Teks -- Yeremia 30:1-8 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yer 30:1--35:3 - FIRMAN YANG DATANG DARI TUHAN.
Nas : Yer 30:1-33:26
Pasal Yer 30:1-33:26 berisi nubuat-nubuat Yeremia tentang
pemulihan di masa depan dan penebusan baik Israel (kerajaan utara) m...
Nas : Yer 30:1-33:26
Pasal Yer 30:1-33:26 berisi nubuat-nubuat Yeremia tentang pemulihan di masa depan dan penebusan baik Israel (kerajaan utara) maupun Yehuda (kerajaan selatan). Nubuat-nubuat Yeremia mencakup pemulihan orang Yahudi dari Babel yang akan terjadi pada waktu dekat dan berbagai peristiwa yang jauh di depan yang berkaitan dengan Mesias pada akhir zaman, saat Kristus akan memerintah atas umat-Nya. Yeremia meyakinkan para buangan Yahudi yang menghadapi masa depan yang rupanya tanpa harapan bahwa umat pilihan Allah tidak akan musnah; suatu sisa akan tetap ada dan melalui mereka Allah akan melaksanakan kehendak-Nya bagi dunia.
Full Life: Yer 30:3 - MENGEMBALIKAN MEREKA KE NEGERI.
Nas : Yer 30:3
Yeremia mempunyai kabar yang baik bagi para buangan -- janji
pemulihan dan pemilikan kembali tanah air mereka. Janji tersebut diberi...
Nas : Yer 30:3
Yeremia mempunyai kabar yang baik bagi para buangan -- janji pemulihan dan pemilikan kembali tanah air mereka. Janji tersebut diberikan kepada kerajaan utara (Israel) dan selatan (Yehuda). Dari antara para buangan yang terlantar dan dimurnikan oleh pengalaman penawanan mereka akan datang kaum sisa Allah, yang kemudian akan memberikan harapan kepada seluruh umat manusia.
Full Life: Yer 30:7 - WAKTU KESUSAHAN BAGI YAKUB.
Nas : Yer 30:7
Ayat-ayat yang mengikuti frasa ini menunjukkan bahwa Yeremia
berbicara tentang waktu kesengsaraan bangsa Yahudi di masa depan (bd.
Y...
Nas : Yer 30:7
Ayat-ayat yang mengikuti frasa ini menunjukkan bahwa Yeremia berbicara tentang waktu kesengsaraan bangsa Yahudi di masa depan (bd. Yes 2:12-21; Yeh 30:3; Dan 9:27; Yoel 1:15; Za 14:1-8,12-15; Mat 24:21). Dari waktu kesusahan besar itu suatu sisa bangsa Israel akan diselamatkan; mereka akan dibebaskan dari para penindas mereka (ayat Yer 30:8) untuk melayani Allah dan Mesias (ayat Yer 30:9). Kesusahan Yakub akan berakhir pada saat kedatangan Kristus untuk mendirikan kerajaan-Nya di bumi (Wahy 19:11-21; 20:4-6).
Jerusalem: Yer 30:1 - Firman yang datang dari TUHAN Bagian kitab Yeremia berikut ini, Yer 30:1-31:40, sering diberi berjudul: "Kitab Penghibur", oleh karena memuat nubuat-nubuat tentang keselamatan yang...
Bagian kitab Yeremia berikut ini, Yer 30:1-31:40, sering diberi berjudul: "Kitab Penghibur", oleh karena memuat nubuat-nubuat tentang keselamatan yang akan datang. Bagian terbesar Kitab Penghiburan itu ditulis, bdk Yer 30:2, pada waktu antara pembaharuan agama yang dimulai raja Yosia pada th 622 dan mangkatnya raja itu pada th 609. Pembaharuan agama yang bertumpu pada kitab Ulangan itu, bdk 2Ra 22:3-23:24, membangkitkan baik kepercayaan murni kepada TUHAN dengan menyingkirkan campuran agama yang disebarluaskan oleh raja Manasye, maupun pengharapan nasional dan semangat kebangsaan. Kemerosotan yang dialami negeri Asyur pada masa itu memberi raja Yosia kesempatan merebut kembali daerah Samaria dan Galilea, 2Ra 23:15,19; 2Ta 35:18. Maka bangkitlah pengharapan bahwa orang-orang Israel yang pada th 721 masuk pembuangan akan kembali kepada kerajaan yang dipulihkan seperti adanya pada masa raja Daud dahulu. Sajak-sajak yang tercantum dalam Yer 30:1-31:40 mengungkapkan pengharapan itu. Tuhan tetap mengasihi umat Israel di bagian utara negeri, Yer 31:3; 15-20 bdk Hos 11:8-9; Ia membawa kaum buangan kembali ke tanah airnya, Yer 30:3; 31:2-14; bdk Hos 10:11; semua bersatu kembali di sekitar Sion, Yer 31:6; bdk Yer 11:10-16. Di kemudian hari nubuat-nubuat tentang kembalinya umat itu disadur begitu rupa sehingga mencakup juga bangsa Yehuda yang dalam pada itu juga masuk pembuangan. Ditambahkan nubuat-nubuat, Yer 30:8-9; 31:1; 23-26; 27-28, dan beberapa sisipan Yer 30:3,4; 31:31, sehingga Yehuda disambung dengan Israel. Begitulah Kitab Penghiburan nabi Yeremia diberi makna baru dan terakhir, sehingga merangkum juga zaman Mesias; Israel dan Yehuda dipersatukan kembali, bdk Yer 3:18+, dan bersama-sama di negerinya sendiri mereka berbakti kepada Tuhan dan diperintah oleh raja Daud, Yer 30:9. Dikumpulkannya umat Israel yang terpencar-pencar menjadi suatu gagasan penting dalam pekabaran nabi-nabi yang tampil di masa pembuangan, Yes 43:5 dst; Yer 49:5-6,12,18-23, dll; Yeh 11:17; 20:34; 28:25; 34:12-13, dll, dan sesudahnya, Zak 10:6-12; bdk Yoh 11:52.
Jerusalem: Yer 30:8-9 - -- Kedua ayat ini merupakan suatu sisipan yang bermaksud memperluas nubuat keselamatan ini begitu rupa sehingga merangkum seluruh Israel (begitu pula mak...
Jerusalem: Yer 30:8 - kuk Ini menurut terjemahan Yunani dan Latin. Dalam naskah Ibrani tertulis: kuknya
Ini menurut terjemahan Yunani dan Latin. Dalam naskah Ibrani tertulis: kuknya
Jerusalem: Yer 30:8 - tengkuk mereka.... tali pengikat mereka Dalam naskah Ibrani tertulis; tengkukmu... tali pengikatmu
Dalam naskah Ibrani tertulis; tengkukmu... tali pengikatmu
Jerusalem: Yer 30:8 - mereka tidak akan mengabdi Ini dapat diperbaiki menjadi: kamu tidak akan mengabdi.
Ini dapat diperbaiki menjadi: kamu tidak akan mengabdi.
Ende -> Yer 30:1--31:40; Yer 30:5-7
Ende: Yer 30:1--31:40 - -- Kedua fasal ini merupakan suatu kesatuan tersendiri, jang memperbintjangkan masa
depan umat Jahwe (baik Israil maupun Juda) jakni pemulihan nasibnja j...
Kedua fasal ini merupakan suatu kesatuan tersendiri, jang memperbintjangkan masa depan umat Jahwe (baik Israil maupun Juda) jakni pemulihan nasibnja jang mulai dengan pulangnja dari pembuangan. Disana sini salah satu ajat merupakan tambahan. Beberapa ahli berpendapat, bahwa nubuat2 ini diutjap Jeremia antara th.621 dan 609, djadi waktu pembaharuan agama jang dilaksanakan radja Josjijahu, jang meluaskan kekuasaannja djuga atas bekas keradjaan Israil (sedjak 721 dalam pembuangan). Pembaharuan agama itu mendjadi dasar pengharapan jang ketara dalam fasal2 ini. Menurut ahli2 itu semua jang mengenai Juda kemudian ditambahkan. Ahli2 lain berpendapat - kiranja dengan lebih tepat djuga - bahwa nubuat2 ini diutjapkan Jeremia sesudah pembuangan Juda jang pertama (th. 598). Meskipun Jeremia biasanja mengantjam sadja,tapi ia toh menaruh harapan djuga dan kepastian mengenai masa depan jang bahagia (Yer 29:10-14). Pengharapan itu tidak diutjapkan didepan umum, tapi ditulis (Yer 30:1) dan dimaklumkan kepada beberapa orang sadja.
Ende: Yer 30:5-7 - -- Israil tidak dapat dibebaskan tanpa keruntuhan (politik) (Yer 30:8)
musuh2 jang membuangnja itu. Keruntuhan itu disini dilukiskan dengan bahasa
penghe...
Israil tidak dapat dibebaskan tanpa keruntuhan (politik) (Yer 30:8) musuh2 jang membuangnja itu. Keruntuhan itu disini dilukiskan dengan bahasa penghebat.
Endetn -> Yer 30:6
Endetn: Yer 30:6 - mendjadi Kata Hibrani termasuk kedalam aj. Yer 30:7, pada hal terdjemahan Junani (dalam bentuk lain) memasukkannja kedalam aj. Yer 30:6. Agaknja kata itu harus...
Ref. Silang FULL: Yer 30:2 - Israel: Tuliskanlah · Israel: Tuliskanlah: Yes 30:8; Yes 30:8; Yer 36:2; Yer 36:2
Ref. Silang FULL: Yer 30:3 - sesungguhnya, waktunya // akan memulihkan // akan mengembalikan · sesungguhnya, waktunya: Yer 16:14; Yer 16:14; Yer 24:6; Yer 24:6
· akan memulihkan: Yer 16:15; Yer 16:15
· akan mengembalikan...
· jerit kegentaran: Yer 6:25
Ref. Silang FULL: Yer 30:6 - yang melahirkan // menjadi pucat · yang melahirkan: Yer 4:31; Yer 4:31
· menjadi pucat: Yes 29:22; Yes 29:22
Ref. Silang FULL: Yer 30:7 - hebatnya hari // waktu kesusahan // akan diselamatkan · hebatnya hari: Yes 2:12; Yes 2:12
· waktu kesusahan: Yes 22:5; Yes 22:5; Zef 1:15
· akan diselamatkan: Yer 30:10; Yer 23:3
Ref. Silang FULL: Yer 30:8 - mematahkan kuk // memutuskan tali-tali // dan mereka · mematahkan kuk: Yes 9:3; Yes 9:3
· memutuskan tali-tali: Mazm 107:14
· dan mereka: Yer 25:14; 27:7; Yeh 34:27
· mematahkan kuk: Yes 9:3; [Lihat FULL. Yes 9:3]
· memutuskan tali-tali: Mazm 107:14
· dan mereka: Yer 25:14; 27:7; Yeh 34:27