Teks -- Imamat 22:1-33 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Im 17:1--27:34 - -- Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tam...
Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tampaknya terbentuk pada akhir zaman para raja dan memuat adat kebiasaan yang ditepati dalam bait Allah di Yerusalem. Dalam "Hukum Kekudusan" itu tampaklah dengan jelas sejumlah besar dengan ajaran nabi Yehezkiel. Ini berarti bahwa ajaran nabi itu tidak lain kecuali suatu perkembangan dari apa yang sudah ada sebelum masa pembuangan Israel ke Babel. Adapun kekudusan ialah sebuah sifat hakiki Allah Israel, bdk Ima 11:44-45; 19:2; 20:7,26; 21:8; 22:23 dst. Arti pertama kata "Kudus" ialah: yang terpisah yang transenden dan tidak terhampiri, sehingga menimbulkan rasa takut keagamaan, Kel 33:20+. Kekudusan Allah itu meliputi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah atau diserahkan kepadaNya, yaitu: tempat, Kel 19:12+, masa dan waktu, Kel 16:23; Ima 23:4+, tabut perjanjian, 2Sa 6:7+, manusia, Kel 19:6+, khususnya para imam, Ima 21:6, benda-benda, Kel 30:29; Bil 18:9, dll. Mengingat hubungannya dengan ibadat maka "kudus" berdekatan dengan "tahir". Sejauh itu "Hukum Kekudusan" dapat juga disebut "Hukum Ketahiran". Akan tetapi sifat moril Allahnya Israel merohanikan pandangan primitip itu. "Kudus" tidak hanya berarti: dipisahkan dari apa yang profan (teruntuk bagi keperluan manusia), tetapi terutama: dipisahkan dari dosa: ketahiran lahiriah bergabung dengan kesucian hati manusia, bdk penglihatan nabi Yesaya, Yes 6:3+.
Jerusalem: Im 22:2 - berlaku hati-hati Harafiah: berlaku sebagai nazir. Sebab persembahan-persembahan umat yang diperkenalkan Allah menjadi kudus dan menguduskan mereka yang memakannya. Kar...
Harafiah: berlaku sebagai nazir. Sebab persembahan-persembahan umat yang diperkenalkan Allah menjadi kudus dan menguduskan mereka yang memakannya. Karena itu mereka harus tahir. Sebab persembahan-persembahan umat yang diperkenankan Allah menjadi kudus dan menguduskan mereka yang memakannya. Karena itu mereka harus tahir.
Jerusalem: Im 22:10 - orang awan Ima 22:10-16 ini menganggap sebagai ciri khas awam bahwa mereka tidak termasuk keluarga imam. Menurut pandangan dahulu para budak termasuk keluarga ma...
Ima 22:10-16 ini menganggap sebagai ciri khas awam bahwa mereka tidak termasuk keluarga imam. Menurut pandangan dahulu para budak termasuk keluarga majikannya, sehingga mereka boleh memakan persembahan kudus, sama seperti anggota-anggota keluarga imam yang lain.
Jerusalem: Im 22:18 - persembahan nazar Menurut Hukum Kekudusan korban bakaran dan korban keselamatan dapat dipersembahkan buat melunasi nazar atau dengan suka rela dengan tidak ada kewajiba...
Menurut Hukum Kekudusan korban bakaran dan korban keselamatan dapat dipersembahkan buat melunasi nazar atau dengan suka rela dengan tidak ada kewajiban, bdk Ima 7:11+.
Ende: Im 17:1--26:46 - -- Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang
dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, da...
Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, dari pelbagai segi. Bagian ini djauh lebih mendalam adjarannja daripada pasal 1-16 jang lebih memperhatikan segi lahiriah dan rituil sadja. Kekudusan Tuhan Israil menuntut dari umatNja kesutjian jang tidak terdiri atas ketahiran lahiriah dan rituil semata-mata, tetapi djuga dan terutama atas kesutjian moril dan batiniah. Pasal #TB Ima 1-16 memperbintjangkan segala sesuatu jang menghalang umat berhadapan Allah dalam ibadah; pasal #TB Ima 17-26 mengutarakan apa jang dituntut dari orang jang hendak menghubungi Jahwe.
Ende: Im 22:10-13 - -- Hanja orang jang bagaimanapun djua termasuk keluarga imam boleh makan kurban.
Hanja orang jang bagaimanapun djua termasuk keluarga imam boleh makan kurban.
Ende: Im 22:14 - -- Orang seakan-akan mentjuri milik Allah, maka barang itu harus dikembalikan
dengan denda tambahan.
Orang seakan-akan mentjuri milik Allah, maka barang itu harus dikembalikan dengan denda tambahan.
jaitu orang-orang luaran, kaum awam.
Hanja jang paling baik sadja boleh mendjadi kurban.
Ref. Silang FULL: Im 22:2 - terhadap persembahan-persembahan // kekudusan nama-Ku // Akulah Tuhan · terhadap persembahan-persembahan: Im 19:8
· kekudusan nama-Ku: Kel 20:7; Kel 20:7; Mat 5:33; Mat 5:33
· Akulah Tuhan: Yeh 44:8
Ref. Silang FULL: Im 22:3 - bagi Tuhan // dari hadapan-Ku · bagi Tuhan: Ezr 8:28
· dari hadapan-Ku: Im 7:20,21; Bil 19:13
· bagi Tuhan: Ezr 8:28
· dari hadapan-Ku: Im 7:20,21; Bil 19:13
Ref. Silang FULL: Im 22:4 - mengeluarkan lelehan // orang mati · mengeluarkan lelehan: Im 15:2-15
· orang mati: Im 11:24-28,39
· mengeluarkan lelehan: Im 15:2-15
· orang mati: Im 11:24-28,39
Ref. Silang FULL: Im 22:5 - yang merayap // seorang manusia · yang merayap: Im 11:24-28,43
· seorang manusia: Im 15:7; Im 15:7
· yang merayap: Im 11:24-28,43
Ref. Silang FULL: Im 22:6 - menjadi najis // matahari terbenam // dengan air · menjadi najis: Hag 2:14
· matahari terbenam: Im 11:24; Im 11:24
· dengan air: Im 14:8; Im 14:8
· menjadi makanannya: Bil 18:11
Ref. Silang FULL: Im 22:8 - makan bangkai // binatang buas // menjadi najis // Akulah Tuhan · makan bangkai: Im 11:39; Im 11:39
· binatang buas: Kel 22:31; Kel 22:31
· menjadi najis: Im 11:40; Im 11:40
· Akulah Tuh...
Ref. Silang FULL: Im 22:9 - pada kewajibannya // mendatangkan dosa // dan mati // yang menguduskan · pada kewajibannya: Im 8:35; Im 8:35
· mendatangkan dosa: Kel 28:38; Kel 28:38
· dan mati: Im 22:16; Kel 28:43; Kel 28:43
&middo...
· janganlah memakan: Im 22:13; Kel 12:45; 29:33
Ref. Silang FULL: Im 22:14 - tidak sengaja // menambah seperlima · tidak sengaja: Im 4:2; Im 4:2
· menambah seperlima: Im 5:15
Ref. Silang FULL: Im 22:15 - kekudusan persembahan-persembahan // bagi Tuhan · kekudusan persembahan-persembahan: Im 19:8; Im 19:8
· bagi Tuhan: Bil 18:32
Ref. Silang FULL: Im 22:16 - Israel kesalahan // harus ditebus // mereka memakan // yang menguduskan · Israel kesalahan: Kel 28:38; Kel 28:38
· harus ditebus: Im 22:9; Im 22:9
· mereka memakan: Bil 18:11
· yang menguduskan:...
Ref. Silang FULL: Im 22:18 - orang Israel // mempersembahkan persembahannya // persembahan nazar // persembahan sukarela · orang Israel: Bil 15:16; 19:10; Yos 8:33
· mempersembahkan persembahannya: Im 1:2; Im 1:2
· persembahan nazar: Im 22:21; Kej 28...
Ref. Silang FULL: Im 22:19 - Tuhan berkenan // tidak bercela · Tuhan berkenan: Im 1:2; Im 1:2
· tidak bercela: Im 1:3; Im 1:3; Im 21:18-21; Bil 28:11; Ul 15:21
Ref. Silang FULL: Im 22:20 - yang bercacat // akan kamu · yang bercacat: Im 1:3; Im 1:3; Ul 15:21; 17:1; Yeh 43:23; 45:18; 46:6; Mal 1:8; Ibr 9:14; 1Pet 1:19
· akan kamu: Kel 28:38; Kel 28:38
· yang bercacat: Im 1:3; [Lihat FULL. Im 1:3]; Ul 15:21; 17:1; Yeh 43:23; 45:18; 46:6; Mal 1:8; Ibr 9:14; 1Pet 1:19
Ref. Silang FULL: Im 22:21 - korban keselamatan // korban sukarela // kambing domba // tidak bercela // Tuhan berkenan · korban keselamatan: Kel 32:6; Kel 32:6; Im 3:6; Im 3:6
· korban sukarela: Im 7:16; Im 7:16
· kambing domba: Im 1:2; Im 1:2
&mid...
Ref. Silang FULL: Im 22:25 - santapan Allahmu // dan bercacat · santapan Allahmu: Im 21:6; Im 21:6
· dan bercacat: Im 1:3; Im 1:3; Im 3:1; Im 3:1; Bil 19:2
Ref. Silang FULL: Im 22:27 - anak kambing // tujuh hari // hari kedelapan // Tuhan berkenan · anak kambing: Im 1:3; Im 1:3
· tujuh hari: Kel 22:30; Kel 22:30
· hari kedelapan: Kel 22:30; Kel 22:30
· Tuhan berkenan:...
Ref. Silang FULL: Im 22:30 - sampai pagi // Akulah Tuhan · sampai pagi: Im 7:15
· Akulah Tuhan: Im 11:44
Ref. Silang FULL: Im 22:31 - harus berpegang // dan melakukannya · harus berpegang: Ul 4:2,40; Mazm 105:45
· dan melakukannya: Kel 22:31; Kel 22:31
· harus berpegang: Ul 4:2,40; Mazm 105:45