kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 17:1--18:31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Patung sembahan Mikha
17:1 Ada seorang dari pegunungan Efraim, Mikha namanya. 17:2 Berkatalah ia kepada ibunya: "Uang perak yang seribu seratus itu, yang diambil orang dari padamu dan yang karena itu kauucapkan kutuk -- aku sendiri mendengar ucapanmu itu -- memang uang itu ada padaku, akulah yang mengambilnya." Lalu kata ibunya: "Diberkatilah kiranya anakku oleh TUHAN." 17:3 Sesudah itu dikembalikannyalah uang perak yang seribu seratus itu kepada ibunya. Tetapi ibunya berkata: "Aku mau menguduskan uang itu bagi TUHAN, aku menyerahkannya untuk anakku, supaya dibuat patung pahatan dan patung tuangan dari pada uang itu. Maka sekarang, uang itu kukembalikan kepadamu." 17:4 Tetapi orang itu mengembalikan uang itu kepada ibunya, lalu perempuan itu mengambil dua ratus uang perak dan memberikannya kepada tukang perak, yang membuat patung pahatan dan patung tuangan dari pada uang itu; lalu patung itu ditaruh di rumah Mikha. 17:5 Mikha ini mempunyai kuil. Dibuatnyalah efod dan terafim, ditahbiskannya salah seorang anaknya laki-laki, yang menjadi imamnya. 17:6 Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri. 17:7 Maka ada seorang muda dari Betlehem-Yehuda, dari kaum Yehuda; ia seorang Lewi dan tinggal di sana sebagai pendatang. 17:8 Lalu orang itu keluar dari kota Betlehem-Yehuda untuk menetap sebagai pendatang di mana saja ia mendapat tempat; dan dalam perjalanannya itu sampailah ia ke pegunungan Efraim di rumah Mikha. 17:9 Bertanyalah Mikha kepadanya: "Engkau dari mana?" Jawabnya kepadanya: "Aku orang Lewi dari Betlehem-Yehuda, dan aku pergi untuk menetap sebagai pendatang di mana saja aku mendapat tempat." 17:10 Lalu kata Mikha kepadanya: "Tinggallah padaku dan jadilah bapak dan imam bagiku; maka setiap tahun aku akan memberikan kepadamu sepuluh uang perak, sepasang pakaian serta makananmu." 17:11 Orang Lewi itu setuju untuk tinggal padanya. Maka orang muda itu menjadi seperti salah seorang anaknya sendiri. 17:12 Mikha mentahbiskan orang Lewi itu; orang muda itu menjadi imamnya dan diam di rumah Mikha. 17:13 Lalu kata Mikha: "Sekarang tahulah aku, bahwa TUHAN akan berbuat baik kepadaku, karena ada seorang Lewi menjadi imamku."
Patung sembahan Mikha dirampas oleh bani Dan
18:1 Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel dan pada zaman itu suku Dan sedang mencari milik pusaka untuk menetap, sebab sampai hari itu mereka belum juga mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel. 18:2 Sebab itu bani Dan menyuruh dari kaumnya lima orang dari seluruh jumlah mereka, semuanya orang-orang yang gagah perkasa, yang berasal dari Zora dan Esytaol, untuk mengintai negeri itu dan menyelidikinya, serta berkata kepada mereka: "Pergilah menyelidiki negeri itu." Ketika orang-orang itu sampai ke pegunungan Efraim di rumah Mikha, bermalamlah mereka di sana. 18:3 Ketika mereka ada dekat rumah Mikha itu, dikenal merekalah logat orang muda suku Lewi itu, lalu singgahlah mereka ke sana dan berkata kepadanya: "Siapakah yang membawa engkau ke mari? Apakah pekerjaanmu dan urusanmu di sini?" 18:4 Katanya kepada mereka: "Begini begitulah dilakukan Mikha kepadaku; ia menggaji aku dan aku menjadi imamnya." 18:5 Kata mereka kepadanya: "Tanyakanlah kiranya kepada Allah, supaya kami ketahui apakah perjalanan yang kami tempuh ini akan berhasil." 18:6 Kata imam itu kepada mereka: "Pergilah dengan selamat! Perjalanan yang kamu tempuh itu dipandang baik oleh TUHAN." 18:7 Sesudah itu pergilah kelima orang itu, lalu sampailah mereka ke Lais. Dilihat merekalah, bahwa rakyat yang diam di sana hidup dengan tenteram, menurut adat orang Sidon, aman dan tenteram. Orang-orang itu tidak kekurangan apapun yang ada di muka bumi, malah kaya harta. Mereka tinggal jauh dari orang Sidon dan tidak bergaul dengan siapapun juga. 18:8 Setelah mereka kembali kepada saudara-saudara sesukunya di Zora dan Esytaol, berkatalah saudara-saudara sesukunya kepada mereka: "Apakah yang kamu dapati di sana?" 18:9 Jawab mereka: "Bersiaplah, marilah kita maju menyerang mereka, sebab kami telah melihat negeri itu, dan memang sangat baik. Masakan kamu tinggal diam! Janganlah bermalas-malas untuk pergi memasuki dan menduduki negeri itu. 18:10 Apabila kamu memasukinya kamu mendapati rakyat yang hidup dengan tenteram, dan negeri itu luas ke sebelah kiri dan ke sebelah kanan. Sesungguhnya, Allah telah menyerahkannya ke dalam tanganmu; itulah tempat yang tidak kekurangan apapun yang ada di muka bumi." 18:11 Lalu berangkatlah dari sana, dari Zora dan Esytaol, enam ratus orang dari kaum suku Dan, diperlengkapi dengan senjata. 18:12 Mereka maju, lalu berkemah di Kiryat-Yearim di Yehuda. Itulah sebabnya tempat itu disebut Mahane-Dan sampai sekarang; letaknya di sebelah barat Kiryat-Yearim. 18:13 Dari sana mereka bergerak terus ke pegunungan Efraim dan sampai di rumah Mikha. 18:14 Lalu berbicaralah kelima orang yang telah pergi mengintai daerah Lais itu, katanya kepada saudara-saudara sesukunya: "Tahukah kamu, bahwa dalam rumah-rumah ini ada efod, terafim, patung pahatan dan patung tuangan? Oleh sebab itu, insafilah apa yang akan kamu perbuat!" 18:15 Kemudian mereka menuju ke tempat itu, lalu sampai di rumah orang muda suku Lewi itu, di rumah Mikha, dan menanyakan apakah ia selamat. 18:16 Sementara keenam ratus orang dari bani Dan yang diperlengkapi dengan senjata itu tinggal berdiri di pintu gerbang, 18:17 maka kelima orang yang telah pergi mengintai negeri itu berjalan terus, masuk ke dalam lalu mengambil patung pahatan, efod, terafim dan patung tuangan itu. Adapun imam itu berdiri di pintu gerbang bersama-sama dengan keenam ratus orang yang diperlengkapi dengan senjata itu. 18:18 Tetapi, setelah yang lain-lain itu masuk ke dalam rumah Mikha dan mengambil patung pahatan, efod, terafim dan patung tuangan itu, berkatalah imam itu kepada mereka: "Berbuat apakah kamu ini?" 18:19 Tetapi jawab mereka kepadanya: "Diamlah, tutup mulut, ikutlah kami dan jadilah bapak dan imam kami. Apakah yang lebih baik bagimu: menjadi imam untuk seisi rumah satu orang atau menjadi imam untuk suatu suku dan kaum di antara orang Israel?" 18:20 Maka gembiralah hati imam itu, diambilnyalah efod, terafim dan patung pahatan itu, lalu masuk ke tengah-tengah orang banyak. 18:21 Kemudian berbaliklah mereka dan pergi, dengan anak-anak, ternak dan barang-barang yang berharga ditempatkan di depan mereka. 18:22 Ketika mereka telah jauh dari rumah Mikha, dikerahkanlah orang-orang dari rumah-rumah yang di dekat rumah Mikha dan orang-orang itu mengejar bani Dan itu. 18:23 Mereka memanggil-manggil bani Dan, maka berbaliklah orang-orang itu dan berkata kepada Mikha: "Mau apa engkau dengan mengerahkan orang?" Lalu jawabnya: 18:24 "Allahku yang kubuat serta imam juga kamu ambil, lalu kamu pergi. Apakah lagi yang masih tinggal padaku? Bagaimana perkataanmu itu kepadaku: Mau apa engkau?" 18:25 Berkatalah bani Dan kepadanya: "Janganlah suaramu kedengaran lagi kepada kami, nanti ada orang yang menyerang engkau karena sakit hati dan dengan demikian engkau serta seisi rumahmu kehilangan nyawa." 18:26 Lalu bani Dan melanjutkan perjalanannya, dan Mikha, setelah dilihatnya mereka itu lebih kuat dari padanya, berpalinglah ia pulang ke rumahnya. 18:27 Lalu bani Dan, dengan membawa barang-barang yang dibuat Mikha, juga imamnya, mendatangi Lais, yakni rakyat yang hidup dengan aman dan tenteram. Mereka memukul orang-orang itu dengan mata pedang dan kotanya dibakar. 18:28 Tidak ada orang yang datang menolong, sebab kota itu jauh dari Sidon dan orang-orang kota itu tidak bergaul dengan siapapun juga. Letak kota itu di lembah Bet-Rehob. Kemudian bani Dan membangun kota itu kembali dan diam di sana. 18:29 Mereka menamai kota itu Dan, menurut nama bapa leluhur mereka, yakni Dan, yang lahir bagi Israel, tetapi nama kota itu dahulu adalah Lais. 18:30 Bani Dan menegakkan bagi mereka sendiri patung pahatan itu, lalu Yonatan bin Gersom bin Musa bersama-sama dengan anak-anaknya menjadi imam bagi suku Dan, sampai penduduk negeri itu diangkut sebagai orang buangan. 18:31 Demikianlah mereka menempatkan bagi mereka sendiri patung pahatan yang telah dibuat Mikha itu, dan patung itu ada di sana selama rumah Allah ada di Silo.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Betlehem a town located in either Moab or Judah
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Esytaol a town in the western foothills of Judah
 · Gerson son of Levi; founder of the clan of Gershon/Gershom,the clan of Gershom/Gershon of the tribe of Levi
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · keturunan Gerson the clan of Gershom/Gershon of the tribe of Levi
 · Keturunan Gerson the clan of Gershom/Gershon of the tribe of Levi
 · Lais a town taken over by Danites 40 km north of Lake Galilee & 25 km SW of Mt. Hermon,father of Palti of Gallim to whom Saul gave Michal, David's wife
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · Mikha son of Imlah; prophet of Israel in the time of King Ahab,father of Achbor/Abdon whom King Josiah used as a messenger,mother of King Abijah / Abijam of Judah,a prince King Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Zaccur, the son of Asaph,a priest trumpeter who helped dedicate the finished wall,son of Gemariah son of Shaphan
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang Manasye the tribe of Manasseh.
 · orang Sidon residents of the town of Sidon
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel


Topik/Tema Kamus: Lewi | Mikha | Hukum, Kitab | Suku Dan | Sembah, Penyembahan Berhala | Hakim Yang Luar Biasa | Efod | Salam | Perang | Pandai, Kepandaian (Keahlian) | Terapim | Bet-Rehob | Waktu Atau Masa | Uang | Orang Tua | Orang Sidon | Yonatan | Terafim | Curi, Pencurian | Betlehem-Yehuda | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 17:1 - MIKHA. Nas : Hak 17:1 Sejarah kronologis kitab ini berakhir dengan pasal Hak 16:1-31. Mulai dengan episode Mikha, bagian terakhir kitab Hakim-Hakim (Hak 1...

Nas : Hak 17:1

Sejarah kronologis kitab ini berakhir dengan pasal Hak 16:1-31. Mulai dengan episode Mikha, bagian terakhir kitab Hakim-Hakim (Hak 17:1-21:25) menguraikan standar-standar moral yang rendah, upacara-upacara keagamaan yang sesat, dan tatanan sosial yang kacau di Israel selama periode hakim-hakim. Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa jikalau firman Allah dan prinsip-prinsip moral yang benar diabaikan, maka baik individu maupun masyarakat secara keseluruhan akan dibinasakan (bd. Ams 14:34; 21:7). Dua kali penulis mengatakan bahwa "setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri" (Hak 17:6; 21:25; bd. Ams 14:12). Jalan Allah ditolak sehingga mengakibatkan keputusasaan, kekacauan, dan kematian.

Full Life: Hak 17:5 - KUIL. Nas : Hak 17:5 Karena Mikha tidak tunduk kepada kekuasaan dari penyataan Allah yang diilhamkan dan tertulis dan diberikan melalui Musa, ia menipu d...

Nas : Hak 17:5

Karena Mikha tidak tunduk kepada kekuasaan dari penyataan Allah yang diilhamkan dan tertulis dan diberikan melalui Musa, ia menipu dirinya sendiri dan melakukan apa yang benar menurut pandangannya sendiri (ayat Hak 17:6; bd. Ul 11:18-25; Yos 1:5-8). Ia menipu dirinya sampai percaya bahwa ia dapat menerima berkat Allah (ayat Hak 17:13) dan pada saat bersamaan melanggar semua perintah Alkitab yang jelas. Dosa-dosanya meliputi mencuri (ayat Hak 17:2), menyembah berhala (ayat Hak 17:3-5), tidak menaati perintah-perintah Allah (ayat Hak 17:6), dan mengangkat anaknya sendiri sebagai imam (ayat Hak 17:5-13; Bil 16:17; Ul 21:5; bd. 2Tim 4:3). Pemahaman yang benar dan pertimbangan moral yang sehat hilang di Israel ketika bangsa itu meninggalkan perjanjian Allah.

Full Life: Hak 17:6 - SETIAP ORANG BERBUAT ... MENURUT PANDANGANNYA. Nas : Hak 17:6 Orang yang melakukan apa yang benar menurut pandangannya sendiri sudah pasti akan melakukan perkara yang jahat dipandangan Allah (bd...

Nas : Hak 17:6

Orang yang melakukan apa yang benar menurut pandangannya sendiri sudah pasti akan melakukan perkara yang jahat dipandangan Allah (bd. Hak 2:11; 4:1; 6:1; 10:6). Sikap yang ingkar akan hukum ini adalah sama lazim pada zaman kita ini seperti pada masa Mikha. Orang mau berbuat sekehendak hatinya sendiri dan merasa tersinggung bila diberi tahu apa yang dapat dan yang tidak dapat mereka lakukan -- bahkan oleh Allah dan Firman-Nya. Orang yang mengabaikan standar-standar mutlak Allah demi keinginan manusiawi yang subyektif akhirnya akan mengalami kekacauan rohani, moral, dan sosial. Pada pihak lain, orang percaya sejati akan dengan senang hati tunduk kepada standar-standar dan pendirian Allah sebagaimana dinyatakan dalam Firman-Nya yang tertulis.

Full Life: Hak 18:20 - GEMBIRALAH HATI IMAM ITU. Nas : Hak 18:20 Penonjolan peranan yang diberikan kepada imam ini dalam pasal Hak 18:1-19:30 menekankan bahwa bukan hanya rakyat biasa yang menjadi...

Nas : Hak 18:20

Penonjolan peranan yang diberikan kepada imam ini dalam pasal Hak 18:1-19:30 menekankan bahwa bukan hanya rakyat biasa yang menjadi rusak, tetapi juga keimaman yang kudus. Imam ini bersedia melayani sebagai imam dewa lain hanya untuk uang dan kedudukan (Hak 17:12).

BIS: Hak 17:5 - efod efod: Dalam bahasa Ibrani efod menunjukkan sepotong kain tutup dada pada baju dinas Imam Agung. Lihat kamus.

efod: Dalam bahasa Ibrani efod menunjukkan sepotong kain tutup dada pada baju dinas Imam Agung. Lihat kamus.

Jerusalem: Hak 17:1--21:25 - -- Kedua kisah yang termasuk dalam bagian ini, bab Hak 17:1-18:31 dan bab Hak 19:21, berbeda-beda asal-usulnya. Ceritera-ceritera itu ditambahkan pada ki...

Kedua kisah yang termasuk dalam bagian ini, bab Hak 17:1-18:31 dan bab Hak 19:21, berbeda-beda asal-usulnya. Ceritera-ceritera itu ditambahkan pada kitab Hakim oleh karena mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di zaman sebelum masa para raja. Mungkin bab-bab ini ditambahkan pada kitab Hakim sesudah masa pembuangan.

Jerusalem: Hak 17:1--18:31 - -- Kedua bab ini terutama menceritakan tentang tempat kudus suku Dan yang mereka dirikan dan tentang asal-usul para imam yang bertugas di situ. Tradisi i...

Kedua bab ini terutama menceritakan tentang tempat kudus suku Dan yang mereka dirikan dan tentang asal-usul para imam yang bertugas di situ. Tradisi itu pasti dari suku Dan. Namun demikian tindakan suku Dan itu dikutuk: berhala yang ditempatkan di tempat kudus itu adalah hasil pencurian rangkap dua; para imam tempat kudus itu berasal dari seorang Lewi yang bertualang dan meninggalkan majikannya untuk mengejar keuntungan lebih besar. Penilaian negatip tsb barangkali berasal dari petugas-petugas bait Allah kerajaan di Dan, yang didirikan raja Yerobeam; iapun mengangkat imam-imam lain sebagai petugas, 1Ra 12:28-31. Catatan-Catatan yang tercantum dalam Hak 17:6; 18:1 (yang mengambil sikap positip terhadap jabatan raja, padahal tradisi Ulangan tidak senang dengannya) mengenai wewenang raja dalam hal peribadatan. Kisah ini disambung dengan kisah mengenai suku Dan yang berpindah tempat, Hak 18:1+.

Jerusalem: Hak 17:1 - Mikha Dalam naskah Ibrani (hanya) di luar nama itu tertulis lengkap: Mikhayehu, artinya: Siapa seperti Tuhan (Yahwe)?

Dalam naskah Ibrani (hanya) di luar nama itu tertulis lengkap: Mikhayehu, artinya: Siapa seperti Tuhan (Yahwe)?

Jerusalem: Hak 17:2 - ucapanmu itu Kutuk itu sendiri berdaya dan karenanya di sini tidak dikutip. Daya kutuk itu diimbangi dan dibatalkan dengan berkat yang diucapkan ibu itu, Hak 17:3,...

Kutuk itu sendiri berdaya dan karenanya di sini tidak dikutip. Daya kutuk itu diimbangi dan dibatalkan dengan berkat yang diucapkan ibu itu, Hak 17:3, dan barangkali dengan memberikan sebagian dari uang itu kepada Allah

Jerusalem: Hak 17:4 - patung pahatan dan patung tuangan Mungkin aslinya hanya ada satu patung saya: kayu berpahat yang disalut perak, bdk Hak 18:20,30,31. Dua patung yang disebut di sini dan dalam Hak 18:17...

Mungkin aslinya hanya ada satu patung saya: kayu berpahat yang disalut perak, bdk Hak 18:20,30,31. Dua patung yang disebut di sini dan dalam Hak 18:17,18 barangkali berasal dari tangan penyusun ceritera: patung kedua barangkali ditambahkan berdasarkan Ula 27:15. Hanya di sini dalam Alkitab dengan jelas dikatakan bahwa ada sebuah patung Tuhan yang berperan dalam ibadat. Ini langsung bertentangan dengan larangan yang terungkap dalam Dekalog. Kel 20:4, yang seringkali ditekankan. namun demikian, patung itu di sini tidak ditolak, seperti juga efod, bdk 1Sa 2:28+, dan terafim, Kej 31:19+; 1Sa 15:23, tidak ditolak. Dalam agama Israel yang resmi efod dan terafim memang tidak disenangi.

Jerusalem: Hak 17:5 - imamnya Ini sesuai dengan adat kuno: Ayah keluarga dan kepala kaum sendiri dapat berperan sebagai imam dan memilih imamnya. Sungguhpun demikian dalam kisah in...

Ini sesuai dengan adat kuno: Ayah keluarga dan kepala kaum sendiri dapat berperan sebagai imam dan memilih imamnya. Sungguhpun demikian dalam kisah ini selanjutnya menjadi jelas bahwa orang Lewi mempunyai kedudukan khas.

Jerusalem: Hak 17:7 - dari kaum Yehuda Kecuali kalau "orang Lewi" di sini nama tugas dan tidak menunjuk orang sebagai anggota suku para imam (dalam Hak 16:30 jelas dikatakan bahwa keturunan...

Kecuali kalau "orang Lewi" di sini nama tugas dan tidak menunjuk orang sebagai anggota suku para imam (dalam Hak 16:30 jelas dikatakan bahwa keturunan orang itu termasuk suku para imam). tidak mungkin orang muda dari Betlehem itu adalah baik orang Lewi maupun "dari kaum Yehuda". Tetapi ia dapat berkediaman di Betlehem sebagai "orang asing yang menetap", Kel 12:48+.

Jerusalem: Hak 18:1-10 - -- Suku Dan pernah mendiami daerah sekitar Zora dan Esytaol, bdk Hak 13:2+. Tetapi ia tidak dapat mempertahankan diri di situ, bdk Yos 19:40+, dan diusir...

Suku Dan pernah mendiami daerah sekitar Zora dan Esytaol, bdk Hak 13:2+. Tetapi ia tidak dapat mempertahankan diri di situ, bdk Yos 19:40+, dan diusir oleh orang Amori, bdk Hak 1:34-35. Waktu mereka berpindah tempat ke bagian utara negeri, mereka mengirim pengintai-pengintai dahulu, sama seperti Musa mengirim pengintai-pengintai (a.l. Kaleb), Bil 13. Kapan suku Dan pindah tidak dapat dipastikan. Di sini atau dalam Hak 1:34-35 orang Filistin tidak disebut-sebut, sehingga boleh disimpulkan bahwa suku Dan pindah pada awal zaman Hakim. Dalam Nyanyian Debora, Hak 5:17. Dan disebut bersama dengan Asyer, sehingga rupanya di masa itu Dan sudah menetap di bagian utara negeri. Namun demikian halnya tidak pasti. Ternyata suku Dan mudah saja dapat pindah dan ini paling gampang dimengerti, kalau Debora dan Barak sudah mengalahkan orang Kanaan. Ceritera ini menyajikan sebuah contoh bagaimana suatu suku Israel dapat berpindah tersendiri, bdk Hak 1, dan ternyata pula bahwa suku-suku Israel tetap bergerak dan berpindah-pindah setelah Yosua mati, bdk setelah suku Manasye, Bil 32:1+.

Jerusalem: Hak 18:7 - Orang-orang itu... kaya harta Maksud naskah Ibrani kurang jelas dan nampaknya rusak

Maksud naskah Ibrani kurang jelas dan nampaknya rusak

Jerusalem: Hak 18:7 - dengan siapapun juga Dalam terjemahan Yunani terbaca: dengan orang Aram; begitu juga dalam Hak 18:28.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: dengan orang Aram; begitu juga dalam Hak 18:28.

Jerusalem: Hak 18:14 - Lais Ini rupanya sebuah sisipan, tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Ini rupanya sebuah sisipan, tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: Hak 18:17-20 - -- Dalam bagian ini rupanya tercampur dua sumber. Menurut sumber yang satu kelima pengintai mengunjungi orang Lewi itu dan sementara itu keenam ratus ora...

Dalam bagian ini rupanya tercampur dua sumber. Menurut sumber yang satu kelima pengintai mengunjungi orang Lewi itu dan sementara itu keenam ratus orang Dan mencuri patung pahatan itu, Hak 18:18. Sumber yang lain berceritera bahwa kelima orang pengintai itu mencuri patung itu dan imam berdiri di pintu gerbang bersama dengan keenam ratus orang Dan. Ia berusaha menahan mereka yang mencuri Hak 18:16-17,18.

Jerusalem: Hak 18:30 - -- Ayat ini sebuah sisipan. Ia mengulang Hak 18:31 dan menambah sebuah catatan mengenai para imam yang bertugas di tempat kudus suku Dan. Moyang mereka y...

Ayat ini sebuah sisipan. Ia mengulang Hak 18:31 dan menambah sebuah catatan mengenai para imam yang bertugas di tempat kudus suku Dan. Moyang mereka yang sebagai yang pertama bertugas mungkin sekali seorang Lewi. Pembuangan yang disebut di sini ialah yang terjadi sesudah penyerbuan raja Tiglat Pileser dalam th 734.

Jerusalem: Hak 18:31 - dan patung itu... di Silo Ini tidak sesuai dengan apa yang dikatakan dalam Hak 18:30. Bagian inipun sebuah sisipan yang menyinggung tempat kudus di Silo yang hancur waktu tabut...

Ini tidak sesuai dengan apa yang dikatakan dalam Hak 18:30. Bagian inipun sebuah sisipan yang menyinggung tempat kudus di Silo yang hancur waktu tabut perjanjian direbut orang Filistin, 1Sa 4.

Ende: Hak 17:2-3 - -- Ajat2 ini agak sukar untuk diterdjemahkan. Ibu itu memberkati anaknja untuk membatalkannja kutuknja jang dahulu. Menurut anggapan dulu kata2 sendiri b...

Ajat2 ini agak sukar untuk diterdjemahkan. Ibu itu memberkati anaknja untuk membatalkannja kutuknja jang dahulu. Menurut anggapan dulu kata2 sendiri berdaja untuk melaksanakan maknanja sendiri.

Ende: Hak 17:5 - -- Kuil itu adalah kuil Jahwe. Tetapi, selain kuil itu buatan Mika sendiri, hal mana memang tidak dapat, didalamnjapun ia mendjalankan ibadah jang tak sa...

Kuil itu adalah kuil Jahwe. Tetapi, selain kuil itu buatan Mika sendiri, hal mana memang tidak dapat, didalamnjapun ia mendjalankan ibadah jang tak sah. Terafim adalah patung dewa rumah. Apakah efod disini patung atau pakaian kurang terang. Kedua benda itu dipakai untuk mengetahui hal2 jang akan datang.

Ende: Hak 17:7 - -- Levita itu bukan keturunan Juda, melainkan seorang jang diadoptir oleh sebuah marga suku ini.

Levita itu bukan keturunan Juda, melainkan seorang jang diadoptir oleh sebuah marga suku ini.

Ende: Hak 17:13 - -- Njatalah betapa djauhnja Mika menjimpang dari agama Jahwe jang murni, meskipun dengan maksud baik.

Njatalah betapa djauhnja Mika menjimpang dari agama Jahwe jang murni, meskipun dengan maksud baik.

Ende: Hak 18:1 - -- Rumus ini (Hak 17:6; 19:1; 21:25) menjatakan, bahwa si penjusun tidak setudju dengan apa jang ditjeritakannja.

Rumus ini (Hak 17:6; 19:1; 21:25) menjatakan, bahwa si penjusun tidak setudju dengan apa jang ditjeritakannja.

Ende: Hak 18:7 - Laisj sama sadja dengan Lesjem.

sama sadja dengan Lesjem.

Ende: Hak 18:12 - Menahe-Dan Menahe berarti: perkemahan.

Menahe berarti: perkemahan.

Ende: Hak 18:16-18 - -- Ajat2 ini agak katjau dan sukar untuk diartikan dengan tepat.

Ajat2 ini agak katjau dan sukar untuk diartikan dengan tepat.

Ende: Hak 18:22 - -- Orang2 itu adalah kaum semarga. Rupa2nja Mika mempunjai kedudukan chas karena kuilnja, kuil seluruh marganja.

Orang2 itu adalah kaum semarga. Rupa2nja Mika mempunjai kedudukan chas karena kuilnja, kuil seluruh marganja.

Endetn: Hak 17:3 - -- Dari tempat ini dipindahkan ke ajat Hak 17:2: "sekarang kukembalikan kepada ibu".

Dari tempat ini dipindahkan ke ajat Hak 17:2: "sekarang kukembalikan kepada ibu".

Endetn: Hak 17:10 - didesaknja diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Latin (Vlg.). Tertulis: "Maka pergilah".

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Latin (Vlg.). Tertulis: "Maka pergilah".

Endetn: Hak 18:1 - milik-pusaka diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "didalam milik-pusaka".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "didalam milik-pusaka".

Endetn: Hak 18:2 - -- Satu kata, jang tidak dapat diartikan, ditinggalkan.

Satu kata, jang tidak dapat diartikan, ditinggalkan.

Endetn: Hak 18:7 - diam diperbaiki menurut keterangan Jahudi (Targum). Kata Hibrani berbentuk perempuan, jang tidak tjotjok dengan pokok kalimat. "kekajaan", diperbaiki menur...

diperbaiki menurut keterangan Jahudi (Targum). Kata Hibrani berbentuk perempuan, jang tidak tjotjok dengan pokok kalimat. "kekajaan", diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Kata Hibrani tidak dapat diartikan.

Endetn: Hak 18:16 - itu diperbaiki sedikit. Hibrani tidak pakai: "itu".

diperbaiki sedikit. Hibrani tidak pakai: "itu".

Endetn: Hak 18:17 - (dan) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Hak 18:21 - (Wanita) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Hak 18:30 - Musa diperbaiki menurut beberapa naskah terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "Menasje".

diperbaiki menurut beberapa naskah terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "Menasje".

Ref. Silang FULL: Hak 17:1 - Efraim, Mikha · Efraim, Mikha: Hak 18:2,13

· Efraim, Mikha: Hak 18:2,13

Ref. Silang FULL: Hak 17:2 - Diberkatilah · Diberkatilah: Rut 2:20; 3:10; 1Sam 15:13; 23:21; 2Sam 2:5

Ref. Silang FULL: Hak 17:3 - patung tuangan · patung tuangan: Kel 20:4; Kel 20:4

· patung tuangan: Kel 20:4; [Lihat FULL. Kel 20:4]

Ref. Silang FULL: Hak 17:4 - patung tuangan · patung tuangan: Kel 32:4; Kel 32:4; Yes 17:8; Yes 17:8

· patung tuangan: Kel 32:4; [Lihat FULL. Kel 32:4]; Yes 17:8; [Lihat FULL. Yes 17:8]

Ref. Silang FULL: Hak 17:5 - mempunyai kuil // Dibuatnyalah efod // dan terafim // ditahbiskannya // menjadi imamnya · mempunyai kuil: Yes 44:13; Yeh 8:10 · Dibuatnyalah efod: Hak 8:27; Hak 8:27 · dan terafim: Kej 31:19; Kej 31:19 · ditahb...

· mempunyai kuil: Yes 44:13; Yeh 8:10

· Dibuatnyalah efod: Hak 8:27; [Lihat FULL. Hak 8:27]

· dan terafim: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

· ditahbiskannya: Bil 16:10; [Lihat FULL. Bil 16:10]

· menjadi imamnya: Kel 29:9; [Lihat FULL. Kel 29:9]

Ref. Silang FULL: Hak 17:6 - ada raja // menurut pandangannya · ada raja: Hak 18:1; 19:1; 21:25 · menurut pandangannya: Ul 12:8; Ul 12:8

· ada raja: Hak 18:1; 19:1; 21:25

· menurut pandangannya: Ul 12:8; [Lihat FULL. Ul 12:8]

Ref. Silang FULL: Hak 17:7 - dari Betlehem-Yehuda // seorang Lewi · dari Betlehem-Yehuda: Kej 35:19; Kej 35:19; Mat 2:1 · seorang Lewi: Hak 18:3

· dari Betlehem-Yehuda: Kej 35:19; [Lihat FULL. Kej 35:19]; Mat 2:1

· seorang Lewi: Hak 18:3

Ref. Silang FULL: Hak 17:9 - dari Betlehem-Yehuda · dari Betlehem-Yehuda: Rut 1:1

· dari Betlehem-Yehuda: Rut 1:1

Ref. Silang FULL: Hak 17:10 - jadilah bapak // dan imam · jadilah bapak: Kej 45:8; Kej 45:8 · dan imam: Hak 18:19

· jadilah bapak: Kej 45:8; [Lihat FULL. Kej 45:8]

· dan imam: Hak 18:19

Ref. Silang FULL: Hak 17:12 - Mikha mentahbiskan // menjadi imamnya · Mikha mentahbiskan: Bil 16:10; Bil 16:10 · menjadi imamnya: Hak 18:4

· Mikha mentahbiskan: Bil 16:10; [Lihat FULL. Bil 16:10]

· menjadi imamnya: Hak 18:4

Ref. Silang FULL: Hak 17:13 - menjadi imamku · menjadi imamku: Bil 18:7

· menjadi imamku: Bil 18:7

Ref. Silang FULL: Hak 18:1 - ada raja // suku-suku Israel · ada raja: Hak 17:6; Hak 17:6 · suku-suku Israel: Yos 19:47; Hak 1:34

· ada raja: Hak 17:6; [Lihat FULL. Hak 17:6]

· suku-suku Israel: Yos 19:47; Hak 1:34

Ref. Silang FULL: Hak 18:2 - bani Dan // gagah perkasa // untuk mengintai // menyelidiki negeri // rumah Mikha · bani Dan: Kej 30:6; Kej 30:6 · gagah perkasa: Hak 18:17 · untuk mengintai: Bil 21:32; Bil 21:32 · menyelidiki negeri: Yo...

· bani Dan: Kej 30:6; [Lihat FULL. Kej 30:6]

· gagah perkasa: Hak 18:17

· untuk mengintai: Bil 21:32; [Lihat FULL. Bil 21:32]

· menyelidiki negeri: Yos 2:1; [Lihat FULL. Yos 2:1]

· rumah Mikha: Hak 17:1; [Lihat FULL. Hak 17:1]

Ref. Silang FULL: Hak 18:3 - suku Lewi · suku Lewi: Hak 17:7

· suku Lewi: Hak 17:7

Ref. Silang FULL: Hak 18:4 - menjadi imamnya · menjadi imamnya: Hak 17:12

· menjadi imamnya: Hak 17:12

Ref. Silang FULL: Hak 18:5 - kepada Allah · kepada Allah: Kej 25:22; Kej 25:22; Hak 20:18,23,27; 1Sam 14:18; 2Sam 5:19; 2Raj 1:2; 8:8

Ref. Silang FULL: Hak 18:6 - dengan selamat · dengan selamat: 1Raj 22:6

· dengan selamat: 1Raj 22:6

Ref. Silang FULL: Hak 18:7 - kelima orang // ke Lais // dan tenteram // orang Sidon · kelima orang: Hak 18:17 · ke Lais: Yos 19:47; Yos 19:47 · dan tenteram: Kej 34:25; Kej 34:25 · orang Sidon: Hak 18:28; Y...

· kelima orang: Hak 18:17

· ke Lais: Yos 19:47; [Lihat FULL. Yos 19:47]

· dan tenteram: Kej 34:25; [Lihat FULL. Kej 34:25]

· orang Sidon: Hak 18:28; Yos 11:8

Ref. Silang FULL: Hak 18:9 - dan menduduki · dan menduduki: Bil 13:30; 1Raj 22:3

· dan menduduki: Bil 13:30; 1Raj 22:3

Ref. Silang FULL: Hak 18:10 - tidak kekurangan // apapun · tidak kekurangan: Ul 8:9 · apapun: 1Taw 4:40

· tidak kekurangan: Ul 8:9

· apapun: 1Taw 4:40

Ref. Silang FULL: Hak 18:11 - ratus orang // suku Dan · ratus orang: Hak 18:16,17 · suku Dan: Hak 13:2

· ratus orang: Hak 18:16,17

· suku Dan: Hak 13:2

Ref. Silang FULL: Hak 18:12 - di Kiryat-Yearim // disebut Mahane-Dan · di Kiryat-Yearim: Yos 9:17; Yos 9:17 · disebut Mahane-Dan: Hak 13:25

· di Kiryat-Yearim: Yos 9:17; [Lihat FULL. Yos 9:17]

· disebut Mahane-Dan: Hak 13:25

Ref. Silang FULL: Hak 18:13 - rumah Mikha · rumah Mikha: Hak 17:1; Hak 17:1

· rumah Mikha: Hak 17:1; [Lihat FULL. Hak 17:1]

Ref. Silang FULL: Hak 18:14 - daerah Lais // ada efod // patung tuangan · daerah Lais: Yos 19:47; Yos 19:47 · ada efod: Hak 8:27; Hak 8:27 · patung tuangan: Kej 31:19; Kej 31:19

· daerah Lais: Yos 19:47; [Lihat FULL. Yos 19:47]

· ada efod: Hak 8:27; [Lihat FULL. Hak 8:27]

· patung tuangan: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

Ref. Silang FULL: Hak 18:16 - bani Dan · bani Dan: Hak 18:11; Hak 18:11

· bani Dan: Hak 18:11; [Lihat FULL. Hak 18:11]

Ref. Silang FULL: Hak 18:17 - efod, terafim // ratus orang · efod, terafim: Kej 31:19; Kej 31:19; Mi 5:12 · ratus orang: Hak 18:11

· efod, terafim: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]; Mi 5:12

· ratus orang: Hak 18:11

Ref. Silang FULL: Hak 18:18 - dan mengambil // efod, terafim · dan mengambil: Hak 18:24; Yes 46:2; Yer 43:11; 48:7; 49:3; Hos 10:5 · efod, terafim: Kej 31:19; Kej 31:19

· dan mengambil: Hak 18:24; Yes 46:2; Yer 43:11; 48:7; 49:3; Hos 10:5

· efod, terafim: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

Ref. Silang FULL: Hak 18:19 - Diamlah // dan imam // dan kaum · Diamlah: Ayub 13:5; 21:5; 29:9; 39:37; Yes 52:15; Mi 7:16 · dan imam: Hak 17:10 · dan kaum: Bil 26:42

· Diamlah: Ayub 13:5; 21:5; 29:9; 39:37; Yes 52:15; Mi 7:16

· dan imam: Hak 17:10

· dan kaum: Bil 26:42

Ref. Silang FULL: Hak 18:24 - kamu ambil · kamu ambil: Hak 18:17-18; Hak 18:17; Hak 18:18

· kamu ambil: Hak 18:17-18; [Lihat FULL. Hak 18:17]; [Lihat FULL. Hak 18:18]

Ref. Silang FULL: Hak 18:26 - dari padanya · dari padanya: 2Sam 3:39; Mazm 18:18; 35:10

· dari padanya: 2Sam 3:39; Mazm 18:18; 35:10

Ref. Silang FULL: Hak 18:27 - yakni rakyat // dan kotanya // dibakar · yakni rakyat: Kej 34:25; Kej 34:25 · dan kotanya: Kej 49:17; Yos 19:47; Yos 19:47 · dibakar: Bil 31:10; Bil 31:10

· yakni rakyat: Kej 34:25; [Lihat FULL. Kej 34:25]

· dan kotanya: Kej 49:17; Yos 19:47; [Lihat FULL. Yos 19:47]

· dibakar: Bil 31:10; [Lihat FULL. Bil 31:10]

Ref. Silang FULL: Hak 18:28 - dari Sidon // lembah Bet-Rehob · dari Sidon: Hak 18:7; Hak 18:7; Kej 10:19; Kej 10:19 · lembah Bet-Rehob: Bil 13:21; Bil 13:21

· dari Sidon: Hak 18:7; [Lihat FULL. Hak 18:7]; Kej 10:19; [Lihat FULL. Kej 10:19]

· lembah Bet-Rehob: Bil 13:21; [Lihat FULL. Bil 13:21]

Ref. Silang FULL: Hak 18:29 - itu Dan // adalah Lais · itu Dan: Kej 14:14; Kej 14:14 · adalah Lais: Yos 19:47; Yos 19:47; 1Raj 15:20

· itu Dan: Kej 14:14; [Lihat FULL. Kej 14:14]

· adalah Lais: Yos 19:47; [Lihat FULL. Yos 19:47]; 1Raj 15:20

Ref. Silang FULL: Hak 18:30 - bin Gersom · bin Gersom: Kel 2:22

· bin Gersom: Kel 2:22

Ref. Silang FULL: Hak 18:31 - telah dibuat // rumah Allah // di Silo · telah dibuat: Hak 18:17 · rumah Allah: Hak 19:18; 20:18 · di Silo: Yos 18:1; Yos 18:1; Yer 7:14

· telah dibuat: Hak 18:17

· rumah Allah: Hak 19:18; 20:18

· di Silo: Yos 18:1; [Lihat FULL. Yos 18:1]; Yer 7:14

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 17:1-6 - Mikha dan Ilah-ilahnya Semua orang setuju bahwa apa yang dipaparkan di dalam pasal ini, dan pasal-p...

Matthew Henry: Hak 17:7-13 - Mikha dan Ilah-ilahnya Mikha dan Ilah-ilahnya (17:7-13) ...

Matthew Henry: Hak 18:1-6 - Perjalanan Kaum Dan Di dalam pasal sebelumnya, kita telah membaca mengenai bagaimana penyembahan...

Matthew Henry: Hak 18:7-13 - Perjalanan Kaum Dan Perjalanan Kaum Dan (18:7-13) ...

Matthew Henry: Hak 18:14-26 - Allah-allah Mikha Dicuri dan Upaya untuk Merebut Kembali Patung-patung Miliknya Allah-allah Mikha Dicuri dan Upaya untuk Merebut Kembali Patung-patung Miliknya (18:14-26)...

Matthew Henry: Hak 18:27-31 - Penaklukan Lais Penaklukan Lais (18:27-31) ...

SH: Hak 17:1-13 - Dalam lima pasal terakhir ini, (Senin, 3 November 1997) Dalam lima pasal terakhir ini, Dalam lima pasal terakhir ini, Hakim-hakim membongkar tiga kasus yang m...

SH: Hak 17:1-13 - Dengar suara Tuhan dan lakukan (Minggu, 1 Juni 2008) Dengar suara Tuhan dan lakukan Judul: Dengar suara Tuhan dan lakukan Ironis! Nama Mikha berarti "Yang ...

SH: Hak 17:1-13 - Kacau tanpa firman (Sabtu, 21 September 2013) Kacau tanpa firman Judul: Kacau tanpa firman Pasal-pasal berikut tidak berbicara tentang para hakim-ha...

SH: Hak 17:1-13 - Beribadah dengan Cara yang Benar (Rabu, 19 Agustus 2020) Beribadah dengan Cara yang Benar Banyak orang beranggapan bahwa Tuhan akan berbuat baik kepadanya karena sudah me...

SH: Hak 18:1-13 - Butuh tempat untuk didiami. (Selasa, 4 November 1997) Butuh tempat untuk didiami. Butuh tempat untuk didiami. Betapa malang bangsa yang tidak memiliki pemim...

SH: Hak 18:1-13 - Mengutamakan kehendak Allah (Senin, 2 Juni 2008) Mengutamakan kehendak Allah Judul: Mengutamakan kehendak Allah Allah seharusnya menjadi Raja bagi umat...

SH: Hak 18:1-13 - Makin lancar makin waspada (Senin, 23 September 2013) Makin lancar makin waspada Judul: Makin lancar makin waspada Kitab Hakim-Hakim terdiri dari 3 bagian: ...

SH: Hak 18:1-31 - Berhala Pragmatisme (Kamis, 20 Agustus 2020) Berhala Pragmatisme Hari ini dunia menuntut kita untuk melihat segala sesuatu dari perspektif rugi atau untung. B...

SH: Hak 18:14-31 - Merampas berhala. (Rabu, 5 November 1997) Merampas berhala. Merampas berhala. Orang-orang Dan yang tahu bahwa Milkha memiliki beberapa benda pen...

SH: Hak 18:14-31 - Kesesatan dalam pelayanan (Selasa, 3 Juni 2008) Kesesatan dalam pelayanan Judul: Kesesatan dalam pelayanan Nama Yonatan bin Gersom bin Musa hanya dise...

SH: Hak 18:14-31 - Jangan kompromi (Selasa, 24 September 2013) Jangan kompromi Judul: Jangan kompromi Tuhan menuntut kita fokus kepada-Nya. Namun hati kita mudah ber...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Pen...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab ...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) PRAKTIKKANLAH APA YANG ANDA KHOTBAHKAN MENGUCAPKAN SEGALA PERKATAAN YANG BENAR (HAKIM-HAKIM 1...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat Hakim-Hakim 17:6; 1...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa...

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam me...

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yo...

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.32 detik
dipersembahkan oleh YLSA