kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 10:6--12:7 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Israel ditindas oleh bani Amon
10:6 Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; mereka beribadah kepada para Baal dan para Asytoret, kepada para allah orang Aram, para allah orang Sidon, para allah orang Moab, para allah bani Amon dan para allah orang Filistin, tetapi TUHAN ditinggalkan mereka dan kepada Dia mereka tidak beribadah. 10:7 Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, dan Ia menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin dan bani Amon. 10:8 Dalam tahun itu juga orang Israel ditindas dan diinjak mereka; delapan belas tahun lamanya mereka memperlakukan demikian semua orang Israel yang di seberang sungai Yordan di tanah orang Amori yang di Gilead. 10:9 Dan bani Amonpun menyeberangi sungai Yordan untuk berperang melawan suku Yehuda, suku Benyamin dan keturunan Efraim, sehingga orang Israel sangat terdesak. 10:10 Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, katanya: "Kami telah berbuat dosa terhadap Engkau, sebab kami telah meninggalkan Allah kami lalu beribadah kepada para Baal." 10:11 Tetapi firman TUHAN kepada orang Israel: "Bukankah Aku yang telah menyelamatkan kamu dari tangan orang Mesir, orang Amori, bani Amon, orang Filistin, 10:12 orang Sidon, suku Amalek dan suku Maon yang menindas kamu, ketika kamu berseru kepada-Ku? 10:13 Tetapi kamu telah meninggalkan Aku dan beribadah kepada allah lain; sebab itu Aku tidak akan menyelamatkan kamu lagi. 10:14 Pergi sajalah berseru kepada para allah yang telah kamu pilih itu; biar merekalah yang menyelamatkan kamu, pada waktu kamu terdesak." 10:15 Kata orang Israel kepada TUHAN: "Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!" 10:16 Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka, lalu mereka beribadah kepada TUHAN. Maka TUHAN tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka. 10:17 Kemudian bani Amon dikerahkan dan berkemah di Gilead, sedang orang Israel berkumpul dan berkemah di Mizpa. 10:18 Maka para pemimpin bangsa di Gilead berkata seorang kepada yang lain: "Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu? Dialah yang harus menjadi kepala atas seluruh penduduk Gilead."
Yefta dan Gilead
11:1 Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead. 11:2 Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain." 11:3 Maka larilah Yefta dari saudara-saudaranya itu dan diam di tanah Tob; di sana berkumpullah kepadanya petualang-petualang yang pergi merampok bersama-sama dengan dia. 11:4 Beberapa waktu kemudian bani Amon berperang melawan orang Israel. 11:5 Dan ketika bani Amon itu berperang melawan orang Israel, pergilah para tua-tua Gilead menjemput Yefta dari tanah Tob. 11:6 Kata mereka kepada Yefta: "Mari, jadilah panglima kami dan biarlah kita berperang melawan bani Amon." 11:7 Tetapi kata Yefta kepada para tua-tua Gilead itu: "Bukankah kamu sendiri membenci aku dan mengusir aku dari keluargaku? Mengapa kamu datang sekarang kepadaku, pada waktu kamu terdesak?" 11:8 Kemudian berkatalah para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Memang, kami datang kembali sekarang kepadamu, ikutilah kami dan berperanglah melawan bani Amon, maka engkau akan menjadi kepala atas kami, atas seluruh penduduk Gilead." 11:9 Kata Yefta kepada para tua-tua Gilead: "Jadi, jika kamu membawa aku kembali untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka kepadaku, maka akulah yang akan menjadi kepala atas kamu?" 11:10 Lalu kata para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Demi TUHAN yang mendengarkannya sebagai saksi antara kita: Kami akan berbuat seperti katamu itu." 11:11 Maka Yefta ikut dengan para tua-tua Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa.
Yefta dan bani Amon
11:12 Kemudian Yefta mengirim utusan kepada raja bani Amon dengan pesan: "Apakah urusanmu dengan aku, sehingga engkau mendatangi aku untuk memerangi negeriku?" 11:13 Jawab raja bani Amon kepada utusan Yefta: "Orang Israel, ketika berjalan keluar dari Mesir, telah merampas tanahku, dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok dan sampai ke sungai Yordan. Maka sekarang, kembalikanlah semuanya itu dengan jalan damai." 11:14 Lalu Yefta mengirim pula utusan kepada raja bani Amon 11:15 dengan pesan: "Beginilah kata Yefta: orang Israel tidak merampas tanah orang Moab atau tanah bani Amon. 11:16 Sebab ketika berjalan keluar dari Mesir, orang Israel melalui padang gurun sampai ke Laut Teberau dan tiba di Kadesh. 11:17 Ketika itu orang Israel mengirim utusan kepada raja negeri Edom dengan permintaan: Izinkanlah kiranya kami berjalan melalui negerimu ini. Tetapi raja negeri Edom tidak mau mendengar. Mereka mengirim juga utusan kepada raja negeri Moab, tetapi raja ini menolak. Maka orang Israel tinggal di Kadesh. 11:18 Kemudian mereka berjalan melalui padang gurun, menempuh jalan keliling tanah Edom dan tanah Moab, lalu sampai ke sebelah timur tanah Moab, maka berkemahlah mereka di seberang sungai Arnon, dengan tidak masuk daerah Moab, sebab sungai Arnon itulah batas daerah Moab. 11:19 Lalu orang Israel mengirim utusan kepada Sihon, raja orang Amori, raja di Hesybon, dan orang Israel meminta kepadanya: Izinkanlah kiranya kami berjalan melalui negerimu ini sampai ke tempat yang kami tuju. 11:20 Tetapi Sihon tidak percaya kepada orang Israel yang hendak berjalan melalui daerahnya itu, maka dikumpulkannyalah seluruh rakyatnya. Ia berkemah di Yahas, lalu berperang melawan orang Israel. 11:21 Tetapi TUHAN, Allah Israel, menyerahkan Sihon dengan seluruh rakyatnya ke dalam tangan orang Israel, dan mereka dikalahkan, sehingga orang Israel menduduki seluruh negeri kepunyaan orang Amori, penduduk negeri itu. 11:22 Demikianlah dimiliki orang Israel seluruh daerah orang Amori itu, dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok dan dari padang gurun sampai ke sungai Yordan. 11:23 Maka sekarang TUHAN, Allah Israel, telah merebut milik orang Amori, bagi Israel, umat-Nya. Apakah engkau hendak memiliki pula tanah mereka itu? 11:24 Bukankah engkau akan memiliki apa yang diberi oleh Kamos, allahmu? Demikianlah kami memiliki segala yang direbut bagi kami oleh TUHAN, Allah kami. 11:25 Lagipula, apakah engkau lebih baik dari Balak bin Zipor, raja Moab? Pernahkah ia menuntut hak kepada orang Israel atau pernahkah ia berperang melawan mereka? 11:26 Ketika orang Israel diam di Hesybon dengan segala anak kotanya, di Aroer dengan segala anak kotanya, dan di segala kota sepanjang kedua tepi sungai Arnon selama tiga ratus tahun, mengapa pada waktu itu engkau tidak melepaskan kota-kota itu? 11:27 Jadi aku tidak bersalah terhadap engkau, tetapi engkau berbuat jahat terhadap aku dengan berperang melawan aku. TUHAN, Hakim itu, Dialah yang menjadi hakim pada hari ini antara orang Israel dan bani Amon." 11:28 Tetapi raja bani Amon tidak mendengarkan perkataan yang disampaikan kepadanya oleh utusan-utusan Yefta.
Nazar Yefta
11:29 Lalu Roh TUHAN menghinggapi Yefta; ia berjalan melalui daerah Gilead dan daerah Manasye, kemudian melalui Mizpa di Gilead, dan dari Mizpa di Gilead ia berjalan terus ke daerah bani Amon. 11:30 Lalu bernazarlah Yefta kepada TUHAN, katanya: "Jika Engkau sungguh-sungguh menyerahkan bani Amon itu ke dalam tanganku, 11:31 maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan TUHAN, dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran." 11:32 Kemudian Yefta berjalan terus untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangannya. 11:33 Ia menimbulkan kekalahan yang amat besar di antara mereka, mulai dari Aroer sampai dekat Minit -- dua puluh kota banyaknya -- dan sampai ke Abel-Keramim, sehingga bani Amon itu ditundukkan di depan orang Israel. 11:34 Ketika Yefta pulang ke Mizpa ke rumahnya, tampaklah anaknya perempuan keluar menyongsong dia dengan memukul rebana serta menari-nari. Dialah anaknya yang tunggal; selain dari dia tidak ada anaknya laki-laki atau perempuan. 11:35 Demi dilihatnya dia, dikoyakkannyalah bajunya, sambil berkata: "Ah, anakku, engkau membuat hatiku hancur luluh dan engkaulah yang mencelakakan aku; aku telah membuka mulutku bernazar kepada TUHAN, dan tidak dapat aku mundur." 11:36 Tetapi jawabnya kepadanya: "Bapa, jika engkau telah membuka mulutmu bernazar kepada TUHAN, maka perbuatlah kepadaku sesuai dengan nazar yang kauucapkan itu, karena TUHAN telah mengadakan bagimu pembalasan terhadap musuhmu, yakni bani Amon itu." 11:37 Lagi katanya kepada ayahnya: "Hanya izinkanlah aku melakukan hal ini: berilah keluasan kepadaku dua bulan lamanya, supaya aku pergi mengembara ke pegunungan dan menangisi kegadisanku bersama-sama dengan teman-temanku." 11:38 Jawab Yefta: "Pergilah," dan ia membiarkan dia pergi dua bulan lamanya. Maka pergilah gadis itu bersama-sama dengan teman-temannya menangisi kegadisannya di pegunungan. 11:39 Setelah lewat kedua bulan itu, kembalilah ia kepada ayahnya, dan ayahnya melakukan kepadanya apa yang telah dinazarkannya itu; jadi gadis itu tidak pernah kenal laki-laki. Dan telah menjadi adat di Israel, 11:40 bahwa dari tahun ke tahun anak-anak perempuan orang Israel selama empat hari setahun meratapi anak perempuan Yefta, orang Gilead itu.
Yefta dan Efraim
12:1 Dikerahkanlah orang Efraim, lalu mereka bergerak ke Zafon. Dan mereka berkata kepada Yefta: "Mengapa engkau bergerak untuk memerangi bani Amon dengan tidak memanggil kami untuk maju bersama-sama dengan engkau? Sebab itu kami akan membakar rumahmu bersama-sama kamu!" 12:2 Tetapi jawab Yefta kepada mereka: "Aku dan rakyatku telah terlibat dalam peperangan yang hebat dengan bani Amon; lalu aku memanggil kamu, tetapi kamu tidak datang menyelamatkan aku dari tangan mereka. 12:3 Ketika kulihat, bahwa tidak ada yang datang menyelamatkan aku, maka aku mempertaruhkan nyawaku dan aku pergi melawan bani Amon itu, dan TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tanganku. Mengapa pada hari ini kamu mendatangi aku untuk berperang melawan aku?" 12:4 Kemudian Yefta mengumpulkan semua orang Gilead, lalu mereka berperang melawan suku Efraim. Dan orang-orang Gilead mengalahkan suku Efraim itu. Sebab orang-orang itu mengatakan: "Kamulah orang-orang yang telah lari dari suku Efraim!" -- kaum Gilead itu ada di tengah-tengah suku Efraim dan suku Manasye --. 12:5 Untuk menghadapi suku Efraim itu, maka orang Gilead menduduki tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan. Apabila dari suku Efraim ada yang lari dan berkata: "Biarkanlah aku menyeberang," maka orang Gilead berkata kepadanya: "Orang Efraimkah engkau?" Dan jika ia menjawab: "Bukan," 12:6 maka mereka berkata kepadanya: "Coba katakan dahulu: syibolet." Jika ia berkata: sibolet, jadi tidak dapat mengucapkannya dengan tepat, maka mereka menangkap dia dan menyembelihnya dekat tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan itu. Pada waktu itu tewaslah dari suku Efraim empat puluh dua ribu orang. 12:7 Yefta memerintah sebagai hakim atas orang Israel enam tahun lamanya. Kemudian matilah Yefta, orang Gilead itu, lalu dikuburkan di sebuah kota di daerah Gilead.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Arnon a river forming the southern border of Ammon east of the Dead Sea
 · Aroer a town by the Wadi Arnon on the border of Reuben and Gad,a town in the desert of Judah
 · Aroër a town by the Wadi Arnon on the border of Reuben and Gad,a town in the desert of Judah
 · Asytoret a goddess
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · Balak a son of Zippor,son of Zippor, King of Moab, who hired Balaam against Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Gilead member(s) of the clan, or residents of the region of Gilead
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Habel the second son of Adam and Eve; the brother of Cain,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Hebel' or 'Habel',the second son of Adam,as representing the Hebrew name 'Abel',a town in northern Israel near Dan (OS)
 · Hesmon a town of south-eastern Judah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kadesh an oasis 100 km south of Gaza & 120 km NNW of Ezion-Geber, where Israel made an encampment
 · Kamos a pagan god; the national god of Moab
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Yefta | Hakim Israel | Arnon | Orang Amon | Kurban | Molokh | Sumpah | Efraim | Suku Efraim | Perawan | Amori | Sihon | Orang Filistin | Orang Moab | Dosa Suatu Bangsa | Filistin | Suku Manasye | Sungai Yordan | Sembah, Penyembahan Berhala | Perempuan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 10:6 - ORANG ISRAEL ITU MELAKUKAN PULA APA YANG JAHAT. Nas : Hak 10:6 Sekali lagi orang Israel berpaling dari Tuhan dan berbakti kepada dewa-dewa lain (lihat art. SIFAT PENYEMBAHAN BERHALA). ...

