kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 17:15-26 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; 17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran. 17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 17:17 - KUDUSKANLAH MEREKA DALAM KEBENARAN. Nas : Yoh 17:17 "Menguduskan" artinya menjadikan kudus atau mengasingkan. Pada malam sebelum disalibkan Yesus berdoa supaya umat-Nya menjadi kudus,...

Nas : Yoh 17:17

"Menguduskan" artinya menjadikan kudus atau mengasingkan. Pada malam sebelum disalibkan Yesus berdoa supaya umat-Nya menjadi kudus, terpisah dari dunia dan dosa dengan maksud melayani dan menyembah Allah. Mereka harus terpisah agar dekat dengan Allah, hidup bagi Allah dan meneladani Allah. Pengudusan ini tercapai melalui pengabdian kepada kebenaran yang dinyatakan kepada mereka oleh Roh Kebenaran itu (bd. Yoh 14:17; 16:13). Kebenaran itu adalah baik Firman Allah yang hidup (lih. Yoh 1:1) maupun penyataan Firman Allah yang tertulis

(lihat art. PENGUDUSAN).

Full Life: Yoh 17:19 - AKU MENGUDUSKAN DIRI-KU. Nas : Yoh 17:19 Yesus menguduskan diri-Nya dengan memisahkan diri untuk melakukan kehendak Allah, yaitu mati di kayu salib. Yesus menderita di atas...

Nas : Yoh 17:19

Yesus menguduskan diri-Nya dengan memisahkan diri untuk melakukan kehendak Allah, yaitu mati di kayu salib. Yesus menderita di atas kayu salib supaya para pengikut-Nya dapat dipisahkan dari dunia dan diasingkan bagi Allah (lih. Ibr 13:12).

Full Life: Yoh 17:21 - SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU. Nas : Yoh 17:21 Kesatuan yang didoakan Yesus bukanlah kesatuan organisasi tetapi kesatuan rohani yang berlandaskan: hidup di dalam Kristus (ayat Yo...

Nas : Yoh 17:21

Kesatuan yang didoakan Yesus bukanlah kesatuan organisasi tetapi kesatuan rohani yang berlandaskan: hidup di dalam Kristus (ayat Yoh 17:23); mengenal dan mengalami kasih Bapa dan persekutuan Kristus (ayat Yoh 17:26); perpisahan dari dunia (ayat Yoh 17:14-16); pengudusan dalam kebenaran (ayat Yoh 17:17,19); menerima dan mempercayai kebenaran Firman Allah (ayat Yoh 17:6,8,17); ketaatan kepada Firman (ayat Yoh 17:6); keinginan untuk membawa keselamatan kepada yang hilang (ayat Yoh 17:21,23). Bilamana salah satu dari faktor ini tidak ada, maka kesatuan yang didoakan Yesus tidak mungkin ada.

  1. 1) Yesus tidak berdoa supaya para pengikut-Nya "menjadi satu" (terjemahan bah. Indonesia), tetapi agar mereka "satu adanya". Bentuk yang dipakai dalam bahasa Yunani menunjuk pada suatu tindakan yang berkesinambungan: "terus-menerus bersatu", kesatuan yang berlandaskan kesamaan hubungan kepada Bapa dan Anak, dan karena memiliki sikap yang sama terhadap dunia, Firman Allah dan perlunya menjangkau mereka yang hilang (bd. 1Yoh 1:7).
  2. 2) Usaha untuk menciptakan suatu kesatuan buatan dengan mengadakan pertemuan, konferensi, atau organisasi yang rumit dapat mengakibatkan pertentangan terhadap kesatuan yang didoakan oleh Yesus. Yang dimaksudkan Yesus bukan sekedar pertemuan-pertemuan rohani yang dangkal dan asal-asalan saja. Yang didoakan adalah kesatuan hati, tujuan, pikiran, dan kehendak di dalam orang-orang yang mengabdi sungguh-sungguh kepada Kristus, Firman Allah, dan kesucian

    (lihat cat. --> Ef 4:3).

    [atau ref. Ef 4:3]

Full Life: Yoh 17:22 - KEMULIAAN, YANG ENGKAU BERIKAN KEPADA-KU. Nas : Yoh 17:22 "Kemuliaan" Kristus adalah kehidupan-Nya yang merupakan pelayanan yang mengorbankan diri dan kematian di kayu salib untuk menebus u...

Nas : Yoh 17:22

"Kemuliaan" Kristus adalah kehidupan-Nya yang merupakan pelayanan yang mengorbankan diri dan kematian di kayu salib untuk menebus umat manusia. Demikian pula "kemuliaan" para pengikut-Nya adalah mengikuti jalan pelayanan yang rendah hati dan memikul salib (bd.

lihat cat. --> Luk 9:23).

[atau ref. Luk 9:23]

Kerendahan hati, penyangkalan diri, dan kesediaan untuk menderita bagi Kristus akan memastikan persatuan sejati orang percaya dan akan membawa kepada kemuliaan sejati

(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).

Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...

Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.

Jerusalem: Yoh 17:1-26 - -- Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.

Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.

Jerusalem: Yoh 17:15 - yang jahat Terjemahan lain: Yang jahat (ialah Iblis), bdk Mat 6:13.

Terjemahan lain: Yang jahat (ialah Iblis), bdk Mat 6:13.

Jerusalem: Yoh 17:17 - Kuduskanlah mereka Secara harafiah: kata kerja "menguduskan" berarti: menyendirikan bagi Allah, membaktikan, menyucikan kepada Allah, bdk Kis 9:13+.

Secara harafiah: kata kerja "menguduskan" berarti: menyendirikan bagi Allah, membaktikan, menyucikan kepada Allah, bdk Kis 9:13+.

Jerusalem: Yoh 17:19 - menguduskan diriKu Yesus menguduskan diriNya dengan menghadap Bapa supaya bersatu denganNya dan dengan memperkenalkan diri kepada manusia sebagai pewahyuan utuh lengkap....

Yesus menguduskan diriNya dengan menghadap Bapa supaya bersatu denganNya dan dengan memperkenalkan diri kepada manusia sebagai pewahyuan utuh lengkap. Ia memohon, agar murid-muridNya hidup dalam kebenaran Allah, setelah dikuduskan oleh kepercayaan kepada Bapa yang diwahyukan Yesus kepada mereka

Jerusalem: Yoh 17:19 - supaya merekapun dikuduskan Ialah disendirikan, dibaktikan kepada Allah guna ibadah "dalam roh dan kebenaran".

Ialah disendirikan, dibaktikan kepada Allah guna ibadah "dalam roh dan kebenaran".

Jerusalem: Yoh 17:20-26 - -- Akhirnya Yesus mendoakan Gereja orang-orang yang percaya, yang dikumpulkan melalui kesaksian para rasul, Yoh 3:11+; Yoh 15:27; bdk Rom 1:1+. Maksud do...

Akhirnya Yesus mendoakan Gereja orang-orang yang percaya, yang dikumpulkan melalui kesaksian para rasul, Yoh 3:11+; Yoh 15:27; bdk Rom 1:1+. Maksud doa itu ialah: supaya persatuan kaum beriman menimbulkan kepercayaan orang lain kepada Yesus sebagai utusan.

Jerusalem: Yoh 17:23 - Engkau mengasihi mereka Var: Aku mengasihi mereka.

Var: Aku mengasihi mereka.

Ende: Yoh 17:15 - Dari jang djahat Umum ditafsirkan: dari pengaruh dunia jang djahat atau dari kedjahatan dunia jang mengedjar mereka.

Umum ditafsirkan: dari pengaruh dunia jang djahat atau dari kedjahatan dunia jang mengedjar mereka.

Ende: Yoh 17:17 - Kuduskanlah mereka Menguduskan disini berarti: mementjilkan mereka dari dunia untuk dan bekerdja semata-mata bagi Allah sebagai milikNja, "Dalam kebenaran": supaja merek...

Menguduskan disini berarti: mementjilkan mereka dari dunia untuk dan bekerdja semata-mata bagi Allah sebagai milikNja, "Dalam kebenaran": supaja mereka sendiri tetap kudus dan berpegang pada kebenaran.

Ende: Yoh 17:19 - Menguduskan Diriku Disini berarti: menjerahkan Dirinja sebagai kurban jang kudus kepada Bapa dengan mengurbankan njawaNja.

Disini berarti: menjerahkan Dirinja sebagai kurban jang kudus kepada Bapa dengan mengurbankan njawaNja.

Ende: Yoh 17:21 - Bersatu jaitu satu dalam saling tjinta-kasih dan dalam kesatuan hidup dengan Allah dan Jesus.

jaitu satu dalam saling tjinta-kasih dan dalam kesatuan hidup dengan Allah dan Jesus.

Ende: Yoh 17:22 - Kemuliaan disini tentu berarti pernjataan Allah tentang DiriNja, jang disampaikan Jesus kepada para muridnja. Bdl. Yoh 17:6,11,26 (nama Allah) dan Yoh 17:6,8,14...

disini tentu berarti pernjataan Allah tentang DiriNja, jang disampaikan Jesus kepada para muridnja. Bdl. Yoh 17:6,11,26 (nama Allah) dan Yoh 17:6,8,14 mengenai Sabda Allah. Djadi persatuan jang dimaksudkan disini ialah persatuan dalam kepertjajaan.

Ref. Silang FULL: Yoh 17:15 - yang jahat · yang jahat: Mat 5:37; Mat 5:37

· yang jahat: Mat 5:37; [Lihat FULL. Mat 5:37]

Ref. Silang FULL: Yoh 17:16 - dari dunia · dari dunia: Yoh 17:14

· dari dunia: Yoh 17:14

Ref. Silang FULL: Yoh 17:17 - adalah kebenaran · adalah kebenaran: Yoh 15:3; Yoh 15:3; 2Sam 7:28; 1Raj 17:24

· adalah kebenaran: Yoh 15:3; [Lihat FULL. Yoh 15:3]; 2Sam 7:28; 1Raj 17:24

Ref. Silang FULL: Yoh 17:18 - dalam dunia // dalam dunia · dalam dunia: Yoh 17:3,8,21,23,25; Yoh 3:17; Yoh 3:17 · dalam dunia: Yoh 20:21

· dalam dunia: Yoh 17:3,8,21,23,25; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

· dalam dunia: Yoh 20:21

Ref. Silang FULL: Yoh 17:19 - merekapun dikuduskan · merekapun dikuduskan: Yoh 17:17

· merekapun dikuduskan: Yoh 17:17

Ref. Silang FULL: Yoh 17:21 - menjadi satu // dalam Engkau // mengutus Aku · menjadi satu: Yer 32:39 · dalam Engkau: Yoh 17:11; Yoh 10:38 · mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,23,25; Yoh 3:17; Yoh 3:17

· menjadi satu: Yer 32:39

· dalam Engkau: Yoh 17:11; Yoh 10:38

· mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,23,25; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

Ref. Silang FULL: Yoh 17:22 - berikan kepada-Ku // adalah satu · berikan kepada-Ku: Yoh 1:14 · adalah satu: Yoh 14:20; Yoh 14:20

· berikan kepada-Ku: Yoh 1:14

· adalah satu: Yoh 14:20; [Lihat FULL. Yoh 14:20]

Ref. Silang FULL: Yoh 17:23 - mengutus Aku // mengasihi mereka · mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,25; Yoh 3:17; Yoh 3:17 · mengasihi mereka: Yoh 16:27

· mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,25; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

· mengasihi mereka: Yoh 16:27

Ref. Silang FULL: Yoh 17:24 - Aku berada // berikan kepada-Ku // memandang kemuliaan-Ku // dunia dijadikan · Aku berada: Yoh 12:26; Yoh 12:26 · berikan kepada-Ku: Yoh 17:2; Yoh 17:2 · memandang kemuliaan-Ku: Yoh 1:14 · dunia dija...

· Aku berada: Yoh 12:26; [Lihat FULL. Yoh 12:26]

· berikan kepada-Ku: Yoh 17:2; [Lihat FULL. Yoh 17:2]

· memandang kemuliaan-Ku: Yoh 1:14

· dunia dijadikan: Yoh 17:5; Mat 25:34; [Lihat FULL. Mat 25:34]; Yoh 1:2; [Lihat FULL. Yoh 1:2]

Ref. Silang FULL: Yoh 17:25 - mengenal Engkau // mengutus Aku · mengenal Engkau: Yoh 15:21; 16:3 · mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,23; Yoh 3:17; Yoh 3:17; Yoh 16:27

· mengenal Engkau: Yoh 15:21; 16:3

· mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,23; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]; Yoh 16:27

Ref. Silang FULL: Yoh 17:26 - kepada mereka // dalam mereka · kepada mereka: Yoh 17:6 · dalam mereka: Yoh 15:9

· kepada mereka: Yoh 17:6

· dalam mereka: Yoh 15:9

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 17:15 - -- 17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat. Walaupun Dia minta perl...

17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat.

Walaupun Dia minta perlindungan bagi mereka, Dia tidak minta supaya mereka diambil dari dunia. Sebaliknya, menurut ayat 18, Dia mengutus mereka ke dalam dunia, karena mereka mempunyai tugas di dunia.

Ungkapan yang diterjemahkan si jahat di atas juga dapat diterjemahkan "yang jahat",1185 tetapi dalam konteks Injil Yohanes terjemahan si jahat lebih tepat, karena walaupun Iblis dikalahkan di kayu salib (12:31; 14:30; dan 16:11), dia masih dapat merusak kehidupan orang-orang yang tidak dilindungi.

Murid-murid Tuhan Yesus, dan para pembaca yang sedang diinjili, harus merenungkan doa ini. Pengikut Tuhan Yesus tidak boleh kompromi dengan dunia, dan pelarian juga tidak diperbolehkan.1186 Pengikut Tuhan Yesus ikut dibenci oleh dunia yang jahat, dan ikut dikejar oleh si jahat.

Hagelberg: Yoh 17:11-16 - -- b. Doa supaya murid-murid-Nya dilindungi (17:11b-16) Setelah menguatkan doa-Nya dengan menyebutkan dasar-dasar doa, Dia sampai pada permohonan-Nya sen...

b. Doa supaya murid-murid-Nya dilindungi (17:11b-16)

Setelah menguatkan doa-Nya dengan menyebutkan dasar-dasar doa, Dia sampai pada permohonan-Nya sendiri, yaitu supaya mereka dilindungi.

17:11b Ya Bapa yang kudus, peliharalah1177 mereka oleh1178 nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Julukan Bapa yang kudus hanya muncul sekali dalam seluruh Perjanjian Baru. Dia yang layak digambarkan sebagai kudus juga boleh disebut Bapa! Tuhan Yesus begitu akrab dengan yang MahaKudus, sehingga dapat memanggil Dia Bapa.

Dalam pasal 10:28-29 Tuhan Yesus berkata, "...Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa." Sampai saat yang dikisahkan dalam pasal 17, Tuhan Yesus telah menjaga mereka supaya seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan-Nya, namun Dia mengerti bahwa Dia harus menyerahkan mereka ke dalam perlindungan Bapa-Nya karena Dia harus "pergi". Doa ini adalah doa penyerahan-Nya. Keamanan mereka dalam tangan Allah terjamin oleh doa Tuhan Yesus.

Tujuan pertama dari pemeliharaan itu adalah supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Murid-murid Tuhan Yesus dilindungi demi kepentingan kesatuan mereka. Kesatuan itu diuraikan lebih lanjut dalam doa ini (dan juga dalam pasal 10:16, 30; dan 11:56), namun dapat dikatakan bahwa kesatuan yang digarisbawahi di sini tidak boleh mengkompromikan nama Allah, yang di dalamnya mereka dilindungi. Dengan kata lain, jika lembaga-lembaga Kristen menyatu, tetapi dalam proses itu mereka tidak menjaga kebenaran nama Allah, yaitu sifat, kemuliaan, dan karakter-Nya, maka kesatuan tersebut bukan kesatuan yang diceritakan dalam doa ini. Kesatuan yang dimaksudkan dalam nas ini adalah kesatuan hati, bukan kesatuan lembaga yang belum tentu menyentuh masalah hati orang! Kesatuan ini adalah kesatuan hati yang tunduk pada sifat, kemuliaan, dan karakter Allah yang diilhamkan dalam Firman-Nya.

Ungkapan sama seperti Kita mengingatkan kita bahwa standar kesatuan yang diwajibkan bagi kita adalah kesatuan yang dinikmati oleh Tuhan Yesus dan Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 17:15 - -- 17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat. Walaupun Dia minta perl...

17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat.

Walaupun Dia minta perlindungan bagi mereka, Dia tidak minta supaya mereka diambil dari dunia. Sebaliknya, menurut ayat 18, Dia mengutus mereka ke dalam dunia, karena mereka mempunyai tugas di dunia.

Ungkapan yang diterjemahkan si jahat di atas juga dapat diterjemahkan "yang jahat",1185 tetapi dalam konteks Injil Yohanes terjemahan si jahat lebih tepat, karena walaupun Iblis dikalahkan di kayu salib (12:31; 14:30; dan 16:11), dia masih dapat merusak kehidupan orang-orang yang tidak dilindungi.

Murid-murid Tuhan Yesus, dan para pembaca yang sedang diinjili, harus merenungkan doa ini. Pengikut Tuhan Yesus tidak boleh kompromi dengan dunia, dan pelarian juga tidak diperbolehkan.1186 Pengikut Tuhan Yesus ikut dibenci oleh dunia yang jahat, dan ikut dikejar oleh si jahat.

Hagelberg: Yoh 17:6-19 - -- 2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19) Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun D...

2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19)

Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun Dia beralih mendoakan murid-murid-Nya, karena mereka juga menghadapi semacam krisis, dan perlu doa. Dengan demikian kasih-Nya nyata.

Hagelberg: Yoh 17:1-26 - -- D. Doa Yesus (17:1-26) Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" ata...

D. Doa Yesus (17:1-26)

Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" atau "Doa Kemenangan". Morris1149 menekankan suasana kemenangan yang ditekankan dalam doa ini. Tuhan Yesus menang, karena Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan bagi Dia oleh Allah Bapa.

Pesan perpisahan dapat disertai dengan doa, seperti dalam Kejadian 49, sehingga doa ini tidak boleh dipisahkan dari konteks salib. Tuhan Yesus telah mengajar dan menghiburkan murid-murid-Nya. Melalui doa ini Dia juga meneguhkan iman mereka.

Pasal ini merupakan doa Tuhan Yesus yang Dia sungguh doakan kepada Bapa-Nya, namun unsur ajaran1150 terlihat dalam ayat 13, yang berbunyi, "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka". Unsur ajaran juga terlihat dalam doa-Nya yang tercantum dalam pasal 11:42, yaitu doa Tuhan Yesus di kubur Lazarus: "Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

Injil Yohanes hanya menceritakan isi tiga doa Tuhan Yesus,1151 tetapi doa-Nya di Taman Getsemani tidak dicatat dalam Injil Yohanes. Doa ini dapat dibandingkan dengan doa Tuhan Yesus di Taman Getsemani. Dua doa tersebut saling mengisi. Dalam Yohanes pasal 17 Tuhan Yesus lebih memikirkan pekerjaan-Nya seperti yang diperintahkan oleh Bapa-Nya, dan keadaan murid-murid-Nya yang Dia serahankan ke dalam perlindungan Bapa-Nya.

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 17:16 - -- 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama sepert...

17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama seperti Dia asing di dunia.

Hagelberg: Yoh 17:16 - -- 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama sepert...

17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama seperti Dia asing di dunia.

Hagelberg: Yoh 17:17 - -- 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konte...

17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konteks Firman Allah, kata ini menceritakan bahwa Allah adalah lain dari ciptaan-Nya. Dia berbeda dari ciptaan-Nya. Dengan demikian barang-barang ataupun oknum yang dikhususkan bagi Dia dapat disebut "kudus". Menurut pasal 10:36 Tuhan Yesus dikuduskan (atau dikhususkan) untuk tugas supaya Dia diutus ke dalam dunia. Jika mereka dikuduskan (ayat ini), mereka juga dapat diutus (ayat berikut). Ini berarti bahwa mereka, sama seperti Tuhan Yesus, harus dikhususkan untuk tugas yang ditentukan bagi mereka oleh Allah Bapa.

Tugas itu diuraikan dalam ayat berikut, sedangkan ayat ini menceritakan bagaimana caranya mereka dapat dikuduskan atau dikhususkan. Melalui1187 kebenaran mereka dapat dikuduskan. Namun bukan sembarang kebenaran. Kebenaran yang mampu mengkuduskan orang percaya adalah firman Allah. Carson1188 berkata, "Pengikut Tuhan Yesus dikhususkan dari dunia, dan dikhususkan bagi pekerjaan Allah hanya sejauh pikiran dan kelakuan mereka disesuaikan dengan kebenaran, yaitu firman wahyu (ayat 6) yang dinyatakan terutama dalam Tuhan Yesus (Dia sendiri adalah kebenaran menurut pasal 14:6, dan Dia sendiri adalah firman Allah yang menjelma menjadi manusia menurut pasal 1:1 dan 14) yang sekarang tercantum dalam kitab ini." Dengan kata lain, kita harus menghayati firman Allah jika kita ingin dipakai oleh Dia. Jadilah kudus dan khusus melalui pemahaman firman Allah!

Konsep ini, yang Dia katakan kepada mereka sebelum Dia dikhianati, tidak jauh berbeda dari apa yang Dia katakan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dalam pasal 8:31, yaitu bahwa kebenaran memerdekakan.

Hagelberg: Yoh 17:17-19 - -- c. Doa supaya murid-murid-Nya dikuduskan (17:17-19)

c. Doa supaya murid-murid-Nya dikuduskan (17:17-19)

Hagelberg: Yoh 17:17 - -- 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konte...

17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konteks Firman Allah, kata ini menceritakan bahwa Allah adalah lain dari ciptaan-Nya. Dia berbeda dari ciptaan-Nya. Dengan demikian barang-barang ataupun oknum yang dikhususkan bagi Dia dapat disebut "kudus". Menurut pasal 10:36 Tuhan Yesus dikuduskan (atau dikhususkan) untuk tugas supaya Dia diutus ke dalam dunia. Jika mereka dikuduskan (ayat ini), mereka juga dapat diutus (ayat berikut). Ini berarti bahwa mereka, sama seperti Tuhan Yesus, harus dikhususkan untuk tugas yang ditentukan bagi mereka oleh Allah Bapa.

Tugas itu diuraikan dalam ayat berikut, sedangkan ayat ini menceritakan bagaimana caranya mereka dapat dikuduskan atau dikhususkan. Melalui1187 kebenaran mereka dapat dikuduskan. Namun bukan sembarang kebenaran. Kebenaran yang mampu mengkuduskan orang percaya adalah firman Allah. Carson1188 berkata, "Pengikut Tuhan Yesus dikhususkan dari dunia, dan dikhususkan bagi pekerjaan Allah hanya sejauh pikiran dan kelakuan mereka disesuaikan dengan kebenaran, yaitu firman wahyu (ayat 6) yang dinyatakan terutama dalam Tuhan Yesus (Dia sendiri adalah kebenaran menurut pasal 14:6, dan Dia sendiri adalah firman Allah yang menjelma menjadi manusia menurut pasal 1:1 dan 14) yang sekarang tercantum dalam kitab ini." Dengan kata lain, kita harus menghayati firman Allah jika kita ingin dipakai oleh Dia. Jadilah kudus dan khusus melalui pemahaman firman Allah!

Konsep ini, yang Dia katakan kepada mereka sebelum Dia dikhianati, tidak jauh berbeda dari apa yang Dia katakan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dalam pasal 8:31, yaitu bahwa kebenaran memerdekakan.

Hagelberg: Yoh 17:18 - -- 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; Hanya orang yang telah dikuduska...

17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;

Hanya orang yang telah dikuduskan yang dapat diutus, sesuai dengan pola yang nyata dalam pasal 10:36 yang dikutip di atas. Tujuan pengkudusan itu adalah misi: supaya mereka dapat diutus ke dalam dunia, sama seperti Dia telah dikhususkan, dan diutus ke dalam dunia. Konsep ini dikembangkan dalam pasal 20:21-22.1189

Pernyataan ini tidak berarti bahwa pengutusan Tuhan Yesus dari sorga ke dalam dunia dan pengutusan mereka dari Yerusalem ke dalam dunia adalah sama dalam segala aspek pengutusan. Dia menegaskan kesamaan-kesamaan yang ada, yaitu antara lain bahwa baik mereka maupun Dia dipilih untuk tugas tertentu, baik Dia maupun mereka dikhususkan untuk tugas mereka masing-masing, baik Dia maupun mereka diberikan tugas yang sesuai dengan penyataan Allah sendiri, lagipula baik Dia maupun mereka harus melaksanakan tugas mereka masing-masing di dalam dunia yang jahat ini.

Hagelberg: Yoh 17:18 - -- 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; Hanya orang yang telah dikuduska...

17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;

Hanya orang yang telah dikuduskan yang dapat diutus, sesuai dengan pola yang nyata dalam pasal 10:36 yang dikutip di atas. Tujuan pengkudusan itu adalah misi: supaya mereka dapat diutus ke dalam dunia, sama seperti Dia telah dikhususkan, dan diutus ke dalam dunia. Konsep ini dikembangkan dalam pasal 20:21-22.1189

Pernyataan ini tidak berarti bahwa pengutusan Tuhan Yesus dari sorga ke dalam dunia dan pengutusan mereka dari Yerusalem ke dalam dunia adalah sama dalam segala aspek pengutusan. Dia menegaskan kesamaan-kesamaan yang ada, yaitu antara lain bahwa baik mereka maupun Dia dipilih untuk tugas tertentu, baik Dia maupun mereka dikhususkan untuk tugas mereka masing-masing, baik Dia maupun mereka diberikan tugas yang sesuai dengan penyataan Allah sendiri, lagipula baik Dia maupun mereka harus melaksanakan tugas mereka masing-masing di dalam dunia yang jahat ini.

Hagelberg: Yoh 17:19 - -- 17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka,1190 supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.1191 Tuhan Yesus menguduskan diri-Nya bagi mereka. Dia ...

17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka,1190 supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.1191

Tuhan Yesus menguduskan diri-Nya bagi mereka. Dia yang adalah Mahakudus mengkhususkan diri-Nya pada tugas yang diberikan kepada-Nya oleh Bapa-Nya, yaitu terhadap salib-Nya. Pemakaian kata kerja ini adalah sama dengan pemakaiannya dalam pasal 10:36, di mana Tuhan Yesus menyebut diri-Nya sebagai "yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia", maka istilah ini tidak menceritakan kesucian. Istilah ini menceritakan sikap Tuhan Yesus yang mengkhususkan diri-Nya untuk menaati Bapa-Nya, suatu tema yang sangat penting dalam Injil Yohanes.

Jadi, ayat ini berkata bahwa Tuhan Yesus menaati Bapa-Nya dan merelakan diri-Nya untuk disalibkan, sehingga murid-murid-Nya (dan kita!) dapat mengenal Allah melalui Tuhan Yesus, sehingga ayat 17 dan 18 di atas dapat terwujud dalam kehidupan kita!

Hagelberg: Yoh 17:19 - -- 17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka,1190 supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.1191 Tuhan Yesus menguduskan diri-Nya bagi mereka. Dia ...

17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka,1190 supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.1191

Tuhan Yesus menguduskan diri-Nya bagi mereka. Dia yang adalah Mahakudus mengkhususkan diri-Nya pada tugas yang diberikan kepada-Nya oleh Bapa-Nya, yaitu terhadap salib-Nya. Pemakaian kata kerja ini adalah sama dengan pemakaiannya dalam pasal 10:36, di mana Tuhan Yesus menyebut diri-Nya sebagai "yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia", maka istilah ini tidak menceritakan kesucian. Istilah ini menceritakan sikap Tuhan Yesus yang mengkhususkan diri-Nya untuk menaati Bapa-Nya, suatu tema yang sangat penting dalam Injil Yohanes.

Jadi, ayat ini berkata bahwa Tuhan Yesus menaati Bapa-Nya dan merelakan diri-Nya untuk disalibkan, sehingga murid-murid-Nya (dan kita!) dapat mengenal Allah melalui Tuhan Yesus, sehingga ayat 17 dan 18 di atas dapat terwujud dalam kehidupan kita!

Hagelberg: Yoh 17:20 - -- 17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; Sesuai dengan ayat 18...

17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;

Sesuai dengan ayat 18, mereka diutus untuk melayani di dunia, dan pelayanan pemberitaan mereka menghasilkan buah. Doa Tuhan Yesus mencakup setiap orang yang telah percaya kepada-Nya oleh pemberitaan mereka, sampai saat ini, serta setiap orang yang akan percaya kepada-Nya oleh pemberitaan mereka. Dia mendoakan kita juga.

Hagelberg: Yoh 17:20-23 - -- 3. Yesus mendoakan semua yang akan percaya (17:20-23) Visi Tuhan Yesus untuk menjangkau seluruh dunia sudah nyata dalam beberapa nas yang lain (misaln...

3. Yesus mendoakan semua yang akan percaya (17:20-23)

Visi Tuhan Yesus untuk menjangkau seluruh dunia sudah nyata dalam beberapa nas yang lain (misalnya pasal 10:16; 11:52; dan 12:20-26) didukung oleh nas ini. Dia mendoakan semua kita yang percaya oleh karena pemberitaan murid-murid yang semula, suatu pemberitaan yang masa kini diberitakan ulang di setiap negara.

Hagelberg: Yoh 17:20 - -- 17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; Sesuai dengan ayat 18...

17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;

Sesuai dengan ayat 18, mereka diutus untuk melayani di dunia, dan pelayanan pemberitaan mereka menghasilkan buah. Doa Tuhan Yesus mencakup setiap orang yang telah percaya kepada-Nya oleh pemberitaan mereka, sampai saat ini, serta setiap orang yang akan percaya kepada-Nya oleh pemberitaan mereka. Dia mendoakan kita juga.

Hagelberg: Yoh 17:21 - -- 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dun...

17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Tujuan doa Tuhan Yesus adalah kesatuan mereka, dan tujuan kesatuan mereka adalah supaya lebih banyak orang lagi percaya. Baik tema kesatuan maupun tema kesaksian itu diuraikan lebih lanjut dalam ayat ini dan ayat-ayat selanjutnya.

Kesatuan yang harus mereka miliki meneladani kesatuan yang dimiliki Tuhan Yesus dan Allah Bapa. Kesatuan tersebut sudah diungkapkan dalam pasal 1:1-2 dan 1:18. Tema kesatuan ini juga dikembangkan dalam kiasan pokok dan ranting anggur dalam pasal 15. Sungguh erat kaitannya antara buah yang diceritakan dalam kiasan itu dan hasil kesaksian kesatuan yang disebutkan dalam nas ini.

Kita perlu mengerti bahwa kesatuan seperti itu tidak mengorbankan kebenaran. Sebaliknya, lebih banyak orang akan percaya pada Dia yang adalah kebenaran oleh karena kesatuan itu. Mereka akan percaya melalui pemberitaan kebenaran itu, menurut ayat 1. Jangan-jangan ada gereja yang mengkompromikan kebenaran demi kepentingan kesatuan kelembagaan.

Beasley-Murray1192 menegaskan bahwa kesatuan tersebut telah terjankau dalam Tubuh Kristus di seluruh dunia. Menurut Efesus 2:11-22, Yahudi dan bukan Yahudi sudah disatukan dalam Kristus, dan tidak usah lagi dipisahkan dengan segala peraturan dan adat. Lagipula menurut Galatia 3:28 tidak ada lagi perbedaan antara "orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus."

Tuhan Yesus juga mengembangkan tema kesaksian dan iman yang merupakan tujuan kesatuan itu. Mereka harus percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Sekali lagi, tema ini meringkaskan keseluruhan identitas dan misi Tuhan Yesus: Dia benar-benar diutus oleh Allah Bapa, dan Dia hanya melakukan apa yang Dia lihat Allah Bapa lakukan. Dia mewakili dan menyatakan Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 17:21 - -- 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dun...

17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Tujuan doa Tuhan Yesus adalah kesatuan mereka, dan tujuan kesatuan mereka adalah supaya lebih banyak orang lagi percaya. Baik tema kesatuan maupun tema kesaksian itu diuraikan lebih lanjut dalam ayat ini dan ayat-ayat selanjutnya.

Kesatuan yang harus mereka miliki meneladani kesatuan yang dimiliki Tuhan Yesus dan Allah Bapa. Kesatuan tersebut sudah diungkapkan dalam pasal 1:1-2 dan 1:18. Tema kesatuan ini juga dikembangkan dalam kiasan pokok dan ranting anggur dalam pasal 15. Sungguh erat kaitannya antara buah yang diceritakan dalam kiasan itu dan hasil kesaksian kesatuan yang disebutkan dalam nas ini.

Kita perlu mengerti bahwa kesatuan seperti itu tidak mengorbankan kebenaran. Sebaliknya, lebih banyak orang akan percaya pada Dia yang adalah kebenaran oleh karena kesatuan itu. Mereka akan percaya melalui pemberitaan kebenaran itu, menurut ayat 1. Jangan-jangan ada gereja yang mengkompromikan kebenaran demi kepentingan kesatuan kelembagaan.

Beasley-Murray1192 menegaskan bahwa kesatuan tersebut telah terjankau dalam Tubuh Kristus di seluruh dunia. Menurut Efesus 2:11-22, Yahudi dan bukan Yahudi sudah disatukan dalam Kristus, dan tidak usah lagi dipisahkan dengan segala peraturan dan adat. Lagipula menurut Galatia 3:28 tidak ada lagi perbedaan antara "orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus."

Tuhan Yesus juga mengembangkan tema kesaksian dan iman yang merupakan tujuan kesatuan itu. Mereka harus percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Sekali lagi, tema ini meringkaskan keseluruhan identitas dan misi Tuhan Yesus: Dia benar-benar diutus oleh Allah Bapa, dan Dia hanya melakukan apa yang Dia lihat Allah Bapa lakukan. Dia mewakili dan menyatakan Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 17:22 - -- 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Menu...

17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:

Menurut Morris,1193 kemuliaan yang dimaksudkan adalah kemuliaan yang terdapat dalam kerendahhatian dan ketaatan pada panggilan, yaitu panggilan Tuhan Yesus pada kayu salib, dan panggilan kita masing-masing pada tugas yang diberikan kepada kita masing-masing oleh Tuhan kita. Jika mereka setia pada panggilan masing-masing, yaitu panggilan supaya melayani sesuai dengan kehendak Allah dalam segala kerendahhatian, maka mereka berhasil menjadi satu.

Demikian juga Barrett1194 menegaskan bahwa kemuliaan yang diterima oleh mereka harus diterima melalui iman dalam kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka menyatakan kemulian itu melalui kerendahhatian dan penderitaan.

Hagelberg: Yoh 17:22 - -- 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Menu...

17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:

Menurut Morris,1193 kemuliaan yang dimaksudkan adalah kemuliaan yang terdapat dalam kerendahhatian dan ketaatan pada panggilan, yaitu panggilan Tuhan Yesus pada kayu salib, dan panggilan kita masing-masing pada tugas yang diberikan kepada kita masing-masing oleh Tuhan kita. Jika mereka setia pada panggilan masing-masing, yaitu panggilan supaya melayani sesuai dengan kehendak Allah dalam segala kerendahhatian, maka mereka berhasil menjadi satu.

Demikian juga Barrett1194 menegaskan bahwa kemuliaan yang diterima oleh mereka harus diterima melalui iman dalam kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka menyatakan kemulian itu melalui kerendahhatian dan penderitaan.

Hagelberg: Yoh 17:23 - -- 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa...

17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Kesatuan mereka dengan Tuhan Yesus (Aku di dalam mereka) dan kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa (Engkau di dalam Aku) memungkin kesatuan umat Allah (mereka sempurna menjadi satu). Tersirat dalam kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa adalah bahwa Dia berhasil di kayu salib, yaitu tugas yang diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa.

Kesatuan yang sempurna itu menghasilkan keyakinan di hati orang yang belum percaya, yaitu dunia, bahwa Allah mengutus Tuhan Yesus, seperti apa yang sudah dikatakan dalam ayat 21. Namun lebih dari itu, dunia dapat mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi mereka, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus! Alangkah indahnya jika kita sendiri mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi kita, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus, lebih-lebih jika dunia dapat mengetahuinya!

Hagelberg: Yoh 17:23 - -- 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa...

17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Kesatuan mereka dengan Tuhan Yesus (Aku di dalam mereka) dan kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa (Engkau di dalam Aku) memungkin kesatuan umat Allah (mereka sempurna menjadi satu). Tersirat dalam kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa adalah bahwa Dia berhasil di kayu salib, yaitu tugas yang diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa.

Kesatuan yang sempurna itu menghasilkan keyakinan di hati orang yang belum percaya, yaitu dunia, bahwa Allah mengutus Tuhan Yesus, seperti apa yang sudah dikatakan dalam ayat 21. Namun lebih dari itu, dunia dapat mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi mereka, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus! Alangkah indahnya jika kita sendiri mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi kita, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus, lebih-lebih jika dunia dapat mengetahuinya!

Hagelberg: Yoh 17:24 - -- 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar...

17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.1196

Dia rindu supaya misi mereka berhasil, karena Dia rindu supaya setiap orang yang telah diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa, yaitu setiap orang yang akan percaya dan selamat, dapat menyaksikan - bahkan menikmati - kemuliaan-Nya. Dia berkehendak supaya sebanyak mungkin orang dapat berada di sana, namun ada syarat, yaitu bahwa setiap mereka harus "dikuduskan dalam kebenaran", sesuai dengan ayat 17-19. Begitu bangga Dia, bahwa Allah Bapa mengasihi Dia, maka Dia hendak mencanangkan kasih Allah bagi Dia yang telah Dia nikmati sejak sebelum dunia dijadikan. Demikianlah kerinduan dan pengharapan kita juga.

Di awal doa ini, dalam pasal 14:2-3, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dia "akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada" sehingga doa ini dibuka dan ditutup dengan pernyataan bahwa Dia rindu supaya kita ikut bersama Dia di tempat itu!

Hagelberg: Yoh 17:24-26 - -- 4. Yesus berdoa supaya setiap orang percaya disempurnakan sehingga dapat melihat kemuliaan-Nya (17:24-26) Dalam tiga ayat ini Tuhan Yesus meringkaskan...

4. Yesus berdoa supaya setiap orang percaya disempurnakan sehingga dapat melihat kemuliaan-Nya (17:24-26)

Dalam tiga ayat ini Tuhan Yesus meringkaskan doa ini serta seluruh tujuan-Nya sebagai yang diutus oleh Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 17:24 - -- 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar...

17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.1196

Dia rindu supaya misi mereka berhasil, karena Dia rindu supaya setiap orang yang telah diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa, yaitu setiap orang yang akan percaya dan selamat, dapat menyaksikan - bahkan menikmati - kemuliaan-Nya. Dia berkehendak supaya sebanyak mungkin orang dapat berada di sana, namun ada syarat, yaitu bahwa setiap mereka harus "dikuduskan dalam kebenaran", sesuai dengan ayat 17-19. Begitu bangga Dia, bahwa Allah Bapa mengasihi Dia, maka Dia hendak mencanangkan kasih Allah bagi Dia yang telah Dia nikmati sejak sebelum dunia dijadikan. Demikianlah kerinduan dan pengharapan kita juga.

Di awal doa ini, dalam pasal 14:2-3, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dia "akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada" sehingga doa ini dibuka dan ditutup dengan pernyataan bahwa Dia rindu supaya kita ikut bersama Dia di tempat itu!

Hagelberg: Yoh 17:25 - -- 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;...

17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Dalam dua ayat terakhir ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh doa-Nya. Dia sungguh mengenal Allah Bapa. Kebenaran ini dinyatakan tiga kali secara terus-terang dalam pasal 7:29; 8:55; dan 10:15. (Dalam pasal 7:28; 8:19, 55; dan 15:21 kita membaca bahwa dunia tidak mengenal Allah.)

Dalam doa ini kita membaca enam kali bahwa Tuhan Yesus diutus oleh Allah Bapa. Mereka yang mengetahui ini, sungguh memahami hubungan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, serta tugas Tuhan Yesus di dunia ini. Dan dalam ayat 8 kita membaca, "Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

Hagelberg: Yoh 17:25 - -- 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;...

17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Dalam dua ayat terakhir ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh doa-Nya. Dia sungguh mengenal Allah Bapa. Kebenaran ini dinyatakan tiga kali secara terus-terang dalam pasal 7:29; 8:55; dan 10:15. (Dalam pasal 7:28; 8:19, 55; dan 15:21 kita membaca bahwa dunia tidak mengenal Allah.)

Dalam doa ini kita membaca enam kali bahwa Tuhan Yesus diutus oleh Allah Bapa. Mereka yang mengetahui ini, sungguh memahami hubungan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, serta tugas Tuhan Yesus di dunia ini. Dan dalam ayat 8 kita membaca, "Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

Hagelberg: Yoh 17:26 - -- 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam merek...

17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

Pasal 1:18 berkata, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Tuhan Yesus telah berhasil menyatakan nama-Nya. Demikian juga ayat 4 berkata, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya."

Lagipula Dia akan meneruskan pelayanan ini, di mana Dia menyatakan nama Allah kepada orang percaya. Menurut Beasley-Murray1197 janji ini merujuk pada pelayanan Roh Kudus, yang dijanjikan dalam pasal 14:16-17, 25-26; dan 16:7-11. Namun menurut Morris,1198 janji ini merujuk pada salib Tuhan Yesus, di mana nama Allah paling jelas dinyatakan.

Tujuan pertama dari seluruh pelayanan pemberitahuan nama Allah kepada mereka (dan kepada kita) adalah supaya kasih Allah ada di dalam mereka. Dia tidak hanya berkata bahwa Allah mengasihi mereka sama seperti Dia mengashi Tuhan Yesus (hal itu sudah dikatakan dalam ayat 23). Lebih dari itu, Dia berkata bahwa kasih itu ada di dalam mereka. Dengan kata lain, Dia berkata bahwa mereka akan mengasihi dengan kasih ilahi itu!1199

Tujuan kedua dari pelayanan pemberitahuan tersebut adalah supaya Dia di dalam mereka. Oleh karena pelayanan pemberitaan tersebut Tuhan Yesus dapat menyertai kita. Jika salib-Nya dimaksudkan dengan ungkapan dan Aku akan memberitahukannya, maka kita mengerti bahwa hanya orang selamat yang didiami oleh Tuhan Yesus. Jika pelayanan Roh Kudus dimaksudkan dengan ungkapan tersebut, maka tampaknya ungkapan Aku di dalam mereka menceritakan suatu hubungan yang lebih akrab dengan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 17:26 - -- 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam merek...

17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

Pasal 1:18 berkata, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Tuhan Yesus telah berhasil menyatakan nama-Nya. Demikian juga ayat 4 berkata, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya."

Lagipula Dia akan meneruskan pelayanan ini, di mana Dia menyatakan nama Allah kepada orang percaya. Menurut Beasley-Murray1197 janji ini merujuk pada pelayanan Roh Kudus, yang dijanjikan dalam pasal 14:16-17, 25-26; dan 16:7-11. Namun menurut Morris,1198 janji ini merujuk pada salib Tuhan Yesus, di mana nama Allah paling jelas dinyatakan.

Tujuan pertama dari seluruh pelayanan pemberitahuan nama Allah kepada mereka (dan kepada kita) adalah supaya kasih Allah ada di dalam mereka. Dia tidak hanya berkata bahwa Allah mengasihi mereka sama seperti Dia mengashi Tuhan Yesus (hal itu sudah dikatakan dalam ayat 23). Lebih dari itu, Dia berkata bahwa kasih itu ada di dalam mereka. Dengan kata lain, Dia berkata bahwa mereka akan mengasihi dengan kasih ilahi itu!1199

Tujuan kedua dari pelayanan pemberitahuan tersebut adalah supaya Dia di dalam mereka. Oleh karena pelayanan pemberitaan tersebut Tuhan Yesus dapat menyertai kita. Jika salib-Nya dimaksudkan dengan ungkapan dan Aku akan memberitahukannya, maka kita mengerti bahwa hanya orang selamat yang didiami oleh Tuhan Yesus. Jika pelayanan Roh Kudus dimaksudkan dengan ungkapan tersebut, maka tampaknya ungkapan Aku di dalam mereka menceritakan suatu hubungan yang lebih akrab dengan Tuhan Yesus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 17:11-16 - Doa Syafaat Kristus Doa Syafaat Kristus (17:11-16) Setelah Kristus...

Matthew Henry: Yoh 17:17-19 - Doa Syafaat Kristus Doa Syafaat Kristus (17:17-19) Hal berikut yan...

Matthew Henry: Yoh 17:20-23 - Doa Syafaat Kristus Doa Syafaat Kristus (17:20-23) Setelah berdoa ...

Matthew Henry: Yoh 17:24-26 - Doa Syafaat Kristus Doa Syafaat Kristus (17:24-26) Di sini terdapa...

SH: Yoh 17:14-26 - Bersatu karena Injil (Minggu, 9 April 2006) Bersatu karena Injil Judul: Bersatu karena Injil Permohonan doa yang ketiga dari doa syafaat Yesus...

SH: Yoh 17:6-19 - Mendoakan milik Allah (Sabtu, 23 Maret 2002) Mendoakan milik Allah Mendoakan milik Allah. Yesus kini mendoakan para murid-Nya. Ia menyebut para murid-...

SH: Yoh 17:6-19 - Milik Allah yang diutus (Kamis, 10 April 2014) Milik Allah yang diutus Judul: Milik Allah yang diutus Pada bagian kedua doa ini, terlihat jelas apa s...

SH: Yoh 17:6-13 - Pemeliharaan Bapa (Sabtu, 8 April 2006) Pemeliharaan Bapa Judul: Pemeliharaan Bapa Pokok doa kedua dari doa syafaat Yesus kepada Bapa adal...

SH: Yoh 17:1-19 - Doa Imam Besar (Kamis, 11 Maret 1999) Doa Imam Besar Doa Imam Besar. Inilah saat yang paling menentukan bagi Yesus. Dia menghadapi saat ...

SH: Yoh 17:1-26 - Aku Memelukmu dengan Doaku (Sabtu, 27 Maret 2021) Aku Memelukmu dengan Doaku Ungkapan "Aku memelukmu dengan doaku" sering digunakan oleh orang-orang yang ingin mem...

SH: Yoh 17:20-26 - Agar semua bersatu (Jumat, 12 Maret 1999) Agar semua bersatu Agar semua bersatu Inilah sasaran doa Yesus, agar melalui pemberitaan firman-Nya te...

SH: Yoh 17:20-26 - Mereka yang akan percaya (Minggu, 24 Maret 2002) Mereka yang akan percaya Mereka yang akan percaya. Ketika Yesus mendoakan para murid-Nya, Ia menyatakan b...

SH: Yoh 17:20-26 - Kesatuan orang beriman (Minggu, 16 Maret 2008) Kesatuan orang beriman Judul: Kesatuan orang beriman Ada orang yang mendefinisikan bahwa agama adalah ...

SH: Yoh 17:20-26 - Menjadi satu (Jumat, 11 April 2014) Menjadi satu Judul: Menjadi satu Para rasul akan pergi bersaksi dalam kesetiaan mereka terhadap firman...

Utley: Yoh 17:6-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 17:6-19...

Utley: Yoh 17:20-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 17:20-24...

Utley: Yoh 17:25-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 17:25-26...

Topik Teologia: Yoh 17:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pem...

Topik Teologia: Yoh 17:16 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Sadar Akan Allah Dia Be...

Topik Teologia: Yoh 17:17 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kebenaran Bil 23:1...

Topik Teologia: Yoh 17:18 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Bapa Pemeliharaan Allah bagi Kehidupan yang Suc...

Topik Teologia: Yoh 17:19 - -- Pengudusan Allah Melindungi Umat-Nya Maz 94:16-19 ...

Topik Teologia: Yoh 17:20 - -- Keselamatan Yesus adalah Seorang Juru Syafaat Yes 53:12 ...

Topik Teologia: Yoh 17:21 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 17:22 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kemuliaan Allah sebagai Keberadaan-Nya ...

Topik Teologia: Yoh 17:23 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 17:24 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kasih Kel 34...

Topik Teologia: Yoh 17:25 - -- Allah yang Berpribadi Bapa yang Adil Yoh 17:25 Allah...

Topik Teologia: Yoh 17:26 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.26 detik
dipersembahkan oleh YLSA