Teks -- Kejadian 22:1-10 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 22:1 - ALLAH MENCOBA ABRAHAM.
Nas : Kej 22:1
Iman dan penyerahan Abraham kepada Allah diuji seberat-beratnya.
Allah memerintahnya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berten...
Nas : Kej 22:1
Iman dan penyerahan Abraham kepada Allah diuji seberat-beratnya. Allah memerintahnya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali bertentangan dengan akal sehat dan kasihnya selaku seorang bapa dan harapan seumur hidupnya (ayat Kej 22:2). Di dalam kisah Abraham kita membaca tentang tiga ujian iman yang besar.
- (1) Panggilan untuk memisahkan dirinya dari bangsa dan tanah airnya (Kej 12:1) serta pergi tanpa mengetahui tujuannya (bd. Ibr 11:8);
- (2) tuntutan untuk mempercayai Allah akan menggenapi perjanjian-Nya walaupun penggenapan perjanjian itu tidak tampak selama 25 tahun (Kej 12:1-3; 15:6,8; 18:9-14; Ibr 11:8-13);
- (3) perintah untuk mempersembahkan Ishak, putra yang dijanjikan itu (pasal Kej 22:1-24). Dengan cara yang mirip dengan yang dialami Abraham, iman sejati semua orang percaya akan diuji.
Full Life: Kej 22:2 - AMBILLAH ANAKMU.
Nas : Kej 22:2
Abraham diperintahkan untuk mempersembahkan putranya.
1) Inti persoalan ini terletak di dua bidang yang menggambarkan ukuran
...
Nas : Kej 22:2
Abraham diperintahkan untuk mempersembahkan putranya.
- 1) Inti persoalan ini terletak di dua bidang yang menggambarkan ukuran yang dipakai Allah dalam berurusan dengan orang percaya.
- (a) Adakah kasih Abraham kepada Allah lebih besar daripada kasihnya kepada sesama, termasuk putra tercintanya?
- (b) Apakah harapan Abraham mengenai penggenapan janji itu masih ada pada Allah, ataukah harapannya sudah beralih sekarang, yaitu ke Ishak?
- 2) Melalui ujian ini Allah memaksa Abraham menghadapi pertanyaan-pertanyaan ini dan menunjukkan apakah dia benar-benar takut akan Allah dengan segenap hatinya (ayat Kej 22:12).
- 3) Sebenarnya Allah tidak menghendaki kematian jasmaniah Ishak (bd. ayat Kej 22:12-13) karena persembahan manusia kemudian dikutuk-Nya (Im 20:1-5). Akan tetapi Ia ingin menguji komitmen Abraham.
Full Life: Kej 22:5 - AKU BESERTA ANAK INI AKAN ... KEMBALI.
Nas : Kej 22:5
Pernyataan Abraham bahwa dia dan anaknya akan kembali dari upacara
persembahan adalah kesaksian akan iman dan keyakinannya bahwa jan...
Nas : Kej 22:5
Pernyataan Abraham bahwa dia dan anaknya akan kembali dari upacara persembahan adalah kesaksian akan iman dan keyakinannya bahwa janji-janji Allah akan digenapi melalui Ishak (yaitu, "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak" Kej 21:12). Di dalam kisah ini Ishak melambangkan Kristus:
- (1) dengan merelakan dirinya kepada ayahnya untuk dipersembahkan bahkan sampai mati (ayat Kej 22:16; bd. Yoh 10:17-18), dan
- (2) dalam hal diselamatkan dari kematian, suatu tindakan yang mirip dengan kebangkitan Kristus (ayat Kej 22:12; lih. Ibr 11:17-19).
Full Life: Kej 22:8 - ALLAH YANG AKAN MENYEDIAKAN.
Nas : Kej 22:8
"Allah yang akan menyediakan" ("Yehovah-jireh," ayat Kej 22:14)
bersifat nubuat dan menunjuk kepada korban pengganti, seekor domba j...
Nas : Kej 22:8
"Allah yang akan menyediakan" ("Yehovah-jireh," ayat Kej 22:14) bersifat nubuat dan menunjuk kepada korban pengganti, seekor domba jantan, yang disediakan Allah (ayat Kej 22:13). Puncak penggenapan pernyataan Abraham terdapat di dalam tindakan Allah menyediakan Anak-Nya yang tunggal sebagai korban pendamaian di Golgota bagi penebusan manusia. Dengan demikian, Bapa sorgawi itu sendiri melakukan apa yang dimintanya dari Abraham (Yoh 3:16; Rom 3:24-25; 8:32).
Full Life: Kej 22:9 - DIIKATNYA ISHAK.
Nas : Kej 22:9
Ishak mungkin sudah seorang pemuda yang mampu melawan ayahnya kalau
dikehendakinya. Tetapi, dalam penyerahan sempurna kepada Allah d...
Nas : Kej 22:9
Ishak mungkin sudah seorang pemuda yang mampu melawan ayahnya kalau dikehendakinya. Tetapi, dalam penyerahan sempurna kepada Allah dan ketaatan kepada ayahnya, ia membiarkan dirinya diikat dan dibaringkan di atas mezbah, sama seperti Kristus dengan sukarela membiarkan diri-Nya disalib.
Full Life: Kej 22:10 - ABRAHAM MENGULURKAN TANGANNYA.
Nas : Kej 22:10
Alkitab menyatakan bahwa Abraham "dibenarkan karena
perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas
mezba...
Nas : Kej 22:10
Alkitab menyatakan bahwa Abraham "dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah" (Yak 2:21). Iman Abraham dinyatakan dalam ketaatan yang tulus kepada Allah
(lihat cat. --> Kej 15:6).
[atau ref. Kej 15:6]
Hidup tersembunyi dari iman sejati yang menyelamatkan sudah pasti akan menjadi kehidupan yang dinyatakan dalam ketaatan
(lihat cat. --> Rom 1:5;
lihat cat. --> Rom 2:7;
lihat cat. --> Yak 2:21;
[atau ref. Rom 1:5; 2:7; Yak 2:21]
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Jerusalem -> Kej 22:1-19; Kej 22:2
Jerusalem: Kej 22:1-19 - -- Kisah ini lazimnya dikatakan berasal dari tradisi Elohista, namun di dalamnya terdapat pula beberapa unsur yang berasal dari tradisi Yahwista, Kej 22:...
Kisah ini lazimnya dikatakan berasal dari tradisi Elohista, namun di dalamnya terdapat pula beberapa unsur yang berasal dari tradisi Yahwista, Kej 22:11,14,15-18 dan nama Maria dalam Kej 22:11,14,15-18 dan nama Moria dalam Kej 22:2. Kisah ini barangkali disusun berdasarkan sebuah ceritera mengenai didirikannya sebuah tempat suci bangsa Israel, di mana berlainan dengan tempat-tempat suci milik orang Kanaan, tidak dipersembahkan korban berupa manusia. Dalam bentuknya sekarang kisah itu membenarkan hukum Israel mengenai tebusan anak sulung. Sama seperti buah bungaran dan anak sulung ternak, demikianpun anak sulung manusia adalah milik Allah. Tetapi anak sulung manusia tidak perlu disembelih sebagai korban, tetapi harus ditebus, Kej 13:11+. Karenanya kisah Kej 22 ini dapat dipandang sebagai ceritera yang bermaksud mengutuk pengorbanan anak-anak, Ima 18:21. Pengutukan itu berulang kali diungkapkan para nabi. Selebihnya kisah itu mengandung ajaran rohani yang lebih berharga, yaitu kepercayaan Abraham yang menjadi teladan kepercayaan sejati. Dalam peristiwa pengorbanan Ishak kepercayaan Abraham mencapai titik puncaknya. Para pujangga Gereja mengartikan pengorbanan Ishak sebagai pralambang sengsara Yesus, anak tunggal Allah.
Jerusalem: Kej 22:2 - tanah Moria Menurut 2Ta 3:3 Moria ialah bukti di kota Yerusalem, tempat bait allah didirikan. Pendapat itu juga dipertahankan tradisi selanjutnya. Akan tetapi Kej...
Menurut 2Ta 3:3 Moria ialah bukti di kota Yerusalem, tempat bait allah didirikan. Pendapat itu juga dipertahankan tradisi selanjutnya. Akan tetapi Kej 22:2 ini berkata tentang tanah (bukan bukti) Moria yang tidak lagi disebut dalam Alkitab. Orang tidak tahu lagi tempat Abraham mempersembahkan Ishak.
Ende: Kej 22:1 - -- Tuhan mentjoba kepertjajaan Ibrahim dengan memerintahkan, supaja ia mengorbankan
anaknja, jang djustru mendjadi pohon harapannja, karena dalam anak in...
Tuhan mentjoba kepertjajaan Ibrahim dengan memerintahkan, supaja ia mengorbankan anaknja, jang djustru mendjadi pohon harapannja, karena dalam anak ini djandji-djandji Tuhan akan terlaksana. Kepertjajaan Ibrahim tjukup kuat, sehingga ia mampu mengorbankan dan melepaskan perhitungan manusiawi, dan tetap berpegang pada Tuhan, sungguhpun rupa-rupanja Tuhan menghapuskan dasar kepertjajaan jang baginja lebih njata.
Begitulah Ibrahim telah mendjadi pola-teladan dan Bapa sekalian orang beriman (lihat: Wis 10:5; Sir 44:19,20; Rom 4:13-25; Ibr 11:17-19; Yak 2:20-24).
Ende: Kej 22:2 - -- Teks menekankan beratnja korban ini: Bagi Ibrahim Ishak itu satu-satunja harapan,
oleh karena itu sangat ditjintainja.
Moria: suatu daerah, jang kemud...
Teks menekankan beratnja korban ini: Bagi Ibrahim Ishak itu satu-satunja harapan, oleh karena itu sangat ditjintainja.
Moria: suatu daerah, jang kemudian dihubungkan dengan gunung Sion beserta kenisahnja (lihat ajat 14(Kej 22:14), dan 2Ta 3:1; Yes 2:3; 30:29; Maz 24:3). Dari ajat 4(Kej 22:4) dan 5(Kej 22:5) ternjata, bahwa didaerah itu ada bukit tempat orang mempersembahkan korban. Letaknja jang sesungguhnja tidak diketahui.
Ende: Kej 22:9 - -- Banjak para Bapa Geredja menganggap peristiwa ini pralambang Korban Jesus. Ia
Putera Tunggal terkasih oleh Bapa (ajat 2)(Kej 22:2), jang mengangkat
se...
Banjak para Bapa Geredja menganggap peristiwa ini pralambang Korban Jesus. Ia Putera Tunggal terkasih oleh Bapa (ajat 2)(Kej 22:2), jang mengangkat sendiri salibNja ke Kalvaria (ajat 6)(Kej 22:6) sebagai Anak Domba Allah (ajat 8)(Kej 22:8) dan menderita dikaju salib (ajat 9)(Kej 22:9). Lihat pula Rom 8:32.
Tipologi jang sama kita ketemukan dalam lukisan-lukisan kristiani kuno.
Djuga dalam teologi jahudi dari kalangan para Rabbi korban Ishak dihubungkan dengan Anak Domba Paskah.
Ref. Silang FULL: Kej 22:1 - Allah mencoba // Ya, Tuhan · Allah mencoba: Kel 15:25; 16:4; 20:20; Ul 8:2,16; 13:3; Hak 2:22; 3:1; 2Taw 32:31; Mazm 66:10; Ibr 11:17; Yak 1:12-13
· Ya, Tuhan: Kej...
· Allah mencoba: Kel 15:25; 16:4; 20:20; Ul 8:2,16; 13:3; Hak 2:22; 3:1; 2Taw 32:31; Mazm 66:10; Ibr 11:17; Yak 1:12-13
· Ya, Tuhan: Kej 22:11; Kej 31:11; 46:2; 1Sam 3:4,6,8; Yes 6:8
Ref. Silang FULL: Kej 22:2 - Ambillah anakmu // tanah Moria // korban bakaran // akan Kukatakan · Ambillah anakmu: Kej 22:12,16; Yoh 3:16; Ibr 11:17; 1Yoh 4:9
· tanah Moria: 2Taw 3:1
· korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20
&midd...
· harinya pagi-pagi: Yos 8:10
· kembali kepadamu: Kel 24:14
Ref. Silang FULL: Kej 22:6 - bahu Ishak // dan pisau · bahu Ishak: Yoh 19:17
· dan pisau: Kej 22:10; Hak 19:29
· anak domba: Kel 29:38-42; Im 1:10; Wahy 13:8
Ref. Silang FULL: Kej 22:8 - akan menyediakan // anak domba · akan menyediakan: Kej 22:14
· anak domba: Kej 22:13; Yoh 1:29; Yoh 1:29
Ref. Silang FULL: Kej 22:9 - yang dikatakan // mendirikan mezbah // disusunnyalah kayu // di mezbah · yang dikatakan: Kej 22:2
· mendirikan mezbah: Kej 4:26; Kej 4:26; Kej 8:20; Kej 8:20
· disusunnyalah kayu: Im 1:7; 1Raj 18:33...
· yang dikatakan: Kej 22:2
· mendirikan mezbah: Kej 4:26; [Lihat FULL. Kej 4:26]; Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]
· disusunnyalah kayu: Im 1:7; 1Raj 18:33
· di mezbah: Ibr 11:17-19; Yak 2:21