang putera lagi.

dengan djalan kodrat tak dapat diharapkan seorang putera lagi.

Ende: Rm 4:18-19 - Demikianlah djumlah.... Sabda ini terdapat dalam I Mos. Kej 15:5, jakni: "Tengadahlah dan hitunglah segala bintang, djika dapat; demikianlah djumlah kaum turunan kelak".

Sabda ini terdapat dalam I Mos. Kej 15:5, jakni: "Tengadahlah dan hitunglah segala bintang, djika dapat; demikianlah djumlah kaum turunan kelak".

Ref. Silang FULL: Rm 4:11 - ia bersunat // menjadi bapa // orang percaya · ia bersunat: Kej 17:10,11 · menjadi bapa: Rom 4:16,17; Luk 3:8; Luk 3:8 · orang percaya: Rom 3:22; Rom 3:22

· ia bersunat: Kej 17:10,11

· menjadi bapa: Rom 4:16,17; Luk 3:8; [Lihat FULL. Luk 3:8]

· orang percaya: Rom 3:22; [Lihat FULL. Rom 3:22]

Ref. Silang FULL: Rm 4:13 - diberikan janji // memiliki dunia // berdasarkan iman · diberikan janji: Kis 13:32; Kis 13:32; Gal 3:16,29 · memiliki dunia: Kej 17:4-6 · berdasarkan iman: Rom 9:30; Rom 9:30

· diberikan janji: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]; Gal 3:16,29

· memiliki dunia: Kej 17:4-6

· berdasarkan iman: Rom 9:30; [Lihat FULL. Rom 9:30]

Ref. Silang FULL: Rm 4:14 - janji itu · janji itu: Gal 3:18

· janji itu: Gal 3:18

Ref. Silang FULL: Rm 4:15 - membangkitkan murka // juga pelanggaran · membangkitkan murka: Rom 7:7-25; 1Kor 15:56; 2Kor 3:7; Gal 3:10; Rom 7:12; Rom 7:12 · juga pelanggaran: Rom 3:20; 5:13; 7:7

· membangkitkan murka: Rom 7:7-25; 1Kor 15:56; 2Kor 3:7; Gal 3:10; Rom 7:12; [Lihat FULL. Rom 7:12]

· juga pelanggaran: Rom 3:20; 5:13; 7:7

Ref. Silang FULL: Rm 4:16 - kasih karunia // itu berlaku // kita semua · kasih karunia: Rom 3:24; Rom 3:24 · itu berlaku: Rom 15:8 · kita semua: Rom 4:11; Luk 3:8; Luk 3:8; Gal 3:16; Gal 3:16

· kasih karunia: Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]

· itu berlaku: Rom 15:8

· kita semua: Rom 4:11; Luk 3:8; [Lihat FULL. Luk 3:8]; Gal 3:16; [Lihat FULL. Gal 3:16]

Ref. Silang FULL: Rm 4:17 - banyak bangsa // yang menghidupkan // yang menjadikan // tidak ada · banyak bangsa: Kej 17:5 · yang menghidupkan: Yoh 5:21; Yoh 5:21 · yang menjadikan: Yes 48:13 · tidak ada: 1Kor 1:28

· banyak bangsa: Kej 17:5

· yang menghidupkan: Yoh 5:21; [Lihat FULL. Yoh 5:21]

· yang menjadikan: Yes 48:13

· tidak ada: 1Kor 1:28

Ref. Silang FULL: Rm 4:18 - banyak bangsa // nanti keturunanmu · banyak bangsa: Rom 4:17 · nanti keturunanmu: Kej 15:5

· banyak bangsa: Rom 4:17

· nanti keturunanmu: Kej 15:5

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 4:11 - -- 4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai segel kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi...

4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai segel kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka

Dalam Kejadian 17:11 sunat disebut "tanda perjanjian antara Aku dan kamu." Dalam Roma 4:11 sunat disebut sebagai segel kebenaran berdasarkan iman. Sunat, sebagai tanda perjanjian, menyegel kebenaran bedasarkan iman.

Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka

Orang Yahudi menganggap Abraham sebagai bapa mereka, sebagai pendiri agama mereka, tetapi Paulus sudah membuktikan bahwa Abraham layak dianggap bapa222 dari semua orang percaya yang tak bersunat. Walaupun ada orang yang sebelum Abraham dibenarkan melalui iman, tetapi Abraham adalah yang pertama yang dikatakan dibenarkan melalui iman, sehingga dia dapat disebut "bapa."

Hagelberg: Rm 4:1-25 - -- b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25 Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia...

b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25

Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia tidak dapat dibenarkan melalui ketaatan pada hukum Taurat. Dalam bagian ini dia akan membuktikan bahwa pernyataan tersebut sesuai dengan ajaran Perjanjian Lama. Dia akan membuktikannya melalui kesaksian dua tokoh Perjanjian Lama yang paling hebat199 dari segi ketaatan, yaitu Bapa Abraham dan Raja Daud. Dua tokoh tersebut dipilih karena kalau pernyataan tersebut dapat dibuktikan melalui kesaksian mereka, maka pernyataan tersebut telah dibuktikan untuk semua.

i. Abraham Dibenarkan karena Iman 4:1-4:5

Bagi orang-orang Yahudi Bapa Abraham adalah teladan, seorang tokoh yang dibenarkan karena perbuatannya. Paulus setuju bahwa dia luar biasa, dan bahwa dia dibenarkan, tetapi Paulus tidak setuju bahwa dia dibenarkan karena perbuatannya.

Hagelberg: Rm 4:11 - -- 4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai segel kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi...

4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai segel kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka

Dalam Kejadian 17:11 sunat disebut "tanda perjanjian antara Aku dan kamu." Dalam Roma 4:11 sunat disebut sebagai segel kebenaran berdasarkan iman. Sunat, sebagai tanda perjanjian, menyegel kebenaran bedasarkan iman.

Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka

Orang Yahudi menganggap Abraham sebagai bapa mereka, sebagai pendiri agama mereka, tetapi Paulus sudah membuktikan bahwa Abraham layak dianggap bapa222 dari semua orang percaya yang tak bersunat. Walaupun ada orang yang sebelum Abraham dibenarkan melalui iman, tetapi Abraham adalah yang pertama yang dikatakan dibenarkan melalui iman, sehingga dia dapat disebut "bapa."

Hagelberg: Rm 3:21--4:25 - -- 2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25 (aiwn/aion hidup) Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang perc...

2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25

(aiwn/aion hidup)

Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Sampai di sini semua yang diuraikan berpusat pada murka Allah. Aiwn/Aion kematian dikuasai oleh kuasa Dosa. Tetapi di sini Paulus mulai menyoroti sesuatu yang baru, yaitu kebenaran Allah. Nygren163 menyamakan aiwn/aion hidup yang mulai diceriterakan di sini dengan "ciptaan baru... yang sudah datang" yang disebut dalam II Korintus 5:17. Kalau judul 1:18-3:20 adalah "Murka Allah," judul yang tepat untuk 3:21-4:25 adalah "Kebenaran Allah."

Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25 Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...

A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25

Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.

Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."

Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 4:12 - -- 4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak kaki iman Abraham, bapa leluhur ...

4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak kaki iman Abraham, bapa leluhur kita, pada masa ia belum disunat.

Jadi Abraham menjadi bapa yang ganda. Dia bapa orang yang tak bersunat dan juga bapa orang yang bersunat, asalkan mereka percaya sama seperti Abraham percaya pada saat dia belum disunat.223

Nygren224 mengamati bahwa bagi orang Yahudi Abraham dianggap pemisah manusia, karena setelah dia, ada anak-anak Abraham, yaitu orang yang bersunat, dan ada yang bukan anak-anak Abraham, yaitu orang tak bersunat. Tetapi bagi Rasul Paulus Abraham adalah pemersatu bagi orang percaya, baik yang bersunat, maupun yang tak bersunat, karena semua orang percaya memiliki dia sebagai bapa.

Riwayat Abraham sudah membuktikan bahwa dia dibenarkan tanpa sunat. Ayat-ayat yang berikut merupakan studi kasus di mana Paulus membuktikan bahwa Abraham tidak dibenarkan melalui hukum Taurat, tetapi melalui iman.

iv. Abraham Diberi Janji Berdasarkan Iman 4:13-25

Hagelberg: Rm 4:12 - -- 4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak kaki iman Abraham, bapa leluhur ...

4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak kaki iman Abraham, bapa leluhur kita, pada masa ia belum disunat.

Jadi Abraham menjadi bapa yang ganda. Dia bapa orang yang tak bersunat dan juga bapa orang yang bersunat, asalkan mereka percaya sama seperti Abraham percaya pada saat dia belum disunat.223

Nygren224 mengamati bahwa bagi orang Yahudi Abraham dianggap pemisah manusia, karena setelah dia, ada anak-anak Abraham, yaitu orang yang bersunat, dan ada yang bukan anak-anak Abraham, yaitu orang tak bersunat. Tetapi bagi Rasul Paulus Abraham adalah pemersatu bagi orang percaya, baik yang bersunat, maupun yang tak bersunat, karena semua orang percaya memiliki dia sebagai bapa.

Riwayat Abraham sudah membuktikan bahwa dia dibenarkan tanpa sunat. Ayat-ayat yang berikut merupakan studi kasus di mana Paulus membuktikan bahwa Abraham tidak dibenarkan melalui hukum Taurat, tetapi melalui iman.

iv. Abraham Diberi Janji Berdasarkan Iman 4:13-25

Hagelberg: Rm 4:13 - -- 4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan menjadi ahli waris dunia, tetapi karena keb...

4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan menjadi ahli waris dunia, tetapi karena kebenaran melalui iman.

Paulus membuka bagian ini dengan pernyataan tema yang akan dibuktikan. Jalan pikirannya nyata bagi para pembaca.

...ia akan menjadi ahli waris dunia...

Bentuk janji ini, bahwa Abraham akan menjadi ahli waris dunia,225 tidak diambil dari Perjanjian Lama, tetapi dari tradisi rabi-rabi Israel.

...kebenaran melalui iman...

Secara harafiah kata-kata ini dapat diterjemahkan "kebenaran iman."226 Yang dimaksudkan adalah kebenaran yang diperoleh karena iman, dan bukan karena perbuatan.

Hagelberg: Rm 4:13 - -- 4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan menjadi ahli waris dunia, tetapi karena keb...

4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan menjadi ahli waris dunia, tetapi karena kebenaran melalui iman.

Paulus membuka bagian ini dengan pernyataan tema yang akan dibuktikan. Jalan pikirannya nyata bagi para pembaca.

...ia akan menjadi ahli waris dunia...

Bentuk janji ini, bahwa Abraham akan menjadi ahli waris dunia,225 tidak diambil dari Perjanjian Lama, tetapi dari tradisi rabi-rabi Israel.

...kebenaran melalui iman...

Secara harafiah kata-kata ini dapat diterjemahkan "kebenaran iman."226 Yang dimaksudkan adalah kebenaran yang diperoleh karena iman, dan bukan karena perbuatan.

Hagelberg: Rm 4:14 - -- 4:14 Sebab jika mereka yang dari hukum Taurat menjadi ahli waris, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu. Tidak mungkin orang menjadi ahli waris...

4:14 Sebab jika mereka yang dari hukum Taurat menjadi ahli waris, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

Tidak mungkin orang menjadi ahli waris dunia berdasarkan ketaatan pada hukum Taurat, karena jika demikian maka sia-sialah iman dan batallah janji itu. Kesimpulan ini akan dibuktikan melalui dua "rantai gagasan,"227 yang terdiri dari tiga mata rantai, tiga gagasan masing-masing. Dua "rantai" tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan, dan mata rantai yang satu tidak dapat dipakai oleh rantai yang lain.

Hagelberg: Rm 4:14 - -- 4:14 Sebab jika mereka yang dari hukum Taurat menjadi ahli waris, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu. Tidak mungkin orang menjadi ahli waris...

4:14 Sebab jika mereka yang dari hukum Taurat menjadi ahli waris, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

Tidak mungkin orang menjadi ahli waris dunia berdasarkan ketaatan pada hukum Taurat, karena jika demikian maka sia-sialah iman dan batallah janji itu. Kesimpulan ini akan dibuktikan melalui dua "rantai gagasan,"227 yang terdiri dari tiga mata rantai, tiga gagasan masing-masing. Dua "rantai" tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan, dan mata rantai yang satu tidak dapat dipakai oleh rantai yang lain.

