Teks -- Imamat 26:14-17 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Im 26:14 - JIKALAU KAMU TIDAK MENDENGARKAN DAKU.
Nas : Im 26:14
Pasal Im 26:1-46 menyatakan penderitaan, kesedihan, dan sakit
hati Allah ketika Dia meratapi kenyataan bahwa Dia mungkin terpaksa ha...
Nas : Im 26:14
Pasal Im 26:1-46 menyatakan penderitaan, kesedihan, dan sakit hati Allah ketika Dia meratapi kenyataan bahwa Dia mungkin terpaksa harus menghukum umat yang ditebusnya. Apabila mereka, tanpa merasa terima kasih sama sekali, menolak kasih-Nya dan tidak bersedia menjadikan Dia Allah mereka, maka mau tak mau Ia harus mendatangkan kesusahan dan malapetaka atas mereka. Janji-janji dan peringatan-peringatan Tuhan diucapkan dari kedalaman kasih ilahi dan dengan keinginan yang sungguh-sungguh agar disiplin dan hukuman seperti itu tidak akan pernah perlu dijatuhkan pada umat pilihan-Nya (baca pula pasal Ul 28:1-30:20).
Full Life: Im 26:17 - AKU SENDIRI AKAN MENENTANG KAMU.
Nas : Im 26:17
Tragedi dosa, pemberontakan, dan ketidaktaatan yang terbesar ialah
bahwa Allah sendiri mungkin menentang kita, yaitu menarik kehadir...
Nas : Im 26:17
Tragedi dosa, pemberontakan, dan ketidaktaatan yang terbesar ialah bahwa Allah sendiri mungkin menentang kita, yaitu menarik kehadiran, perhatian, dan kekuatan-Nya dari kita. Sebagai gantinya, kita akan terbuka untuk hukuman-Nya yang langsung dan untuk segala masalah dan bahaya hidup tanpa perlindungan dan bimbingan-Nya. Harga yang harus dibayar karena menolak Allah dan standar-standar-Nya yang benar sangat besar. Berada dalam kehendak, kehadiran, dan perhatian-Nya menjadi berkat-berkat hidup yang paling besar (ayat Im 26:3-13).
Jerusalem -> Im 17:1--27:34; Im 26:3-45
Jerusalem: Im 17:1--27:34 - -- Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tam...
Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tampaknya terbentuk pada akhir zaman para raja dan memuat adat kebiasaan yang ditepati dalam bait Allah di Yerusalem. Dalam "Hukum Kekudusan" itu tampaklah dengan jelas sejumlah besar dengan ajaran nabi Yehezkiel. Ini berarti bahwa ajaran nabi itu tidak lain kecuali suatu perkembangan dari apa yang sudah ada sebelum masa pembuangan Israel ke Babel. Adapun kekudusan ialah sebuah sifat hakiki Allah Israel, bdk Ima 11:44-45; 19:2; 20:7,26; 21:8; 22:23 dst. Arti pertama kata "Kudus" ialah: yang terpisah yang transenden dan tidak terhampiri, sehingga menimbulkan rasa takut keagamaan, Kel 33:20+. Kekudusan Allah itu meliputi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah atau diserahkan kepadaNya, yaitu: tempat, Kel 19:12+, masa dan waktu, Kel 16:23; Ima 23:4+, tabut perjanjian, 2Sa 6:7+, manusia, Kel 19:6+, khususnya para imam, Ima 21:6, benda-benda, Kel 30:29; Bil 18:9, dll. Mengingat hubungannya dengan ibadat maka "kudus" berdekatan dengan "tahir". Sejauh itu "Hukum Kekudusan" dapat juga disebut "Hukum Ketahiran". Akan tetapi sifat moril Allahnya Israel merohanikan pandangan primitip itu. "Kudus" tidak hanya berarti: dipisahkan dari apa yang profan (teruntuk bagi keperluan manusia), tetapi terutama: dipisahkan dari dosa: ketahiran lahiriah bergabung dengan kesucian hati manusia, bdk penglihatan nabi Yesaya, Yes 6:3+.
Jerusalem: Im 26:3-45 - -- Sama seperti hukum kitab Ulangan, Ula 28 begitu pula Hukum Kekudusan diakhiri dengan serangkaian berkat dan kutuk. tetapi istilah-istilah, kata-kata d...
Sama seperti hukum kitab Ulangan, Ula 28 begitu pula Hukum Kekudusan diakhiri dengan serangkaian berkat dan kutuk. tetapi istilah-istilah, kata-kata dan isi Ima 26 berbeda sekali dengan yang terjumpai dalam Ula 28. Jelaslah kedua nas tsb tidak bergantung satu sama lain. Naskah-naskah dari kawasan timur di zaman dahulu, yang berisikan perjanjian juga berakhir dengan berkat dan kutuk semacam itu.
Ende -> Im 17:1--26:46
Ende: Im 17:1--26:46 - -- Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang
dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, da...
Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, dari pelbagai segi. Bagian ini djauh lebih mendalam adjarannja daripada pasal 1-16 jang lebih memperhatikan segi lahiriah dan rituil sadja. Kekudusan Tuhan Israil menuntut dari umatNja kesutjian jang tidak terdiri atas ketahiran lahiriah dan rituil semata-mata, tetapi djuga dan terutama atas kesutjian moril dan batiniah. Pasal #TB Ima 1-16 memperbintjangkan segala sesuatu jang menghalang umat berhadapan Allah dalam ibadah; pasal #TB Ima 17-26 mengutarakan apa jang dituntut dari orang jang hendak menghubungi Jahwe.
· segala perintah: Ul 28:15-68; Mal 2:2
Ref. Silang FULL: Im 26:15 - mendengar peraturan-Ku // mengingkari perjanjian-Ku · mendengar peraturan-Ku: Im 26:11; Im 26:11
· mengingkari perjanjian-Ku: Kej 17:7; Kej 17:7
Ref. Silang FULL: Im 26:16 - serta demam // jiwa merana // habis dimakan · serta demam: Ul 28:22,35; Mazm 78:33
· jiwa merana: Im 26:39; 1Sam 2:33; Mazm 107:17; Yeh 4:17; 24:23; 33:10
· habis dimakan: H...
· serta demam: Ul 28:22,35; Mazm 78:33
· jiwa merana: Im 26:39; 1Sam 2:33; Mazm 107:17; Yeh 4:17; 24:23; 33:10
Ref. Silang FULL: Im 26:17 - akan menentang // akan dikalahkan // oleh musuhmu // menguasai kamu // mengejar kamu · akan menentang: Im 17:10; Yeh 15:7
· akan dikalahkan: Ul 28:48; Yos 7:12; Hak 2:15; 1Raj 8:33; 2Taw 6:24
· oleh musuhmu: Yos 7:...
· akan menentang: Im 17:10; Yeh 15:7
· akan dikalahkan: Ul 28:48; Yos 7:12; Hak 2:15; 1Raj 8:33; 2Taw 6:24
· oleh musuhmu: Yos 7:4; Yer 19:7; 21:7
· menguasai kamu: Mazm 106:41
· mengejar kamu: Im 26:36,37; Ul 28:7,25; Mazm 53:6; Ams 28:1; Yes 30:17