kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 11:45-57 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Persepakatan untuk membunuh Yesus
11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: "Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat. 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita." 11:49 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu, berkata kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa-apa, 11:50 dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa." 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai. 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia. 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim, dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya. 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. 11:56 Mereka mencari Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain: "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?" 11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Kayafas the son-in-law of Annas; a high priest of the Jews
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · orang-orang Roma any person or thing associated with Rome, particularly a person who was a citizen of Rome.
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · seorang warganegara Rum any person or thing associated with Rome, particularly a person who was a citizen of Rome.
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Maria | Marta | Lazarus | Yesus | Yohanes, Injil | Imam Besar | Orang Farisi | Nubuat | Pendamaian (Korban Kristus) | Imam Agung atau Imam Besar | Kayafas | Hari Raya | Raya, Perayaan Paskah | Yudea, Pada Zaman Yesus | Sidang, Persidangan Pengadilan | Anak Angkat | Efraim | Roma | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang-orang Kudus | Mujizat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Yoh 11:48 - tempat suci kita Harafiah: tempat kita. Ini dapat berarti baik Yerusalem, baik seluruh negeri, baik Tempat Suci yang unggul, Bait Allah, Mat 24:15; bdk Yes 60:13; 2Ma ...

Harafiah: tempat kita. Ini dapat berarti baik Yerusalem, baik seluruh negeri, baik Tempat Suci yang unggul, Bait Allah, Mat 24:15; bdk Yes 60:13; 2Ma 1:1:29; 2:18; Kis 6:13.

Jerusalem: Yoh 11:50 - bagimu Var: bagi kita. Sejumlah naskah tidak memuatnya sama sekali.

Var: bagi kita. Sejumlah naskah tidak memuatnya sama sekali.

Jerusalem: Yoh 11:51 - pada tahun itu Sejumlah naskah tidak memuat kata ini

Sejumlah naskah tidak memuat kata ini

Jerusalem: Yoh 11:51 - mati untuk bangsa itu Menurut pendapat Kayafas perlulah Yesus dikorbankan untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari bahaya politik yang menurut pendapat Imam Besar ditimbulkan...

Menurut pendapat Kayafas perlulah Yesus dikorbankan untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari bahaya politik yang menurut pendapat Imam Besar ditimbulkan oleh Yesus. Tetapi menurut rencana Allah, Yesus perlu mati demi keselamatan manusia. Bdk Yoh 1:29+.

Jerusalem: Yoh 11:53 - sepakat Var: nekad.

Var: nekad.

Jerusalem: Yoh 11:55 - hari raya Paskah...sudah dekat Yohanes terus menonjolkan hubungan yang ada antara kematian Yesus dengan Paskah, Yoh 13:1; 18:28; 19:14,42

Yohanes terus menonjolkan hubungan yang ada antara kematian Yesus dengan Paskah, Yoh 13:1; 18:28; 19:14,42

Jerusalem: Yoh 11:55 - sebelum Paskah itu Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Ende: Yoh 11:51 - Ia bernubuat Utjapan Kaifas jang tanpa disadari oleh dia sendiri dimaksudkan oleh Allah, sebagai suatu pernjataan jang resmi, bahwa Jesus akan mati untuk keselamat...

Utjapan Kaifas jang tanpa disadari oleh dia sendiri dimaksudkan oleh Allah, sebagai suatu pernjataan jang resmi, bahwa Jesus akan mati untuk keselamatan abadi seluruh umat manusia.

Ende: Yoh 11:54 - Efrem Suatu kota kira-kira 20 km djauhnja dari Jerusalem kearah utara.

Suatu kota kira-kira 20 km djauhnja dari Jerusalem kearah utara.

Ende: Yoh 11:55 - Untuk mentahirkan diri Berarti membersihkan diri dari noda-noda hukum, seperti terhadap ketentuan-ketentuan adat istiadat, atau barangkali disini terhadap larangan tak boleh...

Berarti membersihkan diri dari noda-noda hukum, seperti terhadap ketentuan-ketentuan adat istiadat, atau barangkali disini terhadap larangan tak boleh masuk rumah atau bergaul dengan orang kafir, hal mana sukar dihindari diluar Jerusalem. Mereka disebut "orang nadjis", bukan dalam arti bahwa mereka berdosa, melainkan bahwa mereka tidak boleh turut masuk kenisah atau turut merajakan pesta paska sebelum ditahirkan.

Ref. Silang FULL: Yoh 11:45 - melawat Maria // telah dibuat // percaya kepada-Nya · melawat Maria: Yoh 11:19 · telah dibuat: Yoh 2:23 · percaya kepada-Nya: Kel 14:31; Yoh 7:31; Yoh 7:31

· melawat Maria: Yoh 11:19

· telah dibuat: Yoh 2:23

· percaya kepada-Nya: Kel 14:31; Yoh 7:31; [Lihat FULL. Yoh 7:31]

Ref. Silang FULL: Yoh 11:47 - orang-orang Farisi // Mahkamah Agama // untuk berkumpul // banyak mujizat · orang-orang Farisi: Yoh 11:57 · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22 · untuk berkumpul: Mat 26:3 · banyak mujizat: Yoh 2:1...

· orang-orang Farisi: Yoh 11:57

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

· untuk berkumpul: Mat 26:3

· banyak mujizat: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 11:49 - yaitu Kayafas // tahun itu · yaitu Kayafas: Mat 26:3; Mat 26:3 · tahun itu: Yoh 11:51; Yoh 18:13,14

· yaitu Kayafas: Mat 26:3; [Lihat FULL. Mat 26:3]

· tahun itu: Yoh 11:51; Yoh 18:13,14

Ref. Silang FULL: Yoh 11:50 - ini binasa · ini binasa: Yoh 18:14

· ini binasa: Yoh 18:14

Ref. Silang FULL: Yoh 11:52 - dan mempersatukan · dan mempersatukan: Yes 49:6; Yoh 10:16

· dan mempersatukan: Yes 49:6; Yoh 10:16

Ref. Silang FULL: Yoh 11:53 - membunuh Dia · membunuh Dia: Mat 12:14; Mat 12:14

· membunuh Dia: Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Yoh 11:54 - orang-orang Yahudi · orang-orang Yahudi: Yoh 7:1

· orang-orang Yahudi: Yoh 7:1

Ref. Silang FULL: Yoh 11:55 - raya Paskah // menyucikan diri · raya Paskah: Kel 12:13,23,27; Mat 26:1,2; Mr 14:1; Yoh 13:1 · menyucikan diri: 2Taw 30:17,18

· raya Paskah: Kel 12:13,23,27; Mat 26:1,2; Mr 14:1; Yoh 13:1

· menyucikan diri: 2Taw 30:17,18

Ref. Silang FULL: Yoh 11:56 - mencari Yesus · mencari Yesus: Yoh 7:11

· mencari Yesus: Yoh 7:11

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 11:45 - -- 11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. Ayat...

11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

Ayat ini menceritakan tanggapan yang diharapkan, dan tidak mengherankan kita.

Hagelberg: Yoh 11:45-53 - -- 1. Kesepakatan (11:45-53) Kontras yang nyata dalam tanggapan mereka yang menyaksikan kebangkitan Lazarus adalah kesimpulan dari kontras yang telah dib...

1. Kesepakatan (11:45-53)

Kontras yang nyata dalam tanggapan mereka yang menyaksikan kebangkitan Lazarus adalah kesimpulan dari kontras yang telah dibahas antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak Tuhan Yesus.863 Dalam kasus ini mereka telah melihat belas kasihan-Nya dan kuasa-Nya, namun ada yang menolak dan memihak kepada musuh-Nya. Musuh-Nya tidak menyangkal adanya mukjizat. Dalam pasal 11:47 mereka berkata, "...orang itu membuat banyak mujizat." Namun mereka bersepakat untuk membunuh Dia. Situasi ini mirip situasi yang diceritakan dalam pasal 9. Walaupun ada bukti yang tidak dapat ditolak tidak, mereka masih melawan Dia. Injil Yohanes menjelaskan bahwa orang tidak menolak Tuhan Yesus karena bukti yang kurang.

Lazarus kembali dari maut, dan Yohanes tidak menceritakan mengenai pengalamannya di sana! Dia tidak menceritakan hal itu karena waktu itu, dan masa kini, hal itu tidak penting. Yang penting adalah kesaksian mengenai Dia yang adalah kebangkitan dan hidup.

Hagelberg: Yoh 11:45 - -- 11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. Ayat...

11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

Ayat ini menceritakan tanggapan yang diharapkan, dan tidak mengherankan kita.

Hagelberg: Yoh 11:45-54 - -- B. Keputusan untuk membunuh Yesus (11:45-54)

B. Keputusan untuk membunuh Yesus (11:45-54)

Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)

III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)

Hagelberg: Yoh 11:46 - -- 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. Ayat ini mengherankan. Apakah...

11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu.

Ayat ini mengherankan. Apakah hati manusia begitu buruk, sehingga orang yang telah menyaksikan mukjizat kebangktan dari antara orang mati, dapat melawan Dia yang membangkitkan orang? Jawaban yang benar terlihat dalam peristiwa ini.

Mereka pergi kepada orang-orang Farisi, bukan kepada imam-imam, bukan karena orang Farisi berkuasa membunuh Yesus, tetapi karena imam-iman berada di lapisan atas, dan sulit dihubungi oleh rakyat, sedangkan orang-orang Farisi mudah dicari orang.

Hagelberg: Yoh 11:46 - -- 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. Ayat ini mengherankan. Apakah...

11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu.

Ayat ini mengherankan. Apakah hati manusia begitu buruk, sehingga orang yang telah menyaksikan mukjizat kebangktan dari antara orang mati, dapat melawan Dia yang membangkitkan orang? Jawaban yang benar terlihat dalam peristiwa ini.

Mereka pergi kepada orang-orang Farisi, bukan kepada imam-imam, bukan karena orang Farisi berkuasa membunuh Yesus, tetapi karena imam-iman berada di lapisan atas, dan sulit dihubungi oleh rakyat, sedangkan orang-orang Farisi mudah dicari orang.

Hagelberg: Yoh 11:47 - -- 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab...

11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab orang itu membuat banyak mukjizat.

Demikian perkataan orang-orang yang buta pada Terang. Mereka bingung karena sampai saat itu segala usaha mereka untuk melawan Dia sia-sia. Musa membuat banyak mukjizat, dan Firaun semakin melawan dia. Demikian juga dalam nas ini.

Biasanya orang-orang Farisi tidak senang dengan imam-imam kepala, tetapi mereka bersepakat untuk melawan Tuhan Yesus. Mahkamah Agung dikuasai oleh imam-imam kepala, dan orang-orang Farisi hanya merupakan minoritas. Pemerintah Roma memberikan kuasa atas segala urusan keYahudian di Israel kepada Mahkamah Agung, tetapi mereka tidak berhak menjalankan hukuman maut.

Hagelberg: Yoh 11:47 - -- 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab...

11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab orang itu membuat banyak mukjizat.

Demikian perkataan orang-orang yang buta pada Terang. Mereka bingung karena sampai saat itu segala usaha mereka untuk melawan Dia sia-sia. Musa membuat banyak mukjizat, dan Firaun semakin melawan dia. Demikian juga dalam nas ini.

Biasanya orang-orang Farisi tidak senang dengan imam-imam kepala, tetapi mereka bersepakat untuk melawan Tuhan Yesus. Mahkamah Agung dikuasai oleh imam-imam kepala, dan orang-orang Farisi hanya merupakan minoritas. Pemerintah Roma memberikan kuasa atas segala urusan keYahudian di Israel kepada Mahkamah Agung, tetapi mereka tidak berhak menjalankan hukuman maut.

Hagelberg: Yoh 11:48 - -- 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta ban...

11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita."866

Mereka melihat bahwa Dia semakin popular dengan rakyat, dan mereka tidak dapat menyangkal kuasa-Nya. Mereka tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus tidak mau memimpin pemberontakan melawan Roma, sehingga ketakutan yang mereka ucapkan dalam ayat ini masuk akal. Pasti Pemerintah Roma, yang gagah perkasa, tidak membiarkan pemberontakan yang mereka bayangkan. Mereka jauh lebih senang dengan keadaan yang enak yang mereka nikmati saat itu, dari pada kekacauan politis dan militer yang mereka bayangkan.867

Jadi, motivasi mereka nyata. Mereka tidak melawan Dia demi kepentingan kebenaran dan kemuliaan Allah. Mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri. Mereka siap membunuh, karena, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 8:44, Iblis menjadi bapa mereka, dan Iblis adalah pembunuh sejak semula, dan tidak hidup dalam kebenaran.

Kalimat ini bersifat ironis. Mereka tidak membiarkan Dia, namum pada saat Injil Yohanes ditulis, banyak orang percaya kepada-Nya, juga orang-orang Roma telah datang dan merampas tempat suci mereka serta bangsa mereka. Sifat ironis ini semakin nyata dalam empat ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 11:48 - -- 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta ban...

11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita."866

Mereka melihat bahwa Dia semakin popular dengan rakyat, dan mereka tidak dapat menyangkal kuasa-Nya. Mereka tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus tidak mau memimpin pemberontakan melawan Roma, sehingga ketakutan yang mereka ucapkan dalam ayat ini masuk akal. Pasti Pemerintah Roma, yang gagah perkasa, tidak membiarkan pemberontakan yang mereka bayangkan. Mereka jauh lebih senang dengan keadaan yang enak yang mereka nikmati saat itu, dari pada kekacauan politis dan militer yang mereka bayangkan.867

Jadi, motivasi mereka nyata. Mereka tidak melawan Dia demi kepentingan kebenaran dan kemuliaan Allah. Mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri. Mereka siap membunuh, karena, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 8:44, Iblis menjadi bapa mereka, dan Iblis adalah pembunuh sejak semula, dan tidak hidup dalam kebenaran.

Kalimat ini bersifat ironis. Mereka tidak membiarkan Dia, namum pada saat Injil Yohanes ditulis, banyak orang percaya kepada-Nya, juga orang-orang Roma telah datang dan merampas tempat suci mereka serta bangsa mereka. Sifat ironis ini semakin nyata dalam empat ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 11:49-50 - -- 11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak...

11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu869, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa."

Kayafas menghina mereka, dan menuntut bahwa mereka membunuh Tuhan Yesus, demi kepentingan mereka. Namun perkataannya mengandung arti yang lain. Dia tidak memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat di kayu salib. Dia hanya memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai pemberontak. Demikian juga dia tidak memikirkan kebinasaan di neraka. Dia hanya memikirkan kebinasaan di tangan tentara Roma.

Hagelberg: Yoh 11:49-50 - -- 11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak...

11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu869, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa."

Kayafas menghina mereka, dan menuntut bahwa mereka membunuh Tuhan Yesus, demi kepentingan mereka. Namun perkataannya mengandung arti yang lain. Dia tidak memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat di kayu salib. Dia hanya memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai pemberontak. Demikian juga dia tidak memikirkan kebinasaan di neraka. Dia hanya memikirkan kebinasaan di tangan tentara Roma.

Hagelberg: Yoh 11:51 - -- 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, ...

11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu,

Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi suatu penjelasan kepada para pembaca. Walaupun Kayafas mengucapkan pendapatnya, perkataannya juga berasal dari Allah. Kayafas dan Allah tidak mempunyai maksud yang sama, tetapi dalam ucapan itu kata-kata mereka sama. Dengan demikian ucapan Kayafas sangat ironis. Allah dapat memakai orang jahat untuk melakukan kehendak-Nya.

Rasul Yohanes mengambil kesempatan ini untuk menegaskan Injil Keselamatan sekali lagi, yaitu bahwa Yesus akan mati sebagai korban untuk bangsa itu. Para pembaca mengerti bahwa Dia menjadi Juru Selamat karena Dia mati dan bangkit kembali.

Hagelberg: Yoh 11:51 - -- 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, ...

11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu,

Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi suatu penjelasan kepada para pembaca. Walaupun Kayafas mengucapkan pendapatnya, perkataannya juga berasal dari Allah. Kayafas dan Allah tidak mempunyai maksud yang sama, tetapi dalam ucapan itu kata-kata mereka sama. Dengan demikian ucapan Kayafas sangat ironis. Allah dapat memakai orang jahat untuk melakukan kehendak-Nya.

Rasul Yohanes mengambil kesempatan ini untuk menegaskan Injil Keselamatan sekali lagi, yaitu bahwa Yesus akan mati sebagai korban untuk bangsa itu. Para pembaca mengerti bahwa Dia menjadi Juru Selamat karena Dia mati dan bangkit kembali.

Hagelberg: Yoh 11:52 - -- 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870 Lagipula keselamatan y...

11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870

Lagipula keselamatan yang Dia sediakan melalui kematian-Nya tidak terbatas pada bangsa Yahudi, tetapi disediakan bagi seluruh bangsa. Tema ini telah dikemukakan dalam pasal 10:16, yang berkata bahwa Dia mempunyai domba lain, "yang bukan dari kandang ini", yaitu kandang bangsa Israel.

Dia akan mengumpulkan dan mempersatukan mereka pada akhir zaman, tetapi saat ini mereka telah dikumpulkan dan dipersatukan dalam Tubuh Kristus menurut Efesus 2:11-22; 3:6; dan 4:3-6.

Hagelberg: Yoh 11:52 - -- 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870 Lagipula keselamatan y...

11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870

Lagipula keselamatan yang Dia sediakan melalui kematian-Nya tidak terbatas pada bangsa Yahudi, tetapi disediakan bagi seluruh bangsa. Tema ini telah dikemukakan dalam pasal 10:16, yang berkata bahwa Dia mempunyai domba lain, "yang bukan dari kandang ini", yaitu kandang bangsa Israel.

Dia akan mengumpulkan dan mempersatukan mereka pada akhir zaman, tetapi saat ini mereka telah dikumpulkan dan dipersatukan dalam Tubuh Kristus menurut Efesus 2:11-22; 3:6; dan 4:3-6.

Hagelberg: Yoh 11:53 - -- 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia. Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menj...

11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia.

Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menjadi teratur dan sengaja, dengan motivasi yang jelas. Carson872 mengamati bahwa situasi ini jadi karena tanda kebangkitan Lazarus.

Hagelberg: Yoh 11:53 - -- 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia. Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menj...

11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia.

Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menjadi teratur dan sengaja, dengan motivasi yang jelas. Carson872 mengamati bahwa situasi ini jadi karena tanda kebangkitan Lazarus.

Hagelberg: Yoh 11:54 - -- 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kot...

11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim,873 dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.

Dalam pasal 10:40 mereka mundur ke seberang Yordan karena usaha orang Yahudi untuk menangkap Dia.874 Setelah Lazarus dibangkitkan mereka harus undur lagi, ke daerah dekat padang gurun. Dia tidak pergi karena ketakutan, tetapi karena pelayanan yang lebih lanjut sudah mustahil dalam lingkungan yang begitu melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:54 - -- 2. Tanggapan Yesus (11:54)

2. Tanggapan Yesus (11:54)

Hagelberg: Yoh 11:54 - -- 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kot...

11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim,873 dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.

Dalam pasal 10:40 mereka mundur ke seberang Yordan karena usaha orang Yahudi untuk menangkap Dia.874 Setelah Lazarus dibangkitkan mereka harus undur lagi, ke daerah dekat padang gurun. Dia tidak pergi karena ketakutan, tetapi karena pelayanan yang lebih lanjut sudah mustahil dalam lingkungan yang begitu melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:55 - -- 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum P...

11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu.

Menurut Bilangan 9:6-12 orang yang dinajiskan, misalnya karena mayat, harus ditahirkan supaya layak meningikuti upacara Paskah. Upacara penahiran makan waktu satu minggu, sehingga mereka datang lebih awal untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. Oleh karena itu, suasana kota Yerusalem sudah menjadi ramai.

Hagelberg: Yoh 11:55-57 - -- 1. Lingkungannya: hari raya Paskah (11:55-57) Perjalanan ke Yerusalem setiap tahun diwajibkan bagi setiap orang Yahudi yang dewasa. Yohanes telah meny...

1. Lingkungannya: hari raya Paskah (11:55-57)

Perjalanan ke Yerusalem setiap tahun diwajibkan bagi setiap orang Yahudi yang dewasa. Yohanes telah menyebutkan Paskah dalam pasal 2 dan pasal 6. Mungkin hari raya yang disebutkan dalam pasal 5:1 adalah Paskah juga, tetapi kemungkinan besar Paskah yang disebutkan dalam pasal 11:55 merupakan Paskah yang ke tiga.

Hagelberg: Yoh 11:55 - -- 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum P...

11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu.

Menurut Bilangan 9:6-12 orang yang dinajiskan, misalnya karena mayat, harus ditahirkan supaya layak meningikuti upacara Paskah. Upacara penahiran makan waktu satu minggu, sehingga mereka datang lebih awal untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. Oleh karena itu, suasana kota Yerusalem sudah menjadi ramai.

Hagelberg: Yoh 11:55--12:36 - -- C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)

C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)

Hagelberg: Yoh 11:56 - -- 11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang juga...

11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?"

Ayat ini menekankan suasana keramaian yang ada di Yerusalem pada waktu itu. Mereka yang bertanya, Akan datang jugakah Ia ke pesta? tidak berpikir bahwa Dia berani datang.876 Mereka mengerti bahwa pemimpin agama Yahudi melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:56 - -- 11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang juga...

11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?"

Ayat ini menekankan suasana keramaian yang ada di Yerusalem pada waktu itu. Mereka yang bertanya, Akan datang jugakah Ia ke pesta? tidak berpikir bahwa Dia berani datang.876 Mereka mengerti bahwa pemimpin agama Yahudi melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:57 - -- 11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahuk...

11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.

Rencana mereka untuk membunuh Dia mungkin belum diumumkan, tetapi perintah ini merupakan hasil pertemuan yang diceritakan dalam pasal 11:47-53. Baik penghuni Yerusalem maupun mereka yang datang khusus untuk merayakan Paskah mengerti bahwa Mahkamah Agung hendak bertindak melawan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 11:57 - -- 11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahuk...

11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.

Rencana mereka untuk membunuh Dia mungkin belum diumumkan, tetapi perintah ini merupakan hasil pertemuan yang diceritakan dalam pasal 11:47-53. Baik penghuni Yerusalem maupun mereka yang datang khusus untuk merayakan Paskah mengerti bahwa Mahkamah Agung hendak bertindak melawan Tuhan Yesus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 11:45-57 - Perundingan Kaum Farisi; Nubuat Kayafas; Persekongkolan Melawan Kristus Perundingan Kaum Farisi; Nubuat Kayafas; Persekongkolan Melawan Kristus (11:45-57...

SH: Yoh 11:28-45 - Lazarus, bangkitlah! (Jumat, 24 Februari 2006) Lazarus, bangkitlah! Judul: Lazarus, bangkitlah! Tanpa pengenalan yang benar akan Allah, hidup ini...

SH: Yoh 11:45-57 - Percaya karena mukjizat (Senin, 01 Februari 1999) Percaya karena mukjizat Percaya karena mukjizat. Banyak orang percaya kepada Yesus karena Dia melakuka...

SH: Yoh 11:45-57 - Sidang agama merencanakan pembunuhan (Senin, 4 Maret 2002) Sidang agama merencanakan pembunuhan Sidang agama merencanakan pembunuhan. Perikop ini merupakan kelanjut...

SH: Yoh 11:45-57 - Respons perdana (Minggu, 24 Februari 2008) Respons perdana Judul : Respons perdana Kebangkitan Lazarus memang tidak menjadi bintang utama nas ini, ta...

SH: Yoh 11:45-57 - Puncak konspirasi (Senin, 3 Februari 2014) Puncak konspirasi Judul: Puncak konspirasi Jika satu orang kesal dan ingin membunuh orang lain, itu be...

SH: Yoh 11:45-57 - Matikanlah Kebencian (Selasa, 9 Maret 2021) Matikanlah Kebencian Sikap membenci dapat muncul dalam diri siapa pun; ini didasari oleh sifat iri hati. Kebencia...

SH: Yoh 11:46-57 - Hati yang degil (Sabtu, 25 Februari 2006) Hati yang degil Judul: Hati yang degil Iman yang dangkal membutuhkan banyak tanda dan mukjizat aga...

Utley: Yoh 11:45-46 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:45-46...

Utley: Yoh 11:47-53 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:47-53...

Utley: Yoh 11:54 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:5454 K...

Utley: Yoh 11:55-57 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:55-57...

Topik Teologia: Yoh 11:51 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Kita Ditebus oleh Kristus ...

TFTWMS: Yoh 11:45-46 - Iman Itu Bersifat Memecah-belah IMAN ITU BERSIFAT MEMECAH-BELAH (Yohanes 11:45, 46) Ketika orang-o...

TFTWMS: Yoh 11:48 - Iman Itu Mengancam IMAN ITU MENGANCAM (Yohanes 11:48) Beberapa dari mereka yang telah menyaksi...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "AKU PERCAYA" (Yohanes 11:1-57) Kasih atau cinta selalu b...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 King Duncan, "Faith," Dynamic Illustrations (Knoxville, Tenn.: Seven Worlds P...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.30 detik
dipersembahkan oleh YLSA