Hagelberg: Rm 4:15 - -- 4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, karena di mana tidak ada hukum Taurat di situ tidak ada juga pelanggaran. Dalam Roma pasal 2 Paulus sud...

4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, karena di mana tidak ada hukum Taurat di situ tidak ada juga pelanggaran.

Dalam Roma pasal 2 Paulus sudah membuktikan bahwa hukum Taurat membangkitkan murka. Paulus tidak berkata di sini bahwa tanpa hukum Taurat tidak ada dosa. Dia berkata tidak ada pelanggaran, karena pelanggaran228 berarti ada hukum yang dilanggar.

Rantai yang pertama terdiri dari hukum Taurat, pelanggaran, dan murka. Rantai tersebut tidak dapat diputuskan. Kalau satu dari ketiga hal ini muncul, yang lain pasti juga muncul.

Hagelberg: Rm 4:15 - -- 4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, karena di mana tidak ada hukum Taurat di situ tidak ada juga pelanggaran. Dalam Roma pasal 2 Paulus sud...

4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, karena di mana tidak ada hukum Taurat di situ tidak ada juga pelanggaran.

Dalam Roma pasal 2 Paulus sudah membuktikan bahwa hukum Taurat membangkitkan murka. Paulus tidak berkata di sini bahwa tanpa hukum Taurat tidak ada dosa. Dia berkata tidak ada pelanggaran, karena pelanggaran228 berarti ada hukum yang dilanggar.

Rantai yang pertama terdiri dari hukum Taurat, pelanggaran, dan murka. Rantai tersebut tidak dapat diputuskan. Kalau satu dari ketiga hal ini muncul, yang lain pasti juga muncul.

Hagelberg: Rm 4:16 - -- 4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya menurut kasih karunia, sehingga janji itu bersifat pasti bagi semua keturunan Abraham, bukan han...

4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya menurut kasih karunia, sehingga janji itu bersifat pasti bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, -

Rantai yang kedua adalah iman, kasih karunia, dan janji. Satu mata rantai, misalnya janji, tidak dapat diambil dari rantai ini dan dipasang pada rantai lain yang terdiri dari "hukum Taurat," "pelanggaran," dan "murka." Rantai ini juga tidak dapat diputuskan.

...kebenaran berdasarkan iman supaya menurut kasih karunia...

Kalau pembenaran di hadapan Allah tidak karena iman, maka tidak bisa berdasarkan kasih karunia, tetapi harus berdasarkan perbuatan. Kalau berdasarkan perbuatan maka janji Allah kurang pasti, tetapi kalau pembenaran berdasarkan iman, maka pembenaran itu adalah menurut kasih karunia, dengan akibat bahwa janji pembenaran bersifat pasti.229

...bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham.

Orang bukan Yahudi disebut keturunan Abraham! Apa mungkin orang bukan Yahudi layak disebut keturunan Abraham? Hal ini sudah dikatakan dalam pasal 4:11-12, dan akan didukung dalam ayat yang berikut.

...mereka yang dari hukum Taurat...

Istilah "hidup" tidak ada dalam pasal 4:16 dalam bahasa asli. Tidak ada orang yang "hidup dari hukum Taurat."230 Yang dimaksudkan oleh Paulus adalah mereka dari golongan hukum Taurat.

Hagelberg: Rm 4:16 - -- 4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya menurut kasih karunia, sehingga janji itu bersifat pasti bagi semua keturunan Abraham, bukan han...

4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya menurut kasih karunia, sehingga janji itu bersifat pasti bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, -

Rantai yang kedua adalah iman, kasih karunia, dan janji. Satu mata rantai, misalnya janji, tidak dapat diambil dari rantai ini dan dipasang pada rantai lain yang terdiri dari "hukum Taurat," "pelanggaran," dan "murka." Rantai ini juga tidak dapat diputuskan.

...kebenaran berdasarkan iman supaya menurut kasih karunia...

Kalau pembenaran di hadapan Allah tidak karena iman, maka tidak bisa berdasarkan kasih karunia, tetapi harus berdasarkan perbuatan. Kalau berdasarkan perbuatan maka janji Allah kurang pasti, tetapi kalau pembenaran berdasarkan iman, maka pembenaran itu adalah menurut kasih karunia, dengan akibat bahwa janji pembenaran bersifat pasti.229

...bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham.

Orang bukan Yahudi disebut keturunan Abraham! Apa mungkin orang bukan Yahudi layak disebut keturunan Abraham? Hal ini sudah dikatakan dalam pasal 4:11-12, dan akan didukung dalam ayat yang berikut.

...mereka yang dari hukum Taurat...

Istilah "hidup" tidak ada dalam pasal 4:16 dalam bahasa asli. Tidak ada orang yang "hidup dari hukum Taurat."230 Yang dimaksudkan oleh Paulus adalah mereka dari golongan hukum Taurat.

Hagelberg: Rm 4:17 - -- 4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghid...

4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firmanNya apa yang tidak ada menjadi ada.

Paulus mengutip firman ini dari Kejadian 17:5231 untuk menegaskan bahwa kita yang bukan keturunan jasmani dari Abraham dapat disebut "keturunan Abraham." Di sini Paulus tidak berkata bahwa kita adalah bangsa Israel, atau "Israel baru." Istilah bangsa di sini memakai bentuk jamak.

...di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya...

Di atas Paulus sudah berkata "sebab Abraham adalah bapa kita semua," dan di sini dia melanjutkan kalimat itu. Abraham memperoleh sebutan "bapa kita semua" di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya. Dia diberi tempat yang mulia itu karena dia percaya, karena imannya.

Nygren232 mengingatkan kita bahwa bagian pertama dari Surat Roma menjelaskan arti dari pasal 1:17, "dia yang benar karena iman." Abraham adalah contoh utama dan pola yang mantap dari "dia yang benar oleh iman," dan kita adalah keturunannya. Dalam pasal 4:17-25 Paulus menjelaskan arti dari istilah "iman" melalui pengalaman Abraham.

...yaitu Allah yang menghidupkan orang mati...

Allah yang dipercayai Abraham adalah seperti ini. Allah Abraham menghidupkan orang mati. Baik Abraham pada waktu dia memperanakkan Ishak (Ibrani 11:12), maupun Ishak pada waktu dia hampir dikorbankan (Ibrani 11:19) dapat dianggap orang mati yang dihidupkan secara kiasan. Kebangkitan Tuhan Yesus disebut dalam pasal 4:24, yaitu akhir dari diskusi ini, sehingga tidak jauh dari pikiran Paulus di sini.

...dan yang menjadikan dengan firmanNya233 apa yang tidak ada menjadi ada.

Allah yang dipercayai Abraham menciptakan segala sesuatu. Selain semesta alam, Dia juga "menciptakan" keturunan bagi Abraham, walaupun kelihatannya mustahil. Dan Abraham percaya pada janji itu. Jadi bagi Abraham, hal yang kelihatanya mustahil atau tidak mustahil, hal itu tidak menjadi masalah. Yang penting adalah bahwa Allah berjanji kepada dia. Abraham memiliki janji Allah. Apa yang tinggal hanya merupakan pelaksanaan saja. Jadi bagi Abraham, iman berarti memegang pada janji Allah. Ini juga berlaku untuk "mereka yang hidup dari iman Abraham."

Hagelberg: Rm 4:17 - -- 4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghid...

4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firmanNya apa yang tidak ada menjadi ada.

Paulus mengutip firman ini dari Kejadian 17:5231 untuk menegaskan bahwa kita yang bukan keturunan jasmani dari Abraham dapat disebut "keturunan Abraham." Di sini Paulus tidak berkata bahwa kita adalah bangsa Israel, atau "Israel baru." Istilah bangsa di sini memakai bentuk jamak.

...di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya...

Di atas Paulus sudah berkata "sebab Abraham adalah bapa kita semua," dan di sini dia melanjutkan kalimat itu. Abraham memperoleh sebutan "bapa kita semua" di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya. Dia diberi tempat yang mulia itu karena dia percaya, karena imannya.

Nygren232 mengingatkan kita bahwa bagian pertama dari Surat Roma menjelaskan arti dari pasal 1:17, "dia yang benar karena iman." Abraham adalah contoh utama dan pola yang mantap dari "dia yang benar oleh iman," dan kita adalah keturunannya. Dalam pasal 4:17-25 Paulus menjelaskan arti dari istilah "iman" melalui pengalaman Abraham.

...yaitu Allah yang menghidupkan orang mati...

Allah yang dipercayai Abraham adalah seperti ini. Allah Abraham menghidupkan orang mati. Baik Abraham pada waktu dia memperanakkan Ishak (Ibrani 11:12), maupun Ishak pada waktu dia hampir dikorbankan (Ibrani 11:19) dapat dianggap orang mati yang dihidupkan secara kiasan. Kebangkitan Tuhan Yesus disebut dalam pasal 4:24, yaitu akhir dari diskusi ini, sehingga tidak jauh dari pikiran Paulus di sini.

...dan yang menjadikan dengan firmanNya233 apa yang tidak ada menjadi ada.

Allah yang dipercayai Abraham menciptakan segala sesuatu. Selain semesta alam, Dia juga "menciptakan" keturunan bagi Abraham, walaupun kelihatannya mustahil. Dan Abraham percaya pada janji itu. Jadi bagi Abraham, hal yang kelihatanya mustahil atau tidak mustahil, hal itu tidak menjadi masalah. Yang penting adalah bahwa Allah berjanji kepada dia. Abraham memiliki janji Allah. Apa yang tinggal hanya merupakan pelaksanaan saja. Jadi bagi Abraham, iman berarti memegang pada janji Allah. Ini juga berlaku untuk "mereka yang hidup dari iman Abraham."

Hagelberg: Rm 4:18 - -- 4:18 Abraham, melawan segala harapan yang kelihatan, hanya dengan harapan yang tidak kelihatan,234 percaya, sehingga235 ia menjadi "bapa banyak bangs...

4:18 Abraham, melawan segala harapan yang kelihatan, hanya dengan harapan yang tidak kelihatan,234 percaya, sehingga235 ia menjadi "bapa banyak bangsa" menurut yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

Iman Abraham luar biasa. Waktu kita percaya, kita hanya percaya untuk diri kita sendiri, tetapi waktu Abraham percaya, dia percaya bahwa ia akan menjadi "bapa banyak bangsa." Dia percaya pada sebuah janji yang jauh lebih besar dari pada apa yang kita percaya. Dan dia dapat percaya walaupun dia ada di dalam situasi yang sangat berat, karena di samping Abraham dan Sara tidak punya anak, mereka sudah sangat tua sekali.

"Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

Menurut Kejadian 15:5 jumlah keturunan Abraham akan menjadi sama dengan jumlah bintang-bintang di langit.

Hagelberg: Rm 4:18 - -- 4:18 Abraham, melawan segala harapan yang kelihatan, hanya dengan harapan yang tidak kelihatan,234 percaya, sehingga235 ia menjadi "bapa banyak bangs...

4:18 Abraham, melawan segala harapan yang kelihatan, hanya dengan harapan yang tidak kelihatan,234 percaya, sehingga235 ia menjadi "bapa banyak bangsa" menurut yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

Iman Abraham luar biasa. Waktu kita percaya, kita hanya percaya untuk diri kita sendiri, tetapi waktu Abraham percaya, dia percaya bahwa ia akan menjadi "bapa banyak bangsa." Dia percaya pada sebuah janji yang jauh lebih besar dari pada apa yang kita percaya. Dan dia dapat percaya walaupun dia ada di dalam situasi yang sangat berat, karena di samping Abraham dan Sara tidak punya anak, mereka sudah sangat tua sekali.

"Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

Menurut Kejadian 15:5 jumlah keturunan Abraham akan menjadi sama dengan jumlah bintang-bintang di langit.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Rm 4:1-12 - Orang benar Perjanjian Lama. (Minggu, 17 Mei 1998) Orang benar Perjanjian Lama. Orang benar Perjanjian Lama. Paulus mendukung pendapatnya bahwa orang dib...

SH: Rm 4:1-12 - Abraham dibenarkan oleh iman (Rabu, 31 Mei 2006) Abraham dibenarkan oleh iman Judul: Abraham dibenarkan oleh iman Untuk memperkuat argumentasinya b...

SH: Rm 4:1-12 - Teladan Iman Abraham dan Daud (Rabu, 19 Oktober 2016) Teladan Iman Abraham dan Daud Setelah menjelaskan topik manusia dibenarkan karena iman di pasal sebelumnya, kini ...

SH: Rm 4:1-15 - Pembenaran, kasih karunia, iman (Selasa, 12 Mei 2009) Pembenaran, kasih karunia, iman Judul: Pembenaran, kasih karunia, iman Untuk memperkuat argumentasi me...

SH: Rm 4:1-25 - Akhir zaman atau zaman akhir? (Kamis, 19 April 2012) Akhir zaman atau zaman akhir? Judul: Abraham sebagai model iman Orang Yahudi sangat patuh kepada Taura...

SH: Rm 4:1-25 - Apakah Aku Punya Iman yang Cukup? (Minggu, 26 Juni 2022) Apakah Aku Punya Iman yang Cukup? Apakah iman saja cukup? Bukankah perbuatan juga merupakan hal yang esensial? Ji...

SH: Rm 4:13-25 - Memegang teguh janji Tuhan. (Senin, 18 Mei 1998) Memegang teguh janji Tuhan. Memegang teguh janji Tuhan. Menilik usianya yang sudah usur dan kondisi la...

SH: Rm 4:13-25 - Apa dasar Abraham dibenarkan? (Kamis, 1 Juni 2006) Apa dasar Abraham dibenarkan? Judul: Apa dasar Abraham dibenarkan? Jika pertanyaan ini dilontarkan...

SH: Rm 4:13-25 - Iman dan Janji (Kamis, 20 Oktober 2016) Iman dan Janji Kita hidup pada zaman di mana manusia sangat mudah melanggar janji, seperti: janji perkawinan, jan...

SH: Rm 4:16-25 - Dibenarkan karena iman (Sabtu, 4 April 2009) Dibenarkan karena iman Judul: Dibenarkan karena iman Salah satu pengajaran penting iman Kristen adalah...

SH: Rm 4:16-25 - Oleh kasih karunia melalui iman (Rabu, 13 Mei 2009) Oleh kasih karunia melalui iman Judul: Oleh kasih karunia melalui iman Apa yang dimaksud dengan iman? ...

Utley: Rm 4:9-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 4:9-12...

Utley: Rm 4:13-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 4:13-15...

Utley: Rm 4:16-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 4:16-25...

Topik Teologia: Rm 4:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Perca...

Topik Teologia: Rm 4:12 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:...

Topik Teologia: Rm 4:13 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita ...

Topik Teologia: Rm 4:14 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:...

Topik Teologia: Rm 4:15 - -- Dosa Natur Dosa Dosa adalah Pelanggaran Aktif Terhadap Hukum Allah Pelanggaran Hukum Allah ...

Topik Teologia: Rm 4:16 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Sumber Alkitab Kitab Suci Memiliki Kuasa Final Allah...

Topik Teologia: Rm 4:17 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Sumber Alkitab Kitab Suci Memiliki Kuasa Final Allah...

Topik Teologia: Rm 4:18 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah ...

TFTWMS: Rm 4:9-12 - Kebenaran Tidak Bergantung Pada Sunat KEBENARAN TIDAK BERGANTUNG PADA SUNAT (Roma 4:9-12) 9 Adakah ucapan ...

TFTWMS: Rm 4:13-15 - Janji Dibuat Melalui Iman, Bukan Taurat JANJI DIBUAT MELALUI IMAN, BUKAN TAURAT (Roma 4:13-15) 13 Sebab buk...

TFTWMS: Rm 4:16-25 - Abraham, Bapak Semua Orang Percaya ABRAHAM, BAPAK SEMUA ORANG PERCAYA (Roma 4:16-25) 16 Karena itulah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Diselamatkan Oleh Darah! (Roma 3:25; 5:9) Paulus menulis dalam ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 4 CONTOH DARI ABRAHAM, ORANG BERIMAN ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Mengikuti Jejak Kehidupan Abraham (Roma 4) Para pembaca Pa...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 James R. Edwards, Romans, New International Biblical Commentary (Peabody, Mass.: Hendri...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Mengikuti Jejak Abraham (Roma 4:12) Dalam ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Percaya Kepada Allah (Roma 4:17) Abraham tidak beriman kepada dirinya...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.29 detik
dipersembahkan oleh YLSA