Teks -- Ayub 19:25 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ayb 19:25 - AKU TAHU: PENEBUSKU HIDUP.
Nas : Ayub 19:25
Di tengah-tengah penderitaan dan keputusasaannya, Ayub dengan iman
yang besar berpaut kepada Allah, sebab percaya bahwa pada akhir...
Nas : Ayub 19:25
Di tengah-tengah penderitaan dan keputusasaannya, Ayub dengan iman yang besar berpaut kepada Allah, sebab percaya bahwa pada akhirnya Tuhan akan membenarkan dirinya (bd. Ayub 13:15; 14:14-15). Ayub memandang Allah selaku "penebus" atau penolong; di zaman Alkitab seorang "penebus" adalah seorang kerabat yang dengan penuh kasih datang untuk melindungi, membela, dan menolong pada masa kesulitan (lih. Im 25:25; Ul 25:5-10; Rut 1:4; juga lih. Kej 48:16; Kel 6:5; Yes 43:1; Hos 13:14) dan membenarkan kerabatnya yang menderita.
Full Life: Ayb 19:25 - IA AKAN BANGKIT DI ATAS DEBU.
Nas : Ayub 19:25
Di bawah ilham Roh Kudus, kesaksian Ayub menunjuk kepada Yesus
Kristus sang Penebus, yang akan datang untuk menyelamatkan umat-Nya...
Nas : Ayub 19:25
Di bawah ilham Roh Kudus, kesaksian Ayub menunjuk kepada Yesus Kristus sang Penebus, yang akan datang untuk menyelamatkan umat-Nya dari dosa dan kutukan (Rom 3:24; Gal 3:13; 4:5; Ef 1:7; Tit 2:14), membebaskan mereka dari ketakutan akan kematian (Ibr 2:14-15; Rom 8:23), memberi mereka hidup kekal (Yoh 3:16; Rom 6:23), menyelamatkan mereka dari murka yang akan datang (1Tes 1:10) dan membenarkan mereka secara terbuka (bd. Wahy 19:11-21; 20:1-6). Di sini Ayub menubuatkan manifestasi yang kelihatan dari Penebus ilahi ini.
Jerusalem: Ayb 19:25 - Penebusku Mengenai Allah sebagai Penebus (go'el) bdk Maz 19:14+. Istilah dari hukum Ibrani ini, bdk Bil 35:19+, kerap kali dipakai sehubungan dengan Allah. Peny...
Mengenai Allah sebagai Penebus (go'el) bdk Maz 19:14+. Istilah dari hukum Ibrani ini, bdk Bil 35:19+, kerap kali dipakai sehubungan dengan Allah. Penyelamat umatNya dan yang membalas kelaliman yang ditimpakan kepada orang lemah. Para rabi Yahudi juga menyebut Mesias sebagai penebus,- Ayub dicaci-maki dan dinyatakan bersalah oleh sahabat-sahabatnya sendiri. Maka ia mengharapkan seorang penebus dan pembalas/pembela, yang tidak lain kiranya kecuali Allah sendiri atau mungkin seorang penengah sorgawi yang akan membela Ayub dan memperdamaikannya dengan Allah, bdk Ayu 16:18+. Namun demikian habis lenyap kebahagiaan Ayub menurut keyakinannya sendiri dan tinggal saja ajalnya. Maka Allah hanya akan tampil sebagai Penebus/Pembalas/Pembela sesudah Ayub meninggal. Tetapi Ayub tetap berharap bahwa ia sendiripun akan menyaksikan pembalasan, melihat Allah bertindak sebagai Penebus. Dalam Ayu 14:10-14 Ayub sudah membayangkan kemungkinan bahwa untuk sementara waktu dapat bersembunyi di dunia orang mati. Berdasarkan kehangatan kepercayaan pada Allah sekarang Ayub mengungkapkan keyakinan bahwa untuk sementara waktu boleh kembali ke dunia ini buat menyaksikan pembalasan dari Allah yang memang dapat menaikkan orang dari dunia orang mati, bdk 1Sa 2:6; 1Ra 17:17-24; Yeh 37. Kepercayaan Ayub sebentar keluar dari kurungan hidup yang fana ini karena keinginannya akan keadilan supaya ditegakkan bahkan dalam keadaan yang tidak berpengaruhnya lagi. Kepercayaan itulah yang menjadi suatu pendahuluan bagi kepercayaan yang kebangkitan badan, bdk 2Ma 7:9+
Jerusalem: Ayb 19:25 - akhirnya Ia akan bangkit "Bangkit berdiri" adalah suatu istilah kehakiman. Saksi atau hakim bangkit berdiri, Ayu 31:14; Ula 19:17; Yes 2:19-21; Maz 12:6 Kata "akhirnya" mengin...
"Bangkit berdiri" adalah suatu istilah kehakiman. Saksi atau hakim bangkit berdiri, Ayu 31:14; Ula 19:17; Yes 2:19-21; Maz 12:6 Kata "akhirnya" mengingatkan Yes 44:6; 48:12.
Ende: Ayb 19:25-27 - -- Ajat2 ini sangat sukar dan gelap dalam naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno
sangat berbeda satu sama lain. Maknanja: Walaupun Ijob tidak berharap lagi...
Ajat2 ini sangat sukar dan gelap dalam naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno sangat berbeda satu sama lain. Maknanja: Walaupun Ijob tidak berharap lagi, bahwa ia akan hidup lebih lama, tetapi ia terus pertjaja, bahwa Allah adil dan akan membenarkan kedjudjuran Ijob, malahan setelah ia mati djuga, hingga Ijob sendiri akan menjaksikan keadilan Allah. Ia berharap, bahwa sebentar ia akan kembali dari pratala.
Pikiran ini sudah mendahului serta menjiapkan adjaran tentang kebangkitan badan, biarpun itu belum terang disini dalam kitab Ijob pada umumnja tidak nampak. Ajat2 ini merupakan ajat2 jang paling penting dalam kitab Ijob.
Ende: Ayb 19:25 - Pembelaku Kata ini mau menterdjemahkan kata Hibrani jang lebih luas
maknanja: pembebas, penebus. Seringkali dalam Kitab Sutji kata ini dikenakan
pada Allah send...
Kata ini mau menterdjemahkan kata Hibrani jang lebih luas maknanja: pembebas, penebus. Seringkali dalam Kitab Sutji kata ini dikenakan pada Allah sendiri dalam perhubunganNja dengan manusia.
jakni debu Ijob sendiri setelah mati.
Ref. Silang FULL -> Ayb 19:25
Ref. Silang FULL: Ayb 19:25 - tahu: Penebusku // hidup · tahu: Penebusku: Kel 6:5; Kel 6:5; Im 25:25; Im 25:25; Mazm 68:6; 78:35; Ams 23:11; Yes 41:14; 43:14; 44:6,24; 47:4; 48:17; 49:26; 54:5; 59:2...
· tahu: Penebusku: Kel 6:5; [Lihat FULL. Kel 6:5]; Im 25:25; [Lihat FULL. Im 25:25]; Mazm 68:6; 78:35; Ams 23:11; Yes 41:14; 43:14; 44:6,24; 47:4; 48:17; 49:26; 54:5; 59:20; 60:16
· hidup: 1Sam 14:39; [Lihat FULL. 1Sam 14:39]; Ayub 16:19