kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 2:18-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:18 Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. 2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya. 2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, 2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yohanes, Injil | Yesus | Rumah Tuhan | Kristus, Allah | Bangkit, Kebangkitan Kristus | Kuasa Kristus | Yudaisme | Gambaran, Teladan Kristus | Bait Suci Yang Pertama | Manusia | Tritunggal | Raya, Perayaan Paskah | Bait Suci Yang Kedua | Firman Tuhan | Perbuatan Ajaib Yesus | Hukum, Hukum Musa | Hari Raya | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 2:19 - BAIT ALLAH. Nas : Yoh 2:19 Lihat art. BAIT SUCI.

Nas : Yoh 2:19

Lihat art. BAIT SUCI.

Jerusalem: Yoh 2:19 - Jawab Yesus Dalam injil keempat Kristus suka menggunakan kata-kata yang di samping artinya yang biasa (satu-satunya yang dimengerti para pendengar) dapat memperol...

Dalam injil keempat Kristus suka menggunakan kata-kata yang di samping artinya yang biasa (satu-satunya yang dimengerti para pendengar) dapat memperoleh suatu arti lain, arti adikodrati atau kiasan; bdk Yoh 2:21+ (Bait Allah); Yoh 3:4+ (lahir kembali); Yoh 4:15+ (air hidup) Yoh 6:34+ (roti hidup); Yoh 7:35+ (pergi); Yoh 8:33+ (perhambaan); Yoh 11:12 (membangunkan); Yoh 12:34+ (meninggikan); Yoh 13:9+ (membasuh); Yoh 13:36+ dst, (pergi); Yoh 14:22+ (menyatakan diri). Dari sebab itu orang salah tangkap dan Yesus mendapat kesempatan memaparkan ajaranNya lebih jauh. Bdk Yoh 3:11+.

Jerusalem: Yoh 2:20 - empat puluh enam tahun Bait Allah mulai dipugar sekitar th. 19 seb mas. Maka dari itu peristiwa yang diceritakan di sini terjadi waktu paskah sekitar th. 28 Mas.

Bait Allah mulai dipugar sekitar th. 19 seb mas. Maka dari itu peristiwa yang diceritakan di sini terjadi waktu paskah sekitar th. 28 Mas.

Jerusalem: Yoh 2:21 - tubuhNya sendiri Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh...

Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh 19:34. Inipun sebuah lambang utama dalam karangan-karangan Yohanes. Bdk Wah 2:22. Bandingkan Paulus, 1Ko 12:12+.

Ende: Yoh 2:18 - -- Tindakan Jesus ini diberikan pula oleh Joanes sebagai bukti, bahwa Jesus insjaf akan kekuasaanNja jang mutlak sebagai Mesias dan Putera Allah. Perhati...

Tindakan Jesus ini diberikan pula oleh Joanes sebagai bukti, bahwa Jesus insjaf akan kekuasaanNja jang mutlak sebagai Mesias dan Putera Allah. Perhatikanlah ungkapan "rumah BapaKu" dalam Yoh 2:16 tadi.

Ende: Yoh 2:20 - Empatpuluh enam tahun Kenisah itu mulai dibangunkan oleh Herodes dalam tahun 19 seb. Kr.

Kenisah itu mulai dibangunkan oleh Herodes dalam tahun 19 seb. Kr.

Ende: Yoh 2:22 - -- Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta...

Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta oleh ilahi Roh Kudus.

Ende: Yoh 2:24-25 - -- Kepertjajaan jang tiba-tiba tertjetus ketika itu, pada banjak orang masih dangkal sadja dan tidak bertahan lama.

Kepertjajaan jang tiba-tiba tertjetus ketika itu, pada banjak orang masih dangkal sadja dan tidak bertahan lama.

Ref. Silang FULL: Yoh 2:18 - Orang-orang Yahudi // Tanda // bertindak demikian · Orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; Yoh 1:19 · Tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11 · bertindak demikian: Mat 12:38; Mat 12:38

· Orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; [Lihat FULL. Yoh 1:19]

· Tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

· bertindak demikian: Mat 12:38; [Lihat FULL. Mat 12:38]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:19 - tiga hari · tiga hari: Mat 16:21; Mat 16:21; Mat 26:61; 27:40; Mr 14:58; 15:29; Kis 6:14

· tiga hari: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]; Mat 26:61; 27:40; Mr 14:58; 15:29; Kis 6:14

Ref. Silang FULL: Yoh 2:21 - ialah tubuh-Nya · ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19

· ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19

Ref. Silang FULL: Yoh 2:22 - telah dikatakan-Nya // Kitab Suci · telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26 · Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; Luk 24:27

· telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26

· Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; [Lihat FULL. Luk 24:27]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:23 - raya Paskah // orang percaya // melihat tanda-tanda · raya Paskah: Yoh 2:13 · orang percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15 · melihat tanda-tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11

· raya Paskah: Yoh 2:13

· orang percaya: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

· melihat tanda-tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:25 - tentang manusia // hati manusia · tentang manusia: Yes 11:3 · hati manusia: Ul 31:21; 1Raj 8:39; Mat 9:4; Mat 9:4; Yoh 6:61,64; 13:11

· tentang manusia: Yes 11:3

· hati manusia: Ul 31:21; 1Raj 8:39; Mat 9:4; [Lihat FULL. Mat 9:4]; Yoh 6:61,64; 13:11

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 2:18 - -- 2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" Pemimp...

2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"

Pemimpin-pemimpin agama Yahudi245 berhak, ataupun berkewajiban, menyelidiki peristiwa yang baru terjadi di pelataran Bait Allah. Mungkin mereka berpikir, "Sang Mesias berhak membersihkan Bait Allah, tetapi siapakah orang ini?" Perhatian mereka wajar, tetapi sikap mereka tidak benar. Mereka tidak memikirkan kebenaran peristiwa ini. Mereka tidak merenungkan apakah kelakuan Yesus itu benar, apakah pelataran Bait Allah ini perlu dibersihkan dari pedagang-pedagang dan binatang-binatang. Selain itu, mereka menuntut sebuah tanda, seolah-olah Tuhan Allah harus minta ijin dari mereka lebih dulu, sebelum Dia mengutus seorang nabi, ataupun Mesias, untuk membersikah Bait Allah yang mereka punya!246 Permintaan seperti itu tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 2:18-22 - -- 3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22) Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengert...

3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22)

Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengerti) diuraikan oleh Yohanes sebagai pernyataan bahwa Dia akan dibunuh dan bangkit dari antara orang mati.

Hagelberg: Yoh 2:18 - -- 2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" Pemimp...

2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"

Pemimpin-pemimpin agama Yahudi245 berhak, ataupun berkewajiban, menyelidiki peristiwa yang baru terjadi di pelataran Bait Allah. Mungkin mereka berpikir, "Sang Mesias berhak membersihkan Bait Allah, tetapi siapakah orang ini?" Perhatian mereka wajar, tetapi sikap mereka tidak benar. Mereka tidak memikirkan kebenaran peristiwa ini. Mereka tidak merenungkan apakah kelakuan Yesus itu benar, apakah pelataran Bait Allah ini perlu dibersihkan dari pedagang-pedagang dan binatang-binatang. Selain itu, mereka menuntut sebuah tanda, seolah-olah Tuhan Allah harus minta ijin dari mereka lebih dulu, sebelum Dia mengutus seorang nabi, ataupun Mesias, untuk membersikah Bait Allah yang mereka punya!246 Permintaan seperti itu tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Ye...

2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Yesus terhadap mereka yang minta tanda dinyatakan: "Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.'" Bandingkanlah juga Yohanes 6:30 dan Matius 16:3. Dalam Injil Sinoptik Dia berkata bahwa kebangkitan-Nya adalah tanda yang satu-satunya yang disediakan bagi mereka (Matius 12:38-40; 16:1-4; dan Lukas 11:29-30).

Pernyataan ini sangat mengesankan, dan tidak dilupakan. Menghancurkan ataupun merusah sebuah tempat ibadah adalah pelanggaran yang menuntut hukuman mati di lingkaran Yunani dan Romawi.249 Mereka mempergunakan kata-kata ini pada waktu Tuhan Yesus diadili dan disalibkan, tetapi kutipan mereka salah. Dia tidak berkata, "Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini" (Matius 26:60 dst.; 27:40; Markus 14:57-59; dan 15:29). Lihat juga Kisah Para Rasul 6:14.

Tuhan Yesus mengalihkan pokok pembahasan dari Bait Allah yang terdiri dari batu pada Bait Allah yang jauh lebih utama, yaitu tubuh jasmani-Nya. Peralihan itu tidak Dia ucapkan dengan sembarangan, karena apa yang telah mendorong mereka untuk mempertanyakan hak Dia untuk mengusir pedagang dan binatang dari Bait Allah, juga akan mendorong mereka untuk membunuh Dia. Demikian juga kuasa-Nya yang Dia pakai untuk membersihkan Bait Allah tadi juga akan dipakai untuk membangkitkan Dia dari antara orang-orang mati!

Carson250 mengamati bahwa itu penting bahwa Bait Allah dan lingkungannya dipenuhi suasana ibadah yang sejati (pasal 2:13-17), tetapi lebih penting lagi kita mengerti bahwa Bait Allah itu melambangkan dan merujuk pada Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Ye...

2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Yesus terhadap mereka yang minta tanda dinyatakan: "Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.'" Bandingkanlah juga Yohanes 6:30 dan Matius 16:3. Dalam Injil Sinoptik Dia berkata bahwa kebangkitan-Nya adalah tanda yang satu-satunya yang disediakan bagi mereka (Matius 12:38-40; 16:1-4; dan Lukas 11:29-30).

Pernyataan ini sangat mengesankan, dan tidak dilupakan. Menghancurkan ataupun merusah sebuah tempat ibadah adalah pelanggaran yang menuntut hukuman mati di lingkaran Yunani dan Romawi.249 Mereka mempergunakan kata-kata ini pada waktu Tuhan Yesus diadili dan disalibkan, tetapi kutipan mereka salah. Dia tidak berkata, "Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini" (Matius 26:60 dst.; 27:40; Markus 14:57-59; dan 15:29). Lihat juga Kisah Para Rasul 6:14.

Tuhan Yesus mengalihkan pokok pembahasan dari Bait Allah yang terdiri dari batu pada Bait Allah yang jauh lebih utama, yaitu tubuh jasmani-Nya. Peralihan itu tidak Dia ucapkan dengan sembarangan, karena apa yang telah mendorong mereka untuk mempertanyakan hak Dia untuk mengusir pedagang dan binatang dari Bait Allah, juga akan mendorong mereka untuk membunuh Dia. Demikian juga kuasa-Nya yang Dia pakai untuk membersihkan Bait Allah tadi juga akan dipakai untuk membangkitkan Dia dari antara orang-orang mati!

Carson250 mengamati bahwa itu penting bahwa Bait Allah dan lingkungannya dipenuhi suasana ibadah yang sejati (pasal 2:13-17), tetapi lebih penting lagi kita mengerti bahwa Bait Allah itu melambangkan dan merujuk pada Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Yoh 2:20 - -- 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" Mer...

2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

Mereka tidak menangkap peralihan yang Dia ucapkan. Mereka berpikir Dia masih membahas Bait Allah yang dibangun dengan batu-batu. Culpepper252 menjelaskan bahwa di sini kita melihat kesalah pahaman yang pertama dalam Injil Yohanes. Seharusnya mereka mengerti bahwa Dia tidak berbicara mengenai Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, dan mereka mencari arti yang lain, tetapi dalam hal ini mereka gagal.

Proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Raja Herodes sangat terkenal dan sangat mengesankan. Antara lain, pada tahun 20 atau 19 SM dia mulai memperbaiki Bait Allah yang dibangun oleh Zerubabel 500 tahun sebelumnya. Pembangunan Bait Allah selesai pada tahun 63 atau 64.253

Hagelberg: Yoh 2:20 - -- 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" Mer...

2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

Mereka tidak menangkap peralihan yang Dia ucapkan. Mereka berpikir Dia masih membahas Bait Allah yang dibangun dengan batu-batu. Culpepper252 menjelaskan bahwa di sini kita melihat kesalah pahaman yang pertama dalam Injil Yohanes. Seharusnya mereka mengerti bahwa Dia tidak berbicara mengenai Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, dan mereka mencari arti yang lain, tetapi dalam hal ini mereka gagal.

Proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Raja Herodes sangat terkenal dan sangat mengesankan. Antara lain, pada tahun 20 atau 19 SM dia mulai memperbaiki Bait Allah yang dibangun oleh Zerubabel 500 tahun sebelumnya. Pembangunan Bait Allah selesai pada tahun 63 atau 64.253

Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...

2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254

Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.

Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.

Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...

2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254

Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.

Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.

Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.

Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.

Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.

Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.

Hagelberg: Yoh 2:23 - -- 2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diada...

2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.

Yohanes sendiri tidak perlu menceritakan kepada kita mengenai tanda-tanda yang terjadi di Yerusalem. Tidak disangkal bahwa ada iman yang muncul karena melihat tanda-tanda, tetapi mutu iman itu dibahas lebih lanjut.

Hagelberg: Yoh 2:23-25 - -- 4. Iman yang tidak memuaskan (2:23-25) Tiga ayat yang berikut mengemukakan iman banyak orang di Yerusalem. Iman mereka, yang tidak memuaskan Tuhan Yes...

4. Iman yang tidak memuaskan (2:23-25)

Tiga ayat yang berikut mengemukakan iman banyak orang di Yerusalem. Iman mereka, yang tidak memuaskan Tuhan Yesus, berkontras dengan iman murid-murid-Nya yang dikisahkan di atas.

Hagelberg: Yoh 2:23 - -- 2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diada...

2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.

Yohanes sendiri tidak perlu menceritakan kepada kita mengenai tanda-tanda yang terjadi di Yerusalem. Tidak disangkal bahwa ada iman yang muncul karena melihat tanda-tanda, tetapi mutu iman itu dibahas lebih lanjut.

Hagelberg: Yoh 2:24 - -- 2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada ...

2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada mereka berarti mengijinkan supaya mereka menobatkan Dia sebagai raja Israel (bandingkan pasal 12:12-16), tetapi Brown259 mengusulkan bahwa ayat ini berarti iman dan semangat mereka tidak meyakinkan Dia.

Hagelberg: Yoh 2:24 - -- 2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada ...

2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada mereka berarti mengijinkan supaya mereka menobatkan Dia sebagai raja Israel (bandingkan pasal 12:12-16), tetapi Brown259 mengusulkan bahwa ayat ini berarti iman dan semangat mereka tidak meyakinkan Dia.

Hagelberg: Yoh 2:25 - -- 2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia. Sekali lagi kit...

2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

Sekali lagi kita membaca suatu petunjuk yang agak kurang jelas mengenai kematian-Nya.

Dia mengadakan cukup banyak tanda di hadapan mereka, dan tanda-tanda itu menghasilkan iman di dalam hati mereka, tetapi rupanya Dia tidak begitu menghargai iman itu. Tidak dikatakan bahwa iman yang dihasilkan melalui tanda tidak berguna atau jelek, hanya, terbataslah gunanya.260

Dalam nas yang berikut, Tuhan Yesus melayani seseorang yang telah menyaksikan tanda-tanda di Yerusalem.

Hagelberg: Yoh 2:25 - -- 2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia. Sekali lagi kit...

2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

Sekali lagi kita membaca suatu petunjuk yang agak kurang jelas mengenai kematian-Nya.

Dia mengadakan cukup banyak tanda di hadapan mereka, dan tanda-tanda itu menghasilkan iman di dalam hati mereka, tetapi rupanya Dia tidak begitu menghargai iman itu. Tidak dikatakan bahwa iman yang dihasilkan melalui tanda tidak berguna atau jelek, hanya, terbataslah gunanya.260

Dalam nas yang berikut, Tuhan Yesus melayani seseorang yang telah menyaksikan tanda-tanda di Yerusalem.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 2:12-22 - Para Pedagang di Bait Suci Diusir; Kematian dan Kebangkitan Kristus Diberitahukan Para Pedagang di Bait Suci Diusir; Kematian dan Kebangkitan Kristus Diberitahukan (...

Matthew Henry: Yoh 2:23-25 - Keberhasilan Pelayanan Kristus Keberhasilan Pelayanan Kristus (2:23-25) Di sin...

SH: Yoh 2:12-25 - Pengganti yang baru (Selasa, 31 Desember 2013) Pengganti yang baru Judul: Pengganti yang baru Lazimnya, ketika orang hendak mengganti sesuatu, mereka...

SH: Yoh 2:13-25 - Bait Suci dan kesucian Allah. (Rabu, 30 Desember 1998) Bait Suci dan kesucian Allah. Bait Suci dan kesucian Allah. Bait Suci sebagai pusat ibadah berubah men...

SH: Yoh 2:13-25 - Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan (Sabtu, 29 Desember 2001) Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan. Dalam teks hari ini...

SH: Yoh 2:13-25 - Memurnikan agama (Sabtu, 31 Desember 2005) Memurnikan agama Judul: Memurnikan agama Bila esensi beragama sejati adalah relasi yang diperbarui...

SH: Yoh 2:13-25 - Bait Allah (Senin, 31 Desember 2007) Bait Allah Judul : Bait Allah Penyalahgunaan Bait Allah menjadi sorotan Yesus dalam tindakan-Nya saat...

SH: Yoh 2:13-25 - Tanda Cinta (Senin, 30 Desember 2019) Tanda Cinta Ada berapa banyak ekspresi cinta yang kita ketahui dalam relasi lawan jenis? Ada yang memberikan bung...

Utley: Yoh 2:13-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:13-22...

Utley: Yoh 2:23-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:23-25...

Topik Teologia: Yoh 2:19 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

Topik Teologia: Yoh 2:20 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Fakta Kebangkitan Kristus Yesus Memberitahukan Sebel...

Topik Teologia: Yoh 2:21 - -- Yesus Kristus Bait 1Ra 6:1,38 ...

Topik Teologia: Yoh 2:22 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Su...

Topik Teologia: Yoh 2:23 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Sangat Tanggap Di...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "CINTA UNTUK RUMAH-MU" (Yohanes 2:12-22) Pelbagai kisah b...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 2:12-22) Ketika kita membaca Injil Yohanes, kit...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pemberian makan lima ribu orang secara mujizatiah (...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.15 detik
dipersembahkan oleh YLSA