Nas : Hak 10:6

Sekali lagi orang Israel berpaling dari Tuhan dan berbakti kepada dewa-dewa lain

(lihat art. SIFAT PENYEMBAHAN BERHALA).

  1. 1) Dalam agama Kanaan, orang bisa mengabdi kepada agama tertentu dan pada saat bersamaan terlibat dalam pelacuran keagamaan. Dalam mencari kesuburan dari para dewa, penganut agama-agama tersebut menemukan bahwa agama dan kenikmatan dosa seksual dapat dipadukan.
  2. 2) Dengan cara yang sama, berapa orang yang menyatakan dirinya Kristen mengajarkan bahwa keselamatan dapat dipadukan dengan kebebasan seksual. Mereka mengatakan bahwa karena keselamatan diperoleh melalui kasih karunia, maka kasih karunia itu dengan sendirinya menghapus semua bentuk dosa; jadi, kebejatan seksual, kemabukan, pencurian, homoseksualitas, kekejaman, dan hal semacam itu tidak perlu ditinggalkan untuk memperoleh keselamatan di dalam Kristus.
  3. 3) Doktrin semacam itu memutarbalikkan penebusan Allah bagi umat-Nya sehingga harus ditolak oleh semua orang yang tetap setia kepada Allah dan firman-Nya

    (lihat cat. --> Mat 7:21;

    lihat cat. --> 1Yoh 2:4;

    lihat cat. --> Wahy 21:8;

    [atau ref. Mat 7:21; 1Yoh 2:4; Wahy 21:8]

    lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL).

Full Life: Hak 10:7 - BANGKITLAH MURKA TUHAN. Nas : Hak 10:7 Murka atas dosa dan kejahatan adalah sifat yang berhubungan erat dengan Allah (lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH). Murka ...

Nas : Hak 10:7

Murka atas dosa dan kejahatan adalah sifat yang berhubungan erat dengan Allah

(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).

Murka Allah adalah ungkapan dari kebaikan dan kasih-Nya akan kebenaran. Ketika orang percaya menyatakan kemarahan terhadap dosa, kekejaman, kejahatan, dan ketidakadilan, hal itu tidak salah, karena itu berarti mereka mengambil bagian dalam tabiat ilahi dan berperan serta dalam kasih Allah akan kebenaran dan kebencian-Nya terhadap kejahatan (lih. Mr 3:5;

lihat cat. --> Rom 1:18;

lihat cat. --> Ibr 1:9).

[atau ref. Rom 1:18; Ibr 1:9]

Full Life: Hak 10:16 - TIDAK DAPAT LAGI MENAHAN HATI-NYA MELIHAT KESUKARAN MEREKA. Nas : Hak 10:16 Sekalipun orang Israel pantas menerima penderitaan yang sedang mereka alami, Allah masih sangat terharu melihat penderitaan mereka....

Nas : Hak 10:16

Sekalipun orang Israel pantas menerima penderitaan yang sedang mereka alami, Allah masih sangat terharu melihat penderitaan mereka.

  1. 1) Penderitaan dan keadaan mereka menyedihkan hati-Nya, sama seperti penderitaan seorang anak kecil menyedihkan hati seorang ayah yang penuh kasih. Sampai batas tertentu, hati Allah bersedih oleh kesukaran mereka (bd. Yeh 6:9) dan tergerak oleh belas kasihan untuk bermurah hati kepada mereka (bd. Hos 11:7-9).
  2. 2) Kemurahan Allah yang lembut tersedia bagi semua orang yang telah berdosa, yang sedang menderita akibat-akibatnya yang dahsyat, dan yang bertobat serta mencari pengampuan. Dalam situasi semacam itu kita dapat yakin bahwa hati Allah tersentuh oleh kesusahan dan penderitaan kita, sehingga mengasihani kita, dan memulihkan kita kepada kedudukan persekutuan dan berkat.
  3. 3) Belas kasihan Allah bagi dunia yang terhilang menggerakkan Dia untuk mengutus Putra-Nya untuk mendamaikan orang berdosa dengan diri-Nya sendiri (Yoh 3:16).

Full Life: Hak 11:29 - ROH TUHAN. Nas : Hak 11:29 Lihat cat. --> Hak 3:10. [atau ref. Hak 3:10]

Nas : Hak 11:29

Lihat cat. --> Hak 3:10.

[atau ref. Hak 3:10]

Full Life: Hak 11:39 - GADIS ITU TIDAK PERNAH KENAL LAKI-LAKI. Nas : Hak 11:39 Rupanya nyata bahwa Yefta tidak secara jasmaniah mengorbankan nyawa putrinya (ayat Hak 11:30-31), setidak-tidaknya karena dua alasa...

Nas : Hak 11:39

Rupanya nyata bahwa Yefta tidak secara jasmaniah mengorbankan nyawa putrinya (ayat Hak 11:30-31), setidak-tidaknya karena dua alasan.

  1. 1) Yefta pasti mengetahui hukum Allah yang dengan tegas melarang pengorbanan manusia sehingga dia tahu bahwa Allah memandang tindakan semacam itu suatu kekejian yang tidak dapat diterima (Im 18:21; Im 20:2-5; Ul 12:31; 18:10-12).
  2. 2) Penekanan bahwa gadis itu "tidak pernah kenal laki-laki" menunjukkan bahwa dia dipersembahkan kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, agar dia mengabdikan seluruh hidupnya pada kesucian dan pelayanan di kemah suci nasional (bd. Kel 38:8; 1Sam 2:22).

BIS: Hak 11:37 - jalan-jalan jalan-jalan: Dalam naskah Ibrani tertulis turun ke pegunungan sebab pegunungan yang dimaksud di sini lebih rendah dari kota tempat tinggal gadis itu.

jalan-jalan: Dalam naskah Ibrani tertulis turun ke pegunungan sebab pegunungan yang dimaksud di sini lebih rendah dari kota tempat tinggal gadis itu.

BIS: Hak 12:7 - kampung halamannya Di dalam sebuah terjemahan kuno tertulis kampung halamannya tapi dalam naskah Ibrani tertulis sebuah kota.

Di dalam sebuah terjemahan kuno tertulis kampung halamannya tapi dalam naskah Ibrani tertulis sebuah kota.

Jerusalem: Hak 10:6--12:7 - -- Yefta yang riwayatnya dimuat di sini adalah seorang "Hakim kecil". Sebab tentang dia disajikan catatan sama seperti tentang "hakim-hakim kecil" lain: ...

Yefta yang riwayatnya dimuat di sini adalah seorang "Hakim kecil". Sebab tentang dia disajikan catatan sama seperti tentang "hakim-hakim kecil" lain: mengenai keluarganya, Hak 11:1-2; mengenai zaman tampilnya dan tempat kuburnya, Hak 12:7. Tetapi mengenai Yefta beredar sebuah ceritera yang menggambarkannya sebagai penyelamat yang mirip dengan "Hakim-hakim besar". Kata pendahuluan ceritera itu, Hak 10:6-18, sangat diperluas oleh penyusun kitab Hakim, sehingga serupa dengan Hak 2:6-19. Pada kisah mengenai perang pembebasan dengan orang Amon, Hak 11:1-11,29,32-33, ditambah catatan buatan penyusun kitab mengenai pesan yang disampaikan Yefta kepada raja orang Amon, Hak 11:12-28, dan juga ceritera tentang nazar Yefta, Hak 11:30-31,34-40. Akhirnya masih ditambah juga sebuah ceritera mengenai bentrokan antara suku Efraim dengan kaum Gilead, Hak 12:1-6.

Jerusalem: Hak 10:12 - Maon Dalam terjemahan Yunani terbaca: Midian.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: Midian.

Jerusalem: Hak 11:1 - Gilead Gilead jelas nama sebuah daerah dalam Hak 10:18 dan Hak 11:8, yaitu daerah yang didiami orang Gad, bdk Bil 32:1+. Di sini nama itu dipakai sebagai nam...

Gilead jelas nama sebuah daerah dalam Hak 10:18 dan Hak 11:8, yaitu daerah yang didiami orang Gad, bdk Bil 32:1+. Di sini nama itu dipakai sebagai nama diri seseorang; hal itu sering terjadi dalam silsilah-silsilah, bdk Bil 26:29.

Jerusalem: Hak 11:3 - petualang-petualang Yefta bertindak sama seperti Abimelekh, Hak 9:4 dan Daud, 1Sa 22:1-2; 25:13, dll.

Yefta bertindak sama seperti Abimelekh, Hak 9:4 dan Daud, 1Sa 22:1-2; 25:13, dll.

Jerusalem: Hak 11:9 - menjadi kepala atas kamu Hal ihwal Yefta ini barangkali sebuah contoh bagaimana seorang "hakim" dipilih di Israel: Yefta sudah menyelamatkan rakyat; tampil ciri karismatis, Ha...

Hal ihwal Yefta ini barangkali sebuah contoh bagaimana seorang "hakim" dipilih di Israel: Yefta sudah menyelamatkan rakyat; tampil ciri karismatis, Hak 11:29. Kedua ciri tsb tampil kembali dalam satu tradisi mengenai dipilihnya Saul menjadi raja, 1Sa 11. Mengenai gelar "raja" tidak tampil dalam ceritera mengenai Yefta, tetapi Yefta memang menurut dan mendapat kuasa seorang raja. Berbeda sekali kelakuan Gideon yang menolak tawaran menjadi raja; berbeda pula Abimelekh yang menerima tawaran, tetapi mencelakakan rakyat. Kisah mengenai Yefta membuktikan bahwa perbedaan antara "Hakim besar" dan "Hakim kecil" tidak boleh diperuncing. Pengangkatan seorang "hakim" sudah menyiapkan pengangkatan raja di hari kemudian.

Jerusalem: Hak 11:11 - ke hadapan TUHAN Ternyata di Mizpa ada sebuah tempat kudus, tempat orang dapat memanggil Tuhan sebagai saksi.

Ternyata di Mizpa ada sebuah tempat kudus, tempat orang dapat memanggil Tuhan sebagai saksi.

Jerusalem: Hak 11:12-28 - -- Ringkasan sejarah ini dibuat atas dasar Bil 20-21 dan Ula 2. Tetapi penulisnya keliru dengan menukar orang Moab dengan orang Amos. Sebab wilayah yang ...

Ringkasan sejarah ini dibuat atas dasar Bil 20-21 dan Ula 2. Tetapi penulisnya keliru dengan menukar orang Moab dengan orang Amos. Sebab wilayah yang menurut Hak 11:13 dan Hak 11:26 direbut Israel bukan wilayah Amon, tetapi wilayah Moab dan Kamos yang disebut sebagai dewa (utama) Amon sebenarnya dewa utama Moab, sedangkan dewa utama Amon bernama Milkom.

Jerusalem: Hak 11:29-40 - -- Ceritera mengenai nazar Yefta, Hak 11:30-31,34-40, ini aslinya bermaksud menjelaskan asal usul sebuah pesta tahunan yang dirayakan di Gilead, Hak 11:4...

Ceritera mengenai nazar Yefta, Hak 11:30-31,34-40, ini aslinya bermaksud menjelaskan asal usul sebuah pesta tahunan yang dirayakan di Gilead, Hak 11:40; arti sebenarnya perayaan itu tidak diketahui. Isi ceritera ini jangan diperlemah: Yefta benar-benar mempersembahkan anak perempuannya sebagai korban, Hak 11:39, agar jangan mengingkari nazarnya, Hak 11:31. Umat Israel tidak pernah membenarkan korban manusia semacam itu, hal mana sudah nampak dalam Kej 22. Penulis Hakim tidak mencela kelakuan Yefta itu, tetapi sebaliknya mau menekankan bahwa orang harus menepati nazar yang diikrarkan.

Jerusalem: Hak 11:37 - menangisi kegadisanku Anak Yefta menangisi dirinya oleh karena mati (disembelih sebagai korban) sebagai gadis, belum mendapat anak dan tidak pernah mendapat. Dan tidak mend...

Anak Yefta menangisi dirinya oleh karena mati (disembelih sebagai korban) sebagai gadis, belum mendapat anak dan tidak pernah mendapat. Dan tidak mendapat anak dianggap sesuatu yang memalukan perempuan.

Jerusalem: Hak 11:40 - meratapi Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: menyanyi bagi.

Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: menyanyi bagi.

Jerusalem: Hak 12:1-7 - -- Ceritera ini sejalan dengan yang tercantum dalam Hak 8:1-3, tetapi diambil dan tradisi lain. Suku Efraim yang berusaha menjadi suku yang paling pentin...

Ceritera ini sejalan dengan yang tercantum dalam Hak 8:1-3, tetapi diambil dan tradisi lain. Suku Efraim yang berusaha menjadi suku yang paling penting, gelisah dan kurang senang dengan kuasa besar yang diberikan kepada Yefta, seorang dari suku Gad.

Jerusalem: Hak 12:3 - tidak ada yang datang Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: engkau tidak datang.

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: engkau tidak datang.

Jerusalem: Hak 12:6 - mengucapkannya dengan tepat Jadi ada perbedaan dalam cara mengucapkan kata itu: syibolet dan sibolet. Dengan lain perkataan ada perbedaan logat dalam bahasa Ibrani. Logat-logat y...

Jadi ada perbedaan dalam cara mengucapkan kata itu: syibolet dan sibolet. Dengan lain perkataan ada perbedaan logat dalam bahasa Ibrani. Logat-logat yang berbeda itu tidak meninggalkan banyak bekas dalam bahasa Ibrani Kitab Suci. Adapun kata syibolet berarti: bulir gandum.

Jerusalem: Hak 12:7 - di sebuah kota di daerah Gilead Dalam naskah Ibrani tertulis: di kota-kota Gilead. Dalam terjemahan Yunani terbaca: di kotanya, di Gilead.

