Teks -- Bilangan 20:1--21:35 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Bil 20:1 - DALAM BULAN PERTAMA.
Nas : Bil 20:1
Peristiwa-peristiwa dalam pasal ini dimulai pada tahun ke-40 setelah
mereka ke luar dari Mesir (lih. ayat Bil 20:22-29; 33:38). Bang...
Nas : Bil 20:1
Peristiwa-peristiwa dalam pasal ini dimulai pada tahun ke-40 setelah mereka ke luar dari Mesir (lih. ayat Bil 20:22-29; 33:38). Bangsa itu telah mengembara di padang gurun selama 39 tahun. Sebagian besar angkatan pertama telah mati tanpa menerima apa yang dijanjikan karena ketidakpercayaan mereka (lih. pasal Bil 13:1-14:45); tidak lama kemudian anak-anak mereka akan memasuki negeri yang dijanjikan.
Full Life: Bil 20:8 - KATAKANLAH ... KEPADA BUKIT BATU ITU.
Nas : Bil 20:8
Musa dan Harun diperintahkan oleh Allah untuk berbicara kepada bukit
batu itu dan bukan memukulnya sebagaimana dilakukan di Horeb
(K...
Nas : Bil 20:8
Musa dan Harun diperintahkan oleh Allah untuk berbicara kepada bukit batu itu dan bukan memukulnya sebagaimana dilakukan di Horeb (Kel 17:1-7;
lihat cat. --> Bil 20:12 selanjutnya).
[atau ref. Bil 20:12]
Full Life: Bil 20:12 - KAMU TIDAK AKAN MEMBAWA JEMAAH INI MASUK KE NEGERI.
Nas : Bil 20:12
Musa dilarang memimpin umat Allah memasuki Kanaan karena ia tidak
mengikuti perintah Tuhan dengan cermat (bd. ayat Bil 20:8 dengan ...
Nas : Bil 20:12
Musa dilarang memimpin umat Allah memasuki Kanaan karena ia tidak mengikuti perintah Tuhan dengan cermat (bd. ayat Bil 20:8 dengan ayat Bil 20:11). Musa merupakan pemimpin rohani umat Allah, yang dipakai Allah ketika memberikan Taurat-Nya. Tanggung jawabnya untuk menaati perintah Tuhan lebih besar karena kedudukan dan pengaruhnya lebih besar (bd. Yak 3:1).
- 1) Musa berdosa dalam dua hal. Pertama, ia berbicara dengan gegabah seakan-akan kemuliaan dan kuasa Allah tinggal di dalam dirinya dan Harun (ayat Bil 20:10; bd. Mazm 106:33). Kedua, kemudian ia bertindak dengan gegabah ketika ia dengan marah memukul batu karang itu dua kali dan bukan dengan berbicara kepadanya sesuai dengan perintah Allah (ayat Bil 20:11).
- 2) Dengan berbicara dan bertindak secara gegabah, Musa menunjukkan bahwa ia tidak mempercayai Allah (ayat Bil 20:12) dan dengan demikian "memberontak" terhadap perintah Allah (ayat Bil 20:24). Pada saat yang kritis itu, Musa kehilangan iman dan ketaatannya, yang selalu menjadi tanggapan yang tepat atas firman Allah yang dinyatakan (bd. Ul 9:23; 1Sam 12:15; 1Raj 13:21; 2Raj 17:14; Mazm 106:33). Lagi pula, Musa tidak memperlakukan Allah sebagai Allah yang kudus dan layak, serta memilih untuk tidak takut kepada-Nya, dan tidak menaati perintah-Nya.
- 3) Melalui ayat-ayat ini Allah mengingatkan semua pelayan Injil bahwa
tanggung jawab mereka untuk menaati firman Allah adalah lebih besar
karena kedudukan dan pengaruh mereka. Sama seperti Musa menjadikan
dirinya tidak layak menuntun bangsa Israel memasuki Kanaan, demikian
pula dengan sikap tidak setia kepada perintah Allah maka hamba-hamba
Allah dewasa ini dapat menjadikan diri tidak layak untuk selamanya dari
bagian kepemimpinan tertentu (1Tim 3:1-7;
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
Full Life: Bil 21:3 - DITUMPAS SAMPAI BINASA.
Nas : Bil 21:3
Melalui Israel, Allah menumpas habis orang-orang Kanaan di Negev.
Kebinasaan total merupakan tindakan-Nya yang adil atas mereka yang...
Nas : Bil 21:3
Melalui Israel, Allah menumpas habis orang-orang Kanaan di Negev. Kebinasaan total merupakan tindakan-Nya yang adil atas mereka yang tidak jemu-jemunya berbuat dosa, ketunasusilaan, kekerasan, dan ketidakbenaran. Sebagai Tuhan atas sejarah, Allah berhak untuk menentukan saat yang terbaik untuk membinasakan orang fasik supaya dapat melaksanakan maksud-Nya menebus umat manusia. Dalam PL Allah sering memakai Israel untuk melaksanakan maksud-Nya ini. Di bawah perjanjian yang baru Ia tidak lagi memakai orang percaya untuk membinasakan orang fasik. Akan tetapi, pada akhir zaman ini, Allah sendiri sekali lagi akan menjatuhkan hukuman atas semua orang yang menolak Kristus dan jalan keselamatan-Nya (pasal Wahy 6:1-19:21).
Full Life: Bil 21:9 - ULAR TEMBAGA.
Nas : Bil 21:9
Kuasa ular tembaga untuk memberi hidup mendahului kematian Yesus
Kristus sebagai korban yang ditinggikan di salib untuk memberi hidu...
Nas : Bil 21:9
Kuasa ular tembaga untuk memberi hidup mendahului kematian Yesus Kristus sebagai korban yang ditinggikan di salib untuk memberi hidup kepada semua orang yang memandang kepada-Nya. Mengenai peristiwa ini Yesus sendiri mengatakan, "Sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal" (Yoh 3:14-15). Mereka yang ingin dibebaskan dari dosa dan menerima keselamatan harus memalingkan hati mereka kepada ketaatan percaya kepada firman Allah di dalam Kristus.
Meriba: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "mengomel".
Horma: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "kebinasaan".
Jerusalem -> Bil 20:1--25:18; Bil 20:1-11; Bil 20:12-13; Bil 20:14; Bil 20:22-29; Bil 21:1-3; Bil 21:1; Bil 21:3; Bil 21:4-9; Bil 21:4; Bil 21:4; Bil 21:6; Bil 21:10-20; Bil 21:14; Bil 21:16; Bil 21:18; Bil 21:21; Bil 21:21; Bil 21:24; Bil 21:27-30; Bil 21:29; Bil 21:30; Bil 21:33
Jerusalem: Bil 20:1--25:18 - -- Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan El...
Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan Elohista. Kedua kumpulan itu mengangkat bahannya dari berbagai tradisi lain yang nadanya agak berbeda satu sama lain. Tradisi-tradisi itu disusun baik secara berurutan maupun dicampuradukkan. Tradisi-tradisi tua ini sukar dipisahkan secara terperinci. Pikiran pokok yang menjiwai keseluruhan ialah: Jemaat yang kudus terus maju dalam perjalanannya, kendati halangan dan rintangan yang dihadapinya.
Jerusalem: Bil 20:1-11 - -- Kisah yang berasal dari tradisi Para Imam ini adalah sejalan dengan Kel 17:1-7. Tetapi ditambah sebuah pokok baru, yaitu hukuman yang dijatuhkan atas ...
Kisah yang berasal dari tradisi Para Imam ini adalah sejalan dengan Kel 17:1-7. Tetapi ditambah sebuah pokok baru, yaitu hukuman yang dijatuhkan atas Musa dan Harun, Bil 20:12-13. Baru di zaman kemudian peristiwa yang diceriterakan di sini dihubungkan dengan Kadesy. Memang tidak mungkin bahwa Kadesy, bdk Bil 13:26, adalah tempat yang sama dengan yang disebut dalam Bil 20:5. namun peristiwa ini memberi Kadesy nama "Meriba (dekat) Kadesy", bdk Bil 27:14, dll.
Jerusalem: Bil 20:12-13 - -- Mana kesalahan Musa dan Harun itu belum juga diketahui. Adakah Musa kurang percaya dengan memukul bukit batu sebanyak dua kali? Unsur ini memang tidak...
Mana kesalahan Musa dan Harun itu belum juga diketahui. Adakah Musa kurang percaya dengan memukul bukit batu sebanyak dua kali? Unsur ini memang tidak ada dalam Kel 17:1-7. Barangkali penyusun ceritera yang berasal dari kalangan Para Imam dengan jalan itu mau menerangkan mengapa Musa dan Harun tidak memasuki Tanah yang dijanjikan. Karena itupun kiranya ia menempatkan peristiwa itu sebelum Harun wafat sambil mengolah ceritera seperlunya. Kembali ia menyinggung peristiwa itu waktu menceritakan wafatnya Musa, Ula 32:51. Menurut Ula 1:37; 3:26; 4:21 Musa dihukum oleh karena rakyat yang dari Kadesy tidak mau langsung memasuki negeri Kanaan, bdk Bil 14.
Jerusalem: Bil 20:14 - Kemudian .... Di sini tradisi-tradisi tua diteruskan, yang bersangkutan dengan berangkatnya umat Israel dari Kadesy, Bil 14:25 dan Bil 14:39+. Hanya di zaman itu wi...
Di sini tradisi-tradisi tua diteruskan, yang bersangkutan dengan berangkatnya umat Israel dari Kadesy, Bil 14:25 dan Bil 14:39+. Hanya di zaman itu wilayah bangsa Edom jauh dari Kadesy (kendati keterangan yang tercantum dalam Bil 20:16). Permohonan kepada orang Edom itu kiranya disampaikan waktu Israel sudah di perjalanan. Tradisi tertua tidak mengatakan apa-apa mengenai jalan yang ditempuh.
Jerusalem: Bil 20:22-29 - -- Kisah ini berasal dari tradisi Para Imam. Letaknya gunung Hor tidak diketahui. Catatan "di perbatasan tanah Edom" adalah sebuah sisipan dari masa pemb...
Kisah ini berasal dari tradisi Para Imam. Letaknya gunung Hor tidak diketahui. Catatan "di perbatasan tanah Edom" adalah sebuah sisipan dari masa pembuangan. Di waktu itu orang Edom yang asli mendiami daerah di seberang timur Araba merambat ke barat juga dengan mendesak wilayah Yehuda, bdk Ula 2:1+.
Jerusalem: Bil 21:1-3 - -- Ceritera ini berasal dari tradisi tua, tetapi disajikan tanpa konteks apapun. Kota Horma, bdk Bil 14:45+, sudah direbut oleh suku Simeon yang langsung...
Ceritera ini berasal dari tradisi tua, tetapi disajikan tanpa konteks apapun. Kota Horma, bdk Bil 14:45+, sudah direbut oleh suku Simeon yang langsung menyerbu dari sebelah selatan, Hak 1:16-17. Kekalahan yang diderita Israel di Horma, Bil 14:39+, terjadi di kemudian hari.
Jerusalem: Bil 21:1 - Raja negeri Arad Ini sebuah tambahan yang disebabkan dekatnya negeri Arad dengan Horma.
Ini sebuah tambahan yang disebabkan dekatnya negeri Arad dengan Horma.
Jerusalem: Bil 21:3 - Horma Nama itu dihubungkan dengan kata dasar (herem) yang berarti: mengkhususkan untuk ditumpas. Bdk Yos 6:7
Nama itu dihubungkan dengan kata dasar (herem) yang berarti: mengkhususkan untuk ditumpas. Bdk Yos 6:7
Jerusalem: Bil 21:4-9 - -- Ceritera ini bersangkutan dengan tambang-tambang tembaga di daerah Araba. Sejak abad ketiga belas seb Mas tambang-tambang itu menghasilkan logam itu. ...
Ceritera ini bersangkutan dengan tambang-tambang tembaga di daerah Araba. Sejak abad ketiga belas seb Mas tambang-tambang itu menghasilkan logam itu. Di Meneiyeh (sekarang:Timna) ditemukan sejumlah besar arca ular kecil dari tembaga yang pasti dipakai sebagai jimat untuk melindungi diri terhadap ular berbisa, sama seperti ular yang dibuat Musa. daerah tambang-tambang di Araba itu terdapat sepanjang jalan dari Kadesy ke Akaba, bdk Bil 21:4+.
Jerusalem: Bil 21:4 - ke arah Laut Teberau Ialah ke jurusan Teluk Akaba, bdk Ula 2:1; 1Ra 9:26. Laut Teberau ini jangan disamakan dengan Laut Teberau yang berperan dalam kisah mengenai keluaran...
Jerusalem: Bil 21:4 - tanah Edom Pada waktu itu daerah di sekitar Teluk Akaba belum secara tetap diduduki orang Edom. Orang Israel menempuh jalan yang lazim untuk mengindari wilayah o...
Pada waktu itu daerah di sekitar Teluk Akaba belum secara tetap diduduki orang Edom. Orang Israel menempuh jalan yang lazim untuk mengindari wilayah orang Edom. Catatan ini satu-satunya petunjuk kuno mengenai perjalanan yang ditempuh orang Israel.
Jerusalem: Bil 21:6 - ular-ular tedung Ini menterjemahkan kata Ibrani saraf. Menurut Yes 30:6 saraf (ular) itu ialah semacam ular yang bersayap dan naga terbang. Dari kata saraf itupun bera...
Jerusalem: Bil 21:10-20 - -- Bagian ini berasal dari zaman belakangan. Maksudnya ialah: melengkapi tradisi tua dengan memanfaatkan keterangan-keterangan yang tercantum dalam Bil 3...
Bagian ini berasal dari zaman belakangan. Maksudnya ialah: melengkapi tradisi tua dengan memanfaatkan keterangan-keterangan yang tercantum dalam Bil 33 (lih catatan) dan Ula 2. Dengan jalan itu perjalanan umat Israel direkonstruksikan. Ke dalam rekonstruksi itu dimasukkan dua petikan dari persajakan Ibrani di zaman dahulu, Bil 21:14-15 dan Bil 21:17-18.
Jerusalem: Bil 21:14 - kitab peperangan TUHAN Ini sebuah kumpulan nyanyian-nyanyian yang meluhurkan masa yang lampau. Kumpulan itu tidak tersedia lagi dan hanya di sini dikutip.
Ini sebuah kumpulan nyanyian-nyanyian yang meluhurkan masa yang lampau. Kumpulan itu tidak tersedia lagi dan hanya di sini dikutip.
Jerusalem: Bil 21:16 - Beer Nama tempat ini hanya disebut di sini. Barangkali kata itu sebenarnya judul pada nyanyian yang dikutip dalam Bil 21:17; beer memang berarti: sumur.
Nama tempat ini hanya disebut di sini. Barangkali kata itu sebenarnya judul pada nyanyian yang dikutip dalam Bil 21:17; beer memang berarti: sumur.
Jerusalem: Bil 21:18 - dari padang gurun mereka ke Matana Rupanya penggubah salah mengerti bagian terakhir sajak: dari padang gurun, itulah sebuah pemberian (matana). Kata matana itu dimengertinya sebagai nam...
Rupanya penggubah salah mengerti bagian terakhir sajak: dari padang gurun, itulah sebuah pemberian (matana). Kata matana itu dimengertinya sebagai nama tempat.
Di sini dilanjutkan tradisi tua yang terputus dalam Bil 20:22
Jerusalem: Bil 21:21 - orang Amori Ini sebuah kerajaan orang Kanaan yang kecil, yang terletak di sebelah utara anak sungai Arnon. Ibu kotanya bernama Hesybon. Waktu diserbu Moab, rajany...
Ini sebuah kerajaan orang Kanaan yang kecil, yang terletak di sebelah utara anak sungai Arnon. Ibu kotanya bernama Hesybon. Waktu diserbu Moab, rajanya Sihon berhasil mengalahkan mereka (kemenangan itu disinggung dalam Bil 21:27-28; bdk Bil 21:27+). Tetapi Sihon sendiri dikalahkan orang Israel.
Jerusalem: Bil 21:24 - sebab batas daerah .... Naskah Ibrani dapat diterjemahkan juga: sebab (kota) Az adalah perbatasan daerah bani Amon. Dalam terjemahan Yunani terbaca: sebab Yazer (terletak pad...
Naskah Ibrani dapat diterjemahkan juga: sebab (kota) Az adalah perbatasan daerah bani Amon. Dalam terjemahan Yunani terbaca: sebab Yazer (terletak pada) perbatasan bani Amon.
Jerusalem: Bil 21:27-30 - -- Sajak ini (Bil 21:30 dalam naskah Ibrani tidak dapat dimengerti dan ternyata rusak) dapat diartikan dengan dua cara: 1. Sajak itu merupakan sebuah nya...
Sajak ini (Bil 21:30 dalam naskah Ibrani tidak dapat dimengerti dan ternyata rusak) dapat diartikan dengan dua cara: 1. Sajak itu merupakan sebuah nyanyian kemenangan yang meluhurkan kemenangan orang Amori (rajanya Sihon) atas orang Moab; nyanyian itu disisipkan sebagai keterangan atas Bil 21:26. Tetapi tafsir ini mengandaikan bahwa Bil 21:30 diperbaiki begitu rupa sehingga dikatakan bahwa Hesybon menghancurkan Moab. 2. Sajak itu berupa lagu kemenangan orang Israel yang disinggung dalam Bil 21:25-26; nyanyian itu meluhurkan kemenangan orang Israel atas Sihon, Bil 21:27 dan Bil 30 (diperbaiki secara lain). Tetapi nyanyian itu mengingatkan kemenangan Sihon atas Moab, Bil 21:28-29: Hesybon memang memakan habis kota-kota Moab, tetapi kita (orang Israel) menghancurkan Hesybon; Bil 21:27 diartikan sebagai ajakan (berupa ejekan), supaya orang datang membangun kembali Hesybon.
Yaitu dewa Kamos.
Jerusalem: Bil 21:30 - Kita Dalam terjemahan ini Bil 21:30 diperbaiki begitu rupa sehingga orang Israel (kita) menghancurkan Hesybon (kerajaan Sihon)
Dalam terjemahan ini Bil 21:30 diperbaiki begitu rupa sehingga orang Israel (kita) menghancurkan Hesybon (kerajaan Sihon)
Jerusalem: Bil 21:33 - untuk berperang Ceritera tentang perang dengan Og bermaksud melengkapi kisah mengenai perebutan daerah seberang Yordan. iapun bermaksud membenarkan setengah suku Mana...
Ceritera tentang perang dengan Og bermaksud melengkapi kisah mengenai perebutan daerah seberang Yordan. iapun bermaksud membenarkan setengah suku Manasye yang menghaki daerah Basyan, meskipun dalam kenyataannya orang Israel tidak pernah menguasai daerah itu. Raja Og adalah seorang tokoh dongengan, Ula 3:11.
Mirjam kiranja meninggal pada achir perdjalanan digurun.
Apakah kesalahan Musa dan Harun kurang djelas.
Ende: Bil 20:13 - -- Meriba berarti: pertengkaran.
Kadesj berarti: kudus (bdk. Bil 20:1).
Allah menjatakan diriNja kudus dengan menghukum.
Meriba berarti: pertengkaran.
Kadesj berarti: kudus (bdk. Bil 20:1).
Allah menjatakan diriNja kudus dengan menghukum.
Ende: Bil 20:14 - saudaramu Menurut Kitab Sutji Edom adalah turunan Esau, kakak Jakub,
mojang Israil.
Menurut Kitab Sutji Edom adalah turunan Esau, kakak Jakub, mojang Israil.
ialah Jahwe sendiri jang menampakkan sendiri.
Ende: Bil 20:17 - air sumur lebih berharga dari pada air dari mataair jang terus mengalir,
oleh sebab air sumur bergantung pada hudjan.
lebih berharga dari pada air dari mataair jang terus mengalir, oleh sebab air sumur bergantung pada hudjan.
Ele'azar ditundjuk sebagai pengganti Harun dalam djabatan keimanan.
Ende: Bil 21:3 - Horma berarti: apa jang diharamkan. Mengharamkan sesuatu ialah
membaktikannja setjara mutlak kepada Allah, sehingga harus dibinasakan. Kiranja
Bil 21:1-3 di...
berarti: apa jang diharamkan. Mengharamkan sesuatu ialah membaktikannja setjara mutlak kepada Allah, sehingga harus dibinasakan. Kiranja Bil 21:1-3 disini tidak pada tempatnja. Kisah Bil 20:22-29 diteruskan Bil 21:4-9.
