Teks -- Ayub 38:1-11 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ayb 38:1 - TUHAN MENJAWAB AYUB.
Nas : Ayub 38:1
Allah sendirilah yang menyapa Ayub. Ia menyatakan ketidaktahuan Ayub
akan peranan ilahi di dalam segala kejadian itu. Ia merendahka...
Nas : Ayub 38:1
Allah sendirilah yang menyapa Ayub. Ia menyatakan ketidaktahuan Ayub akan peranan ilahi di dalam segala kejadian itu. Ia merendahkan Ayub dengan mengungkapkan betapa sedikitnya pemahaman dan pengetahuan manusia tentang Yang Mahakuasa. Akan tetapi, melalui tanggapan Allah Ayub menerima penyataan langsung dari Allah mengenai kehadiran, kemurahan, dan kasih-Nya.
- 1) Doa Ayub yang terus-menerus dan kerinduannya yang mendalam untuk
mendapatkan Allah akhirnya terjawab
(lihat cat. --> Ayub 23:3;
lihat cat. --> Ayub 29:2),
[atau ref. Ayub 23:3; 29:2]
yang menegaskan bahwa segala sesuatu di antara Tuhan dengan Ayub masih beres. - 2) Tanggapan Tuhan kepada hamba-Nya Ayub melukiskan bahwa pada akhirnya Allah akan mendatangi semua orang yang dengan sungguh-sungguh dan tabah berseru kepada-Nya; bahkan jikalau doa kita bersumber dari hati yang bingung, ragu-ragu, kecewa, atau marah, Allah akhirnya akan menanggapi dengan kehadiran, hiburan, dan firman-Nya.
- 3) Aspek terpenting dalam hubungan kita dengan Allah bukanlah pemahaman intelektual mengenai semua jalan Allah, tetapi pengalaman dan realitas kehadiran-Nya ilahi serta keyakinan bahwa segala sesuatu beres di antara kita dengan Allah. Dalam persekutuan dengan Allah kita dapat menanggung pencobaan apa saja yang harus kita alami.
Full Life: Ayb 38:3 - BERSIAPLAH ENGKAU SEBAGAI LAKI-LAKI!
Nas : Ayub 38:3
Kata-kata Allah kepada Ayub itu luar biasa baik karena apa yang
dikatakan maupun yang tidak dikatakannya.
1) Sungguh mengheran...
Nas : Ayub 38:3
Kata-kata Allah kepada Ayub itu luar biasa baik karena apa yang dikatakan maupun yang tidak dikatakannya.
- 1) Sungguh mengherankan bahwa Ayub tidak pernah diberi tahu mengapa
dirinya menderita. Ayub tidak pernah mengetahui bahwa penderitaannya
mencakup masalah-masalah berat seperti integritas dan pembuktian
pekerjaan penebusan Allah di antara umat manusia yang terjatuh
(lihat cat. --> Ayub 1:8;
lihat cat. --> Ayub 1:9).
[atau ref. Ayub 1:8-9]
Diamnya Allah mengenai hal ini menunjukkan bahwa alasan penderitaan Ayub bukanlah soal terpenting dalam kasus ini. - 2) Allah juga tidak pernah mengacu kepada berbagai pernyataan Ayub yang sembrono dan keterlaluan dalam pembicaraannya. Allah tidak menegur Ayub dengan keras atau menuntut Ayub karena kebebalannya. Dia memahami dan bersimpati dengan penderitaan Ayub serta menimbang kata-kata dan perasaan Ayub dengan belas kasihan.
Full Life: Ayb 38:4 - DASAR BUMI.
Nas : Ayub 38:4
Perkataan Allah hanya membahas dunia alami dari ciptaan dan alam. Ia
melukiskan rahasia dan kerumitan semesta alam sambil menyataka...
Nas : Ayub 38:4
Perkataan Allah hanya membahas dunia alami dari ciptaan dan alam. Ia melukiskan rahasia dan kerumitan semesta alam sambil menyatakan bahwa caranya mengatur dunia jauh melampaui jangkauan pemahaman kita. Allah ingin Ayub mengerti bahwa kegiatan-Nya di alam semesta itu dapat dibandingkan dengan pemerintahan-Nya dalam tatanan moral dan rohani semesta alam ini, dan pengertian lengkap mengenai cara-cara Allah tidak akan dijumpai dalam hidup ini. Tetapi kitab Ayub menyatakan bahwa apabila semua kebenaran telah diketahui, cara-cara dan tindakan-tindakan Allah akan tampak sebagai adil dan benar.
Full Life: Ayb 38:4 - CERITAKANLAH KALAU ENGKAU MEMPUNYAI PENGERTIAN.
Nas : Ayub 38:4
Allah menegur Ayub karena berbicara tanpa pengetahuan (ayat
Ayub 38:2) dan merendahkan dia dengan membuat hamba-Nya yang menderita
...
Nas : Ayub 38:4
Allah menegur Ayub karena berbicara tanpa pengetahuan (ayat Ayub 38:2) dan merendahkan dia dengan membuat hamba-Nya yang menderita itu sadar bahwa nalar manusia bukan tandingan bagi Allah yang tak terbatas dan kekal (bd. Ayub 39:34-38). Tanpa menolak pernyataan Ayub mengenai integritas moralnya, Allah mempersoalkan gagasan Ayub bahwa Dia mungkin tidak memerintah dunia ini dengan adil (mis. pasal Ayub 21:1-34; Ayub 24:1-25). Tetapi Allah selanjutnya memastikan Ayub bahwa dalam dialognya dengan para penasihatnya, ia telah mengatakan yang benar tentang Allah (Ayub 42:7). Dengan kata lain, Allah menilai kesalahan pemahaman Ayub sebagai datangnya dari kekurangan pengertian dan bukan dari kegagalan iman atau kurang mengasihi Tuhan.
makhluk-makhluk surga: Lihat Ayu 1:6.
Jerusalem: Ayb 38:1 - dari dalam badai Begitu penampakan Allah dahulu biasanya digambarkan dengan maksud menekankan kekuasaan Tuhan yang menakutkan, bdk Maz 18:8-16; 50:3; Nah 1:3; Yeh 1:4 ...
Begitu penampakan Allah dahulu biasanya digambarkan dengan maksud menekankan kekuasaan Tuhan yang menakutkan, bdk Maz 18:8-16; 50:3; Nah 1:3; Yeh 1:4 dst; bdk Kel 13:22+; Kel 19:16+
Jerusalem: Ayb 38:1 - TUHAN Sampai sekarang penulis Ayub dengan sengaja mencegah diri dari memakai nama diri Allahnya Israel, yaitu YHWH; bdk Kel 3:13+.
Sampai sekarang penulis Ayub dengan sengaja mencegah diri dari memakai nama diri Allahnya Israel, yaitu YHWH; bdk Kel 3:13+.
Jerusalem: Ayb 38:3 - sebagai laki-laki Dalam satu naskah Ibrani dan dalam terjemahan Siria terbaca: sebagai pahlawan (orang perkasa). Begitu pula dalam Ayu 40:7. Kini peranan terbaik: Tuhan...
Dalam satu naskah Ibrani dan dalam terjemahan Siria terbaca: sebagai pahlawan (orang perkasa). Begitu pula dalam Ayu 40:7. Kini peranan terbaik: Tuhan menantang dan mengajak Ayub membela diri.
Jerusalem: Ayb 38:8 - Siapa telah membendung Begitulah menurut terjemahan latin Vulgata. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia telah membendung.
Begitulah menurut terjemahan latin Vulgata. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia telah membendung.
Jerusalem: Ayb 38:11 - dihentikan Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: ia menaruh bagi/pada.
Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: ia menaruh bagi/pada.
Ende -> Ayb 38:1; Ayb 38:4-11
Ende: Ayb 38:1 - dari dalam taufan Penampakan Allah biasanja disertai taufan dan gemuruh
dalam Perdjandjian Lama.
Penampakan Allah biasanja disertai taufan dan gemuruh dalam Perdjandjian Lama.
Lukisan ini sesuai dengan anggapan Jahudi mengenai susunan alam.
diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "ia".
diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak terang.
Endetn: Ayb 38:11 - petjah diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "berdiri lawan".
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "berdiri lawan".
Ref. Silang FULL: Ayb 38:1 - dalam badai // menjawab Ayub · dalam badai: Kel 14:21; Kel 14:21; 1Sam 2:10; 1Sam 2:10; Ayub 40:1; Yes 21:1; Yeh 1:4
· menjawab Ayub: Ayub 11:5; Ayub 11:5
Ref. Silang FULL: Ayb 38:2 - menggelapkan keputusan // tidak berpengetahuan · menggelapkan keputusan: 1Raj 22:5; 1Raj 22:5; Yes 40:13
· tidak berpengetahuan: Ayub 34:35; Ayub 34:35; Mr 10:38; 1Tim 1:7
· menggelapkan keputusan: 1Raj 22:5; [Lihat FULL. 1Raj 22:5]; Yes 40:13
· tidak berpengetahuan: Ayub 34:35; [Lihat FULL. Ayub 34:35]; Mr 10:38; 1Tim 1:7
· memberitahu Aku: Ayub 40:2; 42:4; Mr 11:29
Ref. Silang FULL: Ayb 38:4 - dasar bumi // mempunyai pengertian · dasar bumi: Ayub 38:5; Ayub 38:5; Kej 1:1; Kej 1:1; 1Sam 2:8; 1Sam 2:8
· mempunyai pengertian: Ayub 38:18; Ayub 34:13; Ayub 34:13; Ams...
· dasar bumi: Ayub 38:5; [Lihat FULL. Ayub 38:5]; Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]; 1Sam 2:8; [Lihat FULL. 1Sam 2:8]
· mempunyai pengertian: Ayub 38:18; Ayub 34:13; [Lihat FULL. Ayub 34:13]; Ams 30:4
Ref. Silang FULL: Ayb 38:5 - menetapkan ukurannya // tali pengukur · menetapkan ukurannya: Ayub 38:4; Mazm 102:26; Ams 8:29; Yes 40:12; 48:13; Yer 31:37
· tali pengukur: Yer 31:39; Za 1:16; 4:9-10
· menetapkan ukurannya: Ayub 38:4; Mazm 102:26; Ams 8:29; Yes 40:12; 48:13; Yer 31:37
· tali pengukur: Yer 31:39; Za 1:16; 4:9-10
Ref. Silang FULL: Ayb 38:6 - sendi-sendinya dilantak // batu penjurunya · sendi-sendinya dilantak: Ams 8:25
· batu penjurunya: Ayub 26:7; Ayub 26:7
Ref. Silang FULL: Ayb 38:7 - waktu bintang-bintang // bersorak-sorak bersama-sama // semua anak // Allah bersorak-sorai · waktu bintang-bintang: Kej 1:16; Kej 1:16
· bersorak-sorak bersama-sama: Mazm 19:2-5; 148:2-3
· semua anak: 1Raj 22:19; 1Raj 22...
· waktu bintang-bintang: Kej 1:16; [Lihat FULL. Kej 1:16]
· bersorak-sorak bersama-sama: Mazm 19:2-5; 148:2-3
· semua anak: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]
Ref. Silang FULL: Ayb 38:8 - dengan pintu // rahim · dengan pintu: Ayub 38:11; Mazm 33:7; Ams 8:29; Yer 5:22
· rahim: Kej 1:9-10; Kej 1:9; Kej 1:10
· dengan pintu: Ayub 38:11; Mazm 33:7; Ams 8:29; Yer 5:22
· rahim: Kej 1:9-10; [Lihat FULL. Kej 1:9]; [Lihat FULL. Kej 1:10]
Ref. Silang FULL: Ayb 38:10 - menetapkan batasnya // dan memasang · menetapkan batasnya: Ayub 28:25; Ayub 28:25; Mazm 33:7; 104:9; Yes 40:12
· dan memasang: Neh 3:3; Ayub 7:12; 26:10
· menetapkan batasnya: Ayub 28:25; [Lihat FULL. Ayub 28:25]; Mazm 33:7; 104:9; Yes 40:12
· dan memasang: Neh 3:3; Ayub 7:12; 26:10
Ref. Silang FULL: Ayb 38:11 - jangan lewat // akan dihentikan · jangan lewat: Ayub 38:8; Ayub 38:8
· akan dihentikan: Mazm 65:8; 89:10; 104:6-9
· jangan lewat: Ayub 38:8; [Lihat FULL. Ayub 38:8]
· akan dihentikan: Mazm 65:8; 89:10; 104:6-9