kecilkan semua  

Teks -- Roma 2:6-11 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, 2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, 2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. 2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani, 2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani. 2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Roma, Surat | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Mati, Kematian Kekal | Hukum Terhadap Orang | Orang Bukan Yahudi | Pahala Orang-Orang Kudus | Sabar, Kesabaran | Tekun, Ketekunan | Murka | Adil, Keadilan Allah | Hidup Kekal | Benar Kebenaran | Manusia | Benar, Kebenaran Rohani | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 2:7 - KEMULIAAN, KEHORMATAN, DAN KETIDAKBINASAAN. Nas : Rom 2:7 Pada awal uraiannya tentang keselamatan, Paulus menjelaskan suatu kebenaran mendasar mengenai urusan Allah dengan seluruh umat manusi...

Nas : Rom 2:7

Pada awal uraiannya tentang keselamatan, Paulus menjelaskan suatu kebenaran mendasar mengenai urusan Allah dengan seluruh umat manusia: Allah menghukum pelaku kejahatan dan memberikan pahala kepada orang benar (Gal 6:7-8;

lihat cat. --> Yoh 5:29).

[atau ref. Yoh 5:29]

  1. 1) Orang benar adalah mereka yang sudah dibenarkan oleh iman (Rom 1:16-17; 3:24) dan bertekun dalam melakukan yang benar menurut standar Allah (ayat Rom 2:7,10; bd. Mat 24:13; Kol 1:23; Ibr 3:14; Wahy 2:10). Mereka sangat menghargai kemuliaan dari Allah (Rom 1:23; 2:7; 5:2; 8:18) dan mencari hidup kekal (Rom 8:23; 1Kor 15:51-57; 1Pet 1:4; Wahy 21:1-22:5).
  2. 2) Mereka yang mencari ketidakbinasaan melakukannya berdasarkan kasih karunia melalui iman (Rom 3:24-25; Ef 1:4-7; 2:8-10; 2Tim 2:1;

    lihat cat. --> Fili 2:12;

    lihat cat. --> Fili 2:13).

    [atau ref. Fili 2:12-13]

    Orang yang setia memasuki "kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan" dengan "tekun berbuat baik" (bd. Mat 24:12-13) melalui kasih karunia Kristus yang memberi kekuatan

    (lihat cat. --> Mat 7:21;

    [atau ref. Mat 7:21]

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

  3. 3) Mereka yang melakukan kejahatan itu mementingkan diri sendiri, tidak menaati kebenaran dan senang melakukan yang tidak benar. Mereka akan menerima kemarahan dan kesusahan (Rom 1:28-32; 2:8-9).

Jerusalem: Rm 1:18--3:20 - -- Uraian mengenai Kebenaran Allah yang menyatakan diri melalui Injil, yang nanti akan dilanjutkan dalam Rom 3:21 dst, disusul suatu uraian tentang kebal...

Uraian mengenai Kebenaran Allah yang menyatakan diri melalui Injil, yang nanti akan dilanjutkan dalam Rom 3:21 dst, disusul suatu uraian tentang kebalikannya ialah: di luar Injil hanya "kemurkaan Allah" yang menampakkan diri, baik dalam dunia orang-orang kafir, Rom 1:18-32, maupun dalam bangsa Yahudi, Rom 2:1-3:10. Kemurkaan itu pertama-tama menyatakan dirinya dalam diperbanyaknya dosa manusia. Dalam penghakiman terakhir akan disingkapkan seluruhnya, Rom 2:6+; Mat 3:7+.

Jerusalem: Rm 2:1--3:20 - -- Sekarang Paulus berkata kepada orang Yahudi. Mula-mula, Rom 2:1-16, ia belum menyebutkan mereka, tetapi kemudian, Rom 2:17-3:20, ia berkata dengan ter...

