kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 18:28-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus di hadapan Pilatus
18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan. Ketika itu hari masih pagi. Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan menajiskan diri, sebab mereka hendak makan Paskah. 18:29 Sebab itu Pilatus keluar mendapatkan mereka dan berkata: "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?" 18:30 Jawab mereka kepadanya: "Jikalau Ia bukan seorang penjahat, kami tidak menyerahkan-Nya kepadamu!" 18:31 Kata Pilatus kepada mereka: "Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukum Tauratmu." Kata orang-orang Yahudi itu: "Kami tidak diperbolehkan membunuh seseorang." 18:32 Demikian hendaknya supaya genaplah firman Yesus, yang dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati. 18:33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya: "Engkau inikah raja orang Yahudi?" 18:34 Jawab Yesus: "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?" 18:35 Kata Pilatus: "Apakah aku seorang Yahudi? Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?" 18:36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini." 18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."
Yesus dihukum mati
18:38 Kata Pilatus kepada-Nya: "Apakah kebenaran itu?" (#18-#38b) Sesudah mengatakan demikian, keluarlah Pilatus lagi mendapatkan orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka: "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya. 18:39 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu. Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?" 18:40 Mereka berteriak pula: "Jangan Dia, melainkan Barabas!" Barabas adalah seorang penyamun.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Barabas a man
 · Kayafas the son-in-law of Annas; a high priest of the Jews
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · Pilatus the Roman governor of Judea who allowed Jesus to be crucified
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yesus Barabas a man


Topik/Tema Kamus: Pilatus | Yesus | Yohanes, Injil | Yesus Kristus | Pretorium | Nubuat Tentang Kristus | Raja, Kerajaan Romawi | Sidang, Persidangan Pengadilan | Barabas | Raja | Kayafas | Mati, Kematian | Kristus, Raja | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah | Hukuman | Benar Kebenaran | Sangkal, Penyangkalan Terhadap Kristus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 18:28 - YESUS DI HADAPAN PILATUS. Nas : Yoh 18:28 Lihat cat. --> Mat 27:2; lihat cat. --> Luk 23:1 [atau ref. Mat 27:2; Luk 23:1]

Nas : Yoh 18:28

Lihat cat. --> Mat 27:2;

lihat cat. --> Luk 23:1

[atau ref. Mat 27:2; Luk 23:1]

Full Life: Yoh 18:36 - KERAJAAN-KU BUKAN DARI DUNIA INI. Nas : Yoh 18:36 Mengenai sifat sesungguhnya Kerajaan Kristus dan maksud penebusannya, tiga hal perlu diperhatikan: 1) Yang bukan Kerajaan Kris...

Nas : Yoh 18:36

Mengenai sifat sesungguhnya Kerajaan Kristus dan maksud penebusannya, tiga hal perlu diperhatikan:

  1. 1) Yang bukan Kerajaan Kristus. Kerajaan Kristus "bukan dari dunia ini". Kerajaan tersebut tidak berasal dari dunia ini, dan juga tidak berusaha untuk mengambil alih sistem dunia ini. Yesus tidak datang untuk mendirikan suatu pemerintahan teokratis yang politis-religius atau bercita-cita untuk menjadi penguasa dunia. Yesus menyatakan bahwa seandainya itu yang dimaksudkan oleh-Nya maka hamba-hamba-Nya akan melawan. Karena memang kerajaan-Nya tidak demikian sifatnya, mereka tidak mengangkat senjata untuk memberikan peluang bagi Yesus untuk memajukan maksud-Nya di dunia (bd. Mat 26:51-52). Mereka tidak bersekutu dengan partai politik atau golongan sosial atau organisasi sekular untuk mendirikan Kerajaan Allah. Hamba-hamba-Nya menolak untuk mengubah salib menjadi usaha yang sombong untuk memerintah "masyarakat". Daripada menggunakan senjata duniawi (2Kor 10:4), para pengikut Yesus dipersenjatai hanya dengan perlengkapan perang rohani (Ef 6:10-18). Hal ini tidak berarti bahwa para murid Yesus acuh tak acuh saja terhadap tuntutan Allah mengenai pemerintahan yang adil, keadilan, kedamaian atau pembatasan pelanggaran hukum. Orang Kristen harus mengumandangkan "pesan nubuat" kepada pemerintah mengenai tanggung jawab moralnya kepada Allah.
  2. 2) Yang merupakan Kerajaan Kristus. Kerajaan Kristus, yaitu Kerajaan Allah, meliputi kepemimpinan, ke-Tuhanan, kuasa, dan kegiatan rohani Kristus di dalam kehidupan semua orang yang menerima Dia dan menaati Firman kebenaran-Nya (ayat Yoh 18:37). Kerajaan Allah adalah "kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus" (Rom 14:17). Kerajaan Allah melawan kekuatan-kekuatan Iblis dengan perlengkapan rohani (lih. Mat 12:28; Luk 11:20; Kis 26:18; Ef 6:12). Peranan gereja ialah sebagai hamba Yesus Kristus dan bukan penguasa dunia dewasa ini. Kekuatannya bukanlah kuasa duniawi, melainkan salib; penderitaan dan penolakannya oleh dunia merupakan kemuliaannya (2Kor 3:7-18). Hanya dengan menyangkal kuasa dunia gereja PB menemukan kuasa Allah. Gereja dewasa ini berhadapan dengan pilihan yang sama; hanya dengan kehilangan nyawanya di dunia ini gereja akan menemukan dirinya di dalam Allah

    (lihat art. KERAJAAN ALLAH).

  3. 3) Yang akan merupakan Kerajaan Kristus. Di masa depan, kerajaan dan pemerintahan Kristus akan di langit baru dan bumi baru; hal ini akan terjadi setelah Dia datang ke bumi untuk menghakimi bangsa-bangsa, membinasakan antikristus, memerintah di dunia ini selama seribu tahun dan kemudian melemparkan Iblis dalam lautan api untuk selama-lamanya (Wahy 19:11-20:15).

Full Life: Yoh 18:37 - AKU MEMBERI KESAKSIAN TENTANG KEBENARAN. Nas : Yoh 18:37 Bagian yang hakiki dari misi Yesus adalah bersaksi tentang kebenaran serta mengarahkan orang kepadanya, yaitu kesaksian-Nya dalam p...

Nas : Yoh 18:37

Bagian yang hakiki dari misi Yesus adalah bersaksi tentang kebenaran serta mengarahkan orang kepadanya, yaitu kesaksian-Nya dalam penjelmaan tentang Bapa dan kesaksian tentang kebenaran Injil-Nya yang dinyatakan sekarang dalam Alkitab. Betapa anehnya bahwa ada hamba-hamba Tuhan dewasa ini yang merusak kebenaran dan ajaran sehat, mengaburkan arti yang jelas dari Firman Allah, dan memajukan kesatuan dengan merugikan iman alkitabiah. Hamba-hamba Tuhan semacam itu tampaknya melupakan garis pembatas di antara ajaran yang benar dengan ajaran yang salah. Atas nama kasih dan wawasan yang luas, mereka menyangkal dan menolak tujuan dari kedatangan Kristus. Kebenaran merupakan sesuatu yang tidak pernah boleh dikorbankan oleh semua gereja (bd. Yoh 17:8,17; 2Tes 2:10).

Jerusalem: Yoh 18:28 - gedung pengadilan Ini terjemahan tepat dari istilah Yunani-Romawi: "pretorium", balai pengadilan wali negeri Roma

Ini terjemahan tepat dari istilah Yunani-Romawi: "pretorium", balai pengadilan wali negeri Roma

Jerusalem: Yoh 18:28 - supaya jangan menajiskan diri Masuk rumah seorang kafir memang menajiskan, menurut anggapan Yahudi, bdk Kis 11:2 dst. Akibatnya ialah orang tidak dapat (secara ayah) ikut serta dal...

Masuk rumah seorang kafir memang menajiskan, menurut anggapan Yahudi, bdk Kis 11:2 dst. Akibatnya ialah orang tidak dapat (secara ayah) ikut serta dalam ibadah, seperti makan domba-Paskah.

Jerusalem: Yoh 18:31 - kami tidak diperbolehkan Orang-orang Roma mencabut wewenang Sanhedrin untuk menjatuhkan hukuman mati. Kalau dihukum mati oleh pengadilan Yahudi, Yesus tentu dilempari batu, bd...

Orang-orang Roma mencabut wewenang Sanhedrin untuk menjatuhkan hukuman mati. Kalau dihukum mati oleh pengadilan Yahudi, Yesus tentu dilempari batu, bdk Yoh 8:59; 10:31, dan tidak disalibkan, "ditinggikan".

Ende: Yoh 18:28 - Keistana wali negeri Sebenarnja kepretorium, ialah tempat pengadilan wali negeri.

Sebenarnja kepretorium, ialah tempat pengadilan wali negeri.

Ende: Yoh 18:28 - Djangan kena nadjis Bagi orang Jahudi terlarang keras masuk kedalam rumah orang-orang kafir.

Bagi orang Jahudi terlarang keras masuk kedalam rumah orang-orang kafir.

Ende: Yoh 18:31 - Tak ada hak pada kami Hak itu dibatalkan oleh pemerintah Romawi.

Hak itu dibatalkan oleh pemerintah Romawi.

Ende: Yoh 18:32 - Perkataan Jesus Lih. Yoh 3:14; 12:32-33. Menurut hukuman Jahudi Jesus harus diradjam.

Lih. Yoh 3:14; 12:32-33. Menurut hukuman Jahudi Jesus harus diradjam.

Ende: Yoh 18:36 - Tidak termasuk dunia ini dan tidak dari dunia ini". Maksudnja: bukan mengedjar kekuasaan duniawi melainkan hanja bertugas dan bertjita-tjita memperdjajakan kebenaran Ilahi did...

dan tidak dari dunia ini". Maksudnja: bukan mengedjar kekuasaan duniawi melainkan hanja bertugas dan bertjita-tjita memperdjajakan kebenaran Ilahi didunia.

Ref. Silang FULL: Yoh 18:28 - gedung pengadilan // pengadilan itu // makan Paskah · gedung pengadilan: Mat 27:2; Mat 27:2 · pengadilan itu: Yoh 18:33; Yoh 19:9 · makan Paskah: Yoh 11:55

· gedung pengadilan: Mat 27:2; [Lihat FULL. Mat 27:2]

· pengadilan itu: Yoh 18:33; Yoh 19:9

· makan Paskah: Yoh 11:55

Ref. Silang FULL: Yoh 18:32 - akan mati · akan mati: Mat 20:19; 26:2; Yoh 3:14; 8:28; 12:32,33

Ref. Silang FULL: Yoh 18:33 - gedung pengadilan // orang Yahudi · gedung pengadilan: Yoh 18:28,29; Yoh 19:9 · orang Yahudi: Luk 23:3; Mat 2:2; Mat 2:2

· gedung pengadilan: Yoh 18:28,29; Yoh 19:9

· orang Yahudi: Luk 23:3; Mat 2:2; [Lihat FULL. Mat 2:2]

Ref. Silang FULL: Yoh 18:36 - Kerajaan-Ku // orang Yahudi // dari sini · Kerajaan-Ku: Mat 3:2; Mat 3:2 · orang Yahudi: Mat 26:53 · dari sini: Luk 17:21; Yoh 6:15

· Kerajaan-Ku: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

· orang Yahudi: Mat 26:53

· dari sini: Luk 17:21; Yoh 6:15

Ref. Silang FULL: Yoh 18:37 - tentang kebenaran // mendengarkan suara-Ku · tentang kebenaran: Yoh 3:32 · mendengarkan suara-Ku: Yoh 8:47; 1Yoh 4:6

· tentang kebenaran: Yoh 3:32

· mendengarkan suara-Ku: Yoh 8:47; 1Yoh 4:6

Ref. Silang FULL: Yoh 18:38 - apapun pada-Nya · apapun pada-Nya: Luk 23:4; Luk 23:4

· apapun pada-Nya: Luk 23:4; [Lihat FULL. Luk 23:4]

Ref. Silang FULL: Yoh 18:40 - seorang penyamun · seorang penyamun: Kis 3:14

· seorang penyamun: Kis 3:14

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 18:28 - -- 18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan...

18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan menajiskan diri, sebab mereka hendak makan Paskah.

Tidak ada penjelasan sedikitpun mengenai apa yang dikatakan oleh Kayafas, ataupun jawaban Tuhan Yesus. Mungkin bagi Yohanes, dan orang Yahudi yang lain, percakapan itu kurang menarik, karena Kayafas hanya menjabat sebagai Imam Besar dengan nama saja, sedangkan Hanaslah yang mempunyai kuasa Imam Besar. Juga, sikap para pemimpin agama Yahudi terhadap Tuhan Yesus telah dinyatakan dalam pasal 8:59; 9:18-34; 11:53; dan 12:37-43.

Menurut Matius, Markus, dan Lukas, Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya telah makan Paskah, tetapi menurut ayat ini para pemimpin agama Yahudi tidak mau menajiskan diri mereka, sebab mereka hendak makan Paskah. Menurut Carson,1252 ungkapan makan Paskah biasanya merujuk ke perjamuan Paskah yang diceritakan dalam pasal 13, tetapi ungkapan ini juga dapat merujuk pada hari raya Roti Tidak Beragi.1253 Lukas 22:1 berkata, "Hari raya Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah dekat." Ayat itu menyamakan dua hari raya itu, maka istilah Paskah dalam ayat ini juga dapat merujuk pada Hari raya Roti Tidak Beragi, yang sedang mulai pada saat itu.

