Teks -- Galatia 2:6-21 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Gal 2:6 - ALLAH TIDAK MEMANDANG MUKA.
Nas : Gal 2:6
Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan,
reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17;
Ay...
Nas : Gal 2:6
Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan, reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17; Ayub 34:19; Kis 10:34; Ef 6:9).
- 1) Allah melihat dan menilai hati, yaitu bagian batin seorang, dan Ia
menyenangi mereka yang hatinya sungguh-sungguh berpaling kepada-Nya
dalam kasih, iman, dan kekudusan (bd. 1Sam 16:7; Mat 23:28;
Luk 16:15; Yoh 7:24; 2Kor 10:7;
lihat cat. --> 1Kor 13:1).
[atau ref. 1Kor 13:1]
- 2) Demikianlah, Allah tidak lebih memperhatikan kasih, persekutuan, dan doa orang yang terpelajar daripada yang tidak terpelajar, yang kaya lebih daripada yang miskin, yang berkuasa daripada yang lemah; prinsip abadi Allah ialah bahwa Dia menerima "setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).
Full Life: Gal 2:10 - MENGINGAT ORANG-ORANG MISKIN.
Nas : Gal 2:10
Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya
menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7;...
Nas : Gal 2:10
Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7; Mat 6:2-4; Yoh 13:29). Di sekitar kita senantiasa akan ada orang yang memerlukan bantuan. Orang miskin, khususnya "kawan-kawan kita seiman" (Gal 6:10) memerlukan bantuan jasmaniah dan doa kita
(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).
Full Life: Gal 2:11 - AKU BERTERANG-TERANG MENENTANGNYA.
Nas : Gal 2:11
Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik
(ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini
har...
Nas : Gal 2:11
Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik (ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini harus dilakukan tanpa pilih kasih; bahkan orang yang terkemuka seperti rasul Petrus, yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, memerlukan teguran membangun (ayat Gal 2:11-17; bd. 1Tim 5:20-21). Alkitab menunjukkan bahwa Petrus menyadari kesalahannya dan menerima teguran Paulus dengan rendah hati dan sikap menyesal. Kemudian hari, ia menyebut Paulus "saudara kita yang kekasih" (2Pet 3:15).
Full Life: Gal 2:12 - TAKUT AKAN SAUDARA-SAUDARA YANG BERSUNAT.
Nas : Gal 2:12
"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi,
khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dar...
Nas : Gal 2:12
"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi, khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dari PL masih diperlukan untuk semua orang percaya dari perjanjian yang baru. Mereka juga mengajar bahwa orang Kristen Yahudi tidak boleh makan bersama-sama dengan orang percaya bukan Yahudi yang tidak mengikuti kebiasaan dan peraturan makanan orang Yahudi. Walaupun Petrus mengetahui bahwa Allah menerima orang percaya bukan Yahudi tanpa sikap memihak (Kis 10:34-35), dia menyangkal keyakinannya sendiri karena takut kecaman dan kemungkinan kehilangan kekuasaan di gereja Yerusalem. Pengunduran dirinya dari meja persekutuan dengan orang Kristen bukan Yahudi mendukung kesalahpahaman bahwa ada dua tubuh Kristus -- Yahudi dan bukan Yahudi.
Full Life: Gal 2:16 - DIBENARKAN ... OLEH KARENA IMAN.
Nas : Gal 2:16
Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat
dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memilik...
Nas : Gal 2:16
Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memiliki hubungan yang benar dengan-Nya. Hal itu tidak akan terjadi dengan "melakukan hukum Taurat," tetapi oleh iman yang hidup dalam Kristus Yesus
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Full Life: Gal 2:19 - AKU TELAH MATI ... UNTUK HUKUM TAURAT.
Nas : Gal 2:19
Teks :
Lihat cat. --> Rom 7:4
[atau ref. Rom 7:4]
mengenai arti mati terhadap hukum Taurat;
lih...
Full Life: Gal 2:19 - AKU TELAH DISALIBKAN DENGAN KRISTUS.
Nas : Gal 2:19
Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih
sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mer...
Nas : Gal 2:19
Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mereka yang beriman kepada Kristus hidup dalam kesatuan intim dengan Tuhan mereka, baik dalam kematian maupun kebangkitan-Nya.
- 1) Semua orang percaya telah disalibkan bersama Yesus di kayu salib.
Mereka telah mati terhadap hukum Taurat sebagai jalan keselamatan dan
kini hidup untuk Allah melalui Kristus (ayat Gal 2:19). Karena
keselamatan dalam Kristus, dosa tidak lagi berkuasa atas mereka
(lihat cat. --> Rom 6:11;
[atau ref. Rom 6:11]
bd. Rom 6:4,8,14; Gal 5:24; 6:14; Kol 2:12,20). - 2) Kita yang sudah disalibkan bersama Kristus kini hidup bersama Dia dalam hidup kebangkitan-Nya. Kristus dan kekuatan-Nya tinggal dalam kita, menjadi sumber segenap kehidupan kita dan pusat semua pikiran, perkataan, dan perbuatan kita (Yoh 15:1-6; Ef 3:17). Hidup kebangkitan Yesus terus-menerus disalurkan kepada kita melalui Roh Kudus (Yoh 16:13-14; Rom 8:10-11).
- 3) Keikutsertaan kita dalam kematian dan kebangkitan Kristus terjadi
oleh iman, yaitu keyakinan yang kokoh, kasih, pengabdian, dan kesetiaan
kita kepada Anak Allah yang mengasihi kita dan menyerahkan diri-Nya
untuk kita (bd. Yoh 3:16;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Hidup beriman ini dapat dilihat sebagai hidup oleh Roh (Gal 3:3; Gal 5:25; bd. Rom 8:9-11).
Full Life: Gal 2:21 - KEBENARAN.
Nas : Gal 2:21
Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan
kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah ole...
Nas : Gal 2:21
Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah oleh Allah. Kebenaran yang datang melalui iman meliputi perubahan moral (ayat Gal 2:19), kasih karunia Allah (ayat Gal 2:21), dan hubungan dengan Kristus yang membuat kita mengambil bagian dalam hidup kebangkitan-Nya (ayat Gal 2:20). Kenyataan ini diperkuat dalam Gal 3:21 di mana Paulus menjelaskan bahwa kebenaran yang datang oleh iman dalam Kristus memberikan hidup, suatu kehidupan yang dipandang sebagai menerima Roh (Gal 3:2-3,14;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
BIS -> Gal 2:10
justru senang: atau telah sungguh-sungguh.
Ialah keduabelas rasul
Sesuatu yang lain dari Injil Paulus, Gal 2:2.
Jerusalem: Gal 2:9 - Yakobus, Kefas dan Yohanes Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes
Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes
Jerusalem: Gal 2:9 - supaya kami pergi ... dan mereka ... pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di dae...
pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di daerah Palestina. Sebab Paulus sendiri selalu lebih dahulu menghadapi orang Yahudi untuk mewartakan Injil kepada mereka, Kis 13:5+.
Jerusalem: Gal 2:11 - sebab ia salah Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:2...
Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:20. Hanya dalam situasi di Antiokhia itu ada kesan seolah-olah hanya orang-orang Yahudi yang menepati hukum Taurat sajalah orang Kristen sejati. Dan kelakuan Petrus dalam situasi itu dapat mengakibatkan munculnya dua jemaat terpisah, bahkan juga dalam perayaan perjamuan Ekaristi. Terlebih kelakuan Petrus itu "menyembunyikan" pendapatnya yang sebenarnya, Gal 2:13, pada hal semestinya dinyatakan dengan terus terang.
Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang tidak bersunat Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14
Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14
Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang bersunat Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.
Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.
Jerusalem: Gal 2:13 - orang-orang Yahudi Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi. Mereka juga disebut "saudara-saudara yang bersunat", Gal 2:12.
Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi. Mereka juga disebut "saudara-saudara yang bersunat", Gal 2:12.
Jerusalem: Gal 2:15-21 - -- Bagian ini lebih-lebih ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ke-Yahudi-an, terutama di daerah Galatia, dan bukanlah kepada Petrus.
Bagian ini lebih-lebih ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ke-Yahudi-an, terutama di daerah Galatia, dan bukanlah kepada Petrus.
Jerusalem: Gal 2:15 - orang berdosa dari bangsa-bangsa lain Ungkapan ini berupa ironi yang halus. Sebenarnya Paulus tidak pernah menyangkal adanya keistimewaan-keistimewaan bangsa Yahudi, Rom 1:16; 3:1; 9:4-5, ...
Ungkapan ini berupa ironi yang halus. Sebenarnya Paulus tidak pernah menyangkal adanya keistimewaan-keistimewaan bangsa Yahudi, Rom 1:16; 3:1; 9:4-5, walaupun mereka untuk sementara waktu tidak sampai percaya, Rom 11:12, dst.
Yaitu oleh karena tidak menaati hukum Taurat.
Jerusalem: Gal 2:19 - aku telah mati ... untuk hukum Taurat Ungkapan yang pendek padat ini diartikan dengan macam-macam cara. Dapat diartikan: oleh karena disalibkan bersama dengan Kristus, maka orang Kristen b...
Ungkapan yang pendek padat ini diartikan dengan macam-macam cara. Dapat diartikan: oleh karena disalibkan bersama dengan Kristus, maka orang Kristen bersama dengan Kristus dan di dalam Dia sudah mati bagi hukum Taurat, bdk Rom 7:1 dst, oleh karena hukum Taurat itu sendiri yang menjatuhkan hukuman mati, Gal 3:13; lalu orang Kristen menjadi penyerta dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4-10; 7:4-6 serta catatannya. Sementara ahli lain mengartikan kalimat itu: Orang Kristen meninggalkan hukum Taurat justru untuk mentaati Perjanjian Lama, Gal 3:19,24; Rom 10:4; atau: Orang Kristen telah mati untuk hukum Taurat, supaya mentaati hukum lain, yakni hukum iman atau hukum Roh Kudus, Rom 8:2.
Jerusalem: Gal 2:20 - Kristus yang hidup di dalam aku Oleh karena iman, Rom 1:16, Kristus sendiri entah bagaimanapun juga menjadi pelaku segala perbuatan hidup Kristen, Rom 8:2,10-11+; Fili 1:21; bdk Kol ...
Oleh karena iman, Rom 1:16, Kristus sendiri entah bagaimanapun juga menjadi pelaku segala perbuatan hidup Kristen, Rom 8:2,10-11+; Fili 1:21; bdk Kol 3:3+
Jerusalem: Gal 2:20 - di dalam daging Meskipun masih "di dalam daging", Rom 7:5+, namun hidup seorang Kristen sudah "dirohanikan" berkat iman, bdk Efe 3:17. Mengenai keadaan yang tegang it...
Meskipun masih "di dalam daging", Rom 7:5+, namun hidup seorang Kristen sudah "dirohanikan" berkat iman, bdk Efe 3:17. Mengenai keadaan yang tegang itu, bdk Rom 8:18-27
Var: oleh iman dalam Allah dan dalam Kristus.
Ende: Gal 2:6 - Tidak mewadjibkan apa-apa jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja.
Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.
jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja. Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.
Ende: Gal 2:7-9 - Mengulurkan tangannja rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan
pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan
mereka.
Pembagian pekerd...
rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan mereka.
Pembagian pekerdjaan kerasulan jang ditentukan dalam Gal 2:9, bukan dimaksudkan sebagai mutlak. Disegala tempat Paulus pertama-tama pergi mengadjar didalam sinagoga-sinagoga, dan baik Petrus, maupun rasul-rasul lain, selalu berusaha mempertobatkan orang-orang bukan Jahudi djuga. Buktinja jang djelas, ialah umat Roma.
Ende: Gal 2:10 - Kaum miskin Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang
miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai
t...
Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai tanda persatuan antara sekalian umat dan chususnja dengan umat induk itu. Maksud itu sangat ditekankan Paulus dalam mengandjurkan pendermaan itu. Batjalah 2Ko 9:13-14.
Ende: Gal 2:11-14 - -- Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan
bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja.
...
Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja. Ketjaman jang agak tadjam menjatakan kegelisahan dan kesungguhan Paulus, sebab takutnja, kalau-kalau teladan Petrus dan orang Jahudi lainnja, chususnja Barnabas, meragu-ragukan dan menggelisahkan umat-umat jang seperti Antiochia sebagian besar terdiri dari orang-orang bekas penjembah dewa-dewa. Sikap itu merusakkan djuga perasaan persaudaraan dan kesatuan umat.
Ende: Gal 2:11 - Kefas Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan
Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani
"Petros" atau ...
Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani "Petros" atau "Petra" (batu).
Ende: Gal 2:12 - Dari lingkungan Jakobus Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti,
bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus
dalam Kis 15:24. Mere...
Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti, bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus dalam Kis 15:24. Mereka adalah anggota umat Jerusalem jang dipimpin oleh Jakobus, dan dalam umat itu masih banjak orang segan melepaskan diri dari hukum dan adat-istiadat Jahudi.
Ende: Gal 2:12 - Makan semedja Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang
takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap
"nadjis".
Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap "nadjis".
Ende: Gal 2:12 - Sebab takut Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia
tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.
Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.
Ende: Gal 2:14 - Terhadap kebenaran Indjil Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan
dalam fasal berikut.
Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan dalam fasal berikut.
Ende: Gal 2:14 - Bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir"
(kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja
terlalu kasar dalam mulut Paulus jan...
Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir" (kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja terlalu kasar dalam mulut Paulus jang tentu hormat terhadap bangsa-bangsa jang diserahkan pertobatannja kepadanja, dan anggota-anggota umat-umat jang bekas penjembah dewa-dewa itu.
Ende: Gal 2:15 - -- Benar djuga kalimat ini. Bdl. Rom 9:4-5. Tetapi disini sangat
bertjorak sindiran terhadap orang-orang Jahudi, para pengandjur palsu, jang
masih memand...
Benar djuga kalimat ini. Bdl. Rom 9:4-5. Tetapi disini sangat bertjorak sindiran terhadap orang-orang Jahudi, para pengandjur palsu, jang masih memandang saudara-saudara takbersunat sebagai tidak sederadjat dengan mereka, malah sebagai "nadjis".
Ende: Gal 2:16 - -- Apa jang dikatakan Paulus disini dengan ringkas, akan mendjadi atjara utama
suratnja kepada umat Roma.
Apa jang dikatakan Paulus disini dengan ringkas, akan mendjadi atjara utama suratnja kepada umat Roma.
Ende: Gal 2:16 - Dibenarkan Tentang istilah "kebenaran" dan "membenarkan" batjalah uraian
Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).
Tentang istilah "kebenaran" dan "membenarkan" batjalah uraian Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).
Ende: Gal 2:16 - Hukum dalam surat-surat Paulus hampir selalu berarti hukum taurat atau hukum
Jahudi dengan segala ketentuan adat-istiadat. Batjalah uraian Kata Pendahuluan
...
dalam surat-surat Paulus hampir selalu berarti hukum taurat atau hukum Jahudi dengan segala ketentuan adat-istiadat. Batjalah uraian Kata Pendahuluan II fasal 9 halaman 547 (tjetakan V 1968).
Ende: Gal 2:17-18 - -- Kedua kalimat padat dan agak kabur ini dapat ditafsirkan barangkali seperti
berikut:
Kedua kalimat padat dan agak kabur ini dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut:
Ende: Gal 2:17-18 - Masih berdosa masih berdosa, sebab belum tjukup dibenarkan oleh kepertjajaan
dan permandian, kalau untuk dibenarkan perlu lagi disunat dan mengamalkan hukum
taurat....
masih berdosa, sebab belum tjukup dibenarkan oleh kepertjajaan dan permandian, kalau untuk dibenarkan perlu lagi disunat dan mengamalkan hukum taurat. Lagi pula saudara-saudara Jahudi, termasuk pengandjur-pengandjur palsu sendiri, jang pertjaja dan mengandjurkan, bahwa penganutan hukum perlu untuk diselamatkan, dengan itu mengakui, bahwa mereka mendjadi orang berdosa (pelanggar), dengan bertobat kepada Kristus dan dengan itu keluar dari lingkungan hukum taurat. Demikian pula saudara-saudara bukan Jahudi jang mempertjajai dan mengikuti pengandjur-pengandjur palsu itu, mengakui bahwa mereka pun belum dibenarkan sepenuhnja oleh permandian dan sebab itu masih orang berdosa.
Lain dari itu, semua mereka itu menjatakan, seolah-olah Kristus telah menipu mereka, dan menjebabkan mereka berdosa, dengan mengadjar bahwa hukum taurat telah dibatalkan.
Ende: Gal 2:19 - -- Oleh karena hukum aku telah terhadap hukum". "Oleh karena hukum" dapat
ditafsirkan: penjelidikan buku-buku Perdjandjian Lama telah mejakinkan Paulus,
...
Oleh karena hukum aku telah terhadap hukum". "Oleh karena hukum" dapat ditafsirkan: penjelidikan buku-buku Perdjandjian Lama telah mejakinkan Paulus, dan sebenarnja harus mejakinkan tiap-tiap orang Jahudi, bahwa nubuat-nubuat Perdjandjian Lama telah dipenuhi dalam Jesus, lagi bahwa tugas Perdjandjian Lama sudah selesai dan diganti dengan hukum Indjil. Lain tafsiran lagi, berhubung dengan kalimat "aku telah disalibkan bersama dengan Kristus", ialah: Kristus dihukum mati berdasarkan (pura-pura berdasarkan) tuntutan-tuntutan hukum taurat. Dengan itu Ia sebenarnja dikeluarkan (dikutjilkan) dari lingkungan hukum taurat, djadi lepas dari padanja. Demikian halnja Paulus dan sekalian orang Jahudi jang pertjaja akan Kristus dan dalam permandian turut mati (disalibkan) denganNja. Bdl. Rom 7:1-4.
Ende: Gal 2:20 - Bukan aku sendiri jang hidup dll Artinja dalam segala pikiran dan tindakan
aku semata-mata dan melulu didjiwai tjita-tjita Kristus, dan hidup bagi
Kristus.
Artinja dalam segala pikiran dan tindakan aku semata-mata dan melulu didjiwai tjita-tjita Kristus, dan hidup bagi Kristus.
Ende: Gal 2:21 - Tidak mengingkari rahmat seperti pengandjur-pengandjur palsu dan para
pengikutnja. Paulus tidak mau berlagak seolah-olah rahmat Allah dan
kepertjajaan akan Kristus tidak tjuku...
seperti pengandjur-pengandjur palsu dan para pengikutnja. Paulus tidak mau berlagak seolah-olah rahmat Allah dan kepertjajaan akan Kristus tidak tjukup, bukan satu-satunja sjarat keselamatan.
Ref. Silang FULL: Gal 2:6 - dianggap terpandang // memandang muka // memaksakan sesuatu · dianggap terpandang: Gal 2:2
· memandang muka: Kis 10:34; Kis 10:34; Wahy 2:23; Wahy 2:23
· memaksakan sesuatu: 1Kor 15:11
Ref. Silang FULL: Gal 2:7 - telah dipercayakan // tak bersunat // kepada Petrus · telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11
· tak bersunat: Kis 9:15; Kis 9:15
· kepada Petrus: Gal 2:9,11,14
· telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11
· tak bersunat: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]
· kepada Petrus: Gal 2:9,11,14
Ref. Silang FULL: Gal 2:8 - menjadi rasul // kekuatan kepadaku · menjadi rasul: Kis 1:25
· kekuatan kepadaku: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1
Ref. Silang FULL: Gal 2:9 - dianugerahkan kepadaku // maka Yakobus // Kefas // sebagai sokoguru // dengan Barnabas // tidak bersunat · dianugerahkan kepadaku: Rom 12:3; Rom 12:3
· maka Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13
· Kefas: Gal 2:7,11,14
· sebagai sokogur...
Ref. Silang FULL: Gal 2:11 - waktu Kefas // ke Antiokhia · waktu Kefas: Gal 2:7,9,14
· ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19
· waktu Kefas: Gal 2:7,9,14
Ref. Silang FULL: Gal 2:12 - kalangan Yakobus // tidak bersunat // yang bersunat · kalangan Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13
· tidak bersunat: Kis 11:3
· yang bersunat: Kis 10:45; 11:2
· kalangan Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]
· tidak bersunat: Kis 11:3
· yang bersunat: Kis 10:45; 11:2
Ref. Silang FULL: Gal 2:14 - kebenaran Injil // kepada Kefas // secara Yahudi // secara Yahudi · kebenaran Injil: Gal 2:5
· kepada Kefas: Gal 2:7,9,11
· secara Yahudi: Kis 10:28
· secara Yahudi: Gal 2:12
· kebenaran Injil: Gal 2:5
· kepada Kefas: Gal 2:7,9,11
· secara Yahudi: Kis 10:28
· secara Yahudi: Gal 2:12
Ref. Silang FULL: Gal 2:15 - Menurut kelahiran // orang berdosa · Menurut kelahiran: Fili 3:4,5
· orang berdosa: 1Sam 15:18; Luk 24:7
· Menurut kelahiran: Fili 3:4,5
· orang berdosa: 1Sam 15:18; Luk 24:7