Sekarang Paulus berkata kepada orang Yahudi. Mula-mula, Rom 2:1-16, ia belum menyebutkan mereka, tetapi kemudian, Rom 2:17-3:20, ia berkata dengan terus terang. Orang-orang Yahudi mau main hakim terhadap orang-orang lain, tetapi mereka sendiri tidak terluput, kalau berlaku seperti orang-orang lain itu, Rom 2:1-5,17-24. Hukum Taurat, Rom 2:12-13, sunat, Rom 2:25-29, dan Kitab Suci yang berharga, Rom 3:1-8, tidak membebaskan mereka dari sikap hati yang tepat. Baik orang Yahudi maupun orang kafir dapat dituntut di hadapan pengadilan Allah, Rom 2:6-11; dan kenyataannya kedua-duanya telah menjadi hamba dosa, Rom 3:9-20.

Jerusalem: Rm 2:6 - -- "Hari Yahwe" yang dinubuatkan para nabi sebagai hari kemurkaan dan keselamatan, Amo 5:18, sepenuh-penuhnya terwujud di akhir zaman pada "hari Tuhan" i...

"Hari Yahwe" yang dinubuatkan para nabi sebagai hari kemurkaan dan keselamatan, Amo 5:18, sepenuh-penuhnya terwujud di akhir zaman pada "hari Tuhan" ialah hari kedatangan Kristus dalam kemuliaan-Nya, 1Ko 1:8+. Pada "Hari Penghakiman" (bdk Mat 10:15; 11:22,24; 12:36; 2Pe 2:9; 3:7; 1Yo 4:17) itu orang-orang mati akan bangkit, 1Te 4:13-18; 1Ko 15:22-23,15 dst, dan semua manusia tampil di depan pengadilan Allah, Rom 14:10, dan pengadilan Kristus, 2Ko 5:10; bdk Mat 25:31 dst, Penghakiman itu tidak terhindar, Rom 2:3; Gal 5:10; 1Te 5:3, dan tidak pandang bulu, Rom 2:11; Kol 3:25; bdk 1Pe 1:17; hanya Allah berwenang mengadakannya, Rom 12:19; 14:10; 1Ko 4:5; bdk Mat 7:1 dsj, dan dengan perantara Kristus, Rom 2:16; 2Ti 4:1; bdk Kis 17:31; Yoh 5:22, akan menghakimi orang hidup dan mati, 2Ti 4:1; bdk Kis 10:42; 1Pe 4:5. Dia yang menyelami hati-sanubari, Rom 2:16; 1Ko 4:5 bdk Wah 2:23, dan menguji dengan api, 1Ko 3:13-15, akan membalas setiap orang, menurut perbuatannya, 1Ko 3:8; 2Ko 5:10; 11:15; Efe 6:8; bdk Mat 16:27; 1Pe 1:17; Wah 2:23; 20:12; 22:12. Orang menuai apa yang ditaburkannya, Gal 6:7-9; bdk Mat 13:39; Wah 14:15. Kemurkaan dan kebinasaan, Rom 9:22, bagi kekuasaan-kekuasaan yang jahat, 1Ko 15:23-26; 2Te 2:8, dan orang-orang fasik, 2Te 1:7-10; bdk Mat 13:41; Efe 4:6; 2Pe 3:7; Wah 6:17; 11:18. Bagi orang-orang pilihan, yang melakukan yang baik tersedialah pembebasan, Efe 4:30; bdk Rom 8:23; kelegaan, Kis 3:20; bdk 2Te 1:7; Ibr 4:5-11, upah di sorga, bdk Mat 5:12; Wah 11;18, keselamatan, 1Pe 1:5, peninggian, 1Pe 5:6, pujian, 1Ko 4:5, kemuliaan, Rom 8:18 dst; 1Ko 15:43; Kol 3:4; bdk Mat 13:43.

Ref. Silang FULL: Rm 2:6 - menurut perbuatannya · menurut perbuatannya: Mazm 62:13; Mat 16:27; Mat 16:27

· menurut perbuatannya: Mazm 62:13; Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Rm 2:7 - hidup kekal // kemuliaan, kehormatan // dan ketidakbinasaan · hidup kekal: Mat 25:46; Mat 25:46 · kemuliaan, kehormatan: Rom 2:10 · dan ketidakbinasaan: 1Kor 15:53,54; 2Tim 1:10

· hidup kekal: Mat 25:46; [Lihat FULL. Mat 25:46]

· kemuliaan, kehormatan: Rom 2:10

· dan ketidakbinasaan: 1Kor 15:53,54; 2Tim 1:10

Ref. Silang FULL: Rm 2:8 - dan geram // kepada kelaliman · dan geram: Yeh 22:31 · kepada kelaliman: 2Tes 2:12

· dan geram: Yeh 22:31

· kepada kelaliman: 2Tes 2:12

Ref. Silang FULL: Rm 2:9 - berbuat jahat // orang Yunani · berbuat jahat: Mazm 32:10 · orang Yunani: Rom 2:10; Rom 1:16

· berbuat jahat: Mazm 32:10

· orang Yunani: Rom 2:10; Rom 1:16

Ref. Silang FULL: Rm 2:10 - orang Yunani · orang Yunani: Rom 2:9; Rom 1:16

· orang Yunani: Rom 2:9; Rom 1:16

Ref. Silang FULL: Rm 2:11 - memandang bulu · memandang bulu: Kis 10:34; Kis 10:34

· memandang bulu: Kis 10:34; [Lihat FULL. Kis 10:34]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 2:6 - -- 2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya... Di sini Paulus mengutip Mazmur 62:13b, yang berkata, "Sebab Engkau membalas setiap orang me...

2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya...

Di sini Paulus mengutip Mazmur 62:13b, yang berkata, "Sebab Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya." Kalau dibaca secara sepintas, nampak seolah-olah Paulus menyeleweng dari ajaran Alkitabiah (dan ajaran Paulus sendiri) mengenai pengampunan, tetapi sebenarnya tidak. Alkitab sering menyatakan bahwa Allah akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.96

Dalam II Korintus 5:10 Paulus berkata kepada orang percaya, "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat." Aneh! Kita yang sudah dibenarkan harus diadili. Apakah ini berarti bahwa dosa kita akan diingat lagi? Singkatnya ini: kita bebas dari hukuman kekal, maka kita akan masuk Kerajaan Allah, karena darah Tuhan sudah dicurahkan bagi kita. Tetapi status kita di sana, "miskin" atau "kaya," tergantung sepenuhnya pada perbuatan kita pada masa ini, karena Allah akan membalas setiap orang, termasuk kita, menurut perbuatannya.

Dalam ayat-ayat yang berikut Paulus menggambarkan pengalaman beberapa kelompok manusia pada Akhir Zaman.97

Hagelberg: Rm 2:1--3:8 - -- b. Murka Allah Dinyatakan melawan Manusia yang Mengusahakan Kebenaran dari Hukum Taurat 2:1-3:8 Mungkin manusia dalam Adam kasar dan jahat, seperti ...

b. Murka Allah Dinyatakan melawan Manusia yang Mengusahakan Kebenaran dari Hukum Taurat 2:1-3:8

Mungkin manusia dalam Adam kasar dan jahat, seperti apa yang digambarkan dalam pasal 1:18-1:32, dan mungkin juga dia halus dan beradab seperti yang digambarkan dalam pasal 2:1-3:20, tetapi dia pasti harus menghadap murka Allah karena dia berada dalam aiwn/aion maut.

Siapa yang dibicarakan dalam pasal 2:1-16 agak sulit ditentukan. Beberapa penafsir84 berpikir bahwa orang Yunani yang beradab, yang memiliki kebudayaan dan moril yang tinggi, yang dimaksudkan di sini. Menurut mereka, baru dengan pasal 2:17 Paulus mulai membicarakan orang Yahudi.

Cranfield85 mencatat beberapa faktor yang mendukung pengertian dia, yaitu bahwa di sini Paulus sudah beralih dari orang Yunani untuk membicarakan orang Yahudi secara khusus. Antara lain, Cranfield mencatat bahwa:

i) Kata-kata Paulus mirip dengan Kebijaksanaan Salomo 11-15, sebuah karangan Yahudi yang menjadi bagian dari Apokripa.

ii) Tegasnya pasal 2:4 mengenai kesabaran Allah sesuai dengan sikap Paulus terhadap bangsa Israel.

iii) Pola di mana manusia dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu "Yahudi" dan "bukan Yahudi" (1:16, 2:9, 2:10, 3:9) sudah biasa untuk Paulus.

iv) Rasanya pasal 2:17 tidak disusun sebagai peralihan dari satu kelompok (bukan Yahudi) pada kelompok yang lain (Yahudi).

v) Sikap kesombongan terhadap orang bukan Yahudi sudah biasa untuk orang Yahudi, seperti nyata dalam pasal 2:18-20.

Orang Yahudi yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus pasti mengaminkan dengan penuh semangat apa yang dikatakan mengenai orang bukan Yahudi di atas. Akan tetapi Paulus menjelaskan bahwa agama mereka tidak melindungi mereka dari murka, karena hidup keagamaan mereka masih ada dalam aiwn/aion lama sehingga harus dimurkai.

i. Dia yang Menghakimi dan Melakukan yang Sama Tidak akan Luput dari Hukuman 2:1-11

Menurut karangan mereka sendiri, orang Yahudi tidak merasa terancam oleh hukuman Allah, walaupun mereka rela mengaku bahwa mereka juga berdosa.86

Hagelberg: Rm 2:6 - -- 2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya... Di sini Paulus mengutip Mazmur 62:13b, yang berkata, "Sebab Engkau membalas setiap orang me...

2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya...

Di sini Paulus mengutip Mazmur 62:13b, yang berkata, "Sebab Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya." Kalau dibaca secara sepintas, nampak seolah-olah Paulus menyeleweng dari ajaran Alkitabiah (dan ajaran Paulus sendiri) mengenai pengampunan, tetapi sebenarnya tidak. Alkitab sering menyatakan bahwa Allah akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.96

Dalam II Korintus 5:10 Paulus berkata kepada orang percaya, "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat." Aneh! Kita yang sudah dibenarkan harus diadili. Apakah ini berarti bahwa dosa kita akan diingat lagi? Singkatnya ini: kita bebas dari hukuman kekal, maka kita akan masuk Kerajaan Allah, karena darah Tuhan sudah dicurahkan bagi kita. Tetapi status kita di sana, "miskin" atau "kaya," tergantung sepenuhnya pada perbuatan kita pada masa ini, karena Allah akan membalas setiap orang, termasuk kita, menurut perbuatannya.

Dalam ayat-ayat yang berikut Paulus menggambarkan pengalaman beberapa kelompok manusia pada Akhir Zaman.97

Hagelberg: Rm 1:18--3:20 - -- 1. Murka Allah Dinyatakan melawan... 1:18-3:20 (aiwn/aion kematian) Dalam bagian ini Paulus membuktikan bahwa murka dari Allah menimpa setiap orang ...

1. Murka Allah Dinyatakan melawan... 1:18-3:20

(aiwn/aion kematian)

Dalam bagian ini Paulus membuktikan bahwa murka dari Allah menimpa setiap orang yang tidak mencari kebenaran dan setiap orang yang mencari kebenaran berdasarkan Taurat.

