Teks -- Galatia 3:1-21 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Gal 3:2 - ADAKAH KAMU TELAH MENERIMA ROH KARENA ... PERCAYA?
Nas : Gal 3:2
Paulus menunjukkan keunggulan keselamatan karena kasih karunia oleh
iman dalam Kristus atas usaha untuk memperoleh keselamatan melalu...
Nas : Gal 3:2
Paulus menunjukkan keunggulan keselamatan karena kasih karunia oleh iman dalam Kristus atas usaha untuk memperoleh keselamatan melalui ketaatan kepada hukum Taurat. Oleh iman kepada Kristus kita menerima Roh Kudus dan semua berkat-Nya, termasuk karunia hidup kekal (ayat Gal 3:2-3,5,14,21; Gal 4:6). Akan tetapi, orang itu yang bersandar pada hukum Taurat untuk memperoleh keselamatan tidak menerima Roh Kudus dan hidup, karena hukum Taurat sendiri tidak dapat memberikan hidup (ayat Gal 3:21).
Full Life: Gal 3:5 - IA YANG MENGANUGERAHKAN ROH.
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi
baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd.
Kis...
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd. Kis 1:4-5; 2:4; 8:14-17; 10:44-47; 11:16-17; 19:1-6; 1Kor 12:4-11). Hal ini ditunjukkan oleh
- (1) penggunaan istilah "mukjizat" (Yun. _dunamis_) yang mengandung arti bahwa rasul Paulus sedang berpikir tentang penyataan karisma Roh Kudus dan kedatangan-Nya dengan "kuasa" (Yun. _dunamis_) pada hari Pentakosta (Kis 1:8; bd. Kis 2:1-4);
- (2) penggunaan bentuk partisip sekarang ("menganugerahkan" dan "melakukan"), yang menunjukkan manifestasi yang berkesinambungan dari karunia-karunia Roh Kudus;
- (3) penggunaan ungkapan "Roh yang telah dijanjikan itu" (ayat Gal 3:14) yang hampir sama dengan kata-kata Petrus dalam Kis 2:33 (bd. Luk 24:49; Kis 1:4); dan
- (4) penegasan dalam Gal 4:6 bahwa pengangkatan sebagai anak-anak Allah terjadi sebelumnya dan adalah dasar untuk pengiriman Roh Kudus ke dalam hati orang percaya.
Full Life: Gal 3:5 - ROH ... YANG MELAKUKAN MUJIZAT.
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia
meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu...
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu pekerjaan di dalam batin yang tidak kelihatan, tetapi suatu pengalaman yang menyatakan diri melalui kuasa ilahi antara orang percaya. Karunia-karunia Roh merupakan norma penentu dari kehadiran dan kekuasaan Roh Kudus (bd. pasal 1Kor 12:1-14:40). Pertobatan dan baptisan dalam Roh Kudus harus senantiasa menghasilkan pengadaan mukjizat dan penyataan lain dari Roh.
Full Life: Gal 3:6 - ALLAH MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN.
Nas : Gal 3:6
Lihat cat. --> Rom 4:3;
lihat cat. --> Rom 4:5;
lihat cat. --> Rom 4:22.
[atau ref. Rom 4:3,5,22]
Nas : Gal 3:6
Lihat cat. --> Rom 4:3;
lihat cat. --> Rom 4:5;
lihat cat. --> Rom 4:22.
[atau ref. Rom 4:3,5,22]
Full Life: Gal 3:11 - ORANG YANG BENAR AKAN HIDUP OLEH IMAN.
Nas : Gal 3:11
Paulus mengutip Hab 2:4 untuk menjelaskan pembenaran oleh iman
(bd. Rom 1:17). Habakuk menekankan bahwa seorang yang dibenarkan oleh...
Nas : Gal 3:11
Paulus mengutip Hab 2:4 untuk menjelaskan pembenaran oleh iman (bd. Rom 1:17). Habakuk menekankan bahwa seorang yang dibenarkan oleh iman memiliki kebenaran batiniah, karena dia membandingkan orang yang benar dengan orang yang tidak benar yang "tidak lurus hatinya" (Hab 2:4). Demikianlah, Paulus percaya bahwa pembenaran meliputi suatu kebenaran batiniah melalui Roh Kudus yang mendiami hati
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Full Life: Gal 3:14 - BERKAT ABRAHAM.
Nas : Gal 3:14
Isi dari janji Allah kepada Abraham (ayat Gal 3:8) diartikan
sebagai "janji Roh" (bd. Luk 24:49; Kis 1:4-5). Menerima Roh ialah
memi...
Full Life: Gal 3:19 - KALAU DEMIKIAN, APAKAH MAKSUDNYA HUKUM TAURAT?
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau
"pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh a...
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau "pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh atau perintah apa pun dalam PL; penggunaan kata hukum oleh Paulus di sini akan meliputi sistem persembahan korban dari perjanjian Musa. Mengenai hukum ini Paulus menyatakan beberapa hal:
- 1) Hukum diberikan oleh Allah "karena ... pelanggaran," yaitu supaya menunjukkan dosa sebagai pelanggaran kehendak Allah dan membangkitkan kesadaran manusia akan perlunya belas kasihan, kasih karunia, dan keselamatan dalam Kristus (ayat Gal 3:24; bd. Rom 5:20; 8:2).
- 2) Walaupun hukum PL itu kudus, baik, dan benar (Rom 7:12), hukum PL tidak memadai karena tidak dapat memberikan hidup rohani atau kekuatan moral (ayat Gal 3:21; Rom 8:3; Ibr 7:18-19).
- 3) Hukum berfungsi sebagai penuntun sementara untuk umat Allah sehingga keselamatan oleh iman kepada Kristus datang (ayat Gal 3:22-26). Sebagai penuntun, hukum itu menyatakan kehendak Allah untuk perilaku umat-Nya (Kel 19:4-6; 20:1-17; 21:1-24:8), menyediakan korban darah untuk menutup dosa manusia (lih. Im 1:5; 16:33) dan menunjuk kepada kematian Kristus yang mendamaikan (Ibr 9:14; 10:12-14).
- 4) Hukum diberikan untuk menuntun kita kepada Kristus "supaya kita
dibenarkan karena iman" (ayat Gal 3:24). Tetapi kini setelah Kristus
datang, peranan hukum sebagai penuntun sudah berakhir (ayat
Gal 3:25). Oleh karena itu, kita tidak lagi mencari keselamatan
melalui persediaan perjanjian yang lama, termasuk ketaatan kepada
hukum-hukumnya dan sistem pengorbanan. Keselamatan kini diperoleh
menurut persediaan perjanjian yang baru, khususnya kematian yang
mendamaikan dan kebangkitan yang mulia dari Yesus, dan hak istimewa
untuk menjadi milik Kristus (ayat Gal 3:27-29;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang Kristen dengan hukum Taurat;lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).
BIS: Gal 3:11 - percaya kepada Allah sehingga hubungannya dengan Allah menjadi baik kembali, akan hidup percaya kepada Allah sehingga hubungannya dengan Allah menjadi baik kembali, akan hidup: atau hubungannya dengan Allah baik kembali, akan hidup karena...
percaya kepada Allah sehingga hubungannya dengan Allah menjadi baik kembali, akan hidup: atau hubungannya dengan Allah baik kembali, akan hidup karena percaya.
Ia sendiri bertindak: atau Dialah Allah yang esa.
Jerusalem: Gal 3:1 - Yesus Kristus yang disalibkan itu Ajaran tentang penebusan berkat kematian dan kebangkitan Kristus menjadi landasan pengajaran agama yang diberikan Paulus, bdk Gal 1:1-4; 6:14; 1Ko 1:1...
Ajaran tentang penebusan berkat kematian dan kebangkitan Kristus menjadi landasan pengajaran agama yang diberikan Paulus, bdk Gal 1:1-4; 6:14; 1Ko 1:17-25; 2:2; 15:1-4+; 1Te 1:9-10; Kis 13:26-39.
Jerusalem: Gal 3:3 - di dalam daging Paulus menyindir sunat yang disanjung-sanjung oleh pewarta-pewarta Injil yang berhaluan Yahudi.
Paulus menyindir sunat yang disanjung-sanjung oleh pewarta-pewarta Injil yang berhaluan Yahudi.
Dapat dimengerti: karunia-karunia, atau: penderitaan.
Jerusalem: Gal 3:12 - -- Memanglah hukum Taurat mengandaikan bahwa dilakukan, bahkan dilakukan secara menyeluruh, Gal 3:10 dan Gal 5:3; bdk Yak 2:10. Hanya hukum Taurat sendir...
Jerusalem: Gal 3:13 - -- Hendak membebaskan manusia dari kutuk hukum Taurat (yaitu kutuk yang menimpa mereka yang melanggar hukum Taurat) yang memberati manusia. Kristus denga...
Hendak membebaskan manusia dari kutuk hukum Taurat (yaitu kutuk yang menimpa mereka yang melanggar hukum Taurat) yang memberati manusia. Kristus dengan rela membiarkan diriNya tertimpa kutuk itu, bdk Rom 8:3+; 2Ko 5:21+; Kol 2:14+. Kesamaan tipis antara Kristus yang disalibkan dan orang yang menurut Ula 21:23 dihukum mati hanya bermaksud menjelaskan pikiran tsb. Sama seperti "Hamba Tuhan", Yes 53, Kristus berkenan membiarkan diriNya dianggap sebagai orang terkutuk oleh orang-orang Yahudi.
Jerusalem: Gal 3:14 - Roh yang telah dijanjikan itu Var: berkat Roh. Artinya: Roh yang merupakan isi berkat Abraham.
Var: berkat Roh. Artinya: Roh yang merupakan isi berkat Abraham.
Jerusalem: Gal 3:16 - "kepada keturunanmu" Kata Ibrani "keturunan" dapat menunjukkan baik seluruh (banyak orang) maupun seorang dari keturunan itu. Arti kata yang mendua itu mengizinkan Paulus ...
Kata Ibrani "keturunan" dapat menunjukkan baik seluruh (banyak orang) maupun seorang dari keturunan itu. Arti kata yang mendua itu mengizinkan Paulus menjelaskan pemikirannya tentang keselarasan antara Perjanjian Lama dan peristiwa Kristus.
Jerusalem: Gal 3:17 - janji itu kehilangan kekuatannya Janji tak bersyarat yang diberikan Allah kepada bapa leluhur dahulu, Kej 12:1; 15:1; Rom 4:13+; Ibr 11:8, di sini dianggap sebagai suatu "wasiat" (kat...
Janji tak bersyarat yang diberikan Allah kepada bapa leluhur dahulu, Kej 12:1; 15:1; Rom 4:13+; Ibr 11:8, di sini dianggap sebagai suatu "wasiat" (kata Yunani yang sama berarti baik perjanjian maupun wasiat), bdk Ibr 9:16-17. Bahkan kalau janji itu mau dianggap sebagai perjanjian yang mewajibkan manusia, namun tidak boleh dianggap perjanjian timbal-balik, Gal 3:20, yang menggantungkan keselamatan pada hukum Taurat yang dilakukan manusia. Allah bertentangan dengan diriNya sendiri, seandainya hukum Taurat tidak membiarkan janji itu tetap janji yang cuma-cuma belaka. Peranan hukum Taurat ialah menyingkapkan dosa (begitulah maksud Gal 3:19) dan menuntun hati nurani manusia kepada kepercayaan Kristus, Gal 3:24-25.
Jerusalem: Gal 3:19 - Ia ditambahkan ... Mengenai maksud ucapan yang tidak diberi keterangan itu, bdk Rom 7:7+, dan catatan pada Gal 3:17. Ada var 19 yang berbunyi sebagai berikut: Kalau demi...
Jerusalem: Gal 3:19 - dengan perantaraan malaikat-malaikat Tradisi Yahudi berkata tentang malaikat-malaikat yang hadir di gunung Sinai waktu hukum Taurat diberikan
Tradisi Yahudi berkata tentang malaikat-malaikat yang hadir di gunung Sinai waktu hukum Taurat diberikan
Jerusalem: Gal 3:20 - sedangkan Allah adalah satu Ciri khas hukum Taurat ialah pengantaraan suatu penengah, sedangkan janji langsung diberikan oleh Allah.
Ciri khas hukum Taurat ialah pengantaraan suatu penengah, sedangkan janji langsung diberikan oleh Allah.
Jang kematianNja disalib satu-satunja sumber keselamatan.
Ende: Gal 3:2 - -- Tentu sadja bagi merekapun penerimaan Roh Kudus diiringi kedjadian-kedjadian
adjaib, seperti diumat-umat lainnja. Baik batjalah Kis 8:17-18; 10:44-46;...
Tentu sadja bagi merekapun penerimaan Roh Kudus diiringi kedjadian-kedjadian adjaib, seperti diumat-umat lainnja. Baik batjalah Kis 8:17-18; 10:44-46; 12:6-11 dll.
Ende: Gal 3:3 - Dalam daging dengan mau bersunat dan diselamatkan oleh perbuatan-perbuatan
jang bersifat lahiriah dan tidak didjiwai Roh Kudus.
dengan mau bersunat dan diselamatkan oleh perbuatan-perbuatan jang bersifat lahiriah dan tidak didjiwai Roh Kudus.
Ende: Gal 3:4 - Kalau sungguh sia-sia Paulus tidak mau pertjaja, bahwa segala itu sebenarnja
sudah sia-sia.
Paulus tidak mau pertjaja, bahwa segala itu sebenarnja sudah sia-sia.
Ende: Gal 3:6 - Sebagai kebenaran Jang dimaksudkan disini, ialah kebenaran dalam arti
Perdjandjian Lama, bukan kebenaran ataskodrati dalam Kristus, seperti jang
diberikan oleh Permandi...
Jang dimaksudkan disini, ialah kebenaran dalam arti Perdjandjian Lama, bukan kebenaran ataskodrati dalam Kristus, seperti jang diberikan oleh Permandian. Batjalah uraian Kata Pendahuluan II fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).
Ende: Gal 3:9 - -- Ini dikatakan terhadap orang-orang Jahudi jang beranggapan, bahwa hal keturunan
djasmani dari Abraham mendjamin akan masuk keradjaan Allah.
Ini dikatakan terhadap orang-orang Jahudi jang beranggapan, bahwa hal keturunan djasmani dari Abraham mendjamin akan masuk keradjaan Allah.
Ende: Gal 3:10 - Dibawah kutuk selalu diantjam hukuman Allah, sebab terlalu sukar bagi
manusia memenuhi segala tuntutan hukum Jahudi.
selalu diantjam hukuman Allah, sebab terlalu sukar bagi manusia memenuhi segala tuntutan hukum Jahudi.
Ende: Gal 3:12 - -- Tekanan kalimat ini terletak pada kata "melaksanakan". Hukum taurat menuntut
perbuatan-perbuatan lahiriah sadja, bukan jang didjiwai kepertjajaan, dan...
Tekanan kalimat ini terletak pada kata "melaksanakan". Hukum taurat menuntut perbuatan-perbuatan lahiriah sadja, bukan jang didjiwai kepertjajaan, dan sebab itu tidak bermutu untuk keselamatan "Hidup" disini bukan berarti mempunjai hidup abadi, melainkan sebagai "tidak mati", atau "tidak dihukum mati".
Ende: Gal 3:13 - Mendjadi kutuk karena kita Atau: ganti kita. Itu searti dengan "didjadikan
dosa bagi (ganti) kita", dalam 2Ko 5:21. Jesus kelihatan disalib
sebagai "jang terkutuk". Ia menanggun...
Atau: ganti kita. Itu searti dengan "didjadikan dosa bagi (ganti) kita", dalam 2Ko 5:21. Jesus kelihatan disalib sebagai "jang terkutuk". Ia menanggung seluruh kutuk dosa manusia dengan segala akibatnja jang membebani umat manusia.
Ende: Gal 3:14 - Dalam Kristus Menurut Gal 3:16 Kristus adalah satu-satunja
keturunan Abraham jang mewarisi djandji Abraham, untuk menjampaikannja kepada
semua orang jang pertjaja a...
Menurut Gal 3:16 Kristus adalah satu-satunja keturunan Abraham jang mewarisi djandji Abraham, untuk menjampaikannja kepada semua orang jang pertjaja akanNja.
kita orang beriman semua, baik jang bersunat maupun jang tak bersunat.
Djandji jang berwudjud penerimaan Roh Kudus.
Ende: Gal 3:15 - Wasiat Djandji Allah kepada Abraham dinamakan wasiat dalam arti, bahwa ia
ditentukan untuk diwarisi turun temurun dan tetap tinggal rahasia sampai pada
waktu...
Djandji Allah kepada Abraham dinamakan wasiat dalam arti, bahwa ia ditentukan untuk diwarisi turun temurun dan tetap tinggal rahasia sampai pada waktu jang ditentukan Allah. Rahasia itu dibuka oleh Kristus sebagai wakil segala ahli waris, dan Ialah jang membagikannja kepada sekalian ahliwaris masing-masing, jaitu kepada segala orang jang pertjaja akan Kristus. Bdl. Gal 3:29; 4:7 dan Rom 8:17
Ende: Gal 3:16 - Tidak dikatakan kepada kepada kaum turunan Itu menurut tafsiran Paulus jang
memang sah.
Itu menurut tafsiran Paulus jang memang sah.
Ende: Gal 3:17-18 - -- Djandji-djandji itu diberikan sebagai anugerah, djadi tidak mungkin kemudian
ditambahi dengan suatu sjarat seperti: Engkau akan diberi bagian dalam dj...
Djandji-djandji itu diberikan sebagai anugerah, djadi tidak mungkin kemudian ditambahi dengan suatu sjarat seperti: Engkau akan diberi bagian dalam djandji itu, kalau engkau tetap melaksanakan segala perintah hukum. Kalau dengan sjarat itu, maka anugerah diubah mendjadi upah.
Ende: Gal 3:19 - Demi pelanggaran-pelanggaran Maksud ungkapan ini agak terang, kalau kita
batja Rom 5:20-21 dan Rom 7:7-13. Maksudnja sebenarnja:
supaja pelanggaran-pelanggaran diperbanjakan. Huku...
Maksud ungkapan ini agak terang, kalau kita batja Rom 5:20-21 dan Rom 7:7-13. Maksudnja sebenarnja: supaja pelanggaran-pelanggaran diperbanjakan. Hukum merupakan suatu pudjian bagi orang Jahudi. Pelangggaran-pelanggaran itu tidak dikehendaki Allah, tetapi dibiarkanNja agar mereka lebih insjaf akan kelemahan dan dosanja, sehingga mereka lebih merindukan kedatangan Penebus dan rela mengikutiNja.
Ende: Gal 3:20 - -- Ajat ini sukar untuk ditafsirkan. Maksudnja barangkali ini: Djandji lebih agung
dari hukum, sebab djandji diberikan langsung oleh Allah sendiri, sedan...
Ajat ini sukar untuk ditafsirkan. Maksudnja barangkali ini: Djandji lebih agung dari hukum, sebab djandji diberikan langsung oleh Allah sendiri, sedangkan hukum dengan perantaraan machluk.
Ref. Silang FULL: Gal 3:1 - orang-orang Galatia // yang bodoh // mempesona kamu // yang disalibkan · orang-orang Galatia: Kis 16:6; Kis 16:6
· yang bodoh: Luk 24:25
· mempesona kamu: Gal 5:7
· yang disalibkan: 1Kor 1:23
Ref. Silang FULL: Gal 3:2 - menerima Roh // hukum Taurat // pemberitaan Injil · menerima Roh: Yoh 20:22; Yoh 20:22
· hukum Taurat: Gal 3:5,10; Gal 2:16
· pemberitaan Injil: Rom 10:17; Ibr 4:2
Ref. Silang FULL: Gal 3:5 - melakukan mujizat // pemberitaan Injil · melakukan mujizat: 1Kor 12:10
· pemberitaan Injil: Gal 3:2,10; Gal 2:16
· melakukan mujizat: 1Kor 12:10
· pemberitaan Injil: Gal 3:2,10; Gal 2:16
Ref. Silang FULL: Gal 3:7 - dari iman // anak-anak Abraham · dari iman: Gal 3:9
· anak-anak Abraham: Luk 3:8; Luk 3:8
· Olehmu: Kej 12:3; 18:18; 22:18; 26:4; Kis 3:25
Ref. Silang FULL: Gal 3:9 - dari iman // beriman itu · dari iman: Gal 3:7; Rom 4:16
· beriman itu: Rom 4:18-22
· dari iman: Gal 3:7; Rom 4:16
· beriman itu: Rom 4:18-22
Ref. Silang FULL: Gal 3:10 - hukum Taurat // bawah kutuk // hukum Taurat · hukum Taurat: Gal 3:2,5; Gal 2:16
· bawah kutuk: Gal 3:13; Rom 4:15; Rom 4:15
· hukum Taurat: Ul 27:26; Yer 11:3
Ref. Silang FULL: Gal 3:11 - hukum Taurat // oleh iman · hukum Taurat: Rom 3:28; Rom 3:28
· oleh iman: Hab 2:4; Rom 9:30; Rom 9:30; Ibr 10:38
Ref. Silang FULL: Gal 3:13 - hukum Taurat // kayu salib · hukum Taurat: Gal 4:5
· kayu salib: Ul 21:23; Kis 5:30; Kis 5:30
Ref. Silang FULL: Gal 3:14 - dalam Dia // menerima Roh · dalam Dia: Rom 4:9,16
· menerima Roh: Gal 3:2; Yoel 2:28; Yoh 20:22; Yoh 20:22; Kis 2:33; Kis 2:33
Ref. Silang FULL: Gal 3:16 - kepada keturunannya // kepada keturunanmu · kepada keturunannya: Kej 17:19; Mazm 132:11; Mi 7:20; Luk 1:55; Rom 4:13,16; 9:4,8; Gal 3:29; 4:28
· kepada keturunanmu: Kej 12:7; 13:...
· kepada keturunannya: Kej 17:19; Mazm 132:11; Mi 7:20; Luk 1:55; Rom 4:13,16; 9:4,8; Gal 3:29; 4:28
· kepada keturunanmu: Kej 12:7; 13:15; 17:7,8,10; 24:7
· puluh tahun: Kej 15:13,14; Kel 12:40; Kis 7:6
Ref. Silang FULL: Gal 3:19 - karena pelanggaran-pelanggaran // datang keturunan // perantaraan malaikat-malaikat // seorang pengantara · karena pelanggaran-pelanggaran: Rom 5:20
· datang keturunan: Gal 3:16
· perantaraan malaikat-malaikat: Ul 33:2; Kis 7:53
&middo...
Ref. Silang FULL: Gal 3:20 - Seorang pengantara · Seorang pengantara: 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 9:15; 12:24
· Seorang pengantara: 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 9:15; 12:24