kecilkan semua  

Teks -- Matius 27:1-54 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus diserahkan kepada Pilatus Kematian Yudas
27:1 Ketika hari mulai siang, semua imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi berkumpul dan mengambil keputusan untuk membunuh Yesus. 27:2 Mereka membelenggu Dia, lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya kepada Pilatus, wali negeri itu. 27:3 Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, 27:4 dan berkata: "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah." Tetapi jawab mereka: "Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!" 27:5 Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri. 27:6 Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah." 27:7 Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing. 27:8 Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah. 27:9 Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: "Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel, 27:10 dan mereka memberikan uang itu untuk tanah tukang periuk, seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku."
Yesus di hadapan Pilatus
27:11 Lalu Yesus dihadapkan kepada wali negeri. Dan wali negeri bertanya kepada-Nya: "Engkaukah raja orang Yahudi?" Jawab Yesus: "Engkau sendiri mengatakannya." 27:12 Tetapi atas tuduhan yang diajukan imam-imam kepala dan tua-tua terhadap Dia, Ia tidak memberi jawab apapun. 27:13 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Tidakkah Engkau dengar betapa banyaknya tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?" 27:14 Tetapi Ia tidak menjawab suatu katapun, sehingga wali negeri itu sangat heran. 27:15 Telah menjadi kebiasaan bagi wali negeri untuk membebaskan satu orang hukuman pada tiap-tiap hari raya itu atas pilihan orang banyak. 27:16 Dan pada waktu itu ada dalam penjara seorang yang terkenal kejahatannya yang bernama Yesus Barabas. 27:17 Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: "Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?" 27:18 Ia memang mengetahui, bahwa mereka telah menyerahkan Yesus karena dengki. 27:19 Ketika Pilatus sedang duduk di kursi pengadilan, isterinya mengirim pesan kepadanya: "Jangan engkau mencampuri perkara orang benar itu, sebab karena Dia aku sangat menderita dalam mimpi tadi malam." 27:20 Tetapi oleh hasutan imam-imam kepala dan tua-tua, orang banyak bertekad untuk meminta supaya Barabas dibebaskan dan Yesus dihukum mati. 27:21 Wali negeri menjawab dan berkata kepada mereka: "Siapa di antara kedua orang itu yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu?" Kata mereka: "Barabas." 27:22 Kata Pilatus kepada mereka: "Jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan Yesus, yang disebut Kristus?" Mereka semua berseru: "Ia harus disalibkan!" 27:23 Katanya: "Tetapi kejahatan apakah yang telah dilakukan-Nya?" Namun mereka makin keras berteriak: "Ia harus disalibkan!" 27:24 Ketika Pilatus melihat bahwa segala usaha akan sia-sia, malah sudah mulai timbul kekacauan, ia mengambil air dan membasuh tangannya di hadapan orang banyak dan berkata: "Aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri!" 27:25 Dan seluruh rakyat itu menjawab: "Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!" 27:26 Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan.
Yesus diolok-olokkan
27:27 Kemudian serdadu-serdadu wali negeri membawa Yesus ke gedung pengadilan, lalu memanggil seluruh pasukan berkumpul sekeliling Yesus. 27:28 Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. 27:29 Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: "Salam, hai Raja orang Yahudi!" 27:30 Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya. 27:31 Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan.
Yesus disalibkan
27:32 Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. 27:33 Maka sampailah mereka di suatu tempat yang bernama Golgota, artinya: Tempat Tengkorak. 27:34 Lalu mereka memberi Dia minum anggur bercampur empedu. Setelah Ia mengecapnya, Ia tidak mau meminumnya. 27:35 Sesudah menyalibkan Dia mereka membagi-bagi pakaian-Nya dengan membuang undi. 27:36 Lalu mereka duduk di situ menjaga Dia. 27:37 Dan di atas kepala-Nya terpasang tulisan yang menyebut alasan mengapa Ia dihukum: "Inilah Yesus Raja orang Yahudi." 27:38 Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya. 27:39 Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala, 27:40 mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!" 27:41 Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata: 27:42 "Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya. 27:43 Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah." 27:44 Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga.
Yesus mati
27:45 Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga. 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? 27:47 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: "Ia memanggil Elia." 27:48 Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum. 27:49 Tetapi orang-orang lain berkata: "Jangan, baiklah kita lihat, apakah Elia datang untuk menyelamatkan Dia." 27:50 Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya. 27:51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah, 27:52 dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit. 27:53 Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang. 27:54 Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: "Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Barabas a man
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Golgota the place where Jesus was crucified
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kirene an inhabitant of Cyrene.
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Pilatus the Roman governor of Judea who allowed Jesus to be crucified
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yeremia a prophet of Judah in 627 B.C., who wrote the book of Jeremiah,a man of Libnah; father of Hamutal, mother of Jehoahaz, king of Judah,head of an important clan in eastern Manasseh in the time of Jotham,a Benjamite man who defected to David at Ziklag,the fifth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,the tenth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,a man from Anathoth of Benjamin; son of Hilkiah the priest; a major prophet in the time of the exile,an influential priest who returned from exile with Zerubbabel, who later signed the covenant to obey the law, and who helped dedicate Nehemiah's wall,one of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness
 · Yesus Barabas a man
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Pilatus | Yesus | Yesus Kristus | Gubernur | Mati, Kematian Kristus | Nubuat Tentang Kristus | Barabas | Hukuman | Yudas, Surat | Benar, Kebenaran Rohani | Pimpin, Pemimpin, Pemuka | Benci, Kebencian Terhadap Kristus | Raja | Salib | Yudas | Ejekan, Pengejek | Sidang, Persidangan Pengadilan | Gempa Bumi | Tidak Adil, Ketidakadilan | Rumah Tuhan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 27:2 - MENYERAHKAN-NYA KEPADA PILATUS. Nas : Mat 27:2 Inilah tahap ketiga dari penderitaan Kristus. Pada pagi hari Yesus yang sudah dipukul berulang-ulang dan penat, dibawa ke bagian lai...

Nas : Mat 27:2

Inilah tahap ketiga dari penderitaan Kristus. Pada pagi hari Yesus yang sudah dipukul berulang-ulang dan penat, dibawa ke bagian lain kota Yerusalem untuk diperiksa oleh Pilatus. Barabas dilepaskan (ayat Mat 27:21) dan Yesus disesah dan kemudian diserahkan untuk disalibkan (ayat Mat 27:26). (Untuk tahap keempat dari penderitaan Yesus,

lihat cat. --> Mat 27:26).

[atau ref. Mat 27:26]

Full Life: Mat 27:3 - MENYESALLAH (YUDAS). Nas : Mat 27:3 Yudas mendengar bahwa perbuatannya yang berdosa akan menyebabkan kematian Yesus. Demikian pula, perbuatan kita pastilah ada pengaruh...

Nas : Mat 27:3

Yudas mendengar bahwa perbuatannya yang berdosa akan menyebabkan kematian Yesus. Demikian pula, perbuatan kita pastilah ada pengaruhnya pada orang lain, entah bagi kebaikan atau bagi keburukan. Banyak hal yang mulai terjadi oleh karena tindakan kita tidak dapat dihentikan sehingga akibatnya yang merusak dan buruk menimpa kita dan banyak orang lain. Sangatlah penting untuk menjauhi semua perbuatan dan rencana yang mungkin mengakibatkan hal-hal yang merugikan.

Full Life: Mat 27:5 - KEMATIAN YUDAS. Nas : Mat 27:5 Matius mengatakan bahwa Yudas "menggantung diri"; Kis 1:18 mencatat bahwa ia tewas karena jatuh. Barangkali yang dilakukan Yudas ada...

Nas : Mat 27:5

Matius mengatakan bahwa Yudas "menggantung diri"; Kis 1:18 mencatat bahwa ia tewas karena jatuh. Barangkali yang dilakukan Yudas adalah menjatuhkan diri ke atas sebuah tonggak yang telah diruncingkan. Mati dengan menggantung pada masa itu hanya dilakukan dengan cara disalibkan atau disulakan.

Full Life: Mat 27:9 - NABI YEREMIA. Nas : Mat 27:9 Di dalam ayat ini Matius memadukan dan meringkaskan unsur-unsur simbolisme nubuat, satu dari Yeremia (Yer 32:6-9) dan yang satunya d...

Nas : Mat 27:9

Di dalam ayat ini Matius memadukan dan meringkaskan unsur-unsur simbolisme nubuat, satu dari Yeremia (Yer 32:6-9) dan yang satunya dari Zakharia (Za 11:12-13). Kemudian Matius menyebutkan nama nabi yang lebih tua dan lebih terkenal sebagai sumbernya, suatu kebiasaan yang sering dipakai ketika mengutip ayat-ayat dari kitab para nabi.

Full Life: Mat 27:24 - PILATUS. Nas : Mat 27:24 Dosa Pilatus yang terbesar adalah berkompromi dengan apa yang diyakininya sebagai benar dan adil agar dapat mempertahankan keduduka...

Nas : Mat 27:24

Dosa Pilatus yang terbesar adalah berkompromi dengan apa yang diyakininya sebagai benar dan adil agar dapat mempertahankan kedudukan, status, dan keuntungan pribadi. Pilatus mengetahui bahwa Yesus tidak bersalah dan telah menyatakannya berkali-kali (ayat Mat 27:18; Yoh 19:4,6).

Full Life: Mat 27:26 - YESUS DISESAHNYA. Nas : Mat 27:26 Inilah tahap keempat dari penderitaan Yesus Kristus. 1) Penyesahan cara Romawi dilakukan dengan melucuti pakaian korban ser...

Nas : Mat 27:26

Inilah tahap keempat dari penderitaan Yesus Kristus.

  1. 1) Penyesahan cara Romawi dilakukan dengan melucuti pakaian korban serta merentangkan tubuhnya pada sebuah tiang atau membungkukkan tubuhnya di atas sebuah tiang yang pendek dengan tangannya diikat. Alat penyesahnya adalah sebuah gagang kayu pendek dengan beberapa tali kulit di ujungnya. Pada ujung tali kulit itu telah diikatkan potongan-potongan kecil besi atau tulang. Dua orang yang berdiri sebelah-menyebelah korban itu akan memukul punggungnya. Sebagai akibatnya, daging punggung korban akan tersayat-sayat demikian rupa sehingga pembuluh-pembuluh darah dan urat nadi, bahkan tidak jarang organ-organ yang ada di dalam tubuh dapat dilihat dari luar. Sering korban sudah mati sementara penyesahan masih dijalankan.
  2. 2) Penyesahan merupakan penyiksaan yang mengerikan. Ketidakmampuan Yesus untuk memikul salib-Nya sendiri pastilah disebabkan oleh hukuman yang berat ini (ayat Mat 27:32; Luk 23:26). "Dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh" (Yes 53:5; 1Pet 2:24). (Mengenai tahap kelima dari penderitaan Yesus,

    lihat cat. --> Mat 27:28).

    [atau ref. Mat 27:28]

Full Life: Mat 27:28-29 - JUBAH UNGU ... MAHKOTA DURI. Nas : Mat 27:28-29 Inilah tahap kelima dari penderitaan Kristus. Tali yang mengikat Yesus dilepaskan dan Ia ditempatkan di tengah-tengah sekelompok...

Nas : Mat 27:28-29

Inilah tahap kelima dari penderitaan Kristus. Tali yang mengikat Yesus dilepaskan dan Ia ditempatkan di tengah-tengah sekelompok tentara Romawi (ayat Mat 27:27). Mereka mengenakan sebuah jubah berwarna ungu kepada-Nya, memberikan sebatang tongkat di tangan-Nya lalu menekankan sebuah mahkota dari ranting-ranting yang berduri di kepala-Nya (ayat Mat 27:29). Para prajurit itu kemudian mengejek Dia, menampar muka-Nya dan memukul kepala-Nya sehingga duri-duri itu lebih dalam terbenam di kepala-Nya (ayat Mat 27:30-31).

(Lihat cat. --> Mat 27:31

[atau ref. Mat 27:31]

mengenai tahap keenam dari penderitaan Kristus).

Full Life: Mat 27:31 - MEMBAWA DIA KELUAR UNTUK DISALIBKAN. Nas : Mat 27:31 Inilah tahap keenam dari penderitaan Kristus. Balok salib yang berat itu diikatkan pada pundak Kristus. Mulailah Dia berjalan denga...

Nas : Mat 27:31

Inilah tahap keenam dari penderitaan Kristus. Balok salib yang berat itu diikatkan pada pundak Kristus. Mulailah Dia berjalan dengan pelan-pelan ke bukit Golgota. Beratnya balok salib tersebut, ditambah lagi kepenatan jasmani yang hebat, membuat Dia terjatuh. Ia mencoba untuk berdiri, namun tidak sanggup. Simon orang Kirene kemudian disuruh memikul salib itu. (Mengenai tahap ketujuh,

lihat cat. --> Mat 27:35).

[atau ref. Mat 27:35]

Full Life: Mat 27:35 - MENYALIBKAN DIA. Nas : Mat 27:35 Inilah tahap ketujuh dari penderitaan Yesus. Di bukit Golgota balok salib yang melintang diletakkan di tanah dan Yesus dibaringkan ...

Nas : Mat 27:35

Inilah tahap ketujuh dari penderitaan Yesus. Di bukit Golgota balok salib yang melintang diletakkan di tanah dan Yesus dibaringkan di atasnya. Kedua lengan-Nya direntangkan di atas balok salib dan paku besi yang persegi dipakukan melalui telapak (atau pergelangan) tangan-Nya sampai jauh ke dalam kayu, pertama tangan yang kanan kemudian tangan yang kiri. Setelah itu Kristus diangkat dengan bantuan tali atau tangga, balok salib yang melintang diikatkan atau dipakukan pada tiang salib dan sebuah penyanggah untuk tubuh-Nya dipasang pada salib itu. Akhirnya, kaki-Nya direntangkan dan dipakukan pada salib itu dengan paku lebih besar. (Tahap kedelapan dari penderitaan Kristus diuraikan dalam

lihat cat. --> Mat 27:39).

[atau ref. Mat 27:39]

Full Life: Mat 27:39 - MENGHUJAT DIA. Nas : Mat 27:39 Inilah tahap kedelapan dari penderitaan Kristus. Kini Yesus tergantung dalam keadaan yang menyedihkan, berlumuran darah, penuh deng...

Nas : Mat 27:39

Inilah tahap kedelapan dari penderitaan Kristus. Kini Yesus tergantung dalam keadaan yang menyedihkan, berlumuran darah, penuh dengan luka dan ditonton banyak orang. Berjam-jam lamanya seluruh badan-Nya terasa sakit luar biasa, lengan-Nya terasa lelah, otot-otot-Nya kejang-kejang dan kulit yang tercabik-cabik dari punggung-Nya terasa nyeri. Kemudian muncul penderitaan baru -- rasa sakit yang hebat terasa dalam dada-Nya ketika cairan mulai menekan jantung-Nya. Ia merasa sangat haus (Yoh 19:28) dan sadar akan perkataan makian dan cemoohan orang yang melewati salib itu (ayat Mat 27:39-44). (Untuk tahap yang kesembilan,

lihat cat. --> Mat 27:46).

[atau ref. Mat 27:46]

Full Life: Mat 27:46 - MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU? Nas : Mat 27:46 Inilah tahap kesembilan dari penderitaan Kristus. Kata-kata ini merupakan puncak dari segala penderitaan-Nya bagi dunia yang terhil...

Nas : Mat 27:46

Inilah tahap kesembilan dari penderitaan Kristus. Kata-kata ini merupakan puncak dari segala penderitaan-Nya bagi dunia yang terhilang. Seruan-Nya dalam bahasa Aram, "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" menunjukkan bahwa Dia sedang mengalami pemisahan dari Allah sebagai pengganti orang berdosa. Pada tahap ini semua kesedihan, penderitaan, dan rasa sakit mencapai puncaknya. Ia tertikam oleh karena pemberontakan kita (Yes 53:5) dan Ia telah memberikan diri-Nya sebagai "tebusan bagi banyak orang" (Mat 20:28; 1Tim 2:6). Dia yang tidak mengenal dosa "telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita" (2Kor 5:21); Dia mati sebagai yang ditinggalkan, agar kita tidak akan pernah ditinggalkan oleh-Nya (bd. pasal Mazm 22:1-32). Demikianlah kita ditebus oleh penderitaan Kristus (1Pet 1:19).

(Lihat cat. --> Mat 27:50

[atau ref. Mat 27:50]

untuk tahap yang kesepuluh dari penderitaan Kristus).

Full Life: Mat 27:50 - YESUS BERSERU PULA. Nas : Mat 27:50 Inilah tahap kesepuluh dari penderitaan-Nya. Dengan nyaring Ia mengucapkan kata-kata-Nya yang terakhir, "Sudah selesai" (Yoh 19:30)...

Nas : Mat 27:50

Inilah tahap kesepuluh dari penderitaan-Nya. Dengan nyaring Ia mengucapkan kata-kata-Nya yang terakhir, "Sudah selesai" (Yoh 19:30). Seruan ini menandakan akhir dari segala penderitaan-Nya serta penyelesaian karya penebusan. Hutang dosa kita telah dilunasi, dan rencana keselamatan ditegakkan. Pada saat itulah Dia memanjatkan doa yang terakhir, "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku" (Luk 23:46). (untuk tahap pertama penderitaan Kristus

lihat cat. --> Mat 26:37).

[atau ref. Mat 26:37]

Full Life: Mat 27:51 - TABIR BAIT SUCI TERBELAH DUA. Nas : Mat 27:51 Terbelahnya "tabir Bait Suci" (bd. Kel 26:31-33; 36:35) menunjukkan bahwa jalan kini terbuka lebar untuk menghampiri Allah. Tabir y...

Nas : Mat 27:51

Terbelahnya "tabir Bait Suci" (bd. Kel 26:31-33; 36:35) menunjukkan bahwa jalan kini terbuka lebar untuk menghampiri Allah. Tabir yang memisahkan Tempat Kudus dengan Tempat Mahakudus sebelumnya menghalangi orang menghampiri hadirat-Nya. Melalui kematian Kristus, tabir itu disingkirkan dan jalan menuju Tempat Mahakudus (yakni kehadiran Allah) kini terbuka bagi semua orang yang percaya kepada Kristus dan Firman-Nya yang menyelamatkan (bd. Ibr 9:1-14; 10:19-22).

Full Life: Mat 27:52 - BANYAK ORANG KUDUS ... BANGKIT. Nas : Mat 27:52 Peristiwa ini penting karena merupakan petunjuk nubuat bahwa kematian dan kebangkitan Kristus memastikan kebangkitan kita dalam kem...

Nas : Mat 27:52

Peristiwa ini penting karena merupakan petunjuk nubuat bahwa kematian dan kebangkitan Kristus memastikan kebangkitan kita dalam kemuliaan pada saat Dia datang kembali. Kebangkitan-Nya menandakan kekalahan kematian (lih. 1Kor 15:50-58; 1Tes 4:14).

BIS: Mat 27:39 - menggeleng-gelengkan kepala menggeleng-gelengkan kepala: cara orang Yahudi untuk menghina orang.

menggeleng-gelengkan kepala: cara orang Yahudi untuk menghina orang.

Jerusalem: Mat 27:1 - Setelah hari Sabat lewat Oleh karena hari Sabat adalah hari istirahat, maka "hari pertama" minggu Yahudi ialah hari Minggu kita, Wah 1:10, artinya Hari Tuhan (kata minggu mema...

Oleh karena hari Sabat adalah hari istirahat, maka "hari pertama" minggu Yahudi ialah hari Minggu kita, Wah 1:10, artinya Hari Tuhan (kata minggu memang berasal dari kata Portugis yang berasal dari kata Latin "dies dominica"). hari itu disebut demikian karena adalah hari (peringatan) kebangkitan Tuhan. Bdk Kis 20:17+; 1Ko 16:2

Jerusalem: Mat 27:1 - Maria yang lain Ialah Maria ibu Yakobus, Mar 16:1; Luk 24:10; bdk Mat 27:56 dan Mat 27:61

Ialah Maria ibu Yakobus, Mar 16:1; Luk 24:10; bdk Mat 27:56 dan Mat 27:61

Jerusalem: Mat 27:1 - menengok kubur itu Oleh karena kubur Yesus dimeterai, Mat 27:66, perempuan-perempuan itu tidak bermaksud meminyaki jenasah Yesus, seperti maksudnya menurut Markus dan Lu...

Oleh karena kubur Yesus dimeterai, Mat 27:66, perempuan-perempuan itu tidak bermaksud meminyaki jenasah Yesus, seperti maksudnya menurut Markus dan Lukas. Mereka hanya datang menengok kubur itu.

Jerusalem: Mat 27:2 - Pilatus Var: Pontius Pilatus. Bdk Luk 3:1+. Roma di Yudea (dan di segala daerah) mengkhususkan bagi dirinya wewenang untuk menjalankan hukuman mati. Maka oran...

Var: Pontius Pilatus. Bdk Luk 3:1+. Roma di Yudea (dan di segala daerah) mengkhususkan bagi dirinya wewenang untuk menjalankan hukuman mati. Maka orang-orang Yahudi harus menghadap wali negeri, supaya keputusan mereka sendiri disyahkan dan dilaksanakan.

Jerusalem: Mat 27:8 - Tanah Darah Dalam bahasa Aram namanya: Hakal Dama (bdk Kis 1:19). Menurut sebuah tradisi tua yang kiranya tepat tanah itu terletak di lembah Ge-Hinnom.

Dalam bahasa Aram namanya: Hakal Dama (bdk Kis 1:19). Menurut sebuah tradisi tua yang kiranya tepat tanah itu terletak di lembah Ge-Hinnom.

Jerusalem: Mat 27:9 - Nabi Yeremia Naskah-naskah berbeda-beda. Ada yang menyebut nabi Zakharia, ada yang berkata Yesaya, dan ada juga yang tidak menyebut nama sama sekali. Pada kenyataa...

Naskah-naskah berbeda-beda. Ada yang menyebut nabi Zakharia, ada yang berkata Yesaya, dan ada juga yang tidak menyebut nama sama sekali. Pada kenyataannya ini sebuah kutipan bebas dari Zak 11:12-13 yang digabungkan dengan Yer 32:6-15 yang berkata tentang tukang-tukang periuk, Mat 18:2 dst., dapat menerangkan mengapa seluruh nas ini dihubungkan dengan nabi Yeremia.

Jerusalem: Mat 27:10 - -- Yahwe mengeluh karena di dalam diri nabiNya hanya menerima dari orang Israel upah yang sangat menggelikan: Yesus dijual dengan harga yang sama dan kar...

Yahwe mengeluh karena di dalam diri nabiNya hanya menerima dari orang Israel upah yang sangat menggelikan: Yesus dijual dengan harga yang sama dan karenanya Matius berpendapat bahwa nubuat itu terlaksana juga.

Jerusalem: Mat 27:11 - Engkau sendiri mengatakannya Yesus mengakui bahwa benar-benar raja paling sedikit dengan arti tertentu, meskipun Ia sendiri tidak pernah mengatakannya. Lihat Mat 26:25,64; dan bdk...

Yesus mengakui bahwa benar-benar raja paling sedikit dengan arti tertentu, meskipun Ia sendiri tidak pernah mengatakannya. Lihat Mat 26:25,64; dan bdk Yoh 18:33-37+.

Jerusalem: Mat 27:16 - Barabas Var: Yesus Barabas (demikianpun dalam Mat 27:17). Kalau demikian pertanyaan Pilatus mendapat nada lebih tajam lagi. Tetapi tambahan "Yesus" itu kirany...

Var: Yesus Barabas (demikianpun dalam Mat 27:17). Kalau demikian pertanyaan Pilatus mendapat nada lebih tajam lagi. Tetapi tambahan "Yesus" itu kiranya berasal dari sebuah tradisi apokrip.

Jerusalem: Mat 27:24 - membasuh tangannya Ini suatu lambang berupa perbuatan yang bagi orang Yahudi jelas sekali: bdk Ula 21:6 dst.; Maz 26:6; Maz 73:13

Ini suatu lambang berupa perbuatan yang bagi orang Yahudi jelas sekali: bdk Ula 21:6 dst.; Maz 26:6; Maz 73:13

Jerusalem: Mat 27:24 - darah orang ini Var: darah orang benar ini. Dapat juga diterjemahkan: darah ini.

Var: darah orang benar ini. Dapat juga diterjemahkan: darah ini.

Jerusalem: Mat 27:25 - Biarlah darahNya Sebuah ungkapan alkitabiah yang lazim, 2Sa 1:16; 2Sa 3:29; Kis 5:28; Kis 18:6. Artinya: rakyat menyatakan bahwa mereka sendiri bertanggung jawab atas ...

Sebuah ungkapan alkitabiah yang lazim, 2Sa 1:16; 2Sa 3:29; Kis 5:28; Kis 18:6. Artinya: rakyat menyatakan bahwa mereka sendiri bertanggung jawab atas pembunuhan yang diminta itu.

Jerusalem: Mat 27:26 - disesahnya Pada orang Roma penyesahan adalah persiapan lazim untuk penyaliban.

Pada orang Roma penyesahan adalah persiapan lazim untuk penyaliban.

Jerusalem: Mat 27:27 - gedung pengadilan Yunani: pretorion. Ialah tempat kediaman "Pretor" (wali negeri). Gedung itu kiranya tidak lain kecuali bekas istana raja Herodes Agung. Mana kala dari...

Yunani: pretorion. Ialah tempat kediaman "Pretor" (wali negeri). Gedung itu kiranya tidak lain kecuali bekas istana raja Herodes Agung. Mana kala dari kota Kaisarea naik ke Yerusalem wali-wali negeri Roma biasanya berdiam dalam istana itu. Istana ini terletak di ujung timur kota dan berbeda dengan tempat kediaman (bekas) wangsa Hasmonia. Istana ini terletak dekat bait Allah dan dipakai oleh Herodes Antipas. Jadi di sana Herodes menerima Yesus yang oleh Pilatus dikirim kepadanya. Luk 23:7-12. Ada juga ahli yang berpendapat "pretorion" itu ada dalam benteng Antonia, di pojok utara pelataran Bait Allah, tapi pendapat itu sukar dipertahankan.

Jerusalem: Mat 27:28 - jubah ungu Jubah ungu (Yunani: khlamuda) itu ialah mantol prajurit Roma (sagum). Warnanya merah, sehingga menyerupai warna ungu yang merupakan warna kerajaan, da...

Jubah ungu (Yunani: khlamuda) itu ialah mantol prajurit Roma (sagum). Warnanya merah, sehingga menyerupai warna ungu yang merupakan warna kerajaan, dan dapat dipakai untuk mengejek Yesus.

Jerusalem: Mat 27:29 - Raja orang Yahudi Orang Yahudi mengolok-olokkan Yesus sebagai "Nabi", Mat 26:68+ dsj, tetapi prajurit-prajurit Romawi memperolok-olokkannya sebagai "Raja". Kedua olokan...

Orang Yahudi mengolok-olokkan Yesus sebagai "Nabi", Mat 26:68+ dsj, tetapi prajurit-prajurit Romawi memperolok-olokkannya sebagai "Raja". Kedua olokan itu sesuai dengan apa yang dituduhkan kepada Yesus dalam pengadilan, yakni: tuduhan di bidang agama dan tuduhan di bidang politik.

Jerusalem: Mat 27:33 - Golgota Sebuah (transkripsi) kata Aram yang artinya: tempat tengkorak, Latinnya: Calvaria.

Sebuah (transkripsi) kata Aram yang artinya: tempat tengkorak, Latinnya: Calvaria.

Jerusalem: Mat 27:34 - anggur bercampur empedu Ialah minuman pembius yang oleh wanita Yerusalem yang berkasihan, Luk 23:27 dst; lazimnya diberikan kepada orang yang dihukum mati buat meringankan pe...

Ialah minuman pembius yang oleh wanita Yerusalem yang berkasihan, Luk 23:27 dst; lazimnya diberikan kepada orang yang dihukum mati buat meringankan penderitaannya. Anggur itu bercampur mur, bdk Mar 15:23, sedangkan "empedu" yang disebut Matius kiranya berasal dari Maz 69:22 (sama seperti "cuka" yang terdapat dalam resensi Antiokhia). Yesus tidak mau minum obat bius itu.

Jerusalem: Mat 27:35 - membuang undi Sejumlah naskah menambah: supaya genaplah apa yang dikatakan oleh nabi: Mereka membagi-bagikan pakaianKu di antara mereka dan mereka membuang undi ata...

Sejumlah naskah menambah: supaya genaplah apa yang dikatakan oleh nabi: Mereka membagi-bagikan pakaianKu di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubahKu (Maz 22:19). Ini sebuah sisipan yang diambil dari Yoh 19:24.

Jerusalem: Mat 27:45 - jam duabelas, jam tiga Harafiah: pukul enam, pukul sembilan, menurut perhitungan Yahudi, yang sesuai dengan jam duabelas dan jam tiga (siang) kita.

Harafiah: pukul enam, pukul sembilan, menurut perhitungan Yahudi, yang sesuai dengan jam duabelas dan jam tiga (siang) kita.

Jerusalem: Mat 27:46 - Eli, Eli, lama sabakhtani Sebuah teriakan (dalam bahasa Aram) kemalangan yang sungguh, tetapi bukan teriakan putus harap. Ratapan ini diambil dari Kitab Suci (Maz 22:2) dan ber...

Sebuah teriakan (dalam bahasa Aram) kemalangan yang sungguh, tetapi bukan teriakan putus harap. Ratapan ini diambil dari Kitab Suci (Maz 22:2) dan berupa sebuah doa kepada Allah. Dalam mazmur doa itu disusul kegembiraan karena yakin tentang pertolongan dari pihak Allah.

Jerusalem: Mat 27:47 - Ia mengambil Elia Boleh jadi sindiran yang mengejek itu berdasarkan pengharapan akan kedatangan nabi Elia sebagai Perintis Mesias, bdk Mat 17:10-13+, tetapi mungkin jug...

Boleh jadi sindiran yang mengejek itu berdasarkan pengharapan akan kedatangan nabi Elia sebagai Perintis Mesias, bdk Mat 17:10-13+, tetapi mungkin juga berdasarkan kepercayaan Yahudi bahwa nabi Elia menolong orang benar, apabila orang benar memerlukan sesuatu.

Jerusalem: Mat 27:48 - anggur asam Ini semacam minuman yang dipakai prajurit-prajurit Roma. Tindakan itu kiranya dijiwai belas kasihan, bdk Yoh 19:28 dst.; tetapi injil-injil sinoptik m...

Ini semacam minuman yang dipakai prajurit-prajurit Roma. Tindakan itu kiranya dijiwai belas kasihan, bdk Yoh 19:28 dst.; tetapi injil-injil sinoptik mengartikannya sebagai tindakan yang maksudnya buruk, Luk 23:36, lalu melukiskannya dengan kata-kata yang mengingatkan Maz 69:22.

Jerusalem: Mat 27:51 - tabir Bait Suci Entah tabir yang menutup bagian "Yang Kudus" dari Bait Allah, entah (kiranya lebih tepat) tirai yang menutupi "Kudus-Mukadas"; bdk Kel 26:31 dst. Deng...

Entah tabir yang menutup bagian "Yang Kudus" dari Bait Allah, entah (kiranya lebih tepat) tirai yang menutupi "Kudus-Mukadas"; bdk Kel 26:31 dst. Dengan mengikuti jejak Ibr 9:12; Ibr 10:20, tradisi Kristen mengartikan terbelahnya tabir itu sebagai lambang bahwa ibadat Musa yang lama sudah batal dan Kristus telah membuka pintu masuk tempat kudus di zaman Mesias

Jerusalem: Mat 27:51 - terjadilah gempa bumi.... Gejala-gejala luar biasa ini (sama seperti kegelapan dalam Mat 27:45) telah dinubuatkan para nabi sebagai tanda-tanda khas yang menyertai "Hari Yahwe"...

Gejala-gejala luar biasa ini (sama seperti kegelapan dalam Mat 27:45) telah dinubuatkan para nabi sebagai tanda-tanda khas yang menyertai "Hari Yahwe", bdk Amo 8:9.

Jerusalem: Mat 27:52-53 - -- Kebangkitan orang benar itu adalah tanda bukti bahwa zaman Mesias sudah ada (Yes 26:19; Yeh 37; Dan 12:2). Berkat kematian Kristus orang itu dibebaska...

Kebangkitan orang benar itu adalah tanda bukti bahwa zaman Mesias sudah ada (Yes 26:19; Yeh 37; Dan 12:2). Berkat kematian Kristus orang itu dibebaskan dari dunia orang mati (syeol), bdk Mat 16:18+, lalu menunggu kebangkitan Yesus dan bersama denganNya memasuki Kota Suci, ialah Yerusalem sorgawi (Wah 21:2, Wah 22:19). Begitulah cerita ini diartikan oleh pujangga-pujangga Gereja dahulu. Kalau demikian, terdapatlah di sini suatu pengungkapan tua dari kepercayaan bahwa orang-orang mati dibebaskan waktu Yesus turun ke dalam dunia orang mati, bdk 1Pe 3:19+.

Ende: Mat 27:2 - Pilatus Namanja genap "Pontius Pilatus". Ia wakil pemerintahan Romawi atas Judea dari tahun 26 sampai tahun 56. Pangkatnja disebut "Prokurator", jang dapat di...

Namanja genap "Pontius Pilatus". Ia wakil pemerintahan Romawi atas Judea dari tahun 26 sampai tahun 56. Pangkatnja disebut "Prokurator", jang dapat diterdjemahkan dengan "gubenur" atau "wali negeri". Orang Jahudi "menjerahkan" Jesus kepadanja sebab di daerah-daerah djadjahan hanja pemerintah Romawi berhak mendjatuhkan hukuman mati dan melaksanakannja. Mereka biasa menjalibkan pendjahat-pendjahat sedangkan orang Jahudi biasa meradjamnja.

Ende: Mat 27:9 - -- Mt. sekedar menggabungkan Yer 52:6-10 dengan Zak 11:12-13. Pergunaan,ajat-ajat tersebut dalam aslinja sangat kabur, dan sebab itu terdjemahannja kuran...

Mt. sekedar menggabungkan Yer 52:6-10 dengan Zak 11:12-13. Pergunaan,ajat-ajat tersebut dalam aslinja sangat kabur, dan sebab itu terdjemahannja kurang pasti pula. Tetapi tjukup njata, bahwa Mt. hendak menekankan betapa hina sikap Judas dan orang Jahudi terhadap Jesus, sehingga mereka menilaikan Jesus demikian rendah.

Ende: Mat 27:11 - Radja orang Jahudi Bagi orang Jahudi terang bahwa dengan itu dimaksudkan Mesias. Bagi mereka djuga gelaran itu bertjorak politik, tetapi bagi Pilatus.berbunji politik se...

Bagi orang Jahudi terang bahwa dengan itu dimaksudkan Mesias. Bagi mereka djuga gelaran itu bertjorak politik, tetapi bagi Pilatus.berbunji politik semata-mata.

Ende: Mat 27:15 - Pada hari raja Maksudnja: pada tiap-tiap Paska.

Maksudnja: pada tiap-tiap Paska.

Ende: Mat 27:25 - -- Utjapan ini sebagai peribahasa jang lazim pada orang Jahudi berarti kami berani mempertanggung-djawabkan tuntutan kami dengan segala akibatnja.

Utjapan ini sebagai peribahasa jang lazim pada orang Jahudi berarti kami berani mempertanggung-djawabkan tuntutan kami dengan segala akibatnja.

Ende: Mat 27:26 - -- Biasanja orang jang hendak disalibkan didera lebih dahulu.

Biasanja orang jang hendak disalibkan didera lebih dahulu.

Ende: Mat 27:27 - -- "Pretorium". Itulah gedung pengadilan Romawi, barangkali disini merangkap istana wali negeri.

"Pretorium". Itulah gedung pengadilan Romawi, barangkali disini merangkap istana wali negeri.

Ende: Mat 27:34 - Empedu Demikian tepat terdjemahan kata Junani, tetapi jang dimaksudkan, ialah sedjenis rempah (obat) pembius jang meringankan penderitaan. Karena.akibat jang...

Demikian tepat terdjemahan kata Junani, tetapi jang dimaksudkan, ialah sedjenis rempah (obat) pembius jang meringankan penderitaan. Karena.akibat jang demikian kita dapat mengerti apa sebabnja Jesus tidak mau meminumnja.

Ende: Mat 27:45 - Pukul keenam Itulah djam 6 sesudah terbitnja matahari, djadi djam 12 menurut hitungan kita.

Itulah djam 6 sesudah terbitnja matahari, djadi djam 12 menurut hitungan kita.

Ende: Mat 27:46 - Mengapa Engkau meninggalkan Daku? Itulah awal Maz 22. Jesus tentu ingat akan seluruh mazmur itu, dan utjapan itu mengandung suasana seluruh mazmur tersebut, jaitu suasana penjerahan mu...

Itulah awal Maz 22. Jesus tentu ingat akan seluruh mazmur itu, dan utjapan itu mengandung suasana seluruh mazmur tersebut, jaitu suasana penjerahan mutlak kepada Allah, kepertjajaan dan pengharapan bulat kepadanja, dan kejakinan, bahwa segala sengsara akan mendjelma mendjadi kemenangan mahadjaja.

Ende: Mat 27:48 - Anggur asam Bukanlah tjuka, melainkan sedjenis anggur asam, jang sangat menjegarkan dan sebab itu digemari orang Romawi sebagai minuman biasa sehari-hari. Sebab i...

Bukanlah tjuka, melainkan sedjenis anggur asam, jang sangat menjegarkan dan sebab itu digemari orang Romawi sebagai minuman biasa sehari-hari. Sebab itu minuman itu tentu disodorkan kepada Jesus dengan maksud jang baik.

Ende: Mat 27:51 - Tirai kenisah Diduga bahwa dimaksudkan tirai jang memisahkan ruang mahakudus, jang dipandang sebagai tempat hadirat Allah, dari ruang jang disebut ruang Kudus. Kedj...

Diduga bahwa dimaksudkan tirai jang memisahkan ruang mahakudus, jang dipandang sebagai tempat hadirat Allah, dari ruang jang disebut ruang Kudus. Kedjadian itu dapat ditafsirkan sebagai tanda, bahwa Allah telah memutuskan hubunganNja (perdjandjianNja) dengan kaum Israel jang lama dan tjara ibadat Perdjandjian Lama telah dibatalkan.

Ref. Silang FULL: Mat 27:1 - untuk membunuh · untuk membunuh: Mat 12:14; Mat 12:14; Mr 15:1; Luk 22:66

· untuk membunuh: Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]; Mr 15:1; Luk 22:66

Ref. Silang FULL: Mat 27:2 - dan menyerahkan-Nya // wali negeri · dan menyerahkan-Nya: Mat 20:19 · wali negeri: Mr 15:1; Luk 13:1; Kis 3:13; 1Tim 6:13

· dan menyerahkan-Nya: Mat 20:19

· wali negeri: Mr 15:1; Luk 13:1; Kis 3:13; 1Tim 6:13

Ref. Silang FULL: Mat 27:3 - menyerahkan Dia // puluh perak · menyerahkan Dia: Mat 10:4; Mat 10:4 · puluh perak: Mat 26:14,15

· menyerahkan Dia: Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]

· puluh perak: Mat 26:14,15

Ref. Silang FULL: Mat 27:4 - urusanmu sendiri · urusanmu sendiri: Mat 27:24

· urusanmu sendiri: Mat 27:24

Ref. Silang FULL: Mat 27:5 - Bait Suci // menggantung diri · Bait Suci: Luk 1:9,21 · menggantung diri: Kis 1:18

· Bait Suci: Luk 1:9,21

· menggantung diri: Kis 1:18

Ref. Silang FULL: Mat 27:8 - Tanah Darah · Tanah Darah: Kis 1:19

· Tanah Darah: Kis 1:19

Ref. Silang FULL: Mat 27:9 - demikian genaplah · demikian genaplah: Mat 1:22; Mat 1:22

· demikian genaplah: Mat 1:22; [Lihat FULL. Mat 1:22]

Ref. Silang FULL: Mat 27:10 - Tuhan kepadaku · Tuhan kepadaku: Za 11:12,13; Yer 32:6-9

· Tuhan kepadaku: Za 11:12,13; Yer 32:6-9

Ref. Silang FULL: Mat 27:11 - orang Yahudi · orang Yahudi: Mat 2:2; Mat 2:2

· orang Yahudi: Mat 2:2; [Lihat FULL. Mat 2:2]

Ref. Silang FULL: Mat 27:12 - memberi jawab · memberi jawab: Mr 14:61; Mr 14:61

· memberi jawab: Mr 14:61; [Lihat FULL. Mr 14:61]

Ref. Silang FULL: Mat 27:13 - terhadap Engkau · terhadap Engkau: Mat 26:62

· terhadap Engkau: Mat 26:62

Ref. Silang FULL: Mat 27:14 - suatu katapun · suatu katapun: Mr 14:61; Mr 14:61

· suatu katapun: Mr 14:61; [Lihat FULL. Mr 14:61]

Ref. Silang FULL: Mat 27:15 - orang hukuman · orang hukuman: Yoh 18:39

· orang hukuman: Yoh 18:39

Ref. Silang FULL: Mat 27:17 - disebut Kristus · disebut Kristus: Mat 27:22; Mat 1:16

· disebut Kristus: Mat 27:22; Mat 1:16

Ref. Silang FULL: Mat 27:19 - kursi pengadilan // orang benar // dalam mimpi · kursi pengadilan: Yoh 19:13 · orang benar: Mat 27:24 · dalam mimpi: Kej 20:6; Bil 12:6; 1Raj 3:5; Ayub 33:14-16; Mat 1:20; 2:12...

· kursi pengadilan: Yoh 19:13

· orang benar: Mat 27:24

· dalam mimpi: Kej 20:6; Bil 12:6; 1Raj 3:5; Ayub 33:14-16; Mat 1:20; 2:12,13,19,22

Ref. Silang FULL: Mat 27:20 - dihukum mati · dihukum mati: Kis 3:14

· dihukum mati: Kis 3:14

Ref. Silang FULL: Mat 27:22 - disebut Kristus · disebut Kristus: Mat 1:16

· disebut Kristus: Mat 1:16

Ref. Silang FULL: Mat 27:24 - timbul kekacauan // membasuh tangannya // terhadap darah // kamu sendiri · timbul kekacauan: Mat 26:5 · membasuh tangannya: Mazm 26:6 · terhadap darah: Ul 21:6-8 · kamu sendiri: Mat 27:4

· timbul kekacauan: Mat 26:5

· membasuh tangannya: Mazm 26:6

· terhadap darah: Ul 21:6-8

· kamu sendiri: Mat 27:4

Ref. Silang FULL: Mat 27:25 - anak-anak kami · anak-anak kami: Yos 2:19; Kis 5:28; Kis 5:28

· anak-anak kami: Yos 2:19; Kis 5:28; [Lihat FULL. Kis 5:28]

Ref. Silang FULL: Mat 27:26 - Yesus disesahnya · Yesus disesahnya: Yes 53:5; Yoh 19:1

· Yesus disesahnya: Yes 53:5; Yoh 19:1

Ref. Silang FULL: Mat 27:27 - gedung pengadilan · gedung pengadilan: Yoh 18:28,33; 19:9

· gedung pengadilan: Yoh 18:28,33; 19:9

Ref. Silang FULL: Mat 27:28 - ungu kepada-Nya · ungu kepada-Nya: Yoh 19:2

· ungu kepada-Nya: Yoh 19:2

Ref. Silang FULL: Mat 27:29 - Dia, katanya · Dia, katanya: Yes 53:3; Yoh 19:2,3

· Dia, katanya: Yes 53:3; Yoh 19:2,3

Ref. Silang FULL: Mat 27:30 - ke kepala-Nya · ke kepala-Nya: Mat 16:21; Mat 16:21

· ke kepala-Nya: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

Ref. Silang FULL: Mat 27:31 - untuk disalibkan · untuk disalibkan: Yes 53:7

· untuk disalibkan: Yes 53:7

Ref. Silang FULL: Mat 27:32 - ke luar // dari Kirene // memikul salib · ke luar: Ibr 13:12 · dari Kirene: Kis 2:10; 6:9; 11:20; 13:1 · memikul salib: Mr 15:21; Luk 23:26

· ke luar: Ibr 13:12

· dari Kirene: Kis 2:10; 6:9; 11:20; 13:1

· memikul salib: Mr 15:21; Luk 23:26

Ref. Silang FULL: Mat 27:33 - Tempat Tengkorak · Tempat Tengkorak: Yoh 19:17

· Tempat Tengkorak: Yoh 19:17

Ref. Silang FULL: Mat 27:34 - bercampur empedu · bercampur empedu: Mat 27:48; Mazm 69:22

· bercampur empedu: Mat 27:48; Mazm 69:22

Ref. Silang FULL: Mat 27:35 - membuang undi · membuang undi: Mazm 22:19

· membuang undi: Mazm 22:19

Ref. Silang FULL: Mat 27:36 - situ menjaga · situ menjaga: Mat 27:54

· situ menjaga: Mat 27:54

Ref. Silang FULL: Mat 27:38 - dengan Dia · dengan Dia: Yes 53:12

· dengan Dia: Yes 53:12

Ref. Silang FULL: Mat 27:39 - menggelengkan kepala · menggelengkan kepala: Mazm 22:8; 109:25; Rat 2:15

· menggelengkan kepala: Mazm 22:8; 109:25; Rat 2:15

Ref. Silang FULL: Mat 27:40 - tiga hari // selamatkanlah diri-Mu // Anak Allah · tiga hari: Yoh 2:19; Yoh 2:19 · selamatkanlah diri-Mu: Mat 27:42 · Anak Allah: Mat 4:3,6

· tiga hari: Yoh 2:19; [Lihat FULL. Yoh 2:19]

· selamatkanlah diri-Mu: Mat 27:42

· Anak Allah: Mat 4:3,6

Ref. Silang FULL: Mat 27:42 - Raja Israel // akan percaya · Raja Israel: Yoh 1:49; 12:13 · akan percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15

· Raja Israel: Yoh 1:49; 12:13

· akan percaya: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

Ref. Silang FULL: Mat 27:43 - menyelamatkan Dia · menyelamatkan Dia: Mazm 22:9

· menyelamatkan Dia: Mazm 22:9

Ref. Silang FULL: Mat 27:45 - belas kegelapan · belas kegelapan: Am 8:9

· belas kegelapan: Am 8:9

Ref. Silang FULL: Mat 27:46 - meninggalkan Aku · meninggalkan Aku: Mazm 22:2

· meninggalkan Aku: Mazm 22:2

Ref. Silang FULL: Mat 27:48 - anggur asam · anggur asam: Mat 27:34; Mazm 69:22

· anggur asam: Mat 27:34; Mazm 69:22

Ref. Silang FULL: Mat 27:50 - menyerahkan nyawa-Nya · menyerahkan nyawa-Nya: Yoh 19:30

· menyerahkan nyawa-Nya: Yoh 19:30

Ref. Silang FULL: Mat 27:51 - Bait Suci // batu terbelah · Bait Suci: Kel 26:31-33; Ibr 9:3,8; 10:19,20 · batu terbelah: Mat 27:54

· Bait Suci: Kel 26:31-33; Ibr 9:3,8; 10:19,20

· batu terbelah: Mat 27:54

Ref. Silang FULL: Mat 27:53 - kota kudus · kota kudus: Mat 4:5; Mat 4:5

· kota kudus: Mat 4:5; [Lihat FULL. Mat 4:5]

Ref. Silang FULL: Mat 27:54 - yang menjaga // Anak Allah · yang menjaga: Mat 27:36 · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3; Mat 17:5

· yang menjaga: Mat 27:36

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]; Mat 17:5

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 27:1-10 - Penyesalan, Pengakuan dan Kematian Yudas; Pemakaian Tiga Puluh Uang Perak Apa yang dicatat dalam pasal ini adalah kisah yang sangat mengharukan mengenai penderitaan dan kematian Tuhan kita Yesus. Dili...

Matthew Henry: Mat 27:11-25 - Kristus di hadapan Pilatus Kristus di hadapan Pilatus (27:11-25) Di sini ...

Matthew Henry: Mat 27:26-32 - Kristus Disesah dan Diolok-olok oleh Seluruh Pasukan Tentara Kristus Disesah dan Diolok-olok oleh Seluruh Pasukan Tentara (27:26-32)...

Matthew Henry: Mat 27:33-49 - Yesus Disalibkan Yesus Disalibkan (27:33-49) Di sini diceritaka...

Matthew Henry: Mat 27:50-56 - Penyaliban: Kematian Kristus Penyaliban: Kematian Kristus (27:50-56) Di sin...

SH: Mat 27:1-26 - Uang Darah. (Rabu, 8 April 1998) Uang Darah. Uang Darah. Pengkhianatan Yudas sebenarnya dibayar dengan uang persembahan umat. Tetapi do...

SH: Mat 27:1-10 - Menyesal tetapi tidak berbalik (Rabu, 11 April 2001) Menyesal tetapi tidak berbalik Menyesal tetapi tidak berbalik. Penyesalan dalam diri seseorang biasanya t...

SH: Mat 27:1-10 - Berapa harga nyawa Anda? (Rabu, 23 Maret 2005) Berapa harga nyawa Anda? Berapa harga nyawa Anda? Uang dapat membuat manusia silau, juga bisa membuatn...

SH: Mat 27:1-10 - Pusat penyembahan (Rabu, 27 Maret 2013) Pusat penyembahan Judul: Menyesal lalu bertobat Kita tidak akan tahu betapa berartinya sesuatu sebelum...

SH: Mat 27:1-10 - Penyesalan (Senin, 10 April 2017) Penyesalan Penyesalan selalu datang belakangan, demikianlah yang sering diasumsikan orang banyak dan kondisi itul...

SH: Mat 27:1-10 - Penyesalan atau Pertobatan? (Rabu, 5 April 2023) Penyesalan atau Pertobatan? Tidak seorang pun yang luput dari kesalahan. Setiap manusia pernah melakukannya dan m...

SH: Mat 26:69-75 - Percaya pada kasih setia Tuhan (Selasa, 26 Maret 2013) Percaya pada kasih setia Tuhan Judul: Andalkan Yesus cermin kesetiaan Kegagalan bisa terjadi karena ki...

SH: Mat 27:11-31 - Raja orang Yahudi (Kamis, 12 April 2001) Raja orang Yahudi Raja orang Yahudi. Bagi orang Yahudi, gelar yang disandangkan kepada Yesus lebih merupa...

SH: Mat 27:11-31 - Kriminalisasi Yesus (Rabu, 31 Maret 2010) Kriminalisasi Yesus Judul: Kriminalisasi Yesus Ingat kasus kriminalisasi Bibit dan Chandra, ketua-ketu...

SH: Mat 27:11-31 - Anak domba yang disembelih (Kamis, 28 Maret 2013) Anak domba yang disembelih Judul: Tahu, tetapi tidak melakukan Pada waktu rezim apartheid di Afrika Se...

SH: Mat 27:11-31 - Kedengkian? (Kamis, 6 April 2023) Kedengkian? Para pemuka agama menyerahkan Yesus kepada Pilatus dengan tujuan agar Ia dihukum mati. Penangkapan Ye...

SH: Mat 27:11-26 - Makin terfokus ke salib (Kamis, 24 Maret 2005) Makin terfokus ke salib Makin terfokus ke salib Dari pengadilan Kayafas Yesus dibawa ke pengadilan Pil...

SH: Mat 27:11-26 - Pemimpin yang Cari Aman (Selasa, 11 April 2017) Pemimpin yang Cari Aman Seorang rekan menasihati temannya sepert ini: "Jangan mau dipimpin oleh pemimpin yang car...

SH: Mat 27:27-31 - Jubah Ungu. (Kamis, 9 April 1998) Jubah Ungu. Jubah Ungu. Jubah ungu dikenakan kepada Yesus. Pakaian itu tidak cocok buat-Nya. Para serd...

SH: Mat 27:27-31 - Diam di Tengah Penganiayaan (Rabu, 12 April 2017) Diam di Tengah Penganiayaan Pada umumnya orang-orang yang teraniaya dan diperlakukan tidak adil akan menuntut kea...

SH: Mat 27:27-56 - Derita Yesus dahsyat tak terselami (Jumat, 25 Maret 2005) Derita Yesus dahsyat tak terselami Derita Yesus dahsyat tak terselami Kisah ini memaparkan tiga aspek ...

SH: Mat 27:32-56 - Pertarungan dahsyat. (Jumat, 10 April 1998) Pertarungan dahsyat. Pertarungan dahsyat. Sesungguhnya tak seorang pun mampu menyelami betapa dahsyat ...

SH: Mat 27:32-56 - Menderitaan tak tertanggungkan (Jumat, 13 April 2001) Menderitaan tak tertanggungkan Menderitaan tak tertanggungkan. Penyaliban adalah suatu bentuk hukuman yan...

SH: Mat 27:32-56 - Berapa lama lagi? (Jumat, 29 Maret 2013) Berapa lama lagi? Judul: Taat dan setia sampai akhir Apa perasaan kita ketika membaca kisah kematian Y...

SH: Mat 27:32-56 - Pandanglah kepada Yesus (Jumat, 7 April 2023) Pandanglah kepada Yesus Dalam teologi kemakmuran, orang Kristen tidak akan hidup menderita. Ajaran ini telah meng...

SH: Mat 27:32-44 - Jalan salib (Kamis, 1 April 2010) Jalan salib Judul: Jalan salib Penyaliban merupakan salah satu bentuk hukuman mati yang paling sa...

SH: Mat 27:32-44 - Yesus Disalibkan (Kamis, 13 April 2017) Yesus Disalibkan Penderitaan dan penganiayaan terhadap Yesus belum berakhir. Ia masih perlu menjalani jalan salib...

SH: Mat 27:45-66 - Dampak kematian Kristus (Jumat, 2 April 2010) Dampak kematian Kristus Judul: Dampak kematian Kristus Hari ini seluruh umat Kristen memperingati kese...

SH: Mat 27:45-66 - Ketika Allah Tak Menolong (Jumat, 19 April 2019) Ketika Allah Tak Menolong Kesepian di tengah keramaian. Jiwa kehilangan daya. Orang menyalahartikan kata dan perb...

SH: Mat 27:45-56 - Seruan Penderitaan Rohani (Jumat, 14 April 2017) Seruan Penderitaan Rohani Inilah saat yang mencekam karena Yesus menanggung cawan murka Allah demi menebus manusi...

Topik Teologia: Mat 27:3 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 27:3-10 ...

Topik Teologia: Mat 27:4 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 27:3-10 ...

Topik Teologia: Mat 27:5 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:6 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:12 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 27:12 ...

Topik Teologia: Mat 27:14 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Menyenangkan ...

Topik Teologia: Mat 27:26 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 27:26 Dia ...

Topik Teologia: Mat 27:30 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus ...

Topik Teologia: Mat 27:34 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:35 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:37 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus ...

Topik Teologia: Mat 27:38 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:39 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:41 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 27:50 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

TFTWMS: Mat 27:3-10 - Penyesalan Dan Kematian Yudas PENYESALAN DAN KEMATIAN YUDAS (Matius 27:3-10) 3 Pada waktu Yudas, ...

TFTWMS: Mat 27:11-14 - Pengadilan Romawi PENGADILAN ROMAWI (Matius 27:11-14) 11 Lalu Yesus dihadapkan kepad...

TFTWMS: Mat 27:15-31 - Pengadilan Romawi, Bagian 2 PENGADILAN ROMAWI, BAGIAN 2 (Matius 27:15-31) Setelah menginteroga...

TFTWMS: Mat 27:15-18 - Solusi Usulan Pilatus Solusi Usulan Pilatus (Matius 27:15-18) 15 Telah menjadi kebiasaan...

TFTWMS: Mat 27:19-23 - Seruan Orang Banyak Seruan Orang Banyak (Matius 27:19-23) 19 Ketika Pilatus sedang dud...

TFTWMS: Mat 27:24-26 - Pilatus Menyerah Kepada Orang Banyak Pilatus Menyerah Kepada Orang Banyak (Matius 27:24-26) 24 Ketika P...

TFTWMS: Mat 27:27-31 - Para Serdadu Mengolok-olok Para Serdadu Mengolok-Olok (Matius 27:27-31) 27 Kemudian serdadu-s...

TFTWMS: Mat 27:32 - Perjalanan Menuju Salib PERJALANAN MENUJU SALIB (Matius 27:32) 32 Ketika mereka berjalan ke luar ko...

TFTWMS: Mat 27:33-34 - Lokasinya LOKASINYA (Matius 27:33, 34) 33 Maka sampailah mereka di suatu tem...

TFTWMS: Mat 27:35-37 - Cara Penyaliban CARA PENYALIBAN (Matius 27:35-37) 35 Sesudah menyalibkan Dia merek...

TFTWMS: Mat 27:38-44 - Mereka Yang Disalibkan Bersama Dia Dan Penghinaan Tambahan MEREKA YANG DISALIBKAN BERSAMA DIA DAN PENGHINAAN TAMBAHAN (Matius 27:38-44) ...

TFTWMS: Mat 27:45-54 - Akhir Penyaliban Dan Tanda-tanda Yang Menyertainya AKHIR PENYALIBAN DAN TANDA-TANDA YANG MENYERTAINYA (Matius 27:45-54) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun ...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (...

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Jurusela...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang ...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedj...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Penolakan Terhadap Raja 27:1-31 Kematian Yudas & Peng...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) SOSOK PONTIUS PILATUS (Matius 27:1, 2, 11-26) Kita...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pliny Letters 3.1.4; 3.5.9-11; 4.16.4, 5; 9.36.1; Martial Epigrams 4.8.5-8....

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Disiksa DENGAN PENYESAHAN (Matius 27:26) Keparahan tentang kerasnya pemukul...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Kematian Sang Raja 27:32-56 Penyaliban Kristus ...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Balok vertikal sering dibiarkan tergeletak di tanah di tempat penyaliban. Setelah tiba di temp...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) YESUS DENGAN RELA MENGHADAPI SALIB (Matius 27:33-50) Semakin banya...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) HAL APAKAH YANG menahan YESUS DI KAYU SALIB? (Matius 27:40) Para serdadu Ro...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) TUJUH UCAPAN YESUS DI KAYU SALIB (Matius 27:46) Matius hanya mencatat satu ...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus...

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias,...

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan ant...

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.42 detik
dipersembahkan oleh YLSA