Mereka tidak mau menajiskan diri mereka supaya mereka dapat merayakan Hari raya Roti Tidak Beragi, dengan perjamuannya. Kenajisan yang hanya berlangsung selama satu hari pasti mengganggu keterlibatan mereka dalam perayaan itu, dan mereka, sebagai orang yang terkemuka, pasti tidak mau menunda partisipasi mereka. Mungkin mereka memikirkan Bilangan 9:7-10 dan 19:11, 16; 31:19 ataupun Ulangan 16:4. Lebih lanjut, ada kabar angin bahwa orang bukan Yahudi sering menguburkan mayat bayi-bayi yang digugurkan di bawah rumah mereka, maka kalau orang Yahudi masuk ke rumah orang bukan Yahudi, mereka kena kenajisan yang diceritakan dalam Ulangan 19:11, yaitu kenajisan karena mayat, suatu kenajisan yang berlangsung selama tujuh hari.1254 Kalau mereka kena kenajisan itu, mereka sama sekali tidak dapat ikut dalam perayaan hari raya Roti Tidak Beragi.

Matius 27:12; Markus 15:3; dan Lukas 23:1-5 memberi kesan bahwa imam-imam besar berada di situ pada waktu sidang diadakan. Mungkin mereka berada di halaman itu, tetapi tidak masuk ke dalam gedung pengadilan. Mereka sangat teliti supaya tidak melanggar (tafsiran mereka mengenai) hukum Taurat. Namun mereka tidak begitu teliti mengenai masalah kebenaran!

Hagelberg: Yoh 18:28-32 - -- a. Pilatus memeriksa pendakwa (18:28-32) Pontius Pilatus1245 diangkat menjadi gubernur Yudea1246 pada tahun 26 M., dan dia menjabat1247 sampai tahun 3...

a. Pilatus memeriksa pendakwa (18:28-32)

Pontius Pilatus1245 diangkat menjadi gubernur Yudea1246 pada tahun 26 M., dan dia menjabat1247 sampai tahun 36 M. Beberapa peristiwa menceritakan bagaimana Pontius Pilatus kurang peka terhadap situasi keagamaan di Yerusalem, sampai orang-orang Yahudi hampir mengamuk. Beberapa kali Pilatus terlalu nekad, dan terpaksa harus mengalah.1248 Dalam peristiwa ini dia berusaha untuk mengadakan kompromi antara Tuhan Yesus yang jelas benar, yang tidak merupakan ancaman bagi kuasa Roma, dan orang-orang Yahudi yang membenci Dia dan mengancam kerukunan yang harus Pilatus jaga. Menurut Culpepper,1249 Pilatus menyatakan kemustahilan kompromi dalam kehidupan Kristen.

Hagelberg: Yoh 18:28 - -- 18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan...

18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan menajiskan diri, sebab mereka hendak makan Paskah.

Tidak ada penjelasan sedikitpun mengenai apa yang dikatakan oleh Kayafas, ataupun jawaban Tuhan Yesus. Mungkin bagi Yohanes, dan orang Yahudi yang lain, percakapan itu kurang menarik, karena Kayafas hanya menjabat sebagai Imam Besar dengan nama saja, sedangkan Hanaslah yang mempunyai kuasa Imam Besar. Juga, sikap para pemimpin agama Yahudi terhadap Tuhan Yesus telah dinyatakan dalam pasal 8:59; 9:18-34; 11:53; dan 12:37-43.

Menurut Matius, Markus, dan Lukas, Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya telah makan Paskah, tetapi menurut ayat ini para pemimpin agama Yahudi tidak mau menajiskan diri mereka, sebab mereka hendak makan Paskah. Menurut Carson,1252 ungkapan makan Paskah biasanya merujuk ke perjamuan Paskah yang diceritakan dalam pasal 13, tetapi ungkapan ini juga dapat merujuk pada hari raya Roti Tidak Beragi.1253 Lukas 22:1 berkata, "Hari raya Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah dekat." Ayat itu menyamakan dua hari raya itu, maka istilah Paskah dalam ayat ini juga dapat merujuk pada Hari raya Roti Tidak Beragi, yang sedang mulai pada saat itu.

Mereka tidak mau menajiskan diri mereka supaya mereka dapat merayakan Hari raya Roti Tidak Beragi, dengan perjamuannya. Kenajisan yang hanya berlangsung selama satu hari pasti mengganggu keterlibatan mereka dalam perayaan itu, dan mereka, sebagai orang yang terkemuka, pasti tidak mau menunda partisipasi mereka. Mungkin mereka memikirkan Bilangan 9:7-10 dan 19:11, 16; 31:19 ataupun Ulangan 16:4. Lebih lanjut, ada kabar angin bahwa orang bukan Yahudi sering menguburkan mayat bayi-bayi yang digugurkan di bawah rumah mereka, maka kalau orang Yahudi masuk ke rumah orang bukan Yahudi, mereka kena kenajisan yang diceritakan dalam Ulangan 19:11, yaitu kenajisan karena mayat, suatu kenajisan yang berlangsung selama tujuh hari.1254 Kalau mereka kena kenajisan itu, mereka sama sekali tidak dapat ikut dalam perayaan hari raya Roti Tidak Beragi.

Matius 27:12; Markus 15:3; dan Lukas 23:1-5 memberi kesan bahwa imam-imam besar berada di situ pada waktu sidang diadakan. Mungkin mereka berada di halaman itu, tetapi tidak masuk ke dalam gedung pengadilan. Mereka sangat teliti supaya tidak melanggar (tafsiran mereka mengenai) hukum Taurat. Namun mereka tidak begitu teliti mengenai masalah kebenaran!

Hagelberg: Yoh 18:28--19:16 - -- 6. Yesus diperiksa di hadapan Pilatus (18:28-19:16a) Dalam ayat 24 kita membaca bahwa Tuhan Yesus dibawa kepada Kayafas, tetapi Yohanes tidak mencerit...

6. Yesus diperiksa di hadapan Pilatus (18:28-19:16a)

Dalam ayat 24 kita membaca bahwa Tuhan Yesus dibawa kepada Kayafas, tetapi Yohanes tidak menceritakan apa yang terjadi di situ. Matius 26:57-68, Markus 14:53-65; dan Lukas 22:66-71 menceritakan sidang itu, tetapi kita mengerti bahwa sidang yang mereka ceritakan hanya merupakan formalitas saja. Keputusan yang sungguhan telah diambil sebelumnya. Setelah kisah mengenai tanggapan mereka pada kebangkitan Lazarus, pasal 11:53 berkata, "Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia."

Hagelberg: Yoh 18:1--19:42 - -- E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 18:29 - -- 18:29 Sebab itu Pilatus keluar mendapatkan mereka dan berkata, "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?" Ayat 29, 33, dan 38 menceritakan bagaimana Pi...

18:29 Sebab itu Pilatus keluar mendapatkan mereka dan berkata, "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?"

Ayat 29, 33, dan 38 menceritakan bagaimana Pilatus mondar-mandir secara jasmani antara Tuhan Yesus dan para pemimpin agama Yahudi. Dia juga mondar-mandir antara terang dan kegelapan. Walaupun kita mengerti bahwa Pilatus tidak begitu peka dalam hal agama Yahudi, tetapi di sini dia rela merepotkan dirinya dalam perkara ini. Namun kita akan membaca bahwa kerelaannya agak terbatas juga.

Dengan mengucapkan pertanyaan "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?", Pilatus membuka suatu sidang resmi. Pasti dia sudah mengerti sedikit mengenai kehendak mereka, karena pasukan Pilatus dipakai untuk menangkap Tuhan Yesus, namun dia tidak rela hanya menerima keputusan mereka dan mengizinkan hukuman mati.1255

Senyum di wajah Pontius Pilatus hampir terlihat. Tampaknya dia berpikir, "Orang-orang Yahudi ini selalu merepotkan aku. Saat ini aku sempat sedikit merepotkan mereka!" Namun dia juga harus ikut prosedur yang resmi. Apa yang terjadi di pengadilannya dicatat, dan catatan tersebut harus dimasukkan dalam arsip resmi. Pilatus menjaga supaya pemerintahannya tidak dapat dikritik oleh orang yang hendak menjatuhkan dia.

Hagelberg: Yoh 18:29 - -- 18:29 Sebab itu Pilatus keluar mendapatkan mereka dan berkata, "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?" Ayat 29, 33, dan 38 menceritakan bagaimana Pi...

18:29 Sebab itu Pilatus keluar mendapatkan mereka dan berkata, "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?"

Ayat 29, 33, dan 38 menceritakan bagaimana Pilatus mondar-mandir secara jasmani antara Tuhan Yesus dan para pemimpin agama Yahudi. Dia juga mondar-mandir antara terang dan kegelapan. Walaupun kita mengerti bahwa Pilatus tidak begitu peka dalam hal agama Yahudi, tetapi di sini dia rela merepotkan dirinya dalam perkara ini. Namun kita akan membaca bahwa kerelaannya agak terbatas juga.

Dengan mengucapkan pertanyaan "Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini?", Pilatus membuka suatu sidang resmi. Pasti dia sudah mengerti sedikit mengenai kehendak mereka, karena pasukan Pilatus dipakai untuk menangkap Tuhan Yesus, namun dia tidak rela hanya menerima keputusan mereka dan mengizinkan hukuman mati.1255

Senyum di wajah Pontius Pilatus hampir terlihat. Tampaknya dia berpikir, "Orang-orang Yahudi ini selalu merepotkan aku. Saat ini aku sempat sedikit merepotkan mereka!" Namun dia juga harus ikut prosedur yang resmi. Apa yang terjadi di pengadilannya dicatat, dan catatan tersebut harus dimasukkan dalam arsip resmi. Pilatus menjaga supaya pemerintahannya tidak dapat dikritik oleh orang yang hendak menjatuhkan dia.

Hagelberg: Yoh 18:30 - -- 18:30 Jawab mereka kepadanya, "Jikalau Ia bukan seorang penjahat, kami tidak menyerahkan-Nya1256 kepadamu!" Mereka kaget, dan nada frustrasi terdengar...

18:30 Jawab mereka kepadanya, "Jikalau Ia bukan seorang penjahat, kami tidak menyerahkan-Nya1256 kepadamu!"

Mereka kaget, dan nada frustrasi terdengar dalam suara mereka. "Kenapa harus mengadakan sidang pengadilan resmi? Terima saja hasil sidang pengadilan kami!" Di luar konteks frustrasi ini, ketidaksopanan mereka di hadapan gubernur tidak mungkin. Di dalam konteks ini pun, sifat mereka cukup berbahaya. Tadinya mereka berharap supaya Pilatus mengaminkan keputusan mereka, dan harapan itu wajar karena dia rela memakai pasukan Roma untuk menangkap Dia.

Mereka tidak mempunyai tuduhan yang cukup kuat untuk membawa hasil yang mereka harapkan, maka mereka hanya dapat memakai suatu pernyataan yang umum. Tersirat dalam tuduhan umum itu ada permintaan supaya Pilatus percaya pada mereka dan tidak menuntut jalan sidang pengadilan yang resmi.1257

Hagelberg: Yoh 18:30 - -- 18:30 Jawab mereka kepadanya, "Jikalau Ia bukan seorang penjahat, kami tidak menyerahkan-Nya1256 kepadamu!" Mereka kaget, dan nada frustrasi terdengar...

18:30 Jawab mereka kepadanya, "Jikalau Ia bukan seorang penjahat, kami tidak menyerahkan-Nya1256 kepadamu!"

Mereka kaget, dan nada frustrasi terdengar dalam suara mereka. "Kenapa harus mengadakan sidang pengadilan resmi? Terima saja hasil sidang pengadilan kami!" Di luar konteks frustrasi ini, ketidaksopanan mereka di hadapan gubernur tidak mungkin. Di dalam konteks ini pun, sifat mereka cukup berbahaya. Tadinya mereka berharap supaya Pilatus mengaminkan keputusan mereka, dan harapan itu wajar karena dia rela memakai pasukan Roma untuk menangkap Dia.

Mereka tidak mempunyai tuduhan yang cukup kuat untuk membawa hasil yang mereka harapkan, maka mereka hanya dapat memakai suatu pernyataan yang umum. Tersirat dalam tuduhan umum itu ada permintaan supaya Pilatus percaya pada mereka dan tidak menuntut jalan sidang pengadilan yang resmi.1257

Hagelberg: Yoh 18:31 - -- 18:31 Kata Pilatus kepada mereka, "Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukum Tauratmu."1258 Kata orang-orang Yahudi itu, "Kami tidak diperbolehkan ...

18:31 Kata Pilatus kepada mereka, "Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukum Tauratmu."1258 Kata orang-orang Yahudi itu, "Kami tidak diperbolehkan membunuh seseorang."

Dia sungguh mengerti bahwa apa yang dia usulkan berada di luar hak mereka,1259 namun seperti banyak pejabat yang minder ataupun kurang mampu menjalankan jabatan mereka, dia hendak mencanangkan kuasa yang dia miliki, lebih-lebih karena mereka tidak menghormati dia.

Hagelberg: Yoh 18:31 - -- 18:31 Kata Pilatus kepada mereka, "Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukum Tauratmu."1258 Kata orang-orang Yahudi itu, "Kami tidak diperbolehkan ...

18:31 Kata Pilatus kepada mereka, "Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukum Tauratmu."1258 Kata orang-orang Yahudi itu, "Kami tidak diperbolehkan membunuh seseorang."

Dia sungguh mengerti bahwa apa yang dia usulkan berada di luar hak mereka,1259 namun seperti banyak pejabat yang minder ataupun kurang mampu menjalankan jabatan mereka, dia hendak mencanangkan kuasa yang dia miliki, lebih-lebih karena mereka tidak menghormati dia.

Hagelberg: Yoh 18:32 - -- 18:32 Demikian hendaknya supaya genaplah firman Yesus, yang dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati. Kedaulatan Tuhan Yesus diny...

18:32 Demikian hendaknya supaya genaplah firman Yesus, yang dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

Kedaulatan Tuhan Yesus dinyatakan lagi. Dia sudah bernubuat bahwa Dia akan "ditinggikan" (pasal 3:14; 8:28; dan 12:32) dan dalam pasal 12:33 Yohanes menjelaskan, "Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati". Jika seandainya para pemimpin agama Yahudi menjalankan hukuman mati, Dia harus dilempari dengan batu karena itulah cara yang mereka pakai, tetapi jika pemerintah Roma menjalankan hukuman itu, Dia ditinggikan, yaitu disalibkan.

Ulangan 21:23 berkata, "...seorang yang digantung terkutuk oleh Allah". Bagi Kayafas, kutuk yang terkait dengan hukuman salib pasti menyatakan bagi masyarakat bahwa Dia membawa ajaran sesat, sedangkan sebenarnya hukuman salib menghapus dosa, karena Dia, dengan kutuk itu, memikul dosa kita.

Hagelberg: Yoh 18:32 - -- 18:32 Demikian hendaknya supaya genaplah firman Yesus, yang dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati. Kedaulatan Tuhan Yesus diny...

18:32 Demikian hendaknya supaya genaplah firman Yesus, yang dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

Kedaulatan Tuhan Yesus dinyatakan lagi. Dia sudah bernubuat bahwa Dia akan "ditinggikan" (pasal 3:14; 8:28; dan 12:32) dan dalam pasal 12:33 Yohanes menjelaskan, "Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati". Jika seandainya para pemimpin agama Yahudi menjalankan hukuman mati, Dia harus dilempari dengan batu karena itulah cara yang mereka pakai, tetapi jika pemerintah Roma menjalankan hukuman itu, Dia ditinggikan, yaitu disalibkan.

Ulangan 21:23 berkata, "...seorang yang digantung terkutuk oleh Allah". Bagi Kayafas, kutuk yang terkait dengan hukuman salib pasti menyatakan bagi masyarakat bahwa Dia membawa ajaran sesat, sedangkan sebenarnya hukuman salib menghapus dosa, karena Dia, dengan kutuk itu, memikul dosa kita.

Hagelberg: Yoh 18:33 - -- 18:33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya, "Engkau inikah raja orang Yahudi?" Saat itu Pi...

18:33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya, "Engkau inikah raja orang Yahudi?"

Saat itu Pilatus dapat melihat dengan mata kepala bahwa orang itu bukan seorang gerilyawan atau pemberontak. Kata ganti orang Engkau memiliki tekanan dalam kalimat ini.1260 Mungkin pertanyaan ini diucapkan dengan nada keheranan atau penghinaan, tetapi hal itu sulit dipastikan. Tampaknya Pilatus mendengar dari orang-orang Yahudi bahwa Yesus menganggap diri-Nya raja orang Yahudi, suatu tuduhan yang terkait erat dengan pemberontakan, karena menurut Pilatus hanya Kaisar adalah raja orang Yahudi. Namun sumber ide ini, bahwa Yesus menganggap diri-Nya sebagai raja orang Yahudi hanya merupakan dugaan, dan dalam ayat yang berikut Tuhan Yesus hendak menentukan sumber ide tersebut.

Hagelberg: Yoh 18:33-38 - -- b. Pilatus memeriksa Yesus (18:33-38a) Dalam pasal 18:19 Hanas menanyakan mengenai pengikut-Nya dan ajaran-Nya, sedangkan hal-hal itu tidak relevan da...

b. Pilatus memeriksa Yesus (18:33-38a)

Dalam pasal 18:19 Hanas menanyakan mengenai pengikut-Nya dan ajaran-Nya, sedangkan hal-hal itu tidak relevan dalam sidang pengadilan di depan Pilatus. Dia hanya mau menghukum "rabi Yahudi itu" jika ada pelanggaran yang bersifat politis. Oleh karena itu, maka pertanyaan Pilatus berpusat pada tema "raja orang Yahudi". Seseorang yang memimpin pemberontakan Yahudi melawan penjajaan Roma mungkin menganggap dirinya raja orang Yahudi.

Hagelberg: Yoh 18:33 - -- 18:33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya, "Engkau inikah raja orang Yahudi?" Saat itu Pi...

18:33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya, "Engkau inikah raja orang Yahudi?"

Saat itu Pilatus dapat melihat dengan mata kepala bahwa orang itu bukan seorang gerilyawan atau pemberontak. Kata ganti orang Engkau memiliki tekanan dalam kalimat ini.1260 Mungkin pertanyaan ini diucapkan dengan nada keheranan atau penghinaan, tetapi hal itu sulit dipastikan. Tampaknya Pilatus mendengar dari orang-orang Yahudi bahwa Yesus menganggap diri-Nya raja orang Yahudi, suatu tuduhan yang terkait erat dengan pemberontakan, karena menurut Pilatus hanya Kaisar adalah raja orang Yahudi. Namun sumber ide ini, bahwa Yesus menganggap diri-Nya sebagai raja orang Yahudi hanya merupakan dugaan, dan dalam ayat yang berikut Tuhan Yesus hendak menentukan sumber ide tersebut.

Hagelberg: Yoh 18:34 - -- 18:34 Jawab Yesus, "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?" Jika Pilatus m...

18:34 Jawab Yesus, "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?"

Jika Pilatus mengatakan hal itu dari hatinya sendiri, maka tujuan Tuhan Yesus, yaitu melayani Pilatus, jauh lebih mudah karena Pilatus lebih siap mendengarkan kebenaran. Sebaliknya jika dia hanya mendengar itu dari orang lain, maka jelas Pilatus sulit dilayani, karena dia sudah dibingungkan oleh kebencian para pemimpin agama Yahudi, dan tidak memiliki kerinduan dalam hatinya sendiri untuk mengerti kebenaran ataupun mengenal Allah.

Hagelberg: Yoh 18:34 - -- 18:34 Jawab Yesus, "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?" Jika Pilatus m...

18:34 Jawab Yesus, "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?"

Jika Pilatus mengatakan hal itu dari hatinya sendiri, maka tujuan Tuhan Yesus, yaitu melayani Pilatus, jauh lebih mudah karena Pilatus lebih siap mendengarkan kebenaran. Sebaliknya jika dia hanya mendengar itu dari orang lain, maka jelas Pilatus sulit dilayani, karena dia sudah dibingungkan oleh kebencian para pemimpin agama Yahudi, dan tidak memiliki kerinduan dalam hatinya sendiri untuk mengerti kebenaran ataupun mengenal Allah.

Hagelberg: Yoh 18:35 - -- 18:35 Kata Pilatus, "Apakah aku seorang Yahudi?1261 Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah E...

18:35 Kata Pilatus, "Apakah aku seorang Yahudi?1261 Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?"

Untuk menanggapi pertanyaan Tuhan Yesus, yang mengemukakan kemungkinan bahwa Pilatus sendiri memikirkan identitas Tuhan Yesus, dia menjawab, Apakah aku seorang Yahudi? Jawaban ini penuh dengan penghinaan. Pilatus tidak ada keterbukaan untuk hal-hal rohani. Dengan nada yang sinis dia mengingatkan Tuhan Yesus bahwa bangsa-Nya sendiri menyerahkan Dia kepada Pilatus, sebagai suatu bukti bahwa Dia bukan raja orang Yahudi.

Baik Tuhan Yesus maupun Pontius Pilatus hendak mengatasi penipuan para pemimpin agama Yahudi. Tuhan Yesus hendak mengatasi bohong dan kebencian mereka yang telah membingungkan Pilatus. Demikian pula Pilatus tidak percaya bahwa para pemimpin agama Yahudi sedang giat membela urusan Kekaisaran Romawi di Yudea dengan begitu banyak semangat. Dia cukup sinis untuk mengerti bahwa mereka hendak memperalat dia demi kepentingan mereka sendiri.1262 Oleh karena itu, maka Pilatus kembali menginterogasi Dia dengan pertanyaan Apakah yang telah Engkau perbuat?

Hagelberg: Yoh 18:35 - -- 18:35 Kata Pilatus, "Apakah aku seorang Yahudi?1261 Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah E...

18:35 Kata Pilatus, "Apakah aku seorang Yahudi?1261 Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?"

Untuk menanggapi pertanyaan Tuhan Yesus, yang mengemukakan kemungkinan bahwa Pilatus sendiri memikirkan identitas Tuhan Yesus, dia menjawab, Apakah aku seorang Yahudi? Jawaban ini penuh dengan penghinaan. Pilatus tidak ada keterbukaan untuk hal-hal rohani. Dengan nada yang sinis dia mengingatkan Tuhan Yesus bahwa bangsa-Nya sendiri menyerahkan Dia kepada Pilatus, sebagai suatu bukti bahwa Dia bukan raja orang Yahudi.

Baik Tuhan Yesus maupun Pontius Pilatus hendak mengatasi penipuan para pemimpin agama Yahudi. Tuhan Yesus hendak mengatasi bohong dan kebencian mereka yang telah membingungkan Pilatus. Demikian pula Pilatus tidak percaya bahwa para pemimpin agama Yahudi sedang giat membela urusan Kekaisaran Romawi di Yudea dengan begitu banyak semangat. Dia cukup sinis untuk mengerti bahwa mereka hendak memperalat dia demi kepentingan mereka sendiri.1262 Oleh karena itu, maka Pilatus kembali menginterogasi Dia dengan pertanyaan Apakah yang telah Engkau perbuat?

Hagelberg: Yoh 18:36 - -- 18:36 Jawab Yesus, "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku1263 telah melawan, supaya Aku jangan diser...

18:36 Jawab Yesus, "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku1263 telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini."

Oleh karena Pilatus telah memperhatikan bohong dan kebencian para pemimpin agama Yahudi, maka Tuhan Yesus harus mulai menceritakan mengenai diri-Nya dari nol. Dia memakai tema kerajaan-Nya sebagai batu loncatan, sama seperti Dia memakai tema air sebagai batu loncatan dalam percakapan di sumur Yakub, dan tema kelahiran dalam percakapan dengan Nikodemus.

Tuhan Yesus tidak menjawab pertanyaan Pilatus. Dia tidak menjelaskan apa yang Dia telah perbuat. Dia menceritakan mengenai kerajaan-Nya, namun dengan kata-kata yang jelas tidak mendukung dakwaan bahwa Dia mencalonkan diri-Nya sebagai raja yang harus menggantikan Kaisar.1264 Untuk membuktikan bahwa kerajaan-Nya bukan dari dunia ini, Dia mengingatkan Pilatus bahwa hamba-hamba-Nya tidak melawan mereka yang menangkap Dia.1265

Pernyataan ini mirip pernyataan-Nya dalam Matius 26:53 di mana Dia berkata, "Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?"

Para pembaca yang pertama, yaitu orang-orang Yahudi yang belum percaya kepada Tuhan Yesus, membaca dalam Perjanjian Lama bahwa Mesias akan datang dan menjadi raja atas seluruh bumi. Mereka perlu mengerti bahwa Tuhan Yesus tidak menganggap diri-Nya sebagai seorang Raja yang saat itu menggantikan segala raja di bumi. Injil Matius pasal 13 juga menjelaskan hal itu, tetapi Yohanes tidak mencatat perumpamaan-perumpamaan itu.

Hagelberg: Yoh 18:36 - -- 18:36 Jawab Yesus, "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku1263 telah melawan, supaya Aku jangan diser...

18:36 Jawab Yesus, "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku1263 telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini."

Oleh karena Pilatus telah memperhatikan bohong dan kebencian para pemimpin agama Yahudi, maka Tuhan Yesus harus mulai menceritakan mengenai diri-Nya dari nol. Dia memakai tema kerajaan-Nya sebagai batu loncatan, sama seperti Dia memakai tema air sebagai batu loncatan dalam percakapan di sumur Yakub, dan tema kelahiran dalam percakapan dengan Nikodemus.

Tuhan Yesus tidak menjawab pertanyaan Pilatus. Dia tidak menjelaskan apa yang Dia telah perbuat. Dia menceritakan mengenai kerajaan-Nya, namun dengan kata-kata yang jelas tidak mendukung dakwaan bahwa Dia mencalonkan diri-Nya sebagai raja yang harus menggantikan Kaisar.1264 Untuk membuktikan bahwa kerajaan-Nya bukan dari dunia ini, Dia mengingatkan Pilatus bahwa hamba-hamba-Nya tidak melawan mereka yang menangkap Dia.1265

Pernyataan ini mirip pernyataan-Nya dalam Matius 26:53 di mana Dia berkata, "Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?"

Para pembaca yang pertama, yaitu orang-orang Yahudi yang belum percaya kepada Tuhan Yesus, membaca dalam Perjanjian Lama bahwa Mesias akan datang dan menjadi raja atas seluruh bumi. Mereka perlu mengerti bahwa Tuhan Yesus tidak menganggap diri-Nya sebagai seorang Raja yang saat itu menggantikan segala raja di bumi. Injil Matius pasal 13 juga menjelaskan hal itu, tetapi Yohanes tidak mencatat perumpamaan-perumpamaan itu.

Hagelberg: Yoh 18:37 - -- 18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya, "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus, "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untu...

18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya, "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus, "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini,1266 supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."

Sampai saat yang diceritakan dalam ayat ini, Pilatus bersifat sinis, dan suka melawan. Setelah mendengar perkataan Tuhan Yesus, dia berkata, "Jadi Engkau adalah raja?" Oleh karena Yohanes tidak menjelaskan nada suara Pilatus, maka sulit menafsirkan dengan pasti, tetapi tampaknya Pilatus masih tetap sombong dan sinis. Dia berpikir bahwa dia telah menangkap Tuhan Yesus dalam kesalahan.1267

Pilatus terlalu terfokus pada masalah raja, dan tidak cukup teliti mendengarkan penjelasan Tuhan Yesus. Jika dia sungguh memperhatikan penjelasan Tuhan Yesus, maka dia dapat mengerti bahwa benarlah Yesus adalah raja, tetapi semacam raja yang tidak mengancam stabilitas Roma.

Ungkapan Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja adalah ungkapan yang biasa dalam bahasa Yunani, namun aneh diterjemahkan secara harfiah. Ungkapan ini berarti "Perkataanmu sungguh benar!"1268

Tuhan Yesus datang untuk menjadi raja. Lagipula Dia datang supaya Ia dapat memberi kesaksian tentang kebenaran. Carson1269 mengamati bahwa dua tujuan ini terkait erat. Kerajaan-Nya adalah Kerajaan Kebenaran, dan Dia benar-benar layak dinobatkan sebagai raja seluruh ciptaan Allah!

Dalam pasal 9:39 Tuhan Yesus berkata, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi...." Tujuan menghakimi dan tujuan memberi kesaksian adalah tujuan yang sama. Tidak ada kontradiksi di sini. Jika Tuhan Yesus memberi kesaksian tentang kebenaran, Dia menyatakan bahwa Dia adalah Raja atas segala raja. Demikianlah kebenaran.1270

Penyataan diri Tuhan Yesus adalah tema seluruh Injil Yohanes, sehingga kesimpulan ini, Aku memberi kesaksian tentang kebenaran, adalah kesimpulan yang tepat dan padat bagi tujuan kedatangan Tuhan Yesus.

Perkataan Tuhan Yesus yang terakhir kepada Pilatus, yaitu setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku, merupakan suatu tantangan. Tuhan Yesus hendak melayani Pilatus, tetapi kesempatan yang diberikan kepada-Nya sangat terbatas. Seolah-olah Dia berkata, "Dengarkanlah perkataan-Ku, Pilatus. Jika kamu menghargai kebenaran, dengarkanlah Aku!"

Setelah mendengar tantangan ini, Pilatus menghadapi keputusan, sama seperti perempuan di sumur Yabuk, ataupun Nikodemus, harus juga mengambil keputusan. Tanggapan Pilatus menyatakan apakah dia merindukan kebenaran seperti perempuan di sumur Yakub, atau masih belum siap meninggalkan kesombongan dan kesinisan.

18:38a Kata Pilatus kepada-Nya, "Apakah kebenaran itu?"

Dengan jawaban yang sinis ini, kita mengerti bahwa Pilatus menolak pelayanan Tuhan Yesus. Pilatus gagal merendahkan dirinya di hadapan Dia yang adalah kebenaran.

Pilatus sudah menentukan bahwa tahanan ini tidak merupakan ancaman bagi Roma. Lebih dari itu, urusan ini sudah terlalu mengancam hatinya, sehingga dia hanya dapat mengejek Tuhan Yesus dan berbalik kepada orang-orang Yahudi yang hendak membunuh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 18:37 - -- 18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya, "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus, "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untu...

18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya, "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus, "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini,1266 supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."

Sampai saat yang diceritakan dalam ayat ini, Pilatus bersifat sinis, dan suka melawan. Setelah mendengar perkataan Tuhan Yesus, dia berkata, "Jadi Engkau adalah raja?" Oleh karena Yohanes tidak menjelaskan nada suara Pilatus, maka sulit menafsirkan dengan pasti, tetapi tampaknya Pilatus masih tetap sombong dan sinis. Dia berpikir bahwa dia telah menangkap Tuhan Yesus dalam kesalahan.1267

Pilatus terlalu terfokus pada masalah raja, dan tidak cukup teliti mendengarkan penjelasan Tuhan Yesus. Jika dia sungguh memperhatikan penjelasan Tuhan Yesus, maka dia dapat mengerti bahwa benarlah Yesus adalah raja, tetapi semacam raja yang tidak mengancam stabilitas Roma.

Ungkapan Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja adalah ungkapan yang biasa dalam bahasa Yunani, namun aneh diterjemahkan secara harfiah. Ungkapan ini berarti "Perkataanmu sungguh benar!"1268

Tuhan Yesus datang untuk menjadi raja. Lagipula Dia datang supaya Ia dapat memberi kesaksian tentang kebenaran. Carson1269 mengamati bahwa dua tujuan ini terkait erat. Kerajaan-Nya adalah Kerajaan Kebenaran, dan Dia benar-benar layak dinobatkan sebagai raja seluruh ciptaan Allah!

Dalam pasal 9:39 Tuhan Yesus berkata, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi...." Tujuan menghakimi dan tujuan memberi kesaksian adalah tujuan yang sama. Tidak ada kontradiksi di sini. Jika Tuhan Yesus memberi kesaksian tentang kebenaran, Dia menyatakan bahwa Dia adalah Raja atas segala raja. Demikianlah kebenaran.1270

Penyataan diri Tuhan Yesus adalah tema seluruh Injil Yohanes, sehingga kesimpulan ini, Aku memberi kesaksian tentang kebenaran, adalah kesimpulan yang tepat dan padat bagi tujuan kedatangan Tuhan Yesus.

Perkataan Tuhan Yesus yang terakhir kepada Pilatus, yaitu setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku, merupakan suatu tantangan. Tuhan Yesus hendak melayani Pilatus, tetapi kesempatan yang diberikan kepada-Nya sangat terbatas. Seolah-olah Dia berkata, "Dengarkanlah perkataan-Ku, Pilatus. Jika kamu menghargai kebenaran, dengarkanlah Aku!"

Setelah mendengar tantangan ini, Pilatus menghadapi keputusan, sama seperti perempuan di sumur Yabuk, ataupun Nikodemus, harus juga mengambil keputusan. Tanggapan Pilatus menyatakan apakah dia merindukan kebenaran seperti perempuan di sumur Yakub, atau masih belum siap meninggalkan kesombongan dan kesinisan.

18:38a Kata Pilatus kepada-Nya, "Apakah kebenaran itu?"

Dengan jawaban yang sinis ini, kita mengerti bahwa Pilatus menolak pelayanan Tuhan Yesus. Pilatus gagal merendahkan dirinya di hadapan Dia yang adalah kebenaran.

Pilatus sudah menentukan bahwa tahanan ini tidak merupakan ancaman bagi Roma. Lebih dari itu, urusan ini sudah terlalu mengancam hatinya, sehingga dia hanya dapat mengejek Tuhan Yesus dan berbalik kepada orang-orang Yahudi yang hendak membunuh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 18:38-40 - -- c. Barabas (18:38b-40) 18:38b Sesudah mengatakan demikian, keluarlah Pilatus lagi mendapatkan orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka, "Aku tidak...

c. Barabas (18:38b-40)

18:38b Sesudah mengatakan demikian, keluarlah Pilatus lagi mendapatkan orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka, "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya.

Walaupun Pilatus tidak terbuka kepada Tuhan Yesus, itu tidak berarti dia mau mendukung orang-orang Yahudi itu dalam urusan mereka. Dia tidak mau mendukung mereka, tetapi dalam kasus ini orang yang tidak memihak kepada Tuhan Yesus, akhirnya searah melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 18:39 - -- 18:39 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu.1271 Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagi...

18:39 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu.1271 Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?"

Seorang gubernur yang adil yang telah mengatakan, "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya", harus berkata "...maka aku membebaskan Dia. Pulanglah!" Namun Pilatus tidak langsung sampai pada keputusan itu. Dengan alasan yang kurang jelas, dia menyebutkan1272 suatu kebiasaan, bahwa pada Paskah dia membebaskan seorang bagi mereka. Mungkin dia hanya mau mengejek mereka sekali lagi dengan mengingatkan mereka bahwa dia mempunyai raja mereka sebagai tahanan. Namun kemudian dia menyesali lelucon itu, karena situasi menjadi semakin panas.

Hagelberg: Yoh 18:39 - -- 18:39 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu.1271 Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagi...

18:39 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu.1271 Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?"

Seorang gubernur yang adil yang telah mengatakan, "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya", harus berkata "...maka aku membebaskan Dia. Pulanglah!" Namun Pilatus tidak langsung sampai pada keputusan itu. Dengan alasan yang kurang jelas, dia menyebutkan1272 suatu kebiasaan, bahwa pada Paskah dia membebaskan seorang bagi mereka. Mungkin dia hanya mau mengejek mereka sekali lagi dengan mengingatkan mereka bahwa dia mempunyai raja mereka sebagai tahanan. Namun kemudian dia menyesali lelucon itu, karena situasi menjadi semakin panas.

Hagelberg: Yoh 18:40 - -- 18:40 Mereka berteriak pula, "Jangan Dia, melainkan Barabas!"1273 Barabas adalah seorang penyamun1274. Usaha Pilatus untuk membebaskan Dia yang tidak ...

18:40 Mereka berteriak pula, "Jangan Dia, melainkan Barabas!"1273 Barabas adalah seorang penyamun1274.

Usaha Pilatus untuk membebaskan Dia yang tidak bersalah melalui kebiasaan itu tidak akan berhasil. Tidak ada jalan tengah bagi Pilatus. Dia harus melawan orang banyak itu serta pemimpin-pemimpin agama Yahudi, ataupun dia harus melawan Tuhan Yesus dan keadilan. Dia terpaksa memilih. Tampaknya dalam hal ini Pontius Pilatus mewakili setiap orang yang hendak mengambil sikap, "Ya, Yesus itu baik, tetapi aku tidak mau menjadi pengikut-Nya."

Hagelberg: Yoh 18:40 - -- 18:40 Mereka berteriak pula, "Jangan Dia, melainkan Barabas!"1273 Barabas adalah seorang penyamun1274. Usaha Pilatus untuk membebaskan Dia yang tidak ...

18:40 Mereka berteriak pula, "Jangan Dia, melainkan Barabas!"1273 Barabas adalah seorang penyamun1274.

Usaha Pilatus untuk membebaskan Dia yang tidak bersalah melalui kebiasaan itu tidak akan berhasil. Tidak ada jalan tengah bagi Pilatus. Dia harus melawan orang banyak itu serta pemimpin-pemimpin agama Yahudi, ataupun dia harus melawan Tuhan Yesus dan keadilan. Dia terpaksa memilih. Tampaknya dalam hal ini Pontius Pilatus mewakili setiap orang yang hendak mengambil sikap, "Ya, Yesus itu baik, tetapi aku tidak mau menjadi pengikut-Nya."

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 18:28-40 - Kristus di dalam Gedung Pengadilan; Kristus di hadapan Pilatus Kristus di dalam Gedung Pengadilan; Kristus di hadapan Pilatus (18:28-40)...

SH: Yoh 18:28--19:16 - Pemalsuan ibadah (Kamis, 1 April 1999) Pemalsuan ibadah Pemalsuan ibadah. Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, adalah orang-orang yang ...

SH: Yoh 18:28-38 - Penjahat (Rabu, 27 Maret 2002) Penjahat Penjahat. Tuhan dianggap penjahat? Begitulah yang terjadi! Bukan karena Dia jahat, tetapi ju...

SH: Yoh 18:28-38 - Yesus dan Pilatus (Rabu, 19 Maret 2008) Yesus dan Pilatus Judul: Yesus dan Pilatus Memperalat orang lain untuk melakukan kejahatan bagi kepent...

SH: Yoh 18:28-38 - Jangan menolak Raja kebenaran (Selasa, 15 April 2014) Jangan menolak Raja kebenaran Judul: Jangan menolak Raja kebenaran Orang Yahudi menolak Yesus yang dat...

SH: Yoh 18:28-38 - Check and Recheck (Selasa, 30 Maret 2021) Check and Recheck Check and recheck secara harfiah artinya mengecek dan mengecek ulang. Tentu maksud dari ungkapa...

SH: Yoh 18:28-40 - Siapa mengadili siapa? (Rabu, 12 April 2006) Siapa mengadili siapa? Judul: Siapa mengadili siapa? Dengan tekad hendak membunuh Yesus, para musu...

SH: Yoh 18:1-14 - Yesus menyerahkan diri (Senin, 10 April 2006) Yesus menyerahkan diri Judul: Yesus menyerahkan diri Pada perikop ini, Yohanes menceritakan penang...

SH: Yoh 18:38--19:16 - Tak ada kesalahan (Kamis, 28 Maret 2002) Tak ada kesalahan Tak ada kesalahan. Pilatus tak menemukan kesalahan pada Yesus karena Dia memang tak ...

SH: Yoh 18:38--19:16 - Tentukan sikap! (Kamis, 20 Maret 2008) Tentukan sikap! Judul: Tentukan sikap! Bagaikan bola, Yesus dipingpong oleh Pilatus dan orang-orang Ya...

SH: Yoh 18:38--19:16 - Sikap terhadap kebenaran (Rabu, 16 April 2014) Sikap terhadap kebenaran Judul: Sikap terhadap kebenaran Sikap seseorang terhadap kebenaran berbeda-be...

SH: Yoh 18:38--19:16 - Mayoritas Tidak Selalu Benar (Rabu, 31 Maret 2021) Mayoritas Tidak Selalu Benar Dalam mengambil keputusan, kita cenderung mengikuti suara terbanyak. Cara voting ata...

Utley: Yoh 18:28-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 18:28-32...

Utley: Yoh 18:33-38 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 18:33-38b...

Utley: Yoh 18:38 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 18:38b-40...

Topik Teologia: Yoh 18:33 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 2:5-6 ...

Topik Teologia: Yoh 18:34 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Nama Manusia Raja ...

Topik Teologia: Yoh 18:36 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 2:5-6 ...

Topik Teologia: Yoh 18:37 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 2:5-6 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.21 detik
dipersembahkan oleh YLSA