Teks -- Yohanes 17:17 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 17:17
Full Life: Yoh 17:17 - KUDUSKANLAH MEREKA DALAM KEBENARAN.
Nas : Yoh 17:17
"Menguduskan" artinya menjadikan kudus atau mengasingkan. Pada malam
sebelum disalibkan Yesus berdoa supaya umat-Nya menjadi kudus,...
Nas : Yoh 17:17
"Menguduskan" artinya menjadikan kudus atau mengasingkan. Pada malam sebelum disalibkan Yesus berdoa supaya umat-Nya menjadi kudus, terpisah dari dunia dan dosa dengan maksud melayani dan menyembah Allah. Mereka harus terpisah agar dekat dengan Allah, hidup bagi Allah dan meneladani Allah. Pengudusan ini tercapai melalui pengabdian kepada kebenaran yang dinyatakan kepada mereka oleh Roh Kebenaran itu (bd. Yoh 14:17; 16:13). Kebenaran itu adalah baik Firman Allah yang hidup (lih. Yoh 1:1) maupun penyataan Firman Allah yang tertulis
(lihat art. PENGUDUSAN).
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 17:1-26 - -- Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.
Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.
Jerusalem: Yoh 17:17 - Kuduskanlah mereka Secara harafiah: kata kerja "menguduskan" berarti: menyendirikan bagi Allah, membaktikan, menyucikan kepada Allah, bdk Kis 9:13+.
Secara harafiah: kata kerja "menguduskan" berarti: menyendirikan bagi Allah, membaktikan, menyucikan kepada Allah, bdk Kis 9:13+.
Ende -> Yoh 17:17
Ende: Yoh 17:17 - Kuduskanlah mereka Menguduskan disini berarti: mementjilkan mereka dari
dunia untuk dan bekerdja semata-mata bagi Allah sebagai milikNja, "Dalam
kebenaran": supaja merek...
Menguduskan disini berarti: mementjilkan mereka dari dunia untuk dan bekerdja semata-mata bagi Allah sebagai milikNja, "Dalam kebenaran": supaja mereka sendiri tetap kudus dan berpegang pada kebenaran.
Ref. Silang FULL -> Yoh 17:17
Ref. Silang FULL: Yoh 17:17 - adalah kebenaran · adalah kebenaran: Yoh 15:3; Yoh 15:3; 2Sam 7:28; 1Raj 17:24
· adalah kebenaran: Yoh 15:3; [Lihat FULL. Yoh 15:3]; 2Sam 7:28; 1Raj 17:24
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 17:17 - -- 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konte...
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konteks Firman Allah, kata ini menceritakan bahwa Allah adalah lain dari ciptaan-Nya. Dia berbeda dari ciptaan-Nya. Dengan demikian barang-barang ataupun oknum yang dikhususkan bagi Dia dapat disebut "kudus". Menurut pasal 10:36 Tuhan Yesus dikuduskan (atau dikhususkan) untuk tugas supaya Dia diutus ke dalam dunia. Jika mereka dikuduskan (ayat ini), mereka juga dapat diutus (ayat berikut). Ini berarti bahwa mereka, sama seperti Tuhan Yesus, harus dikhususkan untuk tugas yang ditentukan bagi mereka oleh Allah Bapa.
Tugas itu diuraikan dalam ayat berikut, sedangkan ayat ini menceritakan bagaimana caranya mereka dapat dikuduskan atau dikhususkan. Melalui1187 kebenaran mereka dapat dikuduskan. Namun bukan sembarang kebenaran. Kebenaran yang mampu mengkuduskan orang percaya adalah firman Allah. Carson1188 berkata, "Pengikut Tuhan Yesus dikhususkan dari dunia, dan dikhususkan bagi pekerjaan Allah hanya sejauh pikiran dan kelakuan mereka disesuaikan dengan kebenaran, yaitu firman wahyu (ayat 6) yang dinyatakan terutama dalam Tuhan Yesus (Dia sendiri adalah kebenaran menurut pasal 14:6, dan Dia sendiri adalah firman Allah yang menjelma menjadi manusia menurut pasal 1:1 dan 14) yang sekarang tercantum dalam kitab ini." Dengan kata lain, kita harus menghayati firman Allah jika kita ingin dipakai oleh Dia. Jadilah kudus dan khusus melalui pemahaman firman Allah!
Konsep ini, yang Dia katakan kepada mereka sebelum Dia dikhianati, tidak jauh berbeda dari apa yang Dia katakan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dalam pasal 8:31, yaitu bahwa kebenaran memerdekakan.
c. Doa supaya murid-murid-Nya dikuduskan (17:17-19)
Hagelberg: Yoh 17:17 - -- 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konte...
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konteks Firman Allah, kata ini menceritakan bahwa Allah adalah lain dari ciptaan-Nya. Dia berbeda dari ciptaan-Nya. Dengan demikian barang-barang ataupun oknum yang dikhususkan bagi Dia dapat disebut "kudus". Menurut pasal 10:36 Tuhan Yesus dikuduskan (atau dikhususkan) untuk tugas supaya Dia diutus ke dalam dunia. Jika mereka dikuduskan (ayat ini), mereka juga dapat diutus (ayat berikut). Ini berarti bahwa mereka, sama seperti Tuhan Yesus, harus dikhususkan untuk tugas yang ditentukan bagi mereka oleh Allah Bapa.
Tugas itu diuraikan dalam ayat berikut, sedangkan ayat ini menceritakan bagaimana caranya mereka dapat dikuduskan atau dikhususkan. Melalui1187 kebenaran mereka dapat dikuduskan. Namun bukan sembarang kebenaran. Kebenaran yang mampu mengkuduskan orang percaya adalah firman Allah. Carson1188 berkata, "Pengikut Tuhan Yesus dikhususkan dari dunia, dan dikhususkan bagi pekerjaan Allah hanya sejauh pikiran dan kelakuan mereka disesuaikan dengan kebenaran, yaitu firman wahyu (ayat 6) yang dinyatakan terutama dalam Tuhan Yesus (Dia sendiri adalah kebenaran menurut pasal 14:6, dan Dia sendiri adalah firman Allah yang menjelma menjadi manusia menurut pasal 1:1 dan 14) yang sekarang tercantum dalam kitab ini." Dengan kata lain, kita harus menghayati firman Allah jika kita ingin dipakai oleh Dia. Jadilah kudus dan khusus melalui pemahaman firman Allah!
Konsep ini, yang Dia katakan kepada mereka sebelum Dia dikhianati, tidak jauh berbeda dari apa yang Dia katakan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dalam pasal 8:31, yaitu bahwa kebenaran memerdekakan.
Hagelberg: Yoh 17:6-19 - -- 2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19)
Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun D...
2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19)
Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun Dia beralih mendoakan murid-murid-Nya, karena mereka juga menghadapi semacam krisis, dan perlu doa. Dengan demikian kasih-Nya nyata.
Hagelberg: Yoh 17:1-26 - -- D. Doa Yesus (17:1-26)
Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" ata...
D. Doa Yesus (17:1-26)
Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" atau "Doa Kemenangan". Morris1149 menekankan suasana kemenangan yang ditekankan dalam doa ini. Tuhan Yesus menang, karena Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan bagi Dia oleh Allah Bapa.
Pesan perpisahan dapat disertai dengan doa, seperti dalam Kejadian 49, sehingga doa ini tidak boleh dipisahkan dari konteks salib. Tuhan Yesus telah mengajar dan menghiburkan murid-murid-Nya. Melalui doa ini Dia juga meneguhkan iman mereka.
Pasal ini merupakan doa Tuhan Yesus yang Dia sungguh doakan kepada Bapa-Nya, namun unsur ajaran1150 terlihat dalam ayat 13, yang berbunyi, "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka". Unsur ajaran juga terlihat dalam doa-Nya yang tercantum dalam pasal 11:42, yaitu doa Tuhan Yesus di kubur Lazarus: "Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
Injil Yohanes hanya menceritakan isi tiga doa Tuhan Yesus,1151 tetapi doa-Nya di Taman Getsemani tidak dicatat dalam Injil Yohanes. Doa ini dapat dibandingkan dengan doa Tuhan Yesus di Taman Getsemani. Dua doa tersebut saling mengisi. Dalam Yohanes pasal 17 Tuhan Yesus lebih memikirkan pekerjaan-Nya seperti yang diperintahkan oleh Bapa-Nya, dan keadaan murid-murid-Nya yang Dia serahankan ke dalam perlindungan Bapa-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.