Teks -- Ibrani 9:1-10 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ibr 9:1-7 - PERJANJIAN YANG PERTAMA.
Nas : Ibr 9:1-7
Ketika membahas bahwa perjanjian yang baru jauh lebih unggul
daripada perjanjian yang lama (yang pertama), penulis surat ini
mengan...
Nas : Ibr 9:1-7
Ketika membahas bahwa perjanjian yang baru jauh lebih unggul daripada perjanjian yang lama (yang pertama), penulis surat ini menganalisis ciri-ciri utama dari ibadah dan upacara korban dalam agama Israel.
Lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
Full Life: Ibr 9:4 - TABUT PERJANJIAN.
Nas : Ibr 9:4
Tabut perjanjian merupakan sebuah peti kudus yang berisi sebuah
buli-buli manna (suatu peringatan akan pemeliharaan Allah), tongkat H...
Nas : Ibr 9:4
Tabut perjanjian merupakan sebuah peti kudus yang berisi sebuah buli-buli manna (suatu peringatan akan pemeliharaan Allah), tongkat Harun (suatu peringatan akan perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib) dan kedua loh batu yang bertuliskan Sepuluh Firman (suatu peringatan akan pentingnya hukum-hukum Allah sebagai patokan kekudusan bagi umat-Nya). Tutup tabut ini adalah sebuah lempengan emas yang disebut tutup pendamaian atau takhta kasih karunia yang menyatakan kemurahan Allah yang menebus melalui darah yang tertumpah
(lihat cat. --> Ibr 9:5 berikut).
[atau ref. Ibr 9:5]
Full Life: Ibr 9:5 - TUTUP PENDAMAIAN.
Nas : Ibr 9:5
Pada Hari Pendamaian, baik darah lembu jantan yang mengadakan
pendamaian bagi imam besar dan keluarganya maupun darah kambing yang
be...
Nas : Ibr 9:5
Pada Hari Pendamaian, baik darah lembu jantan yang mengadakan pendamaian bagi imam besar dan keluarganya maupun darah kambing yang berfungsi sebagai kurban karena dosa-dosa bangsa Israel dipercikkan di atas tutup pendamaian ini di hadapan Allah (Im 16:2,14;
lihat art. HARI PENDAMAIAN).
Tutup pendamaian yang di bumi ini melambangkan takhta kasih karunia sorgawi yang dapat dihampiri oleh orang-orang percaya karena darah Kristus untuk menerima kasih karunia dan pertolongan (Ibr 4:16).
Full Life: Ibr 9:7 - KEMAH YANG KEDUA.
Nas : Ibr 9:7
Kemah kedua, yang dinamakan tempat Mahakudus, melambangkan kehadiran
Allah. Imam besar dilarang keras memasuki tempat ini lebih darip...
Nas : Ibr 9:7
Kemah kedua, yang dinamakan tempat Mahakudus, melambangkan kehadiran Allah. Imam besar dilarang keras memasuki tempat ini lebih daripada sekali tiap tahun. Roh Kudus mengajarkan bahwa di bawah perjanjian yang lama, masuk dengan leluasa kepada Allah belum dimungkinkan karena persekutuan yang akrab dengan-Nya hanya dapat terjadi jikalau hati nurani seseorang telah dibersihkan secara sempurna (ayat Ibr 9:8-9). Penyucian ini tersedia ketika Kristus mati sebagai kurban yang abadi karena dosa.
Sejumlah naskah tidak memuat kata ini.
Jerusalem: Ibr 9:2 - tempat yang kudus Dalam kemah suci di padang gurun, Kel 25:1-26:37, terdapat sebuah tabir (begitu pula dalam Bait Allah yang dibangun Salomo, 1Ra 6) yang memisahkan Tem...
Dalam kemah suci di padang gurun, Kel 25:1-26:37, terdapat sebuah tabir (begitu pula dalam Bait Allah yang dibangun Salomo, 1Ra 6) yang memisahkan Tempat Kudus dari Tempat Mahakudus, Kel 26:33. Hanya imam besar setahun sekali, yaitu pada hari raja Perdamaian, (lihat Ibr 9:7), memasuki Tempat Mahakudus itu.
Jerusalem: Ibr 9:4 - -- Bdk Kel 30:6; 40:26, yang berkata bahwa mezbah pembakaran ukupan, Kel 30:1, terdapat di bagian "Tempat Kudus" dan tidak di bagian "Tempat Mahakudus", ...
Bdk Kel 30:6; 40:26, yang berkata bahwa mezbah pembakaran ukupan, Kel 30:1, terdapat di bagian "Tempat Kudus" dan tidak di bagian "Tempat Mahakudus", Ibrani mengikuti sebuah tradisi lain tentang ibadat Israel.
Jerusalem: Ibr 9:9 - kiasan masa sekarang Upacara-upacara itu, Ibr 9:6-7, mempunyai arti rohaniah: sewaktu Perjanjian Lama rakyat tidak dapat mendekati Allah. Sebaliknya, di waktu Perjanjian B...
Upacara-upacara itu, Ibr 9:6-7, mempunyai arti rohaniah: sewaktu Perjanjian Lama rakyat tidak dapat mendekati Allah. Sebaliknya, di waktu Perjanjian Baru Kristus menjadi jalan menuju Bapa, Yoh 14:6; bdk Ibr 10:9+. Dibatalkannya ibadat lama dilambangkan oleh terbelahnya tabir di Bait Allah pada saat Yesus wafat, Mat 27:51 dsj.
jaitu kaki emas bertjabang 7 dengan 7 pelita.
Ende: Ibr 9:2 - Roti persembahan Inilah duabelas buah roti, jang diletakkan bertumpuk kembar
diatas medja emas sebagai persembahan kepada Allah. Roti itu harus diganti
dengan jang bar...
Inilah duabelas buah roti, jang diletakkan bertumpuk kembar diatas medja emas sebagai persembahan kepada Allah. Roti itu harus diganti dengan jang baru tiap hari Sabat.
Tirai ini mentjeraikan ruangan jang mahakudus dari ruangan jang kudus.
Ende: Ibr 9:4 - Papan batu Ialah dua batu jang bertuliskan intisari perdjandjian jang
ditetapkan Allah dengan umat Israel di Sinai.
Ialah dua batu jang bertuliskan intisari perdjandjian jang ditetapkan Allah dengan umat Israel di Sinai.
Ende: Ibr 9:5 - Tutupan perdamaian ialah tutupan "peti perdjandjian" dari emas, jang dinaungi
dua patung mas kerubim bersajap, dan dipandang sebagai tachta tempat Allah
hadir, misalnja ...
ialah tutupan "peti perdjandjian" dari emas, jang dinaungi dua patung mas kerubim bersajap, dan dipandang sebagai tachta tempat Allah hadir, misalnja pada hari perdamaian. Pada hari perdamaian itu, setahun sekali, imam agung harus masuk ruangan jang mahakudus itu dan meretjiki tachta itu dengan darah seekor binatang jang baru-baru dikurbankan, dan dengan itu meminta pengampunan dosa bagi seluruh umat.
Ende: Ibr 9:8-9 - -- Ruangan jang Mahakudus disini berarti surga tempat Allah bersemajam. Surga itu
masih tertutup bagi umat manusia selama "kemah lama", jaitu ibadat dan ...
Ruangan jang Mahakudus disini berarti surga tempat Allah bersemajam. Surga itu masih tertutup bagi umat manusia selama "kemah lama", jaitu ibadat dan hukum Perdjandjian Lama, masih ada dan berlaku.
Ref. Silang FULL: Ibr 9:2 - suatu kemah // kaki dian // dan meja // roti sajian // yang kudus · suatu kemah: Kel 25:8,9
· kaki dian: Kel 25:31-39
· dan meja: Kel 25:23-29
· roti sajian: Kel 25:30; Im 24:5-8
· ...
· suatu kemah: Kel 25:8,9
· kaki dian: Kel 25:31-39
· dan meja: Kel 25:23-29
· roti sajian: Kel 25:30; Im 24:5-8
· yang kudus: Kel 26:33,34
· maha kudus: Kel 26:31-33
Ref. Silang FULL: Ibr 9:4 - pembakaran ukupan // tabut perjanjian // berisi manna // pernah bertunas // bertuliskan perjanjian · pembakaran ukupan: Kel 30:1-5
· tabut perjanjian: Kel 25:10-22
· berisi manna: Kel 16:32,33
· pernah bertunas: Bil 17:10...
· pembakaran ukupan: Kel 30:1-5
· tabut perjanjian: Kel 25:10-22
· berisi manna: Kel 16:32,33
· pernah bertunas: Bil 17:10
· bertuliskan perjanjian: Kel 31:18; 32:15
Ref. Silang FULL: Ibr 9:5 - kerub kemuliaan // tutup pendamaian · kerub kemuliaan: Kel 25:17-19
· tutup pendamaian: Kel 25:20-22; 26:34
· kerub kemuliaan: Kel 25:17-19
· tutup pendamaian: Kel 25:20-22; 26:34
· imam-imam senantiasa: Bil 28:3
Ref. Silang FULL: Ibr 9:7 - dalam kemah // yang masuk // sekali setahun // dengan darah // dirinya sendiri // tidak sadar · dalam kemah: Ibr 9:2,3
· yang masuk: Im 16:11-19
· sekali setahun: Im 16:34
· dengan darah: Im 16:11,14
· dirinya...
· dalam kemah: Ibr 9:2,3
· yang masuk: Im 16:11-19
· sekali setahun: Im 16:34
· dengan darah: Im 16:11,14
· dirinya sendiri: Im 16:11; Ibr 5:2,3
· tidak sadar: Ibr 5:2,3
Ref. Silang FULL: Ibr 9:8 - Kudus menyatakan // bahwa jalan · Kudus menyatakan: Ibr 3:7; Ibr 3:7
· bahwa jalan: Yoh 14:6; Ibr 10:19,20
· Kudus menyatakan: Ibr 3:7; [Lihat FULL. Ibr 3:7]
· bahwa jalan: Yoh 14:6; Ibr 10:19,20
Ref. Silang FULL: Ibr 9:9 - adalah kiasan // itu dipersembahkan // hati nurani · adalah kiasan: Ibr 10:1
· itu dipersembahkan: Ibr 5:1; 8:3
· hati nurani: Ibr 7:19; Ibr 7:19
· adalah kiasan: Ibr 10:1
· itu dipersembahkan: Ibr 5:1; 8:3
Ref. Silang FULL: Ibr 9:10 - samping makanan // minuman // macam pembasuhan // hanyalah peraturan-peraturan · samping makanan: Im 11:2-23
· minuman: Bil 6:3; Kol 2:16
· macam pembasuhan: Im 11:25,28,40
· hanyalah peraturan-peratur...
· samping makanan: Im 11:2-23
· macam pembasuhan: Im 11:25,28,40
· hanyalah peraturan-peraturan: Ibr 7:16
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)
Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...
Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)
Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.
Ayat...
C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)
Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.
Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.
Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...
III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.
Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.
Hagelberg: Ibr 9:8 - -- 9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.
Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ...
9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.
Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka" dengan peraturan-peraturan ibadah di bawah Perjanjian Lama. Di dalam pasal 10:19-20, akan dijelaskan bahwa melalui pengorbanan Yesus, Imam Besar kita, kita memperoleh jalan untuk masuk tempat yang dulunya terlarang, tempat yang maha kudus. Dalam hal ini, Agama Yahudi dan Agama Islam memiliki suatu kesamaan, di mana dua-duanya menyangkal kepentingan penebusan dosa untuk memperoleh jalan masuk ke hadirat Tuhan Allah. Mungkinkah hal ini menjadi kunci yang menyatakan pentingnya surat ini dalam konteks pelayanan kita?
3) Dengan kematianNya Kristus menjadi Pengantara dari Perjanjian yang lebih baik (9:11-15)
Hagelberg: Ibr 9:8 - -- 9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.
Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ...
9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.
Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka" dengan peraturan-peraturan ibadah di bawah Perjanjian Lama. Di dalam pasal 10:19-20, akan dijelaskan bahwa melalui pengorbanan Yesus, Imam Besar kita, kita memperoleh jalan untuk masuk tempat yang dulunya terlarang, tempat yang maha kudus. Dalam hal ini, Agama Yahudi dan Agama Islam memiliki suatu kesamaan, di mana dua-duanya menyangkal kepentingan penebusan dosa untuk memperoleh jalan masuk ke hadirat Tuhan Allah. Mungkinkah hal ini menjadi kunci yang menyatakan pentingnya surat ini dalam konteks pelayanan kita?
3) Dengan kematianNya Kristus menjadi Pengantara dari Perjanjian yang lebih baik (9:11-15)