Teks -- Imamat 16:17-34 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Im 16:1-34
Full Life: Im 16:1-34 - HARI PENDAMAIAN.
Nas : Im 16:1-34
Seluruh pasal Im 16:1-34 menerangkan Hari Pendamaian. Untuk
ulasan lebih lanjut mengenai hari raya Yahudi yang penting ini dan
bag...
Nas : Im 16:1-34
Seluruh pasal Im 16:1-34 menerangkan Hari Pendamaian. Untuk ulasan lebih lanjut mengenai hari raya Yahudi yang penting ini dan bagaimana proses pendamaian menunjuk ke depan kepada Yesus Kristus dan PB
lihat art. HARI PENDAMAIAN.
BIS -> Im 16:20
Jerusalem: Im 11:1--16:34 - -- Bab-bab ini memuat "Hukum Ketahiran" dan bagian berikutnya, bab 17-26, menyatakan "Hukum Kekudusan". Kedua bagian Imamat itu saling melengkapi. Dua-du...
Bab-bab ini memuat "Hukum Ketahiran" dan bagian berikutnya, bab 17-26, menyatakan "Hukum Kekudusan". Kedua bagian Imamat itu saling melengkapi. Dua-duanya meninjau tuntutan-tuntutan Allah yang sama, tetapi dari segi yang berbeda. Yaitu dari segi negatipnya dan dari segi positipnya. Penetapan-penetapan yang tercantum dalam bab 11-16 bersumberkan larangan-larangan agama yang sangat tua usianya. Tahir dan halal ialah segala sesuatunya yang boleh mendekati Tuhan: najis dan haram ialah apa yang membuat orang tidak mampu ikut serta dalam ibadat atau yang tidak boleh dipakai dalam ibadat. Binatang halal ialah binatang yang boleh dikorbankan kepada Tuhan, Kej 7:2, sedangkan binatang yang disebut najis ialah binatang-binatang yang dianggap kudus oleh orang kafir atau yang menimbulkan rasa jijik ataupun yang dianggap jahat dan karenanya tidak diperkenankan Allah, bab 11. Bagian Imamat ini juga memuat penetapan-penetapan yang menyangkut kelahiran, bab 12, hidup seksuil, bab 15, dan kematian, Bil 21:1-11; bdk Bil 19:11-19. Penetapan-penetapan itu sebenarnya menyangkut bidang-bidang hidup manusia yang penuh rahasia dan yang secara khusus di bawah kekuasaan Allah. Penguasa kehidupan. Sebuah gejala pembusukan seperti sakit kusta, Ima 13:1+, juga menjadikan orang najis. Tetapi dengan menekankan kesucian hati, Yer 1:16; Yer 33:8; bdk Maz 51:12. para nabi melampaui ketahiran yang ditetapkan hukum ibadat Imamat ini. Dengan menuntut kesucian hati itu para nabi menyiapkan pewartaan Yesus, Mat 15:10-20, yang membebaskan pengikut-pengikutNya dari peraturan-peraturan yang di masa Yesus hanya secara lahiriah dilaksanakan, Mat 23:24-26. Namun demikian, peraturan-peraturan kuno mengenai tahir serta halal, najis dan haram itu tetap mengajar kita mengenai cita-cita kemurnian akhlak yang dimajukan dengan peraturan-peraturan yang bernada positip.
Jerusalem: Im 16:1-34 - -- Bab ini menutup kumpulan peraturan mengenai kenajisan. Ia memuat tata upacara pentahiran tahunan. Upacara itu menyakitkan segala kenajisan. Dalam tata...
Bab ini menutup kumpulan peraturan mengenai kenajisan. Ia memuat tata upacara pentahiran tahunan. Upacara itu menyakitkan segala kenajisan. Dalam tata upacara ini sebenarnya dipersatukan dua tata upacara yang berbeda sekali baik sehubungan dengan pikiran yang melatarbelakanginya maupun sehubungan dengan usianya. Ada sebuah korban pendamaian, Ima 6,11-19; bdk bab 4, dan ada upacara pengusiran seekor kambing jantan yang diserahkan kepada Azazel, Ima 16:8-10; 20-22; 26; bdk catatan berikut. Upacara terakhir ini tua sekali, tetapi sama seperti tata upacara rangkap dua yang termaktub dalam bab 14, upacara kuno itupun dipersatukan dengan penetapan-penetapan yang sesuai dengan nada seluruh kitab Imamat. Penggabungan tsb berasal dari zaman belakangan, waktu orang Yahudi sangat teliti sehubungan dengan ketahiran, sehingga orang semakin banyak terkena kenajisan dan menciptakan berbagai upacara pentahiran. Memang hari raya Pendamaian itu tidak dikenal sebelum zaman pembuangan, sebab tidak ada satupun ayat tua yang menyinggungnya.
Jerusalem: Im 16:22 - dilepaskan di padang gurun Kambing jantan itu tidak dipersembahkan sebagai korban kepada Azazel. Tetapi kambing itu membawa kesalahan umat Israel ke padang gurun, tempat kediama...
Kambing jantan itu tidak dipersembahkan sebagai korban kepada Azazel. Tetapi kambing itu membawa kesalahan umat Israel ke padang gurun, tempat kediaman roh jahat itu. Pengalihan kesalahan kepada binatang itu dan juga pendamaian di adakan "di hadapan Tuhan", Ima 16:10, dengan perantaraan seorang imam, Ima 16:21. Begitu ibadat kepada Tuan memungut dan menyesusaikan adat kerakyatan yang kunci itu.
Ende: Im 16:1-34 - -- Hari pentjeriaan (jom kippor) merupakan salah satu perajaan terpenting dalam
agama Jahudi sampai dengan dewasa ini. Perajaan jang sungguh itu, diserta...
Hari pentjeriaan (jom kippor) merupakan salah satu perajaan terpenting dalam agama Jahudi sampai dengan dewasa ini. Perajaan jang sungguh itu, disertai puasa (satu-satunja jang ditetapkan Taurat) dan istilah mutlak, bermaksud memulihkan segala kesalahan, jang dilakukan dengan sengadja dan tidak sengadja, serta menghapuskan segala kenadjisan sehingga umat sama sekali murni-bersih lagi. Dalam upatjara jang digambarkan disini ada pelbagai upatjara jang terdahulu terpisah, bertjampur. Ada upatjara jang sangat kuno dan jang tjukup baru dalam perkembangan. Upatjara itu menekankan bahwa manusia tidak sutji dan bahwa Allah mahakudus.
Orang inipun nadjis lantaran kambing djantan itu.
ialah padang gurun jang tandus, tempat tinggal roh-roh djahat.
Ende: Im 16:26 - -- Mungkin imam agung kena kenadjisan kambing djantan itu. Karenanja ia harus
mentahirkan diri sebelum mempersembahkan kurban bakar.
Mungkin imam agung kena kenadjisan kambing djantan itu. Karenanja ia harus mentahirkan diri sebelum mempersembahkan kurban bakar.
Bulan ketudjuh ialah bulan Tisjri (September -- Oktober).
Ref. Silang FULL: Im 16:18 - ke mezbah // tanduk-tanduk mezbah · ke mezbah: Im 4:7; Im 4:7
· tanduk-tanduk mezbah: Im 4:25; Im 4:25
Ref. Silang FULL: Im 16:21 - kepala kambing // dan mengakui · kepala kambing: Kel 29:10; Kel 29:10
· dan mengakui: Im 5:5; Im 5:5
Ref. Silang FULL: Im 16:23 - pakaian lenan // di sana · pakaian lenan: Kel 28:42; Kel 28:42
· di sana: Yeh 42:14
Ref. Silang FULL: Im 16:24 - yang kudus // mengenakan pakaiannya // bakaran bangsa // bagi bangsa · yang kudus: Im 6:16; Im 6:16
· mengenakan pakaiannya: Im 16:3-5
· bakaran bangsa: Im 1:3
· bagi bangsa: Im 16:11; Im 16:...
Ref. Silang FULL: Im 16:26 - bagi Azazel // mencuci pakaiannya // dengan air · bagi Azazel: Im 16:8; Im 16:8
· mencuci pakaiannya: Im 11:25; Im 11:25
· dengan air: Im 14:8
· ke perkemahan: Bil 19:8,10
Ref. Silang FULL: Im 16:29 - menjadi ketetapan // bulan itu // dengan berpuasa // sesuatu pekerjaan // orang Israel · menjadi ketetapan: Kel 12:14; Kel 12:14
· bulan itu: Im 25:9
· dengan berpuasa: Im 16:31; Im 23:27,32; Bil 29:7; Yes 58:3
&midd...
Ref. Silang FULL: Im 16:30 - pendamaian bagimu // segala dosamu · pendamaian bagimu: Kel 30:10; Kel 30:10
· segala dosamu: Mazm 51:4; Yer 33:8; Yeh 36:33; Za 13:1; Ef 5:26
Ref. Silang FULL: Im 16:31 - dengan berpuasa // suatu ketetapan · dengan berpuasa: Ezr 8:21; Yes 58:3,5; Dan 10:12
· suatu ketetapan: Kis 27:9
· dengan berpuasa: Ezr 8:21; Yes 58:3,5; Dan 10:12
· suatu ketetapan: Kis 27:9
Ref. Silang FULL: Im 16:32 - telah ditahbiskan // pakaian lenan · telah ditahbiskan: Kel 30:30; Kel 30:30
· pakaian lenan: Im 16:4; Im 16:4; Kel 28:2; Kel 28:2
Ref. Silang FULL: Im 16:33 - yakni jemaah · yakni jemaah: Im 16:11,16-18; Im 16:11; Im 16:16 s/d 18; Yeh 45:18
· yakni jemaah: Im 16:11,16-18; [Lihat FULL. Im 16:11]; [Lihat FULL. Im 16:16] s/d 18; Yeh 45:18
Ref. Silang FULL: Im 16:34 - menjadi ketetapan // sekali setahun · menjadi ketetapan: Kel 27:21; Kel 27:21
· sekali setahun: Ibr 9:7,25
· menjadi ketetapan: Kel 27:21; [Lihat FULL. Kel 27:21]
· sekali setahun: Ibr 9:7,25