Teks -- 2 Samuel 7:7 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
BIS -> 2Sam 7:7
Kemungkinan besar artinya: pemimpin-pemimpin; Ibrani: suku-suku.
Jerusalem: 2Sam 7:1-17 - -- Nubuat Natan ini disusun berdasarkan arti mendua kata Ibrani beth. Kata itu berarti baik rumah maupun keturunan, wangsa, keluarga. Diperlawankan satu ...
Nubuat Natan ini disusun berdasarkan arti mendua kata Ibrani beth. Kata itu berarti baik rumah maupun keturunan, wangsa, keluarga. Diperlawankan satu sama lain: Bukan Daud yang akan mendirikan sebuah rumah (bait Allah) bagi Tuhan, 2Sa 7:5, tetapi sebaliknya Tuhan akan membuat sebuah "rumah" (keturunan) bagi Daud, 2Sa 7:11. Pada pokoknya dalam janji ini terkandung bahwa keturunan Daud tetap akan menduduki takhta kerajaan di Israel, 2Sa 7:12-16. begitulah janji itu diartikan oleh Daud sendiri, 2Sa 7:19,25,27,29; bdk 2Sa 23:5, dan oleh pengarang Maz 89:30-38; 132:11-12. Nubuat itu merupakan piagam perjanjian Tuhan dengan Daud serta keturunannya. Nubuat ini tidak hanya menyangkut pengganti pertama raja Daud, yaitu Salomo, walaupun 2Sa 7:13; 1Ta 17:11-14; 22:10; 28:6 dan 1Ra 5:5; 8:16-19 justru mengetrapkannya pada Salomo. Sebaliknya dalam nubuat yang setelah terang dan setelah gelap itu terungkap pengharapan bahwa akan datang salah seorang keturunan Daud yang istimewa, yang akan berkenan di hati Tuhan. Nubuat Natan ini merupakan mata rantai pertama dalam rangkaian nubuat mengenai Mesias, Anak Daud, Yes 7:14+; Mik 5:1+; Hag 2:23+. Kis 2:30 mengetrapkan nubuat itu pada Kristus.
Jerusalem: 2Sam 7:7 - salah seorang hakim Ini menurut 1Ta 17:6+. Dalam naskah Ibrani terbaca: salah satu suku
Ini menurut 1Ta 17:6+. Dalam naskah Ibrani terbaca: salah satu suku
Jerusalem: 2Sam 7:7 - kayu aras Ada sementara ahli yang berpendapat bahwa dalam 2Sa 7:6-7 ini untuk pertama kalinya terungkap suatu pendirian di Israel yang menolak adanya bait Allah...
Ada sementara ahli yang berpendapat bahwa dalam 2Sa 7:6-7 ini untuk pertama kalinya terungkap suatu pendirian di Israel yang menolak adanya bait Allah. Pendirian itu memang muncul dalam 1Ra 8:27; Yes 66:1-2; Kis 7:48. Tetapi nabi Natan hanya mau mempertahankan tradisi lama yang menganggap tabut perjanjian sebagai pusat agama Israel dan sebagai tempat kehadiran tuhan. Nabi Natan menentang sebuah rumah Allah seperti kuil-kuil dewa-dewa penduduk negeri Kanaan. Persoalannya diatasi,dengan menempatkan tabut perjanjian di dalam bait Allah yang didirikan raja Salomo, 1Ra 8:1,10-12.
Ende -> 2Sam 7:1-17
Ende: 2Sam 7:1-17 - -- Nubuat ini, jang kemudian sedikit disadur, memegang peranan mahapenting dalam
pengharapan Israil akan seorang radja, keturunan Dawud dimasa depan (Al ...
Nubuat ini, jang kemudian sedikit disadur, memegang peranan mahapenting dalam pengharapan Israil akan seorang radja, keturunan Dawud dimasa depan (Al Masih). Teks ini main2 dengan makna perkataan Hibrani, jang berarti baik "rumah" (djasmani) maupun keturunan wangsa radja.