kecilkan semua  

Teks -- Matius 12:1-7 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Murid-murid memetik gandum pada hari Sabat
12:1 Pada waktu itu, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya. 12:2 Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat." 12:3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, 12:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam? 12:5 Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah? 12:6 Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah. 12:7 Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Hari Sabat | Imam | Roti Sajian | Farisi | Matius, Injil | Sabat | Ibadat | Roti | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 12:1 - SABAT. Nas : Mat 12:1 Hari Sabat mingguan (Yun. _sabbaton_, yang artinya perhentian) adalah hari yang ketujuh dalam setiap minggu yang dipisahkan dari har...

Nas : Mat 12:1

Hari Sabat mingguan (Yun. _sabbaton_, yang artinya perhentian) adalah hari yang ketujuh dalam setiap minggu yang dipisahkan dari hari-hari yang lain oleh Taurat Musa sebagai hari untuk beristirahat dari semua pekerjaan yang biasa serta memberikan diri kita istirahat dan menyembah Allah (Kel 20:10; Ul 15:14;

lihat cat. --> Kel 20:8).

[atau ref. Kel 20:8]

Ada alasan-alasan yang kuat untuk percaya bahwa prinsip-prinsip hari Sabat tetap berlaku bagi orang Kristen dan kita juga harus mengkhususkan satu hari dalam tujuh hari sebagai hari perhentian dan penyembahan.

  1. 1) Konsep hari perhentian yang kudus sudah ditetapkan sebelum ada hukum Yahudi: "Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya"

    (lihat cat. --> Kej 2:3;

    [atau ref. Kej 2:3]

    bd. Kel 20:11). Kenyataan ini menunjukkan bahwa sudah sejak penciptaan alam semesta ini Allah menetapkan satu hari khusus sebagai sumber berkat bagi semua orang dan bukan sekedar bangsa Yahudi.
  2. 2) Yesus tidak pernah membatalkan prinsip hari perhentian, hanya penyalahgunaannya oleh para pemimpin Yahudi yang Ia kecam (ayat Mat 12:1-8; Luk 13:10-17; 14:1-6). Ia menyatakan bahwa hari perhentian itu ditetapkan Allah untuk kesejahteraan rohani dan jasmaniah manusia (Mr 2:27). Alkitab sama sekali tidak menyatakan bahwa prinsip ini telah ditiadakan.
  3. 3) Maksud rohani dari hari ketujuh sebagai hari perhentian ini menguntungkan orang Kristen. Dalam PL hari perhentian ini dipergunakan sebagai hari beristirahat dari semua pekerjaan dan untuk mempersembahkan diri kepada Allah -- suatu waktu yang khusus untuk mengenal Allah, menyembah Dia dan memusatkan diri baik secara pribadi maupun di depan umum pada perkara Tuhan (Im 24:8; Bil 28:9). Dewasa ini hari Sabat memberikan kita kesempatan untuk menyatakan kembali bahwa kepercayaan dan sukacita kita adalah di dalam Tuhan dan bukan di dalam dunia, kebiasaan yang mementingkan diri sendiri, harta atau kesenangan kita (bd. Kel 20:10; 34:21; Yes 38:13). Kita dapat mempergunakan hari perhentian ini untuk memperbaharui komitmen kita yang semula kepada Kristus dan persatuan kita dengan orang percaya lain, serta menyatakan bahwa seluruh kehidupan kita, bukan hanya sepertujuh, adalah milik Allah

    (lih. Ibr 4:9-10).

  4. 4) Sebagaimana hari Sabat merupakan suatu tanda perjanjian bahwa bangsa Israel adalah umat Allah (Kel 31:16-17), demikian pula hari penyembahan Kristen (hari Minggu) dapat dilihat sebagai suatu tanda kepada dunia bahwa kita adalah milik Kristus dan bahwa Dia adalah Tuhan kita. Orang Kristen dalam PB mengkhususkan hari pertama setiap minggu untuk menyembah Allah dan untuk memperingati hari kebangkitan Kristus (Kis 20:7; 1Kor16:2).
  5. 5) Hari Sabat dikhususkan oleh Allah sebagai hari yang kudus (Kej 2:3; Kel 16:23; 20:11; 31:14; Yes 58:13). Oleh karena itu orang percaya diingatkan bahwa mereka sendiri merupakan umat yang dikhususkan oleh Allah untuk hidup kudus di tengah-tengah angkatan yang sudah sesat (bd. Kel 31:13; 1Pet 2:9).
  6. 6) Akhirnya, hari Sabat dapat dilihat sebagai janji Allah kepada orang percaya bahwa Ia melaksanakan kehendak-Nya bagi mereka dan bahwa Ia senantiasa bersedia untuk memenuhi segala kebutuhan orang percaya. Ia senantiasa terbuka terhadap seruan doa mereka dan dengan setia memperhatikan kepentingan mereka (bd. Kel 31:13; Yeh 20:12).

Jerusalem: Mat 12:2 - yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat Murid-murid Yesus tidak dipersalahkan karena memetik bulir-bulir gandum di ladang orang lain (Ula 23:25 mengizinkannya), tetapi karena berbuat demikia...

Murid-murid Yesus tidak dipersalahkan karena memetik bulir-bulir gandum di ladang orang lain (Ula 23:25 mengizinkannya), tetapi karena berbuat demikian pada hari Sabat; ahli-ahli Taurat menganggapnya sebagai "bekerja" yang dilarang hukum (Kel 34:21).

Jerusalem: Mat 12:5 - imam-imam melanggar hukum Sabat Ibadat pada hari Sabat tidak menghentikan, melainkan lebih-lebih memberatkan pekerjaan para pelayan ibadat dalam Bait Allah.

Ibadat pada hari Sabat tidak menghentikan, melainkan lebih-lebih memberatkan pekerjaan para pelayan ibadat dalam Bait Allah.

Ende: Mat 12:2 - -- Taurat melarang menuai gandum pada sabat. Orang parisi menafsirkan: memetik gandum biarpun satu dua majang sadja berarti "menuai", djadi terlarang pad...

Taurat melarang menuai gandum pada sabat. Orang parisi menafsirkan: memetik gandum biarpun satu dua majang sadja berarti "menuai", djadi terlarang pada Sabat. Jesus mendjawab dengan tenang tetapi dengan penuh kewibawaan pula, bahwa tafsiran dan tuduhan mereka tidak sesuai dengan djiwa hukum taurat, lagipun bahwa ia berkuasa atas hukum sabat itu, djadi berwenang menafsirkannja dan mengidjinkan murid-muridnja memetik gandum tadi. Demikian Jesus menjatakan diri dengan tegas sebagai Mesias dan Putera Allah pula.

Ref. Silang FULL: Mat 12:1 - bulir gandum · bulir gandum: Ul 23:25

· bulir gandum: Ul 23:25

Ref. Silang FULL: Mat 12:2 - hari Sabat · hari Sabat: Mat 12:10; Kel 20:10; 23:12; Ul 5:14; Luk 13:14; 14:3; Yoh 5:10; 7:23; 9:16

Ref. Silang FULL: Mat 12:3 - mengikutinya lapar · mengikutinya lapar: 1Sam 21:6

· mengikutinya lapar: 1Sam 21:6

Ref. Silang FULL: Mat 12:4 - oleh imam-imam · oleh imam-imam: Im 24:5,9

· oleh imam-imam: Im 24:5,9

Ref. Silang FULL: Mat 12:5 - hukum Sabat · hukum Sabat: Bil 28:9,10; Yoh 7:22,23

· hukum Sabat: Bil 28:9,10; Yoh 7:22,23

Ref. Silang FULL: Mat 12:6 - Di sini · Di sini: Mat 12:41,42

· Di sini: Mat 12:41,42

Ref. Silang FULL: Mat 12:7 - bukan persembahan · bukan persembahan: Hos 6:6; Mi 6:6-8; Mat 9:13

· bukan persembahan: Hos 6:6; Mi 6:6-8; Mat 9:13

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 12:1-13 - Kristus Membela Murid-murid-Nya Dalam pasal ini kita temukan, I. Penjelasan Kristus terhadap perin...

SH: Mat 12:1-15 - Hormati hari perhentian. (Rabu, 21 Januari 1998) Hormati hari perhentian. Hormati hari perhentian. Jika ditanyakan pada setiap orang, Apa saja yang mer...

SH: Mat 12:1-15 - Kasih dan peraturan (Rabu, 31 Januari 2001) Kasih dan peraturan Kasih dan peraturan. Dua insiden yang berhubungan dengan hari Sabat menyebabkan konfl...

SH: Mat 12:1-15 - Bukan aturan tetapi hati (Jumat, 28 Januari 2005) Bukan aturan tetapi hati Bukan aturan tetapi hati. Dua peristiwa ini menunjuk kepada satu pesan penti...

SH: Mat 12:1-15 - Mengisi sabat dengan kasih (Selasa, 29 Januari 2013) Mengisi sabat dengan kasih Judul: Mengisi sabat dengan kasih Orang Farisi mempersoalkan murid-murid Ye...

SH: Mat 12:1-15 - Kasih Adalah Inti dari Taurat (Kamis, 21 Januari 2021) Kasih Adalah Inti dari Taurat Taurat sering dianggap seperti hukum kejam yang memberikan sanksi bagi orang yang m...

SH: Mat 12:1-21 - Hukum untuk umat (Selasa, 2 Februari 2010) Hukum untuk umat Judul: Hukum untuk umat Orang Farisi punya daftar hukum yang dibuat berdasarkan atura...

SH: Mat 12:1-21 - Beristirahat dari Berbuat Baik? (Kamis, 2 Februari 2017) Beristirahat dari Berbuat Baik? Tampaknya orang-orang Farisi sangat ingin tahu segala hal yang dilakukan oleh Yes...

Topik Teologia: Mat 12:3 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus ...

Topik Teologia: Mat 12:5 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus ...

Topik Teologia: Mat 12:6 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Mat 12:7 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Melakukan Hal-hal untuk Orang Lain ...

TFTWMS: Mat 12:1-8 - Penodaan Lewat Penuaian? PENODAAN LEWAT PENUAIAN? (Matius 12:1-8) 1 Pada waktu itu, pada hari...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun ...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (...

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Jurusela...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang ...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedj...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: KUASA SANG RAJA 12:1-14 Pertanyaan Tentang Hari Sabat...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) "Ingatlah harI Sabat" (Matius 12:1-14) Perayaan hari Saba...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Douglas R. A. Hare, Matthew, Interpretation (Louisville: John Knox Press, 1993), 130....

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus...

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias,...

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan ant...

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA