kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 17:1 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Doa Yesus untuk murid-murid-Nya
17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Doa | Yesus Kristus | Bapa | Yesus | Yohanes, Injil | Sambutan Perpisahan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 17:1 - DOA SYAFAAT KRISTUS UNTUK SEMUA ORANG PERCAYA. Nas : Yoh 17:1 Doa Yesus yang terakhir untuk para murid-Nya menunjukkan keinginan-Nya yang mendalam bagi semua orang percaya, baik dahulu maupun se...

Nas : Yoh 17:1

Doa Yesus yang terakhir untuk para murid-Nya menunjukkan keinginan-Nya yang mendalam bagi semua orang percaya, baik dahulu maupun sekarang. Doa ini juga merupakan suatu teladan yang diilhamkan Roh tentang bagaimana semua gembala sidang harus mendoakan jemaat mereka, dan bagaimana orang-tua harus mendoakan anak-anak mereka. Dengan berdoa untuk mereka yang berada di bawah pengawasan kita, perhatian terbesar haruslah:

  1. (1) supaya mereka dapat mengenal Kristus dan Firman-Nya secara mendalam (ayat Yoh 17:2-3,17,19;

    lihat cat. --> Yoh 17:3);

    [atau ref. Yoh 17:3]

  2. (2) supaya Allah melindungi mereka dari dunia, agar mereka tidak tersesat oleh tipu daya Iblis dan ajaran palsu (ayat Yoh 17:6,11,14-17);
  3. (3) supaya mereka senantiasa memiliki sukacita penuh di dalam Kristus (ayat Yoh 17:13);
  4. (4) supaya mereka kudus dalam pikiran, perbuatan, dan tabiat

    (lihat cat. --> Yoh 17:17);

    [atau ref. Yoh 17:17]

  5. (5) supaya mereka menjadi satu dalam tujuan dan persekutuan sebagaimana halnya Yesus dengan Bapa (ayat Yoh 17:11,21-22;

    lihat cat. --> Yoh 17:21);

    [atau ref. Yoh 17:21]

  6. (6) supaya mereka dapat menuntun orang lain kepada Kristus (ayat Yoh 17:21,23);
  7. (7) supaya mereka dapat bertekun dalam iman dan akhirnya bersama dengan Kristus di sorga (ayat Yoh 17:24); dan
  8. (8) supaya mereka senantiasa hidup di dalam kasih dan kehadiran Allah (ayat Yoh 17:26).

Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...

Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.

Jerusalem: Yoh 17:1-26 - -- Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.

Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.

Jerusalem: Yoh 17:1 - permuliakanlah AnakMu Dengan meminta permuliaanNya Yesus tidak mencari kemuliaanNya sendiri, bdk Yoh 7:18; 8:50. Sebab memanglah kemuliaan Yesus dan kemuliaan Bapa hanya sa...

Dengan meminta permuliaanNya Yesus tidak mencari kemuliaanNya sendiri, bdk Yoh 7:18; 8:50. Sebab memanglah kemuliaan Yesus dan kemuliaan Bapa hanya satu, bdk Yoh 12:28; 13:31.

Ende: Yoh 17:1 - -- Doa Jesus dalam bab ini sedjak beberapa abad biasa disebut "Doa Imam-agung", atau doa sebagai Imam-agung. Dan memang doa ini keseluruhannja bertjorak ...

Doa Jesus dalam bab ini sedjak beberapa abad biasa disebut "Doa Imam-agung", atau doa sebagai Imam-agung. Dan memang doa ini keseluruhannja bertjorak dan bersuasana suatu doa persembahan, jang diutjapkan Jesus mendjelang dan ketika Ia mengurbankan Dirinja disalib. Jesus berbitjara seolah-olah Ia merasa Dirinja sedang berada dalam peralihan dari dunia ini kedalam kemuliaan surgawi.

Ende: Yoh 17:1 - Permuliakanlah PuteraMu Maksudnja tentu: Biarkanlah kurban disalib dilaksanakan, kurban mana mendjadi puntjak dan pokok utama kemuliaanNja dan pokok kemuliaan BapaNja dibumi.

Maksudnja tentu: Biarkanlah kurban disalib dilaksanakan, kurban mana mendjadi puntjak dan pokok utama kemuliaanNja dan pokok kemuliaan BapaNja dibumi.

Ref. Silang FULL: Yoh 17:1 - ke langit // tiba saatnya // mempermuliakan Engkau · ke langit: Yoh 11:41 · tiba saatnya: Mat 26:18; Mat 26:18 · mempermuliakan Engkau: Yoh 12:23; 13:31,32

· ke langit: Yoh 11:41

· tiba saatnya: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

· mempermuliakan Engkau: Yoh 12:23; 13:31,32

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 17:1 - -- 17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata, "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliaka...

17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata, "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

Seruan telah tiba saatnya mengingatkan kita bahwa seluruh Injil Yohanes tertuju pada salib-Nya. Dalam pasal 2:4; 4:21, 23; 5:25; 7:30; 8:20; 12:23, 27; 13:1; 16:21, dan 32 saat ini disebut. Dalam pasal 2:4; 7:30; dan 8:20 dikatakan secara langsung bahwa saat itu belum tiba, tetapi dalam pasal 17:1 Tuhan Yesus berkata telah tiba saatnya.1152

Salib Tuhan Yesus mendekat, sehingga Dia berdoa menyatakan kerelaan-Nya untuk disalibkan. Dia hendak mengerjakan tugas-Nya.

Dia menganggap salib-Nya sebagai kemuliaan, karena jika Dia disalibkan maka sifat-sifat yang berikut menjadi nyata: kasih karunia-Nya, kasih-Nya bagi manusia, ketaatan pada kehendak Allah Bapa, dan kerendahan hati-Nya.

Jika Tuhan Yesus dipermuliakan, yaitu jika Dia disalibkan, Dia dapat mempermuliakan Allah Bapa, karena melalui salib-Nya manusia dapat mengenal Bapa. Kapan saja seseorang percaya pada Tuhan Yesus yang telah disalibkan dan bangkit dari maut, mereka diperkenalkan kepada Allah Bapa, sehingga Dia juga dipermuliakan. (Hal ini dikembangkan dalam ayat 3, yang mengatakan bahwa hidup yang kekal adalah pengenalan akan Allah.) Lagipula, mereka yang selamat juga dapat mempermuliakan Allah Bapa, melalui hasil doa mereka. Ini sesuai dengan apa yang dikatakan Tuhan Yesus dalam pasal 14:13, yaitu "...apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak." Allah Bapa juga dipermuliakan melalui penyaliban Tuhan Yesus karena dengan demikian sikap Allah terhadap dosa dinyatakan. Kesucian dan keadilan Allah dinyatakan di salib Tuhan Yesus.

Namun sebaiknya kita mengerti bahwa kemuliaan yang disebutkan dalam ayat ini tidak terbatas pada salib Tuhan Yesus. Menurut ayat 5, kemuliaan tersebut juga merujuk pada kebangkitan dan kenaikan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus dipermuliakan di kayu salib, dan Tuhan Yesus dipermuliakan oleh karena kayu salib.

Hagelberg: Yoh 17:1-5 - -- 1. Yesus berdoa supaya dipermuliakan (17:1-5) Doa ini dapat dibagi menjadi tiga: doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya (ayat 1-5), doa Tuhan Yesus bagi mu...

1. Yesus berdoa supaya dipermuliakan (17:1-5)

Doa ini dapat dibagi menjadi tiga: doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya (ayat 1-5), doa Tuhan Yesus bagi murid-murid-Nya (ayat 6-19), dan doa Tuhan Yesus bagi semua yang percaya (ayat 20-26).

Hagelberg: Yoh 17:1 - -- 17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata, "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliaka...

17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata, "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

Seruan telah tiba saatnya mengingatkan kita bahwa seluruh Injil Yohanes tertuju pada salib-Nya. Dalam pasal 2:4; 4:21, 23; 5:25; 7:30; 8:20; 12:23, 27; 13:1; 16:21, dan 32 saat ini disebut. Dalam pasal 2:4; 7:30; dan 8:20 dikatakan secara langsung bahwa saat itu belum tiba, tetapi dalam pasal 17:1 Tuhan Yesus berkata telah tiba saatnya.1152

Salib Tuhan Yesus mendekat, sehingga Dia berdoa menyatakan kerelaan-Nya untuk disalibkan. Dia hendak mengerjakan tugas-Nya.

Dia menganggap salib-Nya sebagai kemuliaan, karena jika Dia disalibkan maka sifat-sifat yang berikut menjadi nyata: kasih karunia-Nya, kasih-Nya bagi manusia, ketaatan pada kehendak Allah Bapa, dan kerendahan hati-Nya.

Jika Tuhan Yesus dipermuliakan, yaitu jika Dia disalibkan, Dia dapat mempermuliakan Allah Bapa, karena melalui salib-Nya manusia dapat mengenal Bapa. Kapan saja seseorang percaya pada Tuhan Yesus yang telah disalibkan dan bangkit dari maut, mereka diperkenalkan kepada Allah Bapa, sehingga Dia juga dipermuliakan. (Hal ini dikembangkan dalam ayat 3, yang mengatakan bahwa hidup yang kekal adalah pengenalan akan Allah.) Lagipula, mereka yang selamat juga dapat mempermuliakan Allah Bapa, melalui hasil doa mereka. Ini sesuai dengan apa yang dikatakan Tuhan Yesus dalam pasal 14:13, yaitu "...apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak." Allah Bapa juga dipermuliakan melalui penyaliban Tuhan Yesus karena dengan demikian sikap Allah terhadap dosa dinyatakan. Kesucian dan keadilan Allah dinyatakan di salib Tuhan Yesus.

Namun sebaiknya kita mengerti bahwa kemuliaan yang disebutkan dalam ayat ini tidak terbatas pada salib Tuhan Yesus. Menurut ayat 5, kemuliaan tersebut juga merujuk pada kebangkitan dan kenaikan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus dipermuliakan di kayu salib, dan Tuhan Yesus dipermuliakan oleh karena kayu salib.

Hagelberg: Yoh 17:1-26 - -- D. Doa Yesus (17:1-26) Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" ata...

D. Doa Yesus (17:1-26)

Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" atau "Doa Kemenangan". Morris1149 menekankan suasana kemenangan yang ditekankan dalam doa ini. Tuhan Yesus menang, karena Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan bagi Dia oleh Allah Bapa.

Pesan perpisahan dapat disertai dengan doa, seperti dalam Kejadian 49, sehingga doa ini tidak boleh dipisahkan dari konteks salib. Tuhan Yesus telah mengajar dan menghiburkan murid-murid-Nya. Melalui doa ini Dia juga meneguhkan iman mereka.

Pasal ini merupakan doa Tuhan Yesus yang Dia sungguh doakan kepada Bapa-Nya, namun unsur ajaran1150 terlihat dalam ayat 13, yang berbunyi, "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka". Unsur ajaran juga terlihat dalam doa-Nya yang tercantum dalam pasal 11:42, yaitu doa Tuhan Yesus di kubur Lazarus: "Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

Injil Yohanes hanya menceritakan isi tiga doa Tuhan Yesus,1151 tetapi doa-Nya di Taman Getsemani tidak dicatat dalam Injil Yohanes. Doa ini dapat dibandingkan dengan doa Tuhan Yesus di Taman Getsemani. Dua doa tersebut saling mengisi. Dalam Yohanes pasal 17 Tuhan Yesus lebih memikirkan pekerjaan-Nya seperti yang diperintahkan oleh Bapa-Nya, dan keadaan murid-murid-Nya yang Dia serahankan ke dalam perlindungan Bapa-Nya.

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 17:1-5 - Doa Syafaat Kristus Pasal ini adalah sebuah doa, doa Tuhan, doa Kristus Tuhan. Memang ada sebuah doa yang telah diajarkan-Nya kepada kita dan tida...

SH: Yoh 17:1-19 - Doa Imam Besar (Kamis, 11 Maret 1999) Doa Imam Besar Doa Imam Besar. Inilah saat yang paling menentukan bagi Yesus. Dia menghadapi saat ...

SH: Yoh 17:1-5 - Kemuliaan Allah (Jumat, 22 Maret 2002) Kemuliaan Allah Kemuliaan Allah. Doa adalah ungkapan terjelas dari kondisi hati orang terdalam. Hal i...

SH: Yoh 17:1-5 - Sumber hidup kekal (Jumat, 7 April 2006) Sumber hidup kekal Judul: Sumber hidup kekal Setelah meyakinkan para murid tentang jati diri-Nya,h...

SH: Yoh 17:1-5 - Akrab dengan Allah (Jumat, 14 Maret 2008) Akrab dengan Allah Judul: Akrab dengan Allah Di dalam Alkitab, kita menemukan doa-doa yang agung. Kita...

SH: Yoh 17:1-5 - Mengenal Bapa dan Putra-Nya (Rabu, 9 April 2014) Mengenal Bapa dan Putra-Nya Judul: Mengenal Bapa dan Putra-Nya Sebelum berpisah dengan murid-murid-Nya...

SH: Yoh 17:1-26 - Aku Memelukmu dengan Doaku (Sabtu, 27 Maret 2021) Aku Memelukmu dengan Doaku Ungkapan "Aku memelukmu dengan doaku" sering digunakan oleh orang-orang yang ingin mem...

Utley: Yoh 17:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 17:1-5...

Topik Teologia: Yoh 17:1 - -- Wahyu Allah Wahyu Melalui Inkarnasi Mat 11:25-27 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA