kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 4:4 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
4:4 Ia harus melintasi daerah Samaria.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Samaria residents of the district of Samaria


Topik/Tema Kamus: Galilea | Yesus | Yohanes, Injil | Sumur Yakub | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Ref. Silang FULL: Yoh 4:4 - daerah Samaria · daerah Samaria: Mat 10:5; Mat 10:5

· daerah Samaria: Mat 10:5; [Lihat FULL. Mat 10:5]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 4:1-15 - -- 4:1-15 Air dari sumur Yakub, dan air hidup dari Yesus

4:1-15 Air dari sumur Yakub, dan air hidup dari Yesus

Hagelberg: Yoh 4:1-15 - -- 4:1-15 Air dari sumur Yakub, dan air hidup dari Yesus

4:1-15 Air dari sumur Yakub, dan air hidup dari Yesus

Hagelberg: Yoh 4:4 - -- 4:4 Ia harus melintasi daerah Samaria366. Kalau lewat Samaria, perjalanan dari Yerusalem ke Galilea makan tiga hari. Orang Yahudi yang lain tidak haru...

4:4 Ia harus melintasi daerah Samaria366.

Kalau lewat Samaria, perjalanan dari Yerusalem ke Galilea makan tiga hari. Orang Yahudi yang lain tidak harus melintasi daerah Samaria, mereka dapat turun ke lembah Sungai Yordan, dan belok ke arah utara di situ, sehingga mereka tidak harus menginjak tanah daerah Samaria. Namun Tuhan Yesus tidak dapat menghindari orang Samaria karena mereka tidak "tahir". Ia datang untuk menyelamatkan mereka.

Pada waktu Tuhan Yesus berbicara dengan perempuan itu, permusuhan antara orang Yahudi dan orang Samaria sudah mempunyai latar belakang yang panjang. Dalam 2 Raja-raja 17:23-41 asal-usul orang Samaria dikisahkan. Pada waktu suku-suku Israel dikalahkan oleh Asyur, banyak dari mereka "diangkut dari tanahnya ke Asyur ke dalam pembuangan. Demikianlah sampai hari ini. Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka diam di kota-kota Samaria menggantikan orang Israel.... Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan." Lama-kelamaan mereka meninggalkan dewa-dewa bangsa-bangsa itu, tetapi adat dan kebiasaan mereka dalam berbakti kepada TUHAN tidak sama dengan adat orang Yahudi. Misalnya mereka hanya menerima kelima kitab Musa sebagai Firman Allah. Juga, mereka tidak mau bergabung dengan orang Yahudi dan berbakti di Bait Allah di Yerusalem. Pada tahun 400 SM mereka membangun tempat ibadah di Gunung Gerizim, yang dibakar oleh orang Yahudi pada tahun 128 SM. Pada umumnya orang Samaria dan orang Yahudi saling ceriga dan saling membenci.367 Namun demikian, perjalanan Tuhan Yesus dari Yudea ke Galilea melalui Samaria menjadi bukti bahwa Dia menolak rasisme dan kebencian. Setiap pengikut Tuhan Yesus, yang sungguh mengikuti Dia, juga harus menolak segala rasisme dan kebencian. Orang yang memelihara sikap rasisme bukanlah pengikut Tuhan Yesus, karena sikap tersebut bukan sikap Dia.

Hagelberg: Yoh 4:1-42 - -- 9. Yesus dan perempuan Samaria (4:1-42) Percakapan ini luar biasa. Orang Yahudi laki-laki biasanya tidak mau berbicara dengan perempuan, dan orang Yah...

9. Yesus dan perempuan Samaria (4:1-42)

Percakapan ini luar biasa. Orang Yahudi laki-laki biasanya tidak mau berbicara dengan perempuan, dan orang Yahudi yang memelihara agama Yahudi tidak mau berbicara dengan orang Samaria. Percakapan ini, yang merupakan sebagian dari sejarah Yesus Kristus, juga mengandung teologia yang amat indah dan dalam. Ada dua kontras yang timbul. Ada kontras antara air sumur dan air hidup, dan ada kontras antara Yakub dan Yesus.

Percakapan ini dapat dibandingkan dengan percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus. Di situ ada kontras antara kelahiran jasmani dan kelahiran rohani. Kiasan yang dipakai dalam dua percakapan masing-masing jauh berbeda, tetapi pelajaran rohani di balik kedua kiasan itu sebenarnya sama. Tuhan Yesus membicarakan kehidupan kekal yang diperoleh melalui Dia.

Perempuan itu juga dapat dibandingkan dengan Nikodemus. Dari segi latar belakang, perempuan itu (yang namanya tidak disebutkan) adalah orang berdosa dari suku yang dianggap hina, sedangkan Nikodemus adalah tokoh agama Yahudi yang terkemuka. Sedangkan dari segi tanggapannya, Nikodemus bingung dan belum percaya. Mungkin dia pergi dari ruangan itu, tetapi kepergiannya pun tidak disebutkan. Tanggapan perempuan itu jauh lebih baik. Dia percaya, dan dia membawa banyak orang kepada Yesus. Latar belakang yang mantap bukan merupakan syarat untuk melayani Tuhan Yesus secara efektif!

Peristiwa ini tidak diceritakan dalam ke tiga Injil Sinoptik, tetapi kiasan panen dipakan dalam Matius 9:35-38 ("Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit"), dan keperluan untuk roti jasmani disingkirkan demi kepentingan rohani dalam Matius 4:1-4.

Ringkasan Ephrem dari Suria indah dan tepat:

Yesus datang pada air mancur itu sebagai pemburu.... Dia melemparkan sebiji gandum di depan seekor merpati untuk menangkap seluruh kelompok burung.... Pada permulaan percakapan Dia tidak menyatakan diri-Nya kepada perempuan itu.... Semula dia hanya melihat seorang manusia yang haus, lalu seorang Yahudi, lalu seorang rabi, kemudian seorang nabi, akhirnya Mesias. Dia berusaha untuk mengalahkan orang haus itu, dia tidak senang dengan orang Yahudi itu, dia mengejek rabi itu, dia dimenangkan oleh nabi itu, dan dia menyanggung Mesias.362

Hagelberg: Yoh 4:4 - -- 4:4 Ia harus melintasi daerah Samaria366. Kalau lewat Samaria, perjalanan dari Yerusalem ke Galilea makan tiga hari. Orang Yahudi yang lain tidak haru...

4:4 Ia harus melintasi daerah Samaria366.

Kalau lewat Samaria, perjalanan dari Yerusalem ke Galilea makan tiga hari. Orang Yahudi yang lain tidak harus melintasi daerah Samaria, mereka dapat turun ke lembah Sungai Yordan, dan belok ke arah utara di situ, sehingga mereka tidak harus menginjak tanah daerah Samaria. Namun Tuhan Yesus tidak dapat menghindari orang Samaria karena mereka tidak "tahir". Ia datang untuk menyelamatkan mereka.

Pada waktu Tuhan Yesus berbicara dengan perempuan itu, permusuhan antara orang Yahudi dan orang Samaria sudah mempunyai latar belakang yang panjang. Dalam 2 Raja-raja 17:23-41 asal-usul orang Samaria dikisahkan. Pada waktu suku-suku Israel dikalahkan oleh Asyur, banyak dari mereka "diangkut dari tanahnya ke Asyur ke dalam pembuangan. Demikianlah sampai hari ini. Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka diam di kota-kota Samaria menggantikan orang Israel.... Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan." Lama-kelamaan mereka meninggalkan dewa-dewa bangsa-bangsa itu, tetapi adat dan kebiasaan mereka dalam berbakti kepada TUHAN tidak sama dengan adat orang Yahudi. Misalnya mereka hanya menerima kelima kitab Musa sebagai Firman Allah. Juga, mereka tidak mau bergabung dengan orang Yahudi dan berbakti di Bait Allah di Yerusalem. Pada tahun 400 SM mereka membangun tempat ibadah di Gunung Gerizim, yang dibakar oleh orang Yahudi pada tahun 128 SM. Pada umumnya orang Samaria dan orang Yahudi saling ceriga dan saling membenci.367 Namun demikian, perjalanan Tuhan Yesus dari Yudea ke Galilea melalui Samaria menjadi bukti bahwa Dia menolak rasisme dan kebencian. Setiap pengikut Tuhan Yesus, yang sungguh mengikuti Dia, juga harus menolak segala rasisme dan kebencian. Orang yang memelihara sikap rasisme bukanlah pengikut Tuhan Yesus, karena sikap tersebut bukan sikap Dia.

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 4:4-26 - Kristus di Sumur Samaria Kristus di Sumur Samaria (4:4-26) Di sini diceri...

SH: Yoh 4:1-15 - Percakapan di pinggir sumur (Sabtu, 02 Januari 1999) Percakapan di pinggir sumur Percakapan di pinggir sumur. Ucapan-ucapan pengajaran Yesus, tidak cukup b...

SH: Yoh 4:1-14 - Yesus mengangkat harkat perempuan (Selasa, 1 Januari 2002) Yesus mengangkat harkat perempuan Yesus mengangkat harkat perempuan. Dalam berbagai masyarakat, kaum pere...

SH: Yoh 4:1-14 - Sumber Air Hidup (Rabu, 4 Januari 2006) Sumber Air Hidup Judul: Sumber Air Hidup Orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria (ayat ...

SH: Yoh 4:1-14 - Puaskan kehausan jiwa Anda! (Jumat, 25 Januari 2008) Puaskan kehausan jiwa Anda! Judul : Puaskan kehausan jiwa Anda! Pemenuhan arti dan tujuan hidup dapat diga...

SH: Yoh 4:1-26 - Belajar menginjili dari Yesus (Jumat, 3 Januari 2014) Belajar menginjili dari Yesus Judul: Belajar menginjili dari Yesus Penginjilan bisa menjadi isu sensit...

SH: Yoh 4:1-42 - Air yang Sejati (Jumat, 3 Januari 2020) Air yang Sejati Percaya kepada Yesus bukan hanya pengakuan di bibir. Ini juga bukan tentang gelora perasaan yang ...

Utley: Yoh 4:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 4:1-6...

Topik Teologia: Yoh 4:4 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Pelayanan Yesus Wanita-wanita sebagai Teladan ...

TFTWMS: Yoh 4:1-42 - Air Hidup AIR HIDUP (Yohanes 4:1-42) Begitu banyak aspek kehidupan yang peremp...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 4:1-42) Menyusul perkataan Yesus tentang ibadah,...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dalam permainan baseball, jika seorang pemain membuat tiga kali strike (gagal memukul bola), p...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA