Teks -- Kejadian 28:1-19 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 28:4 - BERKAT YANG UNTUK ABRAHAM.
Nas : Kej 28:4
Berkat yang diberikan kepada Abraham adalah tanah itu, "sehingga
engkau memiliki negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yang ...
Nas : Kej 28:4
Berkat yang diberikan kepada Abraham adalah tanah itu, "sehingga engkau memiliki negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yang telah diberikan Allah kepada Abraham." Perhatikan bahwa ketika Paulus menerapkan hal ini kepada orang percaya PB ("keturunan Abraham," Gal 3:29), ia melakukannya berkaitan dengan berkat-berkat yang rohani dan bukan yang materiel -- khususnya, janji Roh oleh iman (Gal 3:14).
Full Life: Kej 28:12 - MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH.
Nas : Kej 28:12
Penglihatan dari para malaikat memberi kesan bahwa mereka memainkan
peranan penting dalam perlindungan dan bimbingan umat Allah. Di...
Full Life: Kej 28:13-15 - BERDIRILAH TUHAN DI SAMPINGNYA
Nas : Kej 28:13-15
(versi Inggris NIV -- di atasnya). Allah menampakkan diri kepada
Yakub dengan berita bahwa berkat yang dijanjikan kepada Abraham...
Nas : Kej 28:13-15
(versi Inggris NIV -- di atasnya). Allah menampakkan diri kepada Yakub dengan berita bahwa berkat yang dijanjikan kepada Abraham akan disalurkan melalui dirinya (bd. Kej 12:3; 13:14-17). Dengan berkat ini datang pula janji akan kehadiran, bimbingan, dan perlindungan Allah.
di ... tempat atau di ... tempat yang suci.
di sampingnya atau di atas tangga itu.
BIS: Kej 28:14 - Aku ... semua bangsa Aku ... semua bangsa atau semua bangsa akan memohon kepada-Ku supaya Aku memberkati mereka seperti telah Kuberkati engkau dan keturunanmu.
Aku ... semua bangsa atau semua bangsa akan memohon kepada-Ku supaya Aku memberkati mereka seperti telah Kuberkati engkau dan keturunanmu.
Betel: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "rumah Allah".
Ceritera inipun berasal dari tradisi Para Imam.
Jerusalem: Kej 28:10-22 - -- Dalam kisah ini bercampurlah dua tradisi. Dari tradisi Elohista berasallah mimpi tentang tangga yang sampai di langit. Ini pikiran yang lazim di neger...
Dalam kisah ini bercampurlah dua tradisi. Dari tradisi Elohista berasallah mimpi tentang tangga yang sampai di langit. Ini pikiran yang lazim di negeri Mesopotamia. Tangga itu mengibaratkan menara-menara bertingkat-tingkat yang disebut "zigurrat", Kej 28:12 dan Kej 17. Dari tradisi Elohista berasal pula nazar Yakub untuk mendirikan tempat suci di Betel, Kej 28:18,20,21,22. Sebaliknya, dari tradisi Yahwista berasal penampakan Tuhan yang membaharui janji yang dahulu diberiNya kepada Abraham dan Ishak; lalu Tuhan diterima Yakub sebagai Allahnya sendiri, Kej 28:13-16,19,21. Tradisi itu dua-duanya bermaksud meningkatkan gengsi tempat suci di Betel, 1Ra 12:29-30+. Sejumlah besar pujangga Gereja menurut Filo dalam mengartikan tangga Yakub sebagai lambang penyelenggaraan terhadap dunia yang diselenggarakan Allah dengan perantaraan malaikat. Sejumlah pujangga Gereja lain memandang tangga Yakub sebagai pralambang penjelmaan Firman yang dengan jalan itu menjadi semacam jembatan yang menghubungkan sorga dan bumi.
Jerusalem: Kej 28:18 - batu Batu itu dianggap tempat kehadiran Allah. Ia menjadi sebuah "Bet El", rumah Allah. Ia menerangkan nama kota Betel. Batu itu dioles dengan minyak, hal ...
Batu itu dianggap tempat kehadiran Allah. Ia menjadi sebuah "Bet El", rumah Allah. Ia menerangkan nama kota Betel. Batu itu dioles dengan minyak, hal mana adalah sebuah upacara keagamaan yang umum dipraktekkan dalam agama negeri Kanaan dan seluruh lingkup bangsa Semit. Kemudian upacara semacam itu dilarang oleh hukum Taurat dan dikutuk oleh para nabi, lih Kel 23:24. Dalam nas Kejadian ini gagasan bahwa ada sebuah kediaman Allah di bumi didampingi pikiran yang lebih halus dan rohani, sebab Betel adalah "pintu gerbang sorga" dan sorga itulah tempat kediaman Allah yang sebenarnya, bdk 1Ra 8:27.
Ende: Kej 28:1 - -- Dalam tradisi imamat (P) alasan jang dikemukakan untuk keberangkatan Jakub
jalah: mentjari isteri (lihat djuga Kej 27:46). Tradisi ini istimewa
perhat...
Dalam tradisi imamat (P) alasan jang dikemukakan untuk keberangkatan Jakub jalah: mentjari isteri (lihat djuga Kej 27:46). Tradisi ini istimewa perhatiannja terhadap perundang-undangan keagamaan, maka dari itu menekankan, bahwa sedjak dahulukala perkawinan dengan bangsa asing, terutama bangsa Kanaan, adalah terlarang.
Tradisi J menghubungkan kepergian Jakub dengan penipuannja dan rasa ketakutan terhadap Esau (Kej 27:43).
Ende: Kej 28:4 - -- Dengan djelas disebutkan disini, bahwa berkat Ibrahim oleh Ishak diberikan
kepada Jakub. Hal ini ditjeritakan disini sebagai peristiwa;keterangannja s...
Ende: Kej 28:9 - -- Antara bangsa Edomit (Esau) dan suku-suku Arab (Isjmael) ada hubungan-hubungan
perkawinan.
Antara bangsa Edomit (Esau) dan suku-suku Arab (Isjmael) ada hubungan-hubungan perkawinan.
Ende: Kej 28:10 - -- Ini suatu tjerita sekitar tempat sutji Bethel. Hingga djaman para Radja Bethel
adalah suatu tempat ibadat jang penting (lihat: 1Ra 12:29; 2Ra 23:15).
...
Ini suatu tjerita sekitar tempat sutji Bethel. Hingga djaman para Radja Bethel adalah suatu tempat ibadat jang penting (lihat: 1Ra 12:29; 2Ra 23:15). Meskipun baru kemudian didirikan, tetapi asal-mulanja dihubungkan dengan Jakub (bahkan dengan Ibrahim: Kej 12:8). Penampakan jang ditjeritakan disini menerangkan arti namanja.
Fasal ini tersusun dari dua tradisi. Tradisi J mentjeritakan bagaimana Jahwe sendiri menampakkan diri kepada Jakub, sedangkan menurut tradisi E Jakub hanja melihat tangga, dan melalui tangga itu para malaikat naik-turun, akan tetapi Tuhan sendiri tidak kelihatan. Pada umumnja tradisi E ini menghindari lukisan seakan-akan Tuhan menampakkan diri dalam udjud jang kelihatan. Maksudnja mendjelaskan keAgungan Tuhan, jang mengatasi segala-sesuatu.
Ende: Kej 28:12 - -- Malaikat-malaikat jang turun menjampaikan Wahju dan firman-firman Tuhan, dan
para malaikat jang naik mempersembahkan djawaban serta doa-doa manusia. D...
Malaikat-malaikat jang turun menjampaikan Wahju dan firman-firman Tuhan, dan para malaikat jang naik mempersembahkan djawaban serta doa-doa manusia. Demikian teranglah maksud tempat-pemudjaan, ialah: tempat surga dan dunia bertemu, tempat manusia bertemu dengan Tuhan.
Bapa-bapa Geredja memandang penampakan ini suatu gambaran Penjelenggaraan Ilahi, ataupun lukisan melambangkan Pendjelmaan Allah Putera.
Yoh 1:51 mengingatkan kita akan penampakan ini: Kristus adalah Israel baru. Dimanapun djuga Kristus berada, disitu berlangsunglah pertemuan antara surga dan dunia. Dalam Kristus bersatulah Tuhan dan manusia.
Ende: Kej 28:14 - -- Lagi ditegaskan, bahwa Jakub adalah waris-pembawa djandji-djandji jang terpilih.
Tradisi J menguraikan perkembangan sedjarah keselamatan dalam suatu r...
Lagi ditegaskan, bahwa Jakub adalah waris-pembawa djandji-djandji jang terpilih. Tradisi J menguraikan perkembangan sedjarah keselamatan dalam suatu rentetan utjapan-utjapan berkat, merupakan realisasi berkat Ibrahim.
Ende: Kej 28:17 - -- Pertemuan dengan Tuhan mentjiptakan sikap chidmat-bersudjud pada diri manusia
(Lihat Introitus Misa Pemberkatan Geredja).
Pertemuan dengan Tuhan mentjiptakan sikap chidmat-bersudjud pada diri manusia (Lihat Introitus Misa Pemberkatan Geredja).
Ende: Kej 28:17 - Rumah Allah terdjemahan nama Beth-el (lihat aj. 19)(Kej 28:19).
Penampakan tangga pada Jakub mengenangkan kita akan tempat-tempat pemudjaan
Babilonia, jang mempun...
terdjemahan nama Beth-el (lihat aj. 19)(Kej 28:19). Penampakan tangga pada Jakub mengenangkan kita akan tempat-tempat pemudjaan Babilonia, jang mempunjai bentuk-susunan bertangga, tinggi mendjulang kelangit, seolah-olah menghubungkan dunia ini dengan surga.
Nama Babel artinja: pintugerbang Tuhan (lihat fasal 11)(Kej 11).
Ende: Kej 28:18 - -- Ini suatu adat-kebiasaan semitis kuno untuk menundjukkan kudusnja suatu tempat.
Batu (massebah) semula ialah suatu tanda-tjiri. Tetapi kemudian sering...
Ini suatu adat-kebiasaan semitis kuno untuk menundjukkan kudusnja suatu tempat. Batu (massebah) semula ialah suatu tanda-tjiri. Tetapi kemudian sering djuga dianggap identik dengan suatu dewa.
Para Bapa bangsa dalam ibadat mereka masih sering mendjalankan adat-istiadat semasa. Kemudian Israel mempunjai tjara-beribadat sendiri, jang dalam bentuk-perudjudannja djuga menjimpang dari pemudjaan berhala-berhala seperti terdapat pada suku-suku tetangga.
Ref. Silang FULL: Kej 28:1 - lalu memberkati // perempuan Kanaan · lalu memberkati: Kej 24:60; Kej 24:60
· perempuan Kanaan: Kej 24:3
Ref. Silang FULL: Kej 28:2 - ke Padan-Aram // rumah Betuel // Laban, saudara · ke Padan-Aram: Kej 25:20; Kej 25:20
· rumah Betuel: Kej 25:20; Kej 25:20
· Laban, saudara: Kej 21:21; Kej 21:21; Kej 24:29; Ke...
Ref. Silang FULL: Kej 28:3 - Yang Mahakuasa // memberkati // beranak cucu // menjadi banyak · Yang Mahakuasa: Kej 17:1; Kej 17:1
· memberkati: Kej 48:16; Bil 6:24; Rut 2:4; Mazm 129:8; 134:3; Yer 31:23
· beranak cucu: Kej...
Ref. Silang FULL: Kej 28:4 - untuk Abraham // memiliki negeri // orang asing · untuk Abraham: Kej 12:2,3; Kej 12:2; Kej 12:3
· memiliki negeri: Kej 15:7; Kej 15:7
· orang asing: Kej 17:8; Kej 17:8
Ref. Silang FULL: Kej 28:5 - lalu berangkatlah // ke Padan-Aram // orang Aram // saudara Ribka · lalu berangkatlah: Kej 11:31; Kej 11:31
· ke Padan-Aram: Hos 12:13
· orang Aram: Kej 25:20; Kej 25:20
· saudara Ribka: K...
Ref. Silang FULL: Kej 28:8 - bahwa perempuan // oleh Ishak · bahwa perempuan: Kej 10:15-19; Kej 10:15 s/d 19
· oleh Ishak: Kej 26:35; Kej 26:35
· bahwa perempuan: Kej 10:15-19; [Lihat FULL. Kej 10:15] s/d 19
Ref. Silang FULL: Kej 28:9 - kepada Ismael // telah ada // adik Nebayot · kepada Ismael: Kej 16:15; Kej 16:15
· telah ada: Kej 26:34; Kej 26:34
· adik Nebayot: Kej 25:13; Kej 25:13
Ref. Silang FULL: Kej 28:10 - dari Bersyeba // ke Haran · dari Bersyeba: Kej 21:14; Kej 21:14
· ke Haran: Kej 11:31; Kej 11:31
Ref. Silang FULL: Kej 28:11 - suatu tempat // alas kepala · suatu tempat: Kej 12:8; Kej 12:8
· alas kepala: Kej 28:18
Ref. Silang FULL: Kej 28:12 - Maka bermimpilah // di tangga · Maka bermimpilah: Kej 20:3; Kej 20:3; Kej 37:19
· di tangga: Yoh 1:51
Ref. Silang FULL: Kej 28:13 - Berdirilah Tuhan // Allah Ishak // tanah // engkau berbaring · Berdirilah Tuhan: Kej 12:7; Kej 12:7; Kej 35:7,9; 48:3
· Allah Ishak: Kej 24:12; Kej 24:12; Kej 48:16; 49:25; 50:17
· tanah: ...
· Berdirilah Tuhan: Kej 12:7; [Lihat FULL. Kej 12:7]; Kej 35:7,9; 48:3
· Allah Ishak: Kej 24:12; [Lihat FULL. Kej 24:12]; Kej 48:16; 49:25; 50:17
· tanah: Kej 12:7; [Lihat FULL. Kej 12:7]
· engkau berbaring: Kej 46:4; 48:21
Ref. Silang FULL: Kej 28:14 - dan engkau // dan selatan // serta keturunanmu · dan engkau: Kej 26:4
· dan selatan: Kej 12:2; Kej 12:2; Kej 13:14; Kej 13:14; Kej 26:24; Kej 26:24
· serta keturunanmu: Kej...
Ref. Silang FULL: Kej 28:15 - menyertai engkau // melindungi engkau // melindungi engkau // engkau pergi // negeri ini // meninggalkan engkau // Kujanjikan kepadamu // Kujanjikan kepadamu · menyertai engkau: Kej 21:20; Kej 21:20
· melindungi engkau: Mazm 121:5,7-8
· melindungi engkau: Kej 28:20
· engkau pergi...
· menyertai engkau: Kej 21:20; [Lihat FULL. Kej 21:20]
· melindungi engkau: Mazm 121:5,7-8
· melindungi engkau: Kej 28:20
· engkau pergi: Kej 28:22; Kej 35:3
· negeri ini: Kej 28:21; Kej 15:16; [Lihat FULL. Kej 15:16]; Kej 30:25; 31:30
· meninggalkan engkau: Ul 31:6.8; Yos 1:5; Neh 4:14; Mazm 9:11
· Kujanjikan kepadamu: Im 26:42
· Kujanjikan kepadamu: Mazm 105:10
Ref. Silang FULL: Kej 28:17 - tempat ini // rumah Allah · tempat ini: Kel 3:5; 19:21; Yos 5:15; Mazm 68:25,36
· rumah Allah: Kej 28:22; Kej 32:2; 1Taw 22:1; 2Taw 3:1
· tempat ini: Kel 3:5; 19:21; Yos 5:15; Mazm 68:25,36
Ref. Silang FULL: Kej 28:18 - alas kepala // menjadi tugu // ke atasnya · alas kepala: Kej 28:11
· menjadi tugu: Kej 28:22; Kej 31:13,45,51; 35:14; Kel 24:4; Yos 24:26,27; Yes 19:19
· ke atasnya: Im 8:...
· alas kepala: Kej 28:11
· menjadi tugu: Kej 28:22; Kej 31:13,45,51; 35:14; Kel 24:4; Yos 24:26,27; Yes 19:19
Ref. Silang FULL: Kej 28:19 - itu Betel // itu Lus · itu Betel: Kej 12:8; Kej 12:8
· itu Lus: Kej 35:6; 48:3; Yos 16:2; 18:13; Hak 1:23,26
· itu Betel: Kej 12:8; [Lihat FULL. Kej 12:8]
· itu Lus: Kej 35:6; 48:3; Yos 16:2; 18:13; Hak 1:23,26