kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 5:1-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kitab yang dimeterai dan Anak Domba
5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai. 5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya?" 5:3 Tetapi tidak ada seorangpun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya. 5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorangpun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya. 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya." 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus. 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa, 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Wahyu | Surga | Lihat, Penglihatan | Pimpin, Pemimpin, Pemuka | Mulia, Kemulian Kristus | Malaikat | Pendamaian (Korban Kristus) | Anak Domba | Singa | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Musik | Kristus, Allah | Kitab | Tebus, Penebusan | Pahala Orang-Orang Kudus | Puji-Pujian | Tanduk | Doa | Kemenyan | Imam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 5:1 - SEBUAH GULUNGAN KITAB. Nas : Wahy 5:1 Gulungan kitab ini sangat penting karena berisi penyataan dari apa yang telah Allah tetapkan untuk nasib akhir dunia dan umat manusi...

Nas : Wahy 5:1

Gulungan kitab ini sangat penting karena berisi penyataan dari apa yang telah Allah tetapkan untuk nasib akhir dunia dan umat manusia. Kitab ini menerangkan bagaimana dunia ini akan dihukum dan menggambarkan kemenangan akhir dari Allah dan umat-Nya atas segala kejahatan. Bilamana setiap meterai itu dibuka, suatu bagian isi kitab itu dinyatakan dalam sebuah penglihatan (pasal Wahy 6:1-17; bd. Yeh 2:9-10).

Full Life: Why 5:4 - MENANGISLAH AKU DENGAN AMAT SEDIHNYA. Nas : Wahy 5:4 Yohanes menangis karena ia mengetahui bahwa apabila tidak ditemukan seorang yang layak untuk membuka kitab itu, maka maksud Allah un...

Nas : Wahy 5:4

Yohanes menangis karena ia mengetahui bahwa apabila tidak ditemukan seorang yang layak untuk membuka kitab itu, maka maksud Allah untuk penghakiman dan berkat bagi dunia ini akan tetap tidak digenapi.

Full Life: Why 5:5 - SINGA DARI SUKU YEHUDA. Nas : Wahy 5:5 Kristus dilukiskan seperti Singa, yang menunjukkan bahwa Ia akan memerintah segenap bumi. Ia berasal dari suku Yehuda dan keturunan ...

Nas : Wahy 5:5

Kristus dilukiskan seperti Singa, yang menunjukkan bahwa Ia akan memerintah segenap bumi. Ia berasal dari suku Yehuda dan keturunan keluarga Daud. Gelar-gelar Yesus sebagai Mesias yang berkemenangan (Kej 49:9-10) dan raja yang kekal ini selaras dengan janji-janji yang telah dibuat dengan Daud (Yes 11:1,10).

Full Life: Why 5:6 - SEPERTI TELAH DISEMBELIH. Nas : Wahy 5:6 Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan dir...

Nas : Wahy 5:6

Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan diri-Nya di salib bagi dosa umat manusia. Ini menunjukkan bahwa kelayakan, kuasa, wewenang, dan kemenangan Kristus itu datang dari kematian-Nya sebagai korban (ayat Wahy 5:9-14). "Anak Domba" merupakan simbol yang paling menonjol dalam kitab Wahyu untuk Kristus (mis. ayat Wahy 5:6-7; 12:11; Wahy 15:3; 17:14; 21:22; 22:1,3). Hukuman Kristus akan berlaku bagi mereka yang menolak korban-Nya sebagai Anak Domba Allah (Wahy 6:16-17). "Ketujuh tanduk" itu melambangkan kuasa dan kekuatan seorang penguasa (1Raj 22:11; Dan 7:24); tentang "ketujuh roh",

lihat cat. --> Wahy 4:5.

[atau ref. Wahy 4:5]

Full Life: Why 5:8 - DOA ORANG-ORANG KUDUS. Nas : Wahy 5:8 Hal ini menunjuk kepada syafaat orang kudus bagi kedatangan kerajaan itu ketika mereka akan ikut memerintah di bumi (ayat Wahy 5:9-1...

Nas : Wahy 5:8

Hal ini menunjuk kepada syafaat orang kudus bagi kedatangan kerajaan itu ketika mereka akan ikut memerintah di bumi (ayat Wahy 5:9-10). Doa mereka ialah, "Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Mat 6:10;

lihat cat. --> Mat 6:6;

lihat cat. --> 2Pet 3:12;

[atau ref. Mat 6:6; 2Pet 3:12]

bd. Mazm 141:2).

BIS: Why 5:3 - di bawah bumi di bawah bumi: dunia orang mati (lih. Wah 1:18).

di bawah bumi: dunia orang mati (lih. Wah 1:18).

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 5:1 - -- Meterai-meterainya dibuka satu demi satu, lalu keputusan-keputusan itu terlaksana, dalam bab 6-9. Memperkenalkan Anak Domba yang dekat pada takhta All...

Meterai-meterainya dibuka satu demi satu, lalu keputusan-keputusan itu terlaksana, dalam bab 6-9. Memperkenalkan Anak Domba yang dekat pada takhta Allah, bab 5, termasuk dalam ibadat sorgawi, bab 4.

Jerusalem: Why 5:2 - Siapakah yang layak Layak adalah Dia yang dalam percobaan dengan perbuatan-perbuatanNya telah membuktikan diriNya layak, Wah 5:9,12.

Layak adalah Dia yang dalam percobaan dengan perbuatan-perbuatanNya telah membuktikan diriNya layak, Wah 5:9,12.

Jerusalem: Why 5:3 - yang di bawah bumi Ialah dunia orang mati, Hades, Wah 1:18+.

Ialah dunia orang mati, Hades, Wah 1:18+.

Jerusalem: Why 5:5 - telah menang Artinya mengalahkan Iblis dan dunia, bdk Yoh 3:35+; 1Yo 2:14+.

Artinya mengalahkan Iblis dan dunia, bdk Yoh 3:35+; 1Yo 2:14+.

Jerusalem: Why 5:6 - Anak Domba Dengan mengganti berbagai gelar Mesias, Wah 5:5, gelar Anak Domba tampil di sini sebagai gelar Kristus dan selanjutnya oleh Wahyu masih akan dipakai t...

Dengan mengganti berbagai gelar Mesias, Wah 5:5, gelar Anak Domba tampil di sini sebagai gelar Kristus dan selanjutnya oleh Wahyu masih akan dipakai tiga puluh kali lebih. Anak Domba itu telah disembelih guna keselamatan umat terpilih, bdk Yoh 1:29+; Yes 53:7. Ia masih membawa bekas-bekas penderitaanNya, tetapi berdiri sebagai pemenang, Kis 7:55, yang mengalahkan maut, Wah 1;18, dan oleh karena itu menjadi penyerta Allah sebagai Penguasa seluruh umat manusia, Wah 5:13; dll; bdk bab 21-22; Rom 1:4+, dll

Jerusalem: Why 5:6 - tanduk tujuh... Tanduk itu melambangkan kekuasaan, dan mata itu mengibaratkan pengetahuan. Dua-duanya sepenuh-penuhnya (angka tujuh) dimiliki Kristus.

Tanduk itu melambangkan kekuasaan, dan mata itu mengibaratkan pengetahuan. Dua-duanya sepenuh-penuhnya (angka tujuh) dimiliki Kristus.

Jerusalem: Why 5:9 - membeli mereka bagi Allah Var: membeli kami, atau: membeli kami bagi Allah. Var ini mengandaikan bahwa tua-tua itu adalah manusia, barangkali para bapa bangsa Perjanjian Lama

Var: membeli kami, atau: membeli kami bagi Allah. Var ini mengandaikan bahwa tua-tua itu adalah manusia, barangkali para bapa bangsa Perjanjian Lama

Jerusalem: Why 5:9 - dari tiap-tiap suku... Ini sebuah ungkapan yang lazim dengan arti: dari segala bangsa, seluruh umat manusia. Bdk Dan 3:4,7,96; Dan 6:26.

Ini sebuah ungkapan yang lazim dengan arti: dari segala bangsa, seluruh umat manusia. Bdk Dan 3:4,7,96; Dan 6:26.

Jerusalem: Why 5:10 - mereka...mereka Var: kami...kami.

Var: kami...kami.

Ende: Why 5:1 - -- Dalam bab ini dilambangkan bagaimana Kristus sebagai penebus dunia dimuliakan disurga dan disembah setara dengan Allah.

Dalam bab ini dilambangkan bagaimana Kristus sebagai penebus dunia dimuliakan disurga dan disembah setara dengan Allah.

Ende: Why 5:6 - Anak domba bagaikan disembelih Njatalah dia lambang Kristus. Tetapi penglihatan ini seperti umumnja segala penglihatan dan gambaran dibuku "apokalipsis" ini, agak aneh dan sukar unt...

Njatalah dia lambang Kristus. Tetapi penglihatan ini seperti umumnja segala penglihatan dan gambaran dibuku "apokalipsis" ini, agak aneh dan sukar untuk dibajangkan. Djangan tjoba membajangkan djuga. Bagaimana dalam keadaan disembelih dapat berdiri; dimana letaknja ketudjuh tanduk dan sepuluh mata itu? Ungkapan-ungkapan berupa gambar itu hendak melambangkan atau mengingatkan satu segi atau sifat sadja. "Berdiri" disini berarti, bahwa Anak domba (Kristus) telah bangkit dan hidup: ketudjuh tanduk, bahwa Ia mempunjai segala kekuasaan dan kekuatan sepenuhnja; sepuluh mata, bahwa Ia mahatahu.

Ende: Why 5:8 - -- Kristus sebagai Anak domba disembelih seperti Allah. Oleh keempat binatang atas nama seluruh djagat raja; oleh orang tua-tua atas nama segala orang su...

Kristus sebagai Anak domba disembelih seperti Allah. Oleh keempat binatang atas nama seluruh djagat raja; oleh orang tua-tua atas nama segala orang sutji diatas bumi, jang doa-doanja mereka persembahkan kepada anak-domba.

Ende: Why 5:11 - -- Semua Malaekat, tak terhitung banjaknja, turut menjembah dan memuliakan Kristus sama seperti Allah.

Semua Malaekat, tak terhitung banjaknja, turut menjembah dan memuliakan Kristus sama seperti Allah.

Ref. Silang FULL: Why 5:1 - takhta itu // sebelah luarnya // dan dimeterai · takhta itu: Wahy 5:7,13; Wahy 4:2,9; 6:16 · sebelah luarnya: Yeh 2:9,10 · dan dimeterai: Yes 29:11; Dan 12:4

· takhta itu: Wahy 5:7,13; Wahy 4:2,9; 6:16

· sebelah luarnya: Yeh 2:9,10

· dan dimeterai: Yes 29:11; Dan 12:4

Ref. Silang FULL: Why 5:2 - seorang malaikat · seorang malaikat: Wahy 10:1

· seorang malaikat: Wahy 10:1

Ref. Silang FULL: Why 5:5 - Sesungguhnya, singa // suku Yehuda // tunas Daud · Sesungguhnya, singa: Kej 49:9 · suku Yehuda: Ibr 7:14; Ibr 7:14 · tunas Daud: Yes 11:1,10; Rom 15:12; Wahy 22:16

· Sesungguhnya, singa: Kej 49:9

· suku Yehuda: Ibr 7:14; [Lihat FULL. Ibr 7:14]

· tunas Daud: Yes 11:1,10; Rom 15:12; Wahy 22:16

Ref. Silang FULL: Why 5:6 - keempat makhluk // tengah-tengah tua-tua // Anak Domba // bermata tujuh // ketujuh Roh · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · tengah-tengah tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · Anak Domba: Wahy 5:8,9,12,13; Yoh 1:29; Yoh 1...

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· tengah-tengah tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· Anak Domba: Wahy 5:8,9,12,13; Yoh 1:29; [Lihat FULL. Yoh 1:29]

· bermata tujuh: Za 4:10

· ketujuh Roh: Wahy 1:4; [Lihat FULL. Wahy 1:4]

Ref. Silang FULL: Why 5:7 - atas takhta · atas takhta: Wahy 5:1; Wahy 5:1

· atas takhta: Wahy 5:1; [Lihat FULL. Wahy 5:1]

Ref. Silang FULL: Why 5:8 - keempat makhluk // empat tua-tua // satu kecapi // itulah doa · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · empat tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · satu kecapi: Wahy 14:2; 15:2 · itulah doa: Maz...

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· empat tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· satu kecapi: Wahy 14:2; 15:2

· itulah doa: Mazm 141:2; Wahy 8:3,4

Ref. Silang FULL: Why 5:9 - suatu nyanyian // Engkau layak // dengan darah-Mu // telah membeli // dan bangsa · suatu nyanyian: Mazm 40:4; 98:1; 149:1; Yes 42:10; Wahy 14:3,4 · Engkau layak: Wahy 4:11 · dengan darah-Mu: Ibr 9:12 · t...

· suatu nyanyian: Mazm 40:4; 98:1; 149:1; Yes 42:10; Wahy 14:3,4

· Engkau layak: Wahy 4:11

· dengan darah-Mu: Ibr 9:12

· telah membeli: 1Kor 6:20; [Lihat FULL. 1Kor 6:20]

· dan bangsa: Wahy 13:7; [Lihat FULL. Wahy 13:7]

Ref. Silang FULL: Why 5:10 - menjadi imam-imam // di bumi · menjadi imam-imam: 1Pet 2:5; 1Pet 2:5 · di bumi: Wahy 3:21; 20:4

· menjadi imam-imam: 1Pet 2:5; [Lihat FULL. 1Pet 2:5]

· di bumi: Wahy 3:21; 20:4

Ref. Silang FULL: Why 5:11 - takhta, makhluk-makhluk // dan tua-tua // beribu-ribu laksa · takhta, makhluk-makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · dan tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · beribu-ribu laksa: Dan 7:10; Ibr 12:22; Yud 1:1...

· takhta, makhluk-makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· dan tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· beribu-ribu laksa: Dan 7:10; Ibr 12:22; Yud 1:14

Ref. Silang FULL: Why 5:12 - Anak Domba // yang disembelih // dan puji-pujian · Anak Domba: Wahy 5:13 · yang disembelih: Wahy 5:9 · dan puji-pujian: Wahy 1:6; 4:11

· Anak Domba: Wahy 5:13

· yang disembelih: Wahy 5:9

· dan puji-pujian: Wahy 1:6; 4:11

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 5:1 - -- 5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dis...

5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan disegel272 dengan tujuh segel.

Pentingnya gulungan kitab yang ada di tangan kanan Allah Bapa perlu dimengerti. Mengapa Yohanes menangis pada waktu melihat tidak ada orang yang dapat membuka gulungan kitab itu? Mengapa malapetaka baru terjadi pada waktu segel dibuka?

Gulungan kitab itu ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya. Barclay273 menjelaskan bahwa bagian balik papirus sulit untuk ditulisi, sehingga bagian sebelah luar dari gulungan kitab jarang ditulisi.274 Gulungan kitab yang dimaksud di sini penuh sekali dengan tulisan.

Juga, gulungan kitab itu disegel dengan tujuh segel. Mengapa memakai tujuh segel? Menurut hukum Roma, surat wasiat harus ditutup dengan tujuh segel, sama seperti gulungan kitab itu.275 Setelah pewaris meninggal, ketujuh saksi yang dulunya sudah memasang segel mereka masing-masing dipanggil, dan gulungan surat wasiat dibuka. Setiap orang dapat berkata bahwa segel yang mereka buka adalah segelnya sendiri, dan tidak dipalsukan. Barangsiapa telah menerima warisan pada zaman itu, pasti masih mengingat peristiwa pembukaan ketujuh segel yang dipakai untuk menutup surat wasiat tersebut. Oleh karena itu, makna dari gulungan kitab di Wahyu pasal 5 ini, sangat jelas bagi mereka: ada warisan yang mau dibagi!

Dalam Wahyu 21:7 mereka yang menang dikaitkan dengan mereka yang menerima warisan. Dalam Efesus 5:5, Matius 5:5 dan 19:29 kita membaca bahwa ada warisan khusus untuk orang percaya yang mantap ketaatannya.

Kalau memang gulungan kitab itu merupakan surat wasiat, peristiwa ini mengandung suatu arti yang indah sekali bagi orang percaya yang sungguh setia dan sungguh menuruti apa yang tertulis dalam pasal dua dan pasal tiga. Tuhan Allah sudah menentukan suatu warisan yang luar biasa untuk orang "yang menang". Tinggal surat wasiat itu dibuka dan warisan menjadi milik orang yang menang. Tetapi surat wasiat itu disegel dengan tujuh segel. Kebiasaan dalam budaya dan hukum Roma ini dipergunakan oleh Tuhan menjadi unsur yang pokok dalam struktur Kitab Wahyu.

Hagelberg: Why 5:1-7 - -- 3. Gulungan Kitab dan Anak Domba (5:1-7) Pasal 4 menceritakan lingkungan dan pelaku, namun baru dalam pasal 5 ada satu unsur lagi yang dikemukakan, ya...

3. Gulungan Kitab dan Anak Domba (5:1-7)

Pasal 4 menceritakan lingkungan dan pelaku, namun baru dalam pasal 5 ada satu unsur lagi yang dikemukakan, yaitu mengenai sebuah gulungan kitab yang ada di dalam tangan kanan Allah. Hal ini menjadi pusat perhatian pasal 5.

Hagelberg: Why 5:1 - -- 5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dis...

5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan disegel272 dengan tujuh segel.

Pentingnya gulungan kitab yang ada di tangan kanan Allah Bapa perlu dimengerti. Mengapa Yohanes menangis pada waktu melihat tidak ada orang yang dapat membuka gulungan kitab itu? Mengapa malapetaka baru terjadi pada waktu segel dibuka?

Gulungan kitab itu ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya. Barclay273 menjelaskan bahwa bagian balik papirus sulit untuk ditulisi, sehingga bagian sebelah luar dari gulungan kitab jarang ditulisi.274 Gulungan kitab yang dimaksud di sini penuh sekali dengan tulisan.

Juga, gulungan kitab itu disegel dengan tujuh segel. Mengapa memakai tujuh segel? Menurut hukum Roma, surat wasiat harus ditutup dengan tujuh segel, sama seperti gulungan kitab itu.275 Setelah pewaris meninggal, ketujuh saksi yang dulunya sudah memasang segel mereka masing-masing dipanggil, dan gulungan surat wasiat dibuka. Setiap orang dapat berkata bahwa segel yang mereka buka adalah segelnya sendiri, dan tidak dipalsukan. Barangsiapa telah menerima warisan pada zaman itu, pasti masih mengingat peristiwa pembukaan ketujuh segel yang dipakai untuk menutup surat wasiat tersebut. Oleh karena itu, makna dari gulungan kitab di Wahyu pasal 5 ini, sangat jelas bagi mereka: ada warisan yang mau dibagi!

Dalam Wahyu 21:7 mereka yang menang dikaitkan dengan mereka yang menerima warisan. Dalam Efesus 5:5, Matius 5:5 dan 19:29 kita membaca bahwa ada warisan khusus untuk orang percaya yang mantap ketaatannya.

Kalau memang gulungan kitab itu merupakan surat wasiat, peristiwa ini mengandung suatu arti yang indah sekali bagi orang percaya yang sungguh setia dan sungguh menuruti apa yang tertulis dalam pasal dua dan pasal tiga. Tuhan Allah sudah menentukan suatu warisan yang luar biasa untuk orang "yang menang". Tinggal surat wasiat itu dibuka dan warisan menjadi milik orang yang menang. Tetapi surat wasiat itu disegel dengan tujuh segel. Kebiasaan dalam budaya dan hukum Roma ini dipergunakan oleh Tuhan menjadi unsur yang pokok dalam struktur Kitab Wahyu.

Hagelberg: Why 4:1--5:14 - -- A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14) Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuh...

A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14)

Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah kepada semua orang yang menaati Firman-Nya. Dalam bagian ini Dia mulai menyediakan pahala-pahala itu. Oleh karena bumi masih penuh dengan orang jahat, maka bumi perlu "dibersihkan". Musuh Tuhan dan orang-orang yang menindas jemaat Kristus belum dikalahkan.

Sama seperti ketujuh surat diawali dengan satu visi mengenai Tuhan Yesus, demikian juga ada visi Tuhan Yesus di surga yang mengawali bagian ini. Apa yang dialami oleh Yohanes, yang diceritakan dalam pasal 4-5, merupakan "engsel" dalam struktur Kitab Wahyu. Dari satu segi, bagian ini terkait erat dengan pasal 1-3 mengenai pahala-pahala yang dijanjikan, karena dalam pasal 4-5 ada juga takhta, pakaian putih, dan mahkota. Dari segi yang lain, bagian ini terkait dengan apa yang diceritakan dalam pasal 6-22, dengan ketujuh segel dari gulungan kitab, yang dibuka satu per satu.

Dalam pasal 4 Dia yang bertakhta, yang dikelilingi dengan takhta dan empat makhluk, dipuji sebagai Pencipta. Dalam pasal 5 Domba Allah yang mendekati Dia yang bertakhta dipuji sebagai Penebus. Peristiwa pengambilan gulungan kitab yang ada di tangan Dia yang bertakhta menjembatani dua pasal ini. Makna dari gulungan kitab tersebut sangat penting, dan akan dibahas dalam bagian berikut ini.

Menurut pengalaman jemaat-jemaat yang diceritakan dalam pasal 2-3, kuasa kejahatan di bumi ini dengan bebas mengancam dan menyusahkan jemaat-jemaat Kristus. Tetapi menurut perspektif ruangan takhta yang digambarkan dalam pasal 4-5, yang berkuasa mutlak adalah Tuhan Allah, dan bukan kejahatan yang ada di bumi.249

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 5:2 - -- 5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membu...

5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya?"

Mereka semua mengerti bahwa segel tidak boleh dibuka oleh sembarang orang.

Hagelberg: Why 5:2 - -- 5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membu...

5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya?"

Mereka semua mengerti bahwa segel tidak boleh dibuka oleh sembarang orang.

Hagelberg: Why 5:3 - -- 5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat meliha...

5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.

Seluruh ciptaan Allah tidak ada seorang pun yang layak membuka gulungan kitab itu. Pembagian ciptaan Allah menjadi tiga bagian (surga, bumi, dan di bawah bumi) menegaskan bahwa tidak ada, sama sekali tidak ada orang lain yang seperti Tuhan Yesus.

Hagelberg: Why 5:3 - -- 5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat meliha...

5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.

Seluruh ciptaan Allah tidak ada seorang pun yang layak membuka gulungan kitab itu. Pembagian ciptaan Allah menjadi tiga bagian (surga, bumi, dan di bawah bumi) menegaskan bahwa tidak ada, sama sekali tidak ada orang lain yang seperti Tuhan Yesus.

Hagelberg: Why 5:4 - -- 5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebel...

5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Yohanes menangis karena dia mengerti kepentingan dari gulungan kitab itu. Dia ingin sekali supaya segelnya dibuka, sehingga orang yang menang dapat menerima warisan mereka dari tangan Kristus.

Hagelberg: Why 5:4 - -- 5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebel...

5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Yohanes menangis karena dia mengerti kepentingan dari gulungan kitab itu. Dia ingin sekali supaya segelnya dibuka, sehingga orang yang menang dapat menerima warisan mereka dari tangan Kristus.

Hagelberg: Why 5:5 - -- 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, ...

5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh segelnya."

Entah mengapa, sebelum saat yang diceritakan dalam nas ini, Yohanes rupanya tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus ada di ruangan takhta Allah. Hal-hal seperti ini dapat dikatakan aneh oleh para pembaca modern, namun merupakan hal yang biasa dalam sastra apokaliptik.

Dua sebutan ini, yaitu singa dari suku Yehuda dan tunas Daud, adalah sebutan yang diambil dari Kejadian 49:9-10 dan Yesaya 11:1, sebutan yang sudah lama dipakai oleh guru-guru Israel mengenai Mesias.276 Bagaimana cara Dia telah menang tidak dijelaskan dalam ayat ini, tetapi rupanya kemenangan-Nya di kayu salib adalah kemenangan yang dimaksudkan. Istilah yang sama277 juga dipakai tentang Iblis dalam pasal 13:7. Rupanya Iblis dan Kristus Yesus memiliki masing-masing kemenangan! Kemenangan Iblis bersifat sementara, sedangkan kemenangan Anak Domba Allah bersifat kekal.

Hagelberg: Why 5:5 - -- 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, ...

5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh segelnya."

Entah mengapa, sebelum saat yang diceritakan dalam nas ini, Yohanes rupanya tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus ada di ruangan takhta Allah. Hal-hal seperti ini dapat dikatakan aneh oleh para pembaca modern, namun merupakan hal yang biasa dalam sastra apokaliptik.

Dua sebutan ini, yaitu singa dari suku Yehuda dan tunas Daud, adalah sebutan yang diambil dari Kejadian 49:9-10 dan Yesaya 11:1, sebutan yang sudah lama dipakai oleh guru-guru Israel mengenai Mesias.276 Bagaimana cara Dia telah menang tidak dijelaskan dalam ayat ini, tetapi rupanya kemenangan-Nya di kayu salib adalah kemenangan yang dimaksudkan. Istilah yang sama277 juga dipakai tentang Iblis dalam pasal 13:7. Rupanya Iblis dan Kristus Yesus memiliki masing-masing kemenangan! Kemenangan Iblis bersifat sementara, sedangkan kemenangan Anak Domba Allah bersifat kekal.

Hagelberg: Why 5:6 - -- 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembel...

5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Pribadi-pribadi dan pokok-pokok dari lingkungan yang sudah diceritakan dalam pasal 4 diulang secara ringkas dalam nas ini. Ada takhta, makhluk, dan tua-tua. Tetapi di tengah-tengah semua ini, yang Yohanes lihat bukan seekor singa, tetapi seekor Anak Domba.278 Dalam ayat ini kemenangan-Nya dijelaskan: Dia telah disembelih. Dengan demikian para pembaca mengerti bahwa pada waktu Yesus Kristus disalibkan, Dia menang. Anak Domba ini tidak mati lagi, Dia berdiri di tengah-tengah segala kemuliaan ruangan takhta Allah.

Dalam bahasa sumber, ungkapan seperti telah disembelih mirip sekali dengan apa yang dikatakan dalam pasal 13:3 tentang Anti-Kristus, yang diterjemahkan "seperti kena luka fatal".279 Kesejajaran ini merupakan kelanjutan dari kesejajaran yang disebut di atas karena istilah "menang" dipakai dalam pasal 5:5 dan 13:7.

Dalam Perjanjian Lama, misalnya Ulangan 33:17 dan 1 Samuel 2:10, tanduk melambangkan kekuatan. Kuasa Anak Domba itu sempurna. Mata, misalnya dalam Kejadian 3:5, melambangkan pengetahuan. Dalam Zakharia 4:10 juga ada tujuh mata yang menjelajah seluruh bumi. Anak Domba itu penuh kuasa dan pengetahuan. Roh Allah yang ada di hadapan takhta-Nya juga disebutkan dalam pasal 1:4 . Dalam pasal 4:5 tujuh obor yang menyala-nyala melambangkan Roh Allah.

Begitu banyak lambang yang dipakai untuk menunjuk Yesus Kristus dalam beberapa ayat ini, sehingga kepentingan-Nya dalam Kitab Wahyu, bahkan dalam seluruh Firman Allah, sungguh nyata.

Hagelberg: Why 5:6 - -- 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembel...

5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Pribadi-pribadi dan pokok-pokok dari lingkungan yang sudah diceritakan dalam pasal 4 diulang secara ringkas dalam nas ini. Ada takhta, makhluk, dan tua-tua. Tetapi di tengah-tengah semua ini, yang Yohanes lihat bukan seekor singa, tetapi seekor Anak Domba.278 Dalam ayat ini kemenangan-Nya dijelaskan: Dia telah disembelih. Dengan demikian para pembaca mengerti bahwa pada waktu Yesus Kristus disalibkan, Dia menang. Anak Domba ini tidak mati lagi, Dia berdiri di tengah-tengah segala kemuliaan ruangan takhta Allah.

Dalam bahasa sumber, ungkapan seperti telah disembelih mirip sekali dengan apa yang dikatakan dalam pasal 13:3 tentang Anti-Kristus, yang diterjemahkan "seperti kena luka fatal".279 Kesejajaran ini merupakan kelanjutan dari kesejajaran yang disebut di atas karena istilah "menang" dipakai dalam pasal 5:5 dan 13:7.

Dalam Perjanjian Lama, misalnya Ulangan 33:17 dan 1 Samuel 2:10, tanduk melambangkan kekuatan. Kuasa Anak Domba itu sempurna. Mata, misalnya dalam Kejadian 3:5, melambangkan pengetahuan. Dalam Zakharia 4:10 juga ada tujuh mata yang menjelajah seluruh bumi. Anak Domba itu penuh kuasa dan pengetahuan. Roh Allah yang ada di hadapan takhta-Nya juga disebutkan dalam pasal 1:4 . Dalam pasal 4:5 tujuh obor yang menyala-nyala melambangkan Roh Allah.

Begitu banyak lambang yang dipakai untuk menunjuk Yesus Kristus dalam beberapa ayat ini, sehingga kepentingan-Nya dalam Kitab Wahyu, bahkan dalam seluruh Firman Allah, sungguh nyata.

Hagelberg: Why 5:7 - -- 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Anak Domba mendekati Allah di atas ta...

5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Anak Domba mendekati Allah di atas takhta-Nya untuk menerima gulungan kitab itu. Saat itu adalah saat yang amat penting.280 Gulungan itu diterima dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Allah Bapa sudah menawarkan ini kepada Tuhan Yesus. Mazmur 2:8 berbunyi "Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepada-Mu menjadi milik pusaka-Mu, dan ujung bumi menjadi kepunyaan-Mu." Dalam Matius 24:36 Tuhan Yesus berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." Akhirnya, di dalam nas ini, Wahyu pasal 5:7, Tuhan Yesus minta kepada-Nya!281

Hagelberg: Why 5:7 - -- 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Anak Domba mendekati Allah di atas ta...

5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Anak Domba mendekati Allah di atas takhta-Nya untuk menerima gulungan kitab itu. Saat itu adalah saat yang amat penting.280 Gulungan itu diterima dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Allah Bapa sudah menawarkan ini kepada Tuhan Yesus. Mazmur 2:8 berbunyi "Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepada-Mu menjadi milik pusaka-Mu, dan ujung bumi menjadi kepunyaan-Mu." Dalam Matius 24:36 Tuhan Yesus berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." Akhirnya, di dalam nas ini, Wahyu pasal 5:7, Tuhan Yesus minta kepada-Nya!281

Hagelberg: Why 5:8 - -- 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing m...

5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan cawan282 emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.

Sesaat gulungan kitab itu ada di tangan Tuhan Yesus, maka pribadi-pribadi yang sudah dikemukakan sebelumnya, menyembah Dia dengan lebih giat lagi.

Apa yang dianggap hina di bumi, sangat dihargai di surga: doa orang-orang kudus ada di dalam cawan emas.283 Selain di dalam nas ini, kemenyan melambangkan doa umat Allah dalam Mazmur 141:2 dan dalam Kitab Wahyu 8:3-4.

Hagelberg: Why 5:8-14 - -- 4. Pujian kepada Dia yang mengambil gulungan kitab (5:8-14) Bagi setiap orang dalam nas tersebut, kepentingan permintaan dan pengambilan gulungan kita...

4. Pujian kepada Dia yang mengambil gulungan kitab (5:8-14)

Bagi setiap orang dalam nas tersebut, kepentingan permintaan dan pengambilan gulungan kitab itu sangat jelas. Tanggapan mereka semua merupakan pujian. Pada saat pengambilan itu waktu kedatangan Tuhan Yesus dan kerajaan-Nya sudah ditentukan. Mereka yang setia akan diberi pahala dengan segera. Mereka akan segera "memerintah atas bangsa-bangsa." Tetapi bangsa-bangsa itu harus lebih dahulu dibersihkan dengan hukuman yang sangat dahsyat.

Hagelberg: Why 5:8 - -- 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing m...

5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan cawan282 emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.

Sesaat gulungan kitab itu ada di tangan Tuhan Yesus, maka pribadi-pribadi yang sudah dikemukakan sebelumnya, menyembah Dia dengan lebih giat lagi.

Apa yang dianggap hina di bumi, sangat dihargai di surga: doa orang-orang kudus ada di dalam cawan emas.283 Selain di dalam nas ini, kemenyan melambangkan doa umat Allah dalam Mazmur 141:2 dan dalam Kitab Wahyu 8:3-4.

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah dise...

5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli kami284 bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nyanyian yang mereka nyanyikan bukan saja "baru" dari segi waktu,285 tetapi pada hakikatnya memang baru, dan sebelumnya tidak pernah ada nyanyian yang sama dengan nyanyian baru tersebut.286

Allah Bapa dipuji sebagai yang layak287 dalam pasal 4:11 karena Dia menciptakan segala sesuatu. Dalam nas ini Tuhan Yesus dipuji sebagai yang layak288, karena Dia telah menjadi Penebus. Selain Dia yang menebus umat manusia yang berdosa, tidak ada yang lain yang layak menyediakan warisan bagi mereka yang menang, tidak ada yang lain yang layak mengangkat mereka untuk memerintah bersama-sama dengan Dia.

Nyanyian mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus bukan hanya Penebus Israel, tetapi juga Penebus manusia dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Keselamatan yang disediakan-Nya boleh dinikmati oleh seluruh manusia dari segala latar belakang. Menurut Mounce,289 usaha untuk membedakan arti dari keempat istilah ini sia-sia. Yang harus diperhatikan bukanlah beda antara misalnya istilah suku dan kaum, tetapi bahwa tanpa terkecuali, ada orang yang ditebus dari tiap masyarakat di muka bumi ini.

Ungkapan dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa perlu diamati dengan saksama.290 Ternyata anak kalimat tersebut diulangi tujuh kali, yang masing-masing mengandung empat unsur, yang berbeda urutannya.291

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah dise...

5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli kami284 bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nyanyian yang mereka nyanyikan bukan saja "baru" dari segi waktu,285 tetapi pada hakikatnya memang baru, dan sebelumnya tidak pernah ada nyanyian yang sama dengan nyanyian baru tersebut.286

Allah Bapa dipuji sebagai yang layak287 dalam pasal 4:11 karena Dia menciptakan segala sesuatu. Dalam nas ini Tuhan Yesus dipuji sebagai yang layak288, karena Dia telah menjadi Penebus. Selain Dia yang menebus umat manusia yang berdosa, tidak ada yang lain yang layak menyediakan warisan bagi mereka yang menang, tidak ada yang lain yang layak mengangkat mereka untuk memerintah bersama-sama dengan Dia.

Nyanyian mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus bukan hanya Penebus Israel, tetapi juga Penebus manusia dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Keselamatan yang disediakan-Nya boleh dinikmati oleh seluruh manusia dari segala latar belakang. Menurut Mounce,289 usaha untuk membedakan arti dari keempat istilah ini sia-sia. Yang harus diperhatikan bukanlah beda antara misalnya istilah suku dan kaum, tetapi bahwa tanpa terkecuali, ada orang yang ditebus dari tiap masyarakat di muka bumi ini.

Ungkapan dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa perlu diamati dengan saksama.290 Ternyata anak kalimat tersebut diulangi tujuh kali, yang masing-masing mengandung empat unsur, yang berbeda urutannya.291

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

Hagelberg: Why 5:10 - -- 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Bagian pert...

5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Bagian pertama dari ayat ini juga ada dalam pasal 1:6, dan seluruh ayat ini diulangi dalam pasal 20:6. Apa yang direncanakan bagi umat Israel, yaitu keturunan jasmani dari Yakub, sudah digenapi dalam nas ini.

Hagelberg: Why 5:10 - -- 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Bagian pert...

5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Bagian pertama dari ayat ini juga ada dalam pasal 1:6, dan seluruh ayat ini diulangi dalam pasal 20:6. Apa yang direncanakan bagi umat Israel, yaitu keturunan jasmani dari Yakub, sudah digenapi dalam nas ini.

Hagelberg: Why 5:11 - -- 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-...

5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa294

Baru dalam pasal 5:6 Yohanes dapat melihat Tuhan Yesus. Sebelumnya, Tuhan tidak terlihat oleh Yohanes. Demikian juga dalam nas ini penglihatan Rasul Yohanes menjadi lebih luas, sehingga dia sadar bahwa sekian banyak malaikat juga ikut menyembah Tuhan Yesus. Menurut Beasley-Murray,295 angka laksa, yaitu 10.000, adalah angka yang paling besar dalam bahasa Yunani. Secara harfiah, Yohanes berkata bahwa di situ ada beberapa laksa kali beberapa laksa ditambah beberapa ribu kali beberapa ribu malaikat, tetapi rupanya yang ingin dimaksudkan Yohanes adalah bahwa jumlah malaikat itu tak terhitung, seperti juga dalam Daniel 7:10 dan Ibrani 12:22.

Hagelberg: Why 5:11 - -- 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-...

5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa294

Baru dalam pasal 5:6 Yohanes dapat melihat Tuhan Yesus. Sebelumnya, Tuhan tidak terlihat oleh Yohanes. Demikian juga dalam nas ini penglihatan Rasul Yohanes menjadi lebih luas, sehingga dia sadar bahwa sekian banyak malaikat juga ikut menyembah Tuhan Yesus. Menurut Beasley-Murray,295 angka laksa, yaitu 10.000, adalah angka yang paling besar dalam bahasa Yunani. Secara harfiah, Yohanes berkata bahwa di situ ada beberapa laksa kali beberapa laksa ditambah beberapa ribu kali beberapa ribu malaikat, tetapi rupanya yang ingin dimaksudkan Yohanes adalah bahwa jumlah malaikat itu tak terhitung, seperti juga dalam Daniel 7:10 dan Ibrani 12:22.

Hagelberg: Why 5:12 - -- 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan...

5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian296!"

Sekali lagi istilah layak ditekankan dalam pujian kepada Anak Domba, dan sekali lagi Dia dipuji oleh karena Dia sudah menjadi korban bagi kita. Dia dipuji dengan tujuh istilah. Keempat istilah yang pertama menunjuk pada hakikat-Nya sendiri, dan ketiga istilah yang terakhir menunjuk pada sikap manusia dan sikap malaikat terhadap Dia.297

Hagelberg: Why 5:12 - -- 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan...

5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian296!"

Sekali lagi istilah layak ditekankan dalam pujian kepada Anak Domba, dan sekali lagi Dia dipuji oleh karena Dia sudah menjadi korban bagi kita. Dia dipuji dengan tujuh istilah. Keempat istilah yang pertama menunjuk pada hakikat-Nya sendiri, dan ketiga istilah yang terakhir menunjuk pada sikap manusia dan sikap malaikat terhadap Dia.297

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 5:1-5 - Gulungan Kitab dengan Ketujuh Meterainya Sekarang keputusan-keputusan hikmat Allah dan ketetapan-ketetapan-Nya dih...

Matthew Henry: Why 5:6-14 - Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu (5:6-14) ...

SH: Why 5:1-14 - Yesus layak disembah (Kamis, 31 Oktober 2002) Yesus layak disembah Yesus layak disembah. Banyak orang ragu untuk percaya kepada Yesus. Bahkan di antara ...

SH: Why 5:1-14 - Liturgi surgawi (ayat 2) (Rabu, 10 Agustus 2005) Liturgi surgawi (ayat 2) Liturgi surgawi (ayat 2) Siapa laya...

SH: Why 5:1-14 - Anak domba yang disembelih (Selasa, 18 Desember 2012) Anak domba yang disembelih Judul: Anak domba yang disembelih Salah satu gambaran yang menjelaskan makn...

SH: Why 5:1-14 - Masih Ada Harapan (Minggu, 18 September 2022) Masih Ada Harapan Allah menyingkapkan kepada Yohanes sesuatu yang sangat penting dan rahasia, yaitu rencana dan k...

Utley: Why 5:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:1-5...

Utley: Why 5:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:6-10...

Utley: Why 5:11-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:11-14...

Topik Teologia: Why 5:2 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat ...

Topik Teologia: Why 5:5 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus ...

Topik Teologia: Why 5:6 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh ...

Topik Teologia: Why 5:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh ...

Topik Teologia: Why 5:9 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 1...

Topik Teologia: Why 5:10 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 1...

Topik Teologia: Why 5:11 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat ...

Topik Teologia: Why 5:12 - -- Yesus Kristus Kebijakan 1Ko 1:24 ...

TFTWMS: Why 5:1-4 - Siapakah Yang Layak? "SIAPAKAH YANG LAYAK?" (Wahyu 5:1-4) Sebuah Gulungan Kitab (ay ...

TFTWMS: Why 5:1-6 - Gulungan Kitab Yang Dimeteraikan Dan Anak Domba Yang Seperti Telah Disembelih Gulungan Kitab Yang Dimeteraikan Dan Anak Domba Yang Seperti Telah Disembelih (Wahyu 5:1-6)...

TFTWMS: Why 5:5-7 - Dan Aku Melihat… Seekor Anak Domba "DAN AKU MELIHAT… SEEKOR ANAK DOMBA"(Wahyu 5:5-7) Singa Yang Agung (ay. ...

TFTWMS: Why 5:8-14 - Dan Mereka Menyanyikan … , 'engkau Layak' "DAN MEREKA MENYANYIKAN … , 'ENGKAU LAYAK'" (Wahyu 5:8-14) La...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Anak Domba Itu Layak" WAHYU 5:1-14 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 5:1-14) Buku nyanyian kita dipenuhi dengan lagu-la...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Merrill C. Tenney, quoted by Warren W. Wiersbe in The Bible Exposition Commentary, vol....

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.17 detik
dipersembahkan oleh YLSA