kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 3:1-4 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Percakapan dengan Nikodemus
3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. 3:2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya." 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Nikodemus a man who was a member of the Sanhedrin, and contributed aloes and spices for Jesus's burial
 · Rabuni a title given to teachers and others of an exalted position
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Nikodemus | Yesus | Yohanes, Injil | Lahir, Kelahiran Kembali | Hidup Rohani | Mujizat | Selamat, Keselamatan | Orang Farisi | Baptis, Baptisan | Farisi | Perbuatan Ajaib Yesus | Kristus, Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 3:3 - DILAHIRKAN KEMBALI. Nas : Yoh 3:3 Mengenai pembahasan ajaran Alkitab tentang kelahiran baru, lihat art. PEMBAHARUAN.

Nas : Yoh 3:3

Mengenai pembahasan ajaran Alkitab tentang kelahiran baru,

lihat art. PEMBAHARUAN.

BIS: Yoh 3:3 - kembali kembali: atau dari atas.

kembali: atau dari atas.

Jerusalem: Yoh 3:3 - dilahirkan kembali Terjemahan lain yang kiranya lebih tepat: dilahirkan dari atas

Terjemahan lain yang kiranya lebih tepat: dilahirkan dari atas

Jerusalem: Yoh 3:3 - Kerajaan Allah Istilah yang kerap dipakai para sinoptisi, Mat 4:17+, oleh Yohanes hanya dipakai di sini dan dalam Yoh 3:5. dalam injil Yohanes istilah "hidup" atau "...

Istilah yang kerap dipakai para sinoptisi, Mat 4:17+, oleh Yohanes hanya dipakai di sini dan dalam Yoh 3:5. dalam injil Yohanes istilah "hidup" atau "hidup kekal" searti dengan "Kerajaan Allah" dalam injil-injil lain.

Ende: Yoh 3:1 - Nikodemus ini menurut ajat 10 adalah seorang ahli taurat. Dalam Yoh 7:50 ia tampil kemuka sebagai pengantara bagi Jesus. "Kalangan terkemuka". Jang dimaksudkan ...

ini menurut ajat 10 adalah seorang ahli taurat. Dalam Yoh 7:50 ia tampil kemuka sebagai pengantara bagi Jesus. "Kalangan terkemuka". Jang dimaksudkan tentu mahkamah-agung (Sanhedrin).

Ende: Yoh 3:3 - Keradjaan Allah Istilah ini jang lazim dalam ketiga karangan Indjil jang lain, didalam Jo. hanja terdapat dalam bab ini. Sebagai gantinja Indjil keempat lebih menggun...

Istilah ini jang lazim dalam ketiga karangan Indjil jang lain, didalam Jo. hanja terdapat dalam bab ini. Sebagai gantinja Indjil keempat lebih menggunakan istilah "hidup" dan "hidup abadi" jang memang lebih menjatakan intisari dan hakekat Keradjaan Allah.

Ende: Yoh 3:3 - Dilahirkan pula Utjapan itu masih penuh rahasia bagi Nikodemus. Kita sekarang sudah tahu apa jang dimaksudkan, jaitu kelahiran "dari (dalam) Allah" (Yoh 1:13) mendjad...

Utjapan itu masih penuh rahasia bagi Nikodemus. Kita sekarang sudah tahu apa jang dimaksudkan, jaitu kelahiran "dari (dalam) Allah" (Yoh 1:13) mendjadi anak Allah.

Ref. Silang FULL: Yoh 3:1 - bernama Nikodemus // pemimpin agama · bernama Nikodemus: Yoh 7:50; 19:39 · pemimpin agama: Luk 23:13

· bernama Nikodemus: Yoh 7:50; 19:39

· pemimpin agama: Luk 23:13

Ref. Silang FULL: Yoh 3:2 - Rabi // kami tahu // mengadakan tanda-tanda // tidak menyertainya · Rabi: Mat 23:7; Mat 23:7 · kami tahu: Yoh 3:11 · mengadakan tanda-tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11 · tidak menyertainya: Yoh 10...

· Rabi: Mat 23:7; [Lihat FULL. Mat 23:7]

· kami tahu: Yoh 3:11

· mengadakan tanda-tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

· tidak menyertainya: Yoh 10:38; 14:10,11; Kis 2:22; 10:38

Ref. Silang FULL: Yoh 3:3 - dilahirkan kembali // dilahirkan kembali · dilahirkan kembali: Yoh 1:13; Yoh 1:13 · dilahirkan kembali: Mat 3:2; Mat 3:2

· dilahirkan kembali: Yoh 1:13; [Lihat FULL. Yoh 1:13]

· dilahirkan kembali: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 3:1-21 - -- 3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

Hagelberg: Yoh 3:1-21 - -- 3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

Hagelberg: Yoh 3:1 - -- 3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus261, seorang pemimpin262 agama263 Yahudi. Dia datang sebagai seorang Farisi, seorang pemimpin, bahkan ...

3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus261, seorang pemimpin262 agama263 Yahudi.

Dia datang sebagai seorang Farisi, seorang pemimpin, bahkan dijuluki "pengajar Israel" dalam ayat 10. Seolah-olah bangsa Israel tidak memiliki orang yang lebih hebat daripada Nikodemus. Namun melalui percakapan ini pudarlah pengharapan kita bahwa para pemimpin agama Yahudi akan memihak kepada Tuhan Yesus.264

Hagelberg: Yoh 3:1-15 - -- 5. Yesus dan Nikodemus (3:1-15) Tema iman dikembangkan dalam pasal 3:1-21, pertama melalui ungkapan "lahir baru" yang diuraikan kepada Nikodemus, kemu...

5. Yesus dan Nikodemus (3:1-15)

Tema iman dikembangkan dalam pasal 3:1-21, pertama melalui ungkapan "lahir baru" yang diuraikan kepada Nikodemus, kemudian secara terang-terangan.

Dalam percakapan ini, pengertian lama, pengertian agama Yahudi, akan dikontraskan dengan apa yang ditawarkan oleh Tuhan Yesus. Yang lama menekankan kepentingan kelahiran jasmani. Asal lahir jasmani dalam keluarga Yahudi, orang itu memiliki hubungan yang khusus dengan Allah. Tuhan Yesus menawarkan kelahiran baru, yang mutlak diperlukan untuk menjadi terlibat dalam Kerajaan Allah. Yang lama tidak berarti, harus ada permulaan yang diadakan oleh Roh Allah. Sebenarnya konsep ini sudah diungkapkan dalam pasal 1:13, yang berkata "orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah."

Seperti seorang guru yang mahir, Tuhan Yesus memakai apa yang dimengerti (kelahiran jasmani) sebagai batu loncatan untuk menjelaskan apa yang belum dimengerti (bahwa silsilah dan amal tidak menolong orang untuk mendekat kepada Allah).

Hagelberg: Yoh 3:1 - -- 3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus261, seorang pemimpin262 agama263 Yahudi. Dia datang sebagai seorang Farisi, seorang pemimpin, bahkan ...

3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus261, seorang pemimpin262 agama263 Yahudi.

Dia datang sebagai seorang Farisi, seorang pemimpin, bahkan dijuluki "pengajar Israel" dalam ayat 10. Seolah-olah bangsa Israel tidak memiliki orang yang lebih hebat daripada Nikodemus. Namun melalui percakapan ini pudarlah pengharapan kita bahwa para pemimpin agama Yahudi akan memihak kepada Tuhan Yesus.264

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 3:2 - -- 3:2 Ia datang pada waktu malam265 kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah;266 sebab tidak ada s...

3:2 Ia datang pada waktu malam265 kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah;266 sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu,267 jika Allah tidak menyertainya."

Secara jujur Nikodemus mengungkapkan keterbukaan untuk dilayani oleh Yesus, yang paling tidak dia anggap sebagai guru yang diutus Allah.

Dalam ayat 23 di atas kita telah membaca bahwa di Yerusalem "banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya". Mungkinkah Nikodemus, yang memakai istilah kami, diangkat oleh Yohanes sebagai semacam wakil dari mereka?

Ungkapan jika Allah tidak menyertainya bukan merukapan pengakuan iman yang memadai. Ungkapan ini mirip apa yang dikatakan mengenai Musa dalam Keluaran 3:12, dan Yeremia dalam Yeremia 1:19.

Hagelberg: Yoh 3:2 - -- 3:2 Ia datang pada waktu malam265 kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah;266 sebab tidak ada s...

3:2 Ia datang pada waktu malam265 kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah;266 sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu,267 jika Allah tidak menyertainya."

Secara jujur Nikodemus mengungkapkan keterbukaan untuk dilayani oleh Yesus, yang paling tidak dia anggap sebagai guru yang diutus Allah.