Nygren67 menjelaskan bahwa bagi kita garis besar yang masuk akal adalah seperti berikut:

1. Kebenaran dari Manusia

a) kefasikan manusia

b) kebenaran manusia melalui Taurat

2. Kebenaran dari Allah

Tetapi garis besar tersebut bukanlah garis besar yang dipakai oleh Rasul Paulus. Oleh karena Paulus selalu berpikir secara theosentris, maka garis besar yang dia pakai adalah seperti yang berikut:

1. Murka Allah...

a) ...melawan kefasikan

b) ...melawan kebenaran manusia yang berdasarkan Taurat

2. Kebenaran Allah

Maka dalam bagian ini (1:18-3:20) Paulus menguraikan apa yang dapat diharapkan dari aiwn/aion kematian yang berada di dunia ini. Aiwn/aion Adam harus dimengerti lebih dahulu, kemudian baru aiwn/aion Kristus dapat dimengerti. Paulus menegaskan bahwa sikap Allah terhadap segala sesuatu dari aiwn/aion ini dapat diringkaskan dengan satu kata, yaitu murka. Dia mulai dengan menguraikan sikap Allah terhadap manusia yang tidak berusaha untuk menjadi benar.

Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25 Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...

A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25

Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.

Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."

Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 2:7 - -- 2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan... Siapakah mereka yang menguta...

2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan...

Siapakah mereka yang mengutamakan kebaikan, kemuliaan, kehormatan, dan ketidakbinasaan? Mereka yang dimaksudkan di sini adalah orang percaya zaman ini, orang Kristen, yang sungguh setia kepada Kristus. Penyerahan mereka begitu tinggi, sehingga dengan tekun mereka berbuat baik, dan mereka mencari kemuliaan dan kehormatan Allah dalam hidup mereka, dan mereka mengutamakan apa yang tidak akan binasa.

...hidup kekal...

Orang percaya seperti itu akan dikaruniai dengan hidup kekal. Sebenarnya pernyataan ini agak aneh, karena menurut ajaran Alkitab semua orang percaya sudah mempunyai hidup kekal. Hodges98 menjelaskan bahwa dalam Perjanjian Baru "hidup kekal" yang disebut sebagai sesuatu yang sudah merupakan milik orang sekarang ini merupakan pemberian dari Tuhan, suatu anugerah. Tetapi kalau hidup kekal disebut sebagai sesuatu yang akan menjadi milik orang pada masa depan, maka hidup kekal tersebut merupakan pahala atau upah yang dikaruniakan kepada orang percaya yang setia, orang percaya yang dengan tekun berbuat baik, seperti apa yang dikatakan dalam nats ini.

Penting untuk diamati di sini bahwa Paulus tidak membedakan orang Yahudi dan orang Yunani, karena dalam jemaat, dalam Tubuh Kristus, perbedaan tersebut menjadi tidak berarti.99

Hagelberg: Rm 2:7 - -- 2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan... Siapakah mereka yang menguta...

2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan...

Siapakah mereka yang mengutamakan kebaikan, kemuliaan, kehormatan, dan ketidakbinasaan? Mereka yang dimaksudkan di sini adalah orang percaya zaman ini, orang Kristen, yang sungguh setia kepada Kristus. Penyerahan mereka begitu tinggi, sehingga dengan tekun mereka berbuat baik, dan mereka mencari kemuliaan dan kehormatan Allah dalam hidup mereka, dan mereka mengutamakan apa yang tidak akan binasa.

...hidup kekal...

Orang percaya seperti itu akan dikaruniai dengan hidup kekal. Sebenarnya pernyataan ini agak aneh, karena menurut ajaran Alkitab semua orang percaya sudah mempunyai hidup kekal. Hodges98 menjelaskan bahwa dalam Perjanjian Baru "hidup kekal" yang disebut sebagai sesuatu yang sudah merupakan milik orang sekarang ini merupakan pemberian dari Tuhan, suatu anugerah. Tetapi kalau hidup kekal disebut sebagai sesuatu yang akan menjadi milik orang pada masa depan, maka hidup kekal tersebut merupakan pahala atau upah yang dikaruniakan kepada orang percaya yang setia, orang percaya yang dengan tekun berbuat baik, seperti apa yang dikatakan dalam nats ini.

Penting untuk diamati di sini bahwa Paulus tidak membedakan orang Yahudi dan orang Yunani, karena dalam jemaat, dalam Tubuh Kristus, perbedaan tersebut menjadi tidak berarti.99

Hagelberg: Rm 2:8 - -- 2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. Di sini...

2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.

Di sini pengalaman kelompok yang kedua pada Hari Kiamat100 digambarkan. Siapakah mereka yang mencari kepentingan sendiri dan tidak taat kepada kebenaran? Orang yang dimaksudkan di sini adalah mereka yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam Roma 1:5 ketaatan dan iman sudah dikaitkan secara erat oleh Paulus. Di sini mereka yang tidak taat kepada kebenaran adalah mereka yang tidak beriman.

Hagelberg: Rm 2:8 - -- 2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. Di sini...

2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.

Di sini pengalaman kelompok yang kedua pada Hari Kiamat100 digambarkan. Siapakah mereka yang mencari kepentingan sendiri dan tidak taat kepada kebenaran? Orang yang dimaksudkan di sini adalah mereka yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam Roma 1:5 ketaatan dan iman sudah dikaitkan secara erat oleh Paulus. Di sini mereka yang tidak taat kepada kebenaran adalah mereka yang tidak beriman.

Hagelberg: Rm 2:9 - -- 2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani... Layak diama...

2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani...

Layak diamati bahwa, lain dari pasal 2:7, di sini Paulus membedakan orang Yahudi dan orang Yunani, karena pada Hari Kiamat perbedaan tersebut akan menjadi berarti lagi.101

Hagelberg: Rm 2:9 - -- 2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani... Layak diama...

2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani...

Layak diamati bahwa, lain dari pasal 2:7, di sini Paulus membedakan orang Yahudi dan orang Yunani, karena pada Hari Kiamat perbedaan tersebut akan menjadi berarti lagi.101

Hagelberg: Rm 2:10 - -- 2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani....

2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

Dalam ayat ini Paulus menggambarkan pengalaman mereka yang akan percaya dan tetap setia kepada Tuhan Yesus pada Hari Kiamat. Bagi mereka ada juga pahala yang indah.

...pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

Pahala tersebut akan diberikan kepada mereka, tetapi ada perbedaan, berdasarkan latar belakang mereka. Mereka yang termasuk keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub akan dibedakan lagi pada Masa Kesengsaraan dan Kerajaan Seribu Tahun, karena justru pada zaman tersebut Tuhan Allah akan menggenapi janjiNya kepada Abraham.

Kalau pasal 2:7 dibandingkan dengan pasal 2:10, mereka yang setia pada zaman ini mencari "kemuliaan, kehormatan, dan ketidakbinasaan," sedangkan mereka yang setia pada Masa Tribulasi memperoleh "kemuliaan, kehormatan, dan damai sejahtera." Perbedaan ini layak karena mereka yang digambarkan dalam pasal 2:7 (orang percaya zaman ini) akan memperoleh ketidakbinasaan pada saat Masa Tribulasi dimulai karena saat itu mereka akan diangkat ke sorga (I Tesalonika 4:13-5:11), sedang mereka yang disebut dalam pasal 2:10 (orang yang bertobat pada Masa Tribulasi) akan memperoleh damai sejahtera pada akhir Masa Tribulasi.102

Hagelberg: Rm 2:10 - -- 2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani....

2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

Dalam ayat ini Paulus menggambarkan pengalaman mereka yang akan percaya dan tetap setia kepada Tuhan Yesus pada Hari Kiamat. Bagi mereka ada juga pahala yang indah.

...pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

Pahala tersebut akan diberikan kepada mereka, tetapi ada perbedaan, berdasarkan latar belakang mereka. Mereka yang termasuk keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub akan dibedakan lagi pada Masa Kesengsaraan dan Kerajaan Seribu Tahun, karena justru pada zaman tersebut Tuhan Allah akan menggenapi janjiNya kepada Abraham.

Kalau pasal 2:7 dibandingkan dengan pasal 2:10, mereka yang setia pada zaman ini mencari "kemuliaan, kehormatan, dan ketidakbinasaan," sedangkan mereka yang setia pada Masa Tribulasi memperoleh "kemuliaan, kehormatan, dan damai sejahtera." Perbedaan ini layak karena mereka yang digambarkan dalam pasal 2:7 (orang percaya zaman ini) akan memperoleh ketidakbinasaan pada saat Masa Tribulasi dimulai karena saat itu mereka akan diangkat ke sorga (I Tesalonika 4:13-5:11), sedang mereka yang disebut dalam pasal 2:10 (orang yang bertobat pada Masa Tribulasi) akan memperoleh damai sejahtera pada akhir Masa Tribulasi.102

Hagelberg: Rm 2:11 - -- 2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu. Gagasan ini tidak jarang dalam Perjanjian Baru.103 Pernyataan yang singkat ini merupakan inti dari beban Paul...

2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu.

Gagasan ini tidak jarang dalam Perjanjian Baru.103 Pernyataan yang singkat ini merupakan inti dari beban Paulus dalam bagian ini. Seolah-olah Paulus berkata, "Hai kamu yang bersandar pada agama yang hebat! Bukan agama orang yang dinilai, tetapi perbuatannya akan dinilai Tuhan!"

ii. Pengetahuan akan Taurat tidak Cukup 2:12-16

Suara dia yang ditangani Paulus dalam bagian ini (2:1-3:20) hampir kedengaran di sini, karena pasti dia ingin berkata, "Ya, tetapi kami mempunyai Firman Allah, yaitu hukum Taurat yang diilhamkan kepada nenek moyang kami! Kami mempelajarinya! Apakah hukum Taurat dianggap enteng?"

Paulus melanjutkan serangannya terhadap mereka yang merasa bahwa mereka lebih layak dikasihani oleh Tuhan Allah. Dia juga melanjutkan penjelasannya mengenai pengalaman orang pada Akhir Zaman. Barangsiapa yang berbuat jahat akan dimurkai pada Masa Tribulasi. Murka tersebut "dikumpulkan" oleh mereka yang menghina kekayaan kemurahan Allah. Murka itu akan menimpa mereka pada Masa Kesengsaraan setimpal dengan perbuatan mereka. Kemudian barangsiapa tidak mempunyai hidup akan dihukum dengan hukuman kekal pada Hukuman Terakhir. Itulah tema dari bagian ini (2:12-16).

Orang tidak dapat mengharapkan keringanan karena memiliki Taurat, dan orang tidak dapat mengharapkan keringanan karena tidak memiliki Taurat. Rasanya semakin berat, semakin tanpa harapan.

Hagelberg: Rm 2:11 - -- 2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu. Gagasan ini tidak jarang dalam Perjanjian Baru.103 Pernyataan yang singkat ini merupakan inti dari beban Paul...

2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu.

Gagasan ini tidak jarang dalam Perjanjian Baru.103 Pernyataan yang singkat ini merupakan inti dari beban Paulus dalam bagian ini. Seolah-olah Paulus berkata, "Hai kamu yang bersandar pada agama yang hebat! Bukan agama orang yang dinilai, tetapi perbuatannya akan dinilai Tuhan!"

ii. Pengetahuan akan Taurat tidak Cukup 2:12-16

Suara dia yang ditangani Paulus dalam bagian ini (2:1-3:20) hampir kedengaran di sini, karena pasti dia ingin berkata, "Ya, tetapi kami mempunyai Firman Allah, yaitu hukum Taurat yang diilhamkan kepada nenek moyang kami! Kami mempelajarinya! Apakah hukum Taurat dianggap enteng?"

Paulus melanjutkan serangannya terhadap mereka yang merasa bahwa mereka lebih layak dikasihani oleh Tuhan Allah. Dia juga melanjutkan penjelasannya mengenai pengalaman orang pada Akhir Zaman. Barangsiapa yang berbuat jahat akan dimurkai pada Masa Tribulasi. Murka tersebut "dikumpulkan" oleh mereka yang menghina kekayaan kemurahan Allah. Murka itu akan menimpa mereka pada Masa Kesengsaraan setimpal dengan perbuatan mereka. Kemudian barangsiapa tidak mempunyai hidup akan dihukum dengan hukuman kekal pada Hukuman Terakhir. Itulah tema dari bagian ini (2:12-16).

Orang tidak dapat mengharapkan keringanan karena memiliki Taurat, dan orang tidak dapat mengharapkan keringanan karena tidak memiliki Taurat. Rasanya semakin berat, semakin tanpa harapan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 2:1-16 - Keadilan Pemerintahan Ilahi Tujuan dua pasal pertama dari Surat Roma ini dapat disimpulkan dari pasal ...

SH: Rm 2:1-16 - Hukuman Allah mulai dari kita. (Selasa, 12 Mei 1998) Hukuman Allah mulai dari kita. Hukuman Allah mulai dari kita. Kebanyakan orang cenderung memperhatikan...

SH: Rm 2:1-16 - Penghakiman yang adil (Jumat, 26 Mei 2006) Penghakiman yang adil Judul: Penghakiman yang adil Sangat mungkin ada orang yang membaca perikop t...

SH: Rm 2:1-16 - Penghakiman Allah (Rabu, 6 Mei 2009) Penghakiman Allah Judul: Penghakiman Allah Standar kekudusan Allah adalah standar tertinggi yang sulit...

SH: Rm 2:1-16 - Membius hati nurani (Jumat, 13 April 2012) Membius hati nurani Judul: Membius hati nurani Adakah seorang manusia yang bisa lepas dari kejahatan-k...

SH: Rm 2:1-16 - Aku Tidak Lebih Baik (Selasa, 21 Juni 2022) Aku Tidak Lebih Baik Teguran di dalam perikop sebelumnya ditujukan kepada orang-orang non-Yahudi yang menolak All...

SH: Rm 2:1-11 - Hukuman, Kebenaran, dan Perbuatan (Rabu, 12 Oktober 2016) Hukuman, Kebenaran, dan Perbuatan Setelah menjelaskan hukuman Allah atas orang-orang berdosa (...

Utley: Rm 2:1-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 2:1-11...

Topik Teologia: Rm 2:6 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Tidak Memihak Ula ...

Topik Teologia: Rm 2:7 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Adil Kel 34:...

Topik Teologia: Rm 2:8 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Kehendak Allah untuk Menyelamatkan Manusia Dinyatakan ...

Topik Teologia: Rm 2:9 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Kehendak Allah untuk Menyelamatkan Manusia Dinyatakan ...

Topik Teologia: Rm 2:10 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Kehendak Allah untuk Menyelamatkan Manusia Dinyatakan ...

Topik Teologia: Rm 2:11 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Tidak Memihak Ula ...

TFTWMS: Rm 2:1-11 - Orang-orang Yahudi Diekspos ORANG-ORANG YAHUDI DIEKSPOS (Roma 2:1-11) 1 Karena itu, hai manusia,...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Mengapa Menyebut Perbuatan Kita? (Roma 2:6-11) Stott memiliki teori ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Masalah Besar (Roma 2:6-8) Masalah Ditekankan. Dipahami apa ad...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Berita Buruk Lebih Dulu (Roma 1:18-3:20) Pada suatu kesempatan, ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 2 BAGAIMANA TENTANG ORANG-ORANG YAHUDI? Da...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PENERAPAN Roma 2(ROMA 2) Lima ayat pertama ...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 W. E. Vine, Merrill F. Unger, and William White, Jr., Vine's Complete Expository Dictiona...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA