Teks -- Ulangan 33:1-20 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Ul 33:9
Full Life: Ul 33:9 - TIDAK MAU KENAL SAUDARA-SAUDARANYA.
Nas : Ul 33:9
Setelah dosa Israel dengan anak lembu emas (lih. Kel 32:1-35),
suku Lewi berdiri di pihak Allah bahkan menentang keluarga terdekat me...
Nas : Ul 33:9
Setelah dosa Israel dengan anak lembu emas (lih. Kel 32:1-35), suku Lewi berdiri di pihak Allah bahkan menentang keluarga terdekat mereka. Mereka mempertahankan perjanjian dengan teguh dan menghukum mereka yang ambil bagian dalam penyembahan anak lembu emas. Allah memberi mereka upah atas semangat mereka membela-Nya dengan mengangkat mereka menjadi pelindung hukum (ayat Ul 33:10) dan sebagai yang bertugas mempersembahkan korban (ayat Ul 33:10). Kasih dan penyerahan kita kepada Allah dan firman-Nya harus selalu diutamakan dalam hidup kita dan mendahului sahabat, keluarga, atau gereja (Mat 10:37-38; Luk 14:26).
BIS: Ul 33:3 - bangsa-Nya bangsa-Nya diambil dari terjemahan kuno. Menurut naskah Ibrani: bangsa-bangsa.
bangsa-Nya diambil dari terjemahan kuno. Menurut naskah Ibrani: bangsa-bangsa.
BIS: Ul 33:7 - Berperanglah ... lawan Berperanglah ... lawan; kemungkinan besar itu artinya. Menurut naskah Ibrani: Suku Yehuda akan berperang bagi dirinya sendiri, dan TUHAN akan menolong...
Berperanglah ... lawan; kemungkinan besar itu artinya. Menurut naskah Ibrani: Suku Yehuda akan berperang bagi dirinya sendiri, dan TUHAN akan menolongnya terhadap musuh.
BIS: Ul 33:8 - Urim dan Tumim Urim dan Tumim: Dua benda yang dipakai imam untuk mengetahui kehendak Allah. Tidak diketahui dengan pasti bagaimana cara memakainya.
Urim dan Tumim: Dua benda yang dipakai imam untuk mengetahui kehendak Allah. Tidak diketahui dengan pasti bagaimana cara memakainya.
BIS: Ul 33:12 - dan berdiam ... mereka dan berdiam ... mereka, atau mereka hidup dalam perlindungan-Nya.
dan berdiam ... mereka, atau mereka hidup dalam perlindungan-Nya.
Jerusalem -> Ul 31:1--34:12; Ul 33:1-29; Ul 33:2; Ul 33:2; Ul 33:3; Ul 33:3; Ul 33:6; Ul 33:8-11; Ul 33:12; Ul 33:16; Ul 33:17; Ul 33:18-19; Ul 33:20
Jerusalem: Ul 31:1--34:12 - -- Bagian Ulangan ini berperan sebagai kata penutup seluruh Pentateukh. terkumpul di dalamnya sejumlah unsur yang beraneka ragam asal-usulnya. Baru waktu...
Bagian Ulangan ini berperan sebagai kata penutup seluruh Pentateukh. terkumpul di dalamnya sejumlah unsur yang beraneka ragam asal-usulnya. Baru waktu Ulangan digubah untuk kali terakhir unsur-unsur yang berbeda-beda itu ditambahkan.
Jerusalem: Ul 33:1-29 - -- Sajak ini dikatakan karangan Musa. Ia ditambah pada kitab Ulangan dan ditempatkan antara pemberitahuan tentang kematian Musa dan ceritera mengenai waf...
Sajak ini dikatakan karangan Musa. Ia ditambah pada kitab Ulangan dan ditempatkan antara pemberitahuan tentang kematian Musa dan ceritera mengenai wafatnya. Sajak ini merupakan "wasiat Musa", seperti Kej 49 merupakan "wasiat Yakub". Wasiat Musa" itu diberi kerangka sebuah madah pujian, Ula 33:2-5,26-29 dan di dalamnya terkumpul sejumlah "ucapan" yang agaknya mula-mula beredar tersendiri. Dalam ucapan-ucapan itu tersirat keadaan dan hal ihwal sejarah yang sukar dipastikan lebih jauh. Tak mungkin semua ucapan itu berasal dari zaman yang sama. Isi ucapan-ucapan itu mengandaikan bahwa suku-suku Israel sudah menetap di negeri Kanaan, masing-masing di wilayahnya sendiri. Di antaranya ada suku-suku yang sudah menempuh sejarah yang agak lama juga (Ruben, Daniel; Simeon tidak sampai disebut oleh karena barangkali sudah melebur ke dalam suku Yehuda). Sebagai suatu keseluruhan kumpulan itu agaknya terbentuk sesudah Kej 49 terkumpul. Di lain pihak Ula 33:7 rupanya menyarankan bahwa kumpulan itu sudah tersusun sebelum Daud menjadi raja; tetapi Ula 33:7 ini barangkali menyinggung terpecahnya kerajaan Israel. Bagaimanapun juga duduknya perkara, ucapan pendek tentang Yehuda di satu pihak dan ucapan panjang tentang Yusuf di lain pihak menyatakan bahwa penyusun kumpulan itu termasuk suku-suku di bagian tengah negeri Palestina. Ciri berkat dalam Ula 33 jauh lebih menonjol dari pada dalam Kej 49. Musa berperan sebagai nabi bdk Ula 34:10.
Jerusalem: Ul 33:2 - terbit Ayat ini sukar dimengerti dan bahasa Ibraninya mempunyai ciri ketuaan. Allah dari gunung Sinai terbit bagaikan sebuah bintang, lalu menyertai umatNya
Ayat ini sukar dimengerti dan bahasa Ibraninya mempunyai ciri ketuaan. Allah dari gunung Sinai terbit bagaikan sebuah bintang, lalu menyertai umatNya
Ialah semua suku bersama. Ayat ini sukar dimengerti.
Jerusalem: Ul 33:3 - umatNya Kata Ibrani (amim) boleh juga diterjemahkan dengan: kaum, bdk Kej 25:8, dll. Yang dimaksudkan kiranya bapa leluhur
Kata Ibrani (amim) boleh juga diterjemahkan dengan: kaum, bdk Kej 25:8, dll. Yang dimaksudkan kiranya bapa leluhur
Ialah umat Israel.
Suku Ruben agak segera merosot menjadi kecil sekali.
Jerusalem: Ul 33:8-11 - -- Berkat untuk suku Lewi ini berbeda sekali dengan yang tercantum dalam Kej 49:5-7. Tetapi Kejadian mengenai suku Lewi yang bukan suku imam, pada hal Ul...
Berkat untuk suku Lewi ini berbeda sekali dengan yang tercantum dalam Kej 49:5-7. Tetapi Kejadian mengenai suku Lewi yang bukan suku imam, pada hal Ula 33:8-11 justru mengenai suku para imam. Suku Lewi yang bukan imam sama seperti suku Simeon agak segera hilang melebur ke dalam suku-suku lain. Berkat Musa ini mengenai asal-usul suku para imam sebagai kelompok tersendiri dan tugas mereka. Tugas itu merangkap tiga, yakni: melayani undi suci, mengajar dan melayani mezbah.
Naskah Ibrani diperbaiki. Tertulis: padaNya.
Ini menterjemahkan kata Ibrani: nazir, bdk Bil 6:1+.
Jerusalem: Ul 33:17 - Anak sulung Ada nas-nas lain yang nampaknya menganggap Yusuf sebagai anak sulung, 1Ta 5:1-2 dibandingkan dengan Kej 46:4; 47:29-31. Di sini Yusuf diutamakan, pada...
Ada nas-nas lain yang nampaknya menganggap Yusuf sebagai anak sulung, 1Ta 5:1-2 dibandingkan dengan Kej 46:4; 47:29-31. Di sini Yusuf diutamakan, padahal dalam Kej 49 Yehuda dianggap utama. Apa yang di sini dikatakan tentang Efraim dan Manasye barangkali berupa sisipan.
Jerusalem: Ul 33:18-19 - -- Ucapan yang satu ini merangkum baik suku Zebulon maupun suku Isakhar. Kedua suku itu memang tetangga dan mempunyai asal-usul yang sama. Dua-duanya ber...
Ucapan yang satu ini merangkum baik suku Zebulon maupun suku Isakhar. Kedua suku itu memang tetangga dan mempunyai asal-usul yang sama. Dua-duanya berdagang, Ula 33:19, dan mengunjungi tempat suci (gunung Tabor) yang sama.
Ende: Ul 33:1 - -- Disini Musa sebagai nabi menjampaikan berkatnja kepada suku-suku. Kata-kata
berkat ini tidak hanja dipandang sebagai harapan supaja selamat: melainkan...
Disini Musa sebagai nabi menjampaikan berkatnja kepada suku-suku. Kata-kata berkat ini tidak hanja dipandang sebagai harapan supaja selamat: melainkan djuga sebagai visi jang menentukan hari depan. Ramalan-ramalan dalam bentuk berkat sematjam itu berulangkali muntjul dalam Kitab Sutji. Hal itu ada hubungannja dengan berkat kuno: dimana seorang bapa leluhur menjampaikan berkat: jang diterimanja dari Allah: kepada anak-anaknja: pertama-tama kepada anak jang tertua.Bandingkan berkat dari Ishak (Kej 27) dan dari Jakub (Kej 49). Ruben sebagai anak sulung disini djuga pertama-tama disebutkan: meskipun de fakto ia tidak mendjadi ahli waris utama berkat itu. Menjolok sekali bahwa disini semua pepatah bernada positif. Tjatjat tjela suku-suku tidak disebut-sebut.
Setjara historis rumusan-rumusan berkat ini merupakan karangan dari djaman sesudah Musa. Meskipun sifatnja sangat kuno: namun waktunja jang tepat sukar ditentukan. Isinja menundjukkan kepada suatu djaman ketika suku-suku telah menetap di Kanaan. Namun djelas kelihatan adanja kesadaran jang kuat pada suku-suku sebagai pembawa berkatnja masing-masing. Berkat itu disini oleh pengarang tidak dipulangkan kepada para leluhur: melainkan kepada Musa: djadi pada perdjandjian Sinai.
Pemberian berkat itu dipengantari dan ditutup dengan njanjian pudjian jang melukiskan pimpinan jang berkuasa dari Jahwe selama perdjalanan dari Sinai menudju kenegeri jang telah didjandjikan (aj.2-4)(Ula 33:2-4)
Jahwe adalah baik Tuhan semesta alam pun pula kekuatan-kekuatan alam: maupun Jang Berperang untuk bangsa Israil menghadapi musuh (aj. 26 sld)(Ula 33:26).
Ende: Ul 33:2 - -- Disini menjolok sekali pemakaian nama "Sinai" jang mengingatkan kita kepada
tradisi jang lebih kuno.
Seir: pegunungan Edom disebelah Selatan Palestina...
Disini menjolok sekali pemakaian nama "Sinai" jang mengingatkan kita kepada tradisi jang lebih kuno.
Seir: pegunungan Edom disebelah Selatan Palestina.
Paran: terletak didekat Seir. Kedua gunung itu merupakan kompleks pegunungan jang terpenting diantara Sinai dan Palestina.
Dipadang pasir gunung-gunung itu seakan-akan mendjadi petundjuk djalan. Allah dilukiskan sebagai tjahaja jang menerangi pegunungan itu dimata bangsa Israil: dan dengan demikian ditundjukkan pula djalannja. Naskah dari ajat ini disana-sini tidak djelas.
Ende: Ul 33:3 - -- Maksud ajat ini djuga tidak djelas. barangkali menundjukkan kepada suku-suku
jang menggabungkan diri dengan djemaah Jahwe dan ikut menudju kenegeri Ka...
Maksud ajat ini djuga tidak djelas. barangkali menundjukkan kepada suku-suku jang menggabungkan diri dengan djemaah Jahwe dan ikut menudju kenegeri Kanaan dengan penuh kepertjajaan kepada pimpinan Jahwe.
Ende: Ul 33:5 - -- Menundjuk kepada diadakannja monarki. Menurut orang-orang lain: kepada keradjaan
Jahwe sendiri atas bangsa Israil.
Menundjuk kepada diadakannja monarki. Menurut orang-orang lain: kepada keradjaan Jahwe sendiri atas bangsa Israil.
Ende: Ul 33:7 - -- Berkat Juda disini tidak begitu ditondjolkan seperti didalam Kej 49.
Tidak ada sindiran keradjaan. Kata-kata "bawalah dia masuk...." mungkin
menundjuk...
Berkat Juda disini tidak begitu ditondjolkan seperti didalam Kej 49.
Tidak ada sindiran keradjaan. Kata-kata "bawalah dia masuk...." mungkin menundjukkan kepada perpetjahan antara Utara dan Selatan. "tangannja berdjuang baginja": terdjemahan lain: "perbanjaklah tenaga-tenaganja."
Ende: Ul 33:8 - -- Urim dan Tummim: lihat Kel 28:30. Berkat ini mengandung sindiran kepada
Kel 32:25-29 dan kepada tugas kaum Levita agar supaja mengadjarkan
Hukum dan m...
Urim dan Tummim: lihat Kel 28:30. Berkat ini mengandung sindiran kepada Kel 32:25-29 dan kepada tugas kaum Levita agar supaja mengadjarkan Hukum dan mendjalankan tugas imam.
Ende: Ul 33:13 - -- Berkat keluarga Jusuf bersama-sama dengan berkat kaum Levi merupakan bagian jang
terpandjang didalam naskah kita ini. Suku-suku Jusuf adalah jang pali...
Berkat keluarga Jusuf bersama-sama dengan berkat kaum Levi merupakan bagian jang terpandjang didalam naskah kita ini. Suku-suku Jusuf adalah jang paling berpengaruh dan disini pulalah tradisi kuno bangsa Israil hidup paling kuat. Mungkin ajat 15 (Kel 33:15) menundjukkan kepada daerah tempat tinggal para bangsa-bangsa didjaman kuno. (Bdk. Kej 49:22 sld).
Ende: Ul 33:19 - -- Mungkin menundjukkan kepada gunung Karmel jang dipandang sebagai gunung jang
sutji. Lihat 1Ra 18:20 sld. Menurut orang lain: jang dimaksudkan ialah
gu...
Endetn: Ul 33:2 - -- Jun.: "Ia dengan segera datang dari pegunungan Paran bersama beribu-ribuan orang dari Kadesj, disisi kananNja malaekat-malaekat menjertaiNja."
Jun.: "Ia dengan segera datang dari pegunungan Paran bersama beribu-ribuan orang dari Kadesj, disisi kananNja malaekat-malaekat menjertaiNja."
dibatja "metel (part. hif.)
Ref. Silang FULL: Ul 33:1 - Inilah berkat // abdi Allah · Inilah berkat: Kej 27:4; Kej 27:4
· abdi Allah: Yos 14:6; 1Sam 2:27; 9:6; 1Raj 12:22; 13:1; 2Raj 1:9-13; 5:8; Yer 35:4
· Inilah berkat: Kej 27:4; [Lihat FULL. Kej 27:4]
· abdi Allah: Yos 14:6; 1Sam 2:27; 9:6; 1Raj 12:22; 13:1; 2Raj 1:9-13; 5:8; Yer 35:4
Ref. Silang FULL: Ul 33:2 - dari Sinai // dari Seir // Ia tampak // pegunungan Paran // yang kudus · dari Sinai: Kel 19:18; Mazm 68:9
· dari Seir: Yos 11:17; Hak 5:4
· Ia tampak: Mazm 50:2; 80:2; 94:1
· pegunungan Paran: ...
Ref. Silang FULL: Ul 33:3 - Ia mengasihi // dalam tangan-Mulah // mereka duduk · Ia mengasihi: Ul 4:37; Ul 4:37
· dalam tangan-Mulah: Ul 7:6
· mereka duduk: Luk 10:39; Wahy 4:10
Ref. Silang FULL: Ul 33:4 - kepada kita // jemaah Yakub · kepada kita: Ul 4:2; Yoh 1:17; 7:19
· jemaah Yakub: Mazm 119:111
· kepada kita: Ul 4:2; Yoh 1:17; 7:19
· jemaah Yakub: Mazm 119:111
Ref. Silang FULL: Ul 33:5 - menjadi raja // di Yesyurun · menjadi raja: Kel 16:8; Kel 16:8; 1Sam 10:19; Mazm 10:16; 149:2
· di Yesyurun: Bil 23:21; Bil 23:21; Ul 32:15; Ul 32:15
· menjadi raja: Kel 16:8; [Lihat FULL. Kel 16:8]; 1Sam 10:19; Mazm 10:16; 149:2
· di Yesyurun: Bil 23:21; [Lihat FULL. Bil 23:21]; Ul 32:15; [Lihat FULL. Ul 32:15]
Ref. Silang FULL: Ul 33:8 - Tentang Lewi // dan Urim-Mu // yang Kaukasihi // Kaucoba // air Meriba · Tentang Lewi: Kej 29:34; Kej 29:34
· dan Urim-Mu: Kel 28:30
· yang Kaukasihi: Mazm 106:16
· Kaucoba: Bil 14:22; Bil 14:2...
Ref. Silang FULL: Ul 33:9 - tentang ibunya // menjaga perjanjian-Mu · tentang ibunya: Kel 32:26-29
· menjaga perjanjian-Mu: Mazm 61:6; Mal 2:5
· tentang ibunya: Kel 32:26-29
Ref. Silang FULL: Ul 33:10 - mereka mengajarkan // kepada Israel // di depan-Mu // atas mezbah-Mu · mereka mengajarkan: Ezr 7:10; Neh 8:19; Mazm 119:151; Yer 23:22; Mal 2:6
· kepada Israel: Im 10:11; Im 10:11; Ul 17:8-11; 31:9-13
&mid...
· mereka mengajarkan: Ezr 7:10; Neh 8:19; Mazm 119:151; Yer 23:22; Mal 2:6
· kepada Israel: Im 10:11; [Lihat FULL. Im 10:11]; Ul 17:8-11; 31:9-13
· di depan-Mu: Kel 30:7; [Lihat FULL. Kel 30:7]; Im 16:12-13
· atas mezbah-Mu: Mazm 51:21
Ref. Silang FULL: Ul 33:11 - kepada pekerjaannya · kepada pekerjaannya: 2Sam 24:23; Mazm 20:4; 51:21
· kepada pekerjaannya: 2Sam 24:23; Mazm 20:4; 51:21
Ref. Silang FULL: Ul 33:12 - Tentang Benyamin // diam pada-Nya // setiap waktu // lereng-lereng gunungnya // lereng-lereng gunungnya · Tentang Benyamin: Kej 35:18; Kej 35:18
· diam pada-Nya: Ul 4:37-38; 12:10; Ul 32:8; Ul 32:8
· setiap waktu: Kel 19:4; Kel 19:...
Ref. Silang FULL: Ul 33:13 - Tentang Yusuf // di bawah · Tentang Yusuf: Kej 30:24; Kej 30:24
· di bawah: Kej 27:28; Mazm 148:7
· Tentang Yusuf: Kej 30:24; [Lihat FULL. Kej 30:24]
· di bawah: Kej 27:28; Mazm 148:7
· dari gunung-gunung: Hab 3:6
Ref. Silang FULL: Ul 33:16 - semak duri // antara saudara-saudaranya · semak duri: Kel 3:2; Kel 3:2
· antara saudara-saudaranya: Kej 37:8; Kej 37:8
Ref. Silang FULL: Ul 33:17 - dan tanduk-tanduknya // tanduk-tanduk lembu // akan menanduk // orang Efraim // orang Manasye · dan tanduk-tanduknya: 1Sam 2:10; 2Sam 22:3; Yeh 34:21
· tanduk-tanduk lembu: Bil 23:22; Bil 23:22
· akan menanduk: 1Raj 22:11; ...
Ref. Silang FULL: Ul 33:18 - Tentang Zebulon // hai Isakhar · Tentang Zebulon: Kej 30:20; Kej 30:20
· hai Isakhar: Kej 30:18; Kej 30:18
Ref. Silang FULL: Ul 33:19 - ke gunung // yang benar // kelimpahan laut · ke gunung: Kel 15:17; Kel 15:17; Mazm 48:2; Yes 2:3; 65:11; 66:20; Yer 31:6
· yang benar: Mazm 4:6; 51:21
· kelimpahan laut: Ye...
· ke gunung: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Mazm 48:2; Yes 2:3; 65:11; 66:20; Yer 31:6
· yang benar: Mazm 4:6; 51:21
· kelimpahan laut: Yes 18:7; 23:18; 45:14; 60:5,11; 61:6; Hag 2:8; Za 14:14
Ref. Silang FULL: Ul 33:20 - Tentang Gad // memberi kelapangan · Tentang Gad: Kej 30:11
· memberi kelapangan: Ul 3:12-17
· Tentang Gad: Kej 30:11
· memberi kelapangan: Ul 3:12-17