kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 18:18-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
18:18 dan berseru, ketika mereka melihat asap api yang membakarnya, katanya: "Kota manakah yang sama dengan kota besar ini?" 18:19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: "Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya semua orang, yang mempunyai kapal di laut, telah menjadi kaya oleh barangnya yang mahal, sebab dalam satu jam saja ia sudah binasa. 18:20 Bersukacitalah atas dia, hai sorga, dan kamu, hai orang-orang kudus, rasul-rasul dan nabi-nabi, karena Allah telah menjatuhkan hukuman atas dia karena kamu."
Babel tidak akan bangkit lagi
18:21 Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: "Demikianlah Babel, kota besar itu, akan dilemparkan dengan keras ke bawah, dan ia tidak akan ditemukan lagi. 18:22 Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi, dan peniup-peniup seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi di dalammu, dan seorang yang ahli dalam sesuatu kesenian tidak akan ditemukan lagi di dalammu, dan suara kilangan tidak akan kedengaran lagi di dalammu. 18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi di dalammu. Karena pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar di bumi, oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan." 18:24 Dan di dalamnya terdapat darah nabi-nabi dan orang-orang kudus dan darah semua orang, yang dibunuh di bumi.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Babel members of the nation of Babylon


Topik/Tema Kamus: Wahyu | Babel | Lihat, Penglihatan | Mati Syahid | Nabi | Giling, Penggilingan (Kilangan) | Bunuh Pembunuhan | Musik | Darah | Malaikat | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Hamba-hamba Tuhan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 18:20 - BERSUKACITALAH ATAS DIA. Nas : Wahy 18:20 Semua orang saleh di sorga dan di bumi bersukacita atas hukuman Allah yang benar terhadap sistem kejahatan Iblis yang besar dengan...

Nas : Wahy 18:20

Semua orang saleh di sorga dan di bumi bersukacita atas hukuman Allah yang benar terhadap sistem kejahatan Iblis yang besar dengan segala bentuk perwujudan kejahatannya, kesenangan yang berdosa, kemewahan yang mementingkan diri sendiri, pemerintahan manusiawi dan perdagangan yang fasik. Perayaan orang kudus di sorga yang penuh dengan kegembiraan itu, yang dilukiskan dalam Wahy 19:1-10, adalah seimbang dengan kesedihan mereka yang sekarang atas kemenangan kejahatan dalam dunia ini. Tanda anak-anak Allah yang sejati adalah kesedihan mereka terhadap perilaku yang amoral dari orang-orang sekelilingnya. Mereka akan tersiksa hari lepas hari oleh kelakuan orang durhaka yang mereka lihat dan dengar (2Pet 2:7-8).

Full Life: Why 18:21 - TIDAK AKAN DITEMUKAN LAGI. Nas : Wahy 18:21 Seorang malaikat mengumumkan kejatuhan terakhir dari kuasa politik Babel. Antikristus dan sistem dunianya yang fasik akan dimusnah...

Nas : Wahy 18:21

Seorang malaikat mengumumkan kejatuhan terakhir dari kuasa politik Babel. Antikristus dan sistem dunianya yang fasik akan dimusnahkan sama sekali dalam "peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa", apabila Kristus datang kembali ke bumi (Wahy 16:14;

lihat cat. --> Wahy 14:8;

lihat cat. --> Wahy 16:14;

lihat cat. --> Wahy 16:16;

[atau ref. Wahy 14:8; 16:14; 16:16]

Wahy 19:11-21; bd. tulisan mengenai kejatuhan Babel di pasal Dan 5:1-31).

Jerusalem: Why 18:1-24 - -- Hukuman yang diberitakan dalam bab 17, sekarang sudah dekat, Wah 18:1-3. Setelah mereka yang percaya disisihkan dari orang-orang fasik, Wah 18:4, huku...

Hukuman yang diberitakan dalam bab 17, sekarang sudah dekat, Wah 18:1-3. Setelah mereka yang percaya disisihkan dari orang-orang fasik, Wah 18:4, hukuman itu terlaksana, Wah 18:5-24.

Jerusalem: Why 18:9-20 - -- Ratapan yang tercantum di sini rangkap tiga: Ratapan para raja bumi, Wah 18:9-10; ratapan para pedagang Wah 18:11-16; ratapan para pelaut, Wah 18:17-1...

Ratapan yang tercantum di sini rangkap tiga: Ratapan para raja bumi, Wah 18:9-10; ratapan para pedagang Wah 18:11-16; ratapan para pelaut, Wah 18:17-19. Ratapan ini terpengaruh oleh Yer 50:1-51:64 dan terutama oleh Yeh 26-28.

Jerusalem: Why 18:20 - Bersukacitalah Sambil bumi meratap, bersukacitalah sorga, bdk Wah 16:5; 18:20; 19:1-10.

Sambil bumi meratap, bersukacitalah sorga, bdk Wah 16:5; 18:20; 19:1-10.

Jerusalem: Why 18:21 - -- Ayat ini menyajikan suatu lambang berupa perbuatan yang dilakukan seorang malaikat. Lalu ratapan diteruskan, Wah 18:22-23. Wah 18:21 diteruskan dalam ...

Ayat ini menyajikan suatu lambang berupa perbuatan yang dilakukan seorang malaikat. Lalu ratapan diteruskan, Wah 18:22-23. Wah 18:21 diteruskan dalam Wah 18:24. Kedua ayat ini melengkapi Wah 18:1-3; Babel dimusnahkan oleh karena penyembahan berhala, bdk Wah 17:4, dan oleh karena mengejar orang-orang Kristen, Wah 18:24.

Ende: Why 18:1-24 - -- Dalam bab ini dikesankan dahsjatnja kedjatuhan "Babylon".

Dalam bab ini dikesankan dahsjatnja kedjatuhan "Babylon".

Ende: Why 18:9-19 - -- dengan ratapan para pentjinta kota itu, jang biasa berfoja-foja didalamnja dan menarik keuntungannja dari padanja;

dengan ratapan para pentjinta kota itu, jang biasa berfoja-foja didalamnja dan menarik keuntungannja dari padanja;

Ende: Why 18:9-19 - -- Para "pentjinta" kota bukan meratapi nasib kota penduduknja, melainkan hanja menjesali kehilangan kesenangan dan keuntungan duniawi mereka sendiri.

Para "pentjinta" kota bukan meratapi nasib kota penduduknja, melainkan hanja menjesali kehilangan kesenangan dan keuntungan duniawi mereka sendiri.

Ende: Why 18:20-24 - -- dengan sorak-sorai kegembiraan umat Allah disurga dan dibumi atas kemahaadilan Allah terhadapnja.

dengan sorak-sorai kegembiraan umat Allah disurga dan dibumi atas kemahaadilan Allah terhadapnja.

Ref. Silang FULL: Why 18:18 - yang membakarnya // kota besar // ini · yang membakarnya: Wahy 18:9; Wahy 19:3 · kota besar: Wahy 17:18; Wahy 17:18 · ini: Yeh 27:32; Wahy 13:4

· yang membakarnya: Wahy 18:9; Wahy 19:3

· kota besar: Wahy 17:18; [Lihat FULL. Wahy 17:18]

· ini: Yeh 27:32; Wahy 13:4

Ref. Silang FULL: Why 18:19 - atas kepala // dan meratap // kota besar // sudah binasa · atas kepala: Yos 7:6; Rat 2:10; Yeh 27:30 · dan meratap: Wahy 18:11,15; Yeh 27:31 · kota besar: Wahy 18:10,16; Wahy 17:18 &midd...

· atas kepala: Yos 7:6; Rat 2:10; Yeh 27:30

· dan meratap: Wahy 18:11,15; Yeh 27:31

· kota besar: Wahy 18:10,16; Wahy 17:18

· sudah binasa: Wahy 17:16

Ref. Silang FULL: Why 18:20 - hai sorga // karena kamu · hai sorga: Yer 51:48; Wahy 12:12; Wahy 12:12 · karena kamu: Wahy 19:2

· hai sorga: Yer 51:48; Wahy 12:12; [Lihat FULL. Wahy 12:12]

· karena kamu: Wahy 19:2

Ref. Silang FULL: Why 18:21 - seorang malaikat // dalam laut // kota besar · seorang malaikat: Wahy 5:2; 10:1 · dalam laut: Yer 51:63 · kota besar: Wahy 17:18; Wahy 17:18

· seorang malaikat: Wahy 5:2; 10:1

· dalam laut: Yer 51:63

· kota besar: Wahy 17:18; [Lihat FULL. Wahy 17:18]

Ref. Silang FULL: Why 18:22 - kedengaran lagi // kedengaran lagi · kedengaran lagi: Yes 24:8; Yeh 26:13 · kedengaran lagi: Yer 25:10

· kedengaran lagi: Yes 24:8; Yeh 26:13

· kedengaran lagi: Yer 25:10

Ref. Silang FULL: Why 18:23 - kedengaran lagi // adalah pembesar-pembesar // ilmu sihirmu · kedengaran lagi: Yer 7:34; 16:9; 25:10 · adalah pembesar-pembesar: Wahy 18:3; Yes 23:8 · ilmu sihirmu: Nah 3:4

· kedengaran lagi: Yer 7:34; 16:9; 25:10

· adalah pembesar-pembesar: Wahy 18:3; Yes 23:8

· ilmu sihirmu: Nah 3:4

Ref. Silang FULL: Why 18:24 - orang-orang kudus // di bumi · orang-orang kudus: Wahy 16:6; 17:6 · di bumi: Yer 51:49; Mat 23:35

· orang-orang kudus: Wahy 16:6; 17:6

· di bumi: Yer 51:49; Mat 23:35

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 18:18 - -- 18:18 dan berseru, ketika mereka melihat asap api yang membakarnya, katanya: "Kota manakah yang sama dengan kota besar ini?" Dalam Yehezkiel 27:32 dit...

18:18 dan berseru, ketika mereka melihat asap api yang membakarnya, katanya: "Kota manakah yang sama dengan kota besar ini?"

Dalam Yehezkiel 27:32 ditulis, "Dalam meratap karena engkau mereka mengucapkan, menangiskan ratapan: Siapa seperti Tirus, yang sudah dimusnahkan di tengah lautan?"

Hagelberg: Why 18:1-24 - -- 5. Kota Babel Dimusnahkan (18:1-24) Dalam pasal 17 kita dapat melihat penilaian atas "budaya global", atau sekularisme, secara apokaliptik, sementara ...

5. Kota Babel Dimusnahkan (18:1-24)

Dalam pasal 17 kita dapat melihat penilaian atas "budaya global", atau sekularisme, secara apokaliptik, sementara pasal 18 menggambarkan sifat dan nasib budaya global, yang terpusat di Kota "Babel". Dalam pasal 17 kita melihat segi rohani sekularisme dari sebuah kota, tetapi dalam pasal 18 segi jasmaninya lebih ditekankan. Babel dipandang dari surga dalam pasal 17, sedangkan dalam pasal 18, kota yang sama dipandang dari geladak kapal barang!

Jatuhnya Babel diceritakan sebelumnya oleh beberapa suara. Pertama, seorang malaikat yang memandang jatuhnya Babel sebagai sesuatu yang sudah terjadi. Setelah itu ada pemberitahuan yang lain dari surga, dan di sini jatuhnya Babel dipandang sebagai sesuatu yang belum terjadi. Kemudian ada tiga tangisan, dari raja-raja, dari pedagang-pedagang, dan dari nahkoda dan pelayar. Jatuhnya Babel diberitakan oleh suara-suara tersebut sesuai dengan keadaan masing-masing.

a. Pemusnahan Babel Diberitakan (18:1-8)

Hagelberg: Why 18:18 - -- 18:18 dan berseru, ketika mereka melihat asap api yang membakarnya, katanya: "Kota manakah yang sama dengan kota besar ini?" Dalam Yehezkiel 27:32 dit...

18:18 dan berseru, ketika mereka melihat asap api yang membakarnya, katanya: "Kota manakah yang sama dengan kota besar ini?"

Dalam Yehezkiel 27:32 ditulis, "Dalam meratap karena engkau mereka mengucapkan, menangiskan ratapan: Siapa seperti Tirus, yang sudah dimusnahkan di tengah lautan?"

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 18:19 - -- 18:19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: "Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya...

18:19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: "Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya semua orang, yang mempunyai kapal di laut, telah menjadi kaya oleh barangnya yang mahal, sebab dalam satu jam saja ia sudah binasa.

Kata kerja menangis dan meratap dipakai tiga kali dalam bagian ini, yaitu dalam pasal 18:11, 15, dan 19.

Istilah celaka diucapkan dua kali dalam tiga ayat, yaitu dalam pasal 18:10, 16 dan 19.

Frase dalam satu jam saja juga diulangi tiga kali dalam bagian ini, yaitu dalam pasal 18:10, 16 dan 19.

Dalam Yehezkiel 27:29-30 ditulis, "Mereka turun dari kapalnya, yang mengayun dayung semua. Anak kapal, pelaut semuanya ke daratan lari mereka. Ratapan kuat, teriakan pahit diperdengarkan terhadapmu; taruh abu di atas kepala, berguling-guling dalam debu."

Sama seperti para pedagang, mereka berdukacita bukan karena mereka kehilangan sahabat, tetapi karena mereka kehilangan sumber pendapatan. Demikianlah tanggapan mereka. Setelah itu, tanggapan surga dikisahkan dalam pasal 18:20-19:10.

c. Babel Tidak akan Pulih (18:20-24)

Hagelberg: Why 18:19 - -- 18:19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: "Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya...

18:19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: "Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya semua orang, yang mempunyai kapal di laut, telah menjadi kaya oleh barangnya yang mahal, sebab dalam satu jam saja ia sudah binasa.

Kata kerja menangis dan meratap dipakai tiga kali dalam bagian ini, yaitu dalam pasal 18:11, 15, dan 19.

Istilah celaka diucapkan dua kali dalam tiga ayat, yaitu dalam pasal 18:10, 16 dan 19.

Frase dalam satu jam saja juga diulangi tiga kali dalam bagian ini, yaitu dalam pasal 18:10, 16 dan 19.

Dalam Yehezkiel 27:29-30 ditulis, "Mereka turun dari kapalnya, yang mengayun dayung semua. Anak kapal, pelaut semuanya ke daratan lari mereka. Ratapan kuat, teriakan pahit diperdengarkan terhadapmu; taruh abu di atas kepala, berguling-guling dalam debu."

Sama seperti para pedagang, mereka berdukacita bukan karena mereka kehilangan sahabat, tetapi karena mereka kehilangan sumber pendapatan. Demikianlah tanggapan mereka. Setelah itu, tanggapan surga dikisahkan dalam pasal 18:20-19:10.

c. Babel Tidak akan Pulih (18:20-24)

Hagelberg: Why 18:20 - -- 18:20 Bersukacitalah atas dia, hai surga, dan kamu, hai orang-orang kudus, rasul-rasul dan nabi-nabi, karena Allah telah menjatuhkan hukuman atas dia ...

18:20 Bersukacitalah atas dia, hai surga, dan kamu, hai orang-orang kudus, rasul-rasul dan nabi-nabi, karena Allah telah menjatuhkan hukuman atas dia karena kamu."

Dengan kata lain, Tuhan Allah berkata, "Hai kamu yang dianiaya oleh Pelacur Besar, hai kamu yang darahnya diminum olehnya, inilah kemenanganmu!" Pemakaian kata karena kamu menegaskan bahwa mereka yang berseru dan berdoa dalam pasal 6:10 dan 8:3-4 akhirnya dihiburkan. Dalam pasal 6:11 kita membaca bahwa mereka yang dianiaya "harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka". Wahyu pasal 18:20 mengisahkan saat "genap jumlah kawan-kawan... yang akan dibunuh."

Peralihan suasana dari dukacita dalam pasal 18:2-19 menjadi sukacita dalam pasal 18:20-19:6 juga nyata di dalam satu ayat, yaitu pasal 12:12, yang berbunyi, "Karena itu bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Yeremia 51:48 berkata, "Maka langit dan bumi serta segala apa yang ada di dalamnya akan bersorak-sorai tentang Babel, apabila dari utara datang kepadanya para perusak itu, demikianlah Firman Tuhan."

Hagelberg: Why 18:20 - -- 18:20 Bersukacitalah atas dia, hai surga, dan kamu, hai orang-orang kudus, rasul-rasul dan nabi-nabi, karena Allah telah menjatuhkan hukuman atas dia ...

18:20 Bersukacitalah atas dia, hai surga, dan kamu, hai orang-orang kudus, rasul-rasul dan nabi-nabi, karena Allah telah menjatuhkan hukuman atas dia karena kamu."

Dengan kata lain, Tuhan Allah berkata, "Hai kamu yang dianiaya oleh Pelacur Besar, hai kamu yang darahnya diminum olehnya, inilah kemenanganmu!" Pemakaian kata karena kamu menegaskan bahwa mereka yang berseru dan berdoa dalam pasal 6:10 dan 8:3-4 akhirnya dihiburkan. Dalam pasal 6:11 kita membaca bahwa mereka yang dianiaya "harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka". Wahyu pasal 18:20 mengisahkan saat "genap jumlah kawan-kawan... yang akan dibunuh."

Peralihan suasana dari dukacita dalam pasal 18:2-19 menjadi sukacita dalam pasal 18:20-19:6 juga nyata di dalam satu ayat, yaitu pasal 12:12, yang berbunyi, "Karena itu bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Yeremia 51:48 berkata, "Maka langit dan bumi serta segala apa yang ada di dalamnya akan bersorak-sorai tentang Babel, apabila dari utara datang kepadanya para perusak itu, demikianlah Firman Tuhan."

Hagelberg: Why 18:21 - -- 18:21 Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: "Demikianlah Babel, ko...

18:21 Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: "Demikianlah Babel, kota besar itu, akan dilemparkan dengan keras595 ke bawah,596 dan ia tidak akan ditemukan lagi.

Di dalam Yesaya 20, Yeremia 13, dan Yehezkiel 4 nabi Allah mempergunakan alat peraga untuk menegaskan berita. Demikian juga dalam ayat ini seorang malaikat yang kuat memakai sebuah batu sebesar batu kilangan sebagai alat peraga. Sebuah batu besar yang dilemparkan ke dalam laut menghilang, dan sama sekali tidak akan ditemukan lagi. Demikianlah nasib Kota Babel.

Nas ini mengingatkan pembaca akan Yeremia 51:63-64, saat Nabi Yeremia berkata kepada Seraya, "Apabila engkau selesai membacakan kitab ini, maka ikatkanlah sebuah batu kepadanya, lalu lemparkanlah ia ke tengah-tengah Sungai Efrat sambil berkata: Beginilah Babel akan tenggelam, dan tidak akan timbul-timbul lagi, oleh karena malapetaka yang Kudatangkan atasnya."

Dalam Yehezkiel 26:21, nabi bernubuat tentang Kota Tirus, bahwa Kota Tirus "tidak terjumpa lagi... tidak ditemui lagi untuk selama-lamanya." Demikian juga Kota Babel tidak akan ditemukan lagi.

Hagelberg: Why 18:21 - -- 18:21 Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: "Demikianlah Babel, ko...

18:21 Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: "Demikianlah Babel, kota besar itu, akan dilemparkan dengan keras595 ke bawah,596 dan ia tidak akan ditemukan lagi.

Di dalam Yesaya 20, Yeremia 13, dan Yehezkiel 4 nabi Allah mempergunakan alat peraga untuk menegaskan berita. Demikian juga dalam ayat ini seorang malaikat yang kuat memakai sebuah batu sebesar batu kilangan sebagai alat peraga. Sebuah batu besar yang dilemparkan ke dalam laut menghilang, dan sama sekali tidak akan ditemukan lagi. Demikianlah nasib Kota Babel.

Nas ini mengingatkan pembaca akan Yeremia 51:63-64, saat Nabi Yeremia berkata kepada Seraya, "Apabila engkau selesai membacakan kitab ini, maka ikatkanlah sebuah batu kepadanya, lalu lemparkanlah ia ke tengah-tengah Sungai Efrat sambil berkata: Beginilah Babel akan tenggelam, dan tidak akan timbul-timbul lagi, oleh karena malapetaka yang Kudatangkan atasnya."

Dalam Yehezkiel 26:21, nabi bernubuat tentang Kota Tirus, bahwa Kota Tirus "tidak terjumpa lagi... tidak ditemui lagi untuk selama-lamanya." Demikian juga Kota Babel tidak akan ditemukan lagi.

Hagelberg: Why 18:22 - -- 18:22 Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi, dan peniup-peniup seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi di dalammu, dan seor...

18:22 Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi, dan peniup-peniup seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi di dalammu, dan seorang yang ahli dalam sesuatu kesenian tidak akan ditemukan lagi di dalammu, dan suara kilangan tidak akan kedengaran lagi di dalammu.

Dalam Wahyu pasal 18:9-19 kita melihat Babel dimusnahkan dari jauh, tetapi dalam ayat ini penghukuman Babel dikisahkan dari dalam.597

Apa yang dikatakan tentang hukuman Babel mirip dengan yang dikatakan dalam Yesaya 24:8 tentang seluruh bumi, dalam Yeremia 25:10 tentang Yudea, dan dalam Yehezkiel 26:13 tentang Kota Tirus.

Hagelberg: Why 18:22 - -- 18:22 Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi, dan peniup-peniup seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi di dalammu, dan seor...

18:22 Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi, dan peniup-peniup seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi di dalammu, dan seorang yang ahli dalam sesuatu kesenian tidak akan ditemukan lagi di dalammu, dan suara kilangan tidak akan kedengaran lagi di dalammu.

Dalam Wahyu pasal 18:9-19 kita melihat Babel dimusnahkan dari jauh, tetapi dalam ayat ini penghukuman Babel dikisahkan dari dalam.597

Apa yang dikatakan tentang hukuman Babel mirip dengan yang dikatakan dalam Yesaya 24:8 tentang seluruh bumi, dalam Yeremia 25:10 tentang Yudea, dan dalam Yehezkiel 26:13 tentang Kota Tirus.

Hagelberg: Why 18:23 - -- 18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi di dalammu...

18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi di dalammu. Karena pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar di bumi, oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan."

Ada tiga alasan bagi hukuman yang begitu berat tersebut. Pertama, bahwa pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar di bumi. Dengan melipatgandakan materialisme, maka mereka menjadi kaya dan terpandang. Alasan yang kedua adalah, bahwa oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan. Dengan ilmu sihir Babel menipu bangsa-bangsa, sama seperti Niniwe dalam Nahum 3:4.

Dalam Yeremia 7:34 kesepian yang sama dinubuatkan bagi Yerusalem dan Yehuda.

Hagelberg: Why 18:23 - -- 18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi di dalammu...

18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi di dalammu. Karena pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar di bumi, oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan."

Ada tiga alasan bagi hukuman yang begitu berat tersebut. Pertama, bahwa pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar di bumi. Dengan melipatgandakan materialisme, maka mereka menjadi kaya dan terpandang. Alasan yang kedua adalah, bahwa oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan. Dengan ilmu sihir Babel menipu bangsa-bangsa, sama seperti Niniwe dalam Nahum 3:4.

Dalam Yeremia 7:34 kesepian yang sama dinubuatkan bagi Yerusalem dan Yehuda.

Hagelberg: Why 18:24 - -- 18:24 Dan di dalamnya terdapat darah nabi-nabi dan orang-orang kudus dan darah semua orang, yang dibunuh di bumi. Alasan yang ketiga adalah, bahwa Kot...

18:24 Dan di dalamnya terdapat darah nabi-nabi dan orang-orang kudus dan darah semua orang, yang dibunuh di bumi.

Alasan yang ketiga adalah, bahwa Kota Babel bertanggung jawab atas pembunuhan nabi-nabi, orang-orang kudus, dan semua orang yang dibunuh di bumi.598 Oleh karena kuasa dan pengaruh Kota Babel begitu luas, maka di dalamnya terdapat darah mereka. Dalam Matius 23:35 sesuatu yang hampir sama dikatakan tentang Yerusalem. Dalam Kejadian 4:10 darah Habel berteriak minta pembalasan kepada Tuhan.599

Sekali lagi kita melihat bahwa darah mereka yang dianiaya, yang sepertinya tidak berharga di mata Tuhan Allah dalam pasal 2-3, sebenarnya sangat penting dan berharga bagi Dia.

Pasal ini menekankan bahwa kekayaan atau kemewahan harta benda bersifat sementara. Semuanya akan dibakar. Jemaat di Laodikia, yang berpikir, "Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa," tetapi yang sebenarnya "melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang" pasti didorong supaya tidak menyandarkan diri pada kekayaan jasmani lagi, karena kekayaan yang demikian itu bersifat fana. Menurut pandangan manusia, seolah-olah hal-hal rohaniahlah yang lemah, dan tidak kekal. Tetapi pada akhirnya akan dibuktikan justru hal-hal yang jasmaniahlah yang lemah dan fana.

Hagelberg: Why 18:24 - -- 18:24 Dan di dalamnya terdapat darah nabi-nabi dan orang-orang kudus dan darah semua orang, yang dibunuh di bumi. Alasan yang ketiga adalah, bahwa Kot...

18:24 Dan di dalamnya terdapat darah nabi-nabi dan orang-orang kudus dan darah semua orang, yang dibunuh di bumi.

Alasan yang ketiga adalah, bahwa Kota Babel bertanggung jawab atas pembunuhan nabi-nabi, orang-orang kudus, dan semua orang yang dibunuh di bumi.598 Oleh karena kuasa dan pengaruh Kota Babel begitu luas, maka di dalamnya terdapat darah mereka. Dalam Matius 23:35 sesuatu yang hampir sama dikatakan tentang Yerusalem. Dalam Kejadian 4:10 darah Habel berteriak minta pembalasan kepada Tuhan.599

Sekali lagi kita melihat bahwa darah mereka yang dianiaya, yang sepertinya tidak berharga di mata Tuhan Allah dalam pasal 2-3, sebenarnya sangat penting dan berharga bagi Dia.

Pasal ini menekankan bahwa kekayaan atau kemewahan harta benda bersifat sementara. Semuanya akan dibakar. Jemaat di Laodikia, yang berpikir, "Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa," tetapi yang sebenarnya "melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang" pasti didorong supaya tidak menyandarkan diri pada kekayaan jasmani lagi, karena kekayaan yang demikian itu bersifat fana. Menurut pandangan manusia, seolah-olah hal-hal rohaniahlah yang lemah, dan tidak kekal. Tetapi pada akhirnya akan dibuktikan justru hal-hal yang jasmaniahlah yang lemah dan fana.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 18:9-24 - Ratapan Para Sahabat Babel; Sorak-sorai atas Keruntuhan Babel Ratapan Para Sahabat Babel; Sorak-sorai atas Keruntuhan Babel (18:9-24) ...

SH: Why 18:1-20 - Satu jam saja! (Kamis, 14 November 2002) Satu jam saja! Satu jam saja! Babel adalah kata sandi/simbol yang cukup umum digunakan oleh ...

SH: Why 18:1-20 - Tangisan bagi Babel atau diri sendiri? (Senin, 8 Desember 2014) Tangisan bagi Babel atau diri sendiri? Judul: Tangisan bagi Babel atau diri sendiri? Yesus menegur par...

SH: Why 18:1-20 - Sia-sianya Kekayaan (Rabu, 12 Oktober 2022) Sia-sianya Kekayaan Berapa lama kekayaan akan dapat "memelihara" pemiliknya? Kekayaan sering kali dilihat sebagai...

SH: Why 18:1-24 - Kudus dan sukacitalah umat Allah! (Jumat, 15 Desember 2006) Kudus dan sukacitalah umat Allah! Judul: Kudus dan sukacitalah umat Allah! Segenap unsur yang bersekongkol...

SH: Why 18:21--19:5 - Lalu setelah itu ...? Suatu kontras besar! (Jumat, 15 November 2002) Lalu setelah itu ...? Suatu kontras besar! Lalu setelah itu …? Suatu kontras besar! Kata-kata san...

SH: Why 18:21--19:5 - Kehancuran Babel, keselamatan umat (Selasa, 9 Desember 2014) Kehancuran Babel, keselamatan umat Judul: Kehancuran Babel, keselamatan umat Dalam kitab-kitab nubuat,...

SH: Why 18:21-24 - Kalah Telak (Kamis, 13 Oktober 2022) Kalah Telak Istilah kalah telak merujuk kepada keadaan di mana pihak yang ditaklukkan tidak lagi dapat melanjutka...

Utley: Why 18:11-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 18:11-20...

Utley: Why 18:21-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 18:21-24...

TFTWMS: Why 18:5-23 - Molek, Tapi Binasa MOLEK, TAPI BINASA (Wahyu 18:5, 7, 14, 16, 22, 23)...

TFTWMS: Why 18:9-19 - Kegelapan Tidak Dapat Disembunyikan KEGELAPAN TIDAK DAPAT DISEMBUNYIKAN (Wahyu 18:9-19) Ketika Allah me...

TFTWMS: Why 18:3-23 - Kuat, Tapi Sesat KUAT, TAPI SESAT (Wahyu 18:3, 9, 11-17, 23) ...

TFTWMS: Why 18:20-24 - Lampu-lampu Itu Akan Dipadamkan Selamanya LAMPU-LAMPU ITU AKAN DIPADAMKAN SELAMANYA (Wahyu 18:20-24) Akhirny...

TFTWMS: Why 18:24 - Istimewa, Tapi Menganiaya ISTIMEWA, TAPI MENGANIAYA (Wahyu 18:24) Batu penjuru bagi menara dosa Roma ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Pertempuran Yang Tak Pernah & Tak Akan Pernah Ada ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 16:13, 14, 1 6-21) Jika...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Mereka yang menggunakan pendekatan sejarah-berlanjut umumnya menafsirkan ketiga pertempuran in...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KETIKA ALLAH MEMADAMKAN LAMPU WAHYU 18:1-24 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 18:1-24) Seraya saya menutup pelajaran ini, izink...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Bruce M. Metzger, Breaking the Code: Understanding the Book of Revelation (Nashville: A...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "DITIMBANG DENGAN NERACA" WAHYU 18:3-17, 22-24...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 18:3-17, 22-24) Dalam pelajaran...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai perjamuan seperti ini merupakan peristiwa yang menimbulkan kegaduhan yang sering berl...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.20 detik
dipersembahkan oleh YLSA