Dalam naskah Ibrani tertulis: di kota-kota Gilead. Dalam terjemahan Yunani terbaca: di kotanya, di Gilead.

Ende: Hak 10:6--12:7 - -- Kisah mengenai Jeftah itu penuh makna. Jeftah adalah kepala gerombolan, tetapi seorang jang setia pada agama Jahwe. Sesungguhnja ia tidak mengertinja ...

Kisah mengenai Jeftah itu penuh makna. Jeftah adalah kepala gerombolan, tetapi seorang jang setia pada agama Jahwe. Sesungguhnja ia tidak mengertinja dengan baik2. Ia mempersembahkan puterinja sebagai sebagai kurban kepada Jahwe, hal mana dilarang dengan keras oleh agama Jahudi. Tetapi Jeftah menganggap itu sebagai kewadjibannja terhadap Allah dan, betapapun beratnja, ia mau setia. Dalam kisah ini muntjullah pula suatu usaha untuk mentjiptakan suatu keradjaan. Tjeritera itu achirnja memuat tradisi2 jang kuno sekali (beberapa mungkin mengenai hal jang sama) dari marga Gile'ad, suku Gad jang daerahnja diseberang Jarden.

Ende: Hak 11:17 - -- Wanita jang tak beranak, dahulu tidak dihormati, tetapi dinistakan sadja. Karenanja puteri Jeftah mau menangisi keprawanannja.

Wanita jang tak beranak, dahulu tidak dihormati, tetapi dinistakan sadja. Karenanja puteri Jeftah mau menangisi keprawanannja.

Ende: Hak 11:24 - -- Kemosj biasanja disebut dewa Moab. Milkom adalah dewa 'Amon. Jeftah keliru ataukah si pengarang? Bahwa dewa memberi tanah kepada sukunja sendiri bersa...

Kemosj biasanja disebut dewa Moab. Milkom adalah dewa 'Amon. Jeftah keliru ataukah si pengarang? Bahwa dewa memberi tanah kepada sukunja sendiri bersandarkan anggapan, bawah masing2 dewa mempunjai wilajahnja sendiri. Jeftah memindahkan pikiran itu kepada Jahwe pula, meskipun sesungguhnja Jahwe memiliki segala sesuatu (Hak 11:27). Jeftah hanja mau mejakinkan orang2 'Amon dengan anggapannja sendiri. Israil berhak memiliki daerah jang dipersengketakan itu.

Ende: Hak 12:1-6 - -- Bagian ini menjatakan, bahwa Israil masih djauh dari bersatu. Suku2 bersengketa dan saling berperang. Suku Efraim diam disebelah barat Jarden, sehingg...

Bagian ini menjatakan, bahwa Israil masih djauh dari bersatu. Suku2 bersengketa dan saling berperang. Suku Efraim diam disebelah barat Jarden, sehingga disebelah timur, daerah Jeftah, tidak ada urusan baginja (Hak 12:2).

Ende: Hak 12:4 - -- Tuduhan ini sukar untuk diartikan. Mungkin: Orang2 Efraim menganggap orang2 Gile'ad itu sebagian sukunja sendiri, jang memisahkan diri. Makanja mereka...

Tuduhan ini sukar untuk diartikan. Mungkin: Orang2 Efraim menganggap orang2 Gile'ad itu sebagian sukunja sendiri, jang memisahkan diri. Makanja mereka mau memaksa mereka bersama dengan wilajahnja kembali kedalam sukunja. Separuh Menasje (termasuk kedalam "keluarga Jusuf" seperti Efraim) sesungguhnja diam disebelah timur Jarden.

Ende: Hak 12:6 - -- Orang2 Efraim mengutjapkan kata dan huruf (s) itu menurut logatnja sendiri, jang berbeda dengan logat Gile'ad. Demikianlah mereka dikenali.

Orang2 Efraim mengutjapkan kata dan huruf (s) itu menurut logatnja sendiri, jang berbeda dengan logat Gile'ad. Demikianlah mereka dikenali.

Endetn: Hak 10:11 - -- Ditinggalkan: "mulai dari".

Ditinggalkan: "mulai dari".

Endetn: Hak 11:13 - itu diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mereka (kota2 itu).

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mereka (kota2 itu).

Endetn: Hak 11:29 - (terus menudju ke) ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani.

ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani.

Endetn: Hak 11:34 - dia diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Kata pengganti orang dalam naskah Hibrani menundjuk laki2.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Kata pengganti orang dalam naskah Hibrani menundjuk laki2.

Endetn: Hak 11:39 - mendjadi diperbaiki sedikit dan tanda batja naskah Hibrani dipindahkan.

diperbaiki sedikit dan tanda batja naskah Hibrani dipindahkan.

Endetn: Hak 12:6 - dapat diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani. Apa jang ada tertulis tidak dapat diartikan.

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani. Apa jang ada tertulis tidak dapat diartikan.

Ref. Silang FULL: Hak 10:6 - mata Tuhan // para Asytoret // orang Aram // orang Sidon // bani Amon // bani Amon // orang Filistin // tetapi Tuhan · mata Tuhan: Hak 2:11; Hak 2:11 · para Asytoret: Hak 2:13; Hak 2:13 · orang Aram: Yeh 27:16 · orang Sidon: Kej 10:15; Kej...

· mata Tuhan: Hak 2:11; [Lihat FULL. Hak 2:11]

· para Asytoret: Hak 2:13; [Lihat FULL. Hak 2:13]

· orang Aram: Yeh 27:16

· orang Sidon: Kej 10:15; [Lihat FULL. Kej 10:15]

· bani Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]

· bani Amon: Bil 21:29; [Lihat FULL. Bil 21:29]

· orang Filistin: Kej 26:1; [Lihat FULL. Kej 26:1]; Hak 2:12; [Lihat FULL. Hak 2:12]

· tetapi Tuhan: Ul 32:15; [Lihat FULL. Ul 32:15]

Ref. Silang FULL: Hak 10:7 - bangkitlah murka // menyerahkan mereka · bangkitlah murka: Ul 31:17; Ul 31:17 · menyerahkan mereka: Ul 32:30; Ul 32:30

· bangkitlah murka: Ul 31:17; [Lihat FULL. Ul 31:17]

· menyerahkan mereka: Ul 32:30; [Lihat FULL. Ul 32:30]

Ref. Silang FULL: Hak 10:8 - di Gilead · di Gilead: Yos 12:2; Yos 12:2

· di Gilead: Yos 12:2; [Lihat FULL. Yos 12:2]

Ref. Silang FULL: Hak 10:9 - suku Yehuda // keturunan Efraim · suku Yehuda: Hak 10:17; Hak 11:4 · keturunan Efraim: Hak 1:22

· suku Yehuda: Hak 10:17; Hak 11:4

· keturunan Efraim: Hak 1:22

Ref. Silang FULL: Hak 10:10 - Lalu berserulah // berbuat dosa // para Baal · Lalu berserulah: Hak 3:9; Hak 3:9 · berbuat dosa: Kel 9:27; Kel 9:27; Mazm 32:5; Yer 3:25; 8:14; 14:20 · para Baal: Yer 2:27

· Lalu berserulah: Hak 3:9; [Lihat FULL. Hak 3:9]

· berbuat dosa: Kel 9:27; [Lihat FULL. Kel 9:27]; Mazm 32:5; Yer 3:25; 8:14; 14:20

· para Baal: Yer 2:27

Ref. Silang FULL: Hak 10:11 - orang Mesir // orang Amori // bani Amon // orang Filistin · orang Mesir: Kel 14:30 · orang Amori: Kej 14:7; Kej 14:7 · bani Amon: Hak 3:13; Hak 3:13 · orang Filistin: Hak 3:31; Hak...

· orang Mesir: Kel 14:30

· orang Amori: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]

· bani Amon: Hak 3:13; [Lihat FULL. Hak 3:13]

· orang Filistin: Hak 3:31; [Lihat FULL. Hak 3:31]

Ref. Silang FULL: Hak 10:12 - suku Amalek // suku Maon // menindas kamu · suku Amalek: Kej 14:7; Kej 14:7 · suku Maon: Yos 15:55; Yos 15:55 · menindas kamu: Hak 4:3; Hak 4:3

· suku Amalek: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]

· suku Maon: Yos 15:55; [Lihat FULL. Yos 15:55]

· menindas kamu: Hak 4:3; [Lihat FULL. Hak 4:3]

Ref. Silang FULL: Hak 10:13 - telah meninggalkan // kepada allah · telah meninggalkan: Ul 32:15; Ul 32:15 · kepada allah: Yer 11:10; 13:10

· telah meninggalkan: Ul 32:15; [Lihat FULL. Ul 32:15]

· kepada allah: Yer 11:10; 13:10

Ref. Silang FULL: Hak 10:14 - yang menyelamatkan // kamu terdesak · yang menyelamatkan: Yes 44:17; 57:13 · kamu terdesak: Ul 32:37; Yer 2:28; 11:12; Hab 2:18

· yang menyelamatkan: Yes 44:17; 57:13

· kamu terdesak: Ul 32:37; Yer 2:28; 11:12; Hab 2:18

Ref. Silang FULL: Hak 10:15 - yang baik · yang baik: 1Sam 3:18; 2Sam 10:12; 15:26; Ayub 1:21; Yes 39:8

Ref. Silang FULL: Hak 10:16 - kepada Tuhan // lagi menahan // melihat kesukaran · kepada Tuhan: Yos 24:23; Yer 18:8 · lagi menahan: Ul 32:36; Ul 32:36 · melihat kesukaran: Yes 63:9

· kepada Tuhan: Yos 24:23; Yer 18:8

· lagi menahan: Ul 32:36; [Lihat FULL. Ul 32:36]

· melihat kesukaran: Yes 63:9

Ref. Silang FULL: Hak 10:17 - di Mizpa · di Mizpa: Kej 31:49; Kej 31:49; Hak 11:29

· di Mizpa: Kej 31:49; [Lihat FULL. Kej 31:49]; Hak 11:29

Ref. Silang FULL: Hak 10:18 - menjadi kepala · menjadi kepala: Hak 11:8,9

· menjadi kepala: Hak 11:8,9

Ref. Silang FULL: Hak 11:1 - Adapun Yefta // seorang pahlawan // perempuan sundal // ialah Gilead · Adapun Yefta: Hak 12:1; 1Sam 12:11; Ibr 11:32 · seorang pahlawan: Hak 6:12 · perempuan sundal: Kej 38:15; Kej 38:15 · ia...

· Adapun Yefta: Hak 12:1; 1Sam 12:11; Ibr 11:32

· seorang pahlawan: Hak 6:12

· perempuan sundal: Kej 38:15; [Lihat FULL. Kej 38:15]

· ialah Gilead: Bil 26:29

Ref. Silang FULL: Hak 11:3 - tanah Tob // kepadanya petualang-petualang · tanah Tob: Hak 11:5; 2Sam 10:6,8 · kepadanya petualang-petualang: Hak 9:4; Hak 9:4

· tanah Tob: Hak 11:5; 2Sam 10:6,8

· kepadanya petualang-petualang: Hak 9:4; [Lihat FULL. Hak 9:4]

Ref. Silang FULL: Hak 11:4 - bani Amon · bani Amon: Hak 10:9; Hak 10:9

· bani Amon: Hak 10:9; [Lihat FULL. Hak 10:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:7 - dari keluargaku · dari keluargaku: Kej 26:16; Kej 26:16

· dari keluargaku: Kej 26:16; [Lihat FULL. Kej 26:16]

Ref. Silang FULL: Hak 11:8 - menjadi kepala · menjadi kepala: Hak 10:18; Hak 10:18

· menjadi kepala: Hak 10:18; [Lihat FULL. Hak 10:18]

Ref. Silang FULL: Hak 11:10 - sebagai saksi · sebagai saksi: Kej 31:50; Kej 31:50; Yes 1:2; Yes 1:2

· sebagai saksi: Kej 31:50; [Lihat FULL. Kej 31:50]; Yes 1:2; [Lihat FULL. Yes 1:2]

Ref. Silang FULL: Hak 11:11 - para tua-tua // seluruh perkaranya // di Mizpa · para tua-tua: 1Sam 8:4; 2Sam 3:17 · seluruh perkaranya: Kel 19:9; 1Sam 8:21 · di Mizpa: Yos 11:3; Yos 11:3

· para tua-tua: 1Sam 8:4; 2Sam 3:17

· seluruh perkaranya: Kel 19:9; 1Sam 8:21

· di Mizpa: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]

Ref. Silang FULL: Hak 11:13 - sungai Arnon // sungai Yabok · sungai Arnon: Bil 21:13; Bil 21:13 · sungai Yabok: Bil 21:24; Bil 21:24

· sungai Arnon: Bil 21:13; [Lihat FULL. Bil 21:13]

· sungai Yabok: Bil 21:24; [Lihat FULL. Bil 21:24]

Ref. Silang FULL: Hak 11:15 - orang Moab // bani Amon · orang Moab: Ul 2:9 · bani Amon: Ul 2:19

· orang Moab: Ul 2:9

· bani Amon: Ul 2:19

Ref. Silang FULL: Hak 11:16 - Laut Teberau // Kadesh · Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 1:40; Ul 1:40 · Kadesh: Kej 14:7; Kej 14:7

· Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 1:40; [Lihat FULL. Ul 1:40]

· Kadesh: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]

Ref. Silang FULL: Hak 11:17 - mengirim utusan // melalui negerimu // negeri Moab // ini menolak · mengirim utusan: Hak 11:19; Kej 32:3; Kej 32:3; Bil 20:14 · melalui negerimu: Bil 20:17; Bil 20:17 · negeri Moab: Yer 48:1 &mid...

· mengirim utusan: Hak 11:19; Kej 32:3; [Lihat FULL. Kej 32:3]; Bil 20:14

· melalui negerimu: Bil 20:17; [Lihat FULL. Bil 20:17]

· negeri Moab: Yer 48:1

· ini menolak: Yos 24:9; [Lihat FULL. Yos 24:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:18 - tanah Edom // sebelah timur // sungai Arnon · tanah Edom: Bil 20:21; Bil 20:21 · sebelah timur: Ul 2:8 · sungai Arnon: Bil 21:13; Bil 21:13

· tanah Edom: Bil 20:21; [Lihat FULL. Bil 20:21]

· sebelah timur: Ul 2:8

· sungai Arnon: Bil 21:13; [Lihat FULL. Bil 21:13]

Ref. Silang FULL: Hak 11:19 - mengirim utusan // di Hesybon // ke tempat · mengirim utusan: Hak 11:17; Hak 11:17 · di Hesybon: Yos 12:2; Yos 12:2 · ke tempat: Bil 21:21-22

· mengirim utusan: Hak 11:17; [Lihat FULL. Hak 11:17]

· di Hesybon: Yos 12:2; [Lihat FULL. Yos 12:2]

· ke tempat: Bil 21:21-22

Ref. Silang FULL: Hak 11:20 - orang Israel · orang Israel: Bil 21:23

· orang Israel: Bil 21:23

Ref. Silang FULL: Hak 11:22 - sungai Yordan · sungai Yordan: Bil 21:21-26; Ul 2:26; Ul 2:26

· sungai Yordan: Bil 21:21-26; Ul 2:26; [Lihat FULL. Ul 2:26]

Ref. Silang FULL: Hak 11:24 - oleh Kamos // bagi kami · oleh Kamos: Bil 21:29; Bil 21:29; Yos 3:10; Yos 3:10 · bagi kami: Ul 2:36

· oleh Kamos: Bil 21:29; [Lihat FULL. Bil 21:29]; Yos 3:10; [Lihat FULL. Yos 3:10]

· bagi kami: Ul 2:36

Ref. Silang FULL: Hak 11:25 - bin Zipor // melawan mereka · bin Zipor: Bil 22:2 · melawan mereka: Yos 24:9; Yos 24:9

· bin Zipor: Bil 22:2

· melawan mereka: Yos 24:9; [Lihat FULL. Yos 24:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:26 - Israel diam // di Aroer · Israel diam: Bil 21:25 · di Aroer: Bil 32:34; Bil 32:34; Yos 13:9; Yos 13:9

· Israel diam: Bil 21:25

· di Aroer: Bil 32:34; [Lihat FULL. Bil 32:34]; Yos 13:9; [Lihat FULL. Yos 13:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:27 - Tuhan, Hakim // menjadi hakim // bani Amon · Tuhan, Hakim: Kej 18:25; Kej 18:25 · menjadi hakim: Kej 16:5; Kej 16:5 · bani Amon: 2Taw 20:12

· Tuhan, Hakim: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]

· menjadi hakim: Kej 16:5; [Lihat FULL. Kej 16:5]

· bani Amon: 2Taw 20:12

Ref. Silang FULL: Hak 11:29 - Lalu Roh // melalui Mizpa // bani Amon · Lalu Roh: Hak 3:10; Hak 3:10 · melalui Mizpa: Kej 31:49; Kej 31:49 · bani Amon: Hak 10:17; Hak 10:17

· Lalu Roh: Hak 3:10; [Lihat FULL. Hak 3:10]

· melalui Mizpa: Kej 31:49; [Lihat FULL. Kej 31:49]

· bani Amon: Hak 10:17; [Lihat FULL. Hak 10:17]

Ref. Silang FULL: Hak 11:30 - Lalu bernazarlah // sungguh-sungguh menyerahkan · Lalu bernazarlah: Kej 28:20; Kej 28:20; Bil 30:10; 1Sam 1:11; Ams 31:2 · sungguh-sungguh menyerahkan: Kej 28:21

· Lalu bernazarlah: Kej 28:20; [Lihat FULL. Kej 28:20]; Bil 30:10; 1Sam 1:11; Ams 31:2

· sungguh-sungguh menyerahkan: Kej 28:21

Ref. Silang FULL: Hak 11:31 - korban bakaran · korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20; Im 1:3; Hak 13:16

· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]; Im 1:3; Hak 13:16

Ref. Silang FULL: Hak 11:33 - dekat Minit · dekat Minit: Yeh 27:17

· dekat Minit: Yeh 27:17

Ref. Silang FULL: Hak 11:34 - memukul rebana // serta menari-nari // yang tunggal · memukul rebana: Kej 31:27; Kej 31:27; Kel 15:20; Kel 15:20 · serta menari-nari: Kel 15:20; Kel 15:20 · yang tunggal: Za 12:10

· memukul rebana: Kej 31:27; [Lihat FULL. Kej 31:27]; Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

· serta menari-nari: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

· yang tunggal: Za 12:10

Ref. Silang FULL: Hak 11:35 - dikoyakkannyalah bajunya // aku mundur · dikoyakkannyalah bajunya: Bil 14:6; Bil 14:6 · aku mundur: Bil 30:2; Ul 23:21; Ul 23:21; Pengkh 5:2,4,5

· dikoyakkannyalah bajunya: Bil 14:6; [Lihat FULL. Bil 14:6]

· aku mundur: Bil 30:2; Ul 23:21; [Lihat FULL. Ul 23:21]; Pengkh 5:2,4,5

Ref. Silang FULL: Hak 11:36 - dengan nazar // bagimu pembalasan // terhadap musuhmu · dengan nazar: Luk 1:38 · bagimu pembalasan: Bil 31:3; Bil 31:3 · terhadap musuhmu: 2Sam 18:19

· dengan nazar: Luk 1:38

· bagimu pembalasan: Bil 31:3; [Lihat FULL. Bil 31:3]

· terhadap musuhmu: 2Sam 18:19

Ref. Silang FULL: Hak 12:1 - ke Zafon // kepada Yefta // dengan engkau · ke Zafon: Yos 13:27; Yos 13:27 · kepada Yefta: Hak 11:1; Hak 11:1 · dengan engkau: Hak 8:1

· ke Zafon: Yos 13:27; [Lihat FULL. Yos 13:27]

· kepada Yefta: Hak 11:1; [Lihat FULL. Hak 11:1]

· dengan engkau: Hak 8:1

Ref. Silang FULL: Hak 12:3 - mempertaruhkan nyawaku // Tuhan menyerahkan · mempertaruhkan nyawaku: Hak 9:17; Hak 9:17 · Tuhan menyerahkan: Ul 20:4; Ul 20:4

· mempertaruhkan nyawaku: Hak 9:17; [Lihat FULL. Hak 9:17]

· Tuhan menyerahkan: Ul 20:4; [Lihat FULL. Ul 20:4]

Ref. Silang FULL: Hak 12:4 - orang Gilead // suku Manasye · orang Gilead: 1Raj 17:1 · suku Manasye: Kej 46:20; Kej 46:20; Yes 9:20; 19:2

· orang Gilead: 1Raj 17:1

· suku Manasye: Kej 46:20; [Lihat FULL. Kej 46:20]; Yes 9:20; 19:2

Ref. Silang FULL: Hak 12:5 - sungai Yordan · sungai Yordan: Yos 2:7; Yos 2:7

· sungai Yordan: Yos 2:7; [Lihat FULL. Yos 2:7]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 10:6-9 - Israel Ditindas oleh Bani Amon Israel Ditindas oleh Bani Amon (10:6-9) ...

Matthew Henry: Hak 10:10-18 - Pertobatan dan Pembaharuan Orang Israel Pertobatan dan Pembaharuan Orang Israel (10:10-18) ...

Matthew Henry: Hak 11:1-3 - Pengangkatan Yefta Pasal ini menceritakan tentang riwayat Yefta, seorang hakim lain dari hakim-...

Matthew Henry: Hak 11:4-11 - Pengangkatan Yefta Pengangkatan Yefta (11:4-11) ...

Matthew Henry: Hak 11:12-28 - Perang Melawan Bani Amon Perang Melawan Bani Amon (11:12-28) ...

Matthew Henry: Hak 11:29-40 - Nazar Yefta Nazar Yefta (11:29-40) ...

Matthew Henry: Hak 12:1-7 - Amarah Orang Efraim dan Hukuman terhadap Orang Efraim Di dalam pasal ini kita mendapati, ...

SH: Hak 10:6-18 - Pengakuan dosa dan anugerah (Sabtu, 7 September 2013) Pengakuan dosa dan anugerah Judul: Pengakuan dosa dan anugerah Sampai pasal ini sudah tujuh kali diseb...

SH: Hak 10:6-18 - Selidikilah Kebutuhanku (Rabu, 29 Juli 2020) Selidikilah Kebutuhanku Dunia saat ini dipenuhi dengan banyak kemudahan. Kemajuan teknologi menyediakan hampir se...

SH: Hak 10:1-18 - Tinggalkan Tuhan: Celakalah! (Jumat, 17 Oktober 1997) Tinggalkan Tuhan: Celakalah! Tinggalkan Tuhan: Celakalah! Hal yang jahat di mata Tuhan ialah bila manu...

SH: Hak 10:1-18 - Jangan mencari yang lain (Jumat, 23 Mei 2008) Jangan mencari yang lain Judul: Jangan mencari yang lain Bagai anak ayam kehilangan induk, begitu pula...

SH: Hak 11:1-28 - Kepribadian. (Sabtu, 18 Oktober 1997) Kepribadian. Kepribadian. Allah mengubah kepribadian Yefta dari golongan terbuang, perampok, petualang...

SH: Hak 11:1-28 - Libatkan Allah (Sabtu, 24 Mei 2008) Libatkan Allah Judul: Libatkan Allah Ketika Malaysia mengklaim pulau Anbalat sebagai bagian dari wilay...

SH: Hak 11:1-11 - Jangan salahkan masa lalu (Senin, 9 September 2013) Jangan salahkan masa lalu Judul: Jangan salahkan masa lalu Yefta, seorang prajurit yang gagah berani, ...

SH: Hak 11:1-11 - Merespons Panggilan Tuhan (Kamis, 30 Juli 2020) Merespons Panggilan Tuhan Ketika membaca kisah tentang Abimelekh, kita akan melihat kisah seorang anak dari Gideo...

SH: Hak 11:12-28 - Selesaikan konflik dengan dialog (Selasa, 10 September 2013) Selesaikan konflik dengan dialog Judul: Selesaikan konflik dengan dialog Kata strategi berasal dari ba...

SH: Hak 11:12-28 - Batasan (Jumat, 31 Juli 2020) Batasan Pernahkah kita terlibat dalam sebuah percakapan yang bertujuan untuk cari tahu tentang urusan orang lain?...

SH: Hak 11:29-40 - Prajurit Tuhan yang perkasa (Minggu, 19 Oktober 1997) Prajurit Tuhan yang perkasa Prajurit Tuhan yang perkasa Biasanya orang yang telah dirubah Tuhan memili...

SH: Hak 11:29-40 - Jangan sembarangan bernazar (Minggu, 25 Mei 2008) Jangan sembarangan bernazar Judul: Jangan sembarangan bernazar Nama Yefta disebut juga di dalam Kitab ...

SH: Hak 11:29-40 - Kesalahan yang tidak perlu (Rabu, 11 September 2013) Kesalahan yang tidak perlu Judul: Kesalahan yang tidak perlu Di bagian awal perikop ini, dinyatakan ba...

SH: Hak 11:29-40 - Janji bagi Tuhan (Selasa, 11 Agustus 2020) Janji bagi Tuhan Nazar adalah janji pada diri sendiri hendak berbuat sesuatu jika maksud tercapai. Biasanya, naza...

SH: Hak 12:1-15 - Ancaman dan masalah suksesi (Senin, 20 Oktober 1997) Ancaman dan masalah suksesi Ancaman dan masalah suksesi selalu akan ada. Itu menjadi isu internasional...

SH: Hak 12:1-15 - Jika iri berpadu arogansi (Senin 26 Mei 2008) Jika iri berpadu arogansi Judul: Jika iri berpadu arogansi Iri saja atau arogansi saja sudah merupakan...

SH: Hak 12:1-7 - Belajar dari Yefta (Kamis, 12 September 2013) Belajar dari Yefta Judul: Belajar dari Yefta Ada kecenderungan pada sebagian orang untuk melakukan ses...

SH: Hak 12:1-7 - Buang Iri dan Dengki! (Rabu, 12 Agustus 2020) Buang Iri dan Dengki! Pernahkah Anda melihat seseorang bertikai dengan saudara kandung sendiri? Atau, jangan-jang...

Topik Teologia: Hak 10:10 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Mengaku kepada Allah Pernyataan-pernyata...

Topik Teologia: Hak 10:11 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Mengaku kepada Allah Pernyataan-pernyata...

Topik Teologia: Hak 10:13 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah ...

Topik Teologia: Hak 10:15 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Penyembahan Berha...

Topik Teologia: Hak 11:29 - -- Roh Kudus Roh Yahweh Hak 3:10 ...

Topik Teologia: Hak 11:34 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merep...

Topik Teologia: Hak 11:36 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merep...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Pen...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab ...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) LAWANLAH AJAKAN DUNIA HAL APAKAH YANG TELAH HILANG? (HAKIM-HAKIM 10; 1...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 John L. Kachelman, Jr., in Studies in Judges (Abilene, Tex.: Quality Publications, 1985...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) MEMPRAKTIKKAN KENDALI DIRI BERPUTAR DI LUAR KENDALI (HAKIM-HAKIM 12-16) ...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Infidelity: It may be in our genes," Time (15 August 1994): Cover....

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa...

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam me...

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yo...

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.46 detik
dipersembahkan oleh YLSA