Teks -- Matius 12:1-41 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mat 12:1 - SABAT.
Nas : Mat 12:1
Hari Sabat mingguan (Yun. _sabbaton_, yang artinya perhentian)
adalah hari yang ketujuh dalam setiap minggu yang dipisahkan dari har...
Nas : Mat 12:1
Hari Sabat mingguan (Yun. _sabbaton_, yang artinya perhentian) adalah hari yang ketujuh dalam setiap minggu yang dipisahkan dari hari-hari yang lain oleh Taurat Musa sebagai hari untuk beristirahat dari semua pekerjaan yang biasa serta memberikan diri kita istirahat dan menyembah Allah (Kel 20:10; Ul 15:14;
lihat cat. --> Kel 20:8).
[atau ref. Kel 20:8]
Ada alasan-alasan yang kuat untuk percaya bahwa prinsip-prinsip hari Sabat tetap berlaku bagi orang Kristen dan kita juga harus mengkhususkan satu hari dalam tujuh hari sebagai hari perhentian dan penyembahan.
- 1) Konsep hari perhentian yang kudus sudah ditetapkan sebelum ada hukum
Yahudi: "Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya"
(lihat cat. --> Kej 2:3;
[atau ref. Kej 2:3]
bd. Kel 20:11). Kenyataan ini menunjukkan bahwa sudah sejak penciptaan alam semesta ini Allah menetapkan satu hari khusus sebagai sumber berkat bagi semua orang dan bukan sekedar bangsa Yahudi. - 2) Yesus tidak pernah membatalkan prinsip hari perhentian, hanya penyalahgunaannya oleh para pemimpin Yahudi yang Ia kecam (ayat Mat 12:1-8; Luk 13:10-17; 14:1-6). Ia menyatakan bahwa hari perhentian itu ditetapkan Allah untuk kesejahteraan rohani dan jasmaniah manusia (Mr 2:27). Alkitab sama sekali tidak menyatakan bahwa prinsip ini telah ditiadakan.
- 3) Maksud rohani dari hari ketujuh sebagai hari perhentian ini
menguntungkan orang Kristen. Dalam PL hari perhentian ini dipergunakan
sebagai hari beristirahat dari semua pekerjaan dan untuk mempersembahkan
diri kepada Allah -- suatu waktu yang khusus untuk mengenal Allah,
menyembah Dia dan memusatkan diri baik secara pribadi maupun di depan
umum pada perkara Tuhan (Im 24:8; Bil 28:9). Dewasa ini hari Sabat
memberikan kita kesempatan untuk menyatakan kembali bahwa kepercayaan
dan sukacita kita adalah di dalam Tuhan dan bukan di dalam dunia,
kebiasaan yang mementingkan diri sendiri, harta atau kesenangan kita
(bd. Kel 20:10; 34:21; Yes 38:13). Kita dapat mempergunakan hari
perhentian ini untuk memperbaharui komitmen kita yang semula kepada
Kristus dan persatuan kita dengan orang percaya lain, serta menyatakan
bahwa seluruh kehidupan kita, bukan hanya sepertujuh, adalah milik Allah
(lih. Ibr 4:9-10).
- 4) Sebagaimana hari Sabat merupakan suatu tanda perjanjian bahwa bangsa Israel adalah umat Allah (Kel 31:16-17), demikian pula hari penyembahan Kristen (hari Minggu) dapat dilihat sebagai suatu tanda kepada dunia bahwa kita adalah milik Kristus dan bahwa Dia adalah Tuhan kita. Orang Kristen dalam PB mengkhususkan hari pertama setiap minggu untuk menyembah Allah dan untuk memperingati hari kebangkitan Kristus (Kis 20:7; 1Kor16:2).
- 5) Hari Sabat dikhususkan oleh Allah sebagai hari yang kudus (Kej 2:3; Kel 16:23; 20:11; 31:14; Yes 58:13). Oleh karena itu orang percaya diingatkan bahwa mereka sendiri merupakan umat yang dikhususkan oleh Allah untuk hidup kudus di tengah-tengah angkatan yang sudah sesat (bd. Kel 31:13; 1Pet 2:9).
- 6) Akhirnya, hari Sabat dapat dilihat sebagai janji Allah kepada orang percaya bahwa Ia melaksanakan kehendak-Nya bagi mereka dan bahwa Ia senantiasa bersedia untuk memenuhi segala kebutuhan orang percaya. Ia senantiasa terbuka terhadap seruan doa mereka dan dengan setia memperhatikan kepentingan mereka (bd. Kel 31:13; Yeh 20:12).
Nas : Mat 12:28
Lihat art. KERAJAAN ALLAH.
Full Life: Mat 12:29 - DIIKATNYA DAHULU ORANG KUAT ITU.
Nas : Mat 12:29
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
Nas : Mat 12:29
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
Full Life: Mat 12:31 - HUJAT TERHADAP ROH KUDUS.
Nas : Mat 12:31
Hujat terhadap Roh Kudus adalah penolakan terus-menerus dan dengan
sengaja terhadap kesaksian Roh Kudus mengenai Kristus, Firman-Ny...
Nas : Mat 12:31
Hujat terhadap Roh Kudus adalah penolakan terus-menerus dan dengan sengaja terhadap kesaksian Roh Kudus mengenai Kristus, Firman-Nya dan karya-Nya yang menginsafkan orang akan dosa (bd. Yoh 16:7-11). Orang yang menolak dan melawan suara Roh Kudus ini menjauhkan diri sendiri dari satu-satunya kekuatan yang dapat membawanya kepada pengampunan dosa. Proses yang membawa kepada hujat terhadap Roh Kudus adalah sebagai berikut:
- 1) Mendukakan Roh (Ef 4:30), apabila diteruskan akan membuat orang menentang Roh Kudus (Kis 7:51);
- 2) Menentang Roh Kudus akan membawa kepada memadamkan api Roh (1Tes 5:19);
- 3) Memadamkan api Roh membuat seseorang mengeraskan hatinya (Ibr 3:8-13);
- 4) Mengeraskan hati menghasilkan pikiran yang rusak sehingga yang benar
dikatakan salah dan yang salah dikatakan benar (Yes 5:20; Rom 1:28).
Pada saat pengerasan hati ini telah mencapai tingkatan tertentu, yang
ditetapkan oleh Allah saja, maka Roh Kudus tidak lagi akan berusaha
untuk menuntun orang itu kepada pertobatan (bd. Kej 6:3;
lihat cat. --> Ul 29:18-21;
lihat cat. --> 1Sam 2:25;
lihat cat. --> Ams 29:1).
[atau ref. Ul 29:18-21; 1Sam 2:25; Ams 29:1]
Bagi orang yang khawatir mengenai kemungkinan telah melakukan dosa yang tidak bisa diampuni ini, kenyataan bahwa ia ingin memperoleh pengampunan dosa dan kesediaan untuk bertobat dari dosa adalah bukti bahwa ia tidak melakukan dosa yang tak terampuni ini(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).
Nas : Mat 12:36
Lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA.
Full Life: Mat 12:37 - MENURUT UCAPANMU ENGKAU AKAN DIBENARKAN.
Nas : Mat 12:37
Lihat cat. --> Luk 13:34
[atau ref. Luk 13:34]
Full Life: Mat 12:40 - YUNUS.
Nas : Mat 12:40
Jelaslah bahwa Yesus menerima kisah Yunus dalam PL sebagai suatu
fakta sejarah. Orang skeptis modern yang menyangkal kemungkinan mu...
Nas : Mat 12:40
Jelaslah bahwa Yesus menerima kisah Yunus dalam PL sebagai suatu fakta sejarah. Orang skeptis modern yang menyangkal kemungkinan mukjizat dalam PL harus mempertimbangkan dan akan dihakimi oleh perkataan Yesus.
BIS -> Mat 12:31
mengucap penghinaan: atau mengucap penghinaan terhadap Allah.
Jerusalem: Mat 12:2 - yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat Murid-murid Yesus tidak dipersalahkan karena memetik bulir-bulir gandum di ladang orang lain (Ula 23:25 mengizinkannya), tetapi karena berbuat demikia...
Jerusalem: Mat 12:5 - imam-imam melanggar hukum Sabat Ibadat pada hari Sabat tidak menghentikan, melainkan lebih-lebih memberatkan pekerjaan para pelayan ibadat dalam Bait Allah.
Ibadat pada hari Sabat tidak menghentikan, melainkan lebih-lebih memberatkan pekerjaan para pelayan ibadat dalam Bait Allah.
Jerusalem: Mat 12:8 - -- Dengan keterangan ini dan juga dengan keterangan yang diberikanNya waktu menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat, Mat 12:9-14 dsj; Luk 13:10-17; Luk ...
Dengan keterangan ini dan juga dengan keterangan yang diberikanNya waktu menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat, Mat 12:9-14 dsj; Luk 13:10-17; Luk 14:1-6; Yoh 5:1-18; Yoh 7:19-24; Yoh 9, Yesus menyatakan bahwa malahan lembaga-lembaga yang diberikan Allah kepada Israel, seperti hari istirahat, tidak mempunyai nilai mutlak, sehingga keperluan-keperluan yang mendesak dan karya kasih harus diutamakan dari pada lembaga-lembaga itu Ia sendiri berwewenang menerangkan hukum Taurat, bdk Mat 5:17+; Mat 15:1-7 dsj; Mat 19:1-9 dsj. Dan Ia berwewenang oleh karena Ia "Anak Manusia", Ialah kepala Kerajaan Mesias, Mat 8:20+, dan mulai sekarang, Mat 9:6. Ia bertugas menegakkan tata penyelamatan yang baru itu, Mat 9:17+. Tata penyelamatan baru itu melebihi yang lama, sebab "di sini ada yang melebihi bait Allah" - Para rabi Yahudi mengenal perkecualian-perkecualian dari hukum Sabat, tetapi sedapat-dapatnya dan dengan ketat mereka membatasi perkecualian-perkecualian itu.
Jerusalem: Mat 12:17 - supaya genaplah Yesus menggenapi nubuat Yesaya ini oleh karena menyembunyikan karyaNya yang menguntungkan orang-orang lain (Mat 12:19).
Yesus menggenapi nubuat Yesaya ini oleh karena menyembunyikan karyaNya yang menguntungkan orang-orang lain (Mat 12:19).
Jerusalem: Mat 12:18 - hukum Kata Ibrani (dan juga terjemahannya dalam LXX) kiranya dapat dimengerti sebagai "iman-agama yang benar", sebab hukum itu tidak lain kecuali hukum ilah...
Kata Ibrani (dan juga terjemahannya dalam LXX) kiranya dapat dimengerti sebagai "iman-agama yang benar", sebab hukum itu tidak lain kecuali hukum ilahi yang mengatur hubungan Allah dengan manusia, dan yang pada pokoknya terungkap melalui wahyu dan agama sejati.
Jerusalem: Mat 12:24 - Beelzebul Beelzebul aslinya seorang dewa Kanaan dan nama itu berarti: "Pangeran Baal" (dan bukan: Baal Pupuk, seperti dahulu sering dikatakan). Kemudian berdasa...
Beelzebul aslinya seorang dewa Kanaan dan nama itu berarti: "Pangeran Baal" (dan bukan: Baal Pupuk, seperti dahulu sering dikatakan). Kemudian berdasarkan arti nama itu agama Yahudi menjadikan Baal "pangeran" (penghulu) setan". Ejaan nama itu sebagai "Beelzebub" (terjemahan Siria dan Vlg) merupakan sebuah sindiran yang menghina (bdk 2Ra 1-2 dst), sebab artinya ialah: Baal Lalat.
Jerusalem: Mat 12:27 - pengikut-pengikutmu Harafiah: anak-anakmu. Ini suatu istilah Ibrani yang sesungguhnya (dalam konteks semacam ini) berarti: anak-anak rohani, pengikut, penganut.
Harafiah: anak-anakmu. Ini suatu istilah Ibrani yang sesungguhnya (dalam konteks semacam ini) berarti: anak-anak rohani, pengikut, penganut.
Jerusalem: Mat 12:32 - ia tidak akan diampuni Manusia masih dapat dimaafkan, kalau keliru dalam hal keilahian Yesus, yang bersembunyi di belakang rupa "Anak manusia" yang sederhana saja, Mat 8:20+...
Manusia masih dapat dimaafkan, kalau keliru dalam hal keilahian Yesus, yang bersembunyi di belakang rupa "Anak manusia" yang sederhana saja, Mat 8:20+, tetapi ia tidak dapat dimaafkan kalau menutup mata dan hati untuk karya Roh Kudus yang terang benderang. Dengan meniadakan karya Roh itu orang menolak tawaran paling luhur yang disampaikan Allah, maka orang menempatkan diri di luar keselamatan, bdk Ibr 6:4-6; Ibr 10:26-31.
Jerusalem: Mat 12:36 - kata sia-sia Ini bukan kata yang hanya sia-sia dan kosong saja, melainkan kata buruk yang tidak mempunyai dasar, fitnah.
Ini bukan kata yang hanya sia-sia dan kosong saja, melainkan kata buruk yang tidak mempunyai dasar, fitnah.
Jerusalem: Mat 12:38 - suatu tanda ialah sebuah mujizat yang menyatakan dan membenarkan wewenang yang dianggap sebagai hak oleh Yesus, bdk Yes 7:11 dst; Luk 1:18+; Yoh 2:11+.
Yesus meno...
Jerusalem: Mat 12:39 - tanda nabi Yunus dalam Mat 16:4 Matius tidak menjelaskan manakah tanda itu (seperti dijelaskannya dalam Mat 12:40). Dalam Luk 11:29-30 tanda nabi Yunus itu tidak lain ...
dalam Mat 16:4 Matius tidak menjelaskan manakah tanda itu (seperti dijelaskannya dalam Mat 12:40). Dalam Luk 11:29-30 tanda nabi Yunus itu tidak lain kecuali pemberitaan Yesus: Ini menjadi suatu tanda bagi orang sezamanNya, seperti Yunus menjadi tanda bagi penduduk Niniwe. Pengartian kedua ini memberi latar belakang juga Mat 12:41. Namun pengartian kedua ini agaknya kurang tepat. Sebab pemberitaan Yesus yang sedang terjadi tidak dapat dinubuatkan sebagai kejadian di masa depan dan dalam tradisi Yahudi nabi Yunus terkenal karena secara ajaib diselamatkan dan bukan karena pewartaannya di Niniwe yang tidak begitu menyenangkan orang Yahudi. Walaupun pengartian yang diberikan Mat 12:40 baru kemudian ditambahkan, namun justru penafsiran itulah yang lebih dekat dengan maksud Yesus dari pada penafsiran yang diberikan Lukas. Secara samar-samar Yesus menubuatkan kejayaanNya nanti (kebangkitan). Adapun Markus menghilangkan nabi Yunus, oleh karena berpendapat bahwa tidak dapat dimengerti sidang pembacanya, Mar 8:12+
Jerusalem: Mat 12:39 - yang jahat harafiah: yang berzinah. Ini sebuah kiasan alkitabiah, bdk Hos 1-2, yang artinya ialah: tidak setia pada Allah, murtad, terutama dengan menyembah berh...
harafiah: yang berzinah. Ini sebuah kiasan alkitabiah, bdk Hos 1-2, yang artinya ialah: tidak setia pada Allah, murtad, terutama dengan menyembah berhala.
Jerusalem: Mat 12:40 - tiga hari tiga malam Ungkapan ini begitu saja diambil dari Yun 2:1 dan secara harafiah tidak sesuai dengan jangka waktu antara wafat Yesus dan kebangkitanNya.
Ungkapan ini begitu saja diambil dari Yun 2:1 dan secara harafiah tidak sesuai dengan jangka waktu antara wafat Yesus dan kebangkitanNya.
Ende: Mat 12:2 - -- Taurat melarang menuai gandum pada sabat. Orang parisi menafsirkan: memetik
gandum biarpun satu dua majang sadja berarti "menuai", djadi terlarang pad...
Taurat melarang menuai gandum pada sabat. Orang parisi menafsirkan: memetik gandum biarpun satu dua majang sadja berarti "menuai", djadi terlarang pada Sabat. Jesus mendjawab dengan tenang tetapi dengan penuh kewibawaan pula, bahwa tafsiran dan tuduhan mereka tidak sesuai dengan djiwa hukum taurat, lagipun bahwa ia berkuasa atas hukum sabat itu, djadi berwenang menafsirkannja dan mengidjinkan murid-muridnja memetik gandum tadi. Demikian Jesus menjatakan diri dengan tegas sebagai Mesias dan Putera Allah pula.
Ende: Mat 12:18-21 - -- Kutipan ini diambil dari nubuat Isaias (Yes 42:1-4) tentang seorang
"Hamba Allah" jang akan muntjul. Tidak dapat disangsikan, bahwa nubuat itu
mengena...
Kutipan ini diambil dari nubuat Isaias (Yes 42:1-4) tentang seorang "Hamba Allah" jang akan muntjul. Tidak dapat disangsikan, bahwa nubuat itu mengenai Mesias. Demikian pula tafsiran Mateus jang resmi sebab dibuat dengan ilham Roh Kudus.
Ende: Mat 12:23 - Putera David Tiap-tiap orang Jahudi tahu bahwa itu gelaran Mesias. Rakjat
djelata, jaitu orang-orang ketjil jang menurut Mat 11:25 sanggup
mengerti rahasia-rahasia...
Tiap-tiap orang Jahudi tahu bahwa itu gelaran Mesias. Rakjat djelata, jaitu orang-orang ketjil jang menurut Mat 11:25 sanggup mengerti rahasia-rahasia Keradjaan Allah disinipun segera mengerti bahwa jang berkuasa mengerdjakan penjembuhan itu, betul-betul Mesias jang diharapkan. Tetapi kepertjajaan rakjat itu mendjengkelkan orang parisi sampai meluap, dan karena kehilangan akal mulai mengumpat dengan sehina-hinanja.
Ende: Mat 12:24 - Beelsebub Itu sebenarnja nama dewa agung orang Kanaan, tetapi bagi orang
Jahudi berarti kepala segala roh djahat.
Itu sebenarnja nama dewa agung orang Kanaan, tetapi bagi orang Jahudi berarti kepala segala roh djahat.
Ende: Mat 12:27 - Putera-putera kamu Ada diantara orang Jahudi jang rupanja berhasil mengusir
roh-roh djahat dengan suatu upatjara tertentu. Barangkali mereka menjembuhkan
orang-orang sak...
Ada diantara orang Jahudi jang rupanja berhasil mengusir roh-roh djahat dengan suatu upatjara tertentu. Barangkali mereka menjembuhkan orang-orang sakit jang dianggap kerasukan setan.
Ende: Mat 12:32 - Menentang Putera manusia Dosa itu tidak begitu besar, kalau ia dipandang
sebagai manusia biasa. Tetapi kalau sudah tjukup djelas bahwa "Roh Allah"
bekerdja didalamnja, mereka ...
Dosa itu tidak begitu besar, kalau ia dipandang sebagai manusia biasa. Tetapi kalau sudah tjukup djelas bahwa "Roh Allah" bekerdja didalamnja, mereka benar-benar menghodjat Allah dengan mengatakan, bahwa kuasa itu adalah kuasa kepala, setan. Dan sebab sikap mereka demikian djahat, maka tak dapat diharap, mereka mengatasi ketegaran hati mereka dan bertobat.
Ende: Mat 12:39 - Kaum djahat dan berzinah Jang dimaksudkan njatalah orang Jahudi jang
"menentang Roh Allah". Mengenai arti "berzinah" disini baik diingat, bahwa
hubungan antara Allah dan kaum ...
Jang dimaksudkan njatalah orang Jahudi jang "menentang Roh Allah". Mengenai arti "berzinah" disini baik diingat, bahwa hubungan antara Allah dan kaum Israel sering diumpamakan dengan pertalian nikah. Orang Jahudi jang tidak setia lagi akan "Perdjandjian nikah" itu disebut "berzinah", sama artinja dengan murtad.
Ende: Mat 12:40 - -- "Tanda" atau bukti jang ternjata jang akan diberikan kepada mereka, ialah
kebangkitanNja kelak.
"Tanda" atau bukti jang ternjata jang akan diberikan kepada mereka, ialah kebangkitanNja kelak.
Ende: Mat 12:41 - Orang Ninife Hendaknja diingat disini, bahwa orang Ninife dan "Ratu dari
sebelah Selatan" itu orang kafir. Jesus hendak mengatakan: kalau kamu tetap
menolak Keradj...
Hendaknja diingat disini, bahwa orang Ninife dan "Ratu dari sebelah Selatan" itu orang kafir. Jesus hendak mengatakan: kalau kamu tetap menolak Keradjaan jang Kumaklumkan atas nama Allah, maka orang-orang "kafir" akan menghukumkan dan mempermalukan kamu dihadapan pengadilan Allah kelak.
Ref. Silang FULL -> Mat 12:1; Mat 12:2; Mat 12:3; Mat 12:4; Mat 12:5; Mat 12:6; Mat 12:7; Mat 12:8; Mat 12:10; Mat 12:11; Mat 12:12; Mat 12:14; Mat 12:15; Mat 12:16; Mat 12:17; Mat 12:18; Mat 12:21; Mat 12:22; Mat 12:23; Mat 12:24; Mat 12:25; Mat 12:26; Mat 12:27; Mat 12:28; Mat 12:30; Mat 12:31; Mat 12:32; Mat 12:33; Mat 12:34; Mat 12:37; Mat 12:38; Mat 12:39; Mat 12:40; Mat 12:41
Ref. Silang FULL: Mat 12:2 - hari Sabat · hari Sabat: Mat 12:10; Kel 20:10; 23:12; Ul 5:14; Luk 13:14; 14:3; Yoh 5:10; 7:23; 9:16
· hari Sabat: Mat 12:10; Kel 20:10; 23:12; Ul 5:14; Luk 13:14; 14:3; Yoh 5:10; 7:23; 9:16
· mengikutinya lapar: 1Sam 21:6
· hukum Sabat: Bil 28:9,10; Yoh 7:22,23
· Di sini: Mat 12:41,42
Ref. Silang FULL: Mat 12:10 - hari Sabat // mempersalahkan Dia · hari Sabat: Mat 12:2; Mat 12:2
· mempersalahkan Dia: Mr 3:2; 12:13; Luk 11:54; 14:1; 20:20
· hari Sabat: Mat 12:2; [Lihat FULL. Mat 12:2]
· mempersalahkan Dia: Mr 3:2; 12:13; Luk 11:54; 14:1; 20:20
· dan mengeluarkannya: Luk 14:5
· pada domba: Mat 6:26; 10:31
Ref. Silang FULL: Mat 12:14 - membunuh Dia · membunuh Dia: Kej 37:18; Mazm 71:10; Mat 26:4; 27:1; Mr 3:6; Luk 6:11; Yoh 5:18; 7:1,19; 11:53
· membunuh Dia: Kej 37:18; Mazm 71:10; Mat 26:4; 27:1; Mr 3:6; Luk 6:11; Yoh 5:18; 7:1,19; 11:53
Ref. Silang FULL: Mat 12:18 - jiwa-Ku berkenan // ke atas-Nya · jiwa-Ku berkenan: Mat 3:17; Mat 3:17
· ke atas-Nya: Yoh 3:34; Yoh 3:34
· akan berharap: Yes 42:1-4
Ref. Silang FULL: Mat 12:24 - Dengan Beelzebul // mengusir setan · Dengan Beelzebul: Mr 3:22; Mr 3:22
· mengusir setan: Mat 9:34
Ref. Silang FULL: Mat 12:27 - kuasa Beelzebul // siapakah pengikut-pengikutmu · kuasa Beelzebul: Mat 12:24
· siapakah pengikut-pengikutmu: Kis 19:13
· akan diampuni: Mr 3:28,29; Luk 12:10
Ref. Silang FULL: Mat 12:32 - dunia ini // akan datangpun · dunia ini: Tit 2:12
· akan datangpun: Mr 10:30; Luk 20:34,35; Ef 1:21; Ibr 6:5
· dunia ini: Tit 2:12
· akan datangpun: Mr 10:30; Luk 20:34,35; Ef 1:21; Ibr 6:5
· dari buahnya: Mat 7:16,17; Luk 6:43,44
Ref. Silang FULL: Mat 12:34 - ular beludak // diucapkan mulut · ular beludak: Mat 3:7; 23:33
· diucapkan mulut: Mat 15:18; Luk 6:45
· ular beludak: Mat 3:7; 23:33
· akan dihukum: Ayub 15:6; Ams 10:14; 18:21; Yak 3:2
Ref. Silang FULL: Mat 12:38 - suatu tanda // dari pada-Mu · suatu tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11; Yoh 4:48; Yoh 4:48
· dari pada-Mu: Mat 16:1; Mr 8:11,12; Luk 11:16; Yoh 2:18; 6:30; 1Kor 1:22
· suatu tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]; Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]
· dari pada-Mu: Mat 16:1; Mr 8:11,12; Luk 11:16; Yoh 2:18; 6:30; 1Kor 1:22