Dalam ayat 23 di atas kita telah membaca bahwa di Yerusalem "banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya". Mungkinkah Nikodemus, yang memakai istilah kami, diangkat oleh Yohanes sebagai semacam wakil dari mereka?

Ungkapan jika Allah tidak menyertainya bukan merukapan pengakuan iman yang memadai. Ungkapan ini mirip apa yang dikatakan mengenai Musa dalam Keluaran 3:12, dan Yeremia dalam Yeremia 1:19.

Hagelberg: Yoh 3:3 - -- 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak diperanakkan268 kembali269, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah...

3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak diperanakkan268 kembali269, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah270."

Dengan satu kalimat Tuhan Yesus menyapu segala dasar keagamaan dan pengertian mengenai Kerajaan Allah yang dimiliki Nikodemus.271 Sejak dia kecil, Nikodemus diajar bahwa di hadapan Allah, dia tidak seperti orang bukan Yahudi, karena dia lahir sebagai orang Yahudi. Mereka berpikir bahwa mereka pasti masuk Kerajaan Allah kecuali mereka murtad atau melakukan kejahatan yang luar biasa.272 Tuhan Yesus sangat menolak pikiran itu. Nikodemus yang beradab, Nikodemus yang agamawi - Nikodemus yang kepadanya dipercayai jabatan - harus diperanakkan kembali. Tuhan Yesus mengajar dia bahwa segala jabatan, amal, dan ketaatan tidak memungkinkan supaya orang dapat melihat Kerajaan Allah. Dalam percakapan ini Tuhan Yesus tidak sopan santun, karena Dia sungguh mau mendorong supaya Nikodemus tidak bersadar pada apa yang dia lakukan. Tuhan Yesus mau menegaskan bahwa setiap orang perlu seorang Juruselamat, termasuk Nikodemus. Kenyataan rohani ini sudah dkemukakan secara sepintas dalam bagian Pendahuluan, pasal 1:13. Percakapan ini dapat dianggap uraian atau penjelasan dari pasal 1:13.

Tema kelahiran baru juga disebutkan dalam Titus 3:5; 1 Petrus 1:3, 23; 1 Yohanes 2:29; 3:9; 4:7; 5:1, 4, dan 18. Kata kerja yang diterjamahkan diperanakkan juga dipakai dalam fasal 1:12-13, yang berkata "Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah." Manusia tidak berusaha untuk diperanakkan, dan dia tidak melakukan sesuatu untuk dilahirkan. Demikian juga manusia tidak dapat melakukan amal suatupun untuk diperanakkan kembali menjadi anak Allah. Ungkapan ini penuh dengan tema kasih karunia.

Pendekatan Nikodemus (ayat 2) mengandung suatu asumpsi, yaitu bahwa dia boleh menilai kelayakan Yesus. Namun Tuhan Yesus menolak pendekatan Nikodemus, dan langsung membicarakan keperluan rohani Nikodemus sendiri.273

Hagelberg: Yoh 3:3 - -- 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak diperanakkan268 kembali269, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah...

3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak diperanakkan268 kembali269, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah270."

Dengan satu kalimat Tuhan Yesus menyapu segala dasar keagamaan dan pengertian mengenai Kerajaan Allah yang dimiliki Nikodemus.271 Sejak dia kecil, Nikodemus diajar bahwa di hadapan Allah, dia tidak seperti orang bukan Yahudi, karena dia lahir sebagai orang Yahudi. Mereka berpikir bahwa mereka pasti masuk Kerajaan Allah kecuali mereka murtad atau melakukan kejahatan yang luar biasa.272 Tuhan Yesus sangat menolak pikiran itu. Nikodemus yang beradab, Nikodemus yang agamawi - Nikodemus yang kepadanya dipercayai jabatan - harus diperanakkan kembali. Tuhan Yesus mengajar dia bahwa segala jabatan, amal, dan ketaatan tidak memungkinkan supaya orang dapat melihat Kerajaan Allah. Dalam percakapan ini Tuhan Yesus tidak sopan santun, karena Dia sungguh mau mendorong supaya Nikodemus tidak bersadar pada apa yang dia lakukan. Tuhan Yesus mau menegaskan bahwa setiap orang perlu seorang Juruselamat, termasuk Nikodemus. Kenyataan rohani ini sudah dkemukakan secara sepintas dalam bagian Pendahuluan, pasal 1:13. Percakapan ini dapat dianggap uraian atau penjelasan dari pasal 1:13.

Tema kelahiran baru juga disebutkan dalam Titus 3:5; 1 Petrus 1:3, 23; 1 Yohanes 2:29; 3:9; 4:7; 5:1, 4, dan 18. Kata kerja yang diterjamahkan diperanakkan juga dipakai dalam fasal 1:12-13, yang berkata "Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah." Manusia tidak berusaha untuk diperanakkan, dan dia tidak melakukan sesuatu untuk dilahirkan. Demikian juga manusia tidak dapat melakukan amal suatupun untuk diperanakkan kembali menjadi anak Allah. Ungkapan ini penuh dengan tema kasih karunia.

Pendekatan Nikodemus (ayat 2) mengandung suatu asumpsi, yaitu bahwa dia boleh menilai kelayakan Yesus. Namun Tuhan Yesus menolak pendekatan Nikodemus, dan langsung membicarakan keperluan rohani Nikodemus sendiri.273

Hagelberg: Yoh 3:4 - -- 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan274, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan di...

3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan274, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"

Nikodemus berusaha untuk mengerti apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus, tetapi nampaknya dia masih terikat dengan latar belakang, pendidikan, dan pengalaman dalam agama Yahudi. Dia bingung,275 kaget bahwa guru yang dia hargai berkata dia harus dilahirkan lagi.

Culpepper276 mencatat bahwa kesalah pahaman yang kedua terjadi, dan Tuhan Yesus sendiri, bukan Yohanes, menjelaskan apa yang Dia maksudkan.

Hagelberg: Yoh 3:4 - -- 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan274, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan di...

3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan274, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"

Nikodemus berusaha untuk mengerti apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus, tetapi nampaknya dia masih terikat dengan latar belakang, pendidikan, dan pengalaman dalam agama Yahudi. Dia bingung,275 kaget bahwa guru yang dia hargai berkata dia harus dilahirkan lagi.

Culpepper276 mencatat bahwa kesalah pahaman yang kedua terjadi, dan Tuhan Yesus sendiri, bukan Yohanes, menjelaskan apa yang Dia maksudkan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 3:1-21 - Percakapan Kristus dengan Nikodemus Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Percakapan Kristus dengan ...

SH: Yoh 3:1-21 - Terpikat oleh karya Allah. (Kamis, 31 Desember 1998) Terpikat oleh karya Allah. Terpikat oleh karya Allah. Pelayanan Tuhan Yesus yang begitu menakjubkan, y...

SH: Yoh 3:1-21 - Iman vs moralisme (Minggu, 30 Desember 2001) Iman vs moralisme Iman vs moralisme. Kepada orang yang memiliki moral dan etika yang tinggi, berita kes...

SH: Yoh 3:1-21 - Keselamatan hanya di dalam Yesus (Rabu, 1 Januari 2014) Keselamatan hanya di dalam Yesus Judul: Keselamatan hanya di dalam Yesus Agama tidak dapat membawa man...

SH: Yoh 3:1-12 - Lahir kembali (Minggu, 1 Januari 2006) Lahir kembali Judul: Lahir kembali Dosa membuat hati rusak dalam pemberontakan terhadap Allah. Ole...

SH: Yoh 3:1-12 - Harus Terlahir Kembali (Selasa, 31 Desember 2019) Harus Terlahir Kembali Kerohanian tidak ditentukan dari gelar yang disandangnya. Ada orang yang memiliki jabatan ...

SH: Yoh 3:1-13 - Dilahirkan kembali? (Selasa, 22 Januari 2008) Dilahirkan kembali? Judul : Dilahirkan kembali? Siapakah Nikodemus? Ia seorang Farisi, suatu kelompok keag...

Utley: Yoh 3:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 3:1-3...

Utley: Yoh 3:4-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 3:4-8...

Topik Teologia: Yoh 3:1 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan adalah Lebih dari Sekada...

Topik Teologia: Yoh 3:2 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Rabi Mar 14:45 ...

Topik Teologia: Yoh 3:3 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 3:4 - -- Roh Kudus Roh yang Melahirbarukan Yoh 3:3-5 ...

TFTWMS: Yoh 3:1-36 - Engkau Harus Dilahirkan Kembali "ENGKAU HARUS DILAHIRKAN KEMBALI" (Yohanes 3:1-36) Kadang-...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 3:1-36) Beginilah ceritanya bahwa George Whitefi...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Hanya di sini kita menemukan perkataan "kerajaan Allah" di dalam Injil Yohanes. Ia m...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA