kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 15:1-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Sidang di Yerusalem
15:1 Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan." 15:2 Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu. 15:3 Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota, lalu mereka berjalan melalui Fenisia dan Samaria, dan di tempat-tempat itu mereka menceriterakan tentang pertobatan orang-orang yang tidak mengenal Allah. Hal itu sangat menggembirakan hati saudara-saudara di situ. 15:4 Setibanya di Yerusalem mereka disambut oleh jemaat dan oleh rasul-rasul dan penatua-penatua, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka. 15:5 Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa." 15:6 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu. 15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya. 15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka sama seperti kepada kita, 15:9 dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman. 15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri? 15:11 Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga." 15:12 Maka diamlah seluruh umat itu, lalu mereka mendengarkan Paulus dan Barnabas menceriterakan segala tanda dan mujizat yang dilakukan Allah dengan perantaraan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa lain. 15:13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku: 15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya. 15:15 Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis: 15:16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, 15:17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, 15:18 yang telah diketahui dari sejak semula. 15:19 Sebab itu aku berpendapat, bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah, 15:20 tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah. 15:21 Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."
Jawab kepada Antiokhia
15:22 Maka rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk memilih dari antara mereka beberapa orang yang akan diutus ke Antiokhia bersama-sama dengan Paulus dan Barnabas, yaitu Yudas yang disebut Barsabas dan Silas. Keduanya adalah orang terpandang di antara saudara-saudara itu. 15:23 Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: "Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari saudara-saudaramu kepada saudara-saudara di Antiokhia, Siria dan Kilikia yang berasal dari bangsa-bangsa lain. 15:24 Kami telah mendengar, bahwa ada beberapa orang di antara kami, yang tiada mendapat pesan dari kami, telah menggelisahkan dan menggoyangkan hatimu dengan ajaran mereka. 15:25 Sebab itu dengan bulat hati kami telah memutuskan untuk memilih dan mengutus beberapa orang kepada kamu bersama-sama dengan Barnabas dan Paulus yang kami kasihi, 15:26 yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya karena nama Tuhan kita Yesus Kristus. 15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu. 15:28 Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini: 15:29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat." 15:30 Setelah berpamitan, Yudas dan Silas berangkat ke Antiokhia. Di situ mereka memanggil seluruh jemaat berkumpul, lalu menyerahkan surat itu kepada mereka. 15:31 Setelah membaca surat itu, jemaat bersukacita karena isinya yang menghiburkan. 15:32 Yudas dan Silas, yang adalah juga nabi, lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · bani Simeon the tribe of Simeon
 · Barnabas a man who was Paul's companion on several of his journeys
 · Barsabas the surname of the Joseph who was nominated with Matthias to succeed Judas,the surname of Judas, the disciple sent with Silas to Antioch
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Kilikia a region of SE Asia Minor
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Simeon the tribe of Simeon
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · Silas a man who went with Peter and Paul on separate missionary journeys
 · Simeon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Petrus | Barnabas | Paulus | Yakobus | Bait Allah /Bait Suci | Sidang Majelis | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Konsili Para Rasul | Sunat | Silas | Yudas | Pekerja Gereja | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Musa | Hukum, Hukum Musa | Darah | Orang Yahudi | Yerusalem | Antiokhia | Kilikia | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 15:8 - ALLAH, YANG MENGENAL HATI MANUSIA. Nas : Kis 15:8 Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan da...

Nas : Kis 15:8

Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan dalam diri mereka. Allah mengesahkan kesungguhan iman mereka

  1. (1) dengan menyucikan hati mereka melalui karya pembaharuan Roh Kudus (ayat Kis 15:9) dan
  2. (2) dengan membaptis mereka dalam Roh segera setelah itu, yang dibuktikan dengan tanda yang menyertainya, yaitu berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:44-46; 11:15-18).

Full Life: Kis 15:11 - OLEH KASIH KARUNIA TUHAN YESUS. Nas : Kis 15:11 Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamata...

Nas : Kis 15:11

Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamatan. Para delegasi berkesimpulan bahwa orang-orang bukan Yahudi diselamatkan karena kasih karunia Tuhan Yesus yang mengampuni dosa mereka serta menjadikan mereka ciptaan baru

(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Kasih karunia datang kepada seseorang pada saat ia bertobat dan percaya pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Kis 2:38-39). Tanggapan ini terhadap kasih karunia Allah memungkinkan dia menerima kuasa untuk menjadi anak Allah (Yoh 1:12).

Full Life: Kis 15:14 - BANGSA-BANGSA LAIN ... MEMILIH SUATU UMAT DARI ANTARA MEREKA. Nas : Kis 15:14 Rencana Allah bagi zaman ini ialah mengangkat dari semua bangsa suatu umat yang dipisahkan bagi nama-Nya. Tubuh Kristus ini, yang d...

Nas : Kis 15:14

Rencana Allah bagi zaman ini ialah mengangkat dari semua bangsa suatu umat yang dipisahkan bagi nama-Nya. Tubuh Kristus ini, yang diambil dari sistem dunia dewasa ini, mempersiapkan diri selaku pengantin perempuan Kristus (Wahy 19:7-8).

Full Life: Kis 15:16 - PONDOK DAUD YANG TELAH ROBOH. Nas : Kis 15:16 Yakobus menyatakan bahwa misi penebusan Kristus melibatkan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi. "Pondok Daud yang telah roboh" ...

Nas : Kis 15:16

Yakobus menyatakan bahwa misi penebusan Kristus melibatkan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi. "Pondok Daud yang telah roboh"

(lihat cat. --> Am 9:11-15)

[atau ref. Am 9:11-15]

menunjuk kepada sisa bangsa Israel yang selamat dari hukuman Allah.

  1. 1) Nubuat Amos menyatakan yang berikut ini:
    1. (a) Allah akan menghakimi Israel yang penuh dosa, namun tidak secara menyeluruh.
    2. (b) Dia akan membunuh semua orang berdosa dalam rumah Yakub (Am 9:10).
    3. (c) Setelah pembinasaan orang Yahudi yang berdosa Allah akan "mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh" (Am 9:11).
  2. 2) Keselamatan dari sisa Yahudi yang telah disucikan ini mengakibatkan bangsa itu mencari Tuhan lagi (ayat Kis 15:17). Di bagian yang lain Paulus mengatakan hal yang sama ketika berbicara tentang berkat bagi orang-orang bukan Yahudi yang akan datang karena sisa orang Yahudi telah diperdamaikan dengan Allah (lih. Rom 11:11-15,25-26).

Full Life: Kis 15:28 - ADALAH KEPUTUSAN ROH KUDUS. Nas : Kis 15:28 Sidang di Yerusalem dipimpin oleh Roh Kudus. Yesus berjanji bahwa Roh akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13). ...

Nas : Kis 15:28

Sidang di Yerusalem dipimpin oleh Roh Kudus. Yesus berjanji bahwa Roh akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13). Keputusan-keputusan gereja tidak boleh dibuat oleh manusia saja; mereka harus mencari bimbingan Roh melalui doa, puasa, dan penyerahan kepada Firman Allah hingga kehendak-Nya itu diketahui dengan jelas (bd. Kis 13:2-4). Gereja yang dianggap gereja Kristus harus mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat (Wahy 2:7).

Full Life: Kis 15:29 - KAMU HARUS MENJAUHKAN DIRI. Nas : Kis 15:29 Roh Kudus (ayat Kis 15:28) memberikan beberapa pembatasan bagi orang bukan Yahudi yang akan memungkinkan mereka hidup dengan rukun ...

Nas : Kis 15:29

Roh Kudus (ayat Kis 15:28) memberikan beberapa pembatasan bagi orang bukan Yahudi yang akan memungkinkan mereka hidup dengan rukun bersama dengan saudara seiman yang Yahudi. Orang bukan Yahudi diharapkan menjauhkan diri dari hal-hal yang merupakan pelanggaran bagi orang Yahudi. Salah satu patokan kedewasaan Kristen adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang dianggap baik oleh beberapa orang Kristen dan yang dianggap salah oleh yang lain (lih. pembahasan Paulus dalam 1Kor 8:1-11).

Jerusalem: Kis 15:1-41 - -- Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam bab ini menimbulkan beberapa kesulitan: 1) Kis 15:5-7 mengulang Kis 15:1-2 seolah-olah pengarang melapor du...

Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam bab ini menimbulkan beberapa kesulitan: 1) Kis 15:5-7 mengulang Kis 15:1-2 seolah-olah pengarang melapor dua sebab berbeda-beda yang mengakibatkan pertikaian itu dengan tidak mempertalikan kedua sebab itu satu sama lain; 2) dalam Kis 15:6 orang berkesan bahwa diadakan sebuah sidang lepas dari pimpinan jemaat, sedangkan dalam Kis 15:12,22 perdebatan diadakan di hadapan sidang seluruh jemaat; 3) sidang itu menghasilkan sebuah penetapan mengenai beberapa aturan ketahiran yang perlu dibebankan pada orang-orang bukan Yahudi yang masuk Kristen; penetapan itu diserahkan kepada Paulus (Kis 15:22 dst); tetapi kemudian rupanya Yakobus memberitahukan penetapan itu kepada Paulus dan diandaikan bahwa belum diketahuinya, Kis 21:25. Paulus sendiri tidak berkata apa-apa tentang penetapan itu dalam Gal 2:6 (di mana berbicara tentang rapat di Yerusalem itu) atau dalam 1Ko 8-10; Rom 14 (di mana ia memperbincangkan masalah yang serupa); 4) penetapan yang tercantum dalam Kis 15:29 itu dikeluarkan untuk jemaat-jemaat di Siria dan Kilikia, Kis 15:23; hanya Lukas tidak memberitahukan bahwa Paulus mengumumkan penetapan itu waktu melintasi daerah itu, Kis 15:41, sedangkan berkata tentangnya sehubungan dengan kota-kota di Likaonia, Kis 16:4 dan cara bicaranya dalam Kis 15:19-21; 21:25 memberikan kesan bahwa penetapan itu mesti berlaku di mana-mana. Kesulitan-kesulitan tsb dapat diatasi dengan mengandaikan bahwa Lukas mencampuradukkan dua pertikaian yang berlain-lainan dan yang dipecahkan dengan jalan yang berlain-lainan pula (Paulus dalam Gal 2 lebih baik membeda-bedakan) yakni: sebuah pertikaian yang di dalamnya Paulus dan Petrus ikut serta dan yang mengenai soal apakah hukum Taurat mewajibkan orang-orang Yahudi, bdk Gal 2:1-10; dan sebuah pertikaian yang terjadi kemudian dari itu dan yang di dalamnya peranan utama dipegang oleh Yakobus sedangkan Petrus dan Paulus tidak hadir; pertikaian itu mengenai hubungan sosial antara orang-orang Kristen bekas bukan Yahudi, bdk Gal 2:11-14; menurut pandangan Yahudi maka setiap pergaulan dengan orang-orang bukan Yahudi menajiskan, bdk Kis 15:20+.

Jerusalem: Kis 15:1 - orang datang dari Yudea Dalam Gal 2:12 mereka disebut "orang dari kalangan Yakobus".

Dalam Gal 2:12 mereka disebut "orang dari kalangan Yakobus".

Jerusalem: Kis 15:2 - beberapa orang lain Gal 2:1-3 menyebut Titus yang tidak berbangsa Yahudi

Gal 2:1-3 menyebut Titus yang tidak berbangsa Yahudi

Jerusalem: Kis 15:2 - rasul-rasul Di sini rasul-rasul yang tidak disebut-sebut dalam Kis 11:30 atau Kis 21:18 tampil bersama-sama dengan dewan para penatua; ini sesuai dengan Gal 2:2-9...

Di sini rasul-rasul yang tidak disebut-sebut dalam Kis 11:30 atau Kis 21:18 tampil bersama-sama dengan dewan para penatua; ini sesuai dengan Gal 2:2-9 di mana Petrus dan Yohanes dikatakan sebagai "Orang terpandang" di samping Yakobus, saudara Tuhan.

Jerusalem: Kis 15:3 - Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota Terjemahan lain: setelah mereka ditolong untuk melanjutkan perjalanannya, bdk 1Ko 16:11; Tit 3:13.

Terjemahan lain: setelah mereka ditolong untuk melanjutkan perjalanannya, bdk 1Ko 16:11; Tit 3:13.

Jerusalem: Kis 15:5 - beberapa orang dari golongan Farisi Menurut teks yang lazim orang-orang Farisi nampaknya turun tangan terlepas dari apa yang terjadi di Antiokhia. Teks barat berusaha menerangkan halnya:...

Menurut teks yang lazim orang-orang Farisi nampaknya turun tangan terlepas dari apa yang terjadi di Antiokhia. Teks barat berusaha menerangkan halnya: Tetapi mereka yang telah menyuruh mereka menghadap para penatua itu bangkit

Jerusalem: Kis 15:5 - hukum Musa Menurut Gal 2:3-5 tuntutan itu langsung mengenai Titus yang menemani Paulus ke Yerusalem.

Menurut Gal 2:3-5 tuntutan itu langsung mengenai Titus yang menemani Paulus ke Yerusalem.

Jerusalem: Kis 15:6 - rasul-rasul dan penatua Teks barat masih menambah: dan seluruh umat, bdk Kis 15:12.

Teks barat masih menambah: dan seluruh umat, bdk Kis 15:12.

Jerusalem: Kis 15:7 - berdirilah Petrus Teks barat (dll) menambah: dalam (terdorong oleh) Roh.

Teks barat (dll) menambah: dalam (terdorong oleh) Roh.

Jerusalem: Kis 15:9 - menyucikan hati mereka oleh iman Ini penafsiran atas perkataan sorgawi yang didengar Petrus, Kis 10:15; 11:9, bdk Kis 10:28; Sir 38:10.

Ini penafsiran atas perkataan sorgawi yang didengar Petrus, Kis 10:15; 11:9, bdk Kis 10:28; Sir 38:10.

Jerusalem: Kis 15:10 - mencobai Allah Mencobai (bdk 1Ko 10:13+) Allah ialah: menantang Dia untuk memberi tanda bukti dengan turun tangan dalam suatu kejadian atau membuat sebuah tanda ajai...

Mencobai (bdk 1Ko 10:13+) Allah ialah: menantang Dia untuk memberi tanda bukti dengan turun tangan dalam suatu kejadian atau membuat sebuah tanda ajaib, Kis 5:9; Kel 17:2,7; Bil 14:22; Ula 6:16; Jdt 8:12-17; Maz 95:9; Yes 7:11-12; Mat 4:7 dsj; Kis 5:8-10; 1Ko 10:9.

Jerusalem: Kis 15:11 - sama seperti mereka juga Ini langsung menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam Kis 15:1. Ajaran ini terungkap juga dalam Gal 2:15-21; 3:22-26; Rom 11:32; Efe 2:1-10, dll. Dit...

Ini langsung menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam Kis 15:1. Ajaran ini terungkap juga dalam Gal 2:15-21; 3:22-26; Rom 11:32; Efe 2:1-10, dll. Ditinjau dari segi ini maka orang-orang Yahudi tidak mempunyai keistimewaan; bdk Kis 13:38; Gal 5:6; 6:15.

Jerusalem: Kis 15:12 - Maka diamlah seluruh umat Teks barat: Oleh karena para penatua menyetujui apa yang dikatakan Petrus, maka...

Teks barat: Oleh karena para penatua menyetujui apa yang dikatakan Petrus, maka...

Jerusalem: Kis 15:13 - Yakobus Gal 2:9 menyatakan betapa penting peranan yang dipegang Yakobus dalam perkara itu.

Gal 2:9 menyatakan betapa penting peranan yang dipegang Yakobus dalam perkara itu.

Jerusalem: Kis 15:14 - Simon Naskah Yunani: Simeon, ialah nama Ibrani/Aram Simon-Petrus, bdk 2Pe 1:1.

Naskah Yunani: Simeon, ialah nama Ibrani/Aram Simon-Petrus, bdk 2Pe 1:1.

Jerusalem: Kis 15:15 - seperti yang tertulis Kutipan (Kis 15:16-17) ini mengikuti LXX dan seluruh argumentasi dibangun justru atas perbedaan-perbedaan terjemahan Yunani dengan naskah Ibrani. Kuti...

Kutipan (Kis 15:16-17) ini mengikuti LXX dan seluruh argumentasi dibangun justru atas perbedaan-perbedaan terjemahan Yunani dengan naskah Ibrani. Kutipan ini kiranya berasal dari kalangan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, meskipun di sini diajukan oleh pemimpin golongan orang-orang "Ibrani".

Jerusalem: Kis 15:17 - yang Kusebut milikKu Harafiah: yang atasnya namaKu diserukan (atau: diucapkan). Menyerukan nama Yahwe atas suatu bangsa, bdk 2Ta 7:14, atau atas sebuah tempat, 2Ta 6:34 be...

Harafiah: yang atasnya namaKu diserukan (atau: diucapkan). Menyerukan nama Yahwe atas suatu bangsa, bdk 2Ta 7:14, atau atas sebuah tempat, 2Ta 6:34 berarti: membaktikannya kepada Yahwe.

Jerusalem: Kis 15:18 - yang telah diketahui Var: Sejak semula Tuhan mengetahui karyaNya.

Var: Sejak semula Tuhan mengetahui karyaNya.

Jerusalem: Kis 15:19 - aku berpendapat Yakobus memutuskan perdebatan. Surat rasuli nanti hanya mengulang pernyataannya ini. Gal 2:9 memberi kesan yang sama: di waktu itu dalam jemaat Yerusa...

Yakobus memutuskan perdebatan. Surat rasuli nanti hanya mengulang pernyataannya ini. Gal 2:9 memberi kesan yang sama: di waktu itu dalam jemaat Yerusalem Yakobuslah yang menduduki tempat utama, bdk Kis 12:17+. Ada sebuah var yang mengurangi peranan Yakobus: Maka dari itu menurut hematku tidak bolehlah...

Jerusalem: Kis 15:20 - makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala Ialah makanan yang dalam korban orang kafir telah dipersembahkan kepada berhala-berhala, bdk Kis 15:29 dan Kis 21:25. Lihat 1Ko 8-10

Ialah makanan yang dalam korban orang kafir telah dipersembahkan kepada berhala-berhala, bdk Kis 15:29 dan Kis 21:25. Lihat 1Ko 8-10

Jerusalem: Kis 15:20 - percabulan Mungkin apa yang dimaksudkan ialah semua pergaulan seksuil yang terlarang menurut Ima 18

Mungkin apa yang dimaksudkan ialah semua pergaulan seksuil yang terlarang menurut Ima 18

Jerusalem: Kis 15:20 - daging binatang yang mati lemas Teks barat tidak memuat bagian kalimat ini dan pada akhir ayat menambah: dan tidak berbuat kepada orang lain apa yang tidak mereka kehendaki orang ber...

Teks barat tidak memuat bagian kalimat ini dan pada akhir ayat menambah: dan tidak berbuat kepada orang lain apa yang tidak mereka kehendaki orang berbuat kepada mereka sendiri (demikianpun dalam Kis 15:29). Sejumlah naskah lain tidak memuat "percabulan". Penetapan-penetapan Yakobus ini jelas menyatakan manakah pokok pertikaian. Semua penetapan itu mempunyai ciri rituil dan dengan tepat menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Kis 11:3 dan Gal 2:12-14, yakni: apa yang harus dituntut dari orang-orang Kristen bekas kafir, supaya orang-orang Kristen bekas Yahudi dapat bergaul dengan mereka tanpa menajiskan diri menurut hukum Taurat? Dari segala peraturan ketahiran Yakobus hanya mempertahankan aturan yang makna keagamaannya nampaknya umum, yaitu: makna apa yang dipersembahkan kepada berhala membuat orang lebih kurang ikut serta dalam sebuah ibadah yang tak halal, bdk 1Ko 8-10; darah mengandung daya hidup yang merupakan hak istimewa Allah dan hukum yang mengenai darah itu, Ima 1:5, mempunyai suatu nada yang begitu rupa sehingga orang-orang Yahudi sukar dapat membebaskan orang kafir dari larangan itu; daging binatang yang mati lemas adalah berdekatan dengan darah; dalam rangka ini peraturan tentang pergaulan seksuil tidak mengenai nilai morilnya, melainkan hanya dipandang sebagai sebab kenajisan menurut hukum Taurat.

Jerusalem: Kis 15:22 - Yudas yang disebut Barsabas Orang ini tidak diketahui lebih lanjut; bdk Kis 1:23

Orang ini tidak diketahui lebih lanjut; bdk Kis 1:23

Jerusalem: Kis 15:22 - Silas Seorang teman seperjalanan Paulus, Kis 15:40-18:5 dan sesungguhnya sama dengan Silwanus yang namanya disebutkan dalam 1Te 1:1; 2Te 1:1; 2Ko 1:19; 1Pe ...

Seorang teman seperjalanan Paulus, Kis 15:40-18:5 dan sesungguhnya sama dengan Silwanus yang namanya disebutkan dalam 1Te 1:1; 2Te 1:1; 2Ko 1:19; 1Pe 5:12.

Jerusalem: Kis 15:29 - kamu berbuat baik Teks barat menambah: terbawa oleh Roh Kudus.

Teks barat menambah: terbawa oleh Roh Kudus.

Ende: Kis 15:3 - Mereka diantar oleh umat keluar kota Ungkapan asli mengandung pula arti:

Ungkapan asli mengandung pula arti:

Ende: Kis 15:3 - mereka dibekali umat dan ada jang menterdjemahkan kalimat itu demikian.

dan ada jang menterdjemahkan kalimat itu demikian.

Ende: Kis 15:4 - Oleh Rasul-rasul Dalam Gal 2:11-14 Paulus menjebut tiga Rasul, jaitu Petrus, Jakobus dan Joanes.

Dalam Gal 2:11-14 Paulus menjebut tiga Rasul, jaitu Petrus, Jakobus dan Joanes.

Ende: Kis 15:6 - Bersidanglah Jerusalem masih mendjadi pusat pimpinan Geredja muda, dan sidang ini merupakan sidang umum resmi (Konsili) jang pertama dalam sedjarah Geredja Kudus. ...

Jerusalem masih mendjadi pusat pimpinan Geredja muda, dan sidang ini merupakan sidang umum resmi (Konsili) jang pertama dalam sedjarah Geredja Kudus. Keputusan-keputusan jang diambil tegas sekali untuk menentukan pengertian akan ini dan hakekat adjaran dan tudjuan Indjil dan dengan itu perbedaan asasi antara agama Jahudi dan jang baru. Ditegaskan bahwa hanja kepertjajaan akan Kristus dan bukan pengamalan hukum taurat jang perlu untuk keselamatan abadi.

Bersama dengan itu penting pula bahwa ditentukan kesamaan hak dan martabat orang serani bekas "kafir" dengan jang berbangsa Jahudi, dan bahwa orang tak bersunat jang bertobat sedikitpun tidak terikat pada ketentuan-ketentuan hukum dan adat-istiadat Jahudi. Dengan itu perpisahan agama serani dengan agama Jahudi makin mendjadi, dan perkembangan umat diantara bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa makin pesat.

Ende: Kis 15:8 - -- Ingatlah peristiwa bertobatnja Kornelius, bab 10.

Ingatlah peristiwa bertobatnja Kornelius, bab 10.

Ende: Kis 15:13 - Jakobus Pemimpin (uskup?) Jerusalem ini sendiri masih memenuhi dengan teliti segala sjarat hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tidak berlawanan dengan Indjil...

Pemimpin (uskup?) Jerusalem ini sendiri masih memenuhi dengan teliti segala sjarat hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tidak berlawanan dengan Indjil.

Ende: Kis 15:15-18 - -- Ajat-ajat ini dikutip dari buku nabi Amos, Amo 9:11-12, menurut teks Septuaginta, jang tidak dalam segalanja tjotjok dengan teks Ibrani. Maksudnja nub...

Ajat-ajat ini dikutip dari buku nabi Amos, Amo 9:11-12, menurut teks Septuaginta, jang tidak dalam segalanja tjotjok dengan teks Ibrani. Maksudnja nubuat menurut teks Septuaginta dan tafsiran Jakobus ialah: Allah akan mendirikan keradjaan David (Israel) jang baru, dan semua orang Jahudi, maupun bangsa-bangsa kafir akan mentjari keselamatan abadi didalamnja.

Ende: Kis 15:20 - -- Dua tuntutan dari hukum Jahudi itu, jaitu tidak boleh makan daging dari kurban-kurban jang telah dipersembahkan kepada dewa-dewa dan tidak boleh "berz...

Dua tuntutan dari hukum Jahudi itu, jaitu tidak boleh makan daging dari kurban-kurban jang telah dipersembahkan kepada dewa-dewa dan tidak boleh "berzinah" dengan sendirinja termasuk tuntutan-tuntutan Indjil djuga. Istilah "zinah" dalam hukum Jahudi meliputi segala perbuatan jang berlawanan dengan undang-undang pernikahan dan hak serta kemurnian perkawinan. Dalam hal-hal itu adat istiadat orang kafir terlalu bebas

Kedua pantangan jang lain dituntut barangkali sebab orang Jahudi terlalu djidjik akan makanan itu, sehingga dapat menimbulkan perselisihan dan perpetjahan didalam umat-umat, misalnja kalau saudara-saudara Jahudi melihat orang serani jang bukan Jahudi makan atau mengadjak makan daging atau darah itu Barangkali Jakobus djuga ingat bahwa larangan dan pantangan-pantangan itu sudah sedjak dahulu berlaku bagi orang-orang asing jang hidup ditengah-tengah orang Jahudi. Lih. Ima 17:10; 18:26; 20:2.

Ende: Kis 15:28 - Roh Kudus dan kami telah memutuskan Ini menjatakan betapa kuat keinsjafan para rasul dan geredja purba, bahwa mereka dalam segala hal jang penting diilham dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Ini menjatakan betapa kuat keinsjafan para rasul dan geredja purba, bahwa mereka dalam segala hal jang penting diilham dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Ref. Silang FULL: Kis 15:1 - Beberapa orang // kepada saudara-saudara // tidak disunat // oleh Musa · Beberapa orang: Kis 15:24; Gal 2:12 · kepada saudara-saudara: Kis 1:16; Kis 1:16 · tidak disunat: Kis 15:5; Gal 5:2,3 · ...

· Beberapa orang: Kis 15:24; Gal 2:12

· kepada saudara-saudara: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

· tidak disunat: Kis 15:5; Gal 5:2,3

· oleh Musa: Kis 6:14; [Lihat FULL. Kis 6:14]

Ref. Silang FULL: Kis 15:2 - dan penatua-penatua // di Yerusalem · dan penatua-penatua: Kis 11:30; Kis 11:30 · di Yerusalem: Gal 2:2

· dan penatua-penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

· di Yerusalem: Gal 2:2

Ref. Silang FULL: Kis 15:3 - melalui Fenisia // tentang pertobatan · melalui Fenisia: Kis 11:19 · tentang pertobatan: Kis 14:27

· melalui Fenisia: Kis 11:19

· tentang pertobatan: Kis 14:27

Ref. Silang FULL: Kis 15:4 - perantaraan mereka · perantaraan mereka: Kis 15:12; Kis 14:27; 21:19

· perantaraan mereka: Kis 15:12; Kis 14:27; 21:19

Ref. Silang FULL: Kis 15:5 - dari golongan // Farisi // hukum Musa · dari golongan: Kis 5:17 · Farisi: Mat 3:7 · hukum Musa: Kis 15:1

· dari golongan: Kis 5:17

· Farisi: Mat 3:7

· hukum Musa: Kis 15:1

Ref. Silang FULL: Kis 15:7 - menjadi percaya · menjadi percaya: Kis 10:1-48

· menjadi percaya: Kis 10:1-48

Ref. Silang FULL: Kis 15:8 - hati manusia // kepada mereka · hati manusia: Wahy 2:23; Wahy 2:23 · kepada mereka: Kis 10:44,47; Kis 10:44; Kis 10:47

· hati manusia: Wahy 2:23; [Lihat FULL. Wahy 2:23]

· kepada mereka: Kis 10:44,47; [Lihat FULL. Kis 10:44]; [Lihat FULL. Kis 10:47]

Ref. Silang FULL: Kis 15:9 - dengan mereka // oleh iman · dengan mereka: Kis 10:28,34; 11:12 · oleh iman: Kis 10:43

· dengan mereka: Kis 10:28,34; 11:12

· oleh iman: Kis 10:43

Ref. Silang FULL: Kis 15:10 - mencobai Allah // suatu kuk · mencobai Allah: Kis 5:9 · suatu kuk: Mat 23:4; Mat 23:4; Gal 5:1

· mencobai Allah: Kis 5:9

· suatu kuk: Mat 23:4; [Lihat FULL. Mat 23:4]; Gal 5:1

Ref. Silang FULL: Kis 15:11 - kasih karunia · kasih karunia: Rom 3:24; Rom 3:24; Gal 2:16; Ef 2:5-8

· kasih karunia: Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]; Gal 2:16; Ef 2:5-8

Ref. Silang FULL: Kis 15:12 - dan mujizat // perantaraan mereka · dan mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48 · perantaraan mereka: Kis 15:4; Kis 14:27; 21:19

· dan mujizat: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]

· perantaraan mereka: Kis 15:4; Kis 14:27; 21:19

Ref. Silang FULL: Kis 15:13 - berkatalah Yakobus · berkatalah Yakobus: Kis 12:17; 21:18; 1Kor 15:7; Gal 1:19; 2:9,12

· berkatalah Yakobus: Kis 12:17; 21:18; 1Kor 15:7; Gal 1:19; 2:9,12

Ref. Silang FULL: Kis 15:14 - bagi nama-Nya · bagi nama-Nya: 2Pet 1:1

· bagi nama-Nya: 2Pet 1:1

Ref. Silang FULL: Kis 15:17 - semuanya ini · semuanya ini: Am 9:11,12

· semuanya ini: Am 9:11,12

Ref. Silang FULL: Kis 15:18 - sejak semula · sejak semula: Yes 45:21

· sejak semula: Yes 45:21

Ref. Silang FULL: Kis 15:20 - dicemarkan berhala-berhala // dari percabulan // dari darah · dicemarkan berhala-berhala: 1Kor 8:7-13; 10:14-28; Wahy 2:14,20 · dari percabulan: 1Kor 10:7,8; Wahy 2:14,20 · dari darah: Kis ...

· dicemarkan berhala-berhala: 1Kor 8:7-13; 10:14-28; Wahy 2:14,20

· dari percabulan: 1Kor 10:7,8; Wahy 2:14,20

· dari darah: Kis 15:29; Kej 9:4; Im 3:17; 7:26; 17:10-13; 19:26; Ul 12:16,23

Ref. Silang FULL: Kis 15:21 - hari Sabat · hari Sabat: Kis 13:15; 2Kor 3:14,15

· hari Sabat: Kis 13:15; 2Kor 3:14,15

Ref. Silang FULL: Kis 15:22 - dan penatua-penatua // ke Antiokhia // dan Silas · dan penatua-penatua: Kis 11:30; Kis 11:30 · ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19 · dan Silas: Kis 15:27,32,40; Kis 16:19,25,29; 2...

· dan penatua-penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

· ke Antiokhia: Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

· dan Silas: Kis 15:27,32,40; Kis 16:19,25,29; 2Kor 1:19; 1Tes 1:1; 2Tes 1:1; 1Pet 5:12

Ref. Silang FULL: Kis 15:23 - di Antiokhia // Siria // dan Kilikia · di Antiokhia: Kis 15:1; Kis 11:19; Kis 11:19 · Siria: Luk 2:2; Luk 2:2 · dan Kilikia: Kis 15:41; Kis 6:9; Kis 6:9

· di Antiokhia: Kis 15:1; Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

· Siria: Luk 2:2; [Lihat FULL. Luk 2:2]

· dan Kilikia: Kis 15:41; Kis 6:9; [Lihat FULL. Kis 6:9]

Ref. Silang FULL: Kis 15:24 - dengan ajaran · dengan ajaran: Kis 15:1; Gal 1:7; 5:10

· dengan ajaran: Kis 15:1; Gal 1:7; 5:10

Ref. Silang FULL: Kis 15:26 - mempertaruhkan nyawanya · mempertaruhkan nyawanya: Kis 9:23-25; 14:19; 1Kor 15:30

· mempertaruhkan nyawanya: Kis 9:23-25; 14:19; 1Kor 15:30

Ref. Silang FULL: Kis 15:27 - dan Silas · dan Silas: Kis 15:22; Kis 15:22

· dan Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

Ref. Silang FULL: Kis 15:28 - Roh Kudus · Roh Kudus: Kis 5:32

· Roh Kudus: Kis 5:32

Ref. Silang FULL: Kis 15:29 - dari percabulan · dari percabulan: Kis 15:20; Kis 21:25

· dari percabulan: Kis 15:20; Kis 21:25

Ref. Silang FULL: Kis 15:32 - dan Silas // juga nabi · dan Silas: Kis 15:22; Kis 15:22 · juga nabi: Kis 11:27; Kis 11:27

· dan Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

· juga nabi: Kis 11:27; [Lihat FULL. Kis 11:27]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 15:1-5 - Perselisihan di Antiokhia Hingga kini, dengan penuh sukacita kita telah mengikuti perjalanan para r...

Matthew Henry: Kis 15:6-21 - Sidang di Yerusalem Sidang di Yerusalem ( Kis 15:6-21) ...

Matthew Henry: Kis 15:22-35 - Keputusan Sidang di Yerusalem Keputusan Sidang di Yerusalem ( Kis 15:22-35) ...

SH: Kis 15:1-21 - Hai gereja, bersatulah! (Minggu, 11 Juni 2000) Hai gereja, bersatulah! Hai gereja, bersatulah! Kesatuan umat Kristen di Indonesia bisa dikatakan sema...

SH: Kis 15:1-21 - Pahami dasar iman kita (Minggu, 30 Mei 2010) Pahami dasar iman kita Judul: Pahami dasar iman kita Pemahaman akan kebenaran mau tidak mau membuat ki...

SH: Kis 15:1-21 - Kesatuan suara dalam kebenaran (Jumat, 22 Juni 2012) Kesatuan suara dalam kebenaran Judul: Kesatuan suara dalam kebenaran Paduan suara merupakan gabungan y...

SH: Kis 15:1-21 - Semua Orang Diterima Allah (Jumat, 14 September 2018) Semua Orang Diterima Allah Selama ratusan tahun tidak ada bagian kehidupan di Afrika Selatan yang tidak diatur ol...

SH: Kis 15:1-21 - Solusi dalam Pro dan Kontra (Sabtu, 14 September 2024) Solusi dalam Pro dan Kontra Dalam kehidupan bergereja, bermasyarakat, dan berkeluarga, sering kali kita diperhada...

SH: Kis 15:6-12 - Anugerah yang menyelamatkan (Minggu, 22 Mei 2005) Anugerah yang menyelamatkan Anugerah yang menyelamatkan Apakah tradisi, upacara, dan peraturan agama b...

SH: Kis 15:13-21 - Keselamatan bagi segala bangsa (Senin, 23 Mei 2005) Keselamatan bagi segala bangsa Keselamatan bagi segala bangsa Rencana Tuhan untuk membukakan mata para...

SH: Kis 15:22-34 - Bijaksana dan peka (Senin, 12 Juni 2000) Bijaksana dan peka Bijaksana dan peka. Itulah penilaian seorang tokoh kristen tentang surat yang dibua...

SH: Kis 15:22-34 - Keputusan yang menghasilkan sukacita (Selasa, 24 Mei 2005) Keputusan yang menghasilkan sukacita Keputusan yang menghasilkan sukacita Menjadi pemimpin tanpa hikma...

SH: Kis 15:22-34 - Pemecahan masalah (Senin, 31 Mei 2010) Pemecahan masalah Judul: Pemecahan masalah Bagaimana kita seharusnya memecahkan masalah yang muncul di...

SH: Kis 15:22-34 - Bukti lisan dan tulisan (Sabtu, 23 Juni 2012) Bukti lisan dan tulisan Judul: Bukti lisan dan tulisan Jika kita mendirikan suatu organisasi atau lemb...

SH: Kis 15:22-34 - Perkunjungan (Sabtu, 15 September 2018) Perkunjungan Visitasi, demikianlah gereja mengistilahkan suatu perkunjungan. Seseorang yang diberikan tugas mengu...

Utley: Kis 15:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:1-5...

Utley: Kis 15:6-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:6-11...

Utley: Kis 15:12-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:12-21...

Utley: Kis 15:22-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:22-29...

Utley: Kis 15:30-35 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:30-35...

Topik Teologia: Kis 15:1 - -- Gereja Sunat Perlu untuk Keselamatan Kis 15:1-2...

Topik Teologia: Kis 15:2 - -- Gereja Sunat Perlu untuk Keselamatan Kis 15:1-2...

Topik Teologia: Kis 15:3 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Kewajiban Uskup / Penatua Penatua Menyelesaikan...

Topik Teologia: Kis 15:4 - -- Gereja Gereja Yerusalem Kis 8:1 ...

Topik Teologia: Kis 15:6 - -- Gereja Gereja Mendamaikan Perbedaan Ras Kis 15:6-33 ...

Topik Teologia: Kis 15:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah untuk Suatu Tanggung Jawab ...

Topik Teologia: Kis 15:8 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahatahu Kej 6:5...

Topik Teologia: Kis 15:9 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:...

Topik Teologia: Kis 15:10 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Mencobai Allah ...

Topik Teologia: Kis 15:11 - -- Yesus Kristus Kasih Karunia Yoh 1:14,17 ...

Topik Teologia: Kis 15:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Pengesahan Muj...

Topik Teologia: Kis 15:14 - -- Gereja Umat Allah Mat 1:21 L...

Topik Teologia: Kis 15:17 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahatahu Kej 6:5...

Topik Teologia: Kis 15:19 - -- Dosa Dosa-dosa Kedagingan Dosa-dosa Seksual yang Dilarang Kel 20:14...

Topik Teologia: Kis 15:21 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Musa ...

Topik Teologia: Kis 15:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain ...

Topik Teologia: Kis 15:24 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Jiwa Manusia Jiwa sebagai Keadaan dari Pi...

Topik Teologia: Kis 15:26 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Mender...

Topik Teologia: Kis 15:28 - -- Roh Kudus Roh adalah Pribadi yang Berkuasa Hak 14:6 ...

Topik Teologia: Kis 15:30 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Mendamaikan Perbedaan Ras ...

Topik Teologia: Kis 15:32 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumn...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi ...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) ...

TFTWMS: Kis 9:29--22:21 - Rintangan Kedegilan RINTANGAN KEDEGILAN (Kis 9:29, 30; 22:17-21) K...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12)...

TFTWMS: Kis 9:10--22:16 - Orang Kristen Yang Tidak Bersemangat ORANG KRISTEN YANG TIDAK BERSEMANGAT (Kis 9:10-17; 22:10, 12-16...

TFTWMS: Kis 15:1-3 - Konflik Konflik (Kis 15:1-3) Pada waktu Paulus dan Barnabas "lama tingg...

TFTWMS: Kis 15:1-2 - Akankah Lenyap Dengan Sendirinya? AKANKAH LENYAP DENGAN SENDIRINYA? (Kis 15:1, 2) Cara beberapa orang ...

TFTWMS: Kis 15:2-3 - Cukup Kuatkah Saya Menekan Harga Diri Saya? CUKUP KUATKAH SAYA MENEKAN HARGA DIRI SAYA? (Kis 15:2, 3) Sebelumnya...

TFTWMS: Kis 15:3-5 - Bersediakah Saya Membicarakan Hal Itu? BERSEDIAKAH SAYA MEMBICARAKAN HAL ITU? (Kis 15:3-5) Respon klasik da...

TFTWMS: Kis 15:4-21 - Sidang Sidang (Kis 15:4-21) Ketika mereka tiba di Yerusalem, "mereka ...

TFTWMS: Kis 15:12-18 - Apakah Saya Berpaut Erat Kepada Kitab Suci? APAKAH SAYA BERPAUT ERAT KEPADA KITAB SUCI? (Kis 15:12-18) Pidato ...

TFTWMS: Kis 15:13-19 - Berpaut Erat Kepada Kitab Suci BERPAUT ERAT KEPADA KITAB SUCI (Kis 15:13-19) Pelajaran kita sebel...

TFTWMS: Kis 15:20-21 - Peka Terhadap Perasaan Orang Lain PEKA TERHADAP PERASAAN ORANG LAIN (Kis 15:20, 21) Yakobus tidak me...

TFTWMS: Kis 15:22-31 - Penghiburan Penghiburan (Kis 15:22-31) Rekomendasi Yakobus diterima oleh &quo...

TFTWMS: Kis 15:22-25 - Menyerah Secara Anggun MENYERAH SECARA ANGGUN (Kis 15:22, 25) Ketika Yakobus selesai bica...

TFTWMS: Kis 15:22-29 - Melakukan Secara Pribadi MELAKUKAN SECARA PRIBADI (Kis 15:22-29) Setelah menetapkan untuk m...

TFTWMS: Kis 15:30-35 - Memiliki Sikap Positif MEMILIKI SIKAP POSITIF (Kis 15:30-35) Percaya atau tidak, kontrove...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui ...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merup...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT ORANG DEWASA UNTUK PARA BAYI DALAM KRISTUS (Kis 9:23-30; 22:17-21...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:23-30; 22:17-21) Marilah kit...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kedua nas ini memakai istilah "bayi" dalam nada menghina sebab mereka yang ditegur i...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Phil...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19)...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kis...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PELBAGAI RINTANGAN BAGI ORANG KRISTEN BARU (Kis 9:19-31; 22:17-21)...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:19-31; 22:17-21) Saulus tida...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 8:22, 24...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PARA PENYUMBAT PINTU IMAN(15:1-31) Saya sedang menge...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) JANGAN PANIK, BILA TIMBUL KONTROVERSI (15:1-18) Saya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 15:1-31) Dalam dua pelajaran kita berikutnya, kita ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 15:1-18) Di awal pelajaran ini, saya mengakui ketid...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Polisi Tidur" adalah gundukan aspal atau semen setinggi beberapa sentimeter yang me...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Jika saja tidak ditangani dengan tepat, kontroversi ini akan menyebar ke jemaat-jemaat lainnya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT TAMBAHAN DALAM MENANGANI KONTROVERSI(15:13-35) ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 15:13-35) Dalam pengkajian kita terhadap ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Di dalam Amos 9:12 di Perjanjian Lama Anda (yan...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tuj...

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kas...

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh ju...

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya:...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.36 detik
dipersembahkan oleh YLSA