kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 2:10-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang." 2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
Yesus di Kapernaum
2:12 Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum, bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hanya beberapa hari saja.
Yesus menyucikan Bait Allah
2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem. 2:14 Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ. 2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya. 2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan." 2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku." 2:18 Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. 2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya. 2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, 2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Kana a brook that flows WSW from Mt. Gerizim to the Mediterranean Sea 7 km north of Joppa,a town in Asher 10 km SE of Tyre
 · Kapernaum a town located on the northwest shore of the Sea of Galilee.
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yohanes, Injil | Rumah Tuhan | Nubuat Tentang Kristus | Formgeschichte /Sejarah Bentuk Sasta | Bait Suci Yang Kedua | Kristus, Allah | Bangkit, Kebangkitan Kristus | Kuasa Kristus | Anggur | Perbuatan Ajaib Yesus | Yudaisme | Gambaran, Teladan Kristus | Minuman | Hari Raya | Raya, Perayaan Paskah | Rumah | Kana | Bait Suci Yang Pertama | Mujizat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 2:10 - ANGGUR YANG BAIK. Nas : Yoh 2:10 Menurut beberapa penulis kuno, yang dimaksudkan "anggur yang baik" adalah anggur termanis yang dapat diminum dalam jumlah besar tanp...

Nas : Yoh 2:10

Menurut beberapa penulis kuno, yang dimaksudkan "anggur yang baik" adalah anggur termanis yang dapat diminum dalam jumlah besar tanpa membahayakan (yaitu, anggur yang kadar gulanya tidak dihancurkan oleh peragian). Anggur yang "kurang baik" adalah anggur yang telah dicampur dengan air terlalu banyak.

  1. 1) Penulis Romawi bernama Plinius mengakui hal ini. Dia dengan jelas menyatakan bahwa "anggur yang baik" yang disebut _sapa_, adalah sari anggur yang tidak beragi. _Sapa_ adalah sari buah anggur yang dididihkan hingga tinggal sepertiga dari jumlah semula untuk meningkatkan rasa manisnya (IV.13). Dia menulis dalam karya-karyanya yang lain bahwa "anggur yang paling bermanfaat adalah anggur yang kehilangan kadar potensinya ketika disaring" (Plinius, Natural History, XIV. 23-24). Plinius, Plutarchus, dan Horatius semuanya mengemukakan bahwa anggur terbaik adalah anggur yang "tak berbahaya dan tak memabukkan".
  2. 2) Kesaksian para rabi menegaskan bahwa beberapa rabi mengusul penggunaan anggur yang dididihkan. Kitab Mishna mengatakan, "Rabi Yehuda mengizinkannya (anggur yang dididihkan sebagai persembahan unjukan) karena itu memperbaikinya."
  3. 3) Pentinglah bahwa kata sifat Yunani yang diterjemahkan "baik" bukanlah _agathos_ tetapi _kalos_, yang berarti "baik secara moral dan cocok".

Full Life: Yoh 2:10 - SESUDAH ORANG PUAS MINUM. Nas : Yoh 2:10 Frasa ini dalam bahasa Yunani adalah kata _methusko_ yang mengandung arti: (1) menjadi atau dijadikan mabuk, dan (2) sudah...

Nas : Yoh 2:10

Frasa ini dalam bahasa Yunani adalah kata _methusko_ yang mengandung arti:

  1. (1) menjadi atau dijadikan mabuk, dan
  2. (2) sudah puas minum (tanpa petunjuk kepada kemabukan). Pengertian kedua inilah yang harus diterima.
  3. 1) Terlepas dari bagaimana ayat ini diterjemahkan, ini tidak dapat dipakai untuk membela anggapan bahwa anggur beragilah yang disajikan dalam pesta ini. Pemimpin pesta hanyalah mengatakan kebijakan umum, yang menjadi kebiasaan pada pesta pernikahan, jenis minuman apapun yang disajikan.
  4. 2) Tidak mungkin kita menduga bahwa Yesus terlibat atau akan menyumbang kepada suatu pesta mabuk-mabukan

    (lihat cat. --> Yoh 2:3; juga

    [atau ref. Yoh 2:3]

    lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).

Full Life: Yoh 2:15 - MENGUSIR MEREKA SEMUA DARI BAIT SUCI. Nas : Yoh 2:15 Lihat cat. --> Luk 19:45. [atau ref. Luk 19:45]

Nas : Yoh 2:15

Lihat cat. --> Luk 19:45.

[atau ref. Luk 19:45]

Full Life: Yoh 2:19 - BAIT ALLAH. Nas : Yoh 2:19 Lihat art. BAIT SUCI.

Nas : Yoh 2:19

Lihat art. BAIT SUCI.

Jerusalem: Yoh 2:11 - sebagai yang pertama dari tanda-tandaNya Setiap nabi perlu membuktikan bahwa ia benar-benar seorang nabi. Bukti itu ialah "tanda-tanda" mujizat yang dikerjakan atas nama Allah, Yes 7:11; bdk ...

Setiap nabi perlu membuktikan bahwa ia benar-benar seorang nabi. Bukti itu ialah "tanda-tanda" mujizat yang dikerjakan atas nama Allah, Yes 7:11; bdk Yoh 3:2; Yoh 6:29,30; Yoh 7:3,31; Yoh 9:16,33 Terutama orang mengharapkan bahwa Mesias akan mengulangi keajaiban-keajaiban yang dikerjakan Musa, Yoh 1:21+. Maka Yesus mengerjakan "tanda-tanda" untuk mengajak orang, supaya percaya akan perutusan illahiNya, Yoh 2:11,23; Yoh 4:48-54; Yoh 11:15,42; Yoh 12:37; bdk Yoh 3:11+, sebab "pekerjaanNya" memberi kesaksian bahwa Yesus diutus oleh Allah, Yoh 5:36, Yoh 10:25,37, bahwa Allah ada di dalam Dia, Yoh 10:30+, dengan kekuasaan kemuliaanNya, Yoh 1:14+; Bapa sendirilah yang melalui Yesus mengerjakan "pekerjaan-pekerjaan" itu, Yoh 10:38; Yoh 14:10. Namun demikian banyak orang menolak percaya, Yoh 3:12; Yoh 5:38-47; Yoh 6:36,64; Yoh 7:5; Yoh 8:45; Yoh 10:25; Yoh 12:37. Maka dosa mereka tetap tinggal, Yoh 9:41; Yoh 15:24. Bdk Mat 8:3+.

Jerusalem: Yoh 2:12 - saudara-saudaraNya Var: saudara-saudara. Adapun "saudara-saudara" itu adalah inti asli para murid Yesus, yang hanya kecil, Kis 1:15+; dan bukannya saudara Yesus menurut ...

Var: saudara-saudara. Adapun "saudara-saudara" itu adalah inti asli para murid Yesus, yang hanya kecil, Kis 1:15+; dan bukannya saudara Yesus menurut darah

Jerusalem: Yoh 2:12 - Dan murid-muridnya Ada sejumlah naskah yang tidak memuat itu.

Ada sejumlah naskah yang tidak memuat itu.

Jerusalem: Yoh 2:19 - Jawab Yesus Dalam injil keempat Kristus suka menggunakan kata-kata yang di samping artinya yang biasa (satu-satunya yang dimengerti para pendengar) dapat memperol...

Dalam injil keempat Kristus suka menggunakan kata-kata yang di samping artinya yang biasa (satu-satunya yang dimengerti para pendengar) dapat memperoleh suatu arti lain, arti adikodrati atau kiasan; bdk Yoh 2:21+ (Bait Allah); Yoh 3:4+ (lahir kembali); Yoh 4:15+ (air hidup) Yoh 6:34+ (roti hidup); Yoh 7:35+ (pergi); Yoh 8:33+ (perhambaan); Yoh 11:12 (membangunkan); Yoh 12:34+ (meninggikan); Yoh 13:9+ (membasuh); Yoh 13:36+ dst, (pergi); Yoh 14:22+ (menyatakan diri). Dari sebab itu orang salah tangkap dan Yesus mendapat kesempatan memaparkan ajaranNya lebih jauh. Bdk Yoh 3:11+.

Jerusalem: Yoh 2:20 - empat puluh enam tahun Bait Allah mulai dipugar sekitar th. 19 seb mas. Maka dari itu peristiwa yang diceritakan di sini terjadi waktu paskah sekitar th. 28 Mas.

Bait Allah mulai dipugar sekitar th. 19 seb mas. Maka dari itu peristiwa yang diceritakan di sini terjadi waktu paskah sekitar th. 28 Mas.

Jerusalem: Yoh 2:21 - tubuhNya sendiri Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh...

Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh 19:34. Inipun sebuah lambang utama dalam karangan-karangan Yohanes. Bdk Wah 2:22. Bandingkan Paulus, 1Ko 12:12+.

Ende: Yoh 2:11 - TandaNja jang pertama Dalam karangan ini Joanes menindjau mukdjizat-mukdjizat Jesus hanja dari sudut: mendjadi bukti: bahwa Jesus benar-benar Mesias jang mempunjai kuasa Il...

Dalam karangan ini Joanes menindjau mukdjizat-mukdjizat Jesus hanja dari sudut: mendjadi bukti: bahwa Jesus benar-benar Mesias jang mempunjai kuasa Ilahi.

Ende: Yoh 2:14 - Didalam kenisah Sebenarnja dalam bagian kenisah jang disebut halaman orang kafir, namun demikian dipandang djuga sebagai kudus. Bintang-bintang jang diperdagangkan di...

Sebenarnja dalam bagian kenisah jang disebut halaman orang kafir, namun demikian dipandang djuga sebagai kudus. Bintang-bintang jang diperdagangkan disitu melulu jang diperlukan untuk kurban-kurban jang hendak dipersembahkan.

Ende: Yoh 2:18 - -- Tindakan Jesus ini diberikan pula oleh Joanes sebagai bukti, bahwa Jesus insjaf akan kekuasaanNja jang mutlak sebagai Mesias dan Putera Allah. Perhati...

Tindakan Jesus ini diberikan pula oleh Joanes sebagai bukti, bahwa Jesus insjaf akan kekuasaanNja jang mutlak sebagai Mesias dan Putera Allah. Perhatikanlah ungkapan "rumah BapaKu" dalam Yoh 2:16 tadi.

Ende: Yoh 2:20 - Empatpuluh enam tahun Kenisah itu mulai dibangunkan oleh Herodes dalam tahun 19 seb. Kr.

Kenisah itu mulai dibangunkan oleh Herodes dalam tahun 19 seb. Kr.

Ende: Yoh 2:22 - -- Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta...

Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta oleh ilahi Roh Kudus.

Ende: Yoh 2:24-25 - -- Kepertjajaan jang tiba-tiba tertjetus ketika itu, pada banjak orang masih dangkal sadja dan tidak bertahan lama.

Kepertjajaan jang tiba-tiba tertjetus ketika itu, pada banjak orang masih dangkal sadja dan tidak bertahan lama.

Ref. Silang FULL: Yoh 2:11 - dari tanda-tanda-Nya // menyatakan kemuliaan-Nya // percaya kepada-Nya · dari tanda-tanda-Nya: Yoh 2:23; Mat 12:38; Yoh 3:2; Yoh 4:48; Yoh 4:48; Yoh 6:2,14,26,30; 12:37; 20:30 · menyatakan kemuliaan-Nya: ...

· dari tanda-tanda-Nya: Yoh 2:23; Mat 12:38; Yoh 3:2; Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]; Yoh 6:2,14,26,30; 12:37; 20:30

· menyatakan kemuliaan-Nya: Yoh 1:14

· percaya kepada-Nya: Kel 14:31

Ref. Silang FULL: Yoh 2:12 - ke Kapernaum // dengan ibu-Nya // dan saudara-saudara-Nya · ke Kapernaum: Mat 4:13; Mat 4:13 · dengan ibu-Nya: Mat 12:46; Mat 12:46 · dan saudara-saudara-Nya: Mat 12:46; Mat 12:46

· ke Kapernaum: Mat 4:13; [Lihat FULL. Mat 4:13]

· dengan ibu-Nya: Mat 12:46; [Lihat FULL. Mat 12:46]

· dan saudara-saudara-Nya: Mat 12:46; [Lihat FULL. Mat 12:46]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:13 - raya Paskah // ke Yerusalem · raya Paskah: Yoh 11:55; Yoh 11:55 · ke Yerusalem: Ul 16:1-6; Luk 2:41

· raya Paskah: Yoh 11:55; [Lihat FULL. Yoh 11:55]

· ke Yerusalem: Ul 16:1-6; Luk 2:41

Ref. Silang FULL: Yoh 2:14 - dan merpati // penukar-penukar uang · dan merpati: Im 1:14; Ul 14:26 · penukar-penukar uang: Ul 14:25

· dan merpati: Im 1:14; Ul 14:26

· penukar-penukar uang: Ul 14:25

Ref. Silang FULL: Yoh 2:16 - membuat rumah · membuat rumah: Luk 2:49

· membuat rumah: Luk 2:49

Ref. Silang FULL: Yoh 2:17 - menghanguskan Aku · menghanguskan Aku: Mazm 69:10

· menghanguskan Aku: Mazm 69:10

Ref. Silang FULL: Yoh 2:18 - Orang-orang Yahudi // Tanda // bertindak demikian · Orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; Yoh 1:19 · Tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11 · bertindak demikian: Mat 12:38; Mat 12:38

· Orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; [Lihat FULL. Yoh 1:19]

· Tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

· bertindak demikian: Mat 12:38; [Lihat FULL. Mat 12:38]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:19 - tiga hari · tiga hari: Mat 16:21; Mat 16:21; Mat 26:61; 27:40; Mr 14:58; 15:29; Kis 6:14

· tiga hari: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]; Mat 26:61; 27:40; Mr 14:58; 15:29; Kis 6:14

Ref. Silang FULL: Yoh 2:21 - ialah tubuh-Nya · ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19

· ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19

Ref. Silang FULL: Yoh 2:22 - telah dikatakan-Nya // Kitab Suci · telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26 · Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; Luk 24:27

· telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26

· Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; [Lihat FULL. Luk 24:27]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:23 - raya Paskah // orang percaya // melihat tanda-tanda · raya Paskah: Yoh 2:13 · orang percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15 · melihat tanda-tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11

· raya Paskah: Yoh 2:13

· orang percaya: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

· melihat tanda-tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 2:25 - tentang manusia // hati manusia · tentang manusia: Yes 11:3 · hati manusia: Ul 31:21; 1Raj 8:39; Mat 9:4; Mat 9:4; Yoh 6:61,64; 13:11

· tentang manusia: Yes 11:3

· hati manusia: Ul 31:21; 1Raj 8:39; Mat 9:4; [Lihat FULL. Mat 9:4]; Yoh 6:61,64; 13:11

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 2:1-10 - -- 2:1-10 Air yang dipakai dalam agama lama untuk membasuh, menjadi anggur

2:1-10 Air yang dipakai dalam agama lama untuk membasuh, menjadi anggur

Hagelberg: Yoh 2:1-10 - -- 2:1-10 Air yang dipakai dalam agama lama untuk membasuh, menjadi anggur

2:1-10 Air yang dipakai dalam agama lama untuk membasuh, menjadi anggur

Hagelberg: Yoh 2:10 - -- 2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum,215 barulah yang kurang baik; akan tetapi...

2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum,215 barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."216

Oleh karena pemimpin pesta itu tidak tahu, maka ia memuji mempelai laki-laki. Sedangkan murid-murid-Nya mengerti, maka mereka percaya kepada Yesus.

Kebiasaan yang diceritakan oleh pemimpin pesta itu memang masuk akal. Setelah tamu minum beberapa cawan anggur yang baik, kepekahan indrat rasa sudah berkurang, dan mereka tidak mengerti bahwa mereka diberi anggur yang kurang baik. Kata ini dari pemimpin pesta tidak berarti bahwa tamu di pesta perkawinan itu sudah mabuk, dia hanya menceritakan suatu kebiasaan yang wajar bagi orang yang menghidangkan anggur.

Peristiwa air pembasuhan menurut adat orang Yahudi yang menjadi anggur yang baik merupakan yang pertama dari beberapa peristiwa yang membandingkan Yesus dengan adat atau agama Yahudi. Perbandingan ini telah diringkaskan bagi kita dalam pasal 1:17, yang berkata, "hukum Taurat diberikan melalui Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran jadi melalui Yesus Kristus."217 Peristiwa air pembasuhan yang menjadi anggur yang baik dapat dianggap sebuah perumpamaan yang menjadi kenyataan. Dalam sebuah perumpamaan, biasanya peristiwa itu tidak pernah terjadi, tetapi dalam nas ini apa yang sungguh terjadi mengandung makna, sama seperti sebuah perumpamaan mengandung makna. Maknanya "perumpamaan yang menjadi kenyataan" ini adalah bahwa Yesus Kristus menghidangkan sesuatu yang jauh lebih indah daripada apa yang ditawarkan kepada orang Yahudi dari adat mereka.

Hagelberg: Yoh 2:1-11 - -- 1. Tanda pertama: air menjadi anggur (2:1-11) Dalam percakapan antara Yesus dan ibu-Nya kita merasa disepelekan, karena banyak yang tidak dapat kita p...

1. Tanda pertama: air menjadi anggur (2:1-11)

Dalam percakapan antara Yesus dan ibu-Nya kita merasa disepelekan, karena banyak yang tidak dapat kita pahami dari kata-kata mereka, sama seperti perasaan kita waktu kita membaca percakapan antara Tuhan Yesus dan Natanael. Tetapi tiba-tiba kita sadar bahwa melalui kesaksian Yohanes kita menyaksikan suatu mujizat yang besar, yang pertama dari apa yang akan menjadi ketujuh tanda dalam Injil Yohanes. Kita sadar bahwa walaupun kita ditutup diluar percakapan Tuhan Yesus dengan Natanael (yang menghasilkan iman dalam hati Natanael), tetapi kita diajak ikut bersama pelayan-pelayan pernikahan dan murid-murid-Nya untuk menyaksikan pewujudan kemuliaan Tuhan Yesus, suatu mujizat yang menghasilkan iman dalam hati murid-murid-Nya.

Kita akan lebih mengerti Injil Yohanes jika kita tetap mengingat pasal 21:21-22, yang berkata "Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: 'Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?' Jawab Yesus: 'Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.'" Rupanya pewujudan kemulian Tuhan kepada Natanael merupakan suatu hal yang privat, bukan untuk kita, sedangkan pewujudan kemulian Tuhan di pernikaan di Kana diberitakan kepada kita.

Hagelberg: Yoh 2:10 - -- 2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum,215 barulah yang kurang baik; akan tetapi...

2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum,215 barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."216

Oleh karena pemimpin pesta itu tidak tahu, maka ia memuji mempelai laki-laki. Sedangkan murid-murid-Nya mengerti, maka mereka percaya kepada Yesus.

Kebiasaan yang diceritakan oleh pemimpin pesta itu memang masuk akal. Setelah tamu minum beberapa cawan anggur yang baik, kepekahan indrat rasa sudah berkurang, dan mereka tidak mengerti bahwa mereka diberi anggur yang kurang baik. Kata ini dari pemimpin pesta tidak berarti bahwa tamu di pesta perkawinan itu sudah mabuk, dia hanya menceritakan suatu kebiasaan yang wajar bagi orang yang menghidangkan anggur.

Peristiwa air pembasuhan menurut adat orang Yahudi yang menjadi anggur yang baik merupakan yang pertama dari beberapa peristiwa yang membandingkan Yesus dengan adat atau agama Yahudi. Perbandingan ini telah diringkaskan bagi kita dalam pasal 1:17, yang berkata, "hukum Taurat diberikan melalui Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran jadi melalui Yesus Kristus."217 Peristiwa air pembasuhan yang menjadi anggur yang baik dapat dianggap sebuah perumpamaan yang menjadi kenyataan. Dalam sebuah perumpamaan, biasanya peristiwa itu tidak pernah terjadi, tetapi dalam nas ini apa yang sungguh terjadi mengandung makna, sama seperti sebuah perumpamaan mengandung makna. Maknanya "perumpamaan yang menjadi kenyataan" ini adalah bahwa Yesus Kristus menghidangkan sesuatu yang jauh lebih indah daripada apa yang ditawarkan kepada orang Yahudi dari adat mereka.

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 2:11 - -- 2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan mur...

2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

Ayat ini merupakan catatan Yohanes sebagai penulis, suatu catatan yang dimaksudkan untuk mengarahkan para pembaca supaya menganggapi peristiwa ini secara benar, sesuai dengan tujuannya, yang akan dicantumkan dengan jelas dalam pasal 20:31.

Kontras tersebut, antara adat orang Yahudi dan apa yang ada bagi kita dalam Tuhan Yesus, memang cukup nyata dalam peristiwa ini, dan akan menjadi semakin nyata setiap kali kontras ini diulangi melalui peristiwa-peristiwa lain. Meskipun demikian, kontras itu merupakan tema yang ada di latar belakang, bukan tema yang ditekankan oleh Yohanes. Bagi dia, yang harus ditekankan adalah penyataan kemuliaan Yesus Kristus, serta tanggapan murid-murid-Nya, yaitu iman. Apa yang tidak diungkapkan kepada para pembaca dalam pengalaman Natanael, sudah menjadi nyata dan jelas dalam pengalaman murid-murid-Nya pada waktu mereka hadir di pesta perkawinan dua orang tanpa nama di Kana.

Brown218 mengamati bahwa ada tujuh tanda dalam Injil Yohanes: tiga dari tujuh tanda itu juga diceritakan dalam Injil Sinoptik, dan tiga lagi adalah mujizat yang sejenis dengan apa yang terjadi dalam Injil Sinoptik, tetapi tanda ini adalah yang satu-satunya yang lain dari pada apa yang diceritakan dalam Injil Sinoptik.

Sarjana radikal tertentu berkata bahwa peristiwa yang dilaporkan dalam nas ini tidak pernah terjadi. Menurut mereka seluruhnya suatu lelucon. Menurut sarjana radikal itu, setelah mereka kehabisan anggur, air putih dihidangkan, dan dalam suasana meriah di pesta itu mereka main-main, seolah-olah air putih itu merupakan anggur, bahkan sampai ada tamu yang berseru, "Anggur ini lebih enak daripada anggur yang tadi!" Kemudian ada pelayan yang mendengar ucapan tersebut, dan dia menceritakan kepada orang banyak bahwa air putih itu telah menjadi anggur yang baik. Demikianlah, menurut beberapa sarjana radikal, lahirnya kisah air menjadi anggur di Kana.

Morris219 menjelaskan beberapa kelemahan dari pendapat sarjana radikal tersebut. Rasul Yohanes berkata bahwa suatu mujizat terjadi. Jika sarjana berkata tidak ada mujizat, mereka juga berkata bahwa Yohanes, yang nampaknya hadir di situ, berdusta. Kita harus memilih antara pendapat sarjana radikal dan kesaksian Rasul Yohanes. Selain itu, mujizat yang dicatat dalam nas ini juga sangat mempengaruhi murid-murid Yesus. Apakah perubahan yang besar itu, orang yang tidakpercaya menjadi orang yang percaya, dapat terjadi berdasarkan suatu lelucon? Padahal sebagai tamu di pesta itu mereka juga ikut minum. Tidakkah mereka dapat membedakan antara air putih dan anggur yang baik?

Sarjana radikal yang lain220 berkata bahwa peristiwa itu tidak pernah terjadi, tetapi pasal 2:1-11 itu dibentuk berdasarkan dongeng Dewa Dionysus,221 yaitu dewa tanaman (terutama anggur).222 Bukankah cara menulis itu sangat merusak kesaksian Yohanes, jika dia memakai dongeng yang juga diketahui oleh para pembaca pada zaman itu?

Yohanes mencatat apa yang dia saksikan di Kana. Jika kesaksian ini dibaca oleh orang Yahudi, mereka akan beranggapan heran, karena mereka mengerti dan mengaku bahwa hanya Tuhan Allah yang menciptakan anggur. (Atau mereka akan marah, karena Yesus mencemarkan tempayan yang disediakan untuk pembasuhan!) Sedangkan jika nas ini dibaca oleh orang kafir, mereka akan berpikir, "Wah, Dewa Dionysus tidak melakukan hal seperti itu bagi saya....223 Maka nas ini luar biasa karena sangat kontekstual bagi orang Yahudi, dan bagi orang bukan Yahudi.

Hagelberg: Yoh 2:11 - -- 2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan mur...

2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

Ayat ini merupakan catatan Yohanes sebagai penulis, suatu catatan yang dimaksudkan untuk mengarahkan para pembaca supaya menganggapi peristiwa ini secara benar, sesuai dengan tujuannya, yang akan dicantumkan dengan jelas dalam pasal 20:31.

Kontras tersebut, antara adat orang Yahudi dan apa yang ada bagi kita dalam Tuhan Yesus, memang cukup nyata dalam peristiwa ini, dan akan menjadi semakin nyata setiap kali kontras ini diulangi melalui peristiwa-peristiwa lain. Meskipun demikian, kontras itu merupakan tema yang ada di latar belakang, bukan tema yang ditekankan oleh Yohanes. Bagi dia, yang harus ditekankan adalah penyataan kemuliaan Yesus Kristus, serta tanggapan murid-murid-Nya, yaitu iman. Apa yang tidak diungkapkan kepada para pembaca dalam pengalaman Natanael, sudah menjadi nyata dan jelas dalam pengalaman murid-murid-Nya pada waktu mereka hadir di pesta perkawinan dua orang tanpa nama di Kana.

Brown218 mengamati bahwa ada tujuh tanda dalam Injil Yohanes: tiga dari tujuh tanda itu juga diceritakan dalam Injil Sinoptik, dan tiga lagi adalah mujizat yang sejenis dengan apa yang terjadi dalam Injil Sinoptik, tetapi tanda ini adalah yang satu-satunya yang lain dari pada apa yang diceritakan dalam Injil Sinoptik.

Sarjana radikal tertentu berkata bahwa peristiwa yang dilaporkan dalam nas ini tidak pernah terjadi. Menurut mereka seluruhnya suatu lelucon. Menurut sarjana radikal itu, setelah mereka kehabisan anggur, air putih dihidangkan, dan dalam suasana meriah di pesta itu mereka main-main, seolah-olah air putih itu merupakan anggur, bahkan sampai ada tamu yang berseru, "Anggur ini lebih enak daripada anggur yang tadi!" Kemudian ada pelayan yang mendengar ucapan tersebut, dan dia menceritakan kepada orang banyak bahwa air putih itu telah menjadi anggur yang baik. Demikianlah, menurut beberapa sarjana radikal, lahirnya kisah air menjadi anggur di Kana.

Morris219 menjelaskan beberapa kelemahan dari pendapat sarjana radikal tersebut. Rasul Yohanes berkata bahwa suatu mujizat terjadi. Jika sarjana berkata tidak ada mujizat, mereka juga berkata bahwa Yohanes, yang nampaknya hadir di situ, berdusta. Kita harus memilih antara pendapat sarjana radikal dan kesaksian Rasul Yohanes. Selain itu, mujizat yang dicatat dalam nas ini juga sangat mempengaruhi murid-murid Yesus. Apakah perubahan yang besar itu, orang yang tidakpercaya menjadi orang yang percaya, dapat terjadi berdasarkan suatu lelucon? Padahal sebagai tamu di pesta itu mereka juga ikut minum. Tidakkah mereka dapat membedakan antara air putih dan anggur yang baik?

Sarjana radikal yang lain220 berkata bahwa peristiwa itu tidak pernah terjadi, tetapi pasal 2:1-11 itu dibentuk berdasarkan dongeng Dewa Dionysus,221 yaitu dewa tanaman (terutama anggur).222 Bukankah cara menulis itu sangat merusak kesaksian Yohanes, jika dia memakai dongeng yang juga diketahui oleh para pembaca pada zaman itu?

Yohanes mencatat apa yang dia saksikan di Kana. Jika kesaksian ini dibaca oleh orang Yahudi, mereka akan beranggapan heran, karena mereka mengerti dan mengaku bahwa hanya Tuhan Allah yang menciptakan anggur. (Atau mereka akan marah, karena Yesus mencemarkan tempayan yang disediakan untuk pembasuhan!) Sedangkan jika nas ini dibaca oleh orang kafir, mereka akan berpikir, "Wah, Dewa Dionysus tidak melakukan hal seperti itu bagi saya....223 Maka nas ini luar biasa karena sangat kontekstual bagi orang Yahudi, dan bagi orang bukan Yahudi.

Hagelberg: Yoh 2:12 - -- 2:12 Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum,224 bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hany...

2:12 Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum,224 bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hanya beberapa hari saja.

Menurut Matius 4:13; Lukas 4:31; Yohanes 6:24 dan 59, Tuhan Yesus pindah dari Nazaret ke Kapernaum cukup awal dalam pelayanan-Nya.225 Nampaknya Kapernaum menjadi pusat pelayanan Tuhan Yesus, dari segi apa yang dikisahkan dalam Injil Sinoptik.

Orang Kristen yang percaya bahwa Maria tetap adalah anak dara226 berkata bahwa ungkapan saudara-saudara-Nya merujuk kepada anak-anak Yusuf dari pernikahan yang sebelum dia nikah dengan Maria, atau kepada keponakan-Nya,227 tetapi orang Kristen yang lain berpendapat bahwa ungkapan tersebut merujuk kepada anak-anak Maria sendiri, berdasarkan Matius1:25; Markus 3:31; 6:3 dan Lukas 2:7.

Hagelberg: Yoh 2:12-17 - -- 2. Pedagang-pedagang diusir dari Bait Allah (2:12-17)

2. Pedagang-pedagang diusir dari Bait Allah (2:12-17)

Hagelberg: Yoh 2:12 - -- 2:12 Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum,224 bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hany...

2:12 Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum,224 bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hanya beberapa hari saja.

Menurut Matius 4:13; Lukas 4:31; Yohanes 6:24 dan 59, Tuhan Yesus pindah dari Nazaret ke Kapernaum cukup awal dalam pelayanan-Nya.225 Nampaknya Kapernaum menjadi pusat pelayanan Tuhan Yesus, dari segi apa yang dikisahkan dalam Injil Sinoptik.

Orang Kristen yang percaya bahwa Maria tetap adalah anak dara226 berkata bahwa ungkapan saudara-saudara-Nya merujuk kepada anak-anak Yusuf dari pernikahan yang sebelum dia nikah dengan Maria, atau kepada keponakan-Nya,227 tetapi orang Kristen yang lain berpendapat bahwa ungkapan tersebut merujuk kepada anak-anak Maria sendiri, berdasarkan Matius1:25; Markus 3:31; 6:3 dan Lukas 2:7.

Hagelberg: Yoh 2:13 - -- 2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat228 ke Yerusalem. Sesuai dengan perintah Allah dalam Ulangan 16:1-8, Tuhan Yesus...

2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat228 ke Yerusalem.

Sesuai dengan perintah Allah dalam Ulangan 16:1-8, Tuhan Yesus, sebagai seorang Yahudi, ikut merayakan hari raya Paskah di Yerusalem.229 Dalam Injil Yohanes, tiga Paskah disebutkan (atau empat, jika pasal 5:1 juga menceritakan hari raya Paskah).230

Hagelberg: Yoh 2:13 - -- 2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat228 ke Yerusalem. Sesuai dengan perintah Allah dalam Ulangan 16:1-8, Tuhan Yesus...

2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat228 ke Yerusalem.

Sesuai dengan perintah Allah dalam Ulangan 16:1-8, Tuhan Yesus, sebagai seorang Yahudi, ikut merayakan hari raya Paskah di Yerusalem.229 Dalam Injil Yohanes, tiga Paskah disebutkan (atau empat, jika pasal 5:1 juga menceritakan hari raya Paskah).230

Hagelberg: Yoh 2:14 - -- 2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ. Sebuah peristiwa y...

2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ.

Sebuah peristiwa yang mirip peristiwa ini juga dicatat dalam Matius 21:12-13; Markus 11:15-17; dan Lukas 19:45-46, namun ada beberapa perbedaan,233 sehingga Morris234 dan Carson235 berkata bahwa ada dua peristiwa "Pembersihan Bait Allah"; dengan yang pertama pelayanan Tuhan Yesus yang terbuka dan umum dimulai, dan dengan yang kedua pelayanan itu ditutup. Setelah "Pembersihan" yang pertama, Dia hanya ditegur oleh pemimpim-pemimpin agama Yahudi, mungkin karena Dia tidak dianggap ancaman yang berarti, tetapi setelah "Pembersihan" yang kedua "mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya" (Markus 11:18).

Besarnya laba pedagang dan penukar uang yang berjualan di pelataran Bait Suci tidak jelas.236 Nampaknya Tuhan Yesus tidak berkeberatan karena keserakahan mereka, tetapi karena pelataran orang bukan Yahudi, yang dimaksudkan sebagai tempat khusus di mana orang bukan Yahudi dapat berkumpul dan menyembah dalam suasana yang tenang, dipenuhi dengan suasana pasar, bukan suasana tempat ibadah.237

Hagelberg: Yoh 2:14 - -- 2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ. Sebuah peristiwa y...

2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ.

Sebuah peristiwa yang mirip peristiwa ini juga dicatat dalam Matius 21:12-13; Markus 11:15-17; dan Lukas 19:45-46, namun ada beberapa perbedaan,233 sehingga Morris234 dan Carson235 berkata bahwa ada dua peristiwa "Pembersihan Bait Allah"; dengan yang pertama pelayanan Tuhan Yesus yang terbuka dan umum dimulai, dan dengan yang kedua pelayanan itu ditutup. Setelah "Pembersihan" yang pertama, Dia hanya ditegur oleh pemimpim-pemimpin agama Yahudi, mungkin karena Dia tidak dianggap ancaman yang berarti, tetapi setelah "Pembersihan" yang kedua "mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya" (Markus 11:18).

Besarnya laba pedagang dan penukar uang yang berjualan di pelataran Bait Suci tidak jelas.236 Nampaknya Tuhan Yesus tidak berkeberatan karena keserakahan mereka, tetapi karena pelataran orang bukan Yahudi, yang dimaksudkan sebagai tempat khusus di mana orang bukan Yahudi dapat berkumpul dan menyembah dalam suasana yang tenang, dipenuhi dengan suasana pasar, bukan suasana tempat ibadah.237

Hagelberg: Yoh 2:15 - -- 2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamb...

2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

Cambuk dari tali itu bukanlah alat kekejaman yang melukai binatang dan manusia, tetapi mungkin tanpa sebuah cambuk binatang itu tidak dapat diusir dari pelataran Bait Suci.

Hagelberg: Yoh 2:15 - -- 2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamb...

2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

Cambuk dari tali itu bukanlah alat kekejaman yang melukai binatang dan manusia, tetapi mungkin tanpa sebuah cambuk binatang itu tidak dapat diusir dari pelataran Bait Suci.

Hagelberg: Yoh 2:16 - -- 2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240." Di...

2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240."

Di pelataran Bait Suci Tuhan Yesus melawan penjualan binatang-binatang untuk dikorbankan, tetapi Dia tidak melawan sistem pengorbanan itu sendiri. Dia mendukung semua kegiatan Bait Allah yang diwajibkan dalam Firman Allah. Salah satu kegiatan itu adalah perkumpulan orang-orang bukan Yahudi yang mengasihi Allah. Mereka, sebagai orang bukan Yahudi, tidak dapat masuk ke pelataran yang lebih dekat pada Bait Allah, tetapi pelataran yang dipakai untuk menjual binatang dan menukar uang sebenarnya dikhususkan untuk mereka, supaya di situ mereka dapat menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.

Mungkin Zakharia 14:12, yang berbunyi "... Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu", ada di hati Tuhan Yesus pada waktu itu.

Hagelberg: Yoh 2:16 - -- 2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240." Di...

2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240."

Di pelataran Bait Suci Tuhan Yesus melawan penjualan binatang-binatang untuk dikorbankan, tetapi Dia tidak melawan sistem pengorbanan itu sendiri. Dia mendukung semua kegiatan Bait Allah yang diwajibkan dalam Firman Allah. Salah satu kegiatan itu adalah perkumpulan orang-orang bukan Yahudi yang mengasihi Allah. Mereka, sebagai orang bukan Yahudi, tidak dapat masuk ke pelataran yang lebih dekat pada Bait Allah, tetapi pelataran yang dipakai untuk menjual binatang dan menukar uang sebenarnya dikhususkan untuk mereka, supaya di situ mereka dapat menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.

Mungkin Zakharia 14:12, yang berbunyi "... Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu", ada di hati Tuhan Yesus pada waktu itu.

Hagelberg: Yoh 2:17 - -- 2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku." Semangat untuk penyembuhan yang benar,...

2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku."

Semangat untuk penyembuhan yang benar, di tempat yang telah dipilih Allah sendiri, membakar di hati Tuhan Yesus. Semangat yang sama akan menimbulkan perlawanan yang akan menghanguskan Dia, sampai Dia akan disalibkan.

Tidak jelaslah, kapan mereka mengingat ayat itu. Jika mereka mengingat pada waktu itu, maka yang menonjol adalah semangat atau cinta Dia, tetapi jika mereka mengingat hal ini sesudah Dia disalibkan, seperti apa yang dikatakan dalam pasal 2:22, maka yang menonjol dalam pikiran mereka adalah istilah menghanguskan.243

Dengan demikian Yohanes memberi suatu petunjuk yang kecil, yang begitu halus, bahwa Yesus akan menderita.

Hagelberg: Yoh 2:17 - -- 2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku." Semangat untuk penyembuhan yang benar,...

2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku."

Semangat untuk penyembuhan yang benar, di tempat yang telah dipilih Allah sendiri, membakar di hati Tuhan Yesus. Semangat yang sama akan menimbulkan perlawanan yang akan menghanguskan Dia, sampai Dia akan disalibkan.

Tidak jelaslah, kapan mereka mengingat ayat itu. Jika mereka mengingat pada waktu itu, maka yang menonjol adalah semangat atau cinta Dia, tetapi jika mereka mengingat hal ini sesudah Dia disalibkan, seperti apa yang dikatakan dalam pasal 2:22, maka yang menonjol dalam pikiran mereka adalah istilah menghanguskan.243

Dengan demikian Yohanes memberi suatu petunjuk yang kecil, yang begitu halus, bahwa Yesus akan menderita.

Hagelberg: Yoh 2:18 - -- 2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" Pemimp...

2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"

Pemimpin-pemimpin agama Yahudi245 berhak, ataupun berkewajiban, menyelidiki peristiwa yang baru terjadi di pelataran Bait Allah. Mungkin mereka berpikir, "Sang Mesias berhak membersihkan Bait Allah, tetapi siapakah orang ini?" Perhatian mereka wajar, tetapi sikap mereka tidak benar. Mereka tidak memikirkan kebenaran peristiwa ini. Mereka tidak merenungkan apakah kelakuan Yesus itu benar, apakah pelataran Bait Allah ini perlu dibersihkan dari pedagang-pedagang dan binatang-binatang. Selain itu, mereka menuntut sebuah tanda, seolah-olah Tuhan Allah harus minta ijin dari mereka lebih dulu, sebelum Dia mengutus seorang nabi, ataupun Mesias, untuk membersikah Bait Allah yang mereka punya!246 Permintaan seperti itu tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 2:18-22 - -- 3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22) Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengert...

3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22)

Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengerti) diuraikan oleh Yohanes sebagai pernyataan bahwa Dia akan dibunuh dan bangkit dari antara orang mati.

Hagelberg: Yoh 2:18 - -- 2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" Pemimp...

2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"

Pemimpin-pemimpin agama Yahudi245 berhak, ataupun berkewajiban, menyelidiki peristiwa yang baru terjadi di pelataran Bait Allah. Mungkin mereka berpikir, "Sang Mesias berhak membersihkan Bait Allah, tetapi siapakah orang ini?" Perhatian mereka wajar, tetapi sikap mereka tidak benar. Mereka tidak memikirkan kebenaran peristiwa ini. Mereka tidak merenungkan apakah kelakuan Yesus itu benar, apakah pelataran Bait Allah ini perlu dibersihkan dari pedagang-pedagang dan binatang-binatang. Selain itu, mereka menuntut sebuah tanda, seolah-olah Tuhan Allah harus minta ijin dari mereka lebih dulu, sebelum Dia mengutus seorang nabi, ataupun Mesias, untuk membersikah Bait Allah yang mereka punya!246 Permintaan seperti itu tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Ye...

2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Yesus terhadap mereka yang minta tanda dinyatakan: "Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.'" Bandingkanlah juga Yohanes 6:30 dan Matius 16:3. Dalam Injil Sinoptik Dia berkata bahwa kebangkitan-Nya adalah tanda yang satu-satunya yang disediakan bagi mereka (Matius 12:38-40; 16:1-4; dan Lukas 11:29-30).

Pernyataan ini sangat mengesankan, dan tidak dilupakan. Menghancurkan ataupun merusah sebuah tempat ibadah adalah pelanggaran yang menuntut hukuman mati di lingkaran Yunani dan Romawi.249 Mereka mempergunakan kata-kata ini pada waktu Tuhan Yesus diadili dan disalibkan, tetapi kutipan mereka salah. Dia tidak berkata, "Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini" (Matius 26:60 dst.; 27:40; Markus 14:57-59; dan 15:29). Lihat juga Kisah Para Rasul 6:14.

Tuhan Yesus mengalihkan pokok pembahasan dari Bait Allah yang terdiri dari batu pada Bait Allah yang jauh lebih utama, yaitu tubuh jasmani-Nya. Peralihan itu tidak Dia ucapkan dengan sembarangan, karena apa yang telah mendorong mereka untuk mempertanyakan hak Dia untuk mengusir pedagang dan binatang dari Bait Allah, juga akan mendorong mereka untuk membunuh Dia. Demikian juga kuasa-Nya yang Dia pakai untuk membersihkan Bait Allah tadi juga akan dipakai untuk membangkitkan Dia dari antara orang-orang mati!

Carson250 mengamati bahwa itu penting bahwa Bait Allah dan lingkungannya dipenuhi suasana ibadah yang sejati (pasal 2:13-17), tetapi lebih penting lagi kita mengerti bahwa Bait Allah itu melambangkan dan merujuk pada Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Ye...

2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Yesus terhadap mereka yang minta tanda dinyatakan: "Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.'" Bandingkanlah juga Yohanes 6:30 dan Matius 16:3. Dalam Injil Sinoptik Dia berkata bahwa kebangkitan-Nya adalah tanda yang satu-satunya yang disediakan bagi mereka (Matius 12:38-40; 16:1-4; dan Lukas 11:29-30).

Pernyataan ini sangat mengesankan, dan tidak dilupakan. Menghancurkan ataupun merusah sebuah tempat ibadah adalah pelanggaran yang menuntut hukuman mati di lingkaran Yunani dan Romawi.249 Mereka mempergunakan kata-kata ini pada waktu Tuhan Yesus diadili dan disalibkan, tetapi kutipan mereka salah. Dia tidak berkata, "Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini" (Matius 26:60 dst.; 27:40; Markus 14:57-59; dan 15:29). Lihat juga Kisah Para Rasul 6:14.

Tuhan Yesus mengalihkan pokok pembahasan dari Bait Allah yang terdiri dari batu pada Bait Allah yang jauh lebih utama, yaitu tubuh jasmani-Nya. Peralihan itu tidak Dia ucapkan dengan sembarangan, karena apa yang telah mendorong mereka untuk mempertanyakan hak Dia untuk mengusir pedagang dan binatang dari Bait Allah, juga akan mendorong mereka untuk membunuh Dia. Demikian juga kuasa-Nya yang Dia pakai untuk membersihkan Bait Allah tadi juga akan dipakai untuk membangkitkan Dia dari antara orang-orang mati!

Carson250 mengamati bahwa itu penting bahwa Bait Allah dan lingkungannya dipenuhi suasana ibadah yang sejati (pasal 2:13-17), tetapi lebih penting lagi kita mengerti bahwa Bait Allah itu melambangkan dan merujuk pada Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Yoh 2:20 - -- 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" Mer...

2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

Mereka tidak menangkap peralihan yang Dia ucapkan. Mereka berpikir Dia masih membahas Bait Allah yang dibangun dengan batu-batu. Culpepper252 menjelaskan bahwa di sini kita melihat kesalah pahaman yang pertama dalam Injil Yohanes. Seharusnya mereka mengerti bahwa Dia tidak berbicara mengenai Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, dan mereka mencari arti yang lain, tetapi dalam hal ini mereka gagal.

Proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Raja Herodes sangat terkenal dan sangat mengesankan. Antara lain, pada tahun 20 atau 19 SM dia mulai memperbaiki Bait Allah yang dibangun oleh Zerubabel 500 tahun sebelumnya. Pembangunan Bait Allah selesai pada tahun 63 atau 64.253

Hagelberg: Yoh 2:20 - -- 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" Mer...

2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

Mereka tidak menangkap peralihan yang Dia ucapkan. Mereka berpikir Dia masih membahas Bait Allah yang dibangun dengan batu-batu. Culpepper252 menjelaskan bahwa di sini kita melihat kesalah pahaman yang pertama dalam Injil Yohanes. Seharusnya mereka mengerti bahwa Dia tidak berbicara mengenai Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, dan mereka mencari arti yang lain, tetapi dalam hal ini mereka gagal.

Proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Raja Herodes sangat terkenal dan sangat mengesankan. Antara lain, pada tahun 20 atau 19 SM dia mulai memperbaiki Bait Allah yang dibangun oleh Zerubabel 500 tahun sebelumnya. Pembangunan Bait Allah selesai pada tahun 63 atau 64.253

Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...

2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254

Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.

Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.

Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...

2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254

Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.

Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.

Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.

Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.

Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.

Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.

Hagelberg: Yoh 2:23 - -- 2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diada...

2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.

Yohanes sendiri tidak perlu menceritakan kepada kita mengenai tanda-tanda yang terjadi di Yerusalem. Tidak disangkal bahwa ada iman yang muncul karena melihat tanda-tanda, tetapi mutu iman itu dibahas lebih lanjut.

Hagelberg: Yoh 2:23-25 - -- 4. Iman yang tidak memuaskan (2:23-25) Tiga ayat yang berikut mengemukakan iman banyak orang di Yerusalem. Iman mereka, yang tidak memuaskan Tuhan Yes...

4. Iman yang tidak memuaskan (2:23-25)

Tiga ayat yang berikut mengemukakan iman banyak orang di Yerusalem. Iman mereka, yang tidak memuaskan Tuhan Yesus, berkontras dengan iman murid-murid-Nya yang dikisahkan di atas.

Hagelberg: Yoh 2:23 - -- 2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diada...

2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya,258 karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.

Yohanes sendiri tidak perlu menceritakan kepada kita mengenai tanda-tanda yang terjadi di Yerusalem. Tidak disangkal bahwa ada iman yang muncul karena melihat tanda-tanda, tetapi mutu iman itu dibahas lebih lanjut.

Hagelberg: Yoh 2:24 - -- 2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada ...

2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada mereka berarti mengijinkan supaya mereka menobatkan Dia sebagai raja Israel (bandingkan pasal 12:12-16), tetapi Brown259 mengusulkan bahwa ayat ini berarti iman dan semangat mereka tidak meyakinkan Dia.

Hagelberg: Yoh 2:24 - -- 2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada ...

2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

Mungkin ungkapan mempercayakan diri-Nya kepada mereka berarti mengijinkan supaya mereka menobatkan Dia sebagai raja Israel (bandingkan pasal 12:12-16), tetapi Brown259 mengusulkan bahwa ayat ini berarti iman dan semangat mereka tidak meyakinkan Dia.

Hagelberg: Yoh 2:25 - -- 2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia. Sekali lagi kit...

2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

Sekali lagi kita membaca suatu petunjuk yang agak kurang jelas mengenai kematian-Nya.

Dia mengadakan cukup banyak tanda di hadapan mereka, dan tanda-tanda itu menghasilkan iman di dalam hati mereka, tetapi rupanya Dia tidak begitu menghargai iman itu. Tidak dikatakan bahwa iman yang dihasilkan melalui tanda tidak berguna atau jelek, hanya, terbataslah gunanya.260

Dalam nas yang berikut, Tuhan Yesus melayani seseorang yang telah menyaksikan tanda-tanda di Yerusalem.

Hagelberg: Yoh 2:25 - -- 2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia. Sekali lagi kit...

2:25 dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

Sekali lagi kita membaca suatu petunjuk yang agak kurang jelas mengenai kematian-Nya.

Dia mengadakan cukup banyak tanda di hadapan mereka, dan tanda-tanda itu menghasilkan iman di dalam hati mereka, tetapi rupanya Dia tidak begitu menghargai iman itu. Tidak dikatakan bahwa iman yang dihasilkan melalui tanda tidak berguna atau jelek, hanya, terbataslah gunanya.260

Dalam nas yang berikut, Tuhan Yesus melayani seseorang yang telah menyaksikan tanda-tanda di Yerusalem.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 2:1-11 - Kristus Mengubah Air Menjadi Anggur Pada akhir pasal sebelumnya disebutkan tentang murid-murid pertama yang dipanggil Yesus, yaitu Andreas dan Petrus, serta Filip...

Matthew Henry: Yoh 2:12-22 - Para Pedagang di Bait Suci Diusir; Kematian dan Kebangkitan Kristus Diberitahukan Para Pedagang di Bait Suci Diusir; Kematian dan Kebangkitan Kristus Diberitahukan (...

Matthew Henry: Yoh 2:23-25 - Keberhasilan Pelayanan Kristus Keberhasilan Pelayanan Kristus (2:23-25) Di sin...

SH: Yoh 2:1-12 - Karakteristik keilahian Kristus. (Selasa, 29 Desember 1998) Karakteristik keilahian Kristus. Karakteristik keilahian Kristus. Peristiwa di Kana merupakan bagian i...

SH: Yoh 2:1-12 - Bertumbuh dalam kemuliaan (Jumat, 28 Desember 2001) Bertumbuh dalam kemuliaan Bertumbuh dalam kemuliaan. Jika kita berbicara tentang iman yang semakin dalam...

SH: Yoh 2:1-12 - Mewujudkan anggur baru (Jumat, 30 Desember 2005) Mewujudkan anggur baru Judul: Mewujudkan anggur baru Agama sering menjadi semacam status sosial ba...

SH: Yoh 2:1-12 - Agar iman bertumbuh (Minggu, 30 Desember 2007) Agar iman bertumbuh Judul : Agar iman bertumbuh Bikin hidup lebih hidup, begitulah gambaran kehadiran Yesu...

SH: Yoh 2:1-12 - Perkawinan di Kana (Sabtu, 30 Desember 2017) Perkawinan di Kana Cerita tentang perkawinan di Kana adalah kisah yang menarik untuk direnungkan. Menarik karena ...

SH: Yoh 2:1-12 - Biasa Menjadi Luar Biasa (Minggu, 29 Desember 2019) Biasa Menjadi Luar Biasa Sejak awal Yohanes Pembaptis menegaskan bahwa Yesus adalah Anak Domba Allah sekaligus Al...

SH: Yoh 2:1-11 - Percaya, bukan sekadar heboh (Senin, 30 Desember 2013) Percaya, bukan sekadar heboh Judul: Percaya, bukan sekadar heboh Kualitas mampu menarik perhatian oran...

SH: Yoh 2:12-25 - Pengganti yang baru (Selasa, 31 Desember 2013) Pengganti yang baru Judul: Pengganti yang baru Lazimnya, ketika orang hendak mengganti sesuatu, mereka...

SH: Yoh 2:13-25 - Bait Suci dan kesucian Allah. (Rabu, 30 Desember 1998) Bait Suci dan kesucian Allah. Bait Suci dan kesucian Allah. Bait Suci sebagai pusat ibadah berubah men...

SH: Yoh 2:13-25 - Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan (Sabtu, 29 Desember 2001) Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan Kesaksian stereo: perkataan dan perbuatan. Dalam teks hari ini...

SH: Yoh 2:13-25 - Memurnikan agama (Sabtu, 31 Desember 2005) Memurnikan agama Judul: Memurnikan agama Bila esensi beragama sejati adalah relasi yang diperbarui...

SH: Yoh 2:13-25 - Bait Allah (Senin, 31 Desember 2007) Bait Allah Judul : Bait Allah Penyalahgunaan Bait Allah menjadi sorotan Yesus dalam tindakan-Nya saat...

SH: Yoh 2:13-25 - Tanda Cinta (Senin, 30 Desember 2019) Tanda Cinta Ada berapa banyak ekspresi cinta yang kita ketahui dalam relasi lawan jenis? Ada yang memberikan bung...

Utley: Yoh 2:1-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:1-11...

Utley: Yoh 2:12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:1212 Ses...

Utley: Yoh 2:13-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:13-22...

Utley: Yoh 2:23-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 2:23-25...

Topik Teologia: Yoh 2:11 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Kemuliaan Kristus Mar 9:2-7...

Topik Teologia: Yoh 2:13 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 21:12-13 ...

Topik Teologia: Yoh 2:19 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

Topik Teologia: Yoh 2:20 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Fakta Kebangkitan Kristus Yesus Memberitahukan Sebel...

Topik Teologia: Yoh 2:21 - -- Yesus Kristus Bait 1Ra 6:1,38 ...

Topik Teologia: Yoh 2:22 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Su...

Topik Teologia: Yoh 2:23 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Sangat Tanggap Di...

TFTWMS: Yoh 2:6-11 - Yesus Menyatakan Kemuliaan Allah YESUS MENYATAKAN KEMULIAAN ALLAH (Yohanes 2:6-11) Setelah memberitah...

TFTWMS: Yoh 2:12-16 - Kita Melihat Kemarahan-nya KITA MELIHAT KEMARAHAN-NYA (Yohanes 2:12-16A) Kejadian ini terjadi...

TFTWMS: Yoh 2:16-17 - Kita Melihat Pengertian Jati Diri-nya KITA MELIHAT PENGERTIAN JATI DIRI-NYA (Yohanes 2:16B, 17) Melihat m...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "ADA PERNIKAHAN" (Yohanes 2:1-11) Bapak, semoga kami semu...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 2:1-11) Peristiwa yang membangkitkan minat ini m...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 C. H. Spurgeon, Lectures to My Students (Grand Rapids, Mich.: Zondervan Publishing Hous...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "CINTA UNTUK RUMAH-MU" (Yohanes 2:12-22) Pelbagai kisah b...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 2:12-22) Ketika kita membaca Injil Yohanes, kit...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pemberian makan lima ribu orang secara mujizatiah (...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA