Teks -- Yohanes 4:37 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 4:37 - -- 4:37 Sebab dalam hal ini444 benarlah peribahasa445: Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
Setiap petani mengerti hal ini. Dia yang menabur harus ...
4:37 Sebab dalam hal ini444 benarlah peribahasa445: Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
Setiap petani mengerti hal ini. Dia yang menabur harus menabur dengan harapan besok ada yang menuai, dan dia yang menuai harus menuai dengan sikap syukur bahwa ada yang telah menabur. Jadi, peribahasa ini dikemukakan untuk menekankan rasa komunitas dan rasa keikutsertaan yang juga dialami dalam pelayanan Kristen.446
Ungkapan Sebab dalam hal ini menunjuk pada ayat yang berikut, yang membuktikan bahwa peribahasa ini memang benar.
Hagelberg: Yoh 4:1-42 - -- 9. Yesus dan perempuan Samaria (4:1-42)
Percakapan ini luar biasa. Orang Yahudi laki-laki biasanya tidak mau berbicara dengan perempuan, dan orang Yah...
9. Yesus dan perempuan Samaria (4:1-42)
Percakapan ini luar biasa. Orang Yahudi laki-laki biasanya tidak mau berbicara dengan perempuan, dan orang Yahudi yang memelihara agama Yahudi tidak mau berbicara dengan orang Samaria. Percakapan ini, yang merupakan sebagian dari sejarah Yesus Kristus, juga mengandung teologia yang amat indah dan dalam. Ada dua kontras yang timbul. Ada kontras antara air sumur dan air hidup, dan ada kontras antara Yakub dan Yesus.
Percakapan ini dapat dibandingkan dengan percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus. Di situ ada kontras antara kelahiran jasmani dan kelahiran rohani. Kiasan yang dipakai dalam dua percakapan masing-masing jauh berbeda, tetapi pelajaran rohani di balik kedua kiasan itu sebenarnya sama. Tuhan Yesus membicarakan kehidupan kekal yang diperoleh melalui Dia.
Perempuan itu juga dapat dibandingkan dengan Nikodemus. Dari segi latar belakang, perempuan itu (yang namanya tidak disebutkan) adalah orang berdosa dari suku yang dianggap hina, sedangkan Nikodemus adalah tokoh agama Yahudi yang terkemuka. Sedangkan dari segi tanggapannya, Nikodemus bingung dan belum percaya. Mungkin dia pergi dari ruangan itu, tetapi kepergiannya pun tidak disebutkan. Tanggapan perempuan itu jauh lebih baik. Dia percaya, dan dia membawa banyak orang kepada Yesus. Latar belakang yang mantap bukan merupakan syarat untuk melayani Tuhan Yesus secara efektif!
Peristiwa ini tidak diceritakan dalam ke tiga Injil Sinoptik, tetapi kiasan panen dipakan dalam Matius 9:35-38 ("Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit"), dan keperluan untuk roti jasmani disingkirkan demi kepentingan rohani dalam Matius 4:1-4.
Ringkasan Ephrem dari Suria indah dan tepat:
Yesus datang pada air mancur itu sebagai pemburu.... Dia melemparkan sebiji gandum di depan seekor merpati untuk menangkap seluruh kelompok burung.... Pada permulaan percakapan Dia tidak menyatakan diri-Nya kepada perempuan itu.... Semula dia hanya melihat seorang manusia yang haus, lalu seorang Yahudi, lalu seorang rabi, kemudian seorang nabi, akhirnya Mesias. Dia berusaha untuk mengalahkan orang haus itu, dia tidak senang dengan orang Yahudi itu, dia mengejek rabi itu, dia dimenangkan oleh nabi itu, dan dia menyanggung Mesias.362
Hagelberg: Yoh 4:37 - -- 4:37 Sebab dalam hal ini444 benarlah peribahasa445: Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
Setiap petani mengerti hal ini. Dia yang menabur harus ...
4:37 Sebab dalam hal ini444 benarlah peribahasa445: Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
Setiap petani mengerti hal ini. Dia yang menabur harus menabur dengan harapan besok ada yang menuai, dan dia yang menuai harus menuai dengan sikap syukur bahwa ada yang telah menabur. Jadi, peribahasa ini dikemukakan untuk menekankan rasa komunitas dan rasa keikutsertaan yang juga dialami dalam pelayanan Kristen.446
Ungkapan Sebab dalam hal ini menunjuk pada ayat yang berikut, yang membuktikan bahwa peribahasa ini memang benar.
B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)