Ende: Bil 21:4-9 - -- Kisah ini kiranja bermaksud menentang penjembahan ular (dewa jang berupa ular),
jang tersebar disebelah sana. Dewa itu tidak memberikan kehidupan (seb...
Kisah ini kiranja bermaksud menentang penjembahan ular (dewa jang berupa ular), jang tersebar disebelah sana. Dewa itu tidak memberikan kehidupan (sebagaimana diharapkan para pemudjanja) melainkan kematian.
Ende: Bil 21:6 - ular berapi Kata Hibrani berbunji (ular) saraf. Mungkin ular itu adalah
ular bersajap, sematjam naga adjaib.
Kata Hibrani berbunji (ular) saraf. Mungkin ular itu adalah ular bersajap, sematjam naga adjaib.
Ende: Bil 21:14 - -- Kitab Pertempuran Jahwe kiranja suatu kumpulan lagu kuno jang tidak ada lagi.
Lagu jang dikutip disini agak rusak dan sukar diterdjemahkan.
Kitab Pertempuran Jahwe kiranja suatu kumpulan lagu kuno jang tidak ada lagi. Lagu jang dikutip disini agak rusak dan sukar diterdjemahkan.
Ende: Bil 21:16 - -- Ajat ini meneruskan aj. 13.(Bil 21:13)
Kata Hibrani Beer (nama tempat) berarti: sumur.
Ende: Bil 21:27-30 - -- Makna lagu ini tidak selalu kentara. Lagu itu memudji kemenangan Israil atas
orang-orang Amor dan Moab.
Makna lagu ini tidak selalu kentara. Lagu itu memudji kemenangan Israil atas orang-orang Amor dan Moab.
Endetn -> Bil 21:32
Endetn: Bil 21:32 - mengenjahkan diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "memiliki".
diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "memiliki".
Ref. Silang FULL -> Bil 20:1; Bil 20:2; Bil 20:3; Bil 20:4; Bil 20:5; Bil 20:6; Bil 20:8; Bil 20:9; Bil 20:10; Bil 20:11; Bil 20:12; Bil 20:13; Bil 20:14; Bil 20:15; Bil 20:16; Bil 20:17; Bil 20:18; Bil 20:19; Bil 20:20; Bil 20:21; Bil 20:22; Bil 20:23; Bil 20:24; Bil 20:25; Bil 20:26; Bil 20:27; Bil 20:28; Bil 20:29; Bil 21:1; Bil 21:2; Bil 21:3; Bil 21:4; Bil 21:5; Bil 21:6; Bil 21:7; Bil 21:8; Bil 21:9; Bil 21:10; Bil 21:11; Bil 21:12; Bil 21:13; Bil 21:14; Bil 21:15; Bil 21:16; Bil 21:17; Bil 21:20; Bil 21:21; Bil 21:22; Bil 21:23; Bil 21:24; Bil 21:25; Bil 21:26; Bil 21:28; Bil 21:29; Bil 21:30; Bil 21:31; Bil 21:32; Bil 21:33; Bil 21:34; Bil 21:35
Ref. Silang FULL: Bil 20:1 - gurun Zin // Kadesh // Matilah Miryam · gurun Zin: Bil 13:21
· Kadesh: Bil 20:14; Bil 13:26; 33:36; Ul 1:46; Hak 11:17; Mazm 29:8
· Matilah Miryam: Kel 15:20; Kel 15:2...
Ref. Silang FULL: Bil 20:2 - ada air // bagi umat // mereka mengerumuni · ada air: Kel 15:22; Kel 15:22
· bagi umat: Kel 17:1
· mereka mengerumuni: Bil 16:19; Bil 16:19
Ref. Silang FULL: Bil 20:3 - dan bertengkarlah // kami mati // hadapan Tuhan · dan bertengkarlah: Bil 20:13; Kej 13:7; Kej 13:7; Kel 17:2; 21:18
· kami mati: Kel 5:21; Kel 5:21
· hadapan Tuhan: Bil 14:2; Bi...
· dan bertengkarlah: Bil 20:13; Kej 13:7; [Lihat FULL. Kej 13:7]; Kel 17:2; 21:18
· kami mati: Kel 5:21; [Lihat FULL. Kel 5:21]
· hadapan Tuhan: Bil 14:2; [Lihat FULL. Bil 14:2]; Bil 16:31-35
Ref. Silang FULL: Bil 20:4 - padang gurun // di situ · padang gurun: Bil 14:2; Bil 14:2
· di situ: Kel 14:11; Kel 14:11; Bil 14:3; 16:13
· padang gurun: Bil 14:2; [Lihat FULL. Bil 14:2]
· di situ: Kel 14:11; [Lihat FULL. Kel 14:11]; Bil 14:3; 16:13
Ref. Silang FULL: Bil 20:5 - dan delima // tidak ada · dan delima: Bil 13:23; 16:14
· tidak ada: Kel 17:1; Kel 17:1
· dan delima: Bil 13:23; 16:14
Ref. Silang FULL: Bil 20:6 - Kemah Pertemuan // lalu sujud // kemuliaan Tuhan · Kemah Pertemuan: Kel 40:2; Kel 40:2
· lalu sujud: Bil 14:5
· kemuliaan Tuhan: Bil 16:19; Bil 16:19
Ref. Silang FULL: Bil 20:8 - Ambillah tongkatmu // diberi airnya · Ambillah tongkatmu: Kel 4:2; Kel 4:2; Kel 10:12-13; Kel 10:12; Kel 10:13
· diberi airnya: Kel 17:6; Yes 41:18; 43:20; Yer 31:9
· Ambillah tongkatmu: Kel 4:2; [Lihat FULL. Kel 4:2]; Kel 10:12-13; [Lihat FULL. Kel 10:12]; [Lihat FULL. Kel 10:13]
· diberi airnya: Kel 17:6; Yes 41:18; 43:20; Yer 31:9
Ref. Silang FULL: Bil 20:9 - mengambil tongkat // dari hadapan · mengambil tongkat: Bil 17:2
· dari hadapan: Bil 17:10
Ref. Silang FULL: Bil 20:10 - telah mengumpulkan // bukit batu · telah mengumpulkan: Bil 20:8
· bukit batu: Mazm 106:32,33
· telah mengumpulkan: Bil 20:8
· bukit batu: Mazm 106:32,33
Ref. Silang FULL: Bil 20:12 - menghormati kekudusan-Ku // kepada mereka · menghormati kekudusan-Ku: Bil 27:14; Ul 32:51; Yes 5:16; 8:13
· kepada mereka: Bil 20:24; Ul 1:37; 3:27
· menghormati kekudusan-Ku: Bil 27:14; Ul 32:51; Yes 5:16; 8:13
· kepada mereka: Bil 20:24; Ul 1:37; 3:27
Ref. Silang FULL: Bil 20:13 - air Meriba // Israel bertengkar // antara mereka · air Meriba: Kel 17:7; Kel 17:7
· Israel bertengkar: Bil 20:3; Bil 20:3
· antara mereka: Im 10:3; Im 10:3
Ref. Silang FULL: Bil 20:14 - Kadesh // raja Edom // Engkau tahu // segala kesusahan · Kadesh: Bil 20:1; Bil 20:1
· raja Edom: Bil 20:16; Bil 20:16; Kej 25:30; Kej 25:30; Kej 36:16; Kej 36:16
· Engkau tahu: Kej 2...
Ref. Silang FULL: Bil 20:15 - ke Mesir // kami lama // dengan jahat · ke Mesir: Kej 46:6; Kej 46:6
· kami lama: Kej 15:13; Kej 15:13
· dengan jahat: Kel 1:14; Kel 1:14
Ref. Silang FULL: Bil 20:16 - kami berteriak // seorang malaikat // dari Mesir // tepi perbatasanmu · kami berteriak: Kej 16:11; Kej 16:11; Kej 21:17; Kej 21:17; Kel 2:23; Kel 2:23
· seorang malaikat: Kel 14:19
· dari Mesir: Ke...
Ref. Silang FULL: Bil 20:17 - batas daerahmu · batas daerahmu: Bil 20:20; Bil 21:22; Ul 2:27; Hak 11:17
Ref. Silang FULL: Bil 20:18 - orang Edom // dengan pedang · orang Edom: Bil 20:14
· dengan pedang: Bil 21:23
Ref. Silang FULL: Bil 20:19 - dan ternak // akan membayar · dan ternak: Kel 12:38
· akan membayar: Ul 2:6,28
Ref. Silang FULL: Bil 20:20 - kamu lalu // orang Edom · kamu lalu: Bil 20:17,18; Bil 20:17; Bil 20:18
· orang Edom: Bil 20:14
· kamu lalu: Bil 20:17,18; [Lihat FULL. Bil 20:17]; [Lihat FULL. Bil 20:18]
· orang Edom: Bil 20:14
Ref. Silang FULL: Bil 20:21 - dari daerahnya // menyimpang meninggalkannya · dari daerahnya: Bil 21:23
· menyimpang meninggalkannya: Bil 21:4; Ul 2:8; Hak 11:18
Ref. Silang FULL: Bil 20:22 - Kadesh // gunung Hor · Kadesh: Ul 1:46
· gunung Hor: Bil 33:37; 34:7; Ul 32:50
· Kadesh: Ul 1:46
· gunung Hor: Bil 33:37; 34:7; Ul 32:50
Ref. Silang FULL: Bil 20:24 - kaum leluhurnya // kepada titah-Ku // air Meriba · kaum leluhurnya: Kej 25:8; Kej 25:8
· kepada titah-Ku: Bil 20:10; Bil 20:10
· air Meriba: Kel 17:7; Kel 17:7
Ref. Silang FULL: Bil 20:26 - tanggalkanlah pakaian // kaum leluhurnya · tanggalkanlah pakaian: Kel 28:1-4; 40:13; Im 16:4; Im 16:4
· kaum leluhurnya: Bil 20:24; Bil 27:13; 31:2
· tanggalkanlah pakaian: Kel 28:1-4; 40:13; Im 16:4; [Lihat FULL. Im 16:4]
· kaum leluhurnya: Bil 20:24; Bil 27:13; 31:2
Ref. Silang FULL: Bil 20:28 - kepada Eleazar // Lalu matilah · kepada Eleazar: Kel 29:29; Kel 29:29
· Lalu matilah: Bil 20:26; Bil 33:28; Ul 10:6; 32:50
· kepada Eleazar: Kel 29:29; [Lihat FULL. Kel 29:29]
· Lalu matilah: Bil 20:26; Bil 33:28; Ul 10:6; 32:50
Ref. Silang FULL: Bil 20:29 - telah mati // menangisi Harun · telah mati: Ul 32:50
· menangisi Harun: Kej 27:41; Kej 27:41; Im 10:6; Im 10:6; Ul 34:8; Ul 34:8
Ref. Silang FULL: Bil 21:1 - negeri Arad // Tanah Negeb · negeri Arad: Bil 33:40; Yos 12:14
· Tanah Negeb: Kej 12:9; Kej 12:9; Bil 13:17; Ul 1:7; Hak 1:9,16
Ref. Silang FULL: Bil 21:2 - Maka bernazarlah // sampai binasa · Maka bernazarlah: Im 7:16
· sampai binasa: Bil 21:3; Kel 22:20; Ul 2:34; Yos 2:10; 8:26; Yer 25:9; 50:21
· Maka bernazarlah: Im 7:16
· sampai binasa: Bil 21:3; Kel 22:20; Ul 2:34; Yos 2:10; 8:26; Yer 25:9; 50:21
Ref. Silang FULL: Bil 21:3 - orang Kanaan // sampai binasa // dinamai Horma · orang Kanaan: Kej 10:18; Kej 10:18
· sampai binasa: Bil 21:2; Bil 21:2
· dinamai Horma: Bil 14:45; Bil 14:45
Ref. Silang FULL: Bil 21:4 - gunung Hor // Laut Teberau // tanah Edom // tengah jalan · gunung Hor: Bil 20:22
· Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 2:1; 11:4
· tanah Edom: Bil 20:21; Bil 20:21
· tengah jalan: Ul 2:8;...
Ref. Silang FULL: Bil 21:5 - melawan Allah // dari Mesir // gurun ini // ada air // akan makanan · melawan Allah: Mazm 78:19
· dari Mesir: Bil 11:20
· gurun ini: Kel 14:11; Kel 14:11; Bil 14:2,3
· ada air: Bil 20:5
&mid...
· melawan Allah: Mazm 78:19
· dari Mesir: Bil 11:20
· gurun ini: Kel 14:11; [Lihat FULL. Kel 14:11]; Bil 14:2,3
· ada air: Bil 20:5
Ref. Silang FULL: Bil 21:6 - menyuruh ular-ular // yang mati · menyuruh ular-ular: Bil 21:7; Ul 8:15; 32:33; Ayub 20:14; Mazm 58:5; 140:3; Yer 8:17
· yang mati: 1Kor 10:9
· menyuruh ular-ular: Bil 21:7; Ul 8:15; 32:33; Ayub 20:14; Mazm 58:5; 140:3; Yer 8:17
· yang mati: 1Kor 10:9
Ref. Silang FULL: Bil 21:7 - mendapatkan Musa // telah berdosa // kepada Tuhan // Musa berdoa · mendapatkan Musa: Mazm 78:34; Hos 5:15
· telah berdosa: Bil 14:40
· kepada Tuhan: Kel 8:8; 1Sam 7:8; Yer 27:18; 37:3; Kis 8:24
...
· mendapatkan Musa: Mazm 78:34; Hos 5:15
· telah berdosa: Bil 14:40
· kepada Tuhan: Kel 8:8; 1Sam 7:8; Yer 27:18; 37:3; Kis 8:24
Ref. Silang FULL: Bil 21:9 - ular tembaga // ia hidup · ular tembaga: 2Raj 18:4
· ia hidup: Yoh 3:14-15
· ular tembaga: 2Raj 18:4
· ia hidup: Yoh 3:14-15
Ref. Silang FULL: Bil 21:11 - timur Moab · timur Moab: Kej 36:35; Kej 36:35; Bil 33:44; Ul 34:8; Yer 40:11
· lembah Zered: Ul 2:13,14
Ref. Silang FULL: Bil 21:13 - sungai Arnon // orang Amori · sungai Arnon: Bil 22:36; Ul 2:24; Yos 12:1; Hak 11:13,18; 2Raj 10:33; Yes 16:2; Yer 48:20
· orang Amori: Kej 10:16; Kej 10:16
· sungai Arnon: Bil 22:36; Ul 2:24; Yos 12:1; Hak 11:13,18; 2Raj 10:33; Yes 16:2; Yer 48:20
· kitab peperangan: 1Sam 17:47; 18:17; 25:28
· ke Beer: Bil 25:1; 33:49; Hak 9:21; Yes 15:8
Ref. Silang FULL: Bil 21:20 - gunung Pisga · gunung Pisga: Bil 23:14; Ul 3:17,27; 34:1; Yos 12:3; 13:20
· gunung Pisga: Bil 23:14; Ul 3:17,27; 34:1; Yos 12:3; 13:20
Ref. Silang FULL: Bil 21:21 - mengirim utusan // kepada Sihon // orang Amori · mengirim utusan: Kej 32:3; Kej 32:3
· kepada Sihon: Bil 32:33; Ul 1:4; Yos 2:10; 12:2,4; 13:10; Hak 11:19-21; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Maz...
· mengirim utusan: Kej 32:3; [Lihat FULL. Kej 32:3]
· kepada Sihon: Bil 32:33; Ul 1:4; Yos 2:10; 12:2,4; 13:10; Hak 11:19-21; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Mazm 135:11; 136:19; Yer 48:45
Ref. Silang FULL: Bil 21:23 - melalui daerahnya // di Yahas // orang Israel · melalui daerahnya: Bil 20:21
· di Yahas: Ul 2:32; Yos 13:18; 21:36; Hak 11:20; Yes 15:4; Yer 48:21,34
· orang Israel: Bil 20:18...
· melalui daerahnya: Bil 20:21
· di Yahas: Ul 2:32; Yos 13:18; 21:36; Hak 11:20; Yes 15:4; Yer 48:21,34
· orang Israel: Bil 20:18
Ref. Silang FULL: Bil 21:24 - mata pedang // menduduki negerinya // sungai Yabok // bani Amon · mata pedang: Ul 2:33; 3:3; 29:7; Mazm 135:10-11; Am 2:9
· menduduki negerinya: Bil 21:35; Ul 3:4
· sungai Yabok: Kej 32:22; Kej...
· mata pedang: Ul 2:33; 3:3; 29:7; Mazm 135:10-11; Am 2:9
· menduduki negerinya: Bil 21:35; Ul 3:4
· sungai Yabok: Kej 32:22; [Lihat FULL. Kej 32:22]; Bil 32:33; Hak 11:13,22
· bani Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]; Ul 2:37; Yos 13:10
Ref. Silang FULL: Bil 21:25 - lalu menetaplah // orang Amori // di Hesybon · lalu menetaplah: Hak 11:26
· orang Amori: Bil 13:29; Hak 10:11; Am 2:10
· di Hesybon: Bil 21:30; Bil 32:3; Ul 1:4; 29:7; Yos 9:...
· lalu menetaplah: Hak 11:26
· orang Amori: Bil 13:29; Hak 10:11; Am 2:10
· di Hesybon: Bil 21:30; Bil 32:3; Ul 1:4; 29:7; Yos 9:10; 12:2; Yes 15:4; 16:8; Yer 48:2,34
Ref. Silang FULL: Bil 21:26 - kediaman Sihon // orang Amori // raja Moab // sungai Arnon · kediaman Sihon: Bil 21:21; Ul 29:7; Mazm 135:11
· orang Amori: Bil 13:29
· raja Moab: Bil 21:11
· sungai Arnon: Bil 21:1...
Ref. Silang FULL: Bil 21:28 - kediaman Sihon // memakan habis // Ar-Moab // atas bukit-bukit · kediaman Sihon: Yer 48:45
· memakan habis: Bil 11:1; Bil 11:1
· Ar-Moab: Bil 21:15; Bil 21:15
· atas bukit-bukit: Bil 22...
Ref. Silang FULL: Bil 21:29 - ya Moab // bangsa Kamos // orang-orang pelarian // menjadi tawanan · ya Moab: Bil 24:17; 2Sam 8:2; 1Taw 18:2; Mazm 60:10; Yes 25:10; Yer 48:46
· bangsa Kamos: Hak 10:6; 11:24; Rut 1:15; 1Raj 11:7,33; 2Ra...
· ya Moab: Bil 24:17; 2Sam 8:2; 1Taw 18:2; Mazm 60:10; Yes 25:10; Yer 48:46
· bangsa Kamos: Hak 10:6; 11:24; Rut 1:15; 1Raj 11:7,33; 2Raj 23:13; Yer 48:7,46
· orang-orang pelarian: Yes 15:5
· menjadi tawanan: Yes 16:2
Ref. Silang FULL: Bil 21:30 - ke Dibon // ke Medeba · ke Dibon: Bil 32:3; Yos 13:9,17; Neh 11:25; Yes 15:2; Yer 48:18,22
· ke Medeba: Yos 13:16; 1Taw 19:7
· ke Dibon: Bil 32:3; Yos 13:9,17; Neh 11:25; Yes 15:2; Yer 48:18,22
Ref. Silang FULL: Bil 21:32 - orang mengintai // kota Yaezer · orang mengintai: Yos 2:1; 6:22; 7:2; Hak 18:2; 2Sam 10:3; 1Taw 19:3
· kota Yaezer: Bil 32:1,3,35; Yos 13:25; 2Sam 24:5; 1Taw 6:81; Yes...
· orang mengintai: Yos 2:1; 6:22; 7:2; Hak 18:2; 2Sam 10:3; 1Taw 19:3
· kota Yaezer: Bil 32:1,3,35; Yos 13:25; 2Sam 24:5; 1Taw 6:81; Yes 16:8; Yer 48:32
Ref. Silang FULL: Bil 21:33 - raja Basan // raja Basan // ke Edrei · raja Basan: Bil 32:33; Ul 3:3; 31:4; Yos 2:10; 12:4; 13:30; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Mazm 135:11; 136:20
· raja Basan: Ul 3:4; 32:14; Yos ...
· raja Basan: Bil 32:33; Ul 3:3; 31:4; Yos 2:10; 12:4; 13:30; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Mazm 135:11; 136:20
· raja Basan: Ul 3:4; 32:14; Yos 9:10; 1Raj 4:13
· ke Edrei: Ul 1:4; 3:1,10; Yos 12:4; 13:12,31; 19:37