kecilkan semua  

Teks -- Roma 13:8-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kasih adalah kegenapan hukum Taurat
13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat. 13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan firman lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri! 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat. 13:11 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya. 13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 13:8 - JANGANLAH KAMU BERHUTANG APA-APA. Nas : Rom 13:8 Orang percaya hendaknya jangan berhutang. Ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh meminjam bila dalam keperluan yang serius (bd. Ke...

Nas : Rom 13:8

Orang percaya hendaknya jangan berhutang. Ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh meminjam bila dalam keperluan yang serius (bd. Kel 22:25; Mazm 37:26; Mat 5:42; Luk 6:35). Tetapi yang dilarang adalah berhutang untuk hal-hal yang tidak perlu dan menunjukkan sikap ketidakacuhan dalam membayar kembali hutang itu (bd. Mazm 37:21). Satu-satunya hutang yang tidak dapat dibayar habis adalah kasih terhadap sesama manusia.

Full Life: Rm 13:10 - KASIH TIDAK BERBUAT JAHAT TERHADAP SESAMA MANUSIA. Nas : Rom 13:10 "Kasih" digenapi bukan hanya melalui perintah-perintah yang positif (Rom 12:9-21; 1Kor 13:4,6-7) tetapi juga dengan perintah-perint...

Nas : Rom 13:10

"Kasih" digenapi bukan hanya melalui perintah-perintah yang positif (Rom 12:9-21; 1Kor 13:4,6-7) tetapi juga dengan perintah-perintah negatif. Semua perintah yang disebutkan di sini berbentuk negatif (ayat Rom 13:9; bd. 1Kor 13:4-6).

  1. 1) Kasih itu positif; namun kasih juga negatif karena berhubungan dengan kecenderungan manusia akan dosa, mementingkan diri sendiri, dan kekejaman. Delapan dari sepuluh Hukum bersifat negatif karena dosa terjadi dengan sendirinya, sedangkan kebaikan tidak. Bukti pertama dari kasih Kristen ialah berbalik dari dosa dan segala yang mendatangkan kerugian atau kesedihan kepada orang lain.
  2. 2) Pandangan bahwa etika Kristen harus bersifat positif saja adalah pandangan yang keliru didasarkan pada pandangan masyarakat yang berusaha meloloskan diri dari semua larangan yang mengekang kerinduan yang tak terkendalikan dari tabiat berdosa (Gal 5:19-21).

Full Life: Rm 13:12 - HARI SUDAH JAUH MALAM. Nas : Rom 13:12 Paulus percaya akan kedatangan Tuhan yang dekat untuk memindahkan yang setia dalam gereja-Nya ke sorga (lihat cat. --> Yo...

Nas : Rom 13:12

Paulus percaya akan kedatangan Tuhan yang dekat untuk memindahkan yang setia dalam gereja-Nya ke sorga

(lihat cat. --> Yoh 14:3;

[atau ref. Yoh 14:3]

lihat art. KEANGKATAN GEREJA),

suatu peristiwa yang Paulus percaya dapat terjadi dalam masa hidupnya. Kristus memperingatkan bahwa Dia akan datang bila orang yang setia yakin Dia tidak akan datang

(lihat cat. --> Mat 24:42;

lihat cat. --> Mat 24:44).

[atau ref. Mat 24:42,44]

Karena itu, anak-anak Allah harus selalu siap secara rohani dan harus "menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan"

(lihat cat. --> Luk 12:35).

[atau ref. Luk 12:35]

Jerusalem: Rm 13:8 - hukum Taurat Harafiah: hukum. Kurang jelas apa yang dimaksudkan: hukum pada umumnya atau hukum Taurat (Musa).

Harafiah: hukum. Kurang jelas apa yang dimaksudkan: hukum pada umumnya atau hukum Taurat (Musa).

Jerusalem: Rm 13:9 - jangan mencuri Sejumlah naskah menambah: jangan naik saksi dusta

Sejumlah naskah menambah: jangan naik saksi dusta

Jerusalem: Rm 13:9 - sesamamu manusia Yang dimaksudkan bukanlah seperti dalam Ima 19:18 orang sebangsa, tetapi semua anggota bangsa manusia yang telah dipersatukan oleh Kristus, Gal 3:28; ...

Yang dimaksudkan bukanlah seperti dalam Ima 19:18 orang sebangsa, tetapi semua anggota bangsa manusia yang telah dipersatukan oleh Kristus, Gal 3:28; Mat 25:40.

Jerusalem: Rm 13:11 - keadaan waktu sekarang Pertimbangan ini adalah sebuah dasar ajaran akhlak Paulus. Keadaan waktu sekarang (Yunani: kairos) kiranya menunjuk zaman terakhir, yang oleh Kitab Su...

Pertimbangan ini adalah sebuah dasar ajaran akhlak Paulus. Keadaan waktu sekarang (Yunani: kairos) kiranya menunjuk zaman terakhir, yang oleh Kitab Suci disebut "hari-hari akhir". Zaman itu sudah dibuka oleh kematian dan kebangkitan Kristus dan berlangsung selama Gereja berjuang dan sepanjang "hari penyelamatan", 2Ko 6:2+; zaman itu diperlawankan dengan zaman dahulu, dan tidak hanya oleh karena merupakan lanjutan zaman dahulu itu, tetapi terutama karena cirinya yang berbeda. Orang Kristen sekarang sudah menjadi "anak-anak siang", 1Te 5:5, yang telah dilepaskan dari dunia jahat sekarang ini, Gal 1:4, dan dari kuasa kegelapan, dan mengambil bagian dalam Kerajaan Allah serta AnakNya, Kol 1:13. Orang Kristen sudah menjadi warga negara Sorga, Fili 3:20. "Keadaan" yang begitu baru itu menguasai seluruh akhlak Kristen, bdk Rom 6:3 dst.

Jerusalem: Rm 13:12 - menanggalkan Var: menolak.

Var: menolak.

Ende: Rm 13:8 - Memenuhi hukum Menurut aslinja dengan "hukum" disini dimaksudkan segala matjam hukum, bukannja hukum taurat sadja. Itu pula dikesankan dalam ungkapan "dan segala per...

Menurut aslinja dengan "hukum" disini dimaksudkan segala matjam hukum, bukannja hukum taurat sadja. Itu pula dikesankan dalam ungkapan "dan segala perintah manapun lagi" dalam ajat berikut.

Ende: Rm 13:9 - Djangan menginginkan jaitu hak-milik sesama-manusia. Itu sesuai dengan perintah-perintah Allah kesembilan dan kesepuluh dalam "Kesepuluh hukum Allah".

jaitu hak-milik sesama-manusia. Itu sesuai dengan perintah-perintah Allah kesembilan dan kesepuluh dalam "Kesepuluh hukum Allah".

Ende: Rm 13:9 - Tjintailah sesamamu.... Bdl. Mat 7:12; 22:37-40; Gal 5:14 dll.

Ende: Rm 13:11 - Zaman ini zaman keradjaan Kristus.

zaman keradjaan Kristus.

Ende: Rm 13:11 - Dari tidur dari kelalaian dan kelesuan rohani.

dari kelalaian dan kelesuan rohani.

Ende: Rm 13:11 - Keselamatan kita Jang dimaksudkan disini ialah: penjelesaian keselamatan kita oleh Allah dalam kemuliaan disurga.

Jang dimaksudkan disini ialah: penjelesaian keselamatan kita oleh Allah dalam kemuliaan disurga.

Ende: Rm 13:12 - Malam kehidupan didunia jang masih mengalami kekaburan pengertian dan ketjondongan kepada dosa.

kehidupan didunia jang masih mengalami kekaburan pengertian dan ketjondongan kepada dosa.

Ende: Rm 13:12 - Siang tjahaja surgawi jang sempurna.

tjahaja surgawi jang sempurna.

Ende: Rm 13:12 - Sendjata tjahaja sendjata keradjaan Allah. Sendjata itu, ialah kepertjajaan, pengharapan dan tjinta-kasih. Bdl. 1Te 5:8; Efe 6:11; 2Ko 10:4-6. Istilah "sendjata" tentu...

sendjata keradjaan Allah. Sendjata itu, ialah kepertjajaan, pengharapan dan tjinta-kasih. Bdl. 1Te 5:8; Efe 6:11; 2Ko 10:4-6. Istilah "sendjata" tentu terpilih untuk memperingati, bahwa pembaharuan hidup tidak dapat ditjapai tanpa perdjuangan melawan "daging".

Ref. Silang FULL: Rm 13:8 - hukum Taurat · hukum Taurat: Rom 13:10; Mat 5:43; Mat 5:43; Yoh 13:34; Kol 3:14

· hukum Taurat: Rom 13:10; Mat 5:43; [Lihat FULL. Mat 5:43]; Yoh 13:34; Kol 3:14

Ref. Silang FULL: Rm 13:9 - jangan mengingini // sudah tersimpul // dirimu sendiri · jangan mengingini: Kel 20:13-15,17; Ul 5:17-19,21 · sudah tersimpul: Mat 7:12 · dirimu sendiri: Im 19:18; Mat 5:43; Mat 5:43

· jangan mengingini: Kel 20:13-15,17; Ul 5:17-19,21

· sudah tersimpul: Mat 7:12

· dirimu sendiri: Im 19:18; Mat 5:43; [Lihat FULL. Mat 5:43]

Ref. Silang FULL: Rm 13:10 - hukum Taurat · hukum Taurat: Rom 13:8; Rom 13:8; Rom 13:9

· hukum Taurat: Rom 13:8; [Lihat FULL. Rom 13:8]; Rom 13:9

Ref. Silang FULL: Rm 13:11 - telah tiba // dari tidur · telah tiba: 1Kor 7:29-31; 10:11; Yak 5:8; 1Pet 4:7; 1Yoh 2:18; Wahy 22:10 · dari tidur: Ef 5:14; 1Tes 5:5,6

Ref. Silang FULL: Rm 13:12 - hampir siang // perbuatan-perbuatan kegelapan // perlengkapan senjata · hampir siang: Ibr 10:25; 1Yoh 2:8 · perbuatan-perbuatan kegelapan: Ef 5:11 · perlengkapan senjata: Ef 6:11,13; 1Tes 5:8

· hampir siang: Ibr 10:25; 1Yoh 2:8

· perbuatan-perbuatan kegelapan: Ef 5:11

· perlengkapan senjata: Ef 6:11,13; 1Tes 5:8

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 13:8 - -- 13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia s...

13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Ada dua kemungkinan untuk terjemahan nats ini. 1) "Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga..." atau 2) "Janganlah kamu membiarkan kewajiban yang tidak diselesaikan terhadap siapapun juga...." Menurut Cranfield,783 nats ini mengulangi apa yang dikatakan dalam pasal 13:7, yaitu bahwa kita harus membereskan segala kewajiban kita, dan tidak membiarkan hutang yang sudah harus dilunasi. Menurut dia, nats ini tidak melarang pinjam-meminjam, tetapi setiap hutang harus dilunasi tepat sesuai dengan perjanjian. Menurut Dunn,784 kalimat ini disusun dengan sengaja supaya dua arti tersebut muncul.

...tetapi hendaklah kamu saling mengasihi.

Masalah pinjam-meminjam kurang jelas dalam nats ini, tetapi satu hal sungguh jelas, yaitu bahwa kita yang dosanya ditebus oleh Yesus Kristus berhutang besar kepada Dia, dan dengan mengasihi maka kita mulai melunasi hutang tersebut yang sebenarnya bersifat kekal.785 Kasih merupakan kewajiban atau hutang yang tidak dapat dilunasi, karena selalu ada kesempatan-kesempatan baru untuk mengasihi orang lain.

Dalam pasal 8:12 Paulus berkata, "kita adalah orang berhutang, bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging," tetapi dalam pasal itu dia tidak menjelaskan kepada siapakah hutang kita. Hal ini dilengkapi dalam pasal 13:8 di mana kita mengerti bahwa kita berhutang kepada Tuhan, dan kepada sesama kita.

Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.786

Jika pada suatu saat kita mengasihi orang, maka pada saat itu kita memenuhi perintah hukum Taurat yang berkaitan dengan situasi itu.

Hagelberg: Rm 13:8-10 - -- e. Sikap Kasih 13:8-10 Sebenarnya pasal 13:6-8 merupakan peralihan782 dari tema "takluk kepada pemerintah" ke tema "kasih". Ketaatan pada pemerintah...

e. Sikap Kasih 13:8-10

Sebenarnya pasal 13:6-8 merupakan peralihan782 dari tema "takluk kepada pemerintah" ke tema "kasih". Ketaatan pada pemerintah dan pembayaran pajak merupakan kewajiban yang dapat diselesaikan, sedangkan kasih merupakan kewajiban yang tak habis-habisnya.

Hagelberg: Rm 13:8 - -- 13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia s...

13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Ada dua kemungkinan untuk terjemahan nats ini. 1) "Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga..." atau 2) "Janganlah kamu membiarkan kewajiban yang tidak diselesaikan terhadap siapapun juga...." Menurut Cranfield,783 nats ini mengulangi apa yang dikatakan dalam pasal 13:7, yaitu bahwa kita harus membereskan segala kewajiban kita, dan tidak membiarkan hutang yang sudah harus dilunasi. Menurut dia, nats ini tidak melarang pinjam-meminjam, tetapi setiap hutang harus dilunasi tepat sesuai dengan perjanjian. Menurut Dunn,784 kalimat ini disusun dengan sengaja supaya dua arti tersebut muncul.

...tetapi hendaklah kamu saling mengasihi.

Masalah pinjam-meminjam kurang jelas dalam nats ini, tetapi satu hal sungguh jelas, yaitu bahwa kita yang dosanya ditebus oleh Yesus Kristus berhutang besar kepada Dia, dan dengan mengasihi maka kita mulai melunasi hutang tersebut yang sebenarnya bersifat kekal.785 Kasih merupakan kewajiban atau hutang yang tidak dapat dilunasi, karena selalu ada kesempatan-kesempatan baru untuk mengasihi orang lain.

Dalam pasal 8:12 Paulus berkata, "kita adalah orang berhutang, bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging," tetapi dalam pasal itu dia tidak menjelaskan kepada siapakah hutang kita. Hal ini dilengkapi dalam pasal 13:8 di mana kita mengerti bahwa kita berhutang kepada Tuhan, dan kepada sesama kita.

Sebab barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.786

Jika pada suatu saat kita mengasihi orang, maka pada saat itu kita memenuhi perintah hukum Taurat yang berkaitan dengan situasi itu.

Hagelberg: Rm 12:1--13:14 - -- 1. Penyesuaian pada Aiwn/Aion Baru 12:1-13:14 Sebagai warga Aiwn/Aion Baru, dengan iman kita mengerti tempat diri kita dalam Tubuh Kristus dan di ba...

1. Penyesuaian pada Aiwn/Aion Baru 12:1-13:14

Sebagai warga Aiwn/Aion Baru, dengan iman kita mengerti tempat diri kita dalam Tubuh Kristus dan di bawah pemerintah kita, di mana kita selalu mengutamakan orang lain lebih dari diri kita sendiri.

Dalam pasal 6:4 Paulus berkata, "Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia... supaya, sama seperti Kristus dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita hidup dalam pembaharuan hidup." Hal yang sama dikatakan dalam pasal 6:11-12, di mana dia berkata, "...kamu mati terhadap dosa, tetapi hidup terhadap Allah dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana sehingga kamu mentaatinya dalam keinginan-keinginannya." Dengan kata lain, Paulus mau supaya kita menerapkan suatu perubahan yang sangat mendasar yang telah terjadi pada kita. Dulu kita berada dalam Aiwn/Aion Lama, dikuasai oleh Maut, tetapi sekarang kita sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Baru, maka, janganlah kita tetap hidup sebagai hamba Maut.

Suatu pengamatan yang sangat mudah dimengerti, tetapi juga yang jarang diperhatikan, adalah bahwa bagian ini terdiri dari perintah-perintah yang dimaksudkan untuk ditaati. Walaupun demikian, orang yang dibenarkan oleh iman tidak menjadi orang yang taat secara otomatis. Ada teologia yang berkata bahwa setiap orang percaya, setiap orang yang dibenarkan karena iman pada Kristus, pasti hidup secara rohani. Kami tidak setuju. Memang ada suatu kepastian, yaitu bahwa mereka akan masuk Kerajaan Sorga, karena mereka sudah dibenarkan. Tetapi tidak ada kepastian bahwa setiap kita akan menyesuaikan hidup kita pada Aiwn/Aion Baru, seperti apa yang diperintahkan dalam bagian ini. Baik orang percaya yang taat, maupun orang percaya yang tidak taat, akan masuk Kerajaan Sorga sebagai orang yang tidak layak, tidak layak tetapi dibenarkan karena kemurahan Allah. Maka kita perlu mengingat bahwa ketaatan yang diharapkan dari kita tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi harus dijalankan dengan pertolongan dari Roh Allah, meskipun disertai pergumulan.

Hagelberg: Rm 12:1--15:13 - -- D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13 Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-lang...

D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13

Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-langkah kehendak Allah diuraikan secara khusus.

Dalam pasal 11:32 kita membaca bahwa tujuan Allah adalah "supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua". Maka "kemurahan" tersebut menjadi batu loncatan bagi Paulus supaya dia dapat menguraikan bagaimana orang percaya dapat melaksanakan kehendak Allah. Dalam pasal 6-8 prinsip-prinsip kehidupan yang sesuai dengan Aiwn/Aion Baru dan kehadiran Roh Allah diuraikan. Dalam bagian ini prinsip-prinsip tersebut diterapkan secara khusus dalam hidup kita. Jadi, bagian ini menguraikan secara nyata arti dari karya Roh Allah yang baru dikemukakan dalam pasal 8.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 13:9 - -- 13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan perintah lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ...

13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan perintah lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!

Ayat ini membuktikan bahwa "barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat." Nats ini, dari Imamat 19:18, dikutip beberapa kali dalam Perjanjian Baru.787

Rabi Hillel, seorang tokoh agama Yahudi yang terkemuka, pernah berkata, "Apa yang kaubenci janganlah kaulakukan kepada sesamamu manusia; demikian seluruh hukum Taurat; sisanya hanya komentar; pergi dan pelajari!" Bagi Rabi Hillel, tekanannya ada pada "pergi dan pelajari", sedangkan Rasul Paulus mau berkata, "pergi dan lakukan!" Rupanya Rasul Paulus merasa puas jikalau kita sungguh mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri, sedangkan Rabi Hillel lebih menekankan supaya hukum Taurat dipelajari.788

Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!

Beberapa tokoh sejarah gereja789 mengatakan bahwa kita harus mengasihi diri kita sendiri sebelum kita dapat mengasihi orang lain. Ajaran tersebut juga dipakai dalam psikologi Kristen pada zaman ini. Sesungguhnya ajaran tersebut tidak sesuai dengan Firman Allah, dan tidak berasal dari nats ini. Dalam Firman Allah kita diperintahkan untuk mengasihi Allah, dan juga mengasihi sesama kita manusia, tetapi sama sekali tidak ada perintah supaya kita mengasihi diri kita sendiri. Mengasihi diri kita adalah dosa. Mengasihi Allah dan sesama manusia adalah kehendak Allah.

Nats ini, yang berkata Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri bukan merupakan kekecualian. Dalam nats ini kita diperintahkan untuk mengasihi orang lain, bukan diri kita sendiri. Manusia tidak perlu diperintahkan mengasihi dirinya sendiri, karena manusia yang berdosa sudah cukup pandai mengasihi dirinya sendiri. Tidak ada orang yang harus dilatih untuk mengutamakan kepentingannya sendiri. Dengan kasih yang kuat seperti itu kamu harus mengasihi sesamamu manusia!

Cranfield790 mengutip buku tafsiran Luther:

Maka aku percaya bahwa dengan perintah "seperti dirimu sendiri" manusia tidak diperintahkan untuk mengasihi dirinya sendiri, tetapi kasih yang jahat yang dia punya terhadap dirinya sendiri dinyatakan kepadanya; dengan kata lain, firman ini berkata kepada dia: Secara utuh kamu terarah kepada dirimu sendiri, dan kamu penuh dengan kasih pada dirimu sendiri, dan kamu tidak dapat hidup secara benar kecuali kamu berhenti mengasihi dirimu sendiri, dan dengan melupakan diri sendiri, kamu mengasihi sesamamu manusia.

Hagelberg: Rm 13:9 - -- 13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan perintah lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ...

13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan perintah lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!

Ayat ini membuktikan bahwa "barangsiapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat." Nats ini, dari Imamat 19:18, dikutip beberapa kali dalam Perjanjian Baru.787

Rabi Hillel, seorang tokoh agama Yahudi yang terkemuka, pernah berkata, "Apa yang kaubenci janganlah kaulakukan kepada sesamamu manusia; demikian seluruh hukum Taurat; sisanya hanya komentar; pergi dan pelajari!" Bagi Rabi Hillel, tekanannya ada pada "pergi dan pelajari", sedangkan Rasul Paulus mau berkata, "pergi dan lakukan!" Rupanya Rasul Paulus merasa puas jikalau kita sungguh mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri, sedangkan Rabi Hillel lebih menekankan supaya hukum Taurat dipelajari.788

Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!

Beberapa tokoh sejarah gereja789 mengatakan bahwa kita harus mengasihi diri kita sendiri sebelum kita dapat mengasihi orang lain. Ajaran tersebut juga dipakai dalam psikologi Kristen pada zaman ini. Sesungguhnya ajaran tersebut tidak sesuai dengan Firman Allah, dan tidak berasal dari nats ini. Dalam Firman Allah kita diperintahkan untuk mengasihi Allah, dan juga mengasihi sesama kita manusia, tetapi sama sekali tidak ada perintah supaya kita mengasihi diri kita sendiri. Mengasihi diri kita adalah dosa. Mengasihi Allah dan sesama manusia adalah kehendak Allah.

Nats ini, yang berkata Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri bukan merupakan kekecualian. Dalam nats ini kita diperintahkan untuk mengasihi orang lain, bukan diri kita sendiri. Manusia tidak perlu diperintahkan mengasihi dirinya sendiri, karena manusia yang berdosa sudah cukup pandai mengasihi dirinya sendiri. Tidak ada orang yang harus dilatih untuk mengutamakan kepentingannya sendiri. Dengan kasih yang kuat seperti itu kamu harus mengasihi sesamamu manusia!

Cranfield790 mengutip buku tafsiran Luther:

Maka aku percaya bahwa dengan perintah "seperti dirimu sendiri" manusia tidak diperintahkan untuk mengasihi dirinya sendiri, tetapi kasih yang jahat yang dia punya terhadap dirinya sendiri dinyatakan kepadanya; dengan kata lain, firman ini berkata kepada dia: Secara utuh kamu terarah kepada dirimu sendiri, dan kamu penuh dengan kasih pada dirimu sendiri, dan kamu tidak dapat hidup secara benar kecuali kamu berhenti mengasihi dirimu sendiri, dan dengan melupakan diri sendiri, kamu mengasihi sesamamu manusia.

Hagelberg: Rm 13:10 - -- 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan791 hukum Taurat. Dalam nats ini pernyataan dalam pasal 13:...

13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan791 hukum Taurat.

Dalam nats ini pernyataan dalam pasal 13:9 di atas di mana kita harus mengasihi diulangi secara negatif, karena di sini dikatakan bahwa kita tidak berbuat jahat. Di bawah hukum Taurat masyarakat diatur supaya tidak ada yang menyakiti atau menyusahkan orang lain, dengan kata lain, supaya sesama manusia dikasihi. Hutang yang pembayarannya ditunda-tunda merupakan salah satu kelakuan yang menyusahkan orang, maka sesuai dengan hukum Taurat, dan sesuai dengan kehendak Allah, kita harus "memberikan kepada semua orang apa yang wajib."

...kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Tujuan hukum Taurat adalah kebenaran, tetapi hukum Taurat tidak dapat mencapai tujuan itu. Sama seperti Kristus adalah tujuan hukum Taurat (lihatlah pasal 10:4), demikian juga kasih (yang dicapai dalam Kristus) adalah kegenapan hukum Taurat.

Hagelberg: Rm 13:10 - -- 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan791 hukum Taurat. Dalam nats ini pernyataan dalam pasal 13:...

13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan791 hukum Taurat.

Dalam nats ini pernyataan dalam pasal 13:9 di atas di mana kita harus mengasihi diulangi secara negatif, karena di sini dikatakan bahwa kita tidak berbuat jahat. Di bawah hukum Taurat masyarakat diatur supaya tidak ada yang menyakiti atau menyusahkan orang lain, dengan kata lain, supaya sesama manusia dikasihi. Hutang yang pembayarannya ditunda-tunda merupakan salah satu kelakuan yang menyusahkan orang, maka sesuai dengan hukum Taurat, dan sesuai dengan kehendak Allah, kita harus "memberikan kepada semua orang apa yang wajib."

...kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Tujuan hukum Taurat adalah kebenaran, tetapi hukum Taurat tidak dapat mencapai tujuan itu. Sama seperti Kristus adalah tujuan hukum Taurat (lihatlah pasal 10:4), demikian juga kasih (yang dicapai dalam Kristus) adalah kegenapan hukum Taurat.

Hagelberg: Rm 13:11 - -- 13:11 Dan ini kita lakukan,794 dengan mengetahui zamannya, bahwa saatnya sudah tiba bagi kita795 untuk bangun dari tidur, karena sekarang keselamatan...

13:11 Dan ini kita lakukan,794 dengan mengetahui zamannya, bahwa saatnya sudah tiba bagi kita795 untuk bangun dari tidur, karena sekarang keselamatan796 kita lebih dekat dari pada waktu kita menjadi percaya.

Kita sudah mengetahui zamannya, karena kita sudah mengerti bahwa zaman ini akan berakhir, dan zaman yang akan atang sudah dekat. Kerajaan Allah akan didirikan di sini dengan kemuliaan Allah.

...saatnya sudah tiba bagi kita untuk bangun dari tidur...

Sama seperti dalam I Tesalonika 5:6, 10 dan Efesus 5:14,797 keadaan rohani yang tidak sesuai dengan dekatnya Kerajaan Allah dikiaskan dengan kata tidur. Kalau kita sungguh mengerti bahwa dunia ini fana, dan bahwa Raja kita akan datang dengan segera, maka tidak masuk akal kalau kita hidup seolah-olah Dia tidak akan datang.

...sekarang keselamatan kita lebih dekat dari pada waktu kita menjadi percaya.

Dalam Surat Roma keselamatan merupakan pembebasan dari murka Allah supaya kita dapat ikut dalam hidup yang sejati dalam Kristus. Biasanya murka yang dimaksudkan adalah murka Allah yang disebut dalam pasal 1:18. Seperti apa yang dijelaskan dalam pasal 5-8, kita dapat bebas dari murka itu kalau kita hidup dalam persekutuan yang akrab dengan Tuhan Yesus yang sudak bangkit. Jadi murka Allah sedang dinyatakan sekarang, tetapi menurut pasal 2:5 murka Allah akan dinyatakan pada akhir zaman.798

Jadi, murka Allah dinyatakan sekarang, dan juga akan dinyatakan pada akhir zaman. Demikian juga dengan keselamatan. Dalam pasal 10:13 kita membaca, "setiap orang yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan." Jadi keselamatan dapat dialami sekarang. Tetapi dalam pasal 13:11 kita membaca, sekarang keselamatan kita lebih dekat dari pada waktu kita menjadi percaya. Jadi keselamatan akan dialami pada akhir zaman.

Tidak ada dua keselamatan bagi kita, satu untuk sekarang dan satu yang akan kita alami. Mungkin seorang ibu memberi satu sendok nasi kepada anak yang minta, tetapi anak itu ternyata masih lapar. Untuk dapat makan yang banyak anak itu disuruh menunggu sampai semuanya masak, karena nanti sore mereka pesta bersama-sama. Nasinya tetap sama, tetapi hanya sebagian yang dimakan sekarang. Demikian juga keselamatan kita. Orang percaya yang memanggil NamaNya sekarang dapat mengecap sebagian kecil dari perjamuan besar yang akan kita nikmati pada waktu Ia datang kembali dalam segala kemuliaanNya.

Hagelberg: Rm 13:11-14 - -- f. Waktunya Mendesak 13:11-14 Pelaksanaan kehendak Allah oleh orang yang pikirannya dibaharui adalah tema Rasul Paulus mulai dari pasal 12:1. Sebel...

f. Waktunya Mendesak 13:11-14

Pelaksanaan kehendak Allah oleh orang yang pikirannya dibaharui adalah tema Rasul Paulus mulai dari pasal 12:1. Sebelum dia membahas satu masalah yang bersifat lebih khusus, yaitu hubungan orang kuat dengan orang lemah dalam pasal 14:1-15:13 ada satu tema yang harus dicatat, yaitu bahwa waktunya sudah mendesak supaya kasih kita tidak pura-pura. Sering kali di dalam Perjanjian Baru, dekatnya akhir zaman menjadi dorongan untuk memperjuangkan ketaatan, seperti dalam nats ini.792

Pada zaman ini orang percaya berada di perbatasan antara dua aiwn/aion. Keadaan kita di situ dikembangkan dalam bagian ini, di mana Aiwn/Aion Baru dikiaskan sebagai siang hari, sedangkan Aiwn/Aion Lama dikiaskan sebagai malam.793 Memang dari satu segi kita masih di dunia ini, tetapi dari segi yang lain, dari segi hidup kita yang sebenarnya, kita sudah dipindahkan. Maka keadaan kita digambarkan sebagai orang pada saat sudah tidak malam lagi, tetapi belum pagi juga, masih remang-remang sinar matahari saja, dan oleh karena banyak yang mau dilakukan, maka kita harus bangun.

Hagelberg: Rm 13:11 - -- 13:11 Dan ini kita lakukan,794 dengan mengetahui zamannya, bahwa saatnya sudah tiba bagi kita795 untuk bangun dari tidur, karena sekarang keselamatan...

13:11 Dan ini kita lakukan,794 dengan mengetahui zamannya, bahwa saatnya sudah tiba bagi kita795 untuk bangun dari tidur, karena sekarang keselamatan796 kita lebih dekat dari pada waktu kita menjadi percaya.

Kita sudah mengetahui zamannya, karena kita sudah mengerti bahwa zaman ini akan berakhir, dan zaman yang akan atang sudah dekat. Kerajaan Allah akan didirikan di sini dengan kemuliaan Allah.

...saatnya sudah tiba bagi kita untuk bangun dari tidur...

Sama seperti dalam I Tesalonika 5:6, 10 dan Efesus 5:14,797 keadaan rohani yang tidak sesuai dengan dekatnya Kerajaan Allah dikiaskan dengan kata tidur. Kalau kita sungguh mengerti bahwa dunia ini fana, dan bahwa Raja kita akan datang dengan segera, maka tidak masuk akal kalau kita hidup seolah-olah Dia tidak akan datang.

...sekarang keselamatan kita lebih dekat dari pada waktu kita menjadi percaya.

Dalam Surat Roma keselamatan merupakan pembebasan dari murka Allah supaya kita dapat ikut dalam hidup yang sejati dalam Kristus. Biasanya murka yang dimaksudkan adalah murka Allah yang disebut dalam pasal 1:18. Seperti apa yang dijelaskan dalam pasal 5-8, kita dapat bebas dari murka itu kalau kita hidup dalam persekutuan yang akrab dengan Tuhan Yesus yang sudak bangkit. Jadi murka Allah sedang dinyatakan sekarang, tetapi menurut pasal 2:5 murka Allah akan dinyatakan pada akhir zaman.798

Jadi, murka Allah dinyatakan sekarang, dan juga akan dinyatakan pada akhir zaman. Demikian juga dengan keselamatan. Dalam pasal 10:13 kita membaca, "setiap orang yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan." Jadi keselamatan dapat dialami sekarang. Tetapi dalam pasal 13:11 kita membaca, sekarang keselamatan kita lebih dekat dari pada waktu kita menjadi percaya. Jadi keselamatan akan dialami pada akhir zaman.

Tidak ada dua keselamatan bagi kita, satu untuk sekarang dan satu yang akan kita alami. Mungkin seorang ibu memberi satu sendok nasi kepada anak yang minta, tetapi anak itu ternyata masih lapar. Untuk dapat makan yang banyak anak itu disuruh menunggu sampai semuanya masak, karena nanti sore mereka pesta bersama-sama. Nasinya tetap sama, tetapi hanya sebagian yang dimakan sekarang. Demikian juga keselamatan kita. Orang percaya yang memanggil NamaNya sekarang dapat mengecap sebagian kecil dari perjamuan besar yang akan kita nikmati pada waktu Ia datang kembali dalam segala kemuliaanNya.

Hagelberg: Rm 13:12 - -- 13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senja...

13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Seperti apa yang dikatakan di atas, keadaan kita di perbatasan antara dua aiwn/aion dikiaskan dalam nats ini. Yang kelihatan hanya remang-remang sinar matahari saja, tetapi "saatnya sudah tiba bagi kita untuk bangun dari tidur."

Menurut Rasul Paulus,799 Tuhan Yesus dapat kembali segera. Firman Allah tidak berkata bahwa Dia akan kembali sebelum duapuluh tahun lewat. Firman Allah tidak berkata bahwa Dia akan kembali pada tanggal yang tertentu. Yang dikatakan Firman Allah adalah bahwa Dia dapat kembali segera. Maka tepatlah kiasan yang dipakai dalam pasal 13:12. Pada waktu hari sudah jauh malam remang-remang sinar matahari dapat muncul segera, dan kalau seandainya kita tidak mempunyai jam tangan, maka kita tidak tahu, berapa menit lagi matahari akan terbit.

Demikian juga dengan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Mungkin Dia akan datang hari ini. Tidak ada acara atau tanda apa-apa yang harus mendahului kedatangaNya. Seandainya ada tanda yang harus mendahului kedatanganNya, misalnya pembangunan kembali dari Bait Allah di Yerusalem, maka kita dapat mengatakan, "Dia tidak dapat datang hari ini, karena Bait Allah belum didirikan di Yerusalem." Oleh karena tidak ada tanda atau acara apa-apa yang harus mendahului kedatangan Tuhan Yesus Kristus, maka kita didorong untuk hidup siap untuk kedatanganNya saat ini juga.

Dunn800 mencatat bahwa kontras antara malam (waktu di mana banyak kejahatan terjadi) dan siang hari (waktu kebenaran) hanya kelihatan dalam beberapa nats dalam seluruh Alkitab. Dia mencatat Mazmur 139:12; Yesaya 21:11-12; Yohanes 9:4; 11:10; Zakharia 14:7; Wahyu 21:25; dan 22:5, tetapi nats tersebut tidak begitu mirip dengan Roma pasal 13:12. Ternyata nats yang paling mirip ditulis oleh Paulus sendiri, yaitu I Tesalonika 5:5-8.

Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Oleh karena Dia dapat datang segera, maka kita harus siap. Dalam ayat ini, kiasan mengenai pakaian yang ditanggalkan dan dikenakan dipakai. Pakaian yang ditanggalkan dan pakaian yang dikenakan dipakai sebagai kiasan mengenai perbuatan yang baik dan perbuatan yang jahat biasa dalam sastra Yunani dan Ibrani.801

...mengenakan perlengkapan senjata terang!

Tema ini disebut dalam I Korintus 6:7; 10:4, dan dalam I Tesalonika 5:8, tetapi dalam Efesus pasal 6 ada bahasan mengenai perjuangan kita dan perlengkapan senjata terang yang lebih lengkap. Baik di dalam Surat Efesus802 maupun di dalam Roma pasal 13 ini perintah supaya perbuatan-perbuatan jahat ditanggalkan mendahului perintah untuk mengenakan perlengkapan senjata.

Hagelberg: Rm 13:12 - -- 13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senja...

13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Seperti apa yang dikatakan di atas, keadaan kita di perbatasan antara dua aiwn/aion dikiaskan dalam nats ini. Yang kelihatan hanya remang-remang sinar matahari saja, tetapi "saatnya sudah tiba bagi kita untuk bangun dari tidur."

Menurut Rasul Paulus,799 Tuhan Yesus dapat kembali segera. Firman Allah tidak berkata bahwa Dia akan kembali sebelum duapuluh tahun lewat. Firman Allah tidak berkata bahwa Dia akan kembali pada tanggal yang tertentu. Yang dikatakan Firman Allah adalah bahwa Dia dapat kembali segera. Maka tepatlah kiasan yang dipakai dalam pasal 13:12. Pada waktu hari sudah jauh malam remang-remang sinar matahari dapat muncul segera, dan kalau seandainya kita tidak mempunyai jam tangan, maka kita tidak tahu, berapa menit lagi matahari akan terbit.

Demikian juga dengan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Mungkin Dia akan datang hari ini. Tidak ada acara atau tanda apa-apa yang harus mendahului kedatangaNya. Seandainya ada tanda yang harus mendahului kedatanganNya, misalnya pembangunan kembali dari Bait Allah di Yerusalem, maka kita dapat mengatakan, "Dia tidak dapat datang hari ini, karena Bait Allah belum didirikan di Yerusalem." Oleh karena tidak ada tanda atau acara apa-apa yang harus mendahului kedatangan Tuhan Yesus Kristus, maka kita didorong untuk hidup siap untuk kedatanganNya saat ini juga.

Dunn800 mencatat bahwa kontras antara malam (waktu di mana banyak kejahatan terjadi) dan siang hari (waktu kebenaran) hanya kelihatan dalam beberapa nats dalam seluruh Alkitab. Dia mencatat Mazmur 139:12; Yesaya 21:11-12; Yohanes 9:4; 11:10; Zakharia 14:7; Wahyu 21:25; dan 22:5, tetapi nats tersebut tidak begitu mirip dengan Roma pasal 13:12. Ternyata nats yang paling mirip ditulis oleh Paulus sendiri, yaitu I Tesalonika 5:5-8.

Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Oleh karena Dia dapat datang segera, maka kita harus siap. Dalam ayat ini, kiasan mengenai pakaian yang ditanggalkan dan dikenakan dipakai. Pakaian yang ditanggalkan dan pakaian yang dikenakan dipakai sebagai kiasan mengenai perbuatan yang baik dan perbuatan yang jahat biasa dalam sastra Yunani dan Ibrani.801

...mengenakan perlengkapan senjata terang!

Tema ini disebut dalam I Korintus 6:7; 10:4, dan dalam I Tesalonika 5:8, tetapi dalam Efesus pasal 6 ada bahasan mengenai perjuangan kita dan perlengkapan senjata terang yang lebih lengkap. Baik di dalam Surat Efesus802 maupun di dalam Roma pasal 13 ini perintah supaya perbuatan-perbuatan jahat ditanggalkan mendahului perintah untuk mengenakan perlengkapan senjata.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 13:7-10 - Keadilan dan Kasih Keadilan dan Kasih (Roma 13:7-10) ...

Matthew Henry: Rm 13:11-14 - Petunjuk bagi Orang Kristen Petunjuk bagi Orang Kristen (Roma 13:11-14) ...

SH: Rm 13:8-14 - Kasih dan hukum Taurat. (Rabu, 29 Juli 1998) Kasih dan hukum Taurat. Kasih dan hukum Taurat. Keduanya berkait erat. Kasih adalah sifat Allah, dan h...

SH: Rm 13:8-14 - Kasih dan kekudusan (Senin, 28 Agustus 2006) Kasih dan kekudusan Judul: Kasih dan kekudusan Dalam tindakan disiplin, selalu ada maksud baik. H...

SH: Rm 13:8-14 - Etika kasih dan hukum (Jumat, 23 April 2010) Etika kasih dan hukum Judul: Etika kasih dan hukum Menurut Anda mana yang benar: kasih dan hukum adala...

SH: Rm 13:8-14 - Jangan bebal! Jangan keraskan hati! (Sabtu, 6 April 2013) Jangan bebal! Jangan keraskan hati! Judul: Hidup baru, realitas baru Hutang adalah kewajiban yang haru...

SH: Rm 13:8-14 - Kasih adalah Kegenapan Hukum Taurat (Rabu, 16 November 2016) Kasih adalah Kegenapan Hukum Taurat Dalam bacaan hari ini, Paulus jelas menegaskan bahwa kasih adalah kegenapan h...

SH: Rm 13:8-14 - Panggilan Hidup dalam Kasih (Sabtu, 16 Juli 2022) Panggilan Hidup dalam Kasih Sebuah perubahan kehidupan dimulai dari perubahan cara pandang. Ketika kita hidup bar...

Utley: Rm 13:8-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 13:8-10...

Utley: Rm 13:11-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 13:11-14...

Topik Teologia: Rm 13:8 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama ...

Topik Teologia: Rm 13:9 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Keinginan Tamak dan Rakus ...

Topik Teologia: Rm 13:10 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Buah Roh Kasih ...

Topik Teologia: Rm 13:11 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Sikap Orang Percaya Terhadap Kedatangan Yesus Kedua Kali Orang Percaya Ha...

Topik Teologia: Rm 13:12 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali ...

TFTWMS: Rm 13:8-10 - Sikap Terhadap Sesama Manusia SIKAP TERHADAP SESAMA MANUSIA (Roma 13:8-10) 8 Janganlah kamu berhu...

TFTWMS: Rm 13:11-14 - Ringkasan RINGKASAN (Roma 13:11-14) 11 Hal ini harus kamu lakukan, karena ka...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Peringatan Tentang Keuangan (Roma 13:8) "Janganlah kamu berhutang apa-a...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 13 KEHIDUPAN ORANG KRISTEN (BAGIAN 2) Dal...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Bagaimana Hidup Dalam Dunia Yang Memusuhi (Roma 13) Coy R...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 2 Beberapa penulis mendebat bahwa Paulus tidak menulis ...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.13 detik
dipersembahkan